Grup Musik: APRIL

  • Resmi Hadir! iPhone 16 Kini Sudah Tersedia di Official Store Shopee Mall

    Resmi Hadir! iPhone 16 Kini Sudah Tersedia di Official Store Shopee Mall

    Jakarta – Peluncuran iPhone terbaru selalu menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh para pengguna Apple di seluruh dunia. Bagi banyak orang, iPhone bukan sekadar ponsel, melainkan bagian dari gaya hidup serta ekosistem teknologi yang saling terintegrasi.

    Setelah dinanti sejak tahun lalu, Apple akhirnya resmi menghadirkan iPhone 16 ke pasar Indonesia melalui berbagai jalur distribusi resmi, termasuk Shopee. Pengguna sudah dapat melakukan pre-order mulai 28 Maret 2025 melalui Official Store di Shopee Mall, dengan pengiriman yang akan dimulai pada 11 April.

    Head of Business Partnership Shopee Indonesia, Daniel Minard menyampaikan antusiasmenya terhadap kehadiran iPhone 16. Ia mengatakan Shopee senantiasa berkomitmen untuk menghadirkan produk-produk teknologi terkini secara mudah dan aman kepada pengguna.

    “Karena itu, kami bangga dapat menjadi bagian dari peluncuran iPhone 16 di Indonesia bersama Digimap, iBox dan Hello, melalui Official Store mereka di Shopee Mall. Kami berharap kehadiran iPhone 16 di Shopee dapat menjawab antusiasme para pengguna yang telah lama menantikan generasi terbaru dari iPhone,” ungkap Daniel dalam keterangannya, Jumat (28/3/2025).

    Sebagai bagian dari perayaan peluncuran iPhone 16 di Shopee Mall, tersedia beragam promo spesial yang sayang untuk dilewatkan. Mulai 27 Maret – 30 April, para pemegang kartu kredit Bank Mandiri x Shopee bisa mendapatkan cashback 15% hingga Rp5,5 juta.

    Sementara itu, pengguna kartu kredit Bank Mandiri lainnya juga bisa menikmati cashback hingga Rp3,5 juta. Tak hanya itu, pengguna metode pembayaran SPayLater juga dimanjakan dengan penawaran menarik, cashback 15% (min. transaksi Rp10 juta, maksimal cashback Rp5,5 juta) dan cashback 3% (min. transaksi Rp5 juta, maksimal cashback Rp1 juta).

    Lebih lanjut, semakin menambah kemeriahan, khusus untuk 500 pembeli pertama iPhone 16 melalui official store di Shopee Mall, pembeli juga berkesempatan mendapatkan Exclusive Gift seperti Face Serum Estee Lauder, Parfum Jo Malone, Powerbank Mixio, dan masih banyak lagi dengan total nilai hingga Rp3,5 juta.

    Adapun jajaran iPhone 16 yang tersedia di Shopee Mall meliputi iPhone 16 Pro, iPhone 16 Pro Max, iPhone 16, iPhone 16 Plus, hingga iPhone 16e. Setiap varian dirancang untuk memenuhi kebutuhan berbagai tipe pengguna, dari pengguna kasual hingga profesional. Dengan dukungan Apple Silicon generasi terbaru, performa iPhone 16 series semakin cepat, efisien, dan responsif.

    Tak hanya itu, iPhone 16 juga dibekali sistem kamera canggih, daya tahan baterai yang luar biasa, dan tentunya sistem operasi iOS 18 terbaru yang menghadirkan pengalaman pengguna yang lebih personal, aman, dan intuitif. Semua inovasi ini menjadikan iPhone 16 series sebagai lini iPhone paling canggih dalam sejarah Apple.

    Jangan sampai kelewatan! Kunjungi Official Store di Shopee Mall dan nikmati promo spesial peluncuran iPhone 16 mulai 28 Maret 2025. Unduh aplikasi Shopee sekarang melalui App Store atau Google Play, dan aktifkan ShopeePay untuk pengalaman belanja yang lebih praktis, aman, dan nyaman.

    Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk-produk Apple, silahkan kunjungi www.apple.com.

    (prf/ega)

  • Pemkab Kepulauan Seribu turunkan personel  pantau banjir rob

    Pemkab Kepulauan Seribu turunkan personel pantau banjir rob

    Jakarta (ANTARA) – Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Kepulauan Seribu menurunkan personel untuk memantau banjir akibat air laut pasang (rob) di Kelurahan Pulau Kelapa, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara.

    “Kami mengerahkan sembilan personel “Pasukan Biru” untuk mengatasi potensi banjir di Kelurahan Pulau Kelapa,” kata Kasi Pantai Sudin SDA Kepulauan Seribu, Wahyu Maulana di Jakarta, Jumat.

    Menurut dia, langkah itu diambil sebagai respon cepat terhadap potensi genangan air yang sering terjadi di wilayah tersebut saat musim hujan.

    Personel yang dikerahkan akan dibagi menjadi dua zona untuk pemantauan dan penanganan genangan dan banjir. Fokus penanganan berada di dua lokasi rawan genangan yaitu RT 06/RW 02 dan RT 05/RW 04 Pulau Kelapa.

    “Kami siagakan personel untuk memantau dan mengatasi banjir rob. Mereka akan bersiap jika terjadi kejadian dan melakukan pencegahan,” ujarnya.

    Selain personel, kata dia, Sudin SDA Kepulauan Seribu menyiapkan peralatan untuk mengatasi genangan air hujan meliputi serokan (pengki), sikat, ember, linggis, serta pompa alkon atau pompa celup jika diperlukan untuk mengatasi genangan yang parah.

    Dengan kesiapsiagaan personel itu diharapkan dampak genangan pascahujan di Pulau Kelapa dapat diminimalkan.

    “Kami berharap jika banjir datang dan aktivitas warga dapat berjalan lancar,” kata dia.

    Sementara itu, Lurah Pulau Kelapa, Muslim menyambut baik dan mengapresiasi langkah cepat yang diambil oleh Pasukan Biru Sudin SDA Kepulauan Seribu.

    “Kami sangat berterima kasih atas respon cepat dari Sudin SDA. Kehadiran mereka sangat membantu dalam mengatasi masalah genangan di wilayah kami,” kata dia.

    Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyiagakan petugas dari Dinas Sumber Daya Air (SDA) sebagai upaya untuk mengantisipasi banjir akibat air laut pasang (rob) di utara dan pesisir Jakarta saat Lebaran 2025.

    “(Rob) Diprediksi BMKG tanggal 1, 2, 3 (April). Ini yang harus kita waspadai,” ujar Wakil Gubernur Jakarta Doel Rano Karno di Jakarta, Jumat.

    Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengungkapkan potensi banjir rob melanda Jakarta pada 28 Maret hingga 1 April 2025.

    Pewarta: Mario Sofia Nasution
    Editor: Syaiful Hakim
    Copyright © ANTARA 2025

  • Pendiri Startup Punya Hak Suara Besar, Investor Ini Protes

    Pendiri Startup Punya Hak Suara Besar, Investor Ini Protes

    Jakarta, CNBC Indonesia – Dropbox menghadapi tekanan dari investor aktivis untuk mengakhiri kendali pendiri atas perusahaan penyimpanan file tersebut, menurut orang-orang yang mengetahui masalah tersebut.

    Melansir laporan The Wall Street Journal, Half Moon Capital, sebuah dana lindung nilai kecil, mengkritik pertumbuhan pendapatan perusahaan yang melambat dan mempermasalahkan strateginya pada tingkat pembayaran, kata orang-orang tersebut.

    Sebuah proposal pemegang saham yang diajukan oleh Half Moon berupaya untuk menghapus struktur saham kelas ganda Dropbox, yang memberikan CEO dan salah satu pendiri Drew Houston suara mayoritas, menurut orang-orang yang mengetahui masalah tersebut. Proposal tersebut mengatakan bahwa struktur tersebut telah mencegah pemegang saham untuk meminta pertanggungjawaban manajemen setelah membuat “kesalahan langkah yang signifikan.”

    Half Moon Capital memegang sekitar 40.000 saham Dropbox, yang baru-baru ini dinilai sekitar $1,1 juta.

    Proposal tersebut akan memerlukan suara mayoritas untuk disetujui, yang berarti dukungan Houston akan diperlukan agar dapat disahkan. Houston saat ini memiliki sekitar 77% saham suara karena saham Kelas B miliknya, yang memiliki hak suara 10 kali lipat dari saham Kelas A.

    Half Moon Capital yakin proposal tersebut, yang akan diputuskan dalam rapat tahunan perusahaan, akan menekan manajemen dan dewan direksi untuk membuat perubahan lain, kata orang-orang tersebut.

    Jumlah pengguna berbayar Dropbox pada akhir tahun lalu naik kurang dari 1% dari tahun 2023, dan perusahaan telah memperkirakan penurunan pengguna berbayar tahun ini. Itu akan menjadi penurunan pertama sejak melaporkan hasil kepada publik.

    Saham Dropbox diperdagangkan sekitar $27 per saham, sehingga nilai pasarnya sekitar $8 miliar.

    Perusahaan dalam beberapa tahun terakhir telah berusaha untuk mengurangi jumlah karyawannya, memangkas 20% tenaga kerjanya pada bulan Oktober setelah pengurangan 16% pada bulan April 2023. Houston mengatakan pada bulan Oktober bahwa Dropbox menghadapi lingkungan konsumen yang sulit dan operasi yang tidak efisien.

    Dalam surat terbuka kepada dewan Dropbox pada bulan Februari 2024, Half Moon meminta perusahaan untuk menekankan kembali paket keluarga dengan harga yang lebih rendah. Dropbox mengatakan bahwa mereka akan meninggalkan paket tersebut setelah menyimpulkan bahwa beberapa pelanggan bisnis menggunakannya sebagai celah untuk mendapatkan langganan yang lebih murah.

    (fsd/fsd)

  • KCIC: Volume Penumpang Whoosh Diproyeksikan Meningkat 30 Persen saat Arus Mudik Lebaran – Halaman all

    KCIC: Volume Penumpang Whoosh Diproyeksikan Meningkat 30 Persen saat Arus Mudik Lebaran – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – General Manager Corporate Secretary PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Eva Chairunisa menyampaikan adanya peningkatan volume penumpang Whoosh selama arus mudik Lebaran.

    Eva memaparkan, pada hari ini Jumat (28/3) atau H-3 Lebaran, terlihat adanya peningkatan jumlah penumpang di seluruh stasiun Whoosh. Diprediksi jumlah penumpang hari ini akan mencapai 18 – 20 ribu.

    “Angka tersebut meningkat jika dibandingkan hari kemarin yang berkisar di 16 ribu penumpang per hari,” ujar Eva di Jakarta Pusat, Jumat (28/3/2025).

    KCIC memproyeksikan jumlah penumpang Whoosh selama angkutan Lebaran akan meningkat hingga 30 persen, mencapai hingga 24 ribu penumpang per hari. Sebagai perbandingan, pada hari kerja biasa, jumlah penumpang Whoosh berkisar antara 16-18 ribu per hari, sedangkan pada akhir pekan bisa mencapai 18-21 ribu penumpang per hari.

    “Adapun peningkatan volume puncak untuk keberangkatan dari Halim menuju Bandung dan sebaliknya diperkirakan akan terjadi mulai tanggal 2 – 11 April,” kata Eva.

    Selama masa angkutan Lebaran, yang berlangsung dari 21 Maret 2025 hingga 11 April 2025 atau H-10 hingga H+10 Lebaran, KCIC mengoperasikan 1.346 KA dengan total kapasitas mencapai 808 ribu tempat duduk.

    “Setiap harinya KCIC mengoperasikan sebanyak 62 jadwal perjalanan Whoosh dengan headway setiap 30 menit,” tambahnya.

    Jumlahnya meningkat 20 persen dibandingkan angkutan lebaran 2024 dimana KCIC mengoperasikan sebanyak 52 perjalanan Whoosh per hari.

    “Untuk memastikan keamanan dan keselamatan perjalanan Whoosh, KCIC menugaskan total 530 petugas pengamanan yang tersebar di seluruh stasiun dan jalur kereta,” sambung Eva.

    Petugas ini merupakan gabungan dari personel keamanan internal KCIC, TNI, dan Polri. Selain itu, KCIC juga menugaskan sebanyak 50 petugas Passenger Service Mobile yang siap membantu pelayanan penumpang di berbagai stasiun Whoosh.

  • Pelni angkut 1.972 pemudik dari Pelabuhan Kijang Bintan

    Pelni angkut 1.972 pemudik dari Pelabuhan Kijang Bintan

    Hari ini merupakan puncak arus mudik dari Pelabuhan Kijang

    Tanjungpinang, Kepri (ANTARA) – PT Pelni (Persero) Cabang Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri), mengangkut 1.972 pemudik dari Pelabuhan Sei Kolak Kijang, Kecamatan Bintan Timur, Kabupaten Bintan menggunakan kapal KM Tidar.

    Kepala Cabang Pelni Tanjungpinang Putra Kencana mengatakan KM Tidar lepas tali dari Kijang pada Jumat pukul 14.30 WIB, menuju Jakarta, Surabaya, Makassar, Baubau, Maumere, Lewoleba, Larantuka dan Kupang (pulang-pergi). Kapal tersebut akan kembali lagi ke Kijang pada 11 April 2025.

    “Hari ini merupakan puncak arus mudik dari Pelabuhan Kijang,” kata Putra di Tanjungpinang, Jumat.

    Putra menyampaikan jumlah pemudik tersebut masih di bawah total kapasitas ditambah dispensasi penumpang KM Tidar yang sebanyak 2.896 orang.

    Namun demikian, para pemudik yang diangkut KM Tidar pada musim puncak mudik tahun ini meningkat sekitar 30 persen dibanding periode yang sama tahun lalu menggunakan KM Umsini, yaitu dari 1.600 penumpang menjadi 1.972 penumpang.

    “Kenaikan jumlah penumpang dipicu durasi waktu libur Lebaran 2025 lebih panjang ditambah dengan libur anak sekolah/kuliah, sehingga banyak warga dan mahasiswa mudik ke kampung halaman,” ujar Putra.

    Putra menambahkan selama Ramadhan, penumpang kapal Pelni tetap mendapatkan fasilitas seperti biasanya, antara lain makan tiga kali sehari meliputi sarapan pagi, makan siang dan makan malam, serta ditambah suplemen tubuh.

    Namun khusus penumpang yang berpuasa, maka jatah makan penumpang akan disesuaikan dengan jadwal makan sahur, berbuka puasa hingga makan malam.

    “Bagi yang tidak berpuasa, jadwal makan tetap seperti biasanya,” ungkap Putra.

    Putra menambahkan puncak arus balik mudik Idul Fitri 2025 untuk rute antarpulau dengan KM Bukit Raya diprediksi pada tanggal 5 April 2025.

    Sementara rute dari Jakarta, Surabaya hingga Indonesia wilayah Timur diperkirakan pada tanggal 11 April 2025.

    Pelni berkomitmen memberikan pelayanan maksimal kepada penumpang selama perjalanan mudik dan arus balik sebagaimana tagline Kementerian Perhubungan RI “Mudik Tenang Menyenangkan”.

    Pewarta: Ogen
    Editor: Agus Salim
    Copyright © ANTARA 2025

  • Turut Ambil Peran, BRI Bangun Posko Mudik BUMN di Bandara dan Rest Area Jalan Tol – Halaman all

    Turut Ambil Peran, BRI Bangun Posko Mudik BUMN di Bandara dan Rest Area Jalan Tol – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Lebaran selalu menjadi momen yang penuh kebahagiaan dan kebersamaan, dimana masyarakat Indonesia merayakan Idul Fitri dengan berbagai tradisi. 

    Salah satunya adalah melakukan perjalanan mudik atau kembali ke kampung halaman untuk berkumpul dengan keluarga.

    PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mengambil peran mendukung kelancaran mudik 2025 dengan mendirikan Posko Mudik BUMN di beberapa titik perjalanan mudik lebaran 2025. 

    Lokasi-lokasi tersebut terletak di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Yogyakarta International Airport dan Rest Area Tol Gempol Pasuruan KM 792, Jawa Timur serta Rest Area Tol Solo – Ngawi.

    Posko Mudik BUMN yang dibangun BRI beroperasi pada 27-29 Maret 2025 untuk arus mudik serta pada 5-8 April 2025 untuk arus balik. 

    Adapun fasilitas yang disiapkan di Posko Mudik BUMN adalah cek kesehatan gratis dan obat-obatan gratis, penyediaan takjil ataupun makanan untuk buka puasa, area bermain anak (playground) serta ruang istirahat.

    Terkait dengan hal tersebut, Corporate Secretary BRI Agustya Hendy Bernadi mengungkapkan bahwa pendirian Posko Mudik BUMN 2025 merupakan upaya nyata BRI sebagai perusahaan BUMN dalam mendukung kelancaran mudik lebaran 2025.

    “Masyarakat yang melaksanakan kegiatan mudik silahkan memanfaatkan Posko Mudik Bersama yang telah kami sediakan dan kami harap masyarakat bisa melaksanakan mudik dengan aman dan nyaman,” ungkap Hendy.

    BRI sebagai salah satu BUMN terbesar di Indonesia terus berperan aktif dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. 

    BRI juga terus berkolaborasi dan bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mendukung upaya pemerintah dalam menyukseskan pelaksanaan arus mudik dan arus balik lebaran 2025.

    Sebelumnya, pada Kamis (27/03) BRI Group memberangkatkan 8.482 pemudik dengan 170 bus ke berbagai kota di Pulau Jawa dan Sumatera. 

    Adapun rinciannya, BRI mengakomodasi 5.000 pemudik dengan 100 bus, sementara itu anak perusahaannya, PNM akan melayani 282 pemudik dengan 6 bus, dan Pegadaian menyiapkan 64 bus untuk 3.200 pemudik. 

    Menteri BUMN RI Erick Thohir turut menjelaskan bahwa sesuai dengan arahan Presiden Prabowo Subianto, BUMN dan korporasi harus terus meningkatkan kinerja sekaligus berkomitmen dalam memberikan layanan publik yang optimal kepada masyarakat. 

    Ia menegaskan bahwa penyelenggaraan program mudik gratis merupakan wujud nyata dari komitmen BUMN dalam melayani masyarakat.

    “Ini kabar baik. Selama lima tahun terakhir terjadi pergeseran dalam moda transportasi mudik, dari kendaraan bermotor secara bertahap beralih ke bus dan terakhir kereta api dan peningkatannya mencapai 53 persen, ini apple to apple sangat baik, dan jumlah ini meningkat 106 ribu, didukung oleh 80 lebih BUMN. Saya ucapkan terima kasih,” ujar Erick Thohir.

  • TTL jamin kelancaran arus barang saat periode Lebaran 2025

    TTL jamin kelancaran arus barang saat periode Lebaran 2025

    Dua kapal internasional telah teridentifikasi untuk sandar di TTL, sementara rute domestik masih menunggu konfirmasi lebih lanjut, menjelang dan setelah Lebaran

    Surabaya (ANTARA) – PT Terminal Teluk Lamong (TTL) menjamin kelancaran arus barang selama periode Lebaran 2025, salah satunya dengan menerapkan strategi pemantauan aktif terhadap arus keluar-masuk barang guna mencegah kepadatan di lapangan penumpukan, baik untuk kontainer maupun kargo curah kering.

    Direktur PT Terminal Teluk Lamong David Pandapotan Sirait mengatakan, persiapan atau strategi lain yang juga dilakukan untuk menjamin kelancaran arus barang mencakup koordinasi dengan perusahaan pelayaran dan pemilik kargo agar pergerakan barang tetap terjadwal dengan baik.

    “Dua kapal internasional telah teridentifikasi untuk sandar di TTL, sementara rute domestik masih menunggu konfirmasi lebih lanjut, menjelang dan setelah Lebaran,” kata David dalam keterangannya di Surabaya, Jumat.

    Selain itu, kata dia, untuk menghindari kendala akibat pembatasan operasional truk selama periode larangan berjalan mulai 24 Maret hingga 8 April 2025, TTL menerapkan kemudahan bagi pelanggan dengan melakukan penyimpanan barang lebih awal atau early stacking.

    Tak hanya itu, pihaknya juga menyiapkan solusi operasional yang fleksibel sesuai kondisi di lapangan, seperti alternatif pengiriman multimoda serta penyediaan fasilitas dan peralatan tambahan guna mempercepat distribusi.

    Bahkan, lanjutnya, fleksibilitas kebijakan penyimpanan dan penanganan kargo juga diterapkan sesuai kebutuhan pelanggan selama periode libur Lebaran.

    Lebih lanjut, David mengungkapkan jika TTL mencatat kinerja positif dalam pelayanan kapal hingga Februari 2025 dengan metode operasional berbasis planning and control dan mampumencapai realisasi Effective Time (ET) terhadap Berthing Time (BT) sebesar 87,98 persen untuk kapal peti kemas internasional dan 80,66 persen untuk kapal domestik.

    “Hal ini melampaui target masing-masing 81 persen dan 73 persen,” ucap David.

    David menambahkan, keberhasilan operasional tersebut turut berdampak pada peningkatan aktivitas bongkar muat yang tercatat di TTL.

    Oleh karena itu, sepanjang Januari hingga Februari 2025, TTL mencatat volume bongkar muat sebesar 143.179 TEUs, naik 4,7 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang mencapai 136.746 TEUs.

    Pewarta: Indra Setiawan/Naufal Ammar Imaduddin
    Editor: Ahmad Buchori
    Copyright © ANTARA 2025

  • Jasa Kirim J&T Express di Shopee Tak Lagi Berlaku per April 2025

    Jasa Kirim J&T Express di Shopee Tak Lagi Berlaku per April 2025

    Bisnis.com, JAKARTA – Shopee Indonesia meniadakan jasa kirim dari J&T Express Standard Eco sebagai salah satu layanan pengiriman. Kebijakan ini telah diumumkan dan mulai berlaku pada April 2025. 

    Berdasarkan informasi dari situs resmi Shopee, jasa kirim yang didukung Shopee dari J&T hanya berlaku untuk pengiriman kargo atau J&T Cargo. Sementara itu, jasa kirim reguler, hemat, kargo, instant, same day, dan next day masih tersedia dari berbagai mitra. 

    “Mulai April 2025, secara bertahap layanan jasa kirim J&T Express Standard Eco di Shopee tidak terintegrasi lagi dan akan berfokus pada layanan jasa kirim J&T Cargo,” tulis pengumuman Shopee. 

    Perlu diketahui, Shopee juga memiliki kemitraan layanan pengiriman dengan 10 mitra logistik lainnya yang dapat dipilih sesuai preferensi pengguna. 

    Adapun, jasa kirim reguler di Shopee yang terintegrasi dengan sistem Shopee berdasarkan layanan pengiriman yang tersedia per April mendatang yaitu Anteraja Reguler, ID Express, JNE Reguler, Ninja Xpress, PosAja!, SiCepat REG, dan SPX Express. 

    Sementara itu, untuk jasa kirim hemat yang tersedia yaitu Anteraja Economy, SiCepat Halu, dan SPX Hemat. Untuk kargo yaitu, Anteraja Kargo, J&T Cargo, JNE Trucking (JTR), Sentral Cargo, dan SiCepat Gokil. 

    Lebih lanjut, layanan jasa kirim instant tersedia dari GoSend Instant, GrabExpress Instant, dan SPX Instant. Sedangkan, layanan pengiriman Same Day yaitu Anteraja Same Day, GoSend Same Day, GrabExpress Same Day, dan SPX Same Day, serta pengiriman Next Day dari JNE YES dan SiCepat BEST. 

    Kabar penghentian jasa kirim J&T Express sebelumnya juga sempat dikeluhkan oleh salah satu seller lewat akun pribadi X @rloBee_ pada Rabu (26/3/2025) lalu. Lewat akun tersebut dirinya menyayangkan kebijakan tersebut. 

    “Kenapa mulai April @jntexpressid express standard eco jadi gak bisa dipakai lagi di Shopee? Merugikan saya as seller yang cuma mudah nemuin cabang drop point jnt terdekat,” tulis akun tersebut. 

    Di sisi lain, terdapat warganet yang memberikan komentar dukungan atas pembaruan daftar layanan pengiriman di Shopee. Hal ini diungkap oleh akun X @limitwed, Rabu (26/3/2025).

    “Lepasin aja itu shopee sama j&t, paket gua ilang grgr [gara-gara] dia [masih dendam],” cuitnya.

    Pengumuman layanan J&T Express Standard Eco yang tidak lagi terintegrasi di Shopee ini telah disebarkan kepada seller. Shopee meminta untuk mengaktifkan jasa kirim lainnya sebelum 2 April 2024 untuk menjaga kelancaran penjualan toko. 

    Atas kebijakan tersebut, dalam pengumuman Shopee juga bersedia untuk membantu mengaktifkan opsi pengiriman lain apabila penjual belum mengaktifkan minimal 1 jasa kirim yang terintegrasi di Shopee sebelum 2 April. 

  • Pemerintah sediakan 30 ribu rumah subsidi untuk tenaga kesehatan

    Pemerintah sediakan 30 ribu rumah subsidi untuk tenaga kesehatan

    Menteri Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP) Maruarar Sirait (kiri) bersama Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (tengah) dan Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti (kanan) saat penandatanganan MoU, di Kantor Kementerian PKP, Jakarta, Kamis (27/3/2025). ANTARA/Rizka Khaerunnisa

    Pemerintah sediakan 30 ribu rumah subsidi untuk tenaga kesehatan
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Kamis, 27 Maret 2025 – 23:57 WIB

    Elshinta.com – Kementerian Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP) bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tengah menyiapkan total 30 ribu unit rumah subsidi khusus untuk segmen perawat, bidan, dan tenaga kesehatan yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

    Secara rinci, sebanyak 15 ribu unit rumah subsidi dialokasikan untuk perawat, 10 ribu unit untuk bidan, dan 5 ribu untuk tenaga kesehatan. Penyaluran kredit kepemilikan rumah (KPR) subsidi didukung oleh Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN).

    Menteri Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP) Maruarar Sirait, di Jakarta, Kamis, berpesan agar program dukungan penyediaan perumahan ini harus melibatkan pengembang (developer) yang bertanggung jawab dan berkualitas.

    “Di Indonesia ada banyak pengembang yang bagus, tapi ada juga pengembang yang tidak bagus. Jangan pilih pengembang yang tidak bertanggung jawab dan tidak berkualitas karena itu akan membuat kepedihan dan kepahitan nanti bagi bidan, perawat, dan tenaga kesehatan,” kata Maruar atau akrab disapa Ara, di Kantor Kementerian PKP, Jakarta, Kamis (27/3).

    Kementerian PKP bersama Kemenkes dan Badan Pusat Statistik (BPS) telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) di Kantor Kementerian PKP, Jakarta, Kamis. Penandatanganan kerja sama juga dilakukan antara BP Tapera, BTN, dan organisasi profesi kesehatan.

    Melalui kolaborasi ini, alokasi rumah subsidi untuk tenaga kesehatan diharapkan lebih tepat sasaran, karena didukung oleh data administrasi tenaga kesehatan dari Kemenkes yang dipadupadankan dengan Data Tunggal Sosial dan Ekonomi Nasional (DTSEN).

    Pada kesempatan yang sama, Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti menjelaskan bahwa pihaknya telah menerima total 1,362 juta data tenaga kesehatan yang terdiri dari 781.664 tenaga perawat, 542.805 data bidan, dan 38.056 tenaga kesehatan masyarakat lainnya dari Kemenkes.

    Data tersebut kemudian direkonsiliasikan dengan DTSEN, dengan hasilnya disampaikan kembali kepada Kemenkes yang akan digunakan oleh kementerian untuk dijadikan dasar bagi intervensi kebijakan untuk bantuan perumahan terhadap tenaga kesehatan.

    Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menambahkan, pihaknya telah mengerucutkan data tenaga kesehatan tersebut menjadi 30 ribu orang yang memenuhi persyaratan atau masuk sebagai kategori masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang belum memiliki rumah dengan penghasilan Rp7 juta untuk individu yang belum menikah dan Rp8 juta bagi yang sudah menikah.

    “Kami (Kemenkes) berterima kasih. Kenapa? Karena 30 ribu ini kalau dikalikan 80 meter persegi, ini mesti disiapkan 2,4 juta meter persegi tanah oleh pemerintah melalui Pak Presiden dan Pak Ara. Kalau dikalikan Rp160 juta (perkiraan harga satu unit rumah subsidi), itu ada Rp4,8 triliun disediakan (total nilai pembiayaan),” kata Budi.

    Adapun 30 ribu unit rumah subsidi untuk tenaga kesehatan ini diharapkan dapat disalurkan seluruhnya pada tahun ini. Kementerian PKP memberikan target agar BP Tapera dan BTN menyiapkan 300 unit sebagai langkah awal untuk serah terima kunci yang dilakukan pada 28 April mendatang.

    Penyediaan perumahan bagi tenaga kesehatan ditargetkan dapat tersebar di delapan titik, antara lain Aceh, Papua, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kalimantan Utara, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Sumatera Utara.

    Sumber : Antara

  • Layanan MRT Jakarta tetap beroperasi normal selama libur Lebaran

    Layanan MRT Jakarta tetap beroperasi normal selama libur Lebaran

    Jakarta (ANTARA) – PT MRT Jakarta (Perseroda) menyatakan pelayanan Mass Rapid Transit (MRT) tetap beroperasi normal selama libur Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1446 Hijriah, yakni 28 Maret – 7 April 2025.

    “MRT Jakarta akan tetap beroperasi melayani masyarakat selama libur Idul Fitri,” kata Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta (Perseroda) Ahmad Pratomo di Jakarta, Jumat.

    Ahmad mengatakan seluruh stasiun juga dibuka dengan pelayanan seperti biasa dan juga akan menambah petugas di stasiun untuk memastikan pelanggan MRT Jakarta mendapatkan kenyamanan.

    Diharapkan para penumpang memiliki pengalaman yang nyaman selama berada di stasiun maupun kereta.

    Pola operasional yang berlaku ialah grafik perjalanan kereta normal saat akhir pekan atau libur, yaitu pukul 05.00-24.00 WIB dengan selang waktu keberangkatan antar kereta setiap 10 menit.

    “Sebanyak 13 stasiun dengan 219 perjalanan kereta dan tujuh rangkaian kereta telah disiapkan untuk melayani masyarakat,” ujarnya.

    Selain jadwal operasional ini, MRT Jakarta juga menyiapkan sejumlah program menarik bagi para pelanggan selama masa liburan.

    Program tersebut antara lain promo dan tarif Spesial Tiket di Aplikasi MyMRTJ dengan menggunakan blu by BCA Digital, AstraPay, i.saku dan GoPay, promo feeder, serta program berhadiah Marti Games THR berhadiah total Rp 15 juta periode 6-15 April 2024.

    Pada periode libur lebaran 2024, MRT Jakarta mencatat angka keterangkutan sepanjang 6-15 April 2024 mencapai 376.448 orang dengan total pengguna pada hari pertama lebaran mencapai 25.586 orang dan hari kedua mencapai 45.037 orang.

    Pewarta: Luthfia Miranda Putri
    Editor: Syaiful Hakim
    Copyright © ANTARA 2025