Grup Musik: APRIL

  • Ganjil-genap di DKI ditiadakan selama libur Lebaran 2025

    Ganjil-genap di DKI ditiadakan selama libur Lebaran 2025

    Jakarta (ANTARA) – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memutuskan untuk meniadakan sistem ganjil-genap pada kendaraan pribadi di Jakarta selama masa libur Lebaran dan cuti bersama mulai Jumat ini.

    “Ganjil-genap itu ditiadakan selama masa libur Lebaran dan cuti bersama. Artinya sampai dengan tanggal 7 itu tidak ada ganjil-genap,” ujar Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo di Jakarta, Jumat.

    Adapun pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) pada 30 Maret 2025 dan 6 April 2025 juga ditiadakan di DKI. “Jadi dua minggu ini ditiadakan untuk Hari Bebas Kendaraan Bermotor,” kata Syafrin.

    Pada masa angkutan Lebaran 2025, Dishub DKI Jakarta menerapkan rekayasa lalu lintas di beberapa pusat perbelanjaan seperti Pasar Tanah Abang, Thamrin City, Glodok, PGC Cililitan dan ITC Cempaka Mas.

    “Harapannya tentu saat ini, pelaksanaan ini bisa berjalan sempurna dan masyarakat bisa melaksanakan persiapan Lebaran dengan baik,” kata Syafrin.

    Lalu, pascalebaran, rekayasa lalu lintas difokuskan pada lokasi menuju area wisata. Salah satunya Taman Margasatwa Ragunan (TMR).

    Dishub DKI Jakarta menerapkan sistem satu arah (SSA) menuju lokasi TMR untuk menghindari penumpukan volume kendaraan di lokasi objek wisata tersebut.

    Pada pukul 06.00 WIB sampai pukul 10.00 WIB diberlakukan sistem satu arah ke arah selatan. Kemudian, untuk sore hari, SSA berlaku ke arah utara.

    Dengan rekayasa ini, dia berharap arus lalu lintas saat masyarakat menuju ke TMR dan kembali ke rumah masing-masing pada sore bisa lancar khususnya yang melewati Jalan TB Simatupang.

    Selain Ragunan, Syafrin juga melakukan pengaturan rekayasa lalu lintas di kawasan Ancol, Kota Tua, Monumen Nasional (Monas) dan kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK).

    Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
    Editor: Sri Muryono
    Copyright © ANTARA 2025

  • Jangan Kelewat, Besok Ada Lebaran Betawi di di Agro Edukasi Wisata Ragunan

    Jangan Kelewat, Besok Ada Lebaran Betawi di di Agro Edukasi Wisata Ragunan

    Lebaran Betawi 2025 kini bakal hadir di Agro Edukasi Wisata Ragunan pada Sabtu (29/3/2025) besok.

    Tayang: Jumat, 28 Maret 2025 11:11 WIB

    Tangkap layar instagram @dkijakarta

    LEBARAN BETAWI 2025 – Lebaran Betawi 2025 kini bakal hadir di Agro Edukasi Wisata Ragunan pada Sabtu (29/3/2025) besok. 

    TRIBUNJAKARTA.COM – Lebaran Betawi 2025 kini bakal hadir di Agro Edukasi Wisata Ragunan pada Sabtu (29/3/2025) besok.

    Dimulai pukul 08.00-10.00 WIB, rangkaian Lebaran Betawi 2025 ini akan diawali dengan acara Andilan Potong Kebo.

    Buat kamu yang belum tahu, Andilan Potong Kebo merupakan tradisi masyarakat Betawi jelang lebaran Idul Fitri.

    “Tradisi tempo dulu yakni iuran pembelian kerbau untuk lebaran yang dilakukan secara gotong royong di masyarakat Betawi. Lalu kerbau disembelih dan dagingnya dibagikan pada warga,” dikutip dari instagram dkijakarta, Jumat (28/3/2025).

    Nantinya bakal ada puncak perayaan Lebaran Betawi 2025 di bulan April.

    Akses TribunJakarta.com di Google News atau WhatsApp Channel TribunJakarta.com. Pastikan Tribunners sudah install aplikasi WhatsApp ya

    “);
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast;
    $.getJSON(“https://jakarta.tribunnews.com/ajax/latest?callback=?”, {start: newlast,section:’23’,img:’thumb2′}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    newlast = newlast + 1;
    newlast = newlast+1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.thumb) img = “”+vthumb+””;
    else img = ”;
    if(val.c_title) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;
    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else if (getLast > 150) {
    if ($(“#ltldmr”).length == 0){
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    }
    }
    }
    });
    });

    function loadmore(){
    if ($(“#ltldmr”).length > 0) $(“#ltldmr”).remove();
    var getLast = parseInt($(“#latestul > li:last-child”).attr(“data-sort”));
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast ;
    $.getJSON(“https://jakarta.tribunnews.com/ajax/latest?callback=?”, {start: newlast,section:’23’,img:’thumb2′,total:’40’}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    newlast = newlast+1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }

    Berita Terkini

  • Tips Mudik Naik Mobil Aman & Nyaman, Bisa Terhindar Macet!

    Tips Mudik Naik Mobil Aman & Nyaman, Bisa Terhindar Macet!

    Jakarta

    Momen mudik 2025 sudah di depan mata. Sebelum mudik dengan mobil, sejumlah persiapan pun perlu dilakukan mulai dari kondisi fisik sampai kendaraan yang bakal digunakan.

    Khusus untuk fisik, pastikan pengemudi dan penumpang dalam kondisi sehat. Pasalnya perjalanan mudik dengan mobil akan memakan waktu yang panjang. Untuk itu perlu dipersiapkan kondisi mental dan fisik yang prima.

    Selain itu, memperhatikan kondisi mobil juga perlu dilakukan. Berikut adalah tips aman mudik dengan kendaraan roda empat.

    1. Pastikan Seluruh Komponen Kendaraan Kondisi Prima

    Memastikan seluruh komponen kendaraan prima merupakan hal yang tidak boleh ditawar atau harus dilakukan oleh setiap orang sebelum mudik. Hal ini bertujuan agar perjalanan mudik dapat lebih nyaman tanpa adanya kendala pada mobil.

    Komponen mesin dan rem menjadi hal vital yang perlu mendapatkan perhatian. Pastikan komponen tersebut dan penunjangnya dalam kondisi baik. Jika memang ada kerusakan maka tidak ada salahnya segera melakukan perbaikan.

    Tak hanya itu, komponen lainnya seperti lampu, wiper, hingga AC mobil juga perlu diperhatikan. Sebab komponen tersebut dapat menciptakan rasa aman dan nyaman saat berkendara.

    2. Pastikan E-Tol Terisi

    Hal ini sepele tapi penting. Jangan sampai kehabisan saldo e-tol di tengah jalan. Pastikan isi e-tol sesuai dengan kebutuhan atau bahkan dilebihkan. Sehingga perjalanan saat mudik melalui tol bisa lebih nyaman tanpa takut saldo kehabisan.

    3. Ketahui Arus Puncak Arus Mudik dan Balik

    Memantau informasi prediksi puncak arus mudik dan balik juga tidak boleh dikesampingkan. Ketika mengetahui puncak arus mudik dan balik, maka kamu bisa lebih menentukan waktu yang pas untuk melakukan perjalanan mudik dan dapat terhindar dari macet.

    Pemerintah Indonesia memprediksi puncak arus mudik Lebaran bakal berlangsung mulai dari 26 Maret hingga 28 Maret 2025. Sementara untuk arus balik yakni diprediksi bakal berlangsung mulai dari 6 April hingga 7 April 2025.

    4. Logistik Perjalanan

    Logistik perjalanan seperti makanan dan minuman merupakan hal yang dibutuhkan. Ada kemungkinan setiap perjalanan mudik bakal terkena macet dengan waktu yang tidak menentu.

    Logistik dibutuhkan untuk mengantisipasi terjebak macet saat waktu berbuka puasa atau sahur tiba, sehingga mengemudi menjadi lebih konsentrasi.

    Data Kepolisian memprediksikan ada sejumlah prediksi titik kemacetan di sejumlah daerah. Khusus Jawa Barat titik kemacetan berpotensi terjadi di Gate Tol Cileunyi, Gate Tol Summarecon, dan Jalur Nagreg.

    Sementara itu, untuk wilayah Jawa Tengah prediksi titik kemacetan berada di Gerbang Tol Kalikangkung, tanjakan Tembalang, Gerbang Tol Bawen, Gerbang Tol Colomadu, dan Exit Tol Krapyak.

    Kehadiran Mobil Teranyar Suzuki

    Foto: Istimewa

    Suzuki Indonesia seakan menjawab rasa penasaran pencinta otomotif dengan memperlihatkan rangka terbaru yang dipercaya sebagai rangka Suzuki Fronx pada billboard atau baliho, di setiap ruas jalan mudik dari Jakarta hingga Surabaya.

    Kehadiran Fronx sudah terasa di Indonesia setelah Suzuki memamerkan rangka heartec di Indonesia International Motor Show (IIMS). Teknologi tersebut diketahui juga digunakan pada berbagai model Suzuki, salah satunya mobil SUV Fronx.

    Kode mobil baru diduga Suzuki Fronx juga sudah muncul di Samsat. Biasanya kode ini menjadi pertanda mobil akan segera rilis ke publik.

    Dalam situs Samsat PKB Jakarta, terdapat kode A3L415F yang belum diketahui akan digunakan oleh mobil Suzuki tipe mana. Namun jika merujuk pada pencarian di Google, A3L415 merupakan kode untuk spare part mobil Suzuki Fronx.

    Diketahui tren SUV saat ini sedang meningkat di pasar otomotif Indonesia. Kemunculan Fronx bakal melengkapi jajaran SUV yang dimiliki oleh Suzuki di Tanah Air, mulai dari XL7, Grand Vitara hingga Jimny.

    Hmm, semakin dekat untuk bisa diproduksi dan dijual di Indonesia nih.

    (akn/ega)

  • TMII targetkan 120 ribu pengunjung selama libur Lebaran 2025

    TMII targetkan 120 ribu pengunjung selama libur Lebaran 2025

    Jakarta (ANTARA) – Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, menargetkan jumlah pengunjung sebanyak 120 ribu selama libur Lebaran atau sejak 31 Maret hingga 6 April 2025.

    “Target pengunjung kami di pekan lebaran tahun ini 120.000 orang, tumbuh sekitar 25-30 persen dibanding tahun lalu,” kata Direktur Utama TMII Intan Ayu Kartika saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat.

    Intan menyebutkan, untuk mencapai target tersebut TMII sudah menyiapkan berbagai acara utama dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1446 Hijriah meliputi Pawai Obor pada malam takbiran dengan rute dari Plaza Promenade menuju Plaza Kori Agung.

    Lalu, Bazar Oase Nusantara yang menghadirkan ragam aneka kuliner khas Nusantara, Atraksi Budaya seperti Tari Kecak, Lompat Batu, Kuda Lumping, Sisingaan, Soul of Youth di Plaza Kori Agung, Jelajah Malam Museum di Museum Indonesia dan Museum Pusaka.

    Permainan anak dan rakyat yang tersebar di beberapa anjungan daerah, Perdana Ria Jakarta di Plaza Lokomotif dan Senandung Lebaran bersama Shaky Town Band yang akan membawa suasana Lebaran lebih hidup.

    “Harapannya semoga tercapai dengan adanya beragam kegiatan menarik yang dapat dinikmati seluruh pengunjung yang berlebaran di Jakarta maupun wisatawan dari luar Jakarta yang sedang berlibur disini bersama keluarganya,” ujar Intan.

    Selain itu, TMII juga memberikan akses masuk gratis untuk masyarakat yang akan melaksanakan Shalat Idul Fitri di Plaza Keong Emas pada Senin (31/3) mendatang.

    Jam operasional TMII selama periode acara ini mulai pukul 06.00 WIB-20.00 WIB dengan akses melalui pintu (gate ) 1, 3, dan 4.

    “Pada hari Lebaran nanti ada Shalat Id di Plaza Keong Emas dan gratis masuk bagi masyarakat mulai pukul 05.00 WIB-07.00 WIB serta diskon parkir kendaraan,” katanya.

    Intan menyebutkan TMII juga menyediakan 36 kuliner khas Nusantara di Foodcourt Nusantara serta tambahan 100 “tenant” bazar kuliner yang tersebar di tiga titik utama.

    Untuk menjamin keamanan dan kenyamanan selama acara berlangsung, kata Intan, TMII telah menyiapkan dua titik pos kesehatan untuk mengantisipasi keadaan darurat medis.

    Kemudian adanya penambahan jumlah angkutan keliling (angling) dari 30 menjadi 42 unit serta satu unit bus listrik untuk transportasi dalam kawasan.

    “Kami juga ada penyediaan empat unit shuttle gratis dari Stasiun LRT TMII menuju TMII dan sebaliknya serta penyediaan Poskotis, Pos Lalu Lintas dan Pos Pengamanan di dua titik guna meningkatkan keamanan dan ketertiban,” katanya.

    Pewarta: Siti Nurhaliza
    Editor: Sri Muryono
    Copyright © ANTARA 2025

  • DKI siagakan personel SDA untuk antisipasi banjir rob

    DKI siagakan personel SDA untuk antisipasi banjir rob

    Jakarta (ANTARA) – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyiagakan personel dari Dinas Sumber Daya Air (SDA) sebagai upaya untuk mengantisipasi banjir akibat air laut pasang (rob) di utara dan pesisir Jakarta saat Lebaran 2025.

    “(Rob) Diprediksi BMKG tanggal 1, 2, 3 (April). Ini yang harus kita waspadai,” ujar Wakil Gubernur Jakarta Rano Karno di Jakarta, Jumat.

    Artinya pasukan-pasukan SDA sudah siap, kata dia Satpol PP (Satuan Polisi Pamong Praja siap. “Damkar (Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan) juga siap,” katanya.

    Rano mengatakan para personel ini terdiri dari mereka yang tidak merayakan Hari Raya Idul Fitri. Mereka nantinya melakukan mitigasi banjir.

    “Alhamdulillah teman-teman yang non-Muslim yang tidak merayakan Hari Raya (Idul Fitri) semua ‘standby’ untuk menjadi pasukan-pasukan khusus,” kata dia.

    Sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengungkapkan bahwa ada potensi banjir rob melanda Jakarta pada 28 Maret hingga 1 April 2025.

    “Nah jadi artinya kalau masyarakat kepulauan itu sangat hafal dengan cuaca, dengan rob itu sudah mereka sangat hafal,” katanya.

    Selain itu, terjadi hujan ringan di wilayah DKI sejak 25 Maret lalu hingga 1 April mendatang.

    Selain menyiagakan personel, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI juga memasang konstruksi yang terbuat dari anyaman kawat baja dan diisi batu-batu untuk mencegah erosi tanah di beberapa lokasi rawan banjir rob.

    Tak hanya itu, pompa-pompa bergerak (mobile) dan permanen (stasioner) juga sudah dipersiapkan untuk menghadapi rob serta meninggikan tanggul Muara Angke.

    Adapun sejumlah wilayah yang kemungkinan terdampak banjir rob antara lain Muara Angke, Muara Baru, Jalan RE Martadinata, Cilincing, dan Marunda Pulo.

    Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
    Editor: Sri Muryono
    Copyright © ANTARA 2025

  • Tetap Beroperasi Selama Libur Lebaran, Cek di Sini Jadwal Operasional MRT Jakarta

    Tetap Beroperasi Selama Libur Lebaran, Cek di Sini Jadwal Operasional MRT Jakarta

    Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

    TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR – Selama libur dan cuti bersama Lebaran 2025 pada 28 Maret hingga 7 April, MRT Jakarta bakal menerapkan pola operasi akhir pekan.

    Moda transportasi unggulan warga Jakarta itu bakal beroperasi mulai pukul 05.00 WIB sampai 24.00 WIB dengan selang waktu keberangkatan antarkereta setiap 10 menit.

    “Seluruh 13 stasiun akan dinuka sesuai dengan jam operasional tersebut,” ucap Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta Ahmad Pratomo, Jumat (28/3/2025).

    Dalam sehari, MRT Jakarta menyiapkan 219 jumlah perjalanan kereta dan tujuh rangkaian kereta untuk melayani masyarakat.

    Tomo menambahkan, selama libur lebaran seluruh stasiun tetap akan menerapkan pelayanan seperti biasa.

    Bahkan, pihaknya bakal menambah jumlah petugas di stasiun untuk memastikan kenyamanan dan keamanan pengguna MRT Jakarta.

    Tak hanya itu, MRT Jakarta juga menghadirkan sejumlah program menarik, seperti promo dan tarif spesial tiket di aplikasi My MRTJ dengan menggunakan Blu by BCA Digital, AstraPay, iSaku, dan GoPay.

    Untuk diketahui, pada periode libur lebaran tahun 2024, MRT Jakarta mencatat angka keterangkutan sepanjang 6 April sampai 15 April 2024 mencapai 376.448 orang.

    Adapun total pengguna MRT Jakarta pada hari pertama lebaran mencapai 25.586 orang dan hari kedua mencapai 45.037 orang.

    Akses TribunJakarta.com di Google News atau WhatsApp Channel TribunJakarta.com. Pastikan Tribunners sudah install aplikasi WhatsApp ya

  • Krisis THR Ojol 2025: Keluhan Nominal Rp 50.000, Posko Aduan dan Solusi untuk Mitra Gojek-Grab-Maxim – Halaman all

    Krisis THR Ojol 2025: Keluhan Nominal Rp 50.000, Posko Aduan dan Solusi untuk Mitra Gojek-Grab-Maxim – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) telah mengimbau perusahaan ojek online (ojol) untuk memberikan bantuan hari raya (BHR) kepada mitra driver selambatnya H-7 Lebaran.

    Namun, beberapa pengemudi merasa kecewa karena nominal BHR yang diterima jauh dari harapan.

    Lantas, bagaimana jika bantuan tersebut tak kunjung diberikan hingga batas akhir? Ke mana para mitra Grab, Gojek, Maxim bisa mengadu?

    Skema BHR untuk Ojol

    Skema BHR untuk pengemudi ojol tertuang dalam Surat Edaran Kementerian Ketenagakerjaan Nomor M/3/HK.04.00/III/2025.

    Berdasarkan aturan ini, perusahaan wajib memberikan BHR sebesar 20 persen dari penghasilan bulanan selama setahun terakhir kepada pengemudi yang memenuhi kriteria.

    Namun, pengemudi harus memenuhi persyaratan tertentu agar mendapatkan bantuan maksimal.

    Posko Aduan di Jawa Tengah

    Untuk membantu mitra ojol yang belum menerima BHR, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) membuka posko aduan.

    Posko ini beroperasi sejak 11 Maret hingga 11 April 2025, dan pengemudi ojol yang memenuhi kriteria tetapi belum mendapat BHR bisa melapor ke posko ini.

    Kepala Disnakertrans Jateng, Ahmad Aziz, menyatakan bahwa jika batas waktu H-7 Lebaran terlewati dan perusahaan belum memberikan hak pekerja, pihaknya akan melakukan pengawasan dan pemeriksaan terhadap perusahaan.

    Selain itu, posko ini juga tersedia di 35 kabupaten/kota serta menyediakan berbagai kanal aduan, seperti LaporGub, WhatsApp, dan melalui Kementerian Ketenagakerjaan.

    Aduan di Tingkat Nasional

    Untuk pengemudi ojol di tingkat nasional, mereka bisa mengajukan pengaduan secara online melalui situs resmi Kemenaker. Berikut langkah-langkah pengaduan:

    Kunjungi poskothr.kemnaker.go.id

    Daftar akun jika belum terdaftar.

    Login dan pilih menu “Pengaduan THR”.

    Isi informasi terkait pengaduan dan bukti-bukti yang mendukung.

    Klik “Laporkan” dan tunggu balasan melalui email.

    DEMO OJOL – Massa aksi dari sejumlah pengemudi ojek online atau ojol dari berbagai aplikasi mendatangi halaman kantor Kementerian Ketenagakerjaan Senin (17/2/2035). Mereka menyampaikan banyak tuntutan seperti soal THR. (Tribunnews.com/Gita Irawan)

    Keluhan Nominal Rp 50.000

    Banyak pengemudi ojek online mengungkapkan kekecewaan mereka terkait besaran THR yang hanya Rp 50.000.

    Misalnya, Ketua Serikat Pekerja Angkutan Indonesia (SPAI), Lily Pujianti, mencatat bahwa ada pengemudi yang pendapatannya mencapai Rp 93 juta per tahun, namun hanya mendapat BHR Rp 50.000.

    SPAI melaporkan kasus ini ke Posko Pengaduan Kemenaker.

    Berdasarkan data SPAI, sekitar 80 persen dari total 800 pengemudi ojol yang melapor, hanya menerima THR sebesar Rp 50.000.

    Penjelasan dari Grab dan Gojek

    Tanggapan datang dari kedua aplikasi ojol terbesar di Indonesia, Grab dan Gojek.

    Grab menjelaskan bahwa BHR diberikan berdasarkan tingkat keaktifan dan kinerja mitra pengemudi. Sebagai contoh, mitra yang aktif selama 12 bulan terakhir bisa mendapatkan BHR mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 1.600.000, tergantung pada kategori yang mereka capai.

    Sementara itu, Gojek juga memiliki skema serupa, dengan memberikan BHR berdasarkan lima kategori mitra, mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 900.000.

    Gojek mengonfirmasi bahwa pengemudi yang aktif dan memenuhi kriteria akan mendapatkan THR sesuai dengan peraturan yang berlaku.

    Respon dari Kementerian Ketenagakerjaan

    Menteri Ketenagakerjaan, Yassierli, merespons keluhan pengemudi ojol terkait besaran BHR yang diterima.

    Ia mengungkapkan bahwa mereka yang berkinerja baik dan produktif berhak mendapatkan bonus hingga Rp 900.000.

    Yassierli juga menegaskan akan berkoordinasi dengan perusahaan aplikator untuk memastikan distribusi BHR berjalan dengan adil.

    Tantangan ke Depan

    Meskipun keluhan terkait nominal BHR masih banyak terdengar, para mitra pengemudi diharapkan dapat memahami bahwa BHR bukanlah manfaat rutin tahunan seperti THR pada pekerja formal.

    BHR ini adalah bentuk apresiasi tambahan yang diberikan perusahaan, yang tentunya juga memperhitungkan kondisi finansial masing-masing perusahaan aplikator.

    Namun, dengan adanya posko aduan dan saluran komunikasi antara pengemudi dan pemerintah, diharapkan permasalahan ini dapat diselesaikan dengan adil dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

  • Ini Harga Resmi iPhone 16, 16e, 16 Plus, 16 Pro & 16 Pro Max di Indonesia

    Ini Harga Resmi iPhone 16, 16e, 16 Plus, 16 Pro & 16 Pro Max di Indonesia

    Jakarta

    Apple resmi membuka preorder untuk lini terbaru iPhone 16 series di Indonesia, yang mencakup iPhone 16, iPhone 16e, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro, dan iPhone 16 Pro Max. Bagi kamu yang tertarik memesan, bisa cek daftar harga resmi kelima HP Apple terbaru di bawah.

    Preorder iPhone 16 series ini mulai dibuka hari ini, Jumat (28/3/2025), melalui distributor resmi Apple di Indonesia seperti Digimap, iBox, Erafone, Eraspace.com, Urban Republic, Blibli (online), Blibli Store, Hello Store. Pengiriman unit diperkirakan akan dimulai pada 11 April 2025, sesuai dengan jadwal peluncuran resmi yang telah diumumkan Apple.

    Daftar Harga iPhone 16 Series di Indonesia

    Berikut daftar harga resmi iPhone 16 series di Indonesia:

    Harga iPhone 16e

    iPhone 16e 128 GB : Rp 12.499.000iPhone 16e 256 GB : Rp 14.999.000iPhone 16e 512 GB : Rp 18.999.000

    Harga iPhone 16

    iPhone 16 128 GB : Rp 14.999.000iPhone 16 256 GB : Rp 17.499.000iPhone 16 512 GB : Rp 21.999.000

    Harga iPhone 16 Plus

    iPhone 16 Plus 128 GB : Rp 16.999.000iPhone 16 Plus 256 GB : Rp 19.499.000iPhone 16 Plus 512 GB : Rp 23.999.000

    Harga iPhone 16 Pro

    iPhone 16 Pro 128 GB : Rp 18.499.000iPhone 16 Pro 256 GB : Rp 21.499.000iPhone 16 Pro 512 GB : Rp 25.999.000iPhone 16 Pro 1 TB : Rp 30.499.000

    Harga iPhone 16 Pro Max

    iPhone 16 Pro Max 256 GB : Rp 22.499.000iPhone 16 Pro Max 512 GB : Rp 27.999.000iPhone 16 Pro Max 1 TB : Rp 32.999.000

    Harga-harga di atas sudah termasuk pajak dan merupakan banderol resmi untuk pasar Indonesia. Apple Authorized Resellers menawarkan opsi cicilan 0% melalui beberapa mitra pembayaran untuk memudahkan konsumen.

    Bagi yang ingin mendapatkan unit lebih awal, sebaiknya segera melakukan preorder karena stok biasanya terbatas pada tahap awal peluncuran.

    Spesifikasi iPhone 16 Series

    Untuk membantu kamu memilih mana iPhone yang musti dipesan, berikut spesifikasi masing-masing model:

    iPhone 16e Foto: Bagus Hernawan/Appleisme ID

    Spesifikasi iPhone 16e

    Layar: 6.1-inch (2532×1170 pixels) OLED 460ppi Super Retina XDR display, 800 nits brightness, up to 1200 nits brightness, HDR, True Tone, Ceramic Shield protectionChipset: Apple A18 3nm dengan 6-core CPU, 4‑core GPU, 16‑core Neural EngineOS: iOS 18SIM Card: Dual SIM (nano + eSIM)Kamera belakang: 48MP wide-angle (f/1.6), optical image stabilisation untuk video, 2x Telephoto, Photonic Engine, True Tone flash, HDR video recording with Dolby Vision at 4K 60 fps, Slo‑mo 1080p at 240fps, Cinematic mode up to 4K HDR at 30 fpsKamera depan: 12MP TrueDepth (ƒ/1.9) front camera, Autofocus with Focus Pixels, Retina Flash, HDR video recording with Dolby Vision up to 4K at 60 fps, Slo‑mo 1080p at 120fpsFitur: TrueDepth camera for FaceID facial recognition, Stereo speakers, Water and dust resistant (IP68), Action ButtonKoneksi: 5G (sub‑6 GHz) with 4×4 MIMO, Gigabit-class LTE, 802.11be Wi-Fi 7 with 2×2 MIMO, Bluetooth 5.3, NFC with reader mode, GPS, GLONASS, Galileo, QZSS and BeiDouBaterai: Rechargeable lithium-ion battery hingga 26 jam memutar video.Dimensi: 146,7×71,5×7,8mm;Berat: 167giPhone 16 & iPhone 16 Plus Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

    Spesifikasi iPhone 16 dan iPhone 16 Plus

    Layar iPhone 16: 6.1-inch (2532×1170 pixels) OLED 460ppi Super Retina XDR display, 1.000 nits brightness, up to 1.600 nits brightness, HDR, True Tone, Dynamic Island, Ceramic Shield protectionLayar iPhone 16 Plus: 6.7-inch (2796×1290 pixels) OLED 460ppi Super Retina XDR display, 1.000 nits brightness, up to 1.600 nits brightness, HDR, True Tone, Dynamic Island, Ceramic Shield protectionChipset: Apple A18 3nm dengan 6-core CPU, 4‑core GPU, 16‑core Neural EngineOS: iOS 18SIM Card: Dual SIM (nano + eSIM)Kamera belakang: 48MP wide-angle (f/1.6), optical image stabilisation untuk video, 2x Telephoto, Photonic Engine, True Tone flash, HDR video recording with Dolby Vision at 4K 60 fps, Slo‑mo 1080p at 240fps, Cinematic mode up to 4K HDR at 30 fpsKamera depan: 12MP TrueDepth (ƒ/1.9) front camera, Autofocus with Focus Pixels, Retina Flash, HDR video recording with Dolby Vision up to 4K at 60 fps, Slo‑mo 1080p at 120fpsFitur: TrueDepth camera for FaceID facial recognition, Stereo speakers, Water and dust resistant (IP68), Action ButtonKoneksi: 5G (sub‑6 GHz) with 4×4 MIMO, Gigabit-class LTE, 802.11be Wi-Fi 7 with 2×2 MIMO, Bluetooth 5.3, NFC with reader mode, GPS, GLONASS, Galileo, QZSS and BeiDou, USB-CBaterai: Rechargeable lithium-ion battery hingga hingga 22 jam (iPhone 16) / 27 jam (iPhone 16 Plus)Dimensi iPhone 16: 147,6×71,6×7,80mm; Berat: 170gDimensi iPhone 16 Plus: 160,9×77,8×7,80mm; Berat: 199giPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

    Spesifikasi iPhone 16 Pro dan Pro Max

    Layar iPhone 16 Pro: 6.3-inch (2532×1170 pixels) OLED 460ppi Super Retina XDR display, 1.000 nits brightness, up to 1.600 nits brightness, up to 2000 nits peak outdoor HDR, True Tone, ProMotion 120Hz, Dynamic Island, Ceramic Shield protectionLayar iPhone 16 Pro Max: 6.9-inch (2868×1320 pixels) OLED 460ppi Super Retina XDR display, 1.000 nits brightness, up to 1.600 nits brightness, up to 2000 nits peak outdoor HDR, True Tone, ProMotion 120Hz, Dynamic Island Ceramic Shield protectionChipset: Apple A18 Pro 3nm dengan 6-core CPU, 6‑core GPU, 16‑core Neural EngineOS: iOS 18SIM Card: Dual SIM (nano + eSIM)Kamera belakang: 48MP Fusion (f/1.78) camera, second-generation sensor-shift optical image stabilisation for video, 12MP 2x Telephoto, ƒ/1.6 aperture, 100% Focus Pixels, Photonic Engine, True Tone flash; 48MP 120° Ultra Wide (f/2.2) secondary camera; 12MP Telephoto (ƒ/2.8) camera, optical image stabilisation, 5x optical zoom in, 2x optical zoom out; 10x optical zoom range; digital zoom up to 25x, 4K Dolby Vision video recording at up to 120 fps (Fusion), Cinematic mode up to 4K HDR at 30 fps, Spatial video recording at 1080p at 30 fpsKamera depan: 12MP TrueDepth (ƒ/1.9) front camera, Autofocus with Focus Pixels, Retina Flash, HDR video recording with Dolby Vision up to 4K at 60 fps, Slo‑mo 1080p at 120fpsFitur: TrueDepth camera for FaceID facial recognition, Stereo speakers, Water and dust resistant (IP68), Action ButtonKoneksi: 5G (sub‑6 GHz) with 4×4 MIMO, Gigabit-class LTE, 802.11be Wi-Fi 7 with 2×2 MIMO, Bluetooth 5.3, NFC with reader mode, GPS, GLONASS, Galileo, QZSS and BeiDou, USB-CBaterai: Rechargeable lithium-ion battery hingga hingga 29 jam (iPhone 16 Pro) / 33 jam (iPhone 16 Pro Max)Dimensi iPhone 16 Pro: 149,6×71,5×8,25mm; Berat: 199gDimensi iPhone 16 Pro Max: 163×77.6×8.25mm; Berat: 227g

    (afr/afr)

  • Derita Pasien Long Covid: Dokter Tak Percaya Penyakit Mereka Nyata

    Derita Pasien Long Covid: Dokter Tak Percaya Penyakit Mereka Nyata

    Jakarta, Beritasatu.com –  Derita pasien long Covid semakin nyata, tetapi banyak dari mereka merasa diabaikan dan tidak dipercaya oleh tenaga medis. Sebuah studi terbaru yang melibatkan wawancara mendalam dengan 14 penderita long Covid menemukan bahwa pasien menghadapi tantangan besar dalam mendapatkan pengakuan atas kondisi mereka. Beberapa bahkan menolak dukungan psikologis karena khawatir hal itu akan dianggap sebagai bukti bahwa penyakit mereka tidak nyata.

    “Kami menemukan bahwa para peserta hidup dalam ketidakpastian yang terus-menerus dan berjuang mencari pengobatan. Banyak yang merasa tidak didengarkan, kehilangan kepercayaan pada dokter, lingkungan sosial, bahkan tubuh mereka sendiri,” ujar Saara Petker, psikolog klinis sekaligus salah satu penulis studi ini dikutip IFL Science, Jumat (28/3/2025). 

    Petker bersama Profesor Jane Ogden dari University of Surrey mewawancarai 14 orang dewasa di Inggris yang mengalami long Covid. Para peserta tidak diwajibkan memiliki diagnosis resmi dan dapat melaporkan sendiri gejalanya. Long Covid didefinisikan sebagai gejala Covid-19 yang bertahan lebih dari empat minggu setelah infeksi awal.

    Di awal pandemi, long Covid pertama kali dikenali melalui laporan individu yang merasa tidak kunjung pulih meski hanya mengalami gejala ringan. Gejalanya beragam, mulai dari kelelahan ekstrem, kabut otak, sesak napas, hingga pusing. Hingga kini, penelitian telah mengidentifikasi lebih dari 200 kemungkinan gejala terkait long Covid.

    Namun, meskipun long Covid kini diakui secara medis, derita pasien long Covid masih belum sepenuhnya mendapatkan perhatian yang mereka butuhkan. Wawancara yang dilakukan antara April 2022 hingga Maret 2023 mengungkapkan tiga pola utama dalam pengalaman pasien. 

    Pertama, banyak pasien long Covid hidup dalam ketidakpastian. Mereka  terus bertanya-tanya tentang kondisi mereka tanpa jawaban pasti.

    Kedua, kurangnya kepercayaan terhadap dokter.  Banyak pasien merasa dokter tidak mempercayai keluhan mereka. Ketiga, mereka butuh adanya pengakuan medis karena beberapa pasien berharap diagnosis yang jelas akan membuat mereka lebih dipercaya.

    Salah satu peserta mengaku diabaikan oleh layanan medis spesialis long Covid, sementara yang lain merasa bahwa perawatan yang diberikan tidak memadai. Banyak dari mereka harus berjuang sendiri untuk membuktikan bahwa penyakit mereka nyata, bahkan melakukan riset sendiri, meskipun sering kali dianggap remeh oleh tenaga medis.

    Karena aspek fisik penyakit mereka sering tidak ditanggapi dengan serius, beberapa peserta enggan menerima terapi psikologis atau obat antidepresan yang ditawarkan. Mereka khawatir bahwa menerima perawatan tersebut akan semakin memperkuat anggapan bahwa penyakit mereka hanyalah gangguan mental.

    “Masalahnya bukan pada pasien yang menolak bantuan, tetapi pada kebutuhan mendalam untuk dipercaya,” kata Ogden.

    Studi ini menyimpulkan bahwa agar pasien lebih mau menerima berbagai opsi pengobatan, tenaga medis perlu lebih mendengarkan keluhan mereka. Dukungan psikologis harus diberikan sebagai tambahan dari perawatan medis, bukan sebagai pengganti.

    Derita pasien long Covid tidak hanya sebatas gejala fisik, tetapi juga perjuangan untuk mendapatkan pengakuan. Jika tenaga medis ingin membantu mereka dengan lebih baik, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendengarkan dan memahami.
     

  • La Nina Berakhir, Warga RI Siaga Kemarau! Ini Puncaknya

    La Nina Berakhir, Warga RI Siaga Kemarau! Ini Puncaknya

    Jakarta, CNBC Indonesia – Anomali iklim La Nina dinyatakan berakhir di RI. Hal ini diungkap Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merujuk pertengahan bulan Maret 2025.

    Disebutkan bahwa hasil monitoring indeks IOD dan ENSO, Dasarian I Maret 2025 menunjukkan IOD berada pada kategori Netral dengan indeks-0.31. Fase IOD Netral diprediksi akan bertahan hingga semester kedua tahun 2025.

    Sementara itu, anomali SST di Nino 3.4 menunjukkan indeks sebesar 0.30. Kondisi ini mengindikasikan ENSO Netral dan diprediksi akan tetap Netral hingga semester kedua tahun 2025.

    “La Nina telah berakhir. Artinya, musim kemarau akan normal. Semoga cuaca kondusif,” ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati.

    Lalu, dengan demikian, apakah musim kemarau akan masuk ke RI? Kapan dimulai?

    Dwikorita mengatakan, musim kemarau di Indonesia akan dimulai secara bertahap mulai Maret ini hingga April mendatang. Beberapa wilayah di Indonesia akan terdampak.

    “Awal musim kemarau umumnya berkaitan erat dengan peralihan angin monsun Asia atau angin daratan beralih menjadi angin monsun Australia yang aktif,” ujar Dwikorita.

    Pada April mendatang, wilayah seperti Lampung bagian timur, pesisir utara Jawa bagian barat, pesisir Jawa Timur, sebagian bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur akan memasuki kemarau. Pada Mei kemarau mulai meluas, mencakup sebagian kecil Sumatra, sebagian besar Jawa Tengah hingga Jawa Timur, sebagian Kalimantan Selatan, Bali, dan Papua bagian Selatan.

    Dwikorita mengimbau di sektor pertanian, dapat, menyesuaikan jadwal tanam di wilayah-wilayah yang diprediksi mengalami musim kemarau lebih awal maupun lebih lambat. Mulai dari memilih varietas tahan kekeringan, serta mengoptimalkan pengelolaan air di daerah dengan musim kemarau lebih kering dari normal.

    Sementara itu, wilayah yang berpotensi mengalami musim kemarau lebih basah dapat memanfaatkannya dengan memperluas lahan sawah untuk meningkatkan produksi pertanian.Untuk sektor kebencanaan dapat meningkatkan kesiapsiagaan terhadap kebakaran hutan dan lahan (karhutla), terutama di wilayah rawan yang diprediksi mengalami musim kemarau dengan curah hujan Normal atau Bawah Normal.

    Deputi Bidang Klimatologi BMKG Ardhasena Sopaheluwakan menyebut musim kemarau tahun ini dengan kondisi iklim normal, tanpa pengaruh kuat dari iklim laut dari ENSO dan IOD. Namun demikian, bukan berarti tidak ada hujan karena ada beberapa wilayah Indonesia yang memiliki sifat musim kemarau di atas normal yang memungkinkan menerima akumulasi curah hujan musiman yang lebih tinggi dari biasanya.

    “Jadi utamanya adalah karena tidak adanya dominasi iklim global seperti El Nino, La Nina, dan IOD sehingga prediksi kami iklim tahun ini normal dan tidak sekering tahun 2023 yang berdampak pada banyak kebakaran hutan dan musim kemarau tahun 2025 cenderung mirip dengan kondisi musim kemarau tahun 2024,” kata Ardhasena.

    (sef/sef)