Event: MotoGP

  • Alex Marquez Ungguli Marc Marquez

    Alex Marquez Ungguli Marc Marquez

    JAKARTA – Alex Marquez berhasil keluar sebagai yang tercepat dalam sesi Free Practice 1 (FP1) MotoGP Jerez 2025 mengalahkan sang kakak, Marc Marquez.

    Pebalap milik Gresini Racing itu menyelesaikan sesi ini di Sirkuit Jerez pada Jumat, 25 April 2025, dengan catatan waktu 1 menit 36,831 detik. Dia unggul sebanyak +0,357 detik dari kakaknya.

    Alex Marquez sebenarnya sempat mengalami kecelakaan di Tikungan 1. Meski demikian, dia berhasil bangkit dan kemudian menggeser sang kakak ketika sesi Latihan Bebas tersisa enam menit saja.

    Marc Marquez sempat mengalami kendala terhadap motornya sebelum membalikkan keadaan untuk mengekori sang adik. Sementara itu, pebalap Yamaha, Fabio Quartararo, berada di tempat ketiga.

    Penampilan impresif juga diperlihatkan oleh Maverick Vinales dari tim Red Bull KTM Tech3. Pebalap berjuluk Top Gun tersebut berhasil membawa RC16 miliknya finis di posisi keempat.

    Vinales unggul atas kompatriotnya, Joan Mir (Honda HRC Castrol), dan pebalap Australia Jack Miller (Prima Pramac Yamaha). Adapun berada di urutan ketujuh dihuni Francesco Bagnaia.

    Rekan setim Marc Marquez di Ducati Lenovo Team tersebut terpaut 0,701 detik dari Alex Marquez. Bagnaia sejauh ini memang belum tampil sempurna untuk bersaing dengan Marc Marquez.

    Berturut-turut setelah itu melengkapi 10 besar adalah Johann Zarco di posisi kedelapan, Alex Rins menghuni urutan kesembilan, dan Franco Morbidelli di posisi ke-10.

    Balapan di Spanyol adalah seri kelima dalam kalender tahun ini. Marc Marquez saat ini menguasai puncak klasemen dengan 123 poin, diikuti oleh adiknya di tempat kedua dengan koleksi poin 106.

  • Ducati Rekrut Marquez Gara-gara Kesalahanku

    Ducati Rekrut Marquez Gara-gara Kesalahanku

    Jakarta

    Francesco Bagnaia menyalahkan dirinya atas keputusan Ducati merekrut Marc Marquez. Kenapa bisa begitu?

    Bagnaia bilang tim pabrikan Ducati harus rela kehilangan gelar tahun lalu, — Jorge Martin memenangkan gelar membela tim satelit Ducati. Bagnaia mentok finis kedua dengan perolehan 498 poin di klasemen akhir, berjarak 10 poin dari juara Jorge Martin.

    “Aku pikir Ducati sendiri yang ingin situasi ini tercipta. Tahun lalu mereka kehilangan gelar karena kesalahanku. Punya motor tercepat, menang 18 balapan termasuk sprint dan kemudian gagal juara dunia berarti ada sesuatu yang salah,” ucap Bagnaia dikutip dari GPone, Jumat (25/4/2025).

    Menurut Bagnaia, Ducati gagal meraih hat-trick juara dunia beruntun setelah dia finis runner-up di bawah Jorge Martin. Bagnaia mengatakan, Ducati merekrut Marc Marquez untuk bisa mengunci gelar lagi.

    “Butuh waktu untuk menerimanya (Marc Marquez), tetapi ini 100 persen kesalahanku dan apa yang aku lakukan adalah mencoba untuk maju,” kata Bagnaia.

    “Setelah 2025 akan menjadi penting untuk ke perebutan gelar. Tentu saja, jika saya bisa melakukannya tahun ini akan sangat bagus, tapi saya melihatnya sulit sih,” aku Bagnaia.

    Ducati menjalani awal musim dengan impresif. Marc Marquez memenangi empat sprint race dan tiga full race dari empat seri MotoGP.

    Sementara Pecco, sapaan akrab Bagnaia baru mengukir kemenangan saat mentas di MotoGP Amerika Serikat.

    Marquez saat ini berada di puncak klasemen MotoGP 2025. Alex Marquez masih berada di peringkat dua dengan 106 poin. Di tempat ketiga ada Francesco Bagnaia dengan 97 poin, dan Franco Morbidelli di peringkat empat dengan 78 poin.

    (riar/rgr)

  • Kemenpar siap kolaborasi untuk keberlangsungan MotoGP

    Kemenpar siap kolaborasi untuk keberlangsungan MotoGP

    ANTARA – Menteri Pariwisata, Widiyanti Putri melakukan kunjungan kerja ke Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat, Kamis (24/4). Dalam kesempatan ini, Menpar mengagumi keindahan kawasan yang dikelola oleh PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC) dan akan mendukung tetap terlaksananya balap motor bergengsi dunia, MotoGP di Sirkuit Mandalika. 
    (Kusnandar/Sandy Arizona/I Gusti Agung Ayu N)

  • Menpar komit perkuat pengembangan wisata Mandalika

    Menpar komit perkuat pengembangan wisata Mandalika

    Lombok Tengah (ANTARA) – Menteri Pariwisata Widiyanti Putri Wardhana mengatakan tetap komitmen untuk memperkuat pengembangan pariwisata di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Nusa Tenggara Barat dalam mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat.

    “Promosi pariwisata di NTB ini harus tetap diperkuat untuk meningkatkan kunjungan wisatawan,” kata Menpar Widiyanti di Lombok Tengah, Kamis.

    Ia mengatakan ajang balap motor sport baik itu MotoGP maupun event lainnya yang digelar di Sirkuit Mandalika bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.

    Oleh karena itu, diharapkan kolaborasi semua pihak baik pemerintah daerah maupun masyarakat dalam meningkatkan promosi, sehingga wisatawan yang datang semakin banyak.

    “Destinasi wisata di lingkar Sirkuit Mandalika ini sangat indah. Tadi saya juga mencoba berkeliling di Sirkuit Mandalika,” katanya.

    Ia mengatakan sektor pariwisata di Lombok telah menjadi salah satu penggerak ekonomi daerah, dengan pencapaian wisatawan sebesar 1,2 juta kunjungan atau hampir setengah dari total kunjungan di NTB yang mencapai 2,5 juta wisatawan pada 2024.

    “Dalam waktu dekat akan digelar ajang balap mobil Internasional dan MotoGP di Sirkuit Mandalika. Semua harus mendukung event tersebut untuk peningkatan kunjungan wisatawan di NTB,” katanya.

    Sementara itu, Direktur Komersil ITDC Troy Reza Warokka mengatakan bahwa pihaknya sangat menghargai dukungan luar biasa Kemenpar dalam berbagai event besar yang diselenggarakan di Sirkuit Mandalika.

    Mulai dari Mandalika Street Food Festival, Pertamina Grand Prix of Indonesia (MotoGP), hingga event-event Internasional di kawasan Danau Toba seperti Aquabike dan F1 Powerboat.

    “Dukungan ini tidak hanya memperkuat citra destinasi pariwisata Indonesia, tetapi juga menciptakan multiplier effect yang signifika baik dari sisi ekonomi, promosi UMKM, hingga peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar,” katanya.

    ITDC berkomitmen untuk terus menjalin kolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan para stakeholders lainnya, dalam mendorong terciptanya destinasi-destinasi unggulan yang tidak hanya menarik secara ekonomi, tetapi juga lestari secara lingkungan dan inklusif secara sosial.

    “Kami mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan destinasi wisata,” katanya.

    Pewarta: Akhyar Rosidi
    Editor: Adi Lazuardi
    Copyright © ANTARA 2025

  • 19 Patah Tulang Dalam 67 Hari

    19 Patah Tulang Dalam 67 Hari

    Jakarta

    Jorge Martin babak belur di awal musim pertama MotoGP 2025. Martinator lebih sering di rumah sakit ketimbang finis balapan.

    Rentetan kecelakaan setia menemani Martin sejak bergabung dengan Aprilia, bahkan sebelum musim balapan pembuka dimulai. Dikutip Marca, Selasa (22/4/2025), Martin sudah menderita 19 patah tulang!

    Rider Aprilia ini mengalami crash pertama dalam sesi tes pramusim Sepang pada 5 Februari 2025. Martin dua kali crash pada hari pertama, yang terparah saat Martin terlempar dari motornya hingga mendarat keras ke aspal.

    Imbas kecelakaan itu, Martin menderita empat patah tulang; satu tangan kanan (metakarpal) dan tiga kaki kirinya (metakarpal ketiga, keempat, dan kelima). Martin hanya menjalani operasi pada tangannya.

    Kondisi Martin berangsur pulih, rider Spanyol itu kemudian berpikir bisa melakukan comeback pada MotoGP Thailand. Tapi… semakin apes karena Martin lagi-lagi jatuh di tengah sesi latihan jelang dimulainya seri pertama di Thailand. Martinator mengalami lebih banyak patah tulang, termasuk cedera yang rumit di pergelangan tangannya.

    Ya, Martin melakukan latihan dengan motor Supermoto di sirkuit karting di Lleida pada 24 Februari. Martin mengalami empat patah tulang; tiga di tangan kiri (radius distal bergeser, scaphoid dan triquetrum) dan satu patah tulang kalkaneus di pergelangan kaki kirinya.

    Kondisi ini memaksa Jorge Martin absen di tiga seri awal; Thailand, Argentina, dan Amerika Serikat. Akan tetapi, Martin mendapat lampu hijau untuk berlaga di balapan malam Lusail. Balapan yang nantinya jadi debut Jorge Martin bersama Aprilia.

    Jorge Martin lalu beraksi di GP Qatar sembari menahan rasa sakit. Tetapi sayangnya, Martin mendapat tambahan cedera lagi. Ia terjatuh pada Lap 14 di Sirkuit Losail Qatar pada 13 April.

    Insiden itu terjadi dalam kecepatan tinggi di tikungan 12, di mana Martin kehilangan kendali dan nyaris terlindas oleh motor milik Fabio Di Giannantonio.

    Martin terlepas dari motornya dan tergelincir jauh di lintasan. Yellow flag langsung dikibarkan. Martin tampak kesulitan untuk berdiri setelah kecelakaan tersebut.

    Rider bernomor #1 itu cedera patah tulang rusuk kanan posterior; secara rinci Martin menderita patah tulang; delapan lengkung kosta posterior dan tiga lengkung lateral kanan.

    Selama 67 hari, Jorge Martin sudah menderita 19 patah tulang.

    Pebalap nomor 1 di Aprilia itu baru-baru ini juga mengunggah foto dirinya sedang terbaring di rumah sakit. Selang pleural drainage terpasang di tubuh martin. Dalam foto lain, Martin juga melampirkan foto sedang menggenggam wadah drainase medis, yang digunakan untuk mengumpulkan cairan atau darah dari rongga dada setelah operasi atau cedera serius seperti pneumotoraks atau trauma paru.

    Tim medis MotoGP yang dipimpin oleh Dr. Angel Charte sebelumnya mengabarkan Martin menderita trauma dada dan cedera paru-paru, termasuk adanya gelembung udara (pneumotoraks) dan darah di rongga dada (hemotoraks)-kombinasi keduanya dikenal sebagai hemopneumotoraks.

    Patah tulang rusuk yang dialami Martin juga menyebabkan rasa sakit hebat. Cedera ini juga membatasi aktivitas fisik martin.

    Martín harus tetap berada di Doha hingga fungsi paru-parunya stabil dan selang medis dapat dilepas. Martin selanjutnya akan dipindahkan ke Spanyol dengan pesawat yang dilengkapi peralatan medis.

    Martin juga akan menjalani terapi manajemen nyeri, fisioterapi pernapasan, dan pemantauan kardiovaskular berkelanjutan.

    “Terima kasih dari lubuk hati saya yang terdalam kepada semua orang yang telah mendukung saya. Ini adalah hari-hari yang sulit, tapi sekarang saya mulai bisa bergerak sedikit lebih banyak dan merasa lebih baik, meskipun rasa sakitnya masih terasa. Saya ingin berterima kasih kepada Aprilia, para penggemar dan semua orang yang telah membantu saya. Saya akan terus berjuang untuk menjadi salah satu yang terkuat yang pernah ada,” kata Martin.

    (riar/dry)

  • Jadwal MotoGP Spanyol 2025 Akhir Pekan Ini

    Jadwal MotoGP Spanyol 2025 Akhir Pekan Ini

    Jakarta

    Jadwal MotoGP Spanyol 2025 bisa Anda simak di sini. MotoGP Spanyol diselenggarakan pada tanggal 25 April hingga 27 April. Anda bisa menyaksikan balap motor ini melalui stasiun televisi Trans7 maupun sejumlah aplikasi berbayar.

    Setelah Qatar, kampanye MotoGP 2025 berlanjut ke daratan Spanyol, tepatnya di Sirkuit Jerez yang terletak di Jerez de la Frontera. Sirkuit Jerez dibuka pada 1985 dan mulai menyelenggarakan balap MotoGP sejak tahun 1992. Selain digunakan untuk balap motor, sirkuit ini juga digunakan untuk balap mobil F1.

    Kilas balik ke musim lalu, tim Ducati masih perkasa di Sirkuit Jerez. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) menjuarai MotoGP Spanyol 2024, diikuti Marc Marquez yang ketika itu masih membela Gresini Ducati, dan Marco Bezzecchi di urutan ketiga dengan timnya saat itu Pertamina VR46 Ducati.

    Tentunya pada MotoGP Spanyol 2025, pebalap-pebalap Ducati masih dijagokan berkuasa di sirkuit ini. Apalagi Ducati sapu bersih kemenangan di empat seri perdana MotoGP, dengan Marc Marquez (Ducati Lenovo) memenangi tiga seri di antaranya (Thailand, Argentina, Qatar) dan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) memenangi seri Amerika.

    Bicara soal Bagnaia, rider Italia itu tentu paling difavoritkan juara di Sirkuit Jerez. Betapa tidak, anak didik Valentino Rossi itu memenangkan balapan di sirkuit sepanjang 4,42 km tersebut selama tiga tahun berturut-turut (2022, 2023, 2024). Pastinya perjuangan Bagnaia akhir pekan ini bakal lebih sulit, karena dia bakal bersaing langsung dengan rekan satu paddock-nya, Marc Marquez, yang tampil konsisten di awal musim ini.

    Rangkaian MotoGP Spanyol 2025 dimulai dengan sesi latihan dan latihan bebas pada Jumat (25/4). Kemudian dilanjutkan dengan sesi kualifikasi dan balap sprint pada Sabtu (26/4), dan diakhiri balap utama semua kelas pada hari Minggu (27/4).

    Jadwal MotoGP Spanyol 2025

    Jumat (25/4)

    1. 14:00-14:35 WIB: Moto3 Free Practice Nr. 1
    2. 14:50-15:30 WIB: Moto2 Free Practice Nr. 1
    3. 15:45-16:30 WIB: MotoGP Free Practice Nr. 1
    4. 18:15-18:50 WIB: Moto3 Practice
    5. 19:05-19:45 WIB: Moto2 Practice
    6. 20:00-21:00 WIB: MotoGP Practice

    Sabtu (26/4)

    1. 13:40-14:10 WIB: Moto3 Free Practice Nr. 2
    2. 14:25-14:55 WIB: Moto2 Free Practice Nr. 2
    3. 15:10-15:40 WIB: MotoGP Free Practice Nr. 2
    4. 15:50-16:05 WIB: MotoGP Qualifying Nr. 1
    5. 16:15-16:30 WIB: MotoGP Qualifying Nr. 2
    6. 17:50-18:05 WIB: Moto3 Qualifying Nr. 1
    7. 18:15-18:30 WIB: Moto3 Qualifying Nr. 2
    8. 18:45-19:00 WIB: Moto2 Qualifying Nr. 1
    9. 19:10-19:25 WIB: Moto2 Qualifying Nr. 2
    10. 20:00 WIB: MotoGP 12 Laps Tissot Sprint

    Minggu (27/4)

    1. 14:40-14:50 WIB: MotoGP Warm Up
    2. 16:00 WIB: Moto3 19 Laps Race
    3. 17:15 WIB: Moto2 21 Laps Race
    4. 19:00 WIB: MotoGP 25 Laps Grand Prix

    (lua/rgr)

  • Tikung Pedro Acosta dari Valentino Rossi, Honda Siap Tawarkan Gaji Besar

    Tikung Pedro Acosta dari Valentino Rossi, Honda Siap Tawarkan Gaji Besar

    Jakarta

    Pedro Acosta bakal jadi komoditas panas di bursa transfer MotoGP. Pebalap Red Bull KTM itu diketahui jadi incaran utama tim balap Valentino Rossi pada musim depan. Tetapi di sudut lain, Honda juga siap merekrut si bocah ajaib dengan iming-iming gaji besar.

    Seperti dikutip dari Speedweek, Honda bersedia mengajukan tawaran besar sebesar 30 juta euro untuk membajak Acosta dari KTM. Laporan itu tak menjelaskan berapa lama kontraknya, tetapi jika dibagi dalam tiga musim, artinya Acosta akan mendapatkan gaji 10 juta euro per musim atau setara Rp 191,5 miliar.

    Jika kesepakatan itu terwujud, maka pebalap Spanyol itu akan menjadi salah satu pebalap MotoGP berpenghasilan tertinggi. Fabio Quartararo dari Monster Yamaha dikabarkan menjadi penerima gaji tertinggi saat ini di MotoGP, dengan gaji 12 juta euro (Rp 229,8 miliar) per tahun.

    Acosta yang saat ini masih baru berusia 20 tahun tengah mengalami kesulitan bersama KTM yang motornya tidak kompetitif dan memiliki masalah getaran. Selain itu, pabrikan asal Austria itu juga didera isu krisis finansial yang bikin masa depannya di MotoGP menjadi tanda tanya.

    Di tengah berbagai permasalahan yang menimpa KTM, Acosta tetap berkomitmen kepada pabrikan yang memberinya kesempatan besar di MotoGP itu. Dari empat seri MotoGP yang sudah diselenggarakan, saat ini Acosta tertahan di peringkat ke-11 dengan 24 poin.

    Beberapa waktu lalu Acosta memberikan teka-teki soal masa depannya di MotoGP. Acosta mengaku tidak terlalu memikirkan soal gaji. Yang dipikirkan Acosta adalah kendaraan yang kompetitif dan tim yang solid.

    Menurut pengamat MotoGP, Carlo Pernat, pernyataan itu diyakini sebuah pesan buat Ducati agar merekrut dirinya untuk membalap di salah satu tim satelit mereka. “Ya, ketika Pedro Acosta membuat pernyataan ‘saya tidak peduli dengan uang’, dia hanya mengirimkan pesan yang jelas untuk Ducati (supaya merekrutnya). Itu jelas!,” ungkap Pernat.

    (lua/riar)

  • Saat Rossi Dilarang Pakai Logo Ducati

    Saat Rossi Dilarang Pakai Logo Ducati

    Jakarta

    Valentino Rossi terpantau mendukung langsung Pertamina Enduro VR46 Racing saat MotoGP Qatar 2025. Satu hal yang menarik perhatian, tidak ada logo Ducati pada kaus legenda balap tersebut.

    Rossi tampak kasual menggunakan topi logo minuman berenergi, t-shirt hitam yang dibalut berbagai sponsor, termasuk Pertamina Enduro. Namun seragamnya itu sedikit berbeda dengan t-shirt kru VR46 Pertamina Enduro Racing, area t-shirt dada sebelah kiri Rossi tidak memiliki logo Ducati.

    Ya tak ada embel-embel Ducati di baju Rossi, padahal Ducati yang saat ini memasok motor untuk timnya.. Sementara semua anggota timnya, mulai dari mekanik, teknisi, pebalap, dan bahkan staf kantor-mengenakan logo Ducati pada pakaian resmi mereka, hanya rider kelahiran Tavullia ini yang mendapat pengecualian.

    Pertamina Enduro VR46 Racing Team Foto: Pertamina Enduro VR46 Racing Team

    Dikutip dari Mundodeportivo, hal ini berkaitan dengan batasan branding dan perjanjian sponsor. Meski VR46 Racing Team saat ini bermitra teknis dengan Ducati, Rossi pribadi tidak terikat kontrak sebagai duta merek Ducati.

    Rossi memiliki kontrak yang ditandatangani pada 2023 sebagai duta besar Yamaha di seluruh dunia.

    Jasa Valentino Rossi nampaknya masih dibutuhkan Yamaha. Juara dunia 9 kali itu tidak di-plot sebagai pebalap pabrikan garpu tala. Yamaha Motor Co., Ltd dan Valentino Rossi mencapai kesepakatan baru. The Doctor menjadi brand ambassador dari Yamaha.

    Valentino Rossi saat mendukung timnya langsung di paddock MotoGP Foto: Pertamina Enduro VR46 Racing Team

    Perjanjian dengan rumah Iwata ini disepakati setelah hubungan olahraga yang panjang, empat gelar juara dunia dan 56 kemenangan bersama.

    Dengan menghilangkan logo Ducati, secara kontraktual mencegah Valentino Rossi untuk secara terbuka menampilkan logo merek pesaing langsung seperti Ducati.

    Ini menjadi paradoks yang nyata bagi legenda MotoGP berusia 46 tahun ini, yang mendapati dirinya sebagai kepala tim satelit Ducati, tetapi tidak dapat menampilkan nama merek tersebut. Namun di sisi lain, ini juga menjadi tanda kesetiaan Rossi kepada Yamaha.

    Tak mengejutkan kalau Yamaha memilih Rossi sebagai duta mereknya. Kisah epik Yamaha dan Rossi dimulai dengan kemenangan ikonik pada balapan GP pertama The Doctor untuk Yamaha di Afrika Selatan pada tahun 2004. Sejak saat itu kerja sama di antara Yamaha dan Rossi melahirkan banyak aksi balap yang mendebarkan dan banyak momen hebat di paddock dan di luar jalur.

    Tercatat Rossi bersama Yamaha mengamankan 142 podium, merayakan 56 kemenangan GP, dan memenangkan empat gelar juara dunia MotoGP pada tahun 2004, 2005, 2008, dan 2009.

    (riar/lua)

  • 19 Patah Tulang Dalam 67 Hari

    Aleix Espargaro Beri Kabar Terbaru Martin yang Masih di ICU

    Jakarta

    Aleix Espargaro memberi kabar terbaru kondisi Jorge Martin. Dia bilang saat ini Martin masih dalam pengawasan ketat tim medis.

    Martin masih harus menjalani perawatan medis usai terjatuh di Sirkuit Internasional Losail, Qatar. Martin mengalami kecelakaan hebat pada lap ke-14, tepat di tikungan 12. Insiden itu terjadi dalam kecepatan tinggi, di mana Martin kehilangan kendali dan nyaris terlindas oleh motor milik Fabio Di Giannantonio.

    Martin terlepas dari motornya dan tergelincir jauh di lintasan. Yellow flag langsung dikibarkan. Martin tampak kesulitan untuk berdiri setelah kecelakaan tersebut.

    Pebalap nomor 1 di Aprilia itu baru-baru ini juga mengunggah foto dirinya sedang terbaring di rumah sakit. Selang pleural drainage terpasang di tubuh martin. Dalam foto lain, Martin juga melampirkan foto sedang menggenggam wadah drainase medis, yang digunakan untuk mengumpulkan cairan atau darah dari rongga dada setelah operasi atau cedera serius seperti pneumotoraks atau trauma paru.

    Tim medis MotoGP yang dipimpin oleh Dr. Angel Charte sebelumnya mengabarkan Martin menderita trauma dada dan cedera paru-paru, termasuk adanya gelembung udara (pneumotoraks) dan darah di rongga dada (hemotoraks)-kombinasi keduanya dikenal sebagai hemopneumotoraks. Lebih lanjut, ditemukan 11 tulang rusuk yang patah serta cedera serius pada organ dalamnya.

    Saat ini, Martin berada dalam pengawasan medis ketat. Ia sedang menjalani aspirasi mekanis, sebuah prosedur medis untuk membantu paru-paru kembali mengembang secara stabil. Selain itu, prosedur drainase dada juga dilakukan guna mengeluarkan udara dan cairan dari rongga pleura.

    Patah tulang rusuk yang dialami Martin juga menyebabkan rasa sakit hebat. Cedera ini juga membatasi aktivitas fisik martin.

    Aleix Espargaro mengatakan Martín tidak lagi dalam kondisi kritis, namun cedera yang dideritanya sangat parah dan memberikan dampak besar secara mental.

    “Saya berbicara dengannya terus-menerus, setiap hari. Ia masih dirawat di ICU di Doha,” kata Espargaro dikutip dari Todocircuito, Minggu (20/4/2025).

    “Jorge sedang mengalami masa yang sangat sulit, mungkin lebih sulit dari yang dipikirkan orang.”

    “Cedera ini sangat berat secara fisik, tetapi terutama secara mental,karena setelah tiga kali cedera berturut-turut, absen di awal kejuaraan, kini… ini merupakan pukulan yang sangat besar bagi atlet mana pun,” tambah Espargaro.

    Martín harus tetap berada di Doha hingga fungsi paru-parunya stabil dan selang medis dapat dilepas. Martin selanjutnya akan dipindahkan ke Spanyol dengan pesawat yang dilengkapi peralatan medis.

    Martin juga akan menjalani terapi manajemen nyeri, fisioterapi pernapasan, dan pemantauan kardiovaskular berkelanjutan.

    “Terima kasih dari lubuk hati saya yang terdalam kepada semua orang yang telah mendukung saya. Ini adalah hari-hari yang sulit, tapi sekarang saya mulai bisa bergerak sedikit lebih banyak dan merasa lebih baik, meskipun rasa sakitnya masih terasa. Saya ingin berterima kasih kepada Aprilia, para penggemar dan semua orang yang telah membantu saya. Saya akan terus berjuang untuk menjadi salah satu yang terkuat yang pernah ada,” kata Martin.

    (riar/lua)

  • Miller Curhat Pebalap MotoGP Digaji Kecil, Ini Sebabnya

    Miller Curhat Pebalap MotoGP Digaji Kecil, Ini Sebabnya

    Jakarta

    Jack Miller mengeluhkan gaji pebalap MotoGP saat ini yang dinilainya kecil. Kata pebalap Pramac Yamaha itu, pebalap MotoGP saat ini mendapatkan gaji yang tak sebanding dengan risikonya.

    “Para pebalap di masa lalu – tiga atau empat pebalap besar – dibayar dengan sangat tinggi,” kata Miller kepada podcast Gypsy Tales, dikutip dari Crash, Minggu (20/4/2025).

    “Sekarang, para pemula – atau pebalap mapan, termasuk saya – menandatangani kontrak dengan harga murah, hanya untuk bisa naik motor MotoGP atau coba peruntungan,” sambung rider asal Australia.

    Jack Miller Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp

    Kilas balik ke masa lalu, rider MotoGP memang pernah mendapatkan gaji yang sangat fantastis. Valentino Rossi misalnya, pernah mendapatkan gaji hingga 30 juta euro atau setara Rp 574,7 miliar per tahun pada musim 2008, 2009, 2010, di masa puncak kejayaannya.

    Sementara saat ini, pebalap MotoGP paling banter digaji tinggi hanya 12 juta euro (Rp 229,8 miliar) seperti yang didapatkan oleh Fabio Quartararo (Monster Yamaha) dan Marc Marquez (Ducati Lenovo). Bahkan pebalap juara MotoGP 2024 seperti Jorge Martin saja hanya digaji sebesar 5,8 juta euro (Rp 111,1 miliar) di tim Aprilia Racing.

    Miller pun mengungkapkan alasan mengapa pasaran pebalap MotoGP saat ini mengalami penurunan. Kata pebalap yang memasuki tahun ke-11 di MotoGP itu, saat ini pabrikan memiliki posisi lebih kuat dibanding pebalap. Pabrikan dengan motor terbaik di lintasan MotoGP memiliki daya tawar yang lebih baik di mata pebalap.

    Hal ini terjadi pada kasus Marc Marquez yang rela memangkas gajinya besar-besaran saat memutuskan pindah dari Honda ke tim satelit Ducati pada 2024 lalu. Marquez yang ingin mengendarai motor balap yang kompetitif, harus mengendarai motor Ducati, meski pada akhirnya hal itu mengurangi pendapatannya.

    “Para pebalap ingin menang, melakukan yang terbaik. Itulah yang mereka kejar – hasil (bukan gaji). Sayangnya beberapa dari mereka tak mendapatkan gaji yang seharusnya, padahal mereka mempertaruhkan nyawa setiap akhir pekan,” bilang Miller.

    “Mereka punya waktu terbatas untuk menghasilkan uang. (Uang yang dibayarkan kepada pebalap) telah berkurang banyak dalam 10 tahun terakhir,” tukas rider yang pernah membalap buat Ducati dan KTM itu.

    (lua/riar)