Club Olahraga: Barcelona

  • AS Mendadak Punya Musuh Baru, Trump Serukan Ancaman Ini

    AS Mendadak Punya Musuh Baru, Trump Serukan Ancaman Ini

    Jakarta, CNBC Indonesia – Eropa jadi musuh baru Amerika Serikat (AS) di dunia teknologi. Hal ini dipicu aturan pembatasan teknologi yang diterapkan di kawasan Uni Eropa. AS menilai aturan itu “berlebihan” dan tidak menjunjung nilai kesetaraan dan keadilan.

    Oleh karena itu, Ketua Komisi Komunikasi Federal Amerika Serikat (FCC) Brendan Carr berjanji membela kepentingan perusahaan-perusahaan teknologi AS yang menjadi korban dari peraturan Uni Eropa.

    Hal tersebut ia sampaikan di konferensi Mobile World Congress (MWC) 2025 di Barcelona. Carr mengatakan peraturan teknologi Uni Eropa tidak sesuai dengan nilai-nilai yang dipegang oleh AS.

    Ia merujuk secara khusus pada Undang-Undang Layanan Digital (DSA) Uni Eropa, sebuah peraturan penting dari blok tersebut yang bertujuan untuk mengatasi konten ilegal dan berbahaya secara online.

    “Kami kembali ke akar amandemen pertama kami, yakni tradisi untuk mengutamakan kebebasan berbicara kami,” kata Carr, dikutip dari CNBC Internasional, Selasa (4/3/2025).

    “Dari Presiden [Donald] Trump hingga saya, di seluruh pemerintahan, kami mendorong perusahaan-perusahaan teknologi kami untuk menghentikan penyensoran yang kami lihat beberapa tahun terakhir,” imbuhnya.

    Ia mengungkap ada beberapa kekhawatiran yang dimiliki sehubungan dengan pendekatan yang diambil Eropa dengan DSA khususnya. Risikonya, regulasi tersebut dikhawatirkan akan merusak kebebasan berbicara. 

    Ancaman Trump ke Eropa

    Ini bukan pertama kalinya AS menunjukkan kekhawatirannya tentang regulasi teknologi Eropa. Pada pertemuan internasional tentang AI di Paris bulan lalu, Wakil Presiden AS JD Vance membidik Eropa. Ia mengklaim regulasi yang ketat memberatkan perusahaan-perusahaan teknologi AS untuk berinovasi.

    Pada 21 Februari, Presiden Trump mengeluarkan arahan yang mengancam akan memberlakukan tarif di Eropa untuk memerangi apa yang mereka sebut “pemerasan di luar negeri” terhadap perusahaan-perusahaan teknologi AS melalui pajak, denda, praktik, dan kebijakan layanan digital.

    Menanggapi tarif Trump, Uni Eropa dilaporkan mengancam akan menggunakan instrumen “anti-pemaksaan” yang baru, yang memungkinkan blok ini untuk mengambil tindakan dalam kasus-kasus pemaksaan ekonomi terhadap negara-negara anggota Uni Eropa.

    “Menurut saya, hal ini mengkhawatirkan bukan hanya bagi masyarakat Eropa, namun juga bagi perusahaan-perusahaan teknologi AS yang berbisnis di sini,” ujar Carr.

    “Penyensoran yang berpotensi datang dari DSA adalah sesuatu yang tidak sesuai dengan tradisi kebebasan berbicara di Amerika dan komitmen yang telah dibuat oleh perusahaan-perusahaan teknologi ini dalam keragaman pendapat,” terangnya.

    (fab/fab)

  • Di MWC 2025, Realme Ungkap Jurus Unggul di Pasar Smartphone Global

    Di MWC 2025, Realme Ungkap Jurus Unggul di Pasar Smartphone Global

    Jakarta

    Realme mengungkap strategi mereka untuk bisa unggul di pasar smartphone global. Hal ini mulai dari menambah pengguna sampai inovasi teknologi canggih.

    Hal ini diungkap Realme di dalam ajang Mobile World Congress (MWC) 2025 di Barcelona, Spanyol. Dalam keterangan yang diterima detikINET, Selasa (4/3/2025), VP dan CMO Realme Chase Xu mengatakan Realme bertekad menempuh upaya pertumbuhan sambil berkomitmen terhadap inovasi sesuai kebutuhan pengguna.

    “Strategi baru kami fokusnya tidak hanya perluasan pasar, tapi juga dedikasi kami untuk memberdayakan generasi muda yang mempopulerkan teknologi, berusaha untuk melampaui ekspektasi pengguna di dunia terkait teknologi,” kata Chase Xu di MWC 2025, Barcelona.

    Mulai tahun 2025 ini, Realme ingin tancap gas. Mereka sudah menjadi smartphone dengan pertumbuhan tercepat di Spanyol, Italia dan Meksiko pada Q3 dan Q4 2024. Mereka berambisi ingin unggul di 100 negara.

    Dalam 3 tahun ke depan, Realme punya target menggandakan jumlah pengguna di dunia. Mereka ingin konsisten hadir di pasar midrange sampai high end.

    Untuk meraih mimpi tersebut, Realme menyusun roadmap rencana produk, penguatan brand dan inovasi teknologi. Di MWC 2025, inovasi itu pun dihadirkan.

    Dalam MWC 2025, Realme mengungkap 3 lini produk utama untuk pengalaman teknologi canggih bagi para pengguna muda. GT Series akan dibranding sebagai ‘Next Level Performance Flagship with AI’.

    Kemudian Realme Number Series dibranding sebagai ‘Mid-range Performance Benchmark’. Sedangkan C Series dibranding sebagai ‘Better Tech for Youth’.

    Realme juga tidak mau ketinggalan dalam mengembangkan AI dengan memperkenalkan NEXT AI. Ini adalah teknologi AI yang disesuaikan untuk kebutuhan pengguna muda. Yang akan dikembangkan adalah AI Imaging, AI Efficiency dan AI Gaming. Target Realme adalah menjual 100 juta smartphone dengan AI pada GT Series, Number Series, C Series dan lainnya.

    Realme pun mengungkap keinginannya untuk selalu unggul di hadapan konsumen muda belia. Mereka menjaga positioning sebagai smartphone gaming dengan beberapa kolaborasi baru mulai 2025 antara lain dengan Mobile Legends: Bang Bang (MLBB), Free Fire, Honor of Kings (HOK) dan Battlegrounds Mobile India (BGMI).

    Realme juga akan menjajal kolaborasi lintas industri dengan beberapa nama terkenal namun belum bisa diungkapkan sekarang. Akan ada 2 pengumuman kolaborasi terkait dunia entertainment yang akan diumumkan tahun ini.

    (fay/fay)

  • Telkomsel Bareng ZTE Sepakat Kembangkan Teknologi AI & 5G-LAN

    Telkomsel Bareng ZTE Sepakat Kembangkan Teknologi AI & 5G-LAN

    Jakarta

    Telkomsel dan ZTE Corporation memperkuat kerja sama strategis dengan menandatangani nota kesepahaman (MoU). Kolaborasi ini menitikberatkan pada pengembangan teknologi berbasis kecerdasan buatan (AI), implementasi 5G-LAN, serta solusi ultra-compact untuk jaringan privat.

    Pengembangan teknologi ini bertujuan meningkatkan kualitas layanan broadband dan mempercepat transformasi digital di berbagai sektor industri di Indonesia. Direktur Network Telkomsel, Indra Mardiatna, menegaskan kolaborasi ini merupakan langkah nyata dalam mendukung transformasi digital di berbagai industri.

    “Sebagai bagian dari upaya kami dalam mengakselerasikan transformasi industri di berbagai sektor, Telkomsel terus mengadopsi teknologi terbaru yang dapat menghadirkan jaringan yang lebih cepat, andal, dan efisien. Kolaborasi strategis dengan ZTE memungkinkan Telkomsel menghadirkan penerapan AI serta solusi jaringan terkini agar pelanggan, baik individu maupun korporasi, dapat merasakan manfaat konektivitas yang lebih cerdas dan adaptif sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan industri yang terus berkembang,” ujar Indra dalam keterangan tertulis, Selasa (4/3/2025).

    Hal tersebut disampaikan pada ajang Mobile World Congress (MWC) 2025 pada Senin (3/3) di Barcelona. Telkomsel dan ZTE akan memperluas pengembangan jaringan berbasis AI, termasuk menghadirkan native AI baseband pertama di industri.

    Teknologi ini dibuat untuk meningkatkan efisiensi energi, memastikan kualitas layanan hingga ke tingkat pengguna individu, serta memperkenalkan sistem pemeliharaan jaringan berbasis AI (AI-based Operations & Maintenance).

    Selain itu, modernisasi solusi 5G-LAN dan FTTR-B (Fiber to the Room-Business) juga menjadi fokus utama dalam menyediakan konektivitas yang lebih cepat, stabil, dan fleksibel bagi dunia usaha.

    Untuk mengatasi tantangan dalam penerapan jaringan broadband privat, Telkomsel dan ZTE menghadirkan solusi ultra-compact private network yang dilengkapi dengan kartu NodeEngine untuk meminimalkan kebutuhan infrastruktur tambahan.

    Teknologi ini diharapkan dapat mendorong adopsi jaringan privat di berbagai sektor industri, meningkatkan efisiensi operasional, keamanan data, serta produktivitas bisnis di Indonesia.

    Sementara itu, Senior Vice President ZTE, Mei Zhonghua, menambahkan inovasi berbasis AI dan 5G-LAN yang dihadirkan dalam kerja sama ini akan membantu industri Indonesia dalam mengoptimalkan operasionalnya.

    “ZTE percaya bahwa teknologi harus mampu menjawab tantangan nyata di lapangan, baik dalam skala industri maupun bagi pelanggan akhir. Dengan kerja sama ini, kami membawa inovasi berbasis AI, 5G-LAN, dan solusi jaringan privat yang lebih efisien agar industri di Indonesia dapat mengoptimalkan operasional dan mendorong pertumbuhan bisnis secara berkelanjutan. Kami optimis berbagai teknologi baru yang akan kami hadirkan bersama Telkomsel bisa menjadi katalis transformasi digital, meningkatkan konektivitas, dan mendorong pertumbuhan bisnis,” ujar Mei Zhonghua.

    Kolaborasi ini melanjutkan kesuksesan kerja sama Telkomsel dan ZTE di MWC 2024. Implementasi jaringan berbasis AI Machine Learning telah berhasil diterapkan di Makassar dan Kendari. Kedua perusahaan berkomitmen untuk terus menghadirkan inovasi yang dapat meningkatkan daya saing industri, mempercepat digitalisasi, serta membangun ekosistem konektivitas yang lebih maju bagi seluruh masyarakat Indonesia.

    (anl/ega)

  • Menggenggam Tecno Spark Slim di MWC 2025, HP Super Tipis dengan Baterai Besar – Page 3

    Menggenggam Tecno Spark Slim di MWC 2025, HP Super Tipis dengan Baterai Besar – Page 3

    Liputan6.com, Barcelona – Tecno resmi mengungkap sejumlah perangkat konsep besutan mereka dalam gelaran Mobile World Congress 2025 (MWC 2025) yang diadakan di Barcelona, Spanyol. Salah satu yang menjadi perhatian adalah Tecno Spark Slim.

    Seperti namanya, Tecno Spark Slim merupakan smartphone yang menawarkan desain tipis nan ringan. Tecno menyebut perangkat ini memiliki ketebalan hanya 5,75mm dan bobot sekitar 146 gram.

    Dengan ukuran tersebut, Tecno Spark Slim pun bisa dikatakan sebagai smartphone yang menawarkan bodi tertipis. Meski masih konsep, untuk perbandingan, rata-rata smartphone sekarang memiliki bodi dengan ketebalan di kisaran 7mm.

    Selain itu, meski memiliki desain yang tipis dan ringan, Tecno mengklaim mampu menyematkan baterai yang terbilang besar, yakni 5.200mAh. Menariknya lagi, perangkat ini juga mendukung kemampuan fast charging 45W.

    Perangkat ini hadir dengan layar AMOLED 6,78 inci dan mampu mendukung refresh rate hingga 144Hz.

    Saat digenggam, Tecno Spark Slim memang memberikan kesan yang ringan dan tipis, sehingga mungkin terasa tidak seperti perangkat smartphone yang ada saat ini.

  • Telkomsel & TikTok Bermitra, Eksplorasi Telco Verify dan Telco Insight

    Telkomsel & TikTok Bermitra, Eksplorasi Telco Verify dan Telco Insight

    Bisnis.com, BARCELONA – Telkomsel, sebagai penyedia layanan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, bersama dengan TikTok, platform video pendek global terkemuka, resmi menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) untuk menjajaki kolaborasi strategis dalam pengembangan solusi data dan API pada Mobile World Congress (MWC) 2025 di Barcelona, Spanyol (3/3). Kerja sama ini mencakup pemanfaatan Telco Verify serta Telco Insight Collaboration guna menghadirkan pengalaman digital yang lebih aman dan nyaman bagi pengguna TikTok di Indonesia.

    Salah satu inisiatif utama dalam kerja sama ini adalah eksplorasi Telco Verify, solusi autentikasi berbasis jaringan yang memungkinkan pengguna untuk diautentikasi secara otomatis (silent verification) oleh operator jaringan seluler, tanpa perlu memasukkan kata sandi atau kode One-Time Password (OTP). Hal ini dapat mengurangi kemungkinan pengambilalihan akun pengguna melalui social engineering ataupun pembagian kode OTP yang tidak disengaja. Sehingga, solusi yang andal dan efisien ini tidak hanya mempercepat proses autentikasi, tetapi juga meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna TikTok.

    Selain itu, melalui Telco Insight Collaboration, Telkomsel dan TikTok memanfaatkan teknologi Data Cleanroom untuk melakukan kolaborasi dan eksplorasi Telco insight dengan tujuan utama meningkatkan pengalaman pengguna TikTok. Dengan teknologi Data Cleanroom, kedua pihak dapat melakukan analisis data bersama secara aman dengan tetap menjaga privasi dan kerahasiaan informasi pengguna karena dilakukan dalam bentuk anonim dan terenkripsi. Dalam kolaborasi ini, teknologi Data Cleanroom diterapkan untuk mengolah data secara terisolasi tanpa adanya pertukaran atau pengungkapan data antar pihak. Dengan pendekatan ini, kedua perusahaan memastikan kepatuhan terhadap regulasi privasi serta mengedepankan perlindungan data pelanggan, sekaligus meningkatkan keamanan dan akurasi dalam analisis informasi.

    Perbesar

    Direktur Planning & Transformation Telkomsel, Wong Soon Nam, mengungkapkan, “Melalui kerja sama dengan TikTok ini, Telkomsel berkomitmen untuk menghadirkan layanan yang lebih personal dan relevan bagi pengguna TikTok di Indonesia. Dengan memanfaatkan teknologi canggih, kami optimistis dapat menciptakan ekosistem digital yang lebih aman, efisien, dan inovatif lewat keunggulan Telco Verify dan Telco Insight Collaboration.”

    Direktur Business Development APAC, TikTok, Vanessa Brown, menambahkan, “Keamanan dan personalisasi layanan adalah dua elemen penting bagi pengalaman pengguna kami. Dengan dukungan dari Telkomsel, kami optimis dapat menghadirkan solusi inovatif yang tidak hanya meningkatkan keamanan akun, tetapi juga memberikan layanan yang lebih relevan bagi komunitas TikTok di Indonesia.”

    Dengan kerja sama ini, yang selaras dengan tema MWC 2025 “Enterprise Re-Invented” yang menekankan pentingnya ketangkasan perusahaan dalam menghadapi konvergensi teknologi krusial serta terus berkembang untuk menata ulang proses internal dan model bisnis guna mempertahankan keunggulan kompetitif diharapkan dapat memperkuat posisi Telkomsel sebagai pemimpin dalam solusi digital berbasis telekomunikasi, sekaligus memperkuat komitmen TikTok dalam menghadirkan platform yang lebih aman dan berorientasi pada pengalaman pengguna. Kedua perusahaan akan terus mengeksplorasi potensi kerja sama lebih lanjut untuk mendukung ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan di Indonesia.

  • Telkomsel & TikTok Mau Kembangkan Telco Verify-Insight Collaboration di RI

    Telkomsel & TikTok Mau Kembangkan Telco Verify-Insight Collaboration di RI

    Jakarta

    Telkomsel dan TikTok resmi jalin kerja sama melalui penandatanganan MoU. Kerja sama tersebut bertujuan untuk mengembangkan Telco Verify serta Telco Insight Collaboration guna menghadirkan pengalaman digital yang lebih aman dan nyaman bagi pengguna TikTok di Indonesia.

    Direktur Planning & Transformation Telkomsel Wong Soon Nam mengatakan salah satu inisiatif utama dalam kerja sama ini adalah eksplorasi Telco Verify.

    Teknologi tersebut merupakan solusi autentikasi berbasis jaringan yang memungkinkan pengguna untuk diautentikasi secara otomatis (silent verification) oleh operator jaringan seluler, tanpa perlu memasukkan kata sandi atau kode One-Time Password (OTP).

    Hal ini dapat mengurangi kemungkinan pengambilalihan akun pengguna melalui social engineering ataupun pembagian kode OTP yang tidak disengaja, sehingga solusi yang andal dan efisien ini tidak hanya mempercepat proses autentikasi, tetapi juga meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna TikTok.

    “Melalui kerja sama dengan TikTok ini, Telkomsel berkomitmen untuk menghadirkan layanan yang lebih personal dan relevan bagi pengguna TikTok di Indonesia. Dengan memanfaatkan teknologi canggih, kami optimistis dapat menciptakan ekosistem digital yang lebih aman, efisien, dan inovatif lewat keunggulan Telco Verify dan Telco Insight Collaboration,” kata Wong dalam keterangan tertulis, Selasa (4/3/2025).

    Hal tersebut diungkapkan olehnya saat melakukan kerja sama di di Mobile World Congress (MWC) 2025 di Barcelona, Spanyol, Selasa (3/3/2025).

    Dia mengatakan kerja sama ini selaras dengan tema MWC 2025 ‘Enterprise Re-Invented’ yang menekankan pentingnya ketangkasan perusahaan dalam menghadapi konvergensi teknologi krusial. Serta terus berkembang untuk menata ulang proses internal dan model bisnis.

    “Hal itu bertujuan guna mempertahankan keunggulan kompetitif diharapkan dapat memperkuat posisi Telkomsel sebagai pemimpin dalam solusi digital berbasis telekomunikasi. Sekaligus memperkuat komitmen TikTok dalam menghadirkan platform yang lebih aman dan berorientasi pada pengalaman pengguna. Kedua perusahaan akan terus mengeksplorasi potensi kerja sama lebih lanjut untuk mendukung ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan di Indonesia,” tuturnya.

    Sementara itu, Direktur Business Development APAC, TikTok, Vanessa Brown mengatakan pihaknya menyambut baik kerja sama tersebut. Pasalnya keamanan dan personalisasi layanan merupakan dua elemen yang perlu diperhatikan.

    “Keamanan dan personalisasi layanan adalah dua elemen penting bagi pengalaman pengguna kami. Dengan dukungan dari Telkomsel, kami optimis dapat menghadirkan solusi inovatif yang tidak hanya meningkatkan keamanan akun, tetapi juga memberikan layanan yang lebih relevan bagi komunitas TikTok di Indonesia,” imbuh Vanessa.

    (anl/ega)

  • Alanis Morrissette Siapkan Jadwal Tur di Musim Panas, Fans Temukan Teori Menarik

    Alanis Morrissette Siapkan Jadwal Tur di Musim Panas, Fans Temukan Teori Menarik

    JAKARTA – Alanis Morissette baru saja membagikan kabar besar kepada para fans. Sang lady rocker akan menjadi headliner dalam pertunjukan besar di London’s O2 Arena musim panas nanti.

    Tak sendiri, Alanis akan ditemani oleh artis berbakat lainnya, Liz Phair. Pengumuman ini muncul setelah penyanyi ‘Ironic’ itu mengungkap rencana tur UK dan Eropa-nya pada Oktober lalu, yang mencakup 16 tanggal di Denmark, Swedia, Jerman, Polandia, Belanda dan lainnya.

    Rangkaian Tur di UK dan Irlandia akan dimulai dengan pertunjukan utama di Malahide Castle, Dublin, pada 29 Juni, dilanjutkan dengan pertunjukan di Ormeau Park, Belfast, pada 30 Juni. Berikutnya, Alanis akan tampil di Cardiff, Lancashire, dan Glasgow pada 2, 4, dan 5 Juli.

    Setelah menyelesaikan tanggal di UK, ia akan menuju Spanyol untuk dua pertunjukan terakhir di Coruna dan Barcelona.

    Namun fans menemukan sesuatu yang menarik. Mereka melihat jeda di jadwal turnya di Amsterdam dan Dublin. Ia mengosongkan tanggal 26 hingga 28 Juni.

    Bukan kebetulan, tanggal itu adalah momen berlangsungnya Glastonbury Festival 2025. Meskipun itu masih spekulasi, yang pasti adalah pertunjukannya di London O2 Arena pada 27 Juli, dengan Liz Phair sebagai pendukung. Tiket akan mulai dijual pada Jumat ini (7 Maret) pukul 10 pagi. 

  • 2 Bus Penuh Turis Tabrakan di Barcelona, 51 Orang Terluka

    2 Bus Penuh Turis Tabrakan di Barcelona, 51 Orang Terluka

    Jakarta

    Dua bus yang penuh dengan turis bertabrakan di jalan yang ramai di kota Barcelona, Spanyol. Akibatnya, sedikitnya 51 orang terluka, empat di antaranya dalam kondisi kritis, termasuk seorang anak di bawah umur.

    Dalam kecelakaan bus yang terjadi pada Senin (3/3) waktu setempat tersebut, satu bus tengah berhenti dan sedang menjemput penumpang di Avinguda Diagonal, salah satu jalan terlebar dan terpenting di Barcelona, ketika bus lainnya menabraknya dari belakang, kata wakil wali kota Albert Batlle kepada wartawan di lokasi kecelakaan.

    “Ada empat orang yang terluka kritis, termasuk seorang anak di bawah umur, dan tiga orang yang lukanya tidak terlalu serius. Sisanya menderita luka-luka yang tidak terlalu serius dan sedang dirawat di berbagai rumah sakit di Barcelona,” tambahnya, dilansir kantor berita AFP, Selasa (4/3/2025).

    Satu bus membawa sekelompok turis yang tiba dengan kapal pesiar dan sedang mengunjungi basilika Sagrada Familia yang ikonik di Barcelona, sementara bus lainnya mengangkut sekelompok mahasiswa Italia yang tinggal di kota terdekat, kata Batlle.

    Penyebab kecelakaan sedang diselidiki.

    ADVERTISEMENT

    `;
    var mgScript = document.createElement(“script”);
    mgScript.innerHTML = `(function(w,q){w[q]=w[q]||[];w[q].push([“_mgc.load”])})(window,”_mgq”);`;
    adSlot.appendChild(mgScript);
    },
    function loadCreativeA() {
    var adSlot = document.getElementById(“ad-slot”);
    adSlot.innerHTML = “;

    console.log(“🔍 Checking googletag:”, typeof googletag !== “undefined” ? “✅ Defined” : “❌ Undefined”);

    if (typeof googletag !== “undefined” && googletag.apiReady) {
    console.log(“✅ Googletag ready. Displaying ad…”);
    googletag.cmd.push(function () {
    googletag.display(‘div-gpt-ad-1708418866690-0’);
    googletag.pubads().refresh();
    });
    } else {
    console.log(“⚠️ Googletag not loaded. Loading GPT script…”);
    var gptScript = document.createElement(“script”);
    gptScript.src = “https://securepubads.g.doubleclick.net/tag/js/gpt.js”;
    gptScript.async = true;
    gptScript.onload = function () {
    console.log(“✅ GPT script loaded!”);
    window.googletag = window.googletag || { cmd: [] };
    googletag.cmd.push(function () {
    googletag.defineSlot(‘/4905536/detik_desktop/news/static_detail’, [[400, 250], [1, 1], [300, 250]], ‘div-gpt-ad-1708418866690-0’).addService(googletag.pubads());
    googletag.enableServices();
    googletag.display(‘div-gpt-ad-1708418866690-0’);
    googletag.pubads().refresh();
    });
    };
    document.body.appendChild(gptScript);
    }
    }
    ];

    var currentAdIndex = 0;
    var refreshInterval = null;
    var visibilityStartTime = null;
    var viewTimeThreshold = 30000;

    function refreshAd() {
    var adSlot = document.getElementById(“ad-slot”);
    if (!adSlot) return;

    currentAdIndex = (currentAdIndex + 1) % ads.length;
    adSlot.innerHTML = “”; // Clear previous ad content
    ads[currentAdIndex](); // Load the appropriate ad

    console.log(“🔄 Ad refreshed:”, currentAdIndex === 0 ? “Creative B” : “Creative A”);
    }

    var observer = new IntersectionObserver(function(entries) {
    entries.forEach(function(entry) {
    if (entry.isIntersecting) {
    if (!visibilityStartTime) {
    visibilityStartTime = new Date().getTime();
    console.log(“👀 Iklan mulai terlihat, menunggu 30 detik…”);

    setTimeout(function () {
    if (visibilityStartTime && (new Date().getTime() – visibilityStartTime >= viewTimeThreshold)) {
    console.log(“✅ Iklan terlihat 30 detik! Memulai refresh…”);
    refreshAd();
    if (!refreshInterval) {
    refreshInterval = setInterval(refreshAd, 30000);
    }
    }
    }, viewTimeThreshold);
    }
    } else {
    console.log(“❌ Iklan keluar dari layar, reset timer.”);
    visibilityStartTime = null;
    if (refreshInterval) {
    clearInterval(refreshInterval);
    refreshInterval = null;
    }
    }
    });
    }, { threshold: 0.5 });

    document.addEventListener(“DOMContentLoaded”, function() {
    var adSlot = document.getElementById(“ad-slot”);
    if (adSlot) {
    ads[currentAdIndex](); // Load the first ad
    observer.observe(adSlot);
    }
    });

    Saat kejadian, hujan deras mengguyur Barcelona dan sebagian besar wilayah Spanyol, sehingga lalu lintas di Barcelona macet pada hari pembukaan Mobile World Congress (MWC), pameran teknologi nirkabel terbesar di dunia yang diperkirakan akan dihadiri sekitar 100.000 pengunjung.

    Keempat pasien yang mengalami luka kritis termasuk seorang pejalan kaki yang berada di area tersebut, serta seorang penumpang berusia 17 tahun dari salah satu bus, kata Clara Canela, juru bicara layanan darurat di wilayah Catalonia.

    Sebanyak 19 ambulans dikirim ke lokasi kejadian.

  • Telkomsel-ZTE Perluas Kolaborasi AI dan Solusi Jaringan di MWC 2025

    Telkomsel-ZTE Perluas Kolaborasi AI dan Solusi Jaringan di MWC 2025

    Bisnis.com, BARCELONA – Telkomsel, penyedia layanan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, dan ZTE Corporation (0763.HK/000063.SZ), perusahaan penyedia solusi teknologi informasi dan komunikasi global terkemuka, resmi menandatangani nota kesepahaman (MoU) di ajang Mobile World Congress (MWC) 2025, Barcelona.

    Kolaborasi ini berfokus pada penerapan teknologi berbasis kecerdasan buatan (AI), 5G-LAN, dan solusi ultra-compact untuk private network, guna meningkatkan kualitas layanan broadband dan mempercepat transformasi digital di berbagai sektor industri di Indonesia.

    Dalam MoU ini, Telkomsel dan ZTE memperluas kerja sama dalam pengembangan jaringan telekomunikasi berbasis AI, termasuk menghadirkan native AI baseband pertama di industri.

    Teknologi ini dirancang untuk meningkatkan efisiensi energi, memastikan kualitas layanan hingga ke tingkat pengguna individu, serta menghadirkan kemampuan pemeliharaan jaringan berbasis AI (AI-based Operations & Maintenance).

    Selain itu, kedua perusahaan juga akan memodernisasi solusi 5G-LAN dan FTTR-B (Fiber to the Room-Business) guna menghadirkan konektivitas perusahaan yang lebih cepat, stabil, dan fleksibel.

    Untuk menjawab tantangan dalam penerapan jaringan broadband privat bagi sektor industri, Telkomsel dan ZTE menghadirkan solusi ultra-compact private network, yang dilengkapi kartu NodeEngine untuk meminimalkan kebutuhan infrastruktur tambahan.

    Solusi ini diharapkan dapat memperluas adopsi private network di berbagai industri di Indonesia, meningkatkan efisiensi, keamanan, dan produktivitas bisnis.

    Direktur Network Telkomsel, Indra Mardiatna, menyampaikan, “Sebagai bagian dari upaya kami dalam mengakselerasikan transformasi industri di berbagai sektor, Telkomsel terus mengadopsi teknologi terbaru yang dapat menghadirkan jaringan yang lebih cepat, andal, dan efisien. Kolaborasi strategis dengan ZTE memungkinkan Telkomsel menghadirkan penerapan AI serta solusi jaringan terkini agar pelanggan, baik individu maupun korporasi, dapat merasakan manfaat konektivitas yang lebih cerdas dan adaptif sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan industri yang terus berkembang.”

    Senior Vice President ZTE, Mei Zhonghua, menambahkan, “ZTE percaya bahwa teknologi harus mampu menjawab tantangan nyata di lapangan, baik dalam skala industri maupun bagi pelanggan akhir. Dengan kerja sama ini, kami membawa inovasi berbasis AI, 5G-LAN, dan solusi jaringan privat yang lebih efisien agar industri di Indonesia dapat mengoptimalkan operasional dan mendorong pertumbuhan bisnis secara berkelanjutan. Kami optimis berbagai teknologi baru yang akan kami hadirkan bersama Telkomsel bisa menjadi katalis transformasi digital, meningkatkan konektivitas, dan mendorong pertumbuhan bisnis.”

    Langkah strategis ini melanjutkan kesuksesan kolaborasi Telkomsel dan ZTE di MWC 2024, di mana penerapan teknologi jaringan berbasis AI Machine Learning telah berhasil dilakukan di Makassar dan Kendari.

    Ke depan, kedua perusahaan berkomitmen untuk terus menghadirkan inovasi yang mempercepat transformasi digital, meningkatkan daya saing industri, serta membangun masa depan konektivitas yang lebih baik bagi seluruh masyarakat Indonesia.

  • Lenovo Pamer Laptop Yoga Pro 7i Aura Edition dan IdeaPad AI di MWC 2025

    Lenovo Pamer Laptop Yoga Pro 7i Aura Edition dan IdeaPad AI di MWC 2025

    Bisnis.com, JAKARTA — Lenovo memperkenalkan terobosan terbaru dalam hybrid AI yang menargetkan kreator, profesional, dan perusahaan pada Mobile World Congress (MWC) Barcelona 2025. Di antara perangkat tersebut adalah laptop Yoga Pro 7i Aura Edition dan IdeaPad AI.

    Inovasi ini mewujudkan visi Lenovo, yakni Smarter AI for All dengan menghadirkan pengalaman kreasi, koneksi, dan kolaborasi yang lebih mulus melalui AI end-t o-end.

    CEO dan ketua Lenovo Yuanqing Yang mengatakan bahwa pihaknya percaya pada kekuatan konvergensi. Dimana hal ini dapat menyatukan model AI, data, dan daya komputasi yang berjalan di perangkat, edge, dan cloud, untuk membangun solusi AI bagi pelanggan.

    “Konvergensi ini mendorong konektivitas ekosistem yang lebih kuat, memanfaatkan kekuatan AI untuk meningkatkan kreativitas manusia dalam mengubah ide menjadi kenyataan,” kata Yuanqing dalam keteranganya dikutip, Selasa (4/3/2025).

    Yuanqing menyampaikan laptop, perangkat lunak, dan konsep AI baru dari Lenovo menggabungkan inovasi mutakhir, fleksibilitas yang berpusat pada pengguna, dan nilai luar biasa untuk memenuhi kebutuhan lebih banyak pengguna yang menangani tugas-tugas kompleks.

    Lenovo mengumumkan laptop Yoga Pro 7i Aura Edition dan IdeaPad AI baru, beserta perangkat lunak dan bukti konsep visual dan aksesori inovatif baru yang memanfaatkan kekuatan AI untuk meningkatkan kreativitas dan produktivitas konsumen. 

    Dengan lebih banyak opsi Copilot+ AI PC, opsi GPU NVIDIA GeForce RTX baru untuk tugas grafis berat, dan laptop Lenovo Aura Edition baru yang dirancang dengan Intel yang menyederhanakan pengalaman PC.

    Laptop Yoga dan IdeaPad baru dari Lenovo membuat proses berkreasi, menyelesaikan pekerjaan, dan menikmati konten menjadi mudah, sederhana, dan menyenangkan.

    Salah satu yang menjadi sorotan adalah Lenovo Yoga Solar PC Concept, yang mendefinisikan ulang komputasi portabel dengan mengintegrasikan inovasi bertenaga surya ke dalam desain yang sangat ramping dan ringan. 

    Dirancang untuk produktivitas di mana saja, PC ini memaksimalkan penyerapan energi dengan teknologi surya canggih, memastikan kinerja yang lancar bahkan dalam cahaya redup. Bukti konsep ini mewujudkan visi Lenovo untuk masa depan di mana energi terbarukan dan inovasi berjalan beriringan.

    Lenovo juga meluncurkan portofolio perangkat bisnis bertenaga AI terbarunya, yang menampilkan laptop ThinkPad dan ThinkBook generasi berikutnya, perangkat lunak yang diperluas, dan solusi keamanan ThinkShield terkini, serta memamerkan inovasi bukti konsep yang visioner dan mendalam.

    Mengikuti jejak konsep ThinkBook sebelumnya, ThinkBook “codename Flip” AI PC Concept menata ulang komputasi bisnis bertenaga AI dengan desain OLED yang dapat dilipat dan adaptif yang dapat bertransisi dengan mulus di antara beberapa mode kerja. 

    Dirancang untuk multitasking dan kolaborasi yang disempurnakan AI, konsep ini dilengkapi penyesuaian ruang kerja yang dinamis dan kontrol cerdas, yang memungkinkan para profesional untuk mengoptimalkan produktivitas di lingkungan apa pun. 

    “Sebagai pusat perhatian lain dari pameran Lenovo di MWC 2025, konsep ini mewakili masa depan pekerjaan hybrid yang serbaguna dan ditenagai oleh AI,” ucap Yuanqing.