Event: MotoGP

  • Vidio Kini Hadir di Aplikasi Apple TV

    Vidio Kini Hadir di Aplikasi Apple TV

    Vidio adalah platform OTT terdepan di Indonesia yang menghadirkan berbagai konten berkualitas yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja. Mulai dari olahraga kelas dunia, TV live streaming, konten berlisensi, hingga produksi eksklusif Vidio Original Series. Selama lebih dari satu dekade, Vidio menghadirkan lebih dari sekadar pengalaman menonton. Vidio Lebih Dari Hiburan, menjadi koneksi emosional yang membangun pengalaman bersama bagi para penonton di seluruh Indonesia.

    Untuk para pencinta olahraga, Vidio menghadirkan lebih dari 70 kompetisi olahraga berskala global dan nasional. Berikut pertandingan bergengsi yang pernah dan sedang ditayangkan mulai dari FIFA World Cup, Summer Olympic Games, Premier League, UEFA Champions League, BRI Super League, SEA VLeague, Proliga, Livoli, Wimbledon, Formula 1, MotoGP, hingga Combat Sports seperti Byon Combat, dan masih banyak lagi.

    Dengan pengalaman sebagai official broadcaster untuk multi-event seperti Olimpiade Tokyo 2020 dan Asian Games 2018, Vidio membuktikan komitmennya dalam memberikan tayangan Lebih Dari Menang Kalah—menghubungkan semangat, kebanggaan, dan solidaritas dalam setiap pertandingan.

    Di sisi lain, Vidio juga dikenal sebagai pionir dalam produksi Vidio Original Series—menjadi OTT Indonesia dengan jumlah produksi original terbanyak. Vidio hadir sebagai trendsetter yang terus mengangkat cerita lokal menjadi konten yang kuat, relevan, dan berkelas.

    Dengan lebih dari 100 Original Series yang diproduksi hingga akhir tahun 2025, Vidio menghadirkan tayangan Lebih Dari Cerita —menyuguhkan genre yang beragam, sekuel yang dinantikan, hingga adaptasi dan kejutan yang membekas di hati penonton. Didukung infrastruktur teknologi yang andal, Vidio sukses melakukan streaming ke jutaan penonton secara seamless, dan meraih pengakuan dari Google serta Akamai sebagai salah satu platform terbaik di kawasan Asia Pasifik.

  • Komentar Alex Rins soal Mesin V4 Baru Yamaha M1

    Komentar Alex Rins soal Mesin V4 Baru Yamaha M1

    Jakarta

    Alex Rins mulai melihat titik terang dari pengembangan mesin V4 baru Yamaha M1. Meski masih jauh dari kata sempurna, rider Spanyol itu menilai ada progres nyata pada sejumlah aspek penting, terutama soal kestabilan dan pengereman. Ia juga menyebut motor baru ini memberi rasa berkendara yang lebih baik ketimbang saat pengujian sebelumnya.

    “Motornya sedikit membaik. Saya merasa lebih baik daripada di Misano,” kata Rins yang baru saja menguji Yamaha M1 V4 di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, baru-baru ini.

    Alex Rins Foto: Getty Images/Gold & Goose Photography

    Dikatakan Rins, jumlah lap yang mereka jalani tak banyak karena kondisi lintasan yang kurang mendukung di pagi hari. Tapi lap yang dilakukan adalah ‘lap sebenarnya’ dan dipakai untuk menguji berbagai setup penting. “Kami mencoba banyak pengaturan: pivot ke atas, pivot ke bawah, bike short, bike long,” sambung Rins.

    Pebalap Yamaha itu mengaku hari pertama ia habiskan untuk mematangkan setelan dasar alih-alih mengejar time attack. “Secara keseluruhan, saya merasa cukup baik. Titik awal yang bagus untuk besok,” sambungnya.

    Rins mencatat bahwa mesin baru ini masih memiliki tenaga yang konservatif. Fokus berikutnya adalah traksi. “Masih sedikit kurang cepat – itu normal. Dan target saya besok adalah mencoba menemukan traksi, karena kami sedikit kesulitan,” ucapnya lagi.

    Ia menjelaskan bahwa V4 mampu mengurangi gerakan motor, tapi justru membuat traksi motor berkurang. “Kami bisa mengangkat motor lebih baik daripada dengan Inline4, karena gerakannya lebih sedikit, guncangannya lebih sedikit. Tapi mengangkat motor seperti ini, kami tidak bisa menemukan traksi. Jadi, inilah target utama untuk besok,” tambah dia.

    Di sisi lain, sektor pengereman disebut mengalami peningkatan signifikan.

    “Pengeremannya jauh lebih baik daripada Inline4,” kata Rins.

    Dengan mesin V4, ia merasa motor lebih stabil dan bisa memakai dua ban sekaligus untuk melakukan deselerasi.

    “Saya merasa cukup baik,” lanjutnya.

    Rins bahkan mengaku ‘terkejut’ dengan seberapa efektif sistem engine brake motor baru ini. Di hari yang sama, Toprak Razgatlioglu tampil perdana sebagai pebalap baru tim Pramac Yamaha MotoGP. Pebalap Turki itu menutup hari dengan catatan waktu tercepat ke-18.

    (lua/dry)

  • Debut di MotoGP, Begini Penampilan Toprak Razgatlioglu

    Debut di MotoGP, Begini Penampilan Toprak Razgatlioglu

    Jakarta

    Pebalap asal Turki, Toprak Razgatlioglu, resmi menjadi pebalap MotoGP. Toprak akan menjadi rider tim Pramac Yamaha. Kemarin, juara dunia World Superbike (SBK) itu melakoni debut di MotoGP melalui tes MotoGP Valencia.

    Peraih tiga gelar Juara Dunia World Superbike itu melakoni debut publik di tes pasca-musim Valencia dengan skuad Pramac Yamaha. Toprak menyelesaikan 53 putaran dengan Yamaha YZR-M1 bermesin V4 terbaru.

    Tim Pramac mengaku performa Toprak di MotoGP mengejutkan, meski dia berada di urutan ke-18 dari 22 pebalap. Toprak mencatatkan waktu tercepat dengan selisih 1,294 detik dari pebalap terbaik di sesi kemarin. Rider asal Turki ini juga lebih unggul dari pebalap Yamaha lain yang lebih ‘senior’ di MotoGP seperti Jack Miller dan Alex Rins.

    Bos Pramac, Gino Borsoi, terkesan dengan pendekatan yang sudah dilakukan oleh Toprak dalam hal pengereman. Memang, Toprak masih membutuhkan adaptasi dengan motor MotoGP.

    “Mengenai Toprak: Saya cukup terkejut dan terkesan dengan pola pikir dan gaya balapnya,” kata Borsoi dikutip Crash.net.

    “Kita semua tahu dia luar biasa di titik pengereman. Tapi dia menunjukkan hari ini bahwa dia mampu mengubah gaya balapnya dalam waktu yang sangat singkat. Kami memberinya beberapa, katakanlah, tips dan dia bisa belajar dengan sangat cepat,” ungkapnya.

    “Saya senang. Dia pria yang sangat baik, dia mudah diajak bicara. Bagi saya, saat ini, tidak sulit untuk berdiskusi, untuk bertukar sudut pandang. Dia terlihat seperti teman dari waktu yang lama.”

    “Dari kami semua di awal, kami menyadari gayanya, dan kami mengatakan beberapa kali ‘tolong jangan mengerem terlalu keras, tolong coba pahami ban depan’ karena perbedaan ban sangat besar,” ucapnya.

    “Kami tidak melihat kecepatannya yang sebenarnya, tetapi kami melihat karakternya yang sebenarnya, cara kerjanya. Dia sudah bagus untuk gaya MotoGP kami.”

    Toprak akan melanjutkan uji coba pada hari Rabu ini di Valencia untuk tes pribadi. Pramac Yamaha akan mencoba untuk melanjutkan adaptasi Toprak dengan ban depan Michelin.

    (rgr/dry)

  • M1 V4 Masih Banyak Kekurangan, Rins Minta Pebalap Yamaha Beri Dukungan

    M1 V4 Masih Banyak Kekurangan, Rins Minta Pebalap Yamaha Beri Dukungan

    Jakarta

    Alex Rins meminta para pebalap Yamaha jangan kebanyakan ngeluh terhadap M1 baru bermesin V4 yang sedang dikembangkan. Menurut Rins, para pebalap Yamaha saat ini perlu bersatu memberikan dukungan kepada tim dalam proyek ini. Kesalahan adalah hal wajar.

    “Saat ini ada proyek yang benar-benar baru. Akan sangat mudah membuat kesalahan. Jadi, kita perlu memberikan banyak perhatian. Semua pebalap harus bergerak ke satu arah untuk meningkatkan performanya. Kita perlu lebih bersatu dari sebelumnya untuk menemukan jalan yang benar secepat mungkin,” ujar Rins dikutip dari Crash.

    Alex Rins Foto: Getty Images/Gold & Goose Photography

    “Kami menyelesaikan musim yang sulit dengan banyak pelajaran, banyak peningkatan di sisi pribadi saya dan tim saya. Sekarang, babak baru dimulai. Mulai sekarang, kami akan fokus pada V4, dan mari kita lihat apa yang bisa kami lakukan,” tambah rider asal Spanyol tersebut.

    Sebagai informasi, Yamaha telah memutuskan menghentikan penggunaan mesin empat silinder inline pada MotoGP 2026 dan menggantikannya dengan mesin baru V4. Mesin tersebut telah diikutkan pada MotoGP 2025 melalui beberapa kesempatan wildcard oleh pebalap penguji, Augusto Fernandez.

    Sebelumnya Yamaha M1 V4 telah dicoba diikutkan dalam beberapa balapan kompetitif bersama Augusto. Hasilnya, Augusto meraih posisi ke-16 di balapan terakhir di Valencia, kemudian urutan ke-14 di Sirkuit Misano, dan posisi ke-18 di Sirkuit Sepang. Meski masih punya masalah di area depan, Augusto optimis M1 V4 bisa jadi motor yang bagus.

    “Saya punya firasat bagus tentang motornya. Catatan waktu putarannya lumayan, tapi memang mesinnya belum siap. Dengan semua data yang kami dapatkan selama semua wildcard dan pengujian tahun ini, kini mereka (Yamaha) perlu membuat paket V4 yang sesungguhnya. Aerodinamika, elektronik, semuanya harus berbeda,” bilang Augusto.

    (lua/din)

  • M1 V4 Masih Banyak Kekurangan, Rins Minta Pebalap Yamaha Beri Dukungan

    Resmi! Yamaha Pakai Mesin V4 di MotoGP 2026

    Jakarta

    Yamaha Motor Co., Ltd. mengonfirmasi bahwa motor MotoGP Yamaha YZR-M1 akan menggunakan mesin V4 terbaru untuk musim 2026. Dengan pengumuman ini, berarti Yamaha resmi meninggalkan konfigurasi mesin 4 silinder segaris yang diandalkan selama bertahun-tahun di MotoGP.

    “Keputusan ini sejalan dengan niat Yamaha untuk bertransisi, yang menggarisbawahi kesinambungan dan transparansi strategi pengembangan mesin Yamaha,” demikian dikutip dari pernyataan resmi Yamaha, Senin (17/11/2025).

    Yamaha menyebut, mesin empat silinder segaris telah menjadi fondasi identitas balap Yamaha selama beberapa dekade. Mesin inline-4 itu menjadi andalan para pebalap legendaris seperti Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, dan Fabio Quartararo. Kombinasi unik antara kelincahan dan penyaluran tenaga yang halus telah menghasilkan segudang kesuksesan.

    Mesin empat silinder segaris Yamaha telah berkompetisi di 429 Grand Prix, memenangkan 125 balapan, meraih lebih dari 350 podium, dan membantu Yamaha meraih 8 Gelar Pembalap, 7 Gelar Tim, 5 Gelar Pabrikan, dan 5 Triple Crown MotoGP.

    MotoGP Valencia kemarin menjadi balapan terakhir buat mesin empat silinder segaris Yamaha yang legendaris. Memasuki era baru, seluruh pebalap Yamaha MotoGP 2026 akan menggunakan mesin V4 selama Tes Valencia hari Selasa.

    “Seiring perkembangan MotoGP, Yamaha menerima tantangan untuk beradaptasi dengan tuntutan teknis baru sambil tetap mempertahankan DNA-nya. Peralihan ke mesin V4 menandai tonggak penting dalam upaya Yamaha dalam mencapai performa dan inovasi,” kata Yamaha.

    Mesin V4 Yamaha terbaru diharapkan menghasilkan akselerasi yang lebih baik, pengendalian yang lebih baik saat pengereman, dan kemampuan adaptasi yang lebih baik terhadap ban dan persyaratan aerodinamika terkini.

    “Proses pengembangan yang cepat selama musim 2025 mencerminkan komitmen Yamaha untuk menjadi yang terdepan dalam teknologi MotoGP sekaligus menghormati warisannya,” katanya.

    Massimo Bartolini, Direktur Teknis Yamaha Factory Racing, mengatakan keputusan untuk mengadopsi mesin V4 tidak diambil dengan mudah. Menurutnya, proses pengembangannya sangat ekstensif.

    “Kami menganalisis setiap aspek performa, mulai dari akselerasi hingga performa menikung, dan menyimpulkan bahwa konfigurasi ini menawarkan perbedaan yang kami harapkan, sehingga kami berpotensi mengubahnya menjadi keunggulan,” ujar Bartolini.

    “V4, meskipun masih dalam tahap awal pengembangan, memberikan apa yang kami butuhkan untuk dapat melangkah lebih jauh dan kembali bersaing di level tertinggi. Peralihan dari mesin empat silinder segaris ke V4 merupakan langkah maju yang besar bagi Yamaha, dan kami bersemangat untuk terus menyempurnakan paket ini menjelang tahun 2026 dan sepanjang musim untuk memaksimalkan potensinya,” katanya.

    “Peralihan ke konfigurasi V4 sama strategisnya, karena memungkinkan kami memposisikan diri untuk regulasi teknis 2027, ketika konfigurasi mesin ini akan menawarkan keunggulan dalam hal tata letak motor dan pengembangan aerodinamis,” pungkasnya.

    (rgr/din)

  • Bezzecchi Juara, Raul Kedua, Diggia Ketiga

    Bezzecchi Juara, Raul Kedua, Diggia Ketiga

    Jakarta

    Hasil MotoGP Valencia 2025 bisa Anda simak di sini. Marco Bezzecchi keluar sebagai juaranya, diikuti Raul Fernandez di urutan kedua, dan Fabio Di Giannantonio melengkapi tiga besar.

    Seri ke-22 sekaligus seri pamungkas MotoGP 2025 digelar di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, pada 14-16 November 2025. Tahun 2024, sirkuit ini absen menggelar balap lantaran mengalami musibah banjir bandang.

    Balap utama MotoGP Valencia 2025 pada Minggu (16/11) berlangsung selama 27 lap dengan kondisi cuaca yang cerah. Ada kejadian unik sebelum balapan dimulai, di mana Franco Morbidelli hilang fokus dan terjatuh di area starting grid setelah menabrak motor Luca Marini yang berhenti.

    Marco Bezzecchi Foto: Getty Images/Gold & Goose Photography

    Motor Ducati Desmosedici tunggangan Morbidelli yang mengalami kerusakan pun harus dibawa ke garasi dan Morbidelli tak bisa melanjutkan balapan. Oh iya, di lap pertama, Bezzecchi langsung ngacir terdepan, diikuti Alex Marquez, dan Fabio Di Giannantonio. Mereka memimpin rombongan pertama di awal-awal lap.

    Nasib sial menimpa Francesco ‘Pecco’ Bagnaia. Sudah start dari posisi ke-14, Bagnaia juga harus masuk garasi lebih cepat lantaran mengalami crash di lap pertama tikungan kelima. Bagnaia keluar lintasan dan crash setelah dipepet Johann Zarco. Gara-gara itu, Zarco dihukum long lap penalty.

    Pada lap kelima, rider Aprilia Trackhouse Raul Fernandez menyodok ke posisi ketiga, diikuti rider Red Bull KTM Pedro Acosta yang mengklaim tempat keempat. Diggia turun ke urutan kelima. Pada lap ketujuh, teman satu paddock Fernandez, Ai Ogura, mengalami crash.

    Berstatus sebagai juara sprint race MotoGP Valencia 2025, Alex berusaha sekuat mungkin untuk menyalip Bezzecchi. Namun alih-alih memberi perlawanan sengit, Alex justru semakin melorot posisinya.

    Fernandez menyalip Alex di lap ke-12, kemudian giliran Acosta mempecundangi adik Marc Marquez itu di lap ke-20. Di lap selanjutnya, gantian Diggia yang menyalip Alex. Tak hanya itu, Alex bahkan disalip oleh oleh rekannya, Fermin Aldeguer, di lap-lap akhir, hingga ia hanya bisa finis di urutan keenam.

    Bezzecchi berhasil menjadi pebalap pertama yang menyentuh garis finis Sirkuit Ricardo Tormo, diikuti Fernandez, dan Diggia yang secara heroik bisa memperjuangkan podium usai melakukan take over terhadap Acosta di lap ke-26.

    Sejumlah pebalap tak bisa menuntaskan balapan di MotoGP Valencia 2025. Jorge Martin masuk pit stop di lap ke-16. Fabio Quartararo mengalami crash di lap ke-24. Maverick Vinales masuk pit stop di lap ke-24. Franco Morbidelli dan Aleix Espargaro juga tak menuntaskan balapan kali ini.

    Hasil MotoGP Valencia 2025

    1. Marco Bezzecchi (Aprilia Racing) 40:52.45

    2. Raul Fernandez (Trackhouse MotoGP Team) +0.686

    3. Fabio Di Giannantonio (Pertamina Enduro VR46 Racing Team) +3.765

    4. Pedro Acosta (Red Bull KTM Factory Racing) +4.749

    5. Fermin Aldeguer (BK8 Gresini Racing MotoGP) +8.048

    6. Alex Marquez (BK8 Gresini Racing MotoGP) +8.166

    7. Luca Marini (Honda HRC Castrol) +12.644

    8. Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing) +14.582

    9. Jack Miller (Prima Pramac Yamaha MotoGP) +15.497

    10. Enea Bastianini (Red Bull KTM Tech3) +17.460

    11. Miguel Oliveira (Prima Pramac Yamaha MotoGP) +19.304

    12. Johann Zarco (Castrol Honda LCR) +21.286

    13. Joan Mir (Honda HRC Castrol) +22.079

    14. Alex Rins (Monster Energy Yamaha MotoGP Team) +23.255

    15. Nicolo Bulega (Ducati Lenovo Team) +26.144

    16. Augusto Fernandez (Yamaha Factory Racing Team) +36.854

    17. Somkiat Chantra (Idemitsu Honda LCR) +39.136

    (lua/din)

  • Ini 3 Jawara Honda Modif Contest 2025

    Ini 3 Jawara Honda Modif Contest 2025

    Jakarta

    Puncak pesta Honda Modif Contest (HMC) 2025 ditutup dengan hamparan puluhan modifikasi sepeda motor Honda. Ada tiga pemenang HMC diumumkan dalam gelaran Honda Bikers Day di Yonif 303 SSM Cibuluh, Garut, Jawa Barat pada 15 November 2025.

    Dalam ajang ini, dipamerkan 81 karya terbaik modifikator dari berbagai daerah untuk berkompetisi menjadi yang terbaik. Berdasarkan penilaian para juri profesional.

    Pertama Juara Nasional diberikan kepada Nur Samsul Alam Hasan Basri pada kategori Matic & Cub bersama hasil modifikasi sepeda motor Honda Vario 160 bergaya MotoGP.

    “Konsepnya Vario 160 ala MotoGP, pengerjaan kurang lebih enam bulan,” kata Hasan saat ditemui di Garut, Jawa Barat, Sabtu (15/11/2025).

    Selanjutnya, modifikator Moh. Fakhrudin As’ad berhasil meraih gelar Juara Nasional kategori Sport dengan melalui karya modifikasi CBR250RR. Kini CBR 250 RR itu tampil gambot ala motor gede (moge).

    “Dari dulu sudah suka sama CBR 250 RR,” kata Ashad.

    Honda Modification Contest 2025 Foto: Dok. Ridwan Arifin

    Terakhir, Wory Ransindustrianto dengan kreasinya modifikasi Honda Tiger bergaya Classic Futuristic berhasil mengantarkannya sebagai pemenang Juara Nasional dari kategori Ultimate.

    “Bentuknya klasik denhan aksen modern body full aliminium. Kita di full aluminium meminimalisir pengelasan,” kata Wory.

    Honda Modification Contest 2025, basis Honda Tiger 1999 Foto: Dok. Ridwan Arifin

    Para pemenang Juara Nasional HMC 2025 berhak mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan dan berkesempatan menjadi modifikator dalam Honda Dream Ride Project yang didampingi langsung oleh mentor modifikator ulung Indonesia.

    Honda Modification Contest 2025, basis Honda Vario 160 Foto: Dok. Ridwan Arifin

    General Manager Marketing Planning and Analysis AHM Andy Wijaya mengatakan ajang ini menjadi salah satu wadah dalam mengekspresikan diri melalui karya modifikasi sepeda motor Honda secara konsisten hadir di tengah-tengah para pecinta sepeda motor di Indonesia.

    “Komitmen AHM dalam memberikan ruang kreativitas dan ekspresi diharapkan menginspirasi lahirnya karya-karya baru yang menjadi identitas modifikasi khas Indonesia. Kami akan terus mendampingi modifikator Tanah Air dalam mengkreasikan sepeda motor Honda sesuai mimpi mereka,” ujar Andy.

    Perjalanan HMC 2025, berbagai karya modifikasi terbaik ditentukan dari pelaksanaan HMC seri regional yang digelar di 9 kota besar yakni Bandung, Medan, Surabaya, Makassar, Banjarmasin, Pekanbaru, Samarinda, Solo, Denpasar dan ditutup di Kota Garut, Jawa Barat. Penentuan pemenang di seluruh rangkaian HMC melibatkan juri-juri kompeten yang berpengalaman di bidang modifikasi yakni Hendra Cahyono dari PapNMam Modified, Agus Ficdiyanto dari Alpha Sierra Custom dan Haris Fatchurahman dari Manasi Ride.

    HMC 2025 membuka 9 kelas yang dilombakan dan menghadirkan wadah baru yakni Showcase Arena bagi para pecinta modifikasi. Menariknya, Showcase Arena dapat dimanfaatkan bagi modifikator yang ingin menampilkan hasil karya modifikasinya dan mengikuti ajang HMC dalam satu hari. Kompetisi yang dilombakan pada HMC 2025 yakni All stock & Advance untuk kategori sepeda motor produksi di bawah tahun 2006, serta juga dibuka kategori Matic & Cub Stock/Bolt On, Matic & Cub Advance, Matic & Cub Community Touring, Sport Community Touring, All Sport (Naked & Fairing) dan kelas Show Off untuk kategori sepeda motor dengan produksi di atas tahun 2006.

    Melengkapi 7 kelas lainnya, untuk kategori semua tahun produksi akan hadir dalam dua yakni Racing Style yang mendapatkan antusias tinggi sejak tahun lalu dan dilengkapi oleh kelas Free For All untuk semua kategori skutik, cub, dan sport Honda. Para jawara terbaik dari setiap kelas akan dipertemukan dalam persaingan gelaran putaran final HMC 2025 untuk merebutkan gelar 3 modifikator terbaik untuk kategori National Champion Matic & Cub, National Champion Sport, dan National Champion Free For All. Para 3 modifikator terbaik pada gelaran HMC 2025 berkesempatan mengikuti Honda Dream Ride Project.

    Selain 9 kelas utama, terdapat pula kategori special achievement di tahun ini yang mengeksplorasi Matic Honda yaitu Honda Scoopy, Honda Stylo160, Honda PCX160, Honda ADV160 dan Honda Vario 160. Melengkapi kelas-kelas special achievement, HMC 2025 hadir dengan achievement lainnya seperti Best Fun Community, Best Media Pick dan Best Regional Class.

    (riar/lua)

  • Link Live Streaming MotoGP Valencia 2025, Cek di Sini

    Link Live Streaming MotoGP Valencia 2025, Cek di Sini

    Jakarta

    Buat Anda yang ingin menonton langsung dari rumah, MotoGP Valencia 2025 bisa disaksikan melalui siaran Trans7 serta layanan live streaming SPOTV dan Vision+. Tautannya ada di bawah artikel ini.

    MotoGP 2025 sudah memasuki ujung kompetisi. Seri ke-22 sekaligus seri pamungkas musim ini berlangsung di Sirkuit Valencia, Spanyol, pada 14-16 November 2025. Setelah tahun lalu batal digelar akibat banjir bandang, kini para pecinta balap akhirnya kembali disuguhkan aksi para rider MotoGP di trek yang terkenal teknis tersebut.

    Valencia terakhir kali menggelar MotoGP pada 2023, saat Francesco Bagnaia tampil sebagai pemenang dan mengunci gelar juara dunia, mengungguli Jorge Martin. Setelah dua tahun berselang, penampilan ‘Pecco’ Bagnaia di Sirkuit Valencia justru kurang maksimal.

    Dalam sprint race Sabtu (15/11), Alex Marquez keluar sebagai juara, disusul Pedro Acosta, serta Raul Fernandez. Sementara Bagnaia terpuruk di posisi 14 setelah sebelumnya hanya start dari P16 usai sesi kualifikasi yang buruk. Sementara sang juara MotoGP 2025 Marc Marquez, masih harus absen lantaran pemulihan cedera.

    Untuk Anda yang sudah tidak sabar menyaksikan balapan penutup MotoGP 2025, pastikan tidak melewatkan balap utama malam ini. Race akan dimulai pukul 17.00 WIB untuk kelas Moto3, Moto2 pada pukul 18.15 WIB, dan puncaknya balap MotoGP dimulai pukul 20.00 WIB. Anda bisa menyaksikannya di Trans7, SPOTV, maupun Vision+.

    Jadwal MotoGP Valencia 2025 – Minggu (16/11)

    1. 17:00 WIB: Race Moto3 (20 laps)

    2. 18:15 WIB: Race Moto2 (22 laps)

    3. 20:00 WIB: Race MotoGP (27 laps)

    Link Live Streaming MotoGP Valencia 2025

    1. SPOTV: https://www.spotvnow.com

    2. Trans7: transtv.co.id/live/trans7

    3. Vision+: https://www.visionplus.id/live-tv

    (lua/riar)

  • Tubuh Saya Rusak Secara Biologis

    Tubuh Saya Rusak Secara Biologis

    Jakarta

    Hidup Jorge Martin saat ini berubah 180 derajat. Karuan saja, jika musim lalu meraih juara dunia, musim ini dia bolak-balik masuk ruang operasi. Bahkan, kabar terbaru yang diterima, tubuh pebalap Aprilia itu sudah rusak secara biologis!

    Martin dibolehkan membalap di seri penutup yang digelar di Valencia, Spanyol. Meski demikian, dia tak boleh jatuh. Sebab, tubuhnya yang sudah rusak tak boleh mendapat hantaman keras lagi tahun ini.

    “Kemarin saya bertemu dengan para dokter dan mereka mengatakan kepada saya bahwa tahun ini tubuh saya secara biologis rusak dan saya harus sangat berhati-hati agar tidak mengalami kecelakaan. Ini sangat penting karena bisa berbahaya bagi masa depan saya,” ujar Martin, dikutip dari Motorsport, Sabtu (15/11).

    “Jadi saya fokus pada putaran, menemukan ritme saya dan pada hari terakhir, saya sudah bisa mengendarai motor dengan catatan waktu 1:30,” tambahnya.

    Tubuh Jorge Martin rusak secara biologis! Foto: LAT Images/Gold & Goose Photography

    Sadar tubuhnya tak mampu, Martin tak mau memasang target tinggi di MotoGP Valencia, akhir pekan ini. Bahkan, kata dia, bisa finis saja sudah untung.

    “Akan sangat sulit menyelesaikan sprint dan balapan. Yang penting adalah melalui putaran dengan baik. Itu jauh lebih baik dari yang saya harapkan. Saya tidak ingin mendapat masalah, jadi saya tak akan memaksakan diri untuk menyelesaikan balapan,” tuturnya.

    “Jika saya bisa keluar (balapan) tanpa ada orang di belakang saya, lebih baik saya tidak terlibat masalah untuk menghindari risiko,” lanjutnya.

    Martin lantas teringat kejadian di Losail, Qatar. Ketika itu, dia memang merasa tak mampu dan ingin sekali berhenti. Namun, dia memaksakan diri dan berakhir pada kecelakaan. Dia tak mau situasi itu terulang kembali di Valencia.

    “Tentunya, saya telah belajar dari pengalaman di Qatar, dan jika saya harus berhenti, saya akan berhenti. Yang terpenting adalah melakukan yang terbaik untuk saya dan itu adalah membalap, tentu saja dengan mencatatkan waktu 1.30 saya mengambil risiko yang seharusnya tidak saya lakukan,” kata Martin.

    (sfn/lua)

  • Kemeriahan Honda Bikers Day 2025! Diserbu 32 Ribu Pemotor

    Kemeriahan Honda Bikers Day 2025! Diserbu 32 Ribu Pemotor

    Jakarta

    Honda Bikers Days 2025 dipadati 32.373 bikers yang datang dari berbagai penjuru Indonesia. Acara kali ini mengusung tema “Brotherhood Festival”, pesertanya tembus 30 ribuan pemotor.

    Sebenarnya rangkaian HBD sudah diselenggarakan sejak jauh hari, di empat bulan besar di Indonesia, antara lain dimulai dari Istana Maimun, Medan (11 Oktober), dihadiri 1.567 bikers wilayah Sumatera. Dilanjutkan HBD Kalimantan di Dome Balikpapan (25 Oktober) yang disambut antusias 5.857 bikers, serta HBD Sulawesi di lapangan KONI Manado (1 November) yang menjadi ajang silahturahmi 4.485 pecinta sepeda motor Honda.

    Puncak kebersamaan HBD 2025 digelar di Lapangan Yonif Raider 303 Cikajang, Garut, Jawa Barat, pada Sabtu (15/11). Sebanyak 20.464 bikers bersatu dalam keseruan dan cerita sesama pecinta sepeda motor Honda dari berbagai penjuru negeri.

    Selama acara, para peserta dimanjakan dengan penampilan musik dari artis nasional dan lokal, berbagai kegiatan menarik seperti Honda Modif Contest (HMC) Final Battle, kompetisi esport dan K-Pop, serta talkshow bersama HBD Founder.

    “Honda Bikers Day bukan sekadar pertemuan bikers, tetapi sebuah perayaan persaudaraan dari keberagaman. HBD telah menjadi acara tahunan yang telah mendapatkan ruang khusus di hati para pecinta sepeda motor dari berbagai lintas generasi dalam suasana yang penuh kebahagiaan dan kebersamaan. Tahun ini, kami bangga karena semangat itu semakin kuat terasa di Garut,” ujar General Manager Marketing Planning & Analysis AHM Andy Wijaya.

    Kehadiran puluhan ribu bikers Honda di Garut turut memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar, terutama bagi pelaku UMKM lokal yang berpartisipasi di area acara maupun di jalur wisata Garut dan Tasikmalaya. Puluhan pelaku UMKM lokal hadir di puncak HBD 2025. Tak hanya menjual makanan dan minuman bagi peserta HBD, mereka juga menawarkan beragam produk khas lokal dan juga perlengkapan maupun aksesoris riding bagi pengguna sepeda motor.

    HBD telah menjadi tradisi ikonik selama lebih dari satu dekade, di mana ribuan bikers dari berbagai komunitas dan model motor Honda berkumpul. General Manager Corporate Communication PT AHM (Astra Honda Motor) Ahmad Muhibbuddin mengatakan total peserta dari tahun ke tahun sudah mencapai 220 ribu orang.

    Astra Honda Motor (AHM) menyebut HBD sebagai kegiatan silaturahmi akbar pengguna sepeda motor terbesar di dunia karena besarnya animo dan jumlah peserta yang terkumpul di satu lokasi untuk satu merek motor.

    “HBD adalah event kumpul para bikers Honda terbesar di dunia, brand Honda. Untuk event kumpul-kumpul seperti ini, yang terbesar hanya di Indonesia,” sambung Muhib.

    “Ada acara tradisi seperti ini, misalkan Philips Island sebelum MotoGP ada bikers-bikers yang riding ke Philip Island, tapi tidak sebesar ini,” tambahnya.

    (riar/lua)