Event: MotoGP

  • Detik-detik Pecco Bagnaia Lepas Nomor 1 dari Motor Ducati Desmosedici GP24

    Detik-detik Pecco Bagnaia Lepas Nomor 1 dari Motor Ducati Desmosedici GP24

    Jakarta

    Francesco Bagnaia melepas nomor 1 pada motor Ducati Desmosedici GP24 tunggangannya musim ini. Begini momennya.

    Francesco ‘Pecco’ Bagnaia gagal mempertahankan gelar juara dunianya yang ketiga musim ini. Pecco harus rela menyerahkan gelar juara MotoGP musim 2024 itu ke Jorge Martin yang tampil lebih apik dan konsisten.

    Tak cuma itu, dia juga sudah legowo nomor ‘1’ yang tersemat pada Ducati Desmosedici GP24 harus berpindah tangan dan diboyong Martin ke Aprilia RS-GP. Dalam unggahan di akun Instagramnya, rider binaan akademi VR46 memperlihatkan dirinya melepas stiker nomor 1 pada motornya itu.

    “Saya harap momen ini tidak akan pernah datang, kehilangan itu menyakitkan, tapi Anda harus bisa menerima itu agar bisa berkembang dan lebih baik,” tulis Pecco saat melepaskan nomor 1 dari motornya.

    [Gambas:Instagram]

    “Musim ini sangat berarti bagi saya, baik dari sisi olahraga maupun sebagai manusia. Kami telah melakukan hal-hal yang luar biasa, kami telah membawa MotoGP ke level yang sangat tinggi, kami telah memenangi 11 balapan bersama dan kalah bersama sebagai keluarga besar. Saya bangga dengan tim saya dan mereka akan selalu menjadi nomor 1 bagi saya,” sambungnya lagi.

    Martin memang disebut akan memboyong nomor 1 ke garasi Aprilia. Bisa mendapatkan nomor 1 di motor tentu sebuah prestasi bagi pebalap MotoGP. Nomor 1 hanya bisa digunakan bagi mereka yang meraih juara dunia. Nomor ini juga kerap dianggap ‘keramat’.

    Sebelumnya, manajer tim Ducati Lenovo Davide Tardozzi mengungkap tak masalah bila nomor 1 itu dibawa ke Aprilia. Pasalnya nomor 1 itu didapat saat Martin menunggangi Ducati Desmosedici GP24, bukan saat bersama Aprilia.

    “Sudah jelas kalau Jorge menang, dia kemungkinan akan menggunakan nomor satu. Karena seperti yang dia katakan, itu adalah sesuatu yang belum tentu Anda dapat setiap tahun, jadi sangat penting untuk bisa memilikinya di motor,” ujar Tardozzi.

    “Di buku besar akan tertulis: ‘Jorge Martin, Ducati’. Jadi nomor itu untuk pebalapnya tapi mesinnya tetap Ducati. Jadi buat kami itu bukan masalah, kami akan berusaha mendapatkannya lagi untuk musim 2026,” lanjutnya.

    (dry/din)

  • Martin Juara Gara-gara Ada Sprint Race

    Martin Juara Gara-gara Ada Sprint Race

    Jakarta

    Luca Marini menilai gelar juara dunia 2024 yang diraih Jorge Martin berkat keuntungan dari gelaran sprint race.

    Francesco Bagnaia terlihat superior dengan 11 kemenangan balapan utama sepanjang seri MotoGP 2024. Jumlah kemenangan itu lebih banyak ketimbang Jorge Martin yang cuma menang di tiga seri.

    Namun soal sprint race, Jorge Martin setara dengan Bagnaia. Tercatat dia tujuh kali memenangkan balapan sprint. Sebagai pembanding, Bagnaia juga menang dengan jumlah yang sama.

    Satu hal yang bikin Bagnaia mulai keteteran adalah lebih sering crash. Bagnaia tiga kali terjatuh saat balapan utama seri MotoGP Portugal, Emilia Romagna, dan Aragon. Ditambah lima kali terjatuh saat sprint race. Secara total, murid Valentino Rossi ini terjatuh sebanyak 8 kali sepanjang musim 2024.

    “Sayang sekali Bagnaia karena dia menang banyak. Sebenarnya pada Sprint di Barcelona pada bulan Mei lalu, seandainya dia tidak jatuh, dia bisa memenangkan kejuaraan dunia,” kata Marini dikutip dari GPone, Senin (18/11/2024).

    “Ini adalah waktu yang buruk baginya, karena meski dia berhasil memenangkan 11 grand prix, orang-orang hanya akan mengingat kesuksesan Jorge (Martin),” kata Marini.

    Yang paling pelik bagi Bagnaia adalah terjatuh saat sprint race MotoGP Malaysia. Ini merupakan poin krusial yang harusnya bisa dimaksimalkan. Tapi yang terjadi dia gagal finis saat sprint race, namun berhasil keluar sebagai pemenang MotoGP Malaysia 2024.

    “Jika (Sprint Race) tidak ada, Pecco akan menjadi lebih baik. Mereka yang berhasil memanfaatkan balapan di hari Sabtu bisa banyak membawa poin dan Martin mungkin yang terbaik, sangat kuat dalam kualifikasi dan berhasil melakukannya sejak lap pertama. Sprint race sudah mengubah dan Anda harus beradaptasi,” kata Marini.

    (riar/dry)

  • Thailand Seri Pembuka, Mandalika Kebagian Bulan Oktober

    Thailand Seri Pembuka, Mandalika Kebagian Bulan Oktober

    Jakarta

    Dorna Sports telah merilis kalender balapan untuk tahun 2025. Pada MotoGP 2025, Sirkuit Buriram, Thailand, menjadi seri pembuka. Sementara itu Sirkuit Mandalika Lombok akan menggelar balapan pada bulan Oktober.

    MotoGP 2025 rencananya diselenggarakan sebanyak 22 seri, dengan 1 seri cadangan, yakni seri MotoGP India. MotoGP Thailand yang biasanya menyelenggarakan balapan di akhir tahun, pada 2025 akan menjadi seri pembuka. MotoGP Thailand berlangsung pada 28 Februari hingga 2 Maret.

    MotoGP Thailand jadi seri pembuka MotoGP 2025 Foto: Doc. MotoGP.

    Pada MotoGP 2025, ada dua nama sirkuit yang kembali menggelar MotoGP, yakni Sirkuit Termas de Rio Hondo Argentina dan Sirkuit Brno Ceko. Pada musim 2024, Argentina batal menggelar balapan lantaran faktor krisis ekonomi di negara Amerika Latin tersebut.

    Sementara itu MotoGP Ceko sudah empat tahun absen menggelar balapan. Sirkuit Brno terakhir kali menggelar balap pada tahun 2020. Selanjutnya pada tahun 2021 hingga tahun 2024, sirkuit tersebut ‘libur’ menggelar balapan lantaran mengalami krisis finansial.

    Selain Termas de Rio Hondo dan Brno, Sirkuit Balaton Park di Hungaria juga menjadi tuan rumah baru di MotoGP 2025. Sirkuit Balaton Park pernah menggelar balapan tahun 1990-an dan baru kembali menggelar balapan pada tahun depan. Sirkuit ini pun telah direnovasi untuk memenuhi homologasi FIM dan Dorna.

    Sedangkan MotoGP Mandalika 2025 akan diselenggarakan pada bulan Oktober, bersama dengan MotoGP Australia dan MotoGP Malaysia yang juga diselenggarakan pada bulan ke-10 itu.

    Kalender MotoGP 2025

    1. MotoGP Thailand (Buriram): 28 Februari-2 Maret
    2. MotoGP Argentina (Termas de Rio Hondo): 14 Maret-16 Maret
    3. MotoGP Amerika (COTA): 28 Maret-30 Maret
    4. MotoGP Qatar (Lusail): 11 April-13 April
    5. MotoGP Spanyol (Jerez): 25 April-27 April
    6. MotoGP Prancis (Le Mans): 9 Mei-11 Mei
    7. MotoGP Inggris (Silverstone): 23 Mei-25 Mei
    8. MotoGP Aragon (MotorLand): 6 Juni-8 Juni
    9. MotoGP Italia (Mugello): 20 Juni-22 Juni
    10. MotoGP Belanda (Assen): 27 Juni-29 Juni
    11. MotoGP Jerman (Sachsenring): 11 Juli-13 Juli
    12. MotoGP Ceko (Brno): 18 Juli-20 Juli
    13. MotoGP Austria (Red Bull Ring): 15 Agustus-17 Agustus
    14. MotoGP Hungaria (Balaton Park): 22 Agustus-24 Agustus
    15. MotoGP Catalunya (Barcelona): 5 September-7 September
    16. MotoGP San Marino (Misano): 12 September-14 September
    17. MotoGP Jepang (Motegi): 26 September-28 September
    18. MotoGP Indonesia (Mandalika): 3 Oktober-5 Oktober
    19. MotoGP Australia (Phillip Island): 17 Oktober-19 Oktober
    20. MotoGP Malaysia (Sepang): 24 Oktober-26 Oktober
    21. MotoGP Portugal (Portimao): 7 November-9 November
    22. MotoGP Valencia (Ricardo Tormo): 14 November-16 November

    Cadangan: MotoGP India (Buddh)

    (lua/rgr)

  • Jorge Martin Juara MotoGP, Tim Pabrikan Ducati Menyesal Tak Jadi Rekrut?

    Jorge Martin Juara MotoGP, Tim Pabrikan Ducati Menyesal Tak Jadi Rekrut?

    Jakarta

    Bersama tim satelit Pramac Racing, Jorge Martin membuktikan diri bisa menjuarai balap motor kasta tertinggi, MotoGP. Apakah tim pabrikan Ducati Lenovo menyesal tidak jadi merekrut Martin?

    Tim Ducati Lenovo sejatinya memiliki dua kali kesempatan merekrut Martin, yakni pada 2022 dan 2024. Tapi sayangnya, pada 2022 Ducati Lenovo lebih memilih Bastianini ketimbang Martin. Selanjutnya pada tahun 2024, pabrikan asal Borgo Panigale tersebut menyingkirkan Martin untuk memberi tempat buat Marc Marquez.

    Martin yang kecewa pun akhirnya memilih hengkang ke tim pabrikan, Aprilia Racing. Ya, Martin memang memiliki cita-cita untuk membela tim pabrikan di MotoGP. Saat dia tidak mendapatkan kesempatan itu di Ducati Lenovo, maka Martin tidak ragu-ragu menyeberang ke merek lain, asalkan itu tim pabrikan atau factory team.

    Kini setelah Martin menunjukkan prestasi cemerlang di ujung perjalanan bersama tim satelit Ducati Pramac Racing, apakah bos-bos Ducati menyesali keputusannya yang tak jadi membawa Martin ke tim pabrikan?

    Manajer tim Ducati, Davide Tardozzi, mengatakan, Ducati harus membuat keputusan sulit dengan mengorbankan Martin dan Pramac Racing. Di samping itu, Tardozzi dengan tegas mengatakan bahwa Ducati akan tetap menjadi favorit juara musim depan, meskipun tak ada Martin di paddock mereka.

    “Ducati tahun ini memiliki ‘fabulous four’ karena ada empat pebalap Ducati di posisi pertama, kedua, ketiga, dan keempat di kejuaraan ini,” bilang Tardozzi dalam wawancara dengan Crash.

    “Memang sayangnya, kami terpaksa mengambil beberapa keputusan, membuat beberapa keputusan yang sangat sulit. Dan pada akhirnya kami mengambilnya dan sayangnya Martin dan Enea harus meninggalkan Ducati karena mereka lebih suka motor pabrikan lain,” tambah Tardozzi.

    Kehilangan Martin dan Bastianini, juga tim Pramac Racing yang pindah ke Yamaha musim depan, memang menjadi hal yang memalukan bagi Ducati. Meski begitu, Ducati harus mengambil banyak keputusan. “Kami hanya bisa mendoakan yang terbaik untuk mereka di masa mendatang,” terangnya lagi.

    “Saya pikir Ducati akan tetap kuat tahun depan, dan saya pikir ini adalah sesuatu yang perlu kami buktikan kepada para penggemar, bahwa kami telah mengambil keputusan yang tepat,” ungkap Tardozzi.

    (lua/rgr)

  • Penyesalan Bagnaia, Menang Saja Tidak Cukup…

    Penyesalan Bagnaia, Menang Saja Tidak Cukup…

    Jakarta

    Kegagalan juara dunia MotoGP 2024 membuat Francesco Bagnaia menyimpan sesal. Bagnaia merasa tidak cekatan mengambil keputusan terkait penggunaan perangkat baru Ducati di awal-awal seri.

    “Hal yang paling mengganggu pikiran saya adalah terlalu banyak waktu untuk cari tahu tidak memakai swingarm dan fork baru di awal musim,” kata Bagnaia dikutip dari GPone, Senin (18/11/2024).

    Bagnaia tiga kali terjatuh saat balapan utama seri MotoGP Portugal, Emilia Romagna, dan Aragon. Ditambah lima kali terjatuh saat sprint race. Murid Valentino Rossi ini terjatuh sebanyak 8 kali sepanjang musim 2024.

    Memulai awal 2024 Bagnaia memang terlihat begitu superior, dia keluar sebagai pemenang MotoGP Qatar. Namun Bagnaia gagal finis di Portugal, bahkan seri berikutnya melorot di tempat kelima saat MotoGP Amerika Serikat.

    “Saya bisa menang di Qatar, tetapi di Portimao (Portugal) dan Jerez saya tidak secepat biasanya, di Austin juga begitu,” tambahnya lagi.

    Hanya saja Jorge Martin lebih jarang crash ketimbang Bagnaia. Totalnya Martin cuma crash tiga kali, di antaranya dua saat balapan utama di Jerman dan Spanyol, plus satu kali saat sprint race di MotoGP Italia.

    “Jorge lebih konsisten,” kata Bagnaia.

    Sebelas kemenangan balapan utama diraih Francesco Bagnaia sepanjang seri MotoGP 2024. Lebih banyak ketimbang Jorge Martin yang cuma menang di tiga seri.

    Namun soal sprint race, Jorge Martin setara dengan Bagnaia. Tercatat dia tujuh kali memenangkan balapan sprint. Sebagai pembanding, Bagnaia juga menang dengan jumlah yang sama.

    Yang paling pelik bagi Bagnaia adalah terjatuh saat sprint race MotoGP Malaysia. Ini merupakan poin krusial yang sejatinya tidak bisa disia-siakan. Dia gagal finis saat sprint race, namun berhasil keluar sebagai pemenang MotoGP Malaysia 2024.

    “Yang paling sulit diterima adalah saat sprint race Malaysia, saya tidak melakukan kesalahan apa pun,” jelas Bagnaia.

    Kini Bagnaia harus berlapang dada, pasalnya Jorge Martin keluar sebagai juara dunia dengan unggul 10 poin darinya.

    “Saya anggap ini bukan kekalahan, karena saya orang yang mau belajar dari kesalahan, dan saya tahu saya kehilangan gelar ini karena kesalahan sendiri. Bahkan Marquez menang dua gelar MotoGP, setelahnya kalah pada 2015, lalu menang empat lagi berturut-turut,” jelas Bagnaia.

    Hasil Bagnaia MotoGP 2024:

    MotoGP Qatar
    Main Race: P1
    Sprint Race: P4

    MotoGP Portugal
    Main Race: Not Finished
    Sprint Race: P4

    MotoGP Amerika Serikat
    Main Race: P5
    Sprint Race: P8

    MotoGP Spanyol
    Main Race: P1
    Sprint Race: Not Finished

    MotoGP Prancis
    Main Race: P3
    Sprint Race: Not Finished

    MotoGP Catalunya
    Main Race: P1
    Sprint Race: Not Finished

    MotoGP Italia
    Main Race: P1
    Sprint Race: P1

    MotoGP Belanda
    Main Race: P1
    Sprint Race: P1

    MotoGP Jerman
    Main Race: P1
    Sprint Race: P3

    MotoGP Inggris
    Main Race: P3
    Sprint Race: Not Finished

    MotoGP Austria
    Main Race: P1
    Sprint Race: P1

    MotoGP Aragon
    Main Race: Not Finished
    Sprint Race: P9

    MotoGP San Marino
    Main Race: P2
    Sprint Race: P2

    MotoGP Emilia Romagna
    Main Race: Not Finished
    Sprint Race: P1

    MotoGP Indonesia
    Main Race: P3
    Sprint Race: P1

    MotoGP Jepang
    Main Race: P1
    Sprint Race: P1

    MotoGP Australia
    Main Race: P3
    Sprint Race: P4

    MotoGP Thailand
    Main Race: P1
    Sprint Race: P3

    MotoGP Malaysia
    Main Race: P1
    Sprint Race: Not Finished

    MotoGP Barcelona
    Main Race: P1
    Sprint Race: P1

    (riar/rgr)

  • Momen Marquez Diarak Tim Gresini ke Garasi Ducati, Duduk di Kursi Bastianini

    Momen Marquez Diarak Tim Gresini ke Garasi Ducati, Duduk di Kursi Bastianini

    Jakarta

    Kru tim Gresini Racing kompak mengarak Marc Marquez ke garasi Ducati Lenovo. Marquez kemudian didudukkan di kursi Enea Bastianini. Begini momennya.

    Marc Marquez memberikan kado manis perpisahannya dengan tim Gresini Racing. Mantan rider Repsol Honda itu sukses finis kedua di balapan utama. Atas hasil itu, Marquez menggusur Enea Bastianini dari posisi runner-up kedua klasemen. Dia menjadi runner-up kedua tepat di bawah Jorge Martin dan Francesco Bagnaia.

    “Cara terbaik untuk mengucap perpisahan ke tim Gresini dan mengucap terima kasih untuk mereka semua atas usahanya dan telah menghasilkan podium di posisi kedua, dan bonusnya berakhir di posisi tiga besar,” ujar Marquez dilansir Motosan.

    Bagi Marquez, tim Gresini memiliki peran besar dalam perkembangan karirnya. Terlebih setelah dirinya terpuruk bersama Repsol Honda dan nyaris memutuskan pensiun. Setelah pindah ke Gresini, Marquez seolah menemukan kepercayaan dirinya lagi. Rider kelahiran Cervera itu bisa bersaing dengan pebalap terdepan meski hanya mengendarai motor yang usianya setahun lebih tua. Marquez juga bisa merasakan kemenangan lagi.

    “Pertama, sudah memberikan saya kesempatan karena di olahraga itu kita hidup di masa ini bukan masa lalu dan mereka memberikan saya kesempatan untuk bisa mengetahui kemampuan dengan motor satelit Ducati. Kedua, timnya sangat humanis, kekeluargaan, dan memberikan apa pun yang saya butuhkan, apa pun hasilnya, cara terbaik untuk berterima kasih ke mereka adalah memberikan 100 persen di lintasan dan podium ini, serta posisi ketiga di dunia,” lanjutnya lagi.

    Hubungan Marquez dengan Gresini Racing pun terjalin dengan sangat baik. Sekalipun musim depan pindah ke tim pabrikan Ducati, rasa kekeluargaan itu tetap ada. Bahkan ada momen menarik usai seri pamungkas MotoGP Barcelona berakhir.

    Tim Gresini Racing kompak membopong Marquez ke garasi Ducati Lenovo, tepatnya ke tempat Enea Bastianini usai melakukan selebrasi. Dalam video terlihat, Marquez diarak ke garasi Ducati merah dan langsung ditempatkan ke kursi Enea Bastianini. Semua tim bersorak dan bertepuk tangan di garasi Bastianini itu.

    [Gambas:Twitter]

    (dry/rgr)

  • Pramac Racing Jadi Tim Balap Independen Pertama yang Juarai MotoGP

    Pramac Racing Jadi Tim Balap Independen Pertama yang Juarai MotoGP

    Jakarta

    Pebalap Pramac Racing Jorge Martin berhasil menjuarai MotoGP 2024. Istimewanya lagi, Pramac Racing dan Jorge Martin menjadi tim dan pebalap independen pertama yang menjuarai MotoGP di era modern.

    Martin mengunci gelar juara MotoGP 2024 dengan raihan 508 poin atau unggul 10 poin dari Francesco Bagnaia yang jadi runner-up. Martin finis posisi ketiga pada seri penutup MotoGP 2024 yang berlangsung di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Minggu (17/11) malam WIB.

    Jorge Martin Foto: REUTERS/Hasnoor Hussain

    Hasil yang ditorehkan Pramac Racing dan Martin menjadi penutup kisah manis mereka dengan prinsipal Ducati. Diketahui pada MotoGP 2025, Pramac beralih merek ke Yamaha. Sedangkan Martin akan membela tim pabrikan Aprilia Racing.

    Capaian tersebut juga menjadi torehan prestasi gemilang bagi Pramac Racing selaku tim independen. Tim balap yang dimiliki Paolo Campinotti memang sudah lama berambisi menjadi juara MotoGP. Bermodal motor Ducati Desmosedici spek pabrikan dan pebalap bertalenta seperti Jorge Martin, target Campinotti terasa tidak berlebihan.

    “Mereka (tim pabrikan Ducati) memberikan saya ‘hadiah’ dengan memilih Enea Bastianini (sebagai pebalap pabrikan). Karena menurut saya, Martin adalah salah satu pebalap terkuat di grid, dia sangat kuat,” kata Campinotti pada akhir 2022 lalu.

    “Impian saya adalah memenangkan kejuaraan dunia dengan tim independen, itu akan fantastis,” tambahnya lagi. Kini impian Campinotti dan Pramac Racing pun bisa terwujud. Mereka dan Martin berhasil menjuarai MotoGP di ujung perjalanan mereka bersama Ducati.

    Pramac Racing dan Jorge Martin pun ditahbiskan sebagai tim independen dan pebalap independen pertama yang meraih gelar juara dunia, sejak format MotoGP diperkenalkan pertama kali pada tahun 2002.

    (lua/rgr)

  • Jorge Martin Juara Dunia MotoGP 2024

    Jorge Martin Juara Dunia MotoGP 2024

    Jorge Martin Juara Dunia MotoGP 2024 – jabarekspres.com

    /

    Lewati ke kontenPebalap Prima Pramac Racing Jorge Martin menjadi juara dunia MotoGP 2024. Sementara itu, Francesco Bagnaia memenangi seri penutup balapan musim ini di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Minggu (17/11).

  • Pindah Tim Usai Juara MotoGP, Jorge Martin Ikuti Jejak Valentino Rossi

    Pindah Tim Usai Juara MotoGP, Jorge Martin Ikuti Jejak Valentino Rossi

    Jakarta

    Jorge Martin sukses menjuarai MotoGP 2024 setelah mengumpulkan 508 poin dari 20 seri yang digelar sepanjang tahun ini. Prestasi tersebut menjadi kado perpisahan manis buat Martin yang bakal pindah ke Aprilia musim depan. Kepindahan Martin ke Aprilia juga membuatnya mengikuti jejak sang legenda balap, Valentino Rossi.

    Ya, Martin menjadi pebalap pertama yang pindah pabrikan setelah menjuarai MotoGP, sejak hal serupa dilakukan oleh Valentino Rossi pada akhir 2003 lalu. Di tahun tersebut, Rossi yang baru saja menjuarai MotoGP bersama Repsol Honda membuat keputusan mengejutkan dengan pindah ke tim rival, Gauloises Fortuna Yamaha, pada tahun 2004.

    Jorge Martin juara MotoGP 2024. (AP Photo/Joan Monfort) Foto: AP/Joan Monfort

    Situasi mereka berdua juga agak mirip-mirip, saat itu Rossi pindah dari tim kuat Honda, ke tim ‘lemah’ Yamaha yang terakhir kali menjuarai MotoGP pada tahun 1992. Martin pun akan pindah dari tim kuat Pramac Racing yang diperkuat motor Ducati, ke tim biasa-biasa saja Aprilia yang bahkan belum pernah menjuarai MotoGP sama sekali.

    Sebenarnya motor Aprilia RS GP yang digunakan di MotoGP tidak jelek-jelek amat. Motor ini terbukti mampu bersaing bersama Ducati dan KTM untuk memperebutkan podium. Motor itu juga pernah mengantarkan Aleix Espargaro dan Maverick Vinales menjadi pemenang balap MotoGP.

    Puncaknya pada tahun 2022, Aleix Espargaro berhasil mengantarkan Aprilia Racing duduk di peringkat keempat klasemen akhir MotoGP 2022. Tapi memang setelah itu, Aprilia cenderung mengalami penurunan performa.

    Valentino Rossi Foto: MotoGP.com

    Aprilia sendiri sejatinya bukan pilihan utama Martin. Aprilia hanya dijadikan ‘pelarian’ pebalap Spanyol tersebut, lantaran dirinya tidak jadi direkrut tim pabrikan Ducati Lenovo. Ducati Lenovo lebih memilih Marc Marquez. Martin yang kecewa pun langsung memutuskan pindah ke tim pabrikan Aprilia Racing.

    “Usai balapan (di Italia) saya melihat situasi yang semakin rumit dan akhirnya saya memutuskan untuk pindah sendiri. Pada akhirnya menjadi seperti ini (saya pindah ke tim Aprilia). Saya sangat senang dan yakin dengan keputusan saya,” kata Martin dikutip dari Motosan. Martin pun yakin Aprilia Racing adalah tim yang bagus dan selalu memberi 100% kepada para pebalapnya.

    (lua/din)

  • Bagnaia Menang, Martin Juara Dunia 2024!

    Bagnaia Menang, Martin Juara Dunia 2024!

    Jakarta

    Hasil MotoGP Barcelona 2024 bisa Anda simak di sini. Francesco Bagnaia keluar sebagai pemenangnya, diikuti Marc Marquez di posisi kedua, dan Jorge Martin di urutan ketiga. Finis ketiga sudah lebih dari cukup buat mengantarkan Martin meraih gelar juara dunia MotoGP 2024 dengan 508 poin atau unggul 10 poin dari Bagnaia.

    Seri pamungkas MotoGP2024 tersaji di Sirkuit Catalunya, Barcelona, pada hari Minggu (17/11/2024). Balapan utama diselenggarakan sebanyak 24 lap dan berlangsung dalam kondisi cuaca yang cerah.

    Jorge Martin juara MotoGP 2024 Foto: AP/Joan Monfort

    Francesco Bagnaia, Jorge Martin, dan Marc Marquez langsung tancap gas pimpin barisan terdepan. Pada lap kedua tikungan pertama, Marquez berhasil menyalip Martin untuk posisi kedua.

    Pertarungan sengit terjadi antara Aleix Espargaro dan Enea Bastianini. Dari lap ketiga hingga lap kelima mereka saling bergantian menyalip memperebutkan posisi keempat. Espargaro berhasil memenangi duel tersebut.

    Sementara Bastianini mulai kesulitan dan pada akhirnya melebar di lap kedelapan, sehingga posisi kelima dengan mudah direbut Alex Marquez. Pada lap ketujuh, Joan Mir mengalami crash.

    Francesco Bagnaia juarai MotoGP Barcelona 2024 Foto: REUTERS/Hasnoor Hussain

    Sejak lap kedua, Marquez terus ‘meneror’ Bagnaia. Pada lap kelima, jarak Marquez dan Bagnaia semakin dekat, tapi Bagnaia mampu bertahan dengan sangat baik dari serangan The Baby Alien. Diketahui Bagnaia dan Marquez sama-sama menggunakan pilihan ban hard dan soft, sementara Martin pakai setingan ban hard dan medium.

    Pada lap ke-22 hingga ke-23 terjadi pertarungan sengit antara Alex dan Espargaro untuk memperebutkan tempat keempat. Akhirnya duel ini pun dimenangkan oleh Alex.

    Meski terus diteror Marquez, Bagnaia akhirnya berhasil finis di posisi pertama, diikuti Marquez, dan Martin. Hasil tersebut membuat Martin menjuarai MotoGP 2024 dengan keunggulan 10 poin. Martin dan timnya Pramac Racing juga berhasil memecahkan rekor sebagai tim independen pertama yang memenangi kejuaran dunia di era MotoGP.

    Hasil MotoGP Barcelona 2024

    1. Francesco Bagnaia ITA Ducati Lenovo (GP24)
    2. Marc Marquez SPA Gresini Ducati (GP23)
    3. Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP24)
    4. Alex Marquez SPA Gresini Ducati (GP23)
    5. Aleix Espargaro SPA Aprilia Factory (RS-GP24)
    6. Enea Bastianini ITA Ducati Lenovo (GP24)
    7. Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)
    8. Franco Morbidelli ITA Pramac Ducati (GP24)
    9. Pedro Acosta SPA Red Bull GASGAS Tech3 (RC16)
    10. Marco Bezzecchi ITA VR46 Ducati (GP23)
    11. Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1)
    12. Miguel Oliveira POR Trackhouse Aprilia (RS-GP24)
    13. Jack Miller AUS Red Bull KTM (RC16)
    14. Johann Zarco FRA LCR Honda (RC213V)
    15. Maverick Viñales SPA Aprilia Factory (RS-GP24)
    16. Luca Marini ITA Repsol Honda (RC213V)
    17. Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)
    18. Raul Fernandez SPA Trackhouse Aprilia (RS-GP24)
    19. Augusto Fernandez SPA Red Bull GASGAS Tech3 (RC16)
    20. Alex Rins SPA Monster Yamaha (YZR-M1)
    21. Michele Pirro ITA VR46 Ducati (GP23)
    22. Stefan Bradl GER HRC Test Team (RC213V)

    (lua/riar)