TRIBUNNEWS.COM – Indonesia dikenal sebagai negeri dengan sejuta pesona alam yang memukau di setiap sudutnya. Dari Sabang hingga Merauke, keindahan destinasi wisata alamnya tidak pernah gagal membuat setiap mata terpesona.
Nah, salah satu destinasi yang makin mencuri perhatian wisatawan dari dalam maupun luar negeri adalah Labuan Bajo, sebuah kota kecil di ujung barat Pulau Flores yang kini menjadi pintu gerbang menuju Taman Nasional Komodo.
Tak heran, hal ini membuat PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul Tbk kembali meluncurkan iklan terbaru versi “Kuku Bima Energi Indonesia” dengan mengangkat keindahan alam dan pariwisata di Labuan Bajo.
Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat mengatakan, peluncuran iklan ini bertujuan untuk mempromosikan keindahan alam Labuan Bajo kepada masyarakat luas, serta memperkenalkan kekayaan budaya dan sejarahnya.
“Setelah 15 tahun, kami kembali lagi. Kami sudah empat kali membuat iklan di Labuan Bajo, dari tahun 2010, 2017, 2024, dan terakhir di tahun 2025. Produknya tetap sama, yaitu Kuku Bima,” ujar Irwan pada acara peluncuran iklan terbaru Kuku Bima di Kantor Sido Muncul Jakarta, Selasa (25/3/2025).
IKLAN TVC TERBARU – Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat saat memberikan sambutan di acara peluncuran iklan terbaru Kuku Bima di Kantor Sido Muncul Jakarta, Selasa (25/3/2025). Iklan terbaru versi “Kuku Bima Energi Indonesia” ini mengangkat keindahan alam dan pariwisata di Labuan Bajo serta berbagai destinasi wisata di NTT.
Mengusung tema “Kuku Bima Energi Indonesia”, Irwan menjelaskan bahwa pariwisata Indonesia adalah karunia Tuhan atau ‘God Made’ yang patut disyukuri dan perlu dikenalkan hingga seluruh dunia. Ia meyakini bahwa sektor pariwisata memiliki potensi besar dalam mendukung perekonomian Indonesia.
“Saya meyakini kalau pariwisata itu bisa membantu membangun perekonomian yang lebih baik dan tidak merusak lingkungan. Jadi, semoga pariwisata Indonesia nanti tambah maju, rakyat kita bisa makmur dari pariwisata, dan lingkungannya semakin hari semakin lebih baik, Indonesia bisa menjadi negara yang kaya di tahun 2029,” harapnya.
Sebagai informasi, Iklan TVC terbaru Kuku Bima ini melakukan pengambilan gambar di berbagai destinasi wisata di NTT, seperti Labuan Bajo, Danau Kelimutu, Kampung Todo, Ende, Manta Point, Bukit Padar, dan Golo Mori.
Selain menampilkan keindahan alam NTT, iklan ini juga menampilkan sejarah lahirnya Pancasila, Rumah Adat Desa Wae Rebo, Tarian Caci dan kain tenun Songke Manggarai.
“Selain memperkenalkan keindahan pariwisata Flores, kami juga ingin menekankan bahwa Flores memiliki tempat bersejarah di Ende, tempat lahirnya Pancasila. Pancasila ini bukan hanya dasar negara, tetapi juga sesuatu yang menyatukan kita dan dikagumi oleh dunia. Kami ingin masyarakat Indonesia tahu bahwa di Ende, Flores, lahirlah gagasan besar ini,” tambah Irwan.
Terpesona indahnya Labuan Bajo
Pada iklan terbaru ini, Kuku Bima juga turut menggandeng Marion Jola sebagai Brand Ambassador. Penyanyi asal Nusa Tenggara Timur (NTT) ini bercerita bahwa momen pembuatan iklan TVC bersama Kuku Bima ini sangat berkesan, terlebih ini pertama kalinya ia berkunjung ke Labuan Bajo.
“Saya senang jadi salah satu partisipan dalam TVC Kuku Bima buat mempromosikan Labuan Bajo dan yang paling berkesan sih hari pertama itu kita langsung mendaki Pulau Padar dan cantik sekali. Aku jujur selama perjalanan syuting itu aku cuma bilang terus, ‘aku harus balik lagi buat liburan’ karena memang seindah itu,” ungkap penyanyi yang akrab disapa Lala ini.
Melalui hadirnya iklan terbaru Sido Muncul untuk produk Kuku Bima ini, Marion turut berharap semakin banyak orang yang tertarik untuk datang ke Labuan Bajo. Baginya, NTT memiliki pesona pariwisata terbaik yang siap memanjakan wisatawan.
“Kalau harapannya sama Kuku Bima, semoga sama Kuku Bima lebih banyak lagi keindahan Indonesia Timur yang bisa dipromosikan sama aku. Yang kedua, ini harapan dari dalam hati aku, semoga pariwisata di Nusa Tenggara Timur semakin maju dan bisa menyejahterakan masyarakat NTT,” tambahnya.
IKLAN KUKU BIMA – Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat bersama Brand Ambassador Kuku Bima, Marion Jola dan Bravilio Pazcal C. Tambaip di acara peluncuran iklan terbaru Kuku Bima di Kantor Sido Muncul Jakarta, Selasa (25/3/2025). Iklan terbaru versi “Kuku Bima Energi Indonesia” ini mengangkat keindahan alam dan pariwisata di Labuan Bajo serta berbagai destinasi wisata di NTT.
Selain Marion Jola, Bravilio Pazcal C. Tambaip juga menjadi salah satu Brand Ambassador Kuku Bima yang turut serta dalam pembuatan iklan terbaru ini dan baru pertama kali berkunjung ke Labuan Bajo.
“Di sana sudah bagus banget, sangat-sangat luar biasa. Tuhan luar biasa sudah kasih kita pemandangan yang sangat bagus. Dan saya dari proyek kali ini semakin melihat bagaimana betapa keindahan yang ada di seluruh Indonesia ini, terutama di bagian Timur,” ujarnya.
Apresiasi dari pemerintah daerah
Dalam acara launching ini, Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi secara virtual turut menyampaikan apresiasinya terhadap Sido Muncul yang konsisten mengenalkan Labuan Bajo hingga bisa terus berkembang seperti saat ini.
“Yang memperkenalkan pertama kali Labuan Bajo adalah Sido Muncul. Sejak tahun 2010, Sido Muncul iklannya itu selalu mengajak orang untuk datang ke Labuan Bajo,” ujarnya.
Untuk itu, pada tahun 2024, Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat pun memberikan penghargaan kepada Sido Muncul sebagai bentuk apresiasi karena telah mempromosikan pariwisata di Labuan Bajo melalui pembuatan iklan pariwisata yang dipublikasikan di beberapa stasiun TV nasional.
“Tentu kita sangat berharap bahwa tidak hanya kali ini mengiklankan dan mengajak orang datang ke Labuan Bajo, tapi besok dan besoknya selalu ada iklan untuk datang ke Labuan Bajo. Dengan demikian, Labuan Bajo diminati tidak hanya oleh domestik, tapi juga mancanegara,” pungkasnya.
Penulis: Nurfina Fitri Melina | Editor: Vincentius Haru