Event: MotoGP

  • Cerita Andrea Iannone Diminta Valentino Rossi Geber Motor MotoGP Lagi

    Cerita Andrea Iannone Diminta Valentino Rossi Geber Motor MotoGP Lagi

    Jakarta

    Andrea Iannone tak menolak saat diminta Valentino Rossi untuk menggantikan Fabio Diggia. Iannone bahkan sangat senang bisa kembali membalap di MotoGP lagi.

    Andrea Iannone kembali ke MotoGP. Kembalinya Iannone ke ajang balap motor kelas premier itu bukan sebagai pebalap utama, melainkan menggantikan Fabio Di Giannantonio di VR46 Racing Team. Ya, Fabio Diggia dipastikan absen di MotoGP Malaysia dan Valencia. Diggia akan menjalani operasi dislokasi bahu yang dialaminya pada MotoGP Austria Agustus 2024.

    Sebagai gantinya, bos VR46 Racing Team Valentino Rossi meminta Iannone untuk menggeber Ducati Desmosedici GP23. Iannone sangat berterima kasih atas kesempatan yang diberikan The Doctor itu.

    “Sangat penting untuk berterima kasih ke Valentino, WRC Team, Ducati, karena tanpa mereka, saya mungkin tidak akan bisa membalap lagi di MotoGP. Jadi saya sangat senang,” kata Iannone dalam wawancara dengan MotoGP.

    Iannone menceritakan awal mula dia mendapat tawaran dari Rossi. Rossi katanya langsung menelepon Iannone. Namun karena Iannone sedang dalam penerbangan ponselnya mati. Setelah mendarat dan menyalakan ponsel, dia mendapat pesan dari Rossi.

    “Dia bilang, Andrea saya telepon kamu tapi teleponnya mati, telepon saya ya, ini pening. Saya jawab oke dan saya langsung meneleponnya,” cerita Iannone.

    “Saya bilang ‘oke, dimana kamu? dan dia jawab ‘saya menelepon kamu dua jam lalu’. Lalu saya bilang ‘saya sedang di pesawat dan baru mendarat di Jerez, memang tidak tahu ada seri terakhir Superbike?’ Dia bilang, ‘oke, oke tapi bagaimana baik jika kamu mengendarai motor kami di MotoGP untuk dua balapan terakhir’” sambung Iannone.

    “Saya berkata ‘oke,oke’ tanpa berpikir panjang, saya berkata ‘ya, ya, oke, sempurna’. Kami tidak berbicara tentang uang karena itu tidak penting, saya telah kehilangan begitu banyak dalam beberapa tahun ini sehingga itu bukan jadi masalah. Hasrat (membalap di MotoGP) itu tidak akan hilang seperti uang,” lanjutnya lagi.

    Sekadar informasi, Andrea Iannone sebelumnya dilarang membalap selama 4 tahun karena kasus penggunaan doping. Pada akhir 2019, Iannone yang kala itu membalap bersama Aprilia dinyatakan positif menggunakan Dostranolone dalam tes anti-doping saat Grand Prix Malaysia 2019.

    Iannone awalnya dilarang balapan oleh FIM selama 18 bulan. Namun Badan Anti-Doping Dunia (WADA) mengajukan banding atas keputusan ini, dan meminta pebalap berjuluk The Maniac itu disanksi empat tahun. Ianonne kemudian menjalani hukuman itu dan diberi kesempatan oleh Gigi Dall’Igna untuk membalap bagi tim satelit Ducati di WSBK pada musim 2024.

    (dry/din)

  • Bagnaia Tetap Ilmu Padi Jelang MotoGP Malaysia 2024

    Bagnaia Tetap Ilmu Padi Jelang MotoGP Malaysia 2024

    Jakarta

    Francesco Bagnaia tetap membumi menjelang MotoGP Malaysia 2024 akhir pekan ini. Bagnaia sedang dalam optimisme tinggi lantaran berhasil menjuarai MotoGP Thailand 2024. Perjuangan Bagnaia mempertahankan gelar juara dunia masih cukup berat karena dia berjarak 17 poin dari Jorge Martin di puncak klasemen.

    “Saya belum pernah menang balapan di kondisi basah dan inilah mengapa kemenangan pada hari Minggu (di Thailand) sangat penting mengingat akhir pekan berikutnya di Sepang cuacanya tidak menentu,” ungkap Bagnaia dikutip dari Motosan.

    “Ini adalah trek di mana dalam beberapa tahun terakhir saya sangat cepat, namun rival kami juga akan kompetitif. Sekarang penting buat tetap fokus dan memberikan hasil maksimal di setiap sesi,” sambung pebalap Ducati Lenovo.

    Tahun lalu Bagnaia berhasil mengamankan podium ketiga di Sirkuit Sepang, Malaysia. Hasil tersebut menjadi kunci kesuksesan Bagnaia dalam mempertahankan gelar juara dunia. Namun tahun ini situasinya bakal lebih sulit dan menantang lantaran Bagnaia terpaut 17 poin dari Martin.

    “Kami meninggalkan GP Thailand. Sekarang kami harus fokus. Akhir pekan ini kami balapan di Sepang, trek di mana saya memiliki kenangan indah, belum lagi kemenangan tahun lalu. Setiap musim berbeda, jadi kami harus tetap membumi dan selalu memberikan 100%,” kata anak didik Valentino Rossi itu.

    Sekadar informasi, perebutan gelar juara MotoGP 2024 menyisakan Martin dan Bagnaia. Memimpin puncak klasemen sementara dengan keunggulan 17 poin, Martin bisa saja mengunci gelar juara dunia MotoGP 2024 di Sepang.

    Martin harus mengoleksi minimal 21 poin lebih banyak dibandingkan Bagnaia di Malaysia. Bila itu terjadi, Martin bakal punya selisih 38 poin atas Bagnaia jelang seri terakhir di MotoGP Valencia.

    Selisih 38 poin dengan kondisi sisa satu seri membuat Martin bisa dipastikan jadi juara dunia MotoGP 2024. Sebab, jumlah poin maksimal yang didapat dalam satu seri adalah 37 dengan pebalap tersebut memenangkan sprint race dan main race.

    (lua/dry)

  • Menteri Pariwisata Baru Bakal Kebut Indonesia Tourism Fund

    Menteri Pariwisata Baru Bakal Kebut Indonesia Tourism Fund

    Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Pariwisata Widiyanti Putri Wardhana berkomitmen untuk mempercepat hadirnya dana pariwisata berkelanjutan atau Indonesia Tourism Fund (ITF) di Indonesia. Pemerintah, kata Widi, masih terus mengkaji rancangan Peraturan Presiden (Perpres) tersebut.

    “Itu nanti kita informasikan lebih lanjut ya. Kami masih mengkaji, kita lagi pelajari, tentunya itu akan diteruskan,” kata Widi, Kamis (31/10/2024).

    Widi sebelumnya berkomitmen melanjutkan momentum pengembangan pariwisata Tanah Air. Dia turut mengungkap program kerja prioritas yang akan dilakukan dalam enam bulan ke depan. 

    Keempat program itu yakni hearing aspirasi transformasi pariwisata dengan pihak-pihak terkait dan Tourism 5.0 seperti pemasaran Calendar of Events berbasis digital dan AI travel assistance.

    Selain itu, perumusan grand strategy penggunaan Indonesia Quality Tourism Fund untuk diversifikasi atraksi nusantara dan acara berskala internasional serta merancang kerja sama dengan instansi kelas dunia untuk transfer of knowledge guna mewujudkan sekolah unggulan pariwisata kelas dunia.

    Adapun regulasi terkait dana pariwisata dicanangkan pada masa pemerintahan Presiden ke-7 RI Joko Widodo (Jokowi). Rancangan berupa Peraturan Presiden (Perpres) sudah masuk ke meja Presiden Jokowi usai melalui serangkaian pembahasan. 

    Dalam catatan Bisnis, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno kala itu mengharapkan agar regulasi ini dapat rampung sebelum masa pemerintahan Presiden Jokowi berakhir pada Oktober 2024 dan berlaku mulai 2025. 

    “Inginnya sebelum Oktober 2024, diterapkannya 2025. Jadi [terbitnya] bisa September bisa Oktober,” ujarnya beberapa waktu lalu.

    Indonesia Tourism Fund nantinya akan diarahkan untuk mendanai kegiatan-kegiatan internasional, utamanya yang berdampak besar terhadap ekonomi nasional seperti F1 Powerboat dan MotoGP. Pada tahap awal, sumber dana ITF berasal dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) senilai Rp2 triliun. 

    Sementara itu, Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (Gipi) sempat mengusulkan agar dana pariwisata berkelanjutan dikelola oleh badan layanan umum. “Kita kepikiran bikin BLU khusus pengelola dana pariwisata, itu [sumber dananya] nanti bisa diambil dari APBN,” kata Ketua Umum Gipi Hariyadi Sukamdani, Jumat (10/5/2024). 

  • Inikah Alasan Maruqez Lolos dari Sanksi saat Baju Balapnya Terbuka?

    Inikah Alasan Maruqez Lolos dari Sanksi saat Baju Balapnya Terbuka?

    Jakarta

    Marc Marquez lolos dari penalti setelah ritsleting baju balapnya terbuka di MotoGP Thailand akhir pekan kemarin. Kenapa Marquez bisa lolos dari sanksi?

    Marc Marquez mengalami insiden tak biasa dalam MotoGP Thailand setelah terjatuh pada lap ke-14. Insiden ini bukan hanya soal jatuhnya Marquez, tetapi juga tentang wearpack atau baju balapnya yang terbuka di sisa balapan yang berlangsung sekitar 10 putaran.

    Meski sempat mencuri perhatian, pebalap tim Gresini Racing itu tetap menyelesaikan balapan tanpa harus berhenti atau masuk ke pit untuk memperbaiki seragamnya.

    Menurut keterangan Marquez, wearpack atau baju balap yang dikenakannya terbuka setelah airbag otomatis di dalamnya mengembang saat ia terjatuh. Airbag tersebut memberi tekanan di bahu dan menyebabkan ritsleting seragam terbuka sedikit.

    “Saya rasa baju balap itu terbuka saat kecelakaan saat kantung udara mengembang,” kata Marquez.

    Rekaman di kamera dasbor menunjukkan bahwa kait pengaman di bagian atas baju balapnya terbuka saat Marquez kembali mengikuti balapan setelah kecelakaan.

    Peristiwa ini memicu perbandingan dengan insiden serupa yang pernah dialami Fabio Quartararo di MotoGP Catalunya 2021. Saat itu, Quartararo menerima penalti tiga detik karena membalap dengan seragam yang terbuka.

    Dikutip dari Crash.net, juru bicara Dorna mengatakan bahwa diskresi bisa diterapkan untuk masalah seperti ini karena dapat mencakup beberapa variabel. Misalnya, jika Marquez dianggap tidak punya cukup waktu untuk bereaksi, maka stewards berhak untuk tidak menghukumnya.

    Jadi, karena Marquez terjatuh dan menyebabkan kerusakan pada kait pengaman di baju balapnya, tampaknya steward menerapkan diskresi dengan keputusan tidak memberikan sanksi.

    (rgr/dry)

  • Banjir Bandang Landa Valencia, Mantan Pebalap MotoGP Terpaksa Tidur di Mobil

    Banjir Bandang Landa Valencia, Mantan Pebalap MotoGP Terpaksa Tidur di Mobil

    Jakarta

    Mantan rider MotoGP Tito Rabat terpaksa tidur di mobil saat banjir bandang melanda Valencia. Momen itu diunggah Rabat dalam akun media sosialnya.

    Valencia dilanda banjir bandang. Puluhan orang dilaporkan meninggal dunia akibat banjir bandang tersebut. Banjir bandang ini membuat sejumlah ruas jalan rusak dan membuat warga terjebak. Salah satunya dialami mantan rider MotoGP Tito Rabat.

    Rabat menghabiskan Selasa malam di dalam mobilnya akibat terjebak di jalan tol akibat banjir bandang tersebut. Rabat diketahui tengah berada di Cheste, Valencia, jelang seri pamungkas MotoGP yang digelar dua pekan lagi. Dilansir Crash, Rabat memperlihatkan potret kekacauan di jalanan Spanyol melalui akun media sosialnya.

    “Bangun tidur di A3 setelah terjebak hujan,” demikian unggahan Rabat dalam media sosial X pribadinya.

    A3 adalah jalanan yang menghubungkan Madrid ke Valencia. Jalan ini terputus total di beberapa bagian dan pemilik mobil diminta meninggalkan kendaraan mereka. Rabat menjadi satu dari banyak orang yang tak bisa pulang ke rumah karena buruknya cuaca tersebut, termasuk 100 orang yang berkemah di area aman di Sirkuit Ricardo Tomo.

    [Gambas:Twitter]

    Sementara itu Sirkuit Ricardo Tormo dijadwalkan untuk menggelar seri terakhir musim MotoGP 2024 pada 15-17 November. Ricardo Tormo pada hari Rabu mereka mengkonfirmasi bahwa mereka telah memulai pekerjaan untuk mengecek berbagai kerusakan yang terjadi.

    “Pemeriksaan awal menunjukkan bahwa kondisi lintasan masih optimal, namun akses dan area parkir mengalami kerusakan parah dan membutuhkan ‘perbaikan segera’” demikian pernyataannya.

    MotoGP dalam pernyataan resmi juga menyampaikan dukungan bagi semua pihak yang terdampak dari banjir di Valencia. Sementara soal gelaran seri pamungkas tak dijelaskan lebih lanjut.

    “MotoGP sudah menghubungi sirkuit dan otoritas setempat untuk menawarkan dukungan dan bantuan untuk bekerja sama untuk memulihkan kondisi sesegera mungkin,” tulis MotoGP dalam keterangannya.

    (dry/rgr)

  • Jorge Martin Bisa Kunci Gelar Juara Dunia di Malaysia, Asalkan…

    Jorge Martin Bisa Kunci Gelar Juara Dunia di Malaysia, Asalkan…

    Jakarta

    Jorge Martin bisa meraih titel juara dunia MotoGP 2024 dalam seri grand prix Malaysia jika memenuhi beberapa syarat. Apa saja?

    Seri ke-19 MotoGP 2024 berlanjut di Sirkuit Sepang, Minggu (3/11/2024) siang WIB. MotoGP Malaysia menjadi salah satu dari dua balapan terakhir musim ini.

    Pebalap Pramac Racing Jorge Martin kokoh di puncak klasemen sementara MotoGP 2024 dengan 453 poin. Dia unggul 17 poin dari Francesco Bagnaia di posisi kedua yang mengemas 436 poin.

    MotoGP Malaysia 2024 menjadi kesempatan pertama Jorge Martin mengunci gelar juara musim ini. Ada beberapa syarat supaya Martin bisa meraih titel juara dunia MotoGP pertama kalinya.

    Syarat mutlak

    Syarat mutlaknya, Jorge Martin harus meraih 21 poin lebih banyak dibandingkan Pecco Bagnaia di seri MotoGP Malaysia. Andai tercapai, Martin bakal punya jarak 38 poin atas Bagnaia, sebelum seri terakhir di MotoGP Valencia.

    Saat ini Martin selisih 17 poin dari Bagnaia. Jika ditambah 21 poin lagi, Martin sudah membuat selisih 38 angka dari Bagnaia. Sedangkan syarat lain, Bagnaia tidak meraih poin sama sekali.

    Impian Martin bisa tercapai menjadi juara dunia jika Martin menang sprint dan full race, sedangkan Bagnaia cuma bisa mengemas 16 poin dari total balapan di Malaysia.

    Selisih 38 poin dengan kondisi sisa satu seri membuat Jorge Martin dipastikan jadi juara dunia MotoGP 2024. Jumlah poin maksimal yang bisa didapat, termasuk sprint race dan full race adalah 37 angka. Kondisi ini bisa terjadi jika Martin menang kedua balapan tersebut.

    Tentu untuk mendapatkan 21 angka lebih banyak dari Bagnaia, bukanlah pekerjaan mudah bagi Jorge Martin. Apalagi Bagnaia rajin masuk podium.

    Berikut ini beberapa skenario Martin Juara Dunia MotoGP 2024 di Malaysia, jika pebalap Spanyol itu menang mulus sprint dan full race:

    Martin menang sprint dan full race (+37 poin), Bagnaia gagal finis sprint dan full race (0 poin). Poin yang terkumpul: Martin (490 poin), Bagnaia (436 poin), selisih 54 poin.Martin menang sprint race dan full race (+37 poin), Bagnaia finis kedua sprint race (+9 poin), dan kesembilan full race (+7 poin). Poin yang terkumpul: Martin (490 poin) dan Bagnaia (452 poin), selisih poin: 38 poin.

    Bisakah Jorge Martin keluar sebagai juara dunia MotoGP 2024 di Sirkuit Sepang? Kita tunggu saja dalam balapan MotoGP Malaysia akhir pekan ini!

    (riar/rgr)

  • Sukses Jalankan Transpormasi Bisnis, InJourney Raih Penghargaan Best Business Transformation 2024

    Sukses Jalankan Transpormasi Bisnis, InJourney Raih Penghargaan Best Business Transformation 2024

    Jakarta, Beritasatu.com – Holding BUMN sektor aviasi dan pariwisata PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney mendapatkan penghargaan Best Business Transformation 2024 dengan kategori “Good” dari majalah SWA. Penghargaan diberikan kepada InJourney karena dinilai telah mengimplementasikan transformasi bisnis dengan sukses di era disrupsi. Penghargaan diterima langsung oleh Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko InJourney, Yudi Rizkyardie Darun di Hotel Shangri-La, Jakarta pada Kamis, (24/10/2024).

    Kriteria penilaian meliputi identifikasi masalah dalam melakukan transformasi, desain program dan rencana aksi transformasi, serta eksekusi program transformasi dan hasil yang dicapai dari transformasi tersebut.

    “InJourney mengucapkan terima kasih atas penghargaan Best Business Transformation 2024 yang diberikan majalah SWA untuk Best Business Transformation 2024. Ini merupakan penghargaan atas kerja keras transformasi bisnis yang dilakukan seluruh karyawan, jajaran manajemen, dengan dukungan dari Kementerian BUMN dan para stakeholder,” tutur Plt. Direktur Utama InJourney, Maya Watono.

    InJourney didirikan 3 tahun silam tepatnya Oktober 2021 dan diluncurkan pada 13 Januari 2022 oleh Presiden Republik Indonesia untuk menata BUMN sektor pariwisata dan aviasi guna menjawab berbagai berbagai tantangan yang dihadapi sektor ini. Pembentukan InJourney untuk menjawab peran utama BUMN sebagai value creator dan agent development.

    Proses transformasi bisnis yang dilakukan InJourney bukan hal yang mudah dilakukan. Saat InJourney memulai, industri pariwisata baru saja terpukul akibat pandemi. Pemulihannya membutuhkan strategi yang komprehensif, yang melibatkan seluruh anak usaha InJourney. InJourney juga menempuh transformasi bisnis yang tidak hanya melibatkan struktur organisasi, akan tetapi juga berbagai aspek mulai dari budaya, teknologi, hingga proses operasional.

    InJourney kini tumbuh menjadi tourism orchestrator. Pada 2023-2024, InJourney telah mengembangkan destinasi pariwisata dan memberikan added value dengan menyelenggarakan sejumlah event berskala internasional seperti Aquabike Jetski World Championship dan F1Powerboat di Danau Toba, Porsche Sprint Challenge, Asia Road Race Championship, serta MotoGP di Mandalika. InJourney juga menjadi bagian dari penyelenggara KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo.

    Proses transformasi dilakukan di sejumlah destinasi wisata di bawah kelolaan InJourney. Seperti TMII dan Sarinah yang sudah muncul dengan wajah baru, dan kini menjadi salah satu destinasi pariwisata andalan dari seluruh kalangan masyarakat Indonesia. Sementara Candi Borobudur dan Prambanan kini telah menjelma menjadi Spiritual Tourism Destination.

    Pada tahun 2023 lalu, InJourney melakukan transformasi dengan meluncurkan 2 sub holding di bidang industri aviasi dan kebandarudaraan yakni InJourney Airports dan InJourney Aviation Services. Sejarah baru kebandarudaraan terukir dengan adanya penggabungan PT Angkasa Pura I dan PT Angkasa Pura II. Dua perusahaan besar pengelola bandar udara di Indonesia itu menjadi satu entitas yakni PT Angkasa Pura Indonesia atau InJourney Airports. InJourney Airports mengelola 37 bandara komersial di Indonesia, yang menangani lebih dari 170 juta penumpang per tahun. InJourney Airports berada di urutan kelima perusahaan operator bandara terbesar di dunia.

    Sederet transformasi lainnya ialah dengan keberhasilan InJourney untuk melaksanakan program pengembangan pariwisata pada 5 Destinasi Super Prioritas sesuai yang diamanahkan oleh Pemerintah. Pada sisi Governance and Communication InJourney berhasil mendapatkan predikat informatif untuk informasi publik oleh Komisi Informasi dan InJourney patuh 100% terhadap pelaporan LHKPN dan integrasi aplikasi-aplikasi pendukung kerja antara InJourney dengan seluruh anak usahanya.

    Kinerja keuangan InJourney juga semakin kokoh. Pada tahun 2024, InJourney berhasil mendapatkan credit rating AAA, setelah tahun sebelumnya tanpa rating. Sementara pada tahun 2023, InJourney mampu membukukan laba hingga Rp1,1 triliun, membalikkan tahun sebelumnya yang mencatat rugi Rp993 miliar.

    “Transformasi bisnis merupakan sebuah perjalanan panjang bagi kami dan hampir 3 tahun terakhir ini kami mampu menjalankannya dengan baik dengan berbagai tantangan dan hambatan yang berhasil kami lalui. Kami berharap InJourney sudah memiliki fondasi yang lebih kokoh dan untuk selanjutnya tumbuh dan berkembang dengan baik. Kami akan terus melanjutkan transformasi sebagai upaya untuk mewujudkan visi sebagai strategic Holding di sektor aviasi dan pariwisata yang terdepan serta memberikan pengalaman yang mengesankan bagi para wisatawan melalui keramahtamahan Indonesia,” pungkasnya.

  • Jadwal MotoGP Malaysia 2024 Akhir Pekan Ini

    Jadwal MotoGP Malaysia 2024 Akhir Pekan Ini

    Jakarta

    MotoGP Malaysia 2024 digelar akhir pekan ini. Seri tersebut bisa menjadi seri penentuan gelar juara MotoGP 2024 antara Jorge Martin dan Francesco Bagnaia. Berikut jadwal lengkap MotoGP Malaysia 2024.

    Seri ke-19 MotoGP 2024 tersaji di Sirkuit Sepang, Malaysia. MotoGP Malaysia 2024 diselenggarakan pada 1-3 November 2024. Sirkuit Sepang telah menyelenggarakan balap MotoGP sejak tahun 1999.

    Pada MotoGP Malaysia 2023, Enea Bastianini keluar sebagai juaranya, diikuti oleh Alex Marquez serta Francesco Bagnaia. Tahun ini, jajaran pebalap Ducati tetap difavoritkan juara di sirkuit sepanjang 5,5 km tersebut.

    Jorge Martin dan Francesco Bagnaia Foto: AFP/JURE MAKOVEC

    Sekadar informasi, perebutan gelar juara MotoGP 2024 menyisakan Martin dan Bagnaia. Memimpin puncak klasemen sementara dengan keunggulan 17 poin, Martin bisa saja mengunci gelar juara dunia MotoGP 2024 di Sepang.

    Martin harus mengoleksi minimal 21 poin lebih banyak dibandingkan Bagnaia di Malaysia. Bila itu terjadi, Martin bakal punya selisih 38 poin atas Bagnaia jelang seri terakhir di MotoGP Valencia.

    Selisih 38 poin dengan kondisi sisa satu seri membuat Martin bisa dipastikan jadi juara dunia MotoGP 2024. Sebab, jumlah poin maksimal yang didapat dalam satu seri adalah 37 dengan pebalap tersebut memenangkan sprint race dan main race.

    MotoGP Malaysia 2024 dimulai hari Jumat dengan sesi latihan bebas, dilanjutkan sesi kualifikasi dan sprint race pada hari Sabtu, dan main race pada hari Minggu. Simak info di bawah ini.

    Jadwal MotoGP Malaysia 2024

    Jumat (1/11)

    1. 09:45-10:30 WIB: Latihan bebas 1 MotoGP

    2. 14:00-15:00 WIB: Latihan MotoGP

    Sabtu (2/11)

    1. 09:10-09:40 WIB: Latihan bebas 2 MotoGP

    2. 09:50-10:05 WIB: Kualifikasi 1 MotoGP

    3. 10:15-10:30 WIB: Kualifikasi 2 MotoGP

    4. 14:00-15:00 WIB: Balap sprint MotoGP (10 lap)

    Minggu (3/11)

    1. 11.00 WIB: Race Moto3 (15 lap)

    2. 12.15 WIB: Race Moto2 (17 lap)

    3. 14.00 WIB: Race MotoGP (20 lap)

    (lua/rgr)

  • Inikah Alasan Maruqez Lolos dari Sanksi saat Baju Balapnya Terbuka?

    Wearpack Terbuka di MotoGP Thailand, Marquez Lolos dari Penalti?

    Jakarta

    Marc Marquez mengalami insiden tak biasa dalam MotoGP Thailand setelah terjatuh pada lap ke-14. Insiden ini bukan hanya soal jatuhnya Marquez, tetapi juga tentang wearpack atau baju balapnya yang terbuka di sisa balapan yang berlangsung sekitar 10 putaran.

    Meski sempat mencuri perhatian, pebalap tim Gresini Racing itu tetap menyelesaikan balapan tanpa harus berhenti atau masuk ke pit untuk memperbaiki seragamnya.

    Menurut keterangan Marquez, wearpack atau baju balap yang dikenakannya terbuka setelah airbag otomatis di dalamnya mengembang saat ia terjatuh. Airbag tersebut memberi tekanan di bahu dan menyebabkan ritsleting seragam terbuka sedikit.

    “Saya pikir bajunya terbuka saat kecelakaan, ketika airbag terbuka. Ada banyak tekanan di bahu, dan kami memiliki sistem keamanan, tetapi ini terbuka,” kata Marquez dilansir dari The Race, Selasa (29/10/2024).

    Marquez merasa bahwa bajunya hanya terbuka sedikit saat melanjutkan sisa putaran. Namun, ketika balapan telah selesai ia merasa terbuka lebih banyak.

    “Itu hanya sedikit, tetapi ketika kami menyelesaikan balapan, di putaran itu, saya merasa seperti ini terbuka lebih banyak,” tambahnya.

    Berdasarkan rekaman kamera onboard yang mengarah ke dadanya, terlihat bahwa ritsleting terbuka hingga hampir setengah ketika Marquez melintasi garis finis.

    Peristiwa ini memicu perbandingan dengan insiden serupa yang pernah dialami Fabio Quartararo di MotoGP Catalunya 2021. Saat itu, Quartararo menerima penalti tiga detik karena membalap dengan seragam yang terbuka. Hal tersebut bahkan membuatnya kehilangan podium.

    Jorge Martin juga mengalami masalah serupa di MotoGP India tahun lalu. Bedanya, Martin sempat duduk tegak di tengah balapan untuk menutup ritsletingnya setelah mendapat pesan dari pihak race control melalui dashboard motornya.

    Namun, pada MotoGP Thailand kali ini, pihak race control tampaknya tidak mengeluarkan peringatan serupa bagi Marquez. Hal ini tentu menimbulkan pertanyaan di kalangan penggemar dan penikmat, apakah pihak race control sengaja membiarkan insiden tersebut atau memang tidak menyadarinya. Dengan begitu, Marquez bisa dikatakan lolos dari penalti terkait hal ini.

    Insiden seragam terbuka ini menarik perhatian karena berpotensi membahayakan keselamatan pembalap. Namun, Marquez bisa dibilang beruntung bisa menyelesaikan balapan tanpa cedera serius atau penalti tambahan.

    (rgr/rgr)

  • Cerita Andrea Iannone Diminta Valentino Rossi Geber Motor MotoGP Lagi

    Andrea Iannone Balik ke MotoGP, Turun di Sepang Bareng Tim Balap Rossi

    Jakarta

    Andrea Iannone resmi kembali ke MotoGP dan akan membalap buat tim Pertamina Enduro VR46 Racing Team. Iannone menggantikan sementara posisi Fabio Di Giannantonio yang harus menjalani operasi bahu di sisa musim 2024 ini.

    Iannone dipastikan turun di seri ke-19 MotoGP 2024 yang berlangsung di Sirkuit Sepang Malaysia. Keputusan Pertamina Enduro VR46 Racing Team menggunakan jasa Andrea Iannone tak terlepas dari performa impresifnya di ajang WSBK. Dalam debutnya musim ini, Iannone berhasil menempati peringkat delapan klasemen WSBK 2024.

    “Saya sangat senang mengonfirmasi kalau Andrea akan membalap dengan warna kami di Ducati Desmosedici GP. Andrea telah menunjukkan performa terbaiknya, ia menutup musim WorldSBK dengan sangat baik dan selalu dekat dengan Ducati. Dia adalah teman baik keluarga VR46, baik saya maupun Vale,” ungkap Direktur Tim, Uccio Salucci.

    Andrea Iannone naik podium di WSBK Australia 2024 Race 1 Foto: Instagram @andreaiannone

    “Kami sangat senang, menyambutnya di tim Pertamina Enduro VR46 dan melihatnya kembali mengendarai motor MotoGP. Itu adalah cerita yang bagus! Pada saat yang sama, kami semua mendoakan yang terbaik untuk Fabio, yang akan menjalani operasi bahu minggu ini, kami tidak sabar untuk melihatnya kembali ke trek pada 2025,” tambahnya.

    Di sisi lain, Iannone juga merasa sangat senang bisa kembali ke MotoGP. MotoGP adalah rumah bagi pebalap asal Italia itu. Bahkan Iannone pernah membela tiga merek motor berbeda di level MotoGP, dari Suzuki, Aprilia, hingga Ducati.

    “Mengendarai motor MotoGP itu asyik. MotoGP adalah motor paling berteknologi tinggi dan berperforma tertinggi. Menjadi suatu kehormatan ketika mereka memilih saya dan saya merasa bahwa saya harus mengatakan ‘ya’ terhadap kesempatan ini segera setelah ditawarkan kepada saya,” kata Iannone.

    “Tantangannya tentu gila, rumit dan menuntut, karena sudah bertahun-tahun saya tidak mengendarai sepeda motor dalam kategori ini dan belum pernah melakukan tes atau sejenisnya. Saya sangat bersemangat bisa bekerja sama dengan Ducati dan tim balap Pertamina Enduro VR46, baik karena levelnya yang sangat tinggi maupun karena persahabatan yang telah menyatukan saya selama bertahun-tahun. Saya berterima kasih kepada Valentino Rossi, Alessio Salucci, Pablo Nieto, Gigi Dall’Igna, Claudio Domenicali, dan Mauro Grassilli,” tambah Iannone.

    Sekadar informasi, Iannone sempat absen balapan selama empat tahun lantaran menjalani hukuman doping. Iannone diskors karena mengonsumsi daging yang mengandung steroid anabolik, zat yang tergolong sebagai doping di dunia olahraga. Iannone awalnya tak boleh membalap selama 18 bulan, meski sudah menyatakan hal tersebut bukan disengaja.

    Iannone lantas mengajukan banding, tapi yang ada hukumannya malah diperberat. Iannone tidak boleh tampil membalap selama empat tahun, sesuai permintaan Badan Anti-Doping Dunia (WADA). Hukuman tersebut ia jalani sejak 17 Desember 2019. Iannone pun meninggalkan tim MotoGP yang sedang dibelanya saat itu, Aprilia Racing.

    Empat tahun menjalani hukuman, banyak yang memprediksi karier Iannone di dunia balap motor bakal habis. Tetapi Iannone mematahkan pandangan tersebut. Iannone bisa membuktikan dirinya masih punya taji di lintasan balap.

    Menandai kembalinya ia ke lintasan, Iannone bergabung dengan tim independen GoEleven Ducati di ajang balap WSBK (World Superbike). Pebalap kelahiran 1989 itu langsung membuktikan kemampuannya di lintasan balap dengan meraih podium tiga pada race pertama WSBK Australia 2024.

    (lua/rgr)