Event: Ramadhan

  • Update Harga iPhone 13, 14, 15, 16, dan 17 Desember 2025: Banjir Diskon!

    Update Harga iPhone 13, 14, 15, 16, dan 17 Desember 2025: Banjir Diskon!

    Bisnis.com, JAKARTA —  Distributor resmi Apple, iBox, memperbarui daftar harga iPhone di toko mereka per Desember 2025 dengan menawarkan potongan harga hingga 22% untuk sejumlah model iPhone. 

    Penyesuaian ini berlaku mulai dari iPhone 13 hingga seri terbaru iPhone 17 dan iPhone Air.

    Penurunan harga paling signifikan terlihat pada lini iPhone 15 dan 16, sementara iPhone 13 kini dibanderol di level Rp8,2 jutaan. Namun, ketersediaan stok untuk varian kapasitas besar pada seri iPhone 14 dan 15 terpantau kosong di pasaran.

    Berikut adalah update harga iPhone 13, 14, 15, 16, dan 17 pada Desember 2025: 

    iPhone 13

    iPhone 13 – 128 GB: Rp8.249.000.

    iPhone 14

    iPhone 14 – 128 GB: Rp9.749.000, diskon 22%.

    iPhone 14 – 256 GB: Stok habis.

    iPhone 14 – 512 GB: Stok habis.

    iPhone 14 Plus – Stok habis.

    iPhone 15

    iPhone 15 – 128 GB: Rp11.249.000, diskon 22%.

    iPhone 15 – 256 GB: Rp13.749.000, diskon 21%.

    iPhone 15 – 512 GB: Stok habis.

    iPhone 15 Plus – 128 GB: Rp13.499.000, diskon 18%.

    iPhone 15 Plus – 256 GB: Rp15.999.000 , diskon 18%.

    iBox promo iPhone

    iPhone 16

    iPhone 16e – 128 GB: Rp11.749.000, diskon 8%.

    iPhone 16e – 256 GB: Rp14.249.000, diskon 7%.

    iPhone 16e – 512 GB: Rp18.249.000, diskon 5%.

    iPhone 16 – 128 GB: Rp14.999.000, diskon 12%.

    iPhone 16 – 256 GB: Rp16.499.000, diskon 15%.

    iPhone 16 – 512 GB: Rp20.999.000, diskon 11%.

    iPhone 16 Plus – 128 GB: Rp17.249.000, diskon 9%.

    iPhone 16 Plus – 256 GB: Rp19.749.000, diskon 8%.

    iPhone 16 Plus –  512 GB: Rp22.999.000 , diskon 10%.

    iPhone 16 Pro – 128 GB: Rp17.999.000, diskon 18%.

    iPhone 16 Pro – 256 GB: Rp20.499.000, diskon 16%. 

    iPhone 16 Pro – 512 GB: Rp24.499.000, diskon 14%.

    iPhone 16 Pro – 1 TB: Rp28.999.000, diskon 11%.

    iPhone 16 Pro Max – 128 GB: Rp17.999.000, diskon18%.

    iPhone 16 Pro Max – 256 GB: Rp21.999.000, diskon 15%.

    iPhone 16 Pro Max – 512 GB: Rp26.499.000, diskon 15%.

    iPhone 16 Pro Max – 1 TB: Rp31.499.000, diskon 10%. 

    iPhone Air 

    iPhone Air – 256 GB: Rp21.249.000

    iPhone Air – 512 GB: Rp25.999.000

    iPhone Air – 1 TB: Rp30.249.000

    iPhone 17

    iPhone 17 – 256 GB: Rp17.249.000

    iPhone 17 – 512 GB: Rp21.999.000

    iPhone 17 Pro – 256 GB: Rp23.749.000

    iPhone 17 Pro – 512 GB: Rp28.249.000

    iPhone 17 Pro – 1 TB: Rp32.999.000

    iPhone 17 Pro Max – 256 GB:Rp 25.749.000

    iPhone 17 Pro Max – 512 GB: Stok habis.

    iPhone 17 Pro Max – 1 TB: Stok habis.

    iPhone 17 Pro Max – 2 TB: Stok habis.

    Demikian daftar harga terbaru iPhone 13, 14, 15, 16, hingga 17 di iBox per Desember 2025. (Muhammad Diva Farel Ramadhan)

  • Mayat dengan Tangan Terikat dan Luka Jeratan Ditemukan di Bawah Jembatan Cimake Serang
                
                    
                        
                            Bandung
                        
                        1 Desember 2025

    Mayat dengan Tangan Terikat dan Luka Jeratan Ditemukan di Bawah Jembatan Cimake Serang Bandung 1 Desember 2025

    Mayat dengan Tangan Terikat dan Luka Jeratan Ditemukan di Bawah Jembatan Cimake Serang
    Tim Redaksi
    SERANG, KOMPAS.com
    – Sesosok mayat pria tanpa identitas ditemukan di bawah Jembatan Cimake, Desa Pancanegara, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang, Banten, Minggu (30/11/2025).
    Mayat tersebut diduga korban
    pembunuhan
    karena ditemukan dengan kondisi tangan terikat tali ties dan terdapat bekas jeratan di lehernya.
    “(Diduga korban pembunuhan) Masih dalam penyelidikan,” kata Kasat Reskrim Polresta
    Serang
    Kota Kompol Alfano Ramadhan saat dikonfirmasi Kompas.com melalui pesan WhatsApp, Minggu.
    Alfano menyampaikan bahwa mayat pertama kali ditemukan oleh tiga anak kecil yang sedang olahraga pagi. Ketiga anak tersebut lalu memberitahukan temuan itu kepada warga bernama Sabikis yang kemudian melaporkannya ke Polsek
    Pabuaran
    .
    “Mayat di temukan dengan keadaan posisi tengkurap dengan keadaan tangan terikat oleh tali ties,” ujar Alfano.
    Untuk kepentingan penyelidikan lebih lanjut, mayat dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Polda
    Banten
    .
    Adapun ciri-ciri mayat, lanjut Alfano, mengenakan baju warna putih bercorak garis hitam dan celana pendek warna abu-abu.
    “Untuk identitas masih dilidik,” kata Alfano.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Buat Sandiwara Motor Majikan Hilang saat Nonton Kuda Lumping, Aksi ART di Lampung Berakhir di Jeruji Besi

    Buat Sandiwara Motor Majikan Hilang saat Nonton Kuda Lumping, Aksi ART di Lampung Berakhir di Jeruji Besi

    Liputan6.com, Jakarta – Seorang asisten rumah tangga (ART) berinisial HW (25) tak bisa lagi mengelabui polisi. Ia ditangkap setelah berpura-pura motor milik majikannya hilang saat menonton pertunjukan kuda lumping. Nyatanya, kendaraan roda dua itu justru ia jual diam-diam.

    Kapolsek Telukbetung Selatan, AKP Galih Ramadhan Hario Mursid mengungkapkan, aksi pencurian itu terjadi pada Selasa malam, 16 September 2025, di kediaman korban I Wayan Kurniawan di Jalan Udang, Gang Fayakun II, Kelurahan Garuntang, Kecamatan Bumi Waras, Bandar Lampung.

    Usai kabur membawa motor Honda Beat putih dan uang tunai Rp 2,8 juta, HW akhirnya diringkus di sebuah angkringan di Gedong Tataan, Pesawaran, pada Selasa (25/11/2025), setelah polisi mendapatkan informasi keberadaannya.

    “Tim Opsnal langsung melakukan penangkapan dan membawa tersangka ke Polsek Telukbetung Selatan untuk pemeriksaan lebih lanjut,” ujar Galih, Minggu (30/11/2025).

    Dalam pemeriksaan, HW mengaku mengambil kunci motor yang diletakkan di atas televisi serta uang dari dompet majikannya ketika korban sedang keluar rumah.

    Motor tersebut kemudian dijual seharga Rp 5 juta kepada seseorang berinisial HR di Rajabasa, Bandar Lampung. Seluruh hasilnya sudah habis untuk kebutuhan sehari-hari.

    “Pelaku sebelumnya mengaku motor itu hilang saat ia bawa menonton kuda lumping. Dari penyelidikan fakta tersebut hanya sandiwara untuk menutupi aksinya,” ungkap Galih.

     

  • Kisah Yana Hanafi yang Menyusui Bayi Terpisah dari Ibunya di Tengah Longsor Tapsel
                
                    
                        
                            Medan
                        
                        29 November 2025

    Kisah Yana Hanafi yang Menyusui Bayi Terpisah dari Ibunya di Tengah Longsor Tapsel Medan 29 November 2025

    Kisah Yana Hanafi yang Menyusui Bayi Terpisah dari Ibunya di Tengah Longsor Tapsel
    Tim Redaksi
    MEDAN, KOMPAS.com
    – Dari balik tenda darurat Posko Kesehatan dan dapur umum di Desa Marsada, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Sabtu (29/11/2025), sebuah pemandangan mengharukan menyentuh hati banyak orang.
    Di tengah hiruk-pikuk relawan dan suara peralatan dapur umum, seorang bayi berusia satu bulan menangis kencang dalam gendongan sang nenek.
    Bayi itu terpisah dari ibunya, yang hingga saat ini masih terjebak di lokasi longsor.
    Tangisannya menggema, tak hanya menyayat hati, tetapi juga menghadirkan rasa cemas mendalam.
    Di tengah suasana itu,
    Yana Hanafi
    , anggota
    Bhayangkari
    Cabang
    Tapanuli Selatan
    yang sedang bertugas di posko, tiba-tiba berhenti.
    Hatinya tergerak melihat bayi yang terus menangis tanpa henti.
    Yana, istri Brigadir Hanafi Ramadhan dari Propam Polres Tapanuli Selatan, tidak mampu berpaling begitu saja.
    “Saat melihat bayi itu menangis, saya seperti melihat anak saya sendiri. Saya hanya memikirkan satu hal, dia harus segera ditenangkan dan dia harus minum. Selama saya bisa membantu, saya lakukan tanpa ragu,” ujar Yana dalam keterangan pers Polda Sumut.
    Setelah berkonsultasi dan mendapat persetujuan dari tenaga kesehatan serta sang nenek, Yana membawa bayi itu ke mushala kecil di sisi posko.
    Di tempat sederhana itu, ia menyusui bayi tersebut. Perlahan, tangis pecah yang semula memenuhi tenda berganti dengan keheningan.
    Bayi itu akhirnya terlelap, tertidur damai dalam pelukan seorang perempuan yang bahkan bukan keluarganya.
    Terpisah, Ketua Bhayangkari Cabang Tapanuli Selatan, Ny. Kiki Yon Edi, menyampaikan apresiasi penuh ketulusan anggotanya itu.
    “Apa yang dilakukan Yana merupakan wujud kepedulian yang menjadi jantung Bhayangkari. Kami hadir bukan hanya sebagai pendamping suami, tetapi sebagai bagian dari masyarakat yang ikut meringankan beban sesama,” ujarnya.
    Berdasarkan data sementara Polda Sumut, Sabtu (29/11/2025) pukul 09.00, jumlah korban tewas akibat
    bencana alam
    di Sumut sebanyak 147 orang dan 174 orang masih dalam pencarian.
    “Bencana ini menimbulkan dampak signifikan, tercatat 1.076 korban, 147 meninggal dunia, 32 luka berat, 722 luka ringan, dan 174 masih dalam pencarian, serta ada 28.427 pengungsi,” ujar Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Ferry Walintukan, dalam keterangan persnya.
    Ferry juga mengatakan, sejak Senin (24/11/2025), tercatat ada 488 bencana alam yang melanda 21 Kabupaten/Kota di Sumut.
    Jenis bencananya mulai dari tanah longsor, banjir, pohon tumbang, dan angin puting beliung.
    “Wilayah paling terdampak berada di Kabupaten Tapanuli Tengah, yang mencatat 56 kejadian bencana dengan 691 korban, termasuk 47 meninggal dunia dan 51 masih dalam pencarian,” ujarnya.
    Lalu di Kota Sibolga, tercatat 33 orang tewas dan 56 orang dinyatakan hilang.
    “Sementara itu, Taput, Tapsel, dan Madina juga mengalami peningkatan jumlah longsor dan banjir yang memaksa ribuan warga mengungsi,” ujar Ferry.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • IndiHome vs Icon Plus vs Biznet Bersaing di Jawa Timur

    IndiHome vs Icon Plus vs Biznet Bersaing di Jawa Timur

    Bisnis.com, JAKARTA — Laporan Opensignal pada November 2025  mengenai kinerja jaringan internet fixed broadband menyoroti persaingan sengit antar penyedia layanan (ISP) di wilayah Jawa Timur. IndiHome, Icon Plus, Biznet dan HiFi siapa yang terbaik?

    Lima penyedia layanan utama dievaluasi dalam laporan tersebut, yaitu: Indosat HiFi, Biznet Home, MyRepublic, Icon Plus, dan IndiHome. 

    Penilaian terbaru Opensignal terhadap layanan broadband tetap di Indonesia menggunakan data nyata selama 90 hari sejak 1 Agustus 2025. Studi itu membandingkan lima aspek kualitas layanan dari delapan penyedia utama di berbagai wilayah dan jenis permukiman. 

    Opensignal meninjau konsistensi, kecepatan unduh dan unggah, pengalaman video, serta keandalan pada jaringan berbasis kabel, fiber, dan xDSL. 

    Di Jawa Timur, margin perbedaan performa antar pemain utama makin tipis, terutama dalam aspek hiburan digital, menurut data tersebut. Artinya, pengguna internet di Jawa Timur kini dapat menikmati standar layanan yang relatif setara.

    Dalam kategori kualitas Pengalaman Video (Video Experience), persaingan tercatat sangat sengit. Indosat HiFi memimpin tipis dengan skor 68,6 poin dalam skala 0-100, ditempel ketat oleh Biznet Home di posisi kedua dengan 68,1 poin. Selisih 0,5 poin ini menunjukkan kualitas yang hampir serupa. 

    Posisi selanjutnya diisi oleh MyRepublic dengan 65,8 poin, Icon Plus dengan 65,0 poin, dan IndiHome dengan 64,5 poin. 

    Meski kualitas menonton video merata, peta kekuatan berubah drastis pada metrik kecepatan. Biznet Home mencatatkan dominasi dalam Kecepatan Unduh (Download Speed) dengan rata-rata 35,1 Mbps. Angka ini menempatkan Biznet di atas MyRepublic yang mencatat 29,0 Mbps dan Indosat HiFi dengan 28,3 Mbps. 

    Sementara itu, IndiHome dan Icon Plus tertinggal di urutan selanjutnya dengan masing-masing 21,9 Mbps dan 16,5 Mbps.

    Persaingan kembali memanas di sektor Kecepatan Unggah (Upload Speed). MyRepublic berhasil unggul tipis dengan 23,7 Mbps, hanya terpaut sedikit dari Biznet Home yang mencatatkan 23,5 Mbps. Indosat HiFi menyusul di angka 21,8 Mbps, sedangkan Icon Plus dan IndiHome berada di posisi buncit dengan 14,2 Mbps dan 11,9 Mbps.

    Menariknya, kecepatan tinggi tidak selalu berbanding lurus dengan stabilitas. Dalam kategori Kualitas Konsisten (Consistent Quality), Indosat HiFi mendominasi dengan skor 66,2%. Kejutan justru datang dari Icon Plus. 

    Walaupun menempati posisi bawah dalam kecepatan unduh, layanan milik PLN ini tampil sebagai runner-up dalam konsistensi dengan skor 62,4%, mengungguli MyRepublic dengan 56,2% dan Biznet Home dengan 55,6%. IndiHome kembali berada di posisi terakhir untuk metrik ini dengan skor 53,2%. (Muhammad Diva Farel Ramadhan)

  • Kecepatan Indosat HiFi Konsisten di Jawa Tengah, Biznet si Paling Ngebut 2025

    Kecepatan Indosat HiFi Konsisten di Jawa Tengah, Biznet si Paling Ngebut 2025

    Bisnis.com, JAKARTA — Tiga provider jaringan internet di Jawa Tengah saling berbagi keunggulan di 4 aspek kualitas. Opensignal menghadirkan laporan kecepatan data bagi para penyedia jaringan internet per November 2025.

    Pasar terbagi berdasarkan kekuatan spesifik masing-masing penyedia layanan. Indosat HiFi tercatat unggul signifikan dalam aspek konsistensi kualitas (Consistent Quality) dan pengalaman video (Video experience), sementara Biznet memimpin dalam kecepatan unduh (download speed), dan MyRepublic mencatatkan angka tertinggi untuk kecepatan unggah (upload speed).

    Dalam kategori yang sering dianggap penting bagi kepuasan pelanggan dalam jangka panjang, yakni Consistent Quality, Indosat HiFi mencatatkan performa yang baik. Layanan ini memimpin pasar Jawa Tengah dengan persentase pengujian sebesar 68,1%. Angka tersebut unggul 11,1% dibandingkan kompetitor terdekatnya.

    MyRepublic berada di posisi kedua dengan skor 57,0%, diikuti oleh Icon Plus dengan 55,7%. Biznet Home, meskipun unggul di aspek lain, berada di urutan keempat untuk konsistensi kualitas dengan 53,1%. Sementara itu, IndiHome menempati posisi kelima dalam aspek ini dengan skor 50,5%.

    Beralih ke aspek kecepatan, khususnya kecepatan unduh (download speed), Biznet Home mengukuhkan posisinya sebagai penyedia layanan tercepat di Jawa Tengah. Biznet mencatatkan kecepatan rata-rata 30,1 Mbps.

    Namun, persaingan di papan atas kategori ini sangat ketat. Indosat HiFi menempel ketat di posisi kedua dengan kecepatan 28,4 Mbps, hanya terpaut tipis dari Biznet. Di peringkat ketiga, MyRepublic mencatatkan kecepatan 25,4 Mbps.

    Terdapat kesenjangan performa yang cukup signifikan pada dua penyedia layanan terbawah dalam kategori ini. IndiHome mencatatkan rata-rata kecepatan unduh 20,5 Mbps, sementara Icon Plus berada di posisi terakhir dengan 17,1 Mbps.

    Data tersebut juga melaporkan keunggulan MyRepublic dalam kategori kecepatan unggah (upload speed). Pengalaman menonton video dan pengiriman data besar menjadi kebutuhan sehari-hari, aspek ini menjadi vital. MyRepublic memimpin dengan kecepatan 23,6 Mbps.

    Indosat HiFi juga menunjukkan performa kompetitifnya di posisi kedua dengan 21,9 Mbps, diikuti oleh Biznet Home dengan 20,9 Mbps.

    Selaras dengan aspek Consistent Quality, kategori Video Experience juga dipimpin oleh Indosat HiFi. Layanan ini mencatatkan skor tertinggi sebesar 69,8 poin (skala 0-100). Artinya, Indosat menawarkan stabilitas jaringan yang berbanding lurus dengan kualitas streaming video yang dinikmati pengguna.

    Sementara Biznet Home menempati posisi kedua dengan 66,9 poin, Icon Plus berada di posisi ketiga dengan 64,2 poin, bersaing ketat dengan MyRepublic di posisi keempat yang meraih 63,8 poin. (Muhammad Diva Farel Ramadhan)

  • Biznet vs Oxygen vs HiFi, Siapa Terbaik?

    Biznet vs Oxygen vs HiFi, Siapa Terbaik?

    Bisnis.com, JAKARTA — Laporan terbaru Opensignal kembali mengungkap peta persaingan penyedia layanan internet tetap (fixed broadband) yang makin sengit di wilayah Jawa Barat.

    Data kinerja jaringan yang dirilis pada November 2025 tersebut menyoroti adanya keunggulan yang tajam antar pemain utama.

    Hal itu menyingkap fakta bahwa masyarakat Jawa Barat harus memilih prioritas utama mereka. Mengejar kecepatan unduh maksimal atau menginginkan kestabilan koneksi yang konsisten.

    Terdapat empat aspek yang layak dibahas jika ingin memilih berdasarkan preferensi kita yaitu konsistensi kualitas, kecepatan unggah, kecepatan unduh, dan pengalaman menonton video.

    Data tersebut memperlihatkan adanya dua pemain utama, yakni Biznet Home dan Indosat HiFi. Kondisi ini menegaskan bahwa belum ada penyedia layanan tunggal yang mampu menguasai seluruh aspek kualitas jaringan secara bersamaan di provinsi tersebut.

    Bagi segmen pengguna yang mendewakan kecepatan transfer data seperti gamer yang mengunduh gim dengan ukuran besar atau kreator konten, Biznet Home masih menjadi juara dalam hal ini.

    Tercatat, Biznet memimpin metrik kecepatan unduh (download speed) dengan rata-rata 38,0 Mbps, unggul cukup jauh dari pesaing terdekatnya, Oxygen.id dengan 32,3 Mbps dan CBN dengan 30,2 Mbps. Dominasi ini berlanjut pada kecepatan unggah, di mana Biznet mencatatkan angka 26,1 Mbps.

    Namun, laporan tersebut juga menyoroti sebuah celah. Kecepatan tinggi Biznet belum berbanding lurus dengan konsistensi kualitas layanan. Di sinilah Indosat HiFi mengambil alih sebagai jasa penyedia internet paling stabil di Jawa Barat.

    Meskipun tidak masuk dalam jajaran tiga besar penyedia layanan tercepat, Indosat HiFi justru berhasil mengungguli seluruh kompetitor dalam aspek Kualitas Konsisten (Consistent Quality) dengan skor 69,4%.

    Angka ini menempatkan Indosat HiFi di atas Icon Plus yang meraih 67,1% dan MyRepublic dengan 65,5%.

    Adapun skor tinggi tersebut, umumnya menandakan bahwa jaringan Indosat HiFi jarang mengalami gangguan yang memengaruhi pengalaman aplikasi real-time, seperti panggilan video konferensi atau layanan perpesanan instan.

    Sementara itu, persaingan di sektor menonton video atau Video Experience memperlihatkan tipisnya perbedaan kualitas antar penyedia. Biznet Home memimpin dengan skor 69,8 poin, ditempel sangat ketat oleh Oxygen.id dengan skor 69,3 poin. (Muhammad Diva Farel Ramadhan)

  • Telkomsel: Pemulihan Jaringan di Sumut

    Telkomsel: Pemulihan Jaringan di Sumut

    Bisnis.com, JAKARTA — PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) memobilisasi sumber daya yagn dimiliki untuk memulihkan jaringan di wilayah terdampak, khususnya Aceh, Sumatera Utara, dan Sumatera Barat. Tantangan pemulihan adalah ketersediaan pasokan listrik.

    Vice President Corporate Communications dan Social Responsibility Telkomsel Abdullah Fahmi menyatakan prioritas perusahaan saat ini bergeser pada pemulihan layanan di daerah tersebut.

    Dia mengatakan tantangan paling krusial dalam pemulihan ini adalah ketersediaan pasokan listrik. Pasalnya, kondisi kelistrikan di lokasi bencana juga masih terkena gangguan.

    “Tantangan paling penting dalam pemulihan jaringan adalah recovery dari PLN, karena listrik di lokasi terdampak seringkali dalam keadaan off,” kata Abdullah di Jakarta Jumat (28/11/2025).

    Tantangan di lapangan cukup berat mengingat kerusakan infrastruktur yang signifikan di tiga provinsi tersebut.

    Berdasarkan laporan terbaru, sekitar 60% site Telkomsel di Aceh terdampak akibat banjir langsung dan kerusakan infrastruktur publik. Sementara itu, 12% Base Transceiver Station (BTS) di Sumatera Utara dan 11,03% BTS di Sumatera Barat dilaporkan mengalami down atau mati total.

    Selain masalah energi, tim teknis Telkomsel juga menghadapi kendala akses fisik yang ekstrem. Di Aceh contohnya, tim pemulihan kesulitan menjangkau lokasi site karena akses jembatan yang terputus. Hal ini menghambat mobilisasi peralatan dan teknisi ke titik-titik vital.

    Adapun untuk mengatasi kendala tersebut, Telkomsel terus berkoordinasi intensif dengan pemerintah daerah setempat guna mencari solusi aksesibilitas. Telkomsel berharap proses speed recovery ini dapat segera tuntas agar masyarakat dapat kembali berkomunikasi dan bersilaturahmi dengan kerabat mereka. 

    “Telkomsel telah menggerakkan semua sumber daya dan network untuk membantu layanan telekomunikasi kembali beroperasi,” kata Abdullah. 

    Namun, di tengah fokus penanganan krisis tersebut, Telkomsel tidak mengendurkan langkah dalam strategi pengembangan teknologi 5G di seluruh Indonesia.

    Telkomsel menerapkan strategi dengan menyiapkan lebih dari 5.000 BTS 5G. Langkah ini diambil meskipun perusahaan dihadapkan pada tantangan keterbatasan spektrum frekuensi 5G yang tersedia saat ini. 

    VP Network Strategic Collaboration and Settlement Telkomsel Nizar Fuad mengatakan Telkomsel tetap akan membangun itu sesuai dengan demand dari market meskipun bertahap.

    “Masih terbatas (spektrum) tapi itu tidak menghalangi kami untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan,” ujarnya di Jakarta.

    Layanan 5G dirancang untuk mengakomodasi lonjakan lalu lintas data pada aktivitas gaya hidup digital, seperti video streaming, game online, dan media sosial. Secara khusus, teknologi ini ditujukan untuk memanjakan segmen content creator atau “TikTokers” yang membutuhkan kualitas video lebih bagus serta koneksi yang stabil dan cepat. (Muhammad Diva Farel Ramadhan).

  • Telkomsel Optimalisasi Jaringan 4G & 5G di 437 Titik Keramaian NARU 2025/2026

    Telkomsel Optimalisasi Jaringan 4G & 5G di 437 Titik Keramaian NARU 2025/2026

    Bisnis.com, JAKARTA — PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) melakukan optimalisasi jaringan 4G dan 5G  di 437 titik keramaian pada momen Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (NARU). Anak usaha Telkom Indonesia itu memperkirakan terjadi lonjakan trafik yang signifikan.

    Telkomsel memprediksi lonjakan trafik data selama periode NARU, terutama untuk layanan video streaming, social media, dan online gaming.

    Untuk mengantisipasi kenaikan data payload tersebut, Telkomsel telah melakukan antisipasi dengan mengoptimalkan jaringan 4G dan 5G di 437 titik keramaian seperti pusat perbelanjaan, jalur mudik, bandara, pelabuhan, area residensial, dan rumah ibadah, serta melakukan pemantauan melalui sebanyak 15 Posko Siaga Network.

    Direktur Network Telkomsel Indra Mardiatna mengatakan selama momen penuh arti seperti Natal dan Tahun Baru, perusahaan ingin setiap pelanggan merasakan bahwa jaringan Telkomsel selalu siap dan dapat diandalkan.

    “Dengan penguatan jaringan dan teknologi terdepan, kami berkomitmen untuk menjaga kualitas konektivitas agar setiap momen kebersamaan dapat dinikmati dengan lancar,” kata Indra di Jakarta, Jumat (28/11/2025).

    Dia menambahkan adapun jaringan 5G Telkomsel tetap tersedia di kota-kota prioritas, akan didukung dengan total lebih dari 5.000 BTS 5G pada akhir 2025, dan diperkuat dengan teknologi AI Autonomous Network.

    Telkomsel juga berupaya menjaga kualitas layanan internet rumah, di antaranya melalui modernisasi perangkat dan perbaikan proaktif.

    Untuk memberikan kemudahan akses layanan, Telkomsel telah menyiapkan berbagai produknya, layanan migrasi kartu SIM/eSIM, bantuan layanan MyTelkomsel, sampai dengan penukaran Telkomsel POIN, melalui 17 Posko Utama dan 13 Posko Reguler di berbagai lokasi strategis, serta 1 Posko Digital di TikTok. Selain itu, layanan Telkomsel dapat ditemukan di 437 titik keramaian yang jaringannya telah dioptimalkan.

    Pelanggan juga tetap dapat mengakses layanan pelanggan Telkomsel di aplikasi MyTelkomsel, website telkomsel.com, GraPARI, Call Center 188, media sosial @Telkomsel, dan puluhan ribu mitra Outlet Siaga.

    Sementara itu Direktur Sales Telkomsel, Stanislaus Susatyo, mengatakan perusahaan berupaya memastikan pelanggan dapat dengan mudah mengakses layanan Telkomsel selama momen spesial Natal dan Tahun Baru mendatang, baik di Posko, GraPARI, digital, ataupun berbagai titik layanan.

    “Semua tim kami siaga untuk melayani, memberikan pengalaman yang nyaman dan bersahabat untuk semua kalangan,” kata Stanislaus.  (Muhammad Diva Farel Ramadhan)

  • Siapa Jawara Internet di Jakarta?

    Siapa Jawara Internet di Jakarta?

    Bisnis.com, JAKARTA — Opensignal baru saja mengeluarkan laporan yang menunjukkan gambaran dinamika persaingan antar penyedia jaringan internet (Internet Service Provider) di Jakarta dan Banten. 

    Laporan pada November 2025 itu menyoroti perbedaan antara penyedia layanan yang menawarkan kecepatan tertinggi dibandingkan dengan penyedia yang menawarkan pengalaman pengguna paling konsisten atau stabil.

    Pengujian jaringan menyoroti persaingan ketat di dua wilayah strategis tersebut. Namun, tidak ada satu ISP pun yang menyapu bersih seluruh parameter keunggulan di kedua wilayah sekaligus.

    Di DKI Jakarta, Indosat HiFi mencuat sebagai pemimpin dalam hal kualitas layanan yang konsisten.

    Laporan pengujian jaringan terbaru mencatat, Indosat HiFi meraih skor Consistent Quality tertinggi di Jakarta sebesar 72,4%. Angka ini menempatkan mereka di atas IndiHome yang mencatatkan skor 63,4%, serta MyRepublic dan Biznet Home yang bersaing ketat di angka 61,3% dan 60,7%.

    Selain konsistensi, Indosat HiFi juga mencatatkan pengalaman video (Video Experience) terbaik di Jakarta dengan skor 70,9 poin (skala 0-100), mengalahkan Biznet Home yang memperoleh 70,3 poin.

    Namun, keunggulan konsistensi Indosat HiFi belum mampu menandingi kecepatan mentah yang ditawarkan Biznet Home. Data menunjukkan Biznet masih menjadi yang tercepat di Jakarta dengan kecepatan unduh (download speed) mencapai 43,0 Mbps.

    Tercatat, Biznet diikuti MyRepublic dengan 34,5 Mbps dan Oxygen.id 33,7 Mbps. Begitu pun pada kecepatan unggah (upload speed), Biznet mengungguli kompetitor lainnya dengan 28,0 Mbps.

    Data regional Banten juga menunjukkan hal yang menarik di mana kecepatan dan stabilitas dipegang oleh pemain berbeda. Biznet Home tercatat sebagai penguasa kecepatan dengan angka unduh mencapai 44,3 Mbps dan unggah 30,3 Mbps. 

    Namun, laporan tersebut mencatat bahwa kecepatan tinggi Biznet tidak diikuti dengan skor konsistensi tertinggi. Faktanya, Icon Plus justru memimpin dalam aspek Consistent Quality di Banten dengan skor 71,6%, mengungguli MyRepublic dan Biznet Home yang masing-masing memperoleh 68,3% dan 60,0%. 

    Adapun untuk pengalaman menonton video, Biznet juga memimpin dengan skor 70.1 diikuti oleh Icon Plus di posisi kedua dengan 69,4 Mbps. (Muhammad Diva Farel Ramadhan)