BUMN: TransJakarta

  • Pram sebut bangun Jakarta tak hanya andalkan APBD

    Pram sebut bangun Jakarta tak hanya andalkan APBD

    Jakarta (ANTARA) – Gubernur DKI Jakarta Pramono Anung Wibowo mengatakan pembangunan Jakarta ke depannya tak hanya akan mengandalkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), melainkan juga melalui kerja sama dengan pihak lain.

    “Jakarta dalam membangun kotanya tidak semata-mata mengandalkan APBD. Kita melakukan inovasi-inovasi baru, termasuk kerja sama (hak penamaan Stasiun LRT Boulevard Utara) Summarecoan Mal,” kata Pramono saat dijumpai di kawasan Jakarta Utara, Kamis.

    Pramono meyakini jika kerja sama serupa bisa dilakukan lebih banyak dengan pihak lain, maka pembangunan di Jakarta akan menjadi semakin semarak.

    Misalnya saja pembangunan integrasi transportasi atau Transit Oriented Developmen (TOD), seperti pembangunan LRT hingga ke wilayah Manggarai.

    Diketahui, jumlah penumpang harian LRT dari Veledrome hingga Boulevard Utara Summarecon Mal per harinya mencapai 5.000 penumpang.

    Namun Pramono meyakini nantinya apabila stasiun LRT tersebut sudah terintegrasi dengan Stasiun Manggarai, maka peminat transportasi umum tersebut akan meningkat bahkan hingga 70 ribu.

    Sebab nantinya di Stasiun Manggarai, masyarakat bisa melakukan transit dengan transportasi umum lainnya seperti KRL hingga Transjakarta.

    “Kalau sampai Dukuh Atas, maka per harinya itu bisa sampai dengan 100 ribu. Sehingga dengan demikian, konektivitas di Jakarta ini memang dipikirkan secara sungguh-sungguh dan mendalam secara lebih baik,” kata Pramono.

    Dia mengaku sudah meminta agar MRT pada 2029 tak hanya selesai dan beroperasi hingga Ancol, melainkan hingga wilayah kota.

    Dalam kesempatan itu, Pramono menambahkan selain pembangunan transportasi, rencana pembangunan yang akan dilakukan Jakarta dalam waktu dekat adalah revitalisasi Pasar Baru, Glodok dan lain sebagainya.

    Dana renovasi Pasar Baru sudah tersedia berkat pola kerja sama pemerintah dengan pihak swasta.

    “Sebagai Gubernur saya sudah cariin dana untuk segera dibangun di Pasar Baru. Tidak kita bangun melalui APBD. Dananya sudah ada,” kata Pramono.

    Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
    Editor: Syaiful Hakim
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • DKI akan luncurkan Transjakarta rute Blok M – Ancol pada Sabtu

    DKI akan luncurkan Transjakarta rute Blok M – Ancol pada Sabtu

    Jakarta (ANTARA) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan meluncurkan rute baru Transjakarta dengan trayek Blok M – Ancol pada Sabtru (26/7).

    “Pada Sabtu, saya dan Bang Doel akan melaunching rute baru kepanjangan dari Transjabodetabek. Tapi, ini karena di dalam (kota), maka kita sebut menjadi tetap Transjakarta,” kata Pramono saat dijumpai di kawasan Jakarta Utara, Kamis.

    Pramono berharap dengan perkembangan transportasi umum tersebut kemacetan di Jakarta bisa terus menurun secara signifikan.

    “Sekarang sudah banyak orang yang mengatakan, kok bisa Jakarta mengalami penurunan kemacetan? Menurut saya ini karena rezeki anak saleh,” katanya.

    Di sisi lain, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jakarta Syafrin Liputo juga membenarkan bahwa peluncuran rute baru Blok M – Ancol akan dilakukan pada Sabtu nanti.

    Tak hanya itu, Syafrin mengatakan peluncuran rute baru tersebut juga berbarengan dengan peresmian 70 unit bus listrik tipe high-deck.

    “Rencana untuk peluncuran rute Transjabodetabek Blok M – Ancol itu akan dilaksanakan Sabtu nanti. Bersamaan dengan Peluncuran 70 unit bus listrik yang high-deck. Ini yang pertama di Jakarta,” jelas Syafrin.

    Syafrin menjelaskan, peluncuran bus listrik akan dilakukan secara bertahap hingga mencapai 200 unit. Jumlah tersebut masih berpotensi untuk terus bertambah ke depannya.

    Terkait Transjabodetabek, Syafrin menyebut bahwa sejumlah rute Transjabodetabek lain seperti PIK 2–Blok M, Bogor–Blok M, serta Alam Sutera–Blok M masih menjadi favorit masyarakat. Rata-rata penumpang untuk tiga rute ini mencapai 3.000 – 6.000 per harinya.

    Tak hanya ketiga rute tersebut, rute transjabodetabek lainnya seperti Vida Bekasi – Cawang, Sawangan (Depok) – Lebak Bulus dan juga Bekasi – Dukuh Atas juga diklaim mengalami kenaikan penumpang yang luar biasa.

    Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
    Editor: Syaiful Hakim
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Transjakarta akan tambah lampu di unit mikrotrans

    Transjakarta akan tambah lampu di unit mikrotrans

    Jakata (ANTARA) – PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) akan menambah lampu atau suara-suara khusus di unit mikrotrans untuk meminimalisir risiko gangguan terhadap kendaraan tersebut di jalan.

    Direktur Operasional dan Keselamatan PT Transportasi Jakarta, Daud Joseph di Jakarta, Kamis, mengatakan mikrotrans memiliki risiko gangguan di jalan yang lebih tinggi, dibanding layanan lain yang dioperasikan Transjakarta.

    Layanan ini, kata dia, menjangkau jalan-jalan kecil, dan mempunyai peluang lebih tinggi untuk bersinggungan dengan kendaraan lain.

    “Dilihat dari insiden yang terjadi, kira-kira sekitar 70 persen dari insiden, mikrotrans ditabrak dari belakang. Di jalan-jalan kecil kalau ada pengendara motor itu sering sekali mereka tidak terlalu waspada dengan jarak aman, sehingga itu mengakibatkan tabrakan atau insiden,” kata Daud.

    Oleh karena itu, penambahan lampu dan suara-suara khusus di unit kendaraan akan dilakukan untuk memberikan notifikasi lebih kepada kendaraan agar bisa menjaga jarak aman.

    “Tentang keamanan, walaupun ada aspek-aspek keamanan lain yang sudah kita cover yaitu dalam bentuk pemasangan CCTV. CCTV juga sudah kami pasang untuk memastikan kalau ada kejadian-kejadian tertentu kita dapat membuka rekamannya” ujar Daud.

    Selain soal keamanan, upaya lain yang perlu dilakukan yakni menerapkan proses resfreshment atau penyegaran pramudi agar perilaku negatif yang ditimbulkan oleh oknum-oknum, tidak meluas kepada pramudi lainnya.

    Daud menjelaskan, proses ini dilakukan dimulai dari pembaharuan sertifikat pramudi secara berkala, memberikan pelatihan kepada para pramudi secara rutin.

    Pelatihan pramudi tidak hanya diperuntukkan bagi pramudi mikrotrans saja, tetapi semua pramudi yang bekerja di seluruh layanan Transjakarta lainnya.

    “Setiap tahun itu pramudi diberikan slot untuk training, diberikan jadwal untuk pelatihan. Jika terjadi ada pelanggaran, maka pramudi langsung dipanggil ke bagian pembinaan pramudi,” katanya.

    Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
    Editor: Syaiful Hakim
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Rano ingatkan penanggulangan krisis iklim bukan hanya soal emisi

    Rano ingatkan penanggulangan krisis iklim bukan hanya soal emisi

    Jakarta (ANTARA) – Wakil Gubernur Jakarta, Rano Karno mengingatkan upaya penanggulangan krisis iklim bukan hanya soal pengurangan emisi, tetapi juga bagian dari strategi pembangunan sosial ekonomi yang berkeadilan.

    “Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa kebijakan iklim juga menciptakan lapangan kerja yang berkelanjutan, memperkuat layanan dasar, dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat, terutama kelompok masyarakat rentan,” kata Rano di Jakarta, Kamis.

    Wagub Rano juga menyampaikan urgensi dalam melakukan aksi karena isu iklim semakin mendesak di kawasan perkotaan akibat aktivitas penduduk kota yang menjadi penyumbang signifikan terhadap emisi gas rumah kaca.

    Kendati demikian, dia mengakui, pada saat yang sama aktivitas penduduk kota juga memiliki peran strategis sebagai penggerak transformasi menuju masa depan berkelanjutan.

    Rano mengatakan, negara-negara di kawasan Asia Tenggara telah melakukan upaya yang memimpin dalam aksi iklim. Ini termasuk Jakarta yang telah memperluas ruang terbuka hijau, menerapkan regulasi bangunan hijau, serta mengembangkan transportasi publik rendah emisi seperti MRT Jakarta, LRT Jakarta, dan bus Transjakarta.

    Dia menyebut Kuala Lumpur bahkan telah mengesahkan cetak biru masyarakat rendah karbon 2030 yang diharapkan berkontribusi terhadap 70 persen potensi mitigasi karbon secara keseluruhan di kota tersebut pada tahun 2030.

    Sementara itu, Quezon City (Filipina) juga secara aktif mengembangkan kerangka kerja strategis guna membangun ketahanan iklim agar mencapai netralitas karbon, serta menciptakan komunitas hijau.

    Rano mengatakan pertemuan para delegasi Urban Climate Action Programme (UCAP)-Climate Action Implementation (CAI) Regional Convening tahun 2025 pada Rabu (23/7) menjadi momentum berharga untuk merefleksikan sekaligus memperkuat peran kolektif antarkota besar di ASEAN.

    Peran ASEAN ini, yakni membentuk masa depan kawasan perkotaan yang lebih tangguh, merawat lingkungan, dan berpihak pada keberlanjutan.

    “Kita dipersatukan untuk meningkatkan kesadaran terkait krisis iklim, kenaikan permukaan air laut, gelombang panas ekstrem, dan ancaman terhadap kesehatan warga lokal atau warga kota. Ini bukanlah sekadar isu semata, melainkan kenyataan yang dihadapi saat ini,” katanya.

    Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
    Editor: Syaiful Hakim
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Sektor transportasi punya andil ciptakan ruang tumbuh aman bagi anak

    Sektor transportasi punya andil ciptakan ruang tumbuh aman bagi anak

    Jakarta (ANTARA) – PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menyebutkan sektor transportasi mempunyai andil dalam menciptakan ruang tumbuh yang aman, sehat, dan menyenangkan bagi anak.

    “Sebagai perusahaan pelayanan publik di bidang transportasi, kami turut andil menciptakan ruang tumbuh yang aman, sehat, dan menyenangkan bagi anak,” kata Kepala Departemen Humas dan CSR PT Transjakarta, Ayu Wardhani di Jakarta, Rabu, menanggapi peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2025.

    Untuk mewujudkan hal tersebut, Transjakarta secara bertahap membangun fasilitas-fasilitas pendukung keluarga, termasuk rencana pengembangan tempat penitipan anak (daycare) di lingkungan kerja.

    Ayu berpendapat, peringatan HAN bukanlah menjadi seremonial semata melainkan bentuk konkret komitmen perusahaan dalam menjunjung nilai-nilai keberlanjutan dan penghormatan terhadap hak asasi anak.

    Dalam rangka peringatan HAN, Transjakarta mengajak anak-anak dari pegawai mengikuti kegiatan bertajuk “Fun Activities: Merakids” di kantor pusatnya.

    Dalam kegiatan itu, anak-anak diajak mengikuti berbagai aktivitas mulai dari kegiatan motorik, lomba merangkai bunga dan masih banyak lainnya.

    “Melalui kegiatan “Fun Activities” dan “MeraKids”, Transjakarta tidak hanya memberi ruang bagi anak-anak untuk bermain dan berekspresi, tetapi juga memperkuat koneksi emosional antara orang tua dan anak,” ujar Ayu.

    Sementara itu, tema peringatan HAN 2025, yakni “Merakit: Membawa Energi Kreatif untuk Anak Inspiratif”.

    Pemerintah Provinsi DKI menyiapkan sejumlah acara termasuk pertunjukan anak, ruang ekspresi forum anak, berbagai aktivitas ramah anak dan zona bermain edukatif pada puncak peringatan HAN pada 26 Juli 2025 di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan.

    Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
    Editor: Syaiful Hakim
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Kronologi pengemudi diduga mabuk yang menabrak orang di Jaksel

    Kronologi pengemudi diduga mabuk yang menabrak orang di Jaksel

    Jakarta (ANTARA) – Polisi dan saksi mengungkap kronologi pengemudi diduga mabuk inisial APP (35) yang menewaskan satu orang inisial KIB (23) di kawasan Masjid Al-Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Jumat (18/7) sekitar pukul 03.00 WIB.

    “Kejadiannya pagi jam 03.00 WIB masuk hari Jumat. Jadi motor dari utara atau Patung Pemuda itu, patung yang mau memutar balik di Al-Azhar dan mobil dari selatan,” kata Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Mujiyanto saat dihubungi di Jakarta, Rabu.

    Mujiyanto mengatakan, mobil yang berasal dari selatan melaju kencang dari Halte TransJakarta CSW, kemudian terjadi kecelakaan.

    Saat kejadian itu, saksi bernama Abdul Hafiz (25) bersama korban sedang mendorong sepeda motor (stut motor) karena kehabisan bensin.

    “Saat itu kami berdua, motor saya sedang di-‘stut’ (didorong) oleh almarhum karena kehabisan bensin,” ujar Hafiz saat ditemui wartawan di Polres Metro Jakarta Selatan.

    Mereka hendak menuju SPBU terdekat di kawasan Senayan dengan cara memutarbalik di lampu merah depan Al-Azhar.

    Namun, ketika melakukan putar balik, sebuah mobil melaju kencang dari arah kiri dan langsung menghantam bagian belakang motor yang dikendarai korban.

    “Saya lihat langsung mobil itu dari sisi kiri melaju sangat cepat, lalu menabrak almarhum dari sebelah kanan saya. Korban langsung terpental sejauh lima sampai enam meter ke arah beton pembatas jalan,” ujarnya.

    Menurut dia, kecepatan mobil saat itu diperkirakan lebih dari 100 kilometer (km) per jam.

    Identitas kendaraan pelaku diketahui mobil dengan nomor polisi F 1056 FAB. Saat kejadian, pengemudi disebut dalam kondisi lemas dan menunjukkan ciri-ciri seperti orang sedang mabuk.

    “Si pelaku ini keadaannya lemes banget, kelihatan kayak mabuk,” katanya.

    Hingga kini, kasus tersebut masih ditangani oleh pihak Kepolisian guna penyelidikan lebih lanjut.

    Pewarta: Luthfia Miranda Putri
    Editor: Sri Muryono
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Rute Baru Transjakarta Ancol-Blok M Ditargetkan Siap Beroperasi Agustus – Page 3

    Rute Baru Transjakarta Ancol-Blok M Ditargetkan Siap Beroperasi Agustus – Page 3

    PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mengembangkan tiga teknologi berbasis kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). Teknologi ini dirancang untuk mentransformasi sistem layanan dan operasional Transjakarta menjadi lebih cerdas, efisien, dan responsif terhadap kebutuhan pelanggan.

    Direktur Sistem Teknologi Informasi dan Pelayanan Transjakarta, Raditya Maulana Rusdi, menyampaikan inisiatif ini merupakan bagian dari roadmap besar digitalisasi Transjakarta yang menempatkan teknologi sebagai penggerak utama evolusi layanan transportasi publik.

    “Kami sedang mengembangkan sistem layanan berbasis AI untuk memastikan setiap pelanggan mendapatkan pengalaman yang lebih cepat, lebih personal, dan lebih aman. Teknologi ini akan menjadi fondasi penting menuju transportasi publik masa depan yang lebih terintegrasi dan berkelanjutan,” kata Raditya dalam keterangan tertulis, diterima Kamis (17/7/2025).

    Adapun tiga teknologi AI yang sedang dikembangkan Transjakarta antara lain, AI Text guna menuju layanan dengan AI Agent dan Agentic AI.

    “Transjakarta sedang mengembangkan AI Agent berbasis generative AI yang mampu berinteraksi langsung dengan pelanggan secara natural melalui chatbot dan text-to-speech,” jelas Raditya.

    Menurutnya, agen ini tidak sekadar menjawab pertanyaan, tapi didesain menjadi agentic AI yang mampu memahami konteks, mengambil keputusan, dan memberikan informasi secara aktif untuk kebutuhan seperti info rute, bus datang, atau barang hilang.

    Kedua, AI Vision yang memanfaatkan computer vision dari aliran data CCTV untuk mendeteksi jumlah pelanggan di halte, memantau pergerakan armada, serta mendukung efisiensi operasional berbasis data.

    “Sebagai bagian dari sistem keselamatan, Transjakarta juga telah mulai menerapkan Driver Monitoring System (DMS) yang mendeteksi perilakupengemudi secara real-time untuk memastikan standar keamanan tinggi,” ucapnya.

    Ketiga, ada Recommendation Engine atau sistem yang dirancang untuk menganalisis big data layanan dan pola perjalanan. Melalui AI ini, pelanggan akan diberikan rekomendasi strategis, mulai dari usulan rute baru, peningkatan frekuensi armada, hingga potensi kemitraan berbasis data.

    Raditya menambahkan, selain aspek teknologi, transformasi ini juga menyasar perubahan pola pikir dan kemampuan internal. 

    “Kami percaya adopsi AI tidak hanya soal sistem, tapi juga kesiapan manusia di dalamnya. Kami sedang membentuk budaya kerja baru, di mana seluruh SDMmemahami peran data dan AI dalam menciptakan layanan publik yang jauh lebih baik,” kata dia.

  • DKI targetkan rute Transjakarta Ancol–Blok M beroperasi Agustus

    DKI targetkan rute Transjakarta Ancol–Blok M beroperasi Agustus

    Jakarta (ANTARA) – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menargetkan rute Transjakarta Ancol – Blok M untuk beroperasi pada Agustus 2025.

    “Tentu itu sedang didesain ya. Kita nggak mau sporadis juga. Ancol itu memang sedang ada penggarapan. Kita harus atur betul jalurnya,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Rano Karno di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Sabtu.

    Rano menjelaskan, pembukaan rute tersebut tengah didesain agar berjalan dengan matang.

    Dikatakan, kawasan Ancol saat ini juga sedang dilakukan penataan dan pembangunan infrastruktur penunjang.

    Lebih lanjut, kondisi lalu lintas di sekitar kawasan Ancol menjadi salah satu pertimbangan utama, mengingat proyek pembangunan Jalan Tol Harbour Road II tahap 2B yang masih berlangsung di Jalan RE Martadinata dan Jalan Lodan Raya, Jakarta Utara.

    Menurutnya, jalur Ancol–Blok M akan mendukung aktivitas masyarakat yang menuju Jakarta International Stadium (JIS) yang kini menjadi markas Persija.

    Hal ini mengingat Pemprov DKI juga telah menyiapkan 30 unit bus Transjakarta dengan merek Persija untuk mendukung mobilitas suporter.

    “Karena JIS-nya akan hidup. Apalagi Persija sudah ‘home base’ di situ. Jadi, tugas Transjakarta harus bisa menyalurkan itu,” ujarnya.

    Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berharap jalur ini bisa mempermudah akses mobilitas penggunaan transportasi publik, khususnya suporter sepak bola menuju ke kawasan Ancol dan stadion.

    Adapun hadirnya rute baru ke wilayah penyangga Jakarta, akan melengkapi rute Transjabodetabek yang sudah diresmikan sebelumnya yakni PIK 2-Blok M, Vida Bekasi-Cawang, Alam Sutera-Blok M, Bogor-Blok M, Depok-Lebak Bulus, dan Terminal Bekasi – Galunggung (Dukuh Atas).

    Pewarta: Luthfia Miranda Putri
    Editor: Edy Sujatmiko
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Transjakarta Rute Blok M- Ancol Ditargetkan Launching Agustus 2025 
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        19 Juli 2025

    Transjakarta Rute Blok M- Ancol Ditargetkan Launching Agustus 2025 Megapolitan 19 Juli 2025

    Transjakarta Rute Blok M- Ancol Ditargetkan Launching Agustus 2025
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com –
    Wakil Gubernur Jakarta
    Rano Karno
    memperkirakan rute baru
    Transjakarta
    jurusan Ancol–Blok M akan diluncurkan pada Agustus 2025.
    Perkiraan tersebut didasarkan pada jadwal dimulainya pertandingan Liga 1 2025.
    “Belum tentu bulan ini (diluncurkan). Tapi artinya, kalau kita hitung dari mulai Persija dan mulai Liga, mungkin di sekitar Agustus lah, mulai bulan depan,” ucap Rano kepada wartawan di Lapangan STIK Pamentas, Jakarta Selatan, Sabtu (19/7/2025).
    Saat ini, rute tersebut masih dalam tahap perancangan sambil menyesuaikan dengan kondisi wilayah Ancol, yang tengah mengalami pengerjaan proyek di Jalan R.E. Martadinata.
    “Artinya kita harus desain akan bagaimana. Tapi itu artinya, itu akan menjadi fokus (Pemprov). Karena apa? JIS (Jakarta International Stadium) akan hidup,” ujar Rano.
    “Apalagi dengan Persija sudah
    home base
    di situ. Jadi ini tugas kepada Transjakarta harus bisa menyalurkan (masyarakat) ke sana. Apalagi kita sudah istilahnya mewakafkan 30 unit bus
    branding
    Persija,” sambungnya.
    Sebelumnya, Gubernur Jakarta Pramono Anung mengungkapkan bahwa Pemerintah Provinsi DKI tengah mengembangkan Blok M sebagai salah satu pusat aktivitas warga.
    Pramono mengatakan, berbagai rute ke Blok M telah dibuka untuk memudahkan akses masyarakat, baik dari dalam maupun luar Jakarta.
    “Ketika kami melakukan renovasi Blok M, orang awalnya memandang setengah hati. Sekarang semua datang ke Blok M dan memberikan apresiasi karena lebih bersih dan lebih gampang diakses,” kata Pramono di kawasan Kelapa Gading, Kamis (26/6/2025).
    Sejumlah rute Transjakarta yang telah tersedia antara lain PIK 2–Blok M, Alam Sutera–Blok M, dan Bogor–Blok M.
    Sementara itu, PT Transportasi Jakarta siap untuk membuka rute Transjakarta jurusan Blok M–Ancol dalam waktu dekat.
    Direktur Utama
    TransJakarta
    Welfizon Yuza mengatakan, seluruh persiapan teknis pembukaan Transjakarta rute Blok M–Ancol sudah selesai.
    “Tunggu tanggal mainnya. Kami masih menunggu waktunya. Nanti berkenan Pak Gubernur yang meresmikan,” ujar Welfizon usai penandatanganan MoU TransJakarta dan Persija Jakarta, Selasa (15/7/2025).
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Permudah Transaksi, Bank Indonesia Dorong Penggunaan QRIS Tap

    Permudah Transaksi, Bank Indonesia Dorong Penggunaan QRIS Tap

    Bisnis.com, MALANG — Bank Indonesia (BI) mendorong penggunaan QRIS Tap guna mempermudah transaksi sekaligus merespons tren global penggunaan QRIS yang kian meluas.

    Deputi Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran (DKSP) BI Himawan Kusprianto mengatakan saat ini jumlah merchant QRIS Tap baru mencapai sekitar 500 unit.

    “Kesadaran penggunaan QRIS Tap, baik di sisi merchant maupun konsumen, perlu terus ditingkatkan melalui sosialisasi berkelanjutan serta penguatan implementasi di berbagai sektor,” ujarnya dalam acara di Malang, Jumat (18/7/2025).

    Himawan mengungkapkan, beberapa daerah telah menyiapkan penggunaan QRIS Tap di berbagai moda transportasi. Kalimantan dan Papua akan menjadi target pengembangan berikutnya, sementara Pulau Jawa menjadi pusat implementasi QRIS Tap.

    Peluncuran terdekat akan dilakukan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada 4 Agustus 2025 melalui layanan Trans Jogja. Adapun daerah yang telah menerapkan QRIS Tap antara lain Purwokerto, Surakarta (Jateng), Jawa Timur, dan Jakarta. Di Sumatra, peluncuran dijadwalkan di Medan, Sumatra Utara, pada 16–17 Agustus 2025 melalui rangkaian bazar dan festival.

    Provinsi lain yang masih dalam tahap pengembangan mencakup Riau, Sulawesi Tengah, Bali, Sumatra Selatan, Jawa Barat, dan Surabaya (Jatim).

    Penggunaan QRIS di sektor transportasi saat ini mencakup berbagai moda, antara lain Trans Pekanbaru (Riau), Trans Donggala (Sulteng), Damri Medan (Sumut), Teman Bus Purwokerto dan Surakarta (Jateng), Teman Bus Sumsel dan Sulsel, serta Damri Palembang (Sumsel) yang akan diluncurkan pada 11–13 Agustus 2025. Di Jawa Barat, implementasi QRIS terdapat pada Damri Bandung, MRT Single Tariff, Transjakarta, serta Damri dan Trans Jogja (14 Agustus 2025).

    Di Jawa Timur, Teman Bus telah hadir sejak Juni, sedangkan Go Bis dan Damri di Surabaya dijadwalkan mulai 2 Agustus 2025. Di Bali, QRIS akan digunakan pada Trans Sarbagita dan Trans Metro Dewata pada 14 Agustus 2025.

    Himawan menyebut, disrupsi terbesar dalam adopsi QRIS saat ini terjadi di sisi front end, menyusul meningkatnya preferensi global terhadap teknologi NFC (Near Field Communication). Sepanjang 2023–2024, nilai transaksi NFC tumbuh 411,7%, didominasi oleh Asia dan Australia, termasuk Indonesia.

    “Standar QRIS sebagai satu bahasa bisa diintegrasikan dengan teknologi NFC, sehingga menawarkan solusi pembayaran contactless dengan keunggulan yang lebih baik dibanding NFC eksisting, namun tetap menjamin pemrosesan transaksi secara domestik,” jelas Himawan.

    Ia menambahkan, perkembangan QRIS sangat akseleratif sejak pandemi, seiring kemudahan penggunaan, keterlibatan ekonomi Gen Z, dan penetrasi smartphone yang kian masif.

    “QRIS telah menjadi fondasi digital, khususnya bagi pelaku UMKM, yang saat ini mendominasi dengan porsi 93% (per Maret 2025). QRIS menjadi jalan untuk memperluas akses keuangan bagi segmen tersebut,” ujarnya.

    Selain domestik, penggunaan QRIS juga tengah diperluas secara lintas negara (QRIS cross-border). Hal ini sejalan dengan komitmen global—mulai dari G20, Asean hingga Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2030 untuk meningkatkan efisiensi layanan pembayaran antarnegara.

    Saat ini, aktivitas QRIS Antarnegara menunjukkan tren kenaikan. Dalam waktu dekat, QRIS akan diperluas ke China, Jepang, dan Korea Selatan. Adapun wisatawan Malaysia tercatat sebagai pengguna QRIS terbesar di Indonesia, sedangkan wisatawan Indonesia paling sering menggunakan QRIS di Thailand.

    Kepala Perwakilan BI Provinsi Jawa Timur Ibrahim menambahkan bahwa dalam waktu lima tahun, pengguna QRIS secara nasional telah melampaui 50 juta.

    “Keberhasilan sebuah inovasi sangat ditentukan oleh kecepatan adopsinya. Kartu debit atau kredit butuh 25 tahun untuk mencapai 50 juta pengguna, QRIS hanya lima tahun,” pungkasnya.