Club Olahraga: Barcelona

  • Kantong Teh Celup Bisa Lepaskan Miliaran Mikroplastik, Jenis Ini Disebut Lebih Aman

    Kantong Teh Celup Bisa Lepaskan Miliaran Mikroplastik, Jenis Ini Disebut Lebih Aman

    Jakarta

    Riset di Universitas Otonom Barcelona baru-baru ini menemukan risiko kontaminasi mikroplastik yang masuk ke tubuh manusia, utamanya dari teh celup dengan bahan polimer.

    Teh semacam itu disebut melepas jutaan bahkan miliaran nanoplastik dan mikroplastik. Riset yang dipublikasikan di Chemosphere ini membandingkan cemaran dari berbagai bahan kantong teh, termasuk polimer nilon-6, polipropilena, dan selulosa.

    Hasilnya, tidak semua berbahaya. Jenis mana yang perlu dihindari?

    Dikutip dari IFL Science, para ahli di Spanyol-Jerman telah tersebut menguji tiga kantong teh yang umum di pasaran saat diseduh dalam suhu 95 derajat celsius. Ada 300 kantong yang diseduh. Kantong nilon dan polipropilena dibeli dalam keadaan kosong. Kantong selulosa berisi teh hijau dan dikosongkan serta dibilas sebelum pengujian.

    Hasilnya, sebanyak 1,2 miliar partikel per mililiter dilepaskan oleh kantong teh celup polipropilena, dengan diameter rata-rata 137 nanometer. Bahkan jika memperhitungkan fakta para peneliti menggunakan 300 kantong per pengujian, itu masih menjadi jumlah yang cukup banyak.

    Kantong teh celup selulosa menghasilkan 135 juta partikel per ml, meskipun rata-ratanya hampir dua kali lebih besar.

    Sementara yang berbahan nilon-6 hanya melepaskan 8,18 juta partikel per ml.

    Untuk melihat berbagai jenis partikel yang ada dalam teh, serangkaian teknik analisis canggih seperti mikroskop elektron pemindaian (SEM), mikroskop elektron transmisi (TEM), spektroskopi inframerah (ATR-FTIR), hamburan cahaya dinamis (DLS), velocimetry laser Doppler (LDV), dan analisis pelacakan nanopartikel (NTA) digunakan.

    “Kami berhasil mengkarakterisasi polutan ini secara inovatif dengan serangkaian teknik mutakhir, yang merupakan alat yang sangat penting untuk memajukan penelitian tentang kemungkinan dampaknya terhadap kesehatan manusia,” kata peneliti UAB Alba Garcia.

    Partikel-partikel tersebut diwarnai dan dipaparkan untuk pertama kalinya ke berbagai jenis sel usus manusia untuk menilai interaksinya dan kemungkinan paparan.

    Eksperimen interaksi biologis menunjukkan sel-sel usus penghasil lendir memiliki penyerapan mikroplastik dan nanoplastik tertinggi, dengan partikel-partikel tersebut bahkan memasuki inti sel yang menampung materi genetik.

    Hasilnya menunjukkan peran penting lendir usus dalam penyerapan partikel-partikel polutan ini dan menggarisbawahi perlunya penelitian lebih lanjut tentang dampak paparan kronis terhadap kesehatan manusia.

    “Sangat penting untuk mengembangkan metode uji standar untuk menilai kontaminasi mikroplastik yang dilepaskan dari bahan kontak makanan plastik, serta untuk merumuskan kebijakan peraturan untuk secara efektif mengurangi dan meminimalkan kontaminasi ini.”

    “Karena penggunaan plastik dalam kemasan makanan terus meningkat, sangat penting untuk mengatasi kontaminasi guna memastikan keamanan pangan dan melindungi kesehatan masyarakat,” para peneliti menambahkan.

    (naf/kna)

  • Xiaomi 15 Ultra Bakal Rilis di MWC 2025?

    Xiaomi 15 Ultra Bakal Rilis di MWC 2025?

    Jakarta

    Di negara asalnya, Xiaomi 15 Ultra mungkin baru akan dirilis pada Februari mendatang. Kapan perilisan globalnya?

    Konfirmasi perilisan Xiaomi 15 Ultra di China sebelumnya sudah dibocorkan oleh salah satu eksekutif Xiaomi beberapa waktu lalu. Namun kini bocoran peluncuran globalnya diungkap oleh Digital Chat Station.

    Menurutnya, seri ponsel teratas Xiaomi itu akan diluncurkan secara global pada akhir Februari. Mungkin ponsel tersebut juga akan dirilis di ajang MWC seperti Xiaomi 14 Ultra, pasalnya ajang tahunan itu memang akan dibuka pada akhir Februari di Barcelona, Spanyol.

    Xiaomi 15 Ultra diramal akan hadir dengan layar OLED berukuran 6,73 inch yang melengkung di keempat sisinya. Resolusinya masih sama seperti pendahulunya yaitu 1440 x 3200 pixel dengan refresh rate 120Hz.

    Di bagian belakang, Xiaomi 15 Ultra akan dibekali empat kamera dengan kamera utama berukuran 1-inch yang menggunakan sensor Sony LYT-900 dan memiliki bukaan f/1,63. Bocoran ini tidak menyebutkan variable aperture, jadi sepertinya fitur itu dihilangkan.

    Kamera utamanya akan ditemani dengan kamera telephoto 50 MP dengan focal length 70mm, serta kamera periskop telephoto 200 MP dengan focal length 100mm dan kemampuan optical zoom 4,3x.

    Xiaomi 15 Ultra diklaim akan ditenagai baterai dengan kapasitas antara 5.450 mAh hingga 5.800 mAh. Kapasitas baterainya memang lebih besar dari generasi sebelumnya, tapi masih kalah jika dibandingkan kompetitor yang mengusung baterai 6.000 mAh, seperti dikutip dari GSM Arena.

    Xiaomi kemungkinan lebih mengutamakan ruang untuk keempat kamera Xiaomi 15 Ultra ketimbang baterai yang lebih besar, dan berpotensi membuat dimensi ponsel terlalu tebal dan berat.

    Dari segi performa, Xiaomi 15 Ultra kemungkinan besar akan diotaki Snapdragon 8 Elite yang sama seperti saudaranya. Ponsel ini juga akan dilengkapi IP68 dan IP69 untuk ketahanan terhadap air dan debu.

    (asj/rns)

  • Beda Jauh! Penonton MotoGP Mandalika Kalah Banyak dari Sepang

    Beda Jauh! Penonton MotoGP Mandalika Kalah Banyak dari Sepang

    Jakarta

    Dorna Sport selaku promotor MotoGP telah mengumumkan daftar sirkuit dengan penonton terbanyak di musim ini. Hasilnya, Sirkuit Sepang, Malaysia jauh mengungguli Sirkuit Mandalika, Indonesia!

    Disitat dari laman resmi MotoGP dan Motorsport, Jumat (27/12), Sirkuit Sepang dihadiri 184.293 penonton saat MotoGP 2024. Nominal tersebut merupakan hasil akumulasi balapan Sabtu-Minggu. Sementara khusus di hari Minggu saja, angkanya 88.571 orang.

    Catatan tersebut membuat Sirkuit Sepang masuk lima besar lintasan paling banyak dipenuhi penonton sepanjang 2024. Sirkuit Sepang hanya kalah dari Sirkuit Le Mans (Prancis), Sirkuit Sachsenring (Jerman), Sirkuit Buriram (Thailand) dan Sirkuit Assen (Belanda).

    Sirkuit Sepang, Malaysia. Foto: Doc. MotoGP

    Jumlah penonton di Sirkuit Sepang jauh lebih banyak dibandingkan Mandalika. Bahkan, selisihnya 60 ribu penonton lebih! Sebab, jika Sepang dihadiri 184.293 penonton, maka Mandalika hanya 121.252 penonton dan menempati urutan ke-14.

    Secara keseluruhan, penonton MotoGP 2024 yang datang langsung ke sirkuit mencapai 3,03 juta orang. Catatan tersebut menjadi yang tertinggi sepanjang sejarah. Sementara Le Mans, Prancis menjadi sirkuit paling dipenuhi penonton dengan total kehadiran 297.471 orang.

    Berikut Sirkuit MotoGP dengan Penonton Terbanyak 2024Sirkuit Le Mans, Prancis – 297.471 penontonSirkuit Sachsenring, Jerman – 252.826 penontonSirkuit Buriram, Thailand – 205.343 penontonSirkuit Assen, Belanda – 192.554 penontonSirkuit Sepang, Malaysia – 184.923 penontonSirkuit Barcelona, Spanyol (Spain GP) – 181.289 penontonSirkuit Barcelona, Spanyol (Cataluna GP) – 176.684 penontonSirkuit Algarve Portugal – 174.614 penontonSirkuit Misano, San Marino – 163.558 penontonSirkuit Mugello, Italia – 156.676 penontonSirkuit Red Bull Ring, Austria – 150.187 penontonSirkuit Barcelona, Spanyol (Barcelona GP) – 134.848 penontonSirkuit Amerika, Amerika Serikat – 122.559 penontonSirkuit Mandalika, Indonesia – 121.252 penontonSirkuit Silverstone, Britania Raya – 117.867 penontonSirkuit Aragon, Spanyol – 107.421 penontonPhillip Island, Australia – 90.685 penontonSirkuit Misano, Italian (GP Emilia Romagna) – 82.024 penontonSirkuit Twin Ring Motegi, Jepang – 80.131 penontonSirkuit Losail, Qatar – 40.343 penonton.

    (sfn/din)

  • Daftar Sirkuit MotoGP dengan Penonton Terbanyak, Mandalika Posisi Berapa?

    Daftar Sirkuit MotoGP dengan Penonton Terbanyak, Mandalika Posisi Berapa?

    Jakarta

    Dorna Sports telah mengumumkan daftar sirkuit dengan penonton terbanyak di MotoGP 2024. Hasilnya, Sirkuit Le Mans, Prancis menempati peringkat pertama dan Sirkuit Losail, Qatar berada di posisi terakhir. Bagaimana dengan Mandalika?

    Disitat dari laman resmi MotoGP dan Motorsport, Jumat (27/12), jumlah penonton musim lalu menjadi yang terbanyak sepanjang sejarah. Karuan saja, angkanya tembus 3,03 juta orang!

    Nominal tersebut lebih banyak dibandingkan sebelum pandemi. Sebab, di era tersebut, catatan tertinggi hanya pernah mencapai 2,9 juta orang.

    Sirkuit MotoGP dengan penonton terbanyak 2024. Foto: REUTERS/Pablo Morano

    Di peringkat pertama, ada Sirkuit Le Mans, Prancis dengan catatan 297.471 penonton. Angka tersebut merupakan hasil akumulasi dari balapan akhir pekan. Lintasan tersebut sejak beberapa musim terakhir memang selalu dipenuhi penggila MotoGP.

    Sementara di peringkat kedua, ada Sirkuit Sachsenring, Jerman dengan catatan 252.826 penonton. Menariknya, dalam daftar lima besar, ada dua sirkuit asal Asia Tenggara!

    Sirkuit Buriram, Thailand menempati posisi ketiga dengan total 205.343 penonton. Kemudian Sirkuit Sepang, Malaysia di tempat kelima dengan kehadiran 184.923 penonton. Sementara Sirkuit Mandalika, Lombok hanya menghuni urutan ke-14 dengan 121.252 penonton.

    Berikut Sirkuit MotoGP dengan Penonton Terbanyak 2024Sirkuit Le Mans, Prancis – 297.471 penontonSirkuit Sachsenring, Jerman – 252.826 penontonSirkuit Buriram, Thailand – 205.343 penontonSirkuit Assen, Belanda – 192.554 penontonSirkuit Sepang, Malaysia – 184.923 penontonSirkut Barcelona, Spanyol (Spain GP) – 181.289 penontonSirkuit Barcelona, Spanyol (Cataluna GP) – 176.684 penontonSirkuit Algarve Portugal – 174.614 penontonSirkuit Misano, San Marino – 163.558 penontonSirkuit Mugello, Italia – 156.676 penontonSirkuit Red Bull Ring, Austria – 150.187 penontonSirkuit Barcelona, Spanyol (Barcelona GP) – 134.848 penontonSirkuit Amerika, Amerika Serikat – 122.559 penontonSirkuit Mandalika, Indonesia – 121.252 penontonSirkuit Silverstone, Britania Raya – 117.867 penontonSirkuit Aragon, Spanyol – 107.421 penontonPhillip Island, Australia – 90.685 penontonSirkuit Misano, Italian (GP Emilia Romagna) – 82.024 penontonSirkuit Twin Ring Motegi, Jepang – 80.131 penontonSirkuit Losail, Qatar – 40.343 penonton.

    (sfn/sfn)

  • Profil Azerbaijan Airlines, Maskapai yang Pesawatnya Jatuh di Kazakhstan

    Profil Azerbaijan Airlines, Maskapai yang Pesawatnya Jatuh di Kazakhstan

    Jakarta

    Pesawat Azerbaijan Airlines yang terbang dari Ibu Kota Baku ke Grozny Rusia jatuh di Kazakhstan Barat. Korban tewas akibat insiden ini sedikitnya mencapai 38 orang dari 67 penumpang.

    “Situasinya tidak terlalu baik, 38 orang tewas,” kata Wakil Perdana Menteri Kanat Bozumbayev dikutip dari kantor berita Rusia Interfax, Kamis (26/12/2024).

    Penyebab jatuhnya pesawat maskapai Azerbaijan Airlines di wilayah Kazakhstan belum diketahui secara jelas. Otoritas Kazakhstan bersama Azerbaijan sedang menyelidiki lebih lanjut dugaan penyebab kecelakaan, dengan salah satu dugaan menyebut pesawat sempat ditabrak burung sebelum terjatuh dan terbakar.

    Dilansir dari website resmi perusahaan, Azerbaijan Airlines adalah maskapai penerbangan nasional dan salah satu perusahaan penerbangan terkemuka di negara-negara Commonwealth of Independent States (CIS) dengan armada pesawat paling modern.

    Azerbaijan Airlines didirikan pada April 1992 sebagai maskapai nasional pertama di Azerbaijan. Maskapai ini mengoperasikan layanan penumpang dan kargo terjadwal antara Baku dan berbagai kota di CIS, Eropa, Asia hingga Timur Tengah.

    Pada tujuan Eropa, Azerbaijan Airlines menjangkau kota-kota populer di antaranya seperti Barcelona, Berlin, Chisinau, Frankfurt, Jenewa, London, Milan, Minsk, Paris, Praha, Tbilisi, Tel Aviv hingga Wina.

    Azerbaijan Airlines juga menjangkau lebih banyak kota di sejumlah negara. Sebut saja dari Aktau, Almaty, Astana, Antalya, Ankara, Bahrain, Beijing, Bishkek, Bodrum, Dammam, Delhi, Doha, Dubai, Dushanbe, Jeddah, Islamabad, Istanbul, Lahore, Mumbai, Riyadh, Tashkent, dan Urgench.

    Lebih jauh, maskapai kebanggaan Azerbaijan ini turut melayani secara khusus berbagai tujuan di Rusia. Di antaranya Ekaterinburg, Kazan, Moskow, Sochi, Saint Petersburg, Volgograd, dan Ufa.

    Pada perkembangannya, Azerbaijan Airlines telah mendapat tempat tersendiri di hati para pelanggan. Maskapai ini bahkan sering memperoleh penghargaan ‘4 Star Airline Skytrax’ yang membuat statusnya semakin bagus.

    Azerbaijan Airlines diklaim telah sepenuhnya mematuhi standar Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO). Mereka juga menjadi anggota asosiasi penerbangan sipil paling bergengsi, yakni Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA).

    (kil/kil)

  • Profil Azerbaijan Airlines yang Pesawatnya Jatuh di Kazakhstan – Page 3

    Profil Azerbaijan Airlines yang Pesawatnya Jatuh di Kazakhstan – Page 3

    Di Eropa, Azerbaijan Airlines menjangkau kota-kota antara lain Barcelona, Berlin, Chisinau, Frankfurt, Jenewa, London, Milan, Minsk, Paris, Praha, Tiblisi, Tel Aviv dan Wina.

    Sedangkan di Asia, maskapai ini menjangkau kota Aktau, Almaty, Astana, Antalya, Ankara, Bahrain, Beijin. Kemudian Bishkek, Bodrum, Damman, Delhi, Doha, Dubai, Dushambe, Jeddah, Islamabad, Istanbul, Lahore, Mumbai, Riyad, Tashkent, dan Urgench.

    Selain itu, Azerbaijan Airlines juga melayani berbagai tujuan di Rusia antara lain Ekaterinburg, Kazan, Moskow, Sochi, Saint Petersburg, Volgograd, Ufa.

    Adapun maskapai mengoperasikan penerbangan langsung dari Baku ke New York mulai November 2013.

    Pada 2000, Azerbaijan Airlines menerima Boeing pertama yakni pesawat Boeing 757-200. Adapun maskapai ini menerima standar layanan Eropa dari Kamar Dagang, Perdagangan, dan Industri Ekonomi Eropa atau the European Economic Chamber of Trade, Commerce and Industry (EEIG) pada Februari 2009.

    Kemudian maskapai beli pesawat Boeing 767-300 ER pada Juli 2011. Tahun berikutnya pada Mei 2012, Azerbaijan Airlines beli Airbus A340-500. Pada Juli 2013, maskapai beli Embraer 190 dan Embraer 170 yang dibuat di Brazil.

    Pada 5 November 2020, Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev menyetujui pengalihan Azerbaijan Airline dalam manajemen Azerbaijan Investment Holding.

  • Kisah Penyintas Tsunami Aceh: Selamat dan Bertemu Ayah di Masjid Raya Baiturrahman
                
                    
                        
                            Regional
                        
                        26 Desember 2024

    Kisah Penyintas Tsunami Aceh: Selamat dan Bertemu Ayah di Masjid Raya Baiturrahman Regional 26 Desember 2024

    Kisah Penyintas Tsunami Aceh: Selamat dan Bertemu Ayah di Masjid Raya Baiturrahman
    Tim Redaksi
    BANDA ACEH, KOMPAS.com
    – Pagi itu, Minggu 26 Desember 2004, seperti biasa Zulfahmi Ikhsan bersama teman-temannya sedang mengikuti latihan bola kaki di Lapangan Blang Padang, Banda
    Aceh
    . Kegiatan ini merupakan jadwal rutin setiap akhir pekan atau libur sekolah.
    Ikhsan masih ingat betul, pagi itu dia mengenakan jersey klub kesukaannya, Barcelona. Di tengah sedang asyik latihan, tiba-tiba gempa berkekuatan magnitudo 9,3 membuat mereka ketakutan. Setelah gempa berhenti, Ikhsan dan teman-temannya diminta oleh pelatih untuk kembali ke rumah masing-masing.
    Pada saat itu, Ikhsan tinggal di kawasan Lampaseh Kota. Setiba di rumah, dia melihat orang-orang ramai keluar untuk melihat bangunan roboh, termasuk sang ibu bersama tetangganya. Ikhsan yang kala itu masih berusia 13 tahun, juga ikut pergi.
    Selang sekitar 20 menit kemudian, tiba-tiba orang pada berlarian panik sambil meneriakkan air laut naik. Ikhsan masih belum percaya, dia berpikir tidak mungkin air laut naik ke daratan apalagi hingga ke tengah-tengah kota.
    Seketika, gemuruh suara air dan teriakan warga semakin kencang dari arah belakangnya. Ikhsan panik ketakutan. Dia pun langsung ikut lari menyelamatkan diri ke atas reruntuhan bangunan toko di Jalan Muhammad Jam.
    “Pada saat itu saya masih belum percaya, kok bisa air naik ke daratan. Akhirnya saya juga ikut lari ke arah Jalan Muhammad Jam, tepatnya di toko Zikra yang waktu itu sudah hancur, dan saya naik ke atasnya,” kata Ikhsan saat diwawancarai
    Kompas.com
    , Kamis (26/12/2024).
    Bangunan itu ikut tersapu oleh air. Ikhsan terhempas dan hanyut dalam gulungan tsunami bercampur dengan reruntuhan kayu. Ikhsan sudah pasrah, kakinya terluka, dia tidak bisa berenang hingga terminum air lumpur tersebut.
    Di balik gulungan air tsunami itu, tiba-tiba Ikhsan tersangkut di tumpukan kayu dekat lampu merah tepat di samping Masjid Raya Baiturrahman. Pada saat itu, Ikhsan sudah tidak kuat, posisinya terbenam dalam air, yang terlihat hanya tangannya saja.
    “Ada satu orang abang-abang yang datang menyelamatkan saya. Dialah yang membawa saya ke dalam masjid. Pada saat itu kondisinya mengalami luka parah juga, dia lalu mengatakan adik coba cari terus keluarga, abang sudah tidak kuat lagi,” ucap Ikhsan, ini adalah momen yang paling membekas.
    Di tengah ketakutan itu, Ikhsan bertemu teman ayahnya di dalam masjid. Ia kemudian menanyakan kondisi dan keberadaan sang ayah yang ternyata juga menyelamatkan diri di sana. Karena kondisi orang begitu ramai, Ikhsan baru bertemu dengan ayah saat sore hari.
    “Saya dievakuasi ke dalam masjid sekitar pukul 09.00 WIB, dan baru ketemu ayah di dalam masjid itu sekitar pukul 15.00 WIB,” katanya.
    Ikhsan menceritakan, sang ayah memang berjualan di dekat masjid raya dan setiap pagi selalu keluar lebih dulu. Pada saat itu, ayahnya langsung lari menyelamatkan diri di dalam masjid. Dalam musibah ini, Ikhsan kehilangan sang ibu yang jasadnya hingga kini belum ditemukan.
    Bagi Ikhsan, Masjid Raya Baiturrahman adalah saksi kekuasaan Tuhan di mana air tsunami sedikit pun tidak menyentuh masuk ke dalam masjid, sehingga banyak orang-orang yang selamat, bahkan dia sendiri bertemu dengan sang ayah di sana.
    Setelah 20 tahun
    tsunami Aceh
    , luka yang dialami Ikhsan memang sudah pulih. Dia perlahan bangkit dari trauma itu. Kini, Ikhsan sudah menikah dan mempunyai seorang anak. Ikhsan berprofesi sebagai seorang fotografer pernikahan atau 
    wedding
    profesional di Banda Aceh.
    “Dengan musibah ini, semoga kita semua bisa mengambil pelajaran dan lebih sigap menghadapi bencana. Saya mengajak semua kita untuk membekali diri dengan mitigasi bencana yang cukup. Aceh daerah rawan, dan bencana itu kita tidak tahu kapan datangnya,” pungkas Ikhsan.
    Copyright 2008 – 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Xiaomi 15 Ultra akan Rilis Februari 2025? – Page 3

    Xiaomi 15 Ultra akan Rilis Februari 2025? – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Xiaomi disebut-sebut tengah bersiap untuk melengkapi jajaran produk andalannya pada 2025 dengan kehadirannya Xiaomi 15 Ultra. Smartphone seri premium ini kemungkinan akan meluncur pada Februari mendatang, dimulai di Tiongkok.

    Informasi ini didapatkan berdasarkan petunjuk dari seorang eksekutif Xiaomi dan hal ini sejalan dengan informasi terbaru dari informan Digital Chat Station. Ia menyebut, peluncuran untuk Xiaomi 15 Ultra akan dilakukan jelang akhir Februari 2025.

    Mengutip Gizchina, Kamis (26/12/2024), Xiaomi 15 Ultra kemungkinan akan dipamerkan di ajang MWC 2025. Ini merupakan ajang pameran perangkat mobile terbesar di Barcelona, Spanyol.

    Xiaomi bisa saja memakai panggung MWC untuk memperkenalkan Xiaomi 15 Ultra, seperti yang dilakukan dengan Xiaomi 14 Ultra pada awal 2024 lalu.

    Acara ini juga menjadi ajang bagi Xiaomi untuk memperlihatkan kesiapannya bersaing dengan berbagai merek smartphone terbarik di luaran sana.

    Sekadar informasi, Xiaomi 15 Ultra menggunakan chipset Snapdragon 8 Elite yang memiliki ketangguhan tinggi sehingga menjadikan ponsel ini jadi super cepat dan lancar menjalankan berbagai aplikasi.

    Xiaomi memamerkan mobil listrik pertamanya, SU7, di ajang Mobile World Congress 2024 di Fira Gran Via, Barcelona Spanyol, Senin (26/2/2024).

  • Dulu Bolak-balik Diskotek, Kini Lebih ‘Alim’

    Dulu Bolak-balik Diskotek, Kini Lebih ‘Alim’

    Jakarta

    Pebalap Aprilia asal Spanyol, Jorge Martin punya kisah kelam di masa lalu. Ketika itu, tepatnya saat masih junior, dia pernah terjebak ‘lingkaran setan’. Dia kecanduan pesta dan menghabiskan uang untuk hura-hura!

    Kisah unik tersebut disampaikan Martin saat menjadi pembicara di siniar berbahasa Spanyol, Tengo un Plan. Pebalap yang kini berusia 27 tahun itu mengisahkan perjalanan hidup saat masih nakal hingga menjadi lebih ‘alim’ seperti sekarang.

    Martin mengatakan, pebalap sudah menerima banyak uang saat masih berjuang di kompetisi junior. Bahkan, di level Moto3, mereka sudah mendapat gaji hingga 40 ribu euro atau hampir Rp 700 juta semusim. Nominal tersebut bisa meroket hingga Rp 1,1 miliar ditambah uang-uang lain.

    Jorge Martin. Foto: REUTERS/Pablo Morano

    Di Moto2, pebalap sekurang-kurangnya menerima 300 ribu euro atau Rp 5 miliar semusim. Martin menegaskan, beberapa nama bisa mendapat jauh lebih banyak. Sementara di level MotoGP, ada yang sampai menerima 12 juta euro atau Rp 200 miliaran semusim!

    “(Di Moto2) mungkin mereka mendapatkan 300 ribu euro atau lebih, Anda bisa menabung dan melakukan hal-hal yang bisa menambah pemasukan. Di MotoGP, Anda bisa mendapatkan 600 ribu euro hingga 12 juta euro per tahun yang selama ini didapat pebalap,” ujar Martin, dikutip Selasa (24/12).

    Kondisi tersebut, kata Martin, membuat para pebalap MotoGP gelap mata. Bahkan, dia mengaku sebagai salah satu korbannya. Dia yang punya banyak uang mulai suka pesta dan bolak-balik diskotek atau tempat hiburan malam.

    “Saya mulai berpesta. Sebelumnya, saya tidak pernah keluar rumah, tapi saya mulai pergi ke Barcelona untuk berpesta,” tuturnya.

    “Saya ingat setelah balapan, saya pergi ke Barcelona untuk berpesta. Saya kemudian berlatih di Andorra dan pada akhir pekan saya balik lagi ke Barcelona untuk berpesta. Balapan lagi, pesta lagi dan seterusnya,” lanjutnya.

    Eks pebalap Pramac Racing tersebut kemudian berkisah, suatu hari dia ‘gila-gilaan’ di suatu diskotek. Kemudian setelah puas berpesta, petugas di lokasi tersebut memberikan struk tagihan dengan nominal yang di luar nalar. Dia harus merogoh koceknya dalam-dalam untuk kesenangan sesaat.

    [Gambas:Youtube]

    Jorge Martin Tobat

    Martin mengaku, setelah sekian lama, dia akhirnya mampu keluar dari ‘dunia hitam’. Hal tersebut bermula setelah dia bertemu kekasihnya, Maria, yang memberikan kesadaran.

    “Itu bukan saya. Saya kembali ke akar saya dan saya pikir saya tidak bisa begitu terus. Saat itulah saya memutuskan berhenti. Beberapa bulan kemudian saya bertemu Maria, pacar saya, dan dia membuat saya lebih tenang,” kata Martin.

    Jorge Martin Foto: (Jorge Martin/Instagram)

    Selain itu, kata Martin, ada peran orang tua dan kakek-neneknya dalam perjalanannya menuju ‘pintu tobat’. Kini, dia merasa jauh lebih baik ketimbang saat masih remaja.

    “Saya pikir saya mendapatkan pendidikan yang sangat baik, dan orang tua serta kakek-nenek saya selalu membuat saya tetap membumi. Anda akhirnya melakukan hal tersebut (memberi isyarat untuk berubah),” ungkapnya.

    “Sekarang, saya menjadi lebih baik. Namun, Anda harus bersyukur soal apa yang sudah Anda miliki, merasa bahagia dan menikmatinya. Yang terpenting, Anda juga harus membantu orang-orang tercinta, seperti ayah, ibu dan orang lain yang membutuhkan. Saya bangga dengan (perubahan) ini,” kata dia menambahkan.

    (sfn/lua)

  • Sisi Gelap MotoGP, Gaji Tinggi Bikin Pebalap Dibutakan Dunia!

    Sisi Gelap MotoGP, Gaji Tinggi Bikin Pebalap Dibutakan Dunia!

    Jakarta

    Juara dunia musim lalu, Jorge Martin mengungkap ‘sisi gelap’ MotoGP. Dia mengatakan, gaji besar yang diterima setiap tahun, membuat pebalap dibutakan dunia. Bahkan, dia merupakan salah satu korbannya!

    Saat hadir sebagai tamu di siniar Youtube Tengo un Plan, Martin bicara mengenai uang dan kehidupan pribadi sebagai pebalap. Menurutnya, beberapa rider sudah menerima upah besar saat masih berjuang di kompetisi junior.

    “Pada dasarnya di Moto3, saya sudah menghasilkan uang. Segera setelah naik ke Kejuaraan Dunia, dengan Aspar, saya sudah memiliki kontrak, saya tidak ingat tapi mungkin sekitar 30 atau 40 ribu euro (sekira Rp505-674 juta) semusim,” ujar Martin, dikutip Selasa (24/12).

    “Ditambah beberapa sponsor, di usia 17 tahun, saya sudah mendapat upah sekitar 70 ribu euro (Rp 1,1 miliar) semusim. Lalu, ada pembalap Moto3 yang bisa mendapatkan 150 ribu euro (Rp 2,5 miliar) atau lebih,” tambahnya.

    Jorge Martin Foto: (Jorge Martin/Instagram)

    Menurutnya, ketika masih junior, pebalap tak terlalu memikirkan upah, melainkan karier dan pengembangan diri. Namun, di level berikutnya, pebalap mulai menjadikan uang sebagai fokus utama.

    Ketika naik ke Moto2, pebalap bisa menerima upah 300 ribu euro atau Rp 5 miliaran semusim. Bahkan, ada beberapa nama yang menghasilkan lebih banyak uang. Sementara di level MotoGP, ada yang sampai menerima 12 juta euro atau Rp 200 miliaran semusim!

    “(Di Moto2) mungkin mereka mendapatkan 300 ribu euro atau lebih, Anda bisa menabung dan melakukan hal-hal yang bisa menambah pemasukan. Di MotoGP, Anda bisa mendapatkan 600 ribu euro hingga 12 juta euro per tahun yang selama ini didapat pebalap,” ungkapnya.

    Kondisi tersebut, kata Martin, membuat pebalap MotoGP gelap mata. Bahkan, dia salah satu korbannya. Setelah memegang banyak uang di usia muda, dia mulai senang berpesta dan mampir dari satu diskotek ke diskotek lain.

    “Saya mulai berpesta. Sebelumnya, saya tidak pernah keluar rumah, tapi saya mulai pergi ke Barcelona untuk berpesta,” tuturnya.

    “Saya ingat setelah balapan, saya pergi ke Barcelona untuk berpesta. Saya kemudian berlatih di Andorra dan pada akhir pekan saya balik lagi ke Barcelona untuk berpesta. Balapan lagi, pesta lagi dan seterusnya,” lanjutnya.

    Jorge Martin Foto: (Jorge Martin/Instagram)

    Eks Pebalap Pramac Racing itu kemudian berkisah, suatu hari dia ‘gila-gilaan’ di suatu diskotek. Kemudian setelah puas berpesta, petugas di lokasi memberikan struk tagihan dengan nominal yang di luar nalar. Dia harus merogoh kocek dalam-dalam untuk kesenangan sesaat tersebut.

    “Itu bukan saya. Saya kembali ke akar saya dan saya pikir saya tidak bisa begitu terus. Saat itulah saya memutuskan berhenti. Beberapa bulan kemudian saya bertemu Maria, pacar saya, dan dia membuat saya lebih tenang,” kata Martin.

    [Gambas:Youtube]

    (sfn/dry)