Jakarta, CNN Indonesia —
Daftar isi menjadi bagian penting dalam makalah, proposal, laporan PKL, skripsi, maupun buku. Meski tidak sulit, namun jika membuatnya secara manual di Microsoft Word, titik-titik pemisah subjudul dan nomor halaman justru akan lama dan berantakan.
Microsoft sebetulnya sudah memberikan fitur yang memudahkan penggunanya agar tidak kesulitan membuat titik-titik daftar isi. Cara membuat titik daftar isi di Microsoft Word pun sangat sederhana.
Dengan menggunakan fitur bawaan ini, Anda hanya membutuhkan waktu 1 menit untuk mengaturnya.
Cara membuat daftar isi di Microsoft Word menjadi otomatis tidak perlu menggunakan perangkat lunak tambahan. Bahkan tanpa harus terkoneksi internet.
Cukup dengan mengubah pengaturan awal, Anda dapat dengan cepat mengatasi masalah tersebut.
Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis di WordIlustrasi. Cara membuat titik daftar isi di Microsoft Word secara otomatis. (Foto: Pixabay/fancycrave1)
Agar tidak memakan waktu dan hasilnya lebih rapi, berikut cara membuat titik daftar isi di Microsoft Word secara otomatis.
Aktifkan fitur ruler di Ms Word. Caranya, klik “View” di menu bar, lalu klik kotak di samping tulisan Ruler hingga kotak tersebut berisi ceklisBuka halaman di Microsoft Word yang memuat daftar isiBlok semua teks di halaman tersebut, kecuali kata Daftar Isi yang menjadi judul halamanTekan fitur ruler di sudut kiri atas halaman. Jika bentuknya masih seperti huruf “L” atau left tab, ubah bentuknya menjadi L terbalik atau right tab.Buat jarak antara titik-titik akhir dan nomor halaman. Caranya, tekan dua kali di salah satu titik ruler, misalnya 5,8 dan 6.Tekan Home di menu bar. Klik tanda panah kecil di pojok kanan bawah menu Paragraf.Akan muncul kolom “Indents and Spacing. Klik “Tabs…” di kiri bawah kolom tersebut.Klik angka pertama di kolom “Tab stop position”. Saat Anda mengeklik angka tersebut, misalnya, 5,8, kelak nomor halaman akan ada di posisi ruler 5,8.Selanjutnya, jangan ubah Alignment. Adapun di menu Leader, pilih poin “2…..”. Klik “Set”, lalu tekan “Ok”.Setelah itu, tempatkan kursor di akhir subjudul bab 1. Kemudian, tekan “Tab” di keyboard. Secara otomatis, titik-titik akan muncul sampai batas ruler yang sudah Anda tentukan.Selanjutnya, ketik nomor halaman di bagian titik akhir.
Cara membuat titik daftar isi di Microsoft Word ini cukup sederhana. Agar lebih optimal, gunakan pula fitur-fitur lain di menu bar agar file yang dikerjakan lebih rapi. Setelah itu, Anda hanya perlu fokus pada hal-hal di luar teknis dari tugas yang sedang dikerjakan.
(nfl/fef)
[Gambas:Video CNN]