Grup Musik: APRIL

  • Melonjak! Penumpang Garuda Indonesia (GIAA) Tembus 81.000 Jiwa H-3 Lebaran

    Melonjak! Penumpang Garuda Indonesia (GIAA) Tembus 81.000 Jiwa H-3 Lebaran

    Bisnis.com, JAKARTA — Maskapai pelat merah Grup Garuda Indonesia (GIAA) mencatatkan lonjakan penumpang saat puncak arus mudik yang terjadi H-3 Lebaran 2025 atau Jumat (28/3/2025). 

    Direktur Utama Garuda Indonesia, Wamildan Tsani, menyampaikan bahwa Garuda Indonesia bersama anak perusahaannya, Citilink, mencatat jumlah penumpang sebanyak 81.030 pada puncak arus keberangkatan. 

    “Jumlah tersebut mengalami peningkatan signifikan sebesar 65,89% dibandingkan dengan awal periode peak season pada 21 Maret, yang tercatat sebanyak 48.844 penumpang,” kata Wamildan dalam keterangan resmi, dikutip Sabtu (29/3/2025). 

    Pada puncak arus keberangkatan ini, Garuda Indonesia mengangkut setidaknya 45.257 penumpang, sementara Citilink mengangkut sekitar 35.773 penumpang dari total 478 penerbangan, yang terdiri dari 244 penerbangan Garuda Indonesia dan 234 penerbangan Citilink. 

    Dari total penerbangan tersebut, Garuda Indonesia mengoperasikan 20 penerbangan tambahan (extra flight), sedangkan Citilink menambahkan 7 penerbangan tambahan.  

    Untuk keberangkatan dari Jakarta melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan Bandara Halim Perdanakusuma, pada hari ini Garuda Indonesia Group melayani 31.843 penumpang, terdiri dari 17.224 penumpang Garuda Indonesia dan 14.619 penumpang Citilink.

    Jumlah tersebut diangkut melalui 191 penerbangan, dengan 108 penerbangan dioperasikan oleh Garuda Indonesia dan 83 penerbangan oleh Citilink.  

    Wamildan mengklaim seiring dengan peningkatan kesiapan di seluruh lini layanan dan operasional, Garuda Indonesia Group mencatat rata-rata tingkat ketepatan waktu penerbangan mencapai 90% selama puncak arus keberangkatan dari Jakarta hingga pernyataan ini dikeluarkan.  

    Selama periode peak season libur Lebaran, Garuda Indonesia Group mencatat sejumlah rute penerbangan dengan trafik tinggi, termasuk Padang, Kualanamu, Pangkalpinang, Surabaya, Denpasar, Tanjung Karang, Yogyakarta, Semarang, Solo, Makassar, dan Balikpapan, seiring dengan perayaan hari keagamaan dari akhir Maret hingga awal April. Sementara untuk rute internasional, destinasi dengan permintaan tinggi meliputi Jeddah, Madinah, dan Doha.  

    Selain itu, Garuda Indonesia Group memproyeksikan bahwa puncak arus balik akan terjadi pada Minggu, 6 April, sesuai dengan prediksi Pemerintah RI yang memperkirakan puncak arus balik berlangsung pada 6-7 April 2025.  

    Di sisi lain, pada periode peak season Lebaran tahun ini, Garuda Indonesia mencatat peningkatan volume angkutan kargo sebesar 10% dibandingkan dengan periode sebelum peak season, dari sebelumnya 3.581 ton menjadi 3.976 ton. 

    Kenaikan ini selaras dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat dalam pengiriman barang selama libur Lebaran.

    Jenis angkutan kargo yang diangkut mencakup general cargo, fishery & sea product, serta meat product.

  • MRT Jakarta Tetap Beroperasi Normal Selama Libur Lebaran, Ada Promo Menarik!

    MRT Jakarta Tetap Beroperasi Normal Selama Libur Lebaran, Ada Promo Menarik!

    Jakarta: Libur Lebaran sering kali identik dengan jalanan yang lengang dan transportasi umum yang lebih nyaman. 
     
    Bagi kamu yang tetap berada di Jakarta selama libur Idul Fitri 1446 Hijriah, ada kabar baik! MRT Jakarta tetap beroperasi normal dan bahkan menawarkan berbagai promo menarik untuk para pengguna setianya.

    Jadwal operasional MRT Jakarta selama libur lebaran
    Tak perlu khawatir soal transportasi selama liburan, karena PT MRT Jakarta (Perseroda) memastikan bahwa layanan MRT tetap berjalan normal dari tanggal 28 Maret hingga 7 April 2025.
     
    “MRT Jakarta akan tetap beroperasi melayani masyarakat selama libur Idul Fitri,” kata Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta (Perseroda) Ahmad Pratomo di Jakarta dilansir Antara, Sabtu, 29 Maret 2025.
     

    Berikut detail jadwal operasionalnya:

    Jam operasional: 05.00 – 24.00 WIB
    Frekuensi keberangkatan: Setiap 10 menit
    Jumlah perjalanan: 219 perjalanan per hari
    Stasiun aktif: 13 stasiun
    Jumlah rangkaian kereta: 7 rangkaian

    Seluruh stasiun juga akan tetap beroperasi seperti biasa dengan tambahan petugas untuk memastikan kenyamanan penumpang selama perjalanan.
     

    Promo menarik selama libur lebaran
    Selain layanan yang tetap beroperasi normal, MRT Jakarta juga memberikan sejumlah promo menarik bagi pengguna setianya. Berikut adalah beberapa promo yang bisa kamu manfaatkan:

    1. Promo Tarif Spesial

    Dapatkan harga spesial tiket MRT Jakarta melalui aplikasi MyMRTJ dengan metode pembayaran blu by BCA Digital, AstraPay, i.saku, dan GoPay.

    2. Promo Feeder

    Nikmati kemudahan perjalanan dengan layanan feeder yang memberikan kenyamanan ekstra selama liburan.

    3. Marti Games THR Berhadiah Rp 15 Juta

    Ikuti Marti Games THR dan menangkan hadiah total Rp 15 juta dalam periode 6-15 April 2025.
     
    Bagi kamu yang tetap berada di Jakarta selama libur Lebaran, MRT bisa menjadi pilihan transportasi yang nyaman dan efisien. 
     
    Dengan jadwal operasional yang tetap normal serta berbagai promo menarik, pengalaman naik MRT selama liburan bisa lebih menyenangkan. 
     
    Jangan lupa manfaatkan promo tiket spesial dan berpartisipasi dalam Marti Games untuk mendapatkan hadiah THR menarik!

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • KAI Semarang operasikan KA ekonomi tambahan tujuan Jakarta

    KAI Semarang operasikan KA ekonomi tambahan tujuan Jakarta

    Semarang (ANTARA) – PT KAI Daop 4 Semarang Jateng mengoperasikan satu kereta api (KA) tambahan kelas ekonomi relasi Semarang-Jakarta mulai 30 Maret hingga 3 April 2025 untuk mengakomodasi pemudik yang belum memperoleh tiket pulang kampung.

    “KA tambahan relasi Stasiun Semarang Poncol hingga Jakarta Pasar Senen dengan kapasitas angkut 742 orang,” kata Manajer Humas PT KAI Daop (Daerah Operasi) 4 Semarang Franoto Wibowo di Semarang, Sabtu.

    Gerbong KA ekonomi dilengkapi dengan pendingin udara sehingga memberi kenyamanan bagi penumpang.

    Tiket KA tambahan tersebut dijual dengan harga yang terjangkau. “Tiket dijual dengan harga Rp150 ribu hingga Rp180 ribu per orang,” katanya.

    KA tambahan tersebut diberangkatkan tiap pukul 19.40 WIB dari Semarang dan pukul 08.30 WIB dari Jakarta.

    Ia menambahkan bahwa kedatangan pemudik di berbagai stasiun di wilayah Daop Semarang masih cukup tinggi hingga H-3 Lebaran 2025.

    Pada Jumat (28/3/2025) jumlah kedatangan penumpang KA mencapai 28.978 orang dan diperkirakan masih akan bertambah menjelang Lebaran.

    Pewarta: Immanuel Citra Senjaya
    Editor: Iskandar Zulkarnaen
    Copyright © ANTARA 2025

  • KAI catat berangkatkan 1,44 juta pemudik hingga 28 Maret

    KAI catat berangkatkan 1,44 juta pemudik hingga 28 Maret

    Tingkat okupansi yang melebihi 100 persen terjadi karena adanya pola perjalanan penumpang yang fleksibel. Pelanggan naik dan turun di berbagai stasiun sepanjang rute perjalanan,

    Jakarta (ANTARA) – PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat telah memberangkatkan 1.445.965 pemudik per 28 Maret 2025, dalam periode angkutan mudik Lebaran Idul Fitri 2025/1446 Hijriah.

    “Selama angkutan Lebaran total penjualan melampaui 3,3 juta, hingga 28 Maret pukul 24.00 WIB KAI telah melayani 1.445.965 pelanggan,” kata Vice President Public Relations KAI Anne Purba dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu.

    Dia menyampaikan bahwa puncak arus mudik Lebaran terjadi pada 28 Maret 2025 dengan jumlah penjualan tiket mencapai 215.646 dalam sehari yang terdiri dari 184.008 tiket kereta api jarak jauh (KAJJ) dan 31.638 tiket KA lokal yang dikelola KAI.

    Angka tersebut merupakan capaian penjualan tertinggi selama periode angkutan Lebaran 21 Maret – 11 April 2025 dengan tingkat okupansi 115,56 persen untuk KA JJ dan 60,65 persen untuk KA lokal.

    “Tingkat okupansi yang melebihi 100 persen terjadi karena adanya pola perjalanan penumpang yang fleksibel. Pelanggan naik dan turun di berbagai stasiun sepanjang rute perjalanan, bukan hanya dari stasiun awal hingga tujuan akhir,” ujarnya.

    Demi memastikan kelancaran arus mudik, KAI menyediakan total kapasitas hingga 4.591.510 tempat duduk untuk perjalanan periode 21 Maret – 11 April 2025, yang terdiri dari 3.443.832 tempat duduk untuk KAJJ dan 1.147.678 tempat duduk untuk KA lokal.

    “Hingga 29 Maret 2025 pukul 07.00 WIB, penjualan tiket menunjukkan tren positif dengan total 3.303.774 tiket telah terjual, atau sekitar 71,95 persen dari total kapasitas yang disediakan,” ucapnya.

    Dari jumlah tersebut, tiket KA Jarak Jauh yang telah terjual mencapai 2.970.399 dengan tingkat okupansi 86,25 persen, sedangkan tiket KA lokal terjual sebanyak 333.375 tiket atau 29,05 persen dari kapasitas yang tersedia.

    “Kepadatan arus mudik masih terjadi hari ini dengan penjualan tiket pada 29 Maret hingga pukul 07.00 WIB mencapai 186.074 dalam sehari yang terdiri dari 167.481 KAJJ dan 18.593 KA lokal, angka tersebut masih akan bertambah karena penjualan masih berlangsung,” kata Anne.

    Selama masa Angkutan Lebaran KAI mengoperasikan 9.656 perjalanan kereta api, meningkat 8 persen dibandingkan periode sebelumnya.

    Dengan total kapasitas mencapai 4.591.510 kursi, KAI berupaya menghadirkan layanan transportasi yang andal, nyaman, dan tepat waktu bagi seluruh pelanggan.

    Untuk mengakomodasi tingginya permintaan, KAI juga menyediakan 1.080 perjalanan tambahan yang siap melayani berbagai rute favorit.

    “Kami mengingatkan pelanggan untuk membawa dokumen identitas resmi serta tiket perjalanan agar proses boarding berjalan lancar,” tuturnya.

    Sebagai solusi praktis, pelanggan juga dapat memanfaatkan fasilitas face recognition yang tersedia di 21 stasiun KAI, termasuk Stasiun Gambir, Pasarsenen, Bekasi, Bandung, Yogyakarta, Surabaya Gubeng, dan lainnya.

    Dengan teknologi ini, pelanggan dapat melakukan boarding lebih mudah tanpa perlu menunjukkan tiket cetak atau kartu identitas.

    “Kami akan terus meningkatkan layanan demi memastikan perjalanan yang selamat, nyaman, dan berkesan bagi setiap pelanggan,” kata Anne.

    Pewarta: Muhammad Harianto
    Editor: Abdul Hakim Muhiddin
    Copyright © ANTARA 2025

  • H-2 Lebaran Tahun Ini, Jumlah Penumpang di Bandara Soetta Menurun!

    H-2 Lebaran Tahun Ini, Jumlah Penumpang di Bandara Soetta Menurun!

    JABAR EKSPRES – PT Angkasa Pura Indonesia Kantor Cabang Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, melaporkan bahwa pada H-2 perayaan Lebaran Idul Fitri 1446 Hijriah/2025 Masehi, jumlah pergerakan penumpang di Bandara Soetta mencapai 162.381 orang.

    Jumlah ini menunjukkan penurunan dibandingkan dengan pergerakan penumpang pada Jumat (28/03), yang merupakan puncak arus mudik atau H-3 Lebaran, dengan total 173.854 orang.

    Menurut data harian, dari total 162.381 penumpang tersebut, terbagi dalam dua kategori penerbangan: 92.641 orang untuk keberangkatan dan 69.740 orang untuk kedatangan.

    “Pada H-2 Lebaran ini, tercatat pergerakan penumpang mengalami penurunan, dengan total 162.381 orang melintas di Bandara Soetta,” ujar M. Holik Muardi, Ass. Deputy Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta, di Tangerang, Sabtu.

    Rincian pergerakan penumpang menunjukkan bahwa Terminal 1 melayani 49.379 orang dengan 296 penerbangan (27,36 persen), Terminal 2 melayani 53.663 orang dengan 364 penerbangan, dan Terminal 3 melayani 59.339 orang dengan 387 penerbangan.

    Penurunan jumlah pergerakan penumpang juga dipengaruhi oleh perayaan Nyepi 2025, yang tercatat telah menyebabkan 1.082 pergerakan pesawat, dengan rincian 544 keberangkatan dan 538 kedatangan.

    PT Angkasa Pura Indonesia Kantor Cabang Bandara Soetta memproyeksikan bahwa jumlah pergerakan penumpang di bandara ini akan mencapai 3,6 juta orang, meningkat 7 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

    Proyeksi ini berkontribusi sekitar 30 persen dari total 10,8 juta pergerakan penumpang yang diperkirakan terjadi di seluruh bandara di Indonesia.

    Selain itu, proyeksi pergerakan penumpang menunjukkan peningkatan 7,33 persen untuk penumpang domestik dan 9,50 persen untuk penumpang internasional. Sementara itu, pergerakan pesawat diperkirakan akan mencapai 24.136 penerbangan, meningkat 4,88 persen dibandingkan tahun lalu pada periode yang sama.

    “Angkutan mudik Lebaran akan berlangsung mulai Kamis, 21 Maret hingga 11 April 2025, dengan puncak arus mudik pada Jumat, 28 Maret 2025, dan puncak arus balik pada 6 hingga 7 April 2025,” tambahnya.

  • 215.646 Penumpang Naik Kereta saat Puncak Arus Mudik H-3 Lebaran

    215.646 Penumpang Naik Kereta saat Puncak Arus Mudik H-3 Lebaran

    Bisnis.com, JAKARTA — PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI mencatat jumlah penumpang sebanyak 215.646 jiwa pada H-3 Lebaran 2025 atau Jumat (28/3/2025), meningkat dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. 

    Vice President Public Relations KAI Anne Purba mengatakan Jumat (28/3/2025) merupakan puncak arus mudik Lebaran dengan jumlah penjualan tiket mencapai 215.646 dalam sehari yang terdiri dari 184.008 tiket KA JJ dan 31.638 tiket KA Lokal yang dikelola KAI. 

    “Angka tersebut merupakan capaian penjualan tertinggi selama periode Angleb 21 Maret – 11 April 2025 dengan tingkat okupansi 115,56% untuk KA JJ dan 60,65% untuk KA Lokal,” kata Anne, Sabtu (29/3/2025). 

    Anne menjelaskan bahwa tingkat okupansi yang melebihi 100% disebabkan oleh pola perjalanan penumpang yang fleksibel. Penumpang naik dan turun di berbagai stasiun sepanjang rute, bukan hanya dari titik keberangkatan hingga tujuan akhir.  

    Untuk mendukung kelancaran arus mudik, KAI menyediakan total kapasitas 4.591.510 tempat duduk pada periode 21 Maret – 11 April 2025. Jumlah ini mencakup 3.443.832 tempat duduk untuk Kereta Api Jarak Jauh (KA JJ) dan 1.147.678 tempat duduk untuk Kereta Api Lokal.  

    Per 29 Maret 2025 pukul 07.00 WIB, penjualan tiket menunjukkan tren positif dengan total 3.303.774 tiket terjual atau sekitar 71,95% dari kapasitas yang tersedia.

    Dari angka tersebut, tiket KA Jarak Jauh yang telah terjual mencapai 2.970.399 dengan tingkat okupansi 86,25%, sementara tiket KA Lokal terjual sebanyak 333.375 tiket atau 29,05% dari kapasitas yang disediakan.

    “Kepadatan arus mudik masih terjadi hari ini dengan penjualan tiket pada 29 Maret hingga pukul 07.00 WIB mencapai 186.074 dalam sehari yang terdiri dari 167.481 KA JJ dan 18.593 KA Lokal [angka tersebut masih akan bertambah karena penjualan masih berlangsung],” kata Anne. 

    Selama masa Angkutan Lebaran KAI mengoperasikan 9.656 perjalanan kereta api, meningkat 8% dibandingkan periode sebelumnya. Dengan total kapasitas mencapai 4.591.510 kursi, KAI berupaya menghadirkan layanan transportasi yang andal, nyaman, dan tepat waktu bagi seluruh pelanggan.

    “Untuk mengakomodasi tingginya permintaan, KAI juga menyediakan 1.080 perjalanan tambahan yang siap melayani berbagai rute favorit. Kami mengingatkan pelanggan untuk membawa dokumen identitas resmi serta tiket perjalanan agar proses boarding berjalan lancar,” ujar Anne.

  • Cemindo Gemilang optimistis hadapi 2025 di tengah dinamika pasar

    Cemindo Gemilang optimistis hadapi 2025 di tengah dinamika pasar

    Jakarta (ANTARA) – PT Cemindo Gemilang Tbk (CMNT) optimistis menghadapi 2025 di tengah dinamika pasar fluktuatif seiring penyesuaian permintaan dari sektor riil, yakni dampak perubahan daya beli konsumen dan penjadwalan ulang beberapa proyek pemerintah.

    “Perseroan memanfaatkan situasi ini untuk semakin memperkuat posisi di pasar utama melalui strategi penetrasi pasar yang terfokus, khususnya di wilayah Sumatra yang berhasil mencatat pertumbuhan penjualan sebesar 12 persen sepanjang 2024,” kata Wakil Presiden Direktur Cemindo Vince Erlington Indigo, dalam keterangan resminya, Sabtu.

    Adanya kondisi tersebut, volume penjualan semen nasional tetap berada pada level yang relatif stabil, mencapai 64,9 juta ton, sedikit terkoreksi sekitar 1 persen dibandingkan 2023 yang mencatatkan 65,5 juta ton.

    Di saat yang sama, perseroan juga mencatatkan kinerja positif di pasar ekspor dengan peningkatan volume penjualan semen dan klinker sebesar 5 persen (YoY).

    Anak usaha perseroan di bisnis produk beton turut memberikan kontribusi dengan pertumbuhan pendapatan 15 persen dan peningkatan EBITDA (Earning Before Interest, Taxes, Depreciation, and Amortization atau pendapatan perusahaan tanpa pengurangan biaya tertentu 6 persen (YoY).

    “Di tengah dinamika harga yang terjadi di pasar global dan domestik, perseroan tetap menjaga kinerja keuangan dengan membukukan pendapatan sebesar Rp8,9 triliun,” lanjutnya.

    Penyesuaian harga jual semen domestik dan harga ekspor klinker yang terjadi seiring dinamika pasar memengaruhi kinerja operasional, yang berdampak pada EBITDA dari segmen penjualan semen.

    Namun demikian, bisnis turunan Perseroan berhasil mencatatkan pertumbuhan EBITDA yang positif dan menjadi pilar penting bagi diversifikasi pendapatan Perseroan.

    Pemulihan positif mulai terlihat pada kuartal terakhir 2024 dan terus menguat di awal 2025.

    Tren menunjukkan pertumbuhan baik dalam volume penjualan maupun harga, mengindikasikan pertumbuhan pasar yang cukup menjanjikan.

    “Permintaan produk perseroan, baik di pasar domestik maupun internasional, diperkirakan akan terus meningkat,” ujarnya.

    Perseroan juga senantiasa berupaya untuk memperkuat pasar utama serta memperluas jangkauan ke wilayah lain, baik di dalam maupun luar negeri, melalui strategi penetrasi yang lebih mendalam.

    Selain itu, perseroan juga mengambil langkah-langkah strategis untuk meningkatkan ketahanan finansial dan operasional.

    Pada awal 2025, perseroan melakukan konsolidasi pinjaman bank dengan struktur pendanaan yang lebih optimal serta memperoleh tambahan dana untuk investasi belanja modal di sektor logistik.

    Dana ini akan digunakan untuk investasi aset logistik dan distribusi guna meningkatkan efisiensi operasional serta membangun infrastruktur logistik demi kepastian perencanaan distribusi yang lebih baik.

    Dari sisi komersial, perseroan terus memperkuat sinergi dengan anak usaha di bisnis produk beton melalui inovasi yang menghadirkan solusi beton bernilai tinggi serta produk baru yang lebih efisien dari segi biaya dan waktu.

    Ekspansi ke pasar baru juga akan semakin memperkuat skala ekonomi dan memperkokoh posisi Perseroan di industri.

    Sebagai bagian dari komitmen jangka panjang terhadap keberlanjutan, perseroan telah mengoperasikan sekitar 40 kendaraan dan alat berat listrik sejak April 2024 di berbagai pabrik dan wilayah tambang.

    Inisiatif ini tidak hanya mengurangi emisi CO₂, tetapi juga meningkatkan efisiensi operasional.

    “Perseroan juga terus mengoptimalkan pemanfaatan bahan baku dan energi alternatif, baik di Indonesia maupun di anak usaha di Vietnam. Di sisi inovasi, pengembangan produk ramah lingkungan yang sesuai dengan regulasi menjadi fokus utama,” ucapnya.

    Atas upaya tersebut, perseroan meraih Sertifikat Green Label Indonesia kategori Platinum dari Green Product Council Indonesia untuk berbagai produk semen di pabrik-pabrik Perseroan.

    Perseroan merupakan produsen semen pertama yang meraih sertifikat dengan kategori Platinum.

    Penghargaan ini menegaskan komitmen Perseroan dalam menghadirkan produk yang berkelanjutan.

    “Dengan strategi yang jelas dan komitmen kuat terhadap kualitas, efisiensi, dan keberlanjutan, Cemindo Gemilang tetap optimis dalam menghadapi 2025,” ujarnya.

    Pewarta: Feru Lantara
    Editor: Iskandar Zulkarnaen
    Copyright © ANTARA 2025

  • Berburu gabah di Karawang demi ketahanan pangan

    Berburu gabah di Karawang demi ketahanan pangan

    Dengan kata lain, mustahil Bulog Karawang gagal menyerap gabah yang ditargetkan sebanyak 75 ribu ton.

    Karawang (ANTARA) – Ada kabar baik bagi petani untuk memperoleh keuntungan dari hasil panennya; kini Bulog Karawang sedang gencar-gencarnya memburu gabah kering panen langsung ke petani.

    Harga pembelian gabah kering panen yang ditawarkan Bulog ini juga cukup bagus, mencapai Rp6.500 per kilogram. Itu sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan dalam Keputusan Kepala Badan Pangan Nasional Nomor 14 Tahun 2025.

    Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang logistik pangan, Bulog tidak mungkin membeli gabah dengan harga yang merugikan petani, karena sudah ada ketentuan mengenai harga pembelian dari pemerintah.

    Hal tersebut harus diperhatikan karena dari tahun ke tahun harga pembelian pemerintah terhadap gabah kering panen ini terus berubah.

    Pada 2022 harga pembelian pemerintah terhadap gabah kering panen sebesar Rp4.200 per kilogram. Kemudian berubah menjadi Rp5.000 per kilogram di 2023. Lalu 2024 menjadi Rp6.000 per kilogram, dan naik menjadi Rp6.500 per kilogram pada 2025.

    Jadi upaya Bulog Karawang yang sedang memburu gabah tersebut harus benar-benar dimanfaatkan oleh petani. Jangan sampai produksi padi petani secara terus-menerus jatuh ke tangan tengkulak yang kerap membeli gabah di bawah standar.

    Kepala Perum Bulog Karawang Umar Said menyebutkan bahwa pihaknya memang berkewajiban menyerap gabah langsung ke petani guna memenuhi target penyerapan gabah kering panen pada tahun ini yang mencapai 75 ribu ton.

    Penyerapan gabah kering panen yang dihasilkan dari petani itu selanjutnya akan diproses menjadi beras yang kemudian menjadi bagian dari stok cadangan beras pemerintah. Ini sesuai dengan tujuan keberadaan Bulog, yakni memastikan ketersediaan pangan nasional dan menjaga semangat petani.

    Untuk memastikan ketersediaan pangan nasional, maka Bulog harus terus menggencarkan serapan gabah. Sedangkan untuk menjaga semangat petani, Bulog harus langsung membeli gabah ke petani dengan harga tinggi, minimal sesuai dengan harga pembelian pemerintah yang telah ditetapkan.

    Jika dilihat dari potensi pertanian di Karawang yang merupakan daerah lumbung pangan, sebenarnya tidak sulit bagi Bulog Karawang untuk menyerap gabah langsung ke petani. Luas lahan areal persawahan di wilayah Karawang mencapai sekitar 94 hektare dengan rata-rata produksi padi mencapai 60,16 kuintal per hektare.

    Tahun ini saja, Dinas Pertanian Karawang menargetkan produksi padi mencapai 1,4 juta ton. Dengan begitu, jika dikaitkan dengan target serapan gabah Bulog, maka potensi serapan gabah di wilayah Karawang ini sangat menjanjikan. Dengan kata lain, mustahil Bulog Karawang gagal menyerap gabah yang ditargetkan sebanyak 75 ribu ton.

    Meski demikian, untuk memudahkan Bulog melakukan penyerapan gabah langsung dari petani, perlu ada kerja sama berbagai pihak. Artinya, Bulog tidak bisa berjalan sendiri dalam melakukan penyerapan gabah. Dalam hal ini diperlukan peran serta pemerintah desa, pemerintah kecamatan, serta jajaran Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Karawang.

    Ketua Komisi II DPRD Karawang Mumun Maemunah menekankan agar Dinas Pertanian dan Ketahanan pangan setempat dapat ikut berperan membantu petani agar hasil produksinya bisa terserap oleh Bulog setempat.

    Ia menyoroti pentingnya kerja sama antara petani, Bulog, serta Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan agar penyerapan gabah petani oleh Bulog berjalan dengan maksimal.

    Bentuk kerja sama ini bisa diterapkan dengan melakukan sosialisasi kepada petani mengenai Bulog yang kini tengah menggencarkan serapan gabah dengan harga tinggi. Selain itu, juga bisa dilakukan dengan pendampingan terhadap petani yang tengah panen, untuk selanjutnya disambungkan dengan Bulog Karawang.

    Libatkan TNI

    Perum Bulog Karawang melibatkan jajaran TNI dan pemerintah daerah dalam melakukan penyerapan gabah petani untuk memenuhi target penyerapan gabah kering panen.

    Kepala Bulog Karawang Umar Said optimistis target serapan gabah itu dapat tercapai. Hal itu disampaikan karena dalam melakukan penyerapan gabah petani, pihaknya bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat serta jajaran TNI dari Kodim yang akan memberikan informasi mengenai lokasi panen.

    Sehingga Bulog bisa menjemput atau datang langsung ke lokasi untuk melakukan pembelian. Begitu juga dengan pemerintah daerah, diharapkan dapat menyampaikan informasi tentang lokasi panen.

    Selain itu, ada juga 15-20 mitra kerja Bulog yang dilibatkan dalam penyerapan gabah petani tersebut.

    Mitra kerja pengadaan Bulog ini adalah perusahaan yang berbadan hukum, badan usaha, usaha perseorangan, serta kelompok tani atau gabungan kelompok tani.

    Mitra kerja Bulog ini harus memenuhi persyaratan untuk melakukan kerja sama pengadaan gabah/beras dan pangan lainnya. Persyaratan itu telah ditentukan oleh Bulog.

    Serapan gabah berjalan optimal

    Perum Bulog Karawang saat ini memang tengah menggenjot penyerapan gabah kering panen langsung ke petani. Itu dilakukan sebagai bagian dari upaya memberikan harga gabah yang layak dan stabil kepada petani.

    Kepala Bulog Karawang Umar Said menyampaikan bahwa realisasi penyerapan gabah kering panen hingga pertengahan Maret 2025 cukup bagus, bahkan melebihi target yang telah ditetapkan.

    Hingga Maret, penyerapan gabah Bulog Karawang sebenarnya ditargetkan mencapai 16.700 ton. Namun realisasinya sudah mencapai 22.800 ton gabah. Jadi pencapaian realisasinya mencapai 136 persen dari target.

    Hingga April, serapan gabah langsung ke petani diharapkan mencapai 1.000-2.000 ton per hari.

    Ia mengimbau petani agar dapat bersama-sama menjaga hasil panen gabahnya dengan perlakuan panen dan pascapanen yang baik. Upaya itu, antara lain, dengan melakukan panen sesuai dengan umur panen optimal, menggunakan alat yang tepat, dan melakukan pembersihan setelah perontokan serta melakukan penyimpanan yang sesuai sehingga dapat menghindari gabah menjadi rusak, berjamur, atau berkecambah.

    Editor: Sapto Heru Purnomojoyo
    Copyright © ANTARA 2025

  • 45 Persen Warga Mudik Sembari Berwisata Kuliner, 3 Kota Ini Jadi Destinasi Favorit  – Halaman all

    45 Persen Warga Mudik Sembari Berwisata Kuliner, 3 Kota Ini Jadi Destinasi Favorit  – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Momen Idul Fitri 1446 Hijriah tahun ini menjadi kesempatan masyarakat untuk mudik merayakan Lebaran di kampung halaman.

    Tapi data terbaru menunjukkan, 45 persen masyarakat Indonesia yang mudik Lebaran memanfaatkan momen tersebut untuk berwisata dan menikmati pengalaman kuliner.

    Data tersebut juga mengungkap 42 persen masyarakat Indonesia sudah merencanakan perjalanan
    selama libur Lebaran untuk berkumpul bersama keluarga dan menikmati liburan.

    Sebanyak 45 persen wisatawan eksplorasi kuliner lokal yang menjadi menu khas favorit di kampung halaman serta  mencoba restoran populer dan jajanan kaki lima yang sedang tren.

    Di Lebaran 2025 ini diprediksi hampir 150 juta orang akan melakukan perjalanan untuk bersilaturahmi dan mencari pengalaman baru.

    “Masyarakat semakin cermat dalam merencanakan libur Lebaran mereka, salah satunya dengan menggabungkan tradisi dan liburan yang fleksibel sesuai preferensi mereka,” ungkap President Traveloka, Caesar Indra.

    Dia menyebutkan, tren perjalanan Lebaran 2025 memiliki karakter liburan yang fleksibel dan berbasis pengalaman.

    Selain mudik, 37 persen yang melakukan perjalanan di libur Lebaran memutuskan pulang kampung sementara 42 persen lainnya memilih untuk berlibur di dalam atau luar negeri.

    Menurut dia ini menunjukkan pergeseran tren perjalanan dengan durasi lebih panjang dan
    fleksibel.

    Dia menegaskan, wisata kuliner jadi kegiatan yang paling banyak diagendakan dimana 45 persen
    wisatawan mengatakan memilih makan di luar, menjajaki kuliner kaki lima, dan mencoba
    restoran baru

    Selain itu, kenyamanan menjadi faktor utama dalam memilih moda transportasi di mana sebanyak
    54 persen memilih pesawat, 25 persen menggunakan kendaraan pribadi, dan 12 persen naik kereta.

    “Preferensi pilihan transportasi ini mencerminkan beragam gayaperjalanan yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing wisatawan,” ujarnya.

    Sementara kota destinasi favorit di libur Lebaran dan untuk wisata kuliner adalah Yogyakarta, Bandung, dan Bali.

    Sementara, untuk ke luar negeri, adalah Singapura, Malaysia dan Thailand.

    Banyak keluarga dan kelompok wisatawan dalam jumlah kecil memperpanjang libur Lebaran mereka dengan menginap di hotel dan villa premium selama 3-4 hari.

    “Popularitas slow travel semakin diminati, dengan wisatawan yang mengutamakan eksplorasi kuliner dan aktivitas berbasis alam dibandingkan jadwal perjalanan yang padat,” ungkapnya.

    “Mereka lebih memilih menikmati waktu bersantap dengan santai, menjelajahi pemandangan alam yang indah, dan meresapi pengalaman budaya secara lebih mendalam,” ujar Cesar.

    Berkenaan dengan libur Lebaran ini pihaknya menggelar program Traveloka Lebaran Liburan mulai dari 11 Maret hingga 6 April 2025 berupa diskon hingga 50 persen dan kupon hingga Rp 1 juta. (tribunnews/fin) 

     

  • Pemudik Padati Stasiun Gambir Jakarta Pusat H-2 Lebaran, 21.762 Tiket Terjual – Halaman all

    Pemudik Padati Stasiun Gambir Jakarta Pusat H-2 Lebaran, 21.762 Tiket Terjual – Halaman all

    Jumlah pemudik yang berangkat dari Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, mengalami peningkatan pada Sabtu (29/3/2025), atau H-2 Lebaran.

    Tayang: Sabtu, 29 Maret 2025 12:18 WIB

    Tribunnews.com/Fersianus Waku

    MUDIK LEBARAN 2025 – Mendekati Hari Raya Idul Fitri 2025, jumlah pemudik yang berangkat dari Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, mengalami peningkatan pada Sabtu (29/3/2025), atau H-2 Lebaran. 

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Mendekati Hari Raya Idul Fitri 2025, jumlah pemudik yang berangkat dari Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, mengalami peningkatan pada Sabtu (29/3/2025), atau H-2 Lebaran.

    Pantauan Tribunnews.com, pemudik sudah memadati Stasiun Gambir sejak pagi tadi. Mereka tampak membawa sejumlah barang bawaan.

    Selain itu, beberapa pemudik lainnya masih duduk di ruang tunggu menanti kedatangan kereta mereka masing-masing.

    Manajer Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko mengatakan, jumlah pemudik yang diberangkatkan dari Stasiun Gambir pada H-2 Lebaran mencapai 21.762 orang. 

    Jumlah tersebut bahkan melebihi kapasitas tempat duduk yang tersedia, yakni 21.268 kursi.

    “Tempat duduk terjual 21.762 seat (dengan) okupansi 102 persen,” kata Ixfan dalam keterangannya, Sabtu.

    Untuk mengakomodasi tingginya minat masyarakat, KAI mengoperasikan 45 perjalanan kereta api dari Stasiun Gambir dengan tujuan utama ke sejumlah kota di Jawa.

    Berdasarkan data KAI, tiga tempat favorit pemudik selama periode 21 Maret – 11 April 2025 adalah Yogyakarta dengan 34.036 penumpang, Semarang Tawang 29.517 penumpang, dan Bandung 23.143 penumpang.

     

    “);
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:’2′,img:’thumb2′}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }
    else{
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    $(“#test3”).val(“Done”);
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else if (getLast > 150) {
    if ($(“#ltldmr”).length == 0){
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    }
    }
    }
    });
    });

    function loadmore(){
    if ($(“#ltldmr”).length > 0) $(“#ltldmr”).remove();
    var getLast = parseInt($(“#latestul > li:last-child”).attr(“data-sort”));
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast ;
    if($(“#test3”).val() == ‘Done’){
    newlast=0;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest”, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;
    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else{
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:sectionid,img:’thumb2′,total:’40’}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast+1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    }

    Berita Terkini