Event: MotoGP

  • Penampakan Motor Yamaha Pakai Mesin V4 buat Lawan Ducati Cs?

    Penampakan Motor Yamaha Pakai Mesin V4 buat Lawan Ducati Cs?

    Jakarta

    Bukan rahasia lagi jika Yamaha sedang mengembangkan mesin V4 untuk tarung di ajang MotoGP. Namun pabrikan masih menyimpan informasi terkait pengujian motor tersebut di sirkuit.

    Pergantian mesin Yamaha dari inline4 ke V4 sejalan dengan adanya regulasi baru pada tahun 2027 mendatang. Dengan adanya sisa waktu dua musim, Yamaha memiliki cukup kesempatan buat mengembangkan mesin V4 baru.

    Selepas Suzuki cabut dari MotoGP, cuma Yamaha yang menggunakan mesin empat silinder segaris. Para rivalnya yang kini berada di urutan terdepan sudah menggunakan mesin V4.

    Upaya beralih ke mesin V4 tidak semudah menyeduh mie instan. Buktinya Honda juga pakai mesin V4 tapi tertinggal dari Ducati, bahkan kesulitan untuk bersaing dengan KTM dan Aprilia.

    Direktur teknis Yamaha, Max Bartolini, telah mengonfirmasi bahwa pabrikan secara resmi telah memulai pengujian mesin MotoGP bertenaga V4.

    Namun, Bartolini kembali menekankan bahwa peralihan dari mesin Inline4 saat ini hanya akan terjadi jika paket V4 memberikan keunggulan performa yang jelas.

    “Motor tahun depan akan menggunakan mesin V4 jika mesinnya lebih cepat daripada motor [Inline] yang sekarang,” kata Bartolini dalam wawancara video dengan MotoGP.com.

    Augusto Fernández tested the Yamaha M1 today at Valencia, if the rumours are true, a V4 was tested 👀 #MotoGP pic.twitter.com/KCKDBs1NhN

    — Everything Moto Racing (@everythingmrace) April 16, 2025

    Bartolini tidak mengonfirmasi apakah uji coba privat di Cheste, Valencia minggu ini – yang melibatkan Cal Crutchlow dan Augusto Fernandez – memakai mesin V4 baru, ia menegaskan bahwa pengembangannya masih dalam tahap awal. Baru-baru ini videonya menyebar di media sosial.

    Yamaha esta probando el esperado motor V4 en Cheste. Este es el sonido de la futura M1. #Motogp pic.twitter.com/P6KV4IEuKA

    — Paddock gp (@Paddockgp1) April 15, 2025

    “Kami telah mulai menguji mesin V4,” kata Bartolini.

    “Kemudian pengujian bersama pebalap resmi tergantung pada bagaimana perkembangan berjalan. Jika motor sudah siap, maka secepat mungkin.”

    “Mengembangkan mesin dan motor membutuhkan waktu. Saat ini kami masih dalam tahap awal pengembangan,” kata dia.

    “Saat ini, kami masih belum memiliki kemungkinan untuk membandingkan performanya secara akurat,” ungkapnya lagi.

    (riar/mhg)

  • GT World Challenge Asia Siap Digelar, InJourney Bidik Investor

    GT World Challenge Asia Siap Digelar, InJourney Bidik Investor

    Jakarta, CNBC Indonesia – Pertamina Mandalika International Circuit siap menggelar GT World Challenge Asia secara perdana. Ajang ini akan diselenggarakan pada 9-11 Mei 2025 mendatang.

    Terkait hal tersebut, Direktur Utama PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney, Maya Watono pun melakukan pengecekan langsung kesiapan sirkuit untuk menyambut GT World Challenge Asia pada 16 April 2024.

    Maya Watono melakukan pengecekan langsung dan didampingi Direktur Commercial ITDC Troy Warokka, Direktur Operasional ITDC Wenda R Nabiel, dan Direktur Utama MGPA Priandhi Satria.

    Pengecekan dilakukan untuk melihat hasil pembongkaran run off, hasil pengecatan ulang, hingga penambahan gravel. InJourney merasa bangga karena perbaikan Sirkuit Mandalika yang akan digunakan untuk kejuaraan kelas dunia ini dikerjakan 100% oleh pekerja lokal dari Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

    “InJourney sangat bangga karena perbaikan dan improvement yang dilakukan di Sirkuit Mandalika sepenuhnya dilakukan oleh pekerja lokal Lombok. Jadi 100 persen pekerja lokal Lombok yang melakukan improvement. Penyerapan tenaga kerja lokal ini tentunya akan memberikan dampak yang luas pada perekonomian daerah,” ujar Maya Watono dalam keterangan tertulis, Jumat (18/5/2025).

    Proses improvement kali ini adalah melakukan modifikasi run off Sirkuit Mandalika untuk homologasi grade 3 FIA, sehingga siap digunakan untuk ajang balapan roda empat. Sirkuit Mandalika sebelumnya terkenal dengan roda 2 dan sudah digunakan untuk ajang balap MotoGP hingga 3 kali.

    “Kita melakukan perbaikan dan improvement di dalam sirkuit dan juga homologasi, sehingga ini pertama kalinya sirkuit kita di-approve oleh dua federasi yakni FIA dan FIM,” tutur dia.

    Selain itu, penyelenggaraan GT World Challenge Asia di Mandalika akan menjadi pencapaian yang luar biasa bagi Indonesia karena akan membuka jalan bagi balapan-balapan roda empat lainnya ke Indonesia.

    InJourney sebagai holding BUMN sektor aviasi dan pariwisata terus mendorong penyelenggaraan event di berbagai destinasi pariwisata yang dikelolanya. Penyelenggaraan event telah terbukti mampu menjadi pengungkit bagi sektor pariwisata, yang pada akhirnya akan memberikan dampak yang luas pada perekonomian daerah. Termasuk event-event di kawasan Mandalika, yang diharapkan mampu menjadi katalis untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di Pulau Lombok khususnya Lombok Tengah.

    “Dengan semua pencapaian sejauh ini, kami berharap semakin banyak investor yang datang ke Pulau Lombok, sehingga akan mendorong perekonomian daerah. Minggu depan sudah ada investor yang akan menandatangani MoU untuk berinvestasi di Mandalika. Kami berharap ke depan akan semakin banyak investor yang menanamkan investasinya karena melihat besarnya potensi di Pulau Lombok,” ungkap Maya Watono.

    Lebih lanjut, Maya menjelaskan, peranan dari ITDC dan MGPA sebagai bagian dari InJourney adalah sebagai agent of development yang memiliki KPI yang tak bisa terukur melalui profitabilitas perusahaan.

    “Parameter yang kami terapkan di masing-masing anak perusahaan InJourney Group harus memberikan yang terbaik untuk masyarakat, karena kita tahu bahwa dari sisi pariwisata maupun investasi, multiplier effect yang dihasilkan untuk masyarakat luar biasa. Hal ini yang kita harapkan dari adanya gelaran ajang-ajang seperti ajang balap di sirkuit Mandalika. Jadi bukan semata-mata profitabilitas perusahaan, namun lebih dari itu, economic impactnya harus dirasakan langsung untuk masyarakat,” pungkasnya.

    Sebagai informasi, GT World Challenge Asia yang untuk pertama kalinya diselenggarakan di Pertamina Mandalika International Circuit ini merupakan kelanjutan dari seri yang diselenggarakan di Sepang Malaysia. GT World Challenge Asia akan menghadirkan hingga 60 pebalap dengan 22 tim balap dan 33 kendaraan balap.

    Seluruh logistik dan perlengkapan tim-tim peserta sebanyak 49 kontainer telah diberangkatkan dari Sirkuit Internasional Sepang Malaysia, menuju Mandalika, Indonesia untuk dipakai pada ajang balap GT World Challenge Asia 2025 di Sirkuit Mandalika. Kehadiran GT World Challenge Asia akan semakin mengukuhkan kawasan Mandalika sebagai sport and entertainment tourism di Indonesia.

    (dpu/dpu)

  • Jorge Martin Cedera Parah, Aprilia Ungkap Kondisi Terbarunya

    Jorge Martin Cedera Parah, Aprilia Ungkap Kondisi Terbarunya

    Jakarta

    Jorge Martin sedang mengalami masa sulit dalam kariernya. Usai pindah ke Aprilia, Martin dibayangi cedera parah.

    Martin sejatinya belum fit betul dari cedera patah tangan dan pergelangan kaki yang membuatnya absen tiga seri awal MotoGP 2025. Ya, cedera di pramusim membuat juara dunia MotoGP 2024 itu melewatkan balapan di Thailand. Martinator kembali mentas di MotoGP Qatar, nahasnya dia terjatuh.

    Di Sirkuit Internasional Losail, Martin mengalami kecelakaan hebat pada lap ke-14, tepat di tikungan 12. Insiden itu terjadi dalam kecepatan tinggi, di mana Martin kehilangan kendali (low side) dan nyaris terlindas oleh motor milik Fabio Di Giannantonio. Ia terlempar dari motornya dan tergelincir jauh di lintasan. Yellow flag langsung dikibarkan. Martin tampak kesulitan untuk berdiri setelah kecelakaan tersebut.

    Aprilia memberi kabar terbaru kondisi Jorge Martin. Kini Martinator mengalami penyembuhan secara perlahan, kondisinya masih stabil. Tim medis akan melakukan prosedur drainase paru. Martin disebut mengalami trauma pleuropulmoner.

    Tim medis MotoGP yang dipimpin oleh Dr. Angel Charte melakukan pemeriksaan mendalam. Hasilnya menunjukkan kondisi yang mengkhawatirkan: Martin menderita trauma dada dan cedera paru-paru, termasuk adanya gelembung udara (pneumotoraks) dan darah di rongga dada (hemotoraks)-kombinasi keduanya dikenal sebagai hemopneumotoraks. Lebih lanjut, ditemukan 11 tulang rusuk yang patah serta cedera serius pada organ dalamnya.

    Saat ini, Martin berada dalam pengawasan medis ketat. Ia sedang menjalani aspirasi mekanis, sebuah prosedur medis untuk membantu paru-paru kembali mengembang secara stabil. Selain itu, prosedur drainase dada juga dilakukan guna mengeluarkan udara dan cairan dari rongga pleura.

    Patah tulang rusuk yang dialami Martin juga menyebabkan rasa sakit hebat. Cedera ini juga membatasi aktivitas fisik martin.

    “Drainase dada untuk hemopneumotoraksnya berkembang dengan baik. Rasa sakitnya terkendali, meskipun tulang rusuknya patah. Untuk saat ini, dia harus melanjutkan proses drainase paru sampai 90% terselesaikan. Setelah itu, akan memakan waktu beberapa hari sebelum dia dapat dipindahkan dengan pesawat medis ke rumah sakit kami. Dia juga dalam suasana hati yang ceria dan kuat. Kita harus memberinya waktu sampai proses klinis selesai, sehingga dia dapat dipindahkan,” kata Angel Charte, Direktur Medis MotoGP dalam keterangannya dikutip Jumat (18/4/2025).

    Martin akan menjalani terapi manajemen nyeri, fisioterapi pernapasan, dan pemantauan kardiovaskular berkelanjutan.

    “Terima kasih dari lubuk hati saya yang terdalam kepada semua orang yang telah mendukung saya. Ini adalah hari-hari yang sulit, tapi sekarang saya mulai bisa bergerak sedikit lebih banyak dan merasa lebih baik, meskipun rasa sakitnya masih terasa. Saya ingin berterima kasih kepada Aprilia, para penggemar dan semua orang yang telah membantu saya. Saya akan terus berjuang untuk menjadi salah satu yang terkuat yang pernah ada,” kata Martin.

    Lorenzo Savadori akan menggantikan Jorge Martin untuk Grand Prix mendatang di Jerez de la Frontera.

    (riar/mhg)

  • Trackday Mandalika Digelar Bulan Depan, Siapin Biaya Segini Kalau Mau Ikutan

    Trackday Mandalika Digelar Bulan Depan, Siapin Biaya Segini Kalau Mau Ikutan

    Jakarta

    Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, tak hanya dibuat untuk kegiatan balap profesional. Sirkuit ini juga terbuka untuk masyarakat umum atau komunitas motor maupun mobil. Bagi Anda yang tertarik mencicipi aspal Mandalika bisa mengikuti kegiatan trackday.

    Bulan depan Sirkuit Mandalika akan menyelenggarakan ajang trackday yang digagas oleh RC Motogarage berkolaborasi dengan One3 Motoshop. Ini menjadi kesempatan untuk para motorcycle enthusiast menjajal langsung sirkuit MotoGP terindah di dunia tersebut.

    Kegiatan bertajuk RC Motogarage x One3 Motoshop Mandalika Trackday Experience ini rencananya diselenggarakan pada 15-18 Mei 2025 mendatang. Nah, bagi yang berminat mengikuti kegiatan ini, calon peserta diwajibkan membayar Rp 17.500.000 untuk perjalanan 4 hari trip dan 2 hari trackday.

    Adapun biaya trackday tersebut sudah mencakup biaya hotel 4 hari 3 malam, tiket pesawat PP (pergi-pulang), transportasi di Lombok, towing motor PP (pergi-pulang) Jakarta – Lombok, konsumsi selama trip, trackday Mandalika selama 2 hari (16 – 17 Mei), dokumentasi event (foto dan video), hingga merchandise (t-shirt event + handuk).

    Selain itu peserta akan mendapatkan coaching clinic langsung oleh pebalap profesional Doni Tata. Tak cukup itu saja Ducati juga menghadirkan program test ride, menyediakan model-model Scrambler, Desert X, Panigale V4 2025, dan Monster. Ada juga dukungan Ducati technical assistance, Michelin Technical Assistance, dan Motul Service Pit.

    CEO One3 Motoshop Benny Saputra mengatakan, target trackday ini mencapai 60 peserta. Peserta dibolehkan memakai motor kapasitas 250 cc ke atas dengan kategori sport, naked, ataupun adventure. Perlengkapan balap dari peserta sendiri.

    “Ini juga salah satu cara kami sebagai pelaku usaha di dunia otomotif, untuk menggerakan roda ekonomi industri roda dua, dan acara ini juga akan membangun ekonomi dan pariwisata lokal lombok,” ungkap Benny.

    (lua/dry)

  • Kata Marc Marquez Balapan Pakai Sayap Copot Usai Ditabrak Alex

    Kata Marc Marquez Balapan Pakai Sayap Copot Usai Ditabrak Alex

    Jakarta

    Marc Marquez mengalami insiden dengan adiknya, Alex Marquez. Imbas tabrakan itu sayap motor belakang Marc copot. Meski begitu, The Baby Alien bisa lanjut balapan dan memenangkan seri MotoGP Qatar 2025.

    Marc yang start dari posisi depan sempat lepas dari posisi pertama lantaran disalip Franco Morbidelli. Tepat selepas tikungan pertama, motor Marc ditabrak Alex, walhasil ada komponen belakang motor yang lepas.

    Meski bagian buntut motor yang berfungsi sebagai perangkat aerodinamika dengan bentuk seperti sayap itu hilang, Marquez tetap tampil kompetitif. Dia masih bisa bertarung dengan Maverick Vinales hingga Franco Morbidelli.

    Marquez mengatakan hilangnya rear wing itu tidak menggangu stabilitas motor. Dia masih bisa mengatur motor sesuai keinginannya.

    “Meskipun sayapnya hilang, saya tidak merasakan adanya perubahan perilaku pada motor saya,” kata Marquez dalam keterangan resminya dikutip Senin (14/4/2025).

    Marc mengatakan senggolan yang terjadi selepas start bisa saja membahayakan keduanya. Namun kali ini Marc mengakui kesalahannya.

    “Bersenggolan di tikungan pertama dengan Alex lebih merupakan kesalahan saya daripada dia,” ucap Marquez.

    Dengan kemenangan Marquez ini, Ducati menguasai Sirkuit Lusail usai memenangi enam dari tujuh balapan terakhir di sana, termasuk tiga edisi terakhir melalui Enea Bastianini (2022), Di Giannantonio (2023), dan Bagnaia (2024).

    Hasil ini mengukuhkan posisi Marc di puncak klasemen MotoGP 2025 dengan 123 poin, unggul 17 angka dari Alex di urutan kedua. Alex sendiri harus puas finis keenam karena senggolan dan mendapat hukuman penalti.

    Márquez kini memimpin klasemen kejuaraan dengan 123 poin, dengan Bagnaia berada di urutan ketiga dan tertinggal 26 poin. Ducati Lenovo Team masih berada di puncak klasemen tim (220 poin), dengan Ducati memimpin klasemen pabrikan (148 poin).

    “Marc memiliki kemampuan balapan yang sangat cerdas: dia sedikit mengatur situasi dan ketika saatnya tiba untuk mulai menekan, dia mencatatkan dua waktu putaran tercepat secara berurutan, dengan cara yang cukup bersih, jadi saya yakin dia menunjukkan bahwa dia sedikit lebih kuat,” kata Luigi Dall’Igna, Ducati Corse General Manager.

    (riar/din)

  • Apesnya Martin, Baru Sembuh Langsung Crash dan Cedera Lagi di MotoGP Qatar

    Apesnya Martin, Baru Sembuh Langsung Crash dan Cedera Lagi di MotoGP Qatar

    Jakarta

    Nasib apes menimpa pebalap Aprilia Jorge Martin. Baru pulih dari cedera dan bisa kembali ke lintasan MotoGP, Martin harus mengalami crash di seri perdananya musim ini di MotoGP Qatar. Gara-gara kecelakaan itu, juara MotoGP 2024 tersebut mengalami trauma dada dan menderita cedera enam patah tulang.

    MotoGP Qatar yang digelar di Sirkuit Lusail akhir pekan lalu seharusnya menjadi titik balik seorang Martin. Ya, pada seri itu menandai kembalinya Martin ke sirkuit balap usai dirinya absen pada tiga seri MotoGP 2025 yang sudah digelar (Thailand, Argentina, Amerika).

    Pada awal musim Martin mengalami menderita patah tulang dan cedera pada pergelangan tangan kirinya saat menjalani sesi latihan pada MotoGP Thailand. Gara-gara itu dia harus naik meja operasi dan menjalani pemulihan yang mengakibatkan harus absen pada tiga seri awal MotoGP musim ini.

    Jorge Martin di MotoGP Qatar 2025 Foto: dok. Aprilia

    Seiring berjalan waktu, cedera Martin mulai pulih dan timnya memberikan kesempatan kepada dirinya untuk turun di seri keempat yang berlangsung di Qatar. Adaptasi Martin sekembalinya dari cedera berjalan cukup baik. Martin berhasil menempati posisi ke-14 di sesi kualifikasi, tepat di bawah rekan setimnya, Marco Bezzecchi.

    Di sesi sprint race, Martin juga menampilkan performa impresif. Dia sempat berada di sekitar posisi 10 besar, tapi kemudian harus tercecer dan finis di urutan ke-16. Pebalap asal Spanyol itu pun mendapatkan 1 poin. Poin pertamanya musim ini.

    Petaka terjadi pada balap utama hari Minggu. Dikutip dari Crash, Martin terjatuh saat melewati tikungan cepat di tikungan 12 di tikungan kanan pada lap ke-14. Gara-gara itu, Martin disebut mengalami trauma dada dan harus dibawa ke rumah sakit.

    “Jorge Martin mengalami trauma dada, sang pebalap dalam keadaan sadar tanpa masalah dengan anggota tubuhnya. Dia mengalami memar tulang rusuk pada toraks kanan dengan pneumotoraks. Dia akan dibawa ke rumah sakit untuk menjalani CT (scan) guna penyelidikan lebih mendalam,” tulis pernyataan Aprilia.

    Kabar terbaru dari Aprilia menyatakan Martin akan tetap berada di rumah sakit di Doha, Qatar, selama beberapa hari untuk perawatan paru-parunya yang mengalami kolaps.

    “Martin menjalani pemindaian CT yang menunjukkan peningkatan pneumotoraks, sehingga perlu dilakukan pemasangan drainase pada aspirasi. Pebalap tersebut harus tetap menjalani observasi selama beberapa hari di rumah sakit hingga pneumotoraksnya pulih,” sambung pernyataan Aprilia.

    Tim kemudian mengonfirmasi bahwa Martin juga didiagnosis dengan enam patah tulang rusuk. “Pemeriksaan akhir juga menunjukkan adanya enam patah tulang lengkung kosta posterior kanan, dari satu hingga enam,” tukasnya.

    (lua/dry)

  • Nyeseknya Vinales! Finis ke-2, Kena Penalti Jadi Turun Posisi ke-14 MotoGP Qatar

    Nyeseknya Vinales! Finis ke-2, Kena Penalti Jadi Turun Posisi ke-14 MotoGP Qatar

    Jakarta

    Maverick Vinales dan tim Tech3 KTM dibuat kecewa usai diganjar penalti 16 detik. Vinales yang finis di posisi ke-2 itu harus rela turun 12 posisi.

    Maverick Vinales bikin kejutan di MotoGP Qatar 2025. Dia beberapa kali mendominasi baris depan dan bertarung dengan Marc Marquez, Franco Morbidelli, serta Francesco Bagnaia. Hingga bendera finis dikibarkan, Vinales pun berhasil menuntaskan balapan di posisi kedua, tepat di belakang Marquez dan di depan Bagnaia.

    Di sesi konferensi pers usai balapan, Vinales menyebut dirinya cukup percaya diri meski sempat kesulitan bertarung dengan dua rider Ducati merah itu.

    “Kami percaya terhadap proses, kami juga percaya dengan proyek ini, kami juga percaya dengan KTM dan kami melakukan pekerjaan yang baik meski memulai tahun ini dengan sulit. Perlahan tapi pasti kita akan ke sana, saya tahu potensi saya sangat baik dan hanya perlu santai serta sabar juga memberikan yang terbaik yang saya bisa,” demikian kata Vinales dilansir X MotoGP.

    Tak lama berselang, MotoGP mengumumkan bahwa Vinales mendapatkan penalti 16 detik. Vinales yang harusnya finis di posisi kedua itu mau tidak mau turun ke posisi 14. Penalti itu dikenakan gegara tekanan ban motor Vinales yang terlalu rendah.

    Dengan begitu, Francesco Bagnaia pun naik ke peringkat kedua sementara Morbidelli bertengger di posisi ketiga.

    “P2 di lintasan tapi di atas kertas P14. Tapi perasaannya selalu sama. Saya senang dengan hasilnya dan apa yang kami dapatkan. Hari ini menjadi bukti bahwa ada potensi. Kami memimpin. Kami bertarung. Kami percaya. Dan tidak ada penalti yang bisa mengambil itu. Kerja keras terus berlanjut. Mari terus berjuang untuk Jerez. Kami berhak merayakan itu,” demikian tulis Vinales dalam akun Instagramnya sembari menandai akun Tech3 dan KTM Factory Racing.

    Untuk diketahui, para pebalap di MotoGP sejak pertengahan tahun 2023 memang harus menjaga tekanan ban depan dan belakang di ambang batas yang ditentukan (sekitar 1,80 bar) untuk lap tertentu saat Sprint dan balapan utama.

    Hal ini juga yang membuat para pebalap harus mengatur strategi. Laman The Race menyebutkan, Marc Marquez bahkan harus rela kehilangan posisi terdepan di MotoGP Thailand untuk meningkatkan tekanan ban depan.

    (dry/din)

  • Marquez Berjaya Lagi, Vinales Nyaris Bikin Kejutan

    Marquez Berjaya Lagi, Vinales Nyaris Bikin Kejutan

    Jakarta

    Pebalap Ducati asal Spanyol, Marc Marquez finis pertama di MotoGP Qatar 2025, Minggu (13/4) waktu setempat. Sementara Francesco Bagnaia di tempat kedua dan Maverick Vinales nyaris bikin kejutan!

    Ketika balapan baru dimulai, Franco Morbidelli langsung memimpin perlombaan. Morbidelli dibuntuti Marc Marquez dan Jorge Martin sepanjang putaran pertama.

    Di kesempatan yang sama, Bagnaia masih tercecer di posisi keenam. Dia memang mengawali perlombaan kurang baik. Namun, dia pelan-pelan mampu memperbaiki posisi di putaran ketiga dan keempat.

    Francesco ‘Pecco’ Bagnaia di MotoGP Qatar 2025 Foto: dok. Ducati

    Memasuki putaran kelima, Bagnaia mampu merebut posisi kedua setelah menyalip Vinales dan Marquez sekaligus. Dia hanya berjarak 0,7 detik dari Morbidelli di posisi pertama.

    Di lap keenam hingga kedelapan, Bagnaia sempat terlibat aksi salip-salipan dengan Vinales untuk mengamankan posisi ketiga. Namun, Vinales mampu menjaga konsistensi di putaran kesembilan. Sementara Bagnaia mulai kedodoran.

    Di putaran ke-10, Vinales, Marquez dan Franco Morbidelli terlibat pertarungan sengit untuk memperebutkan posisi pertama. Mereka bertiga kerap kali berganti posisi.

    Namun, hanya Vinales dan Marquez yang bertahan hingga akhir di barisan terdepan. Sebab, Franco Morbidelli membuat kesalahan hingga terlempar dari tiga besar. Pada momen yang sama, juara dunia musim lalu, Jorge Martin mengalami crash hingga harus dibawa ke medical center.

    Balapan ditutup dengan Marquez sebagai pemenang. Sementara Vinales yang seharusnya finis kedua mendapat hukuman penalti akibat tekanan ban. Imbasnya pebalap KTM tersebut harus turun ke posisi ke-14 dan tempatnya digantikan Bagnaia.

    Berikut Hasil MotoGP Qatar 2025Marc MarquezFrancesco BagnaiaFranco MorbidelliJohann ZarcoFermin AldeguerAlex MarquezFabio QuartararoPedro AcostaMarco BezzecchiLuca MariniEnea BastianiniAlex RinsBrad BinderMaverick VinalesAi OguraFabio DiggiaRaul Fernandez

    (sfn/sfn)

  • Marc Marquez Kembali Pimpin Klasemen Usai Juarai Sprint Race MotoGP Qatar

    Marc Marquez Kembali Pimpin Klasemen Usai Juarai Sprint Race MotoGP Qatar

    JAKARTA – Pebalap Ducati Marc Marquez memimpin klasemen MotoGP 2025 dengan mengoleksi 98 poin setelah menjuarai Sprint Race MotoGP Qatar 2025 di Sirkuit Lusail, Qatar, Minggu.

    Berdasarkan laporan laman MotoGP di Jakarta, Minggu, pebalap asal Spanyol itu menyelesaikan balapan dengan finis di depan adiknya pebalap Gresini Racing, Alex Marquez.

    Sementara itu, Franco Morbidelli yang finis tercepat saat sesi latihan hari pertama MotoGP Qatar 2025 turut memastikan satu posisi di podium setelah finis ketiga.

    Kemenangan Marc Marquez itu menjadi hasil penting untuk berada di jalur persaingan juara dunia setelah kegagalan finis di MotoGP Amerika Serikat.

    Kini, Marc unggul dua poin dari Alex di posisi kedua klasemen dengan 96 poin.

    Francesco Bagnaia menghuni posisi ketiga klasemen dengan 77 poin setelah kesulitan menaklukkan Sprint Race di Qatar dengan hanya mendapat tambahan dua poin.

    Sementara itu, Morbidelli dan Fabio Di Giannantonio dari Pertamina Enduro VR46 mengamankan posisi keempat dan kelima dengan 62 poin dan 48 poin.

  • Link Live Streaming MotoGP Qatar 2025, Main Tengah Malam!

    Link Live Streaming MotoGP Qatar 2025, Main Tengah Malam!

    Jakarta

    Balap utama MotoGP Qatar 2025 akan berlangsung di Sirkuit Lusail, Qatar, pada Senin 00.00 WIB atau tengah malam ini.

    Bagi detikers yang ingin nonton tapi nggak sempat lewat TV, bisa akses link live streaming MotoGP Qatar 2025 yang akan kami cantumkan di artikel kali ini!

    Sebelum menyaksikan aksi Marc Marquez cs malam nanti, mari bekali diri dengan informasi terkait lombanya.

    Pada Sprint Race MotoGP Qatar 2025 kemarin, Marc menjadi juara. Disusul oleh Alex Marquez yang notabene adik kandungnya dan ada pebalap ‘Timnas’ Pertamina Enduro VR46, Franco Morbidelli di urutan ketiga.

    Malam nanti, kocokan pebalap terdepan bisa jadi berubah. Fabio Quartararo dengan motor Yamahanya siap meraih posisi podium karena start dari urutan ketiga, strategis, kan?

    Selain itu, ada pula Fermin Aldeguer, pebalap muda dari BK8 Gresini Racing MotoGP yang bisa saja memberi kejutan layaknya di Sprint Race kemarin.

    Bahkan kejutan juga bisa diberikan oleh Francesco ‘Pecco’ Bagnaia yang mendapat hasil kurang memuaskan di kualifikasi dan Sprint Race. Namun perjuangan Pecco tidak mudah, sebab ia harus start dari P11.

    Martinator juga akan debut balap full di MotoGP musim ini. Yap! Jorge Martin sudah sembuh dari cedera panjang dan akan beraksi dengan motor barunya di balapan 22 lap di Sirkuit Lusail malam ini.

    Francesco ‘Pecco’ Bagnaia di MotoGP Qatar 2025 Foto: dok. Ducati

    Link Live Streaming MotoGP Qatar 2025

    Tentunya MotoGP Qatar 2025 siap memberikan aksi-aksi pebalap terbaik dunia. Makanya jangan kelewatan, ya, detikers! Balap utama MotoGP Qatar 2025 ditayangkan secara streaming melalui sejumlah platform online.

    Live streaming MotoGP bisa kalian liat langsung di laman resmi MotoGP hingga Vidio.com. Berikut beberapa kanal yang menyediakan link live streaming MotoGP Qatar yang bisa kalian buka untuk menyaksikannya:

    Streaming MotoGP.com
    Streaming Vision+
    Streaming Trans7
    Streaming Vidio

    Jadwal MotoGP Qatar 2025

    Minggu, 13 April 2025
    19:40-19:50 WIB: MotoGP Warm Up
    21:00 WIB: Moto3 Grand Prix Race (16 lap)
    22:15 WIB: Moto2 Grand Prix Race (18 lap)

    Senin, 14 April 2025
    00:00 WIB: MotoGP Grand Prix Race (22 lap).

    (mhg/rgr)