BUMN: TransJakarta

  • Transjakarta ubah pola operasi saat Jakarta Running Festival 2024

    Transjakarta ubah pola operasi saat Jakarta Running Festival 2024

    Jakarta (ANTARA) – Dinas Perhubungan DKI Jakarta mengemukakan Transjakarta mengubah pola operasi dan modifikasi lintasan saat berlangsung Jakarta Running Festival di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) dan sekitarnya pada 12-13 Oktober 2024.

     

    “Operasional bus Transjakarta akan dilakukan perubahan pola operasi dan modifikasi lintasan selama kegiatan Jakarta Running Festival 2024 berlangsung,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat.

    Operasional MRTJakarta selama Jakarta Running Festival dua hari itu juga mengalami perubahan jam pelayanan operasional menjadi dua jam lebih cepat dari jam pelayanan operasional yang ada. Sedangkan kereta api listrik commuter line jam pelayanan operasi tidak mengalami perubahan.

    Baca juga: MRT Jakarta tambah jadwal operasi pada 12-13 Oktober dukung event lari
    Baca juga: Dishub DKI siapkan rekaya lalin saat Jakarta Running Fest di GBK

     

    Pada Sabtu (12/10) mulai pukul 05.00 WIB sampai pukul 08.30 WIB beberapa rute Transjakarta terdampak, antara lain:

     

    – Rute M1 Blok M-Kota (BRT) beroperasi via koridor 9 dan 13

    – Rute 1 Blok M-Kota (BRT) beroperasi via koridor 9 dan 13

    – Rute 10H Tanjung Priok-Bundaran Senayan (BRT) dilakukan perpendekan lintasan, putar balik di Petamburan

    – Rute 3F Kalideres-Senayan Bank DKI (BRT) dilakukan perpendekan lintasan, putar balik di Petamburan

    – Rute 6A Ragunan-Balai Kota via Kuningan (BRT) dilakukan modifikasi via Gondangdia

    – Rute 6V Ragunan-Senayan Bank DKI (BRT) dilakukan perpendekan lintasan sampai Kejaksaan Agung

    – Rute 2P Senen-Transport Hub Dukuh Atas (angkutan umum integrasi) dilakukan modifikasi via Jalan Imam Bonjol

    – Rute 6D Stsiun Tebet-Bundaran Senayan (angkutan umum integrasi) beroperasi via JLNT Karet (trip HBKB)

    – Rute 6M Stasiun Manggarai-Blok M (angkutan umum integrasi) dilakukan perpendekan lintasan sampai Simpang Kuningan

    – Rute 9D Pasar Minggu-Tanah Abang (angkutan umum integrasi) beroperasi via Slipi (trip HBKB)

     

    Lalu Rute 6B Ragunan-Balai Kota via Semanggi (BRT), 9C Pinang Ranti-Bundaran Senayan (BRT). Kemudian angkutan umum integrasi seperti rute 1B Stasiun Palmerah-Transport Hub Dukuh Atas, 1F Stasiun Palmerah-Bundaran Senayan, 1N Tanah Abang-Blok M, 1P Senen-Blok M dan 4C Pemuda Merdeka-Bundaran Senayan semua beroperasi mulai pukul 08.30 WIB.

    “Ada juga layanan Transjakarta angkutan malam hari koridor 1-14 (BRT) dan BRT Rute tambahan yaitu Rute M1 (Blok M-Monas) dan M9 (Cawang Central-Grogol). Semua beroperasi pukul 22.00 WIB-05.00 WIB,” kata Syafrin.

    Sedangkan pada Minggu (13/10) mulai pukul 03.00 WIB sampai pukul 09.90 WIB beberapa rute Transjakarta terdampak, antara lain:

     

    – Rute 2 Pulo Gadung-Monas (BRT) dilakukan perpendekan lintasan, putar balik di Pecenongan

    – Rute 3 Kalideres-Monas via Veteran (BRT) dilakukan perpendekan lintasan, putar balik di Petojo via Jalan Majapahit

    – Rute 6 Ragunan-Galunggung (BRT) dilakukan perpendekan lintasan, putar balik di Jalan Kapten Tendean

    – Rute 10H Tanjung Priok-Bundaran Senayan (BRT), dilakukan perpendekan lintasan, putar balik di Slipi

    – Rute 2A Pulo Gadung-Rawa Buaya via Balai Kota (BRT), dilakukan modifikasi via Jalan Medan Merdeka Timur-Jalan Medan Sumatera Utara

    – Rute 3F Kalideres-Senayan Bank DKI (BRT) dilakukan perpendekan lintasan, putar balik di Slipi

    – Rute 5C Cililitan-Juanda (BRT) berroperasi via Jalan Merdeka Timur Juanda dan Pecenongan dilayani dari arah sebaliknya

    – Rute 6V Ragunan-Senayan Bank DKI (BRT) dilakukan perpendekan lintasan sampai Kejaksaan Agung

    – Rute M2 Pulo Gadung-Monas (BRT) dilakukan perpendekan lintasan, putar balik di Pecenongan

    – Rute M3 Kalideres-Monas via Veteran (BRT) dilakukan perpendekan lintasan, putar balik di Petojo via Jalan Maiapahit

    – Rute M6 Ragunan-Galunggung (BRT) dilakukan perpendekan lintasan, putar balik di Jalan Kapten Tendean

    – Rute 2P Senen-Transport Hub Dukuh Atas (angkutan umum integrasi) dilakukan modifikasi via Jalan Sultan Syahrir

    – Rute 5M Kampung Melayu-Tanah Abang via Cikini (angkutan umum integrasi) dilakukan perpendekan lintasan, putar balik di Taman Medan Merdeka Timur

    – Rute 6D Stasiun Tebet-Bundaran Senayan (angkutan umum integrasi) beroperasi via JLNT Karet (Trip HBKB)

     

    Lalu, beberapa rute mulai beroperasi pukul 09.30 WIB seperti Rute 1, Blok M-Kota (BRT), 4D Pulo Gadung-Kuningan dan 6A Ragunan-Balai Kota via Kuningan. Kemudian 6B Ragunan-Balai Kota via Semanggi, 7F Kampung Rambutan-Juanda via Cempaka Putih dan 7C Pinang Ranti-Bundaran Senayan.

     

    Rute L13E Puri Beta 2-Flyover Kuningan (Express), M1 Blok M-Kota, 1A Pantai Maju-Balai Kota, 1B Stasiun Palmerah-Transport Hub Dukuh Atas dan 1F Stasiun Palmerah-Bundaran Senayan. Lalu 1H Tanah Abang-Stasiun Gondangdia, 1N Tanah Abang-Blok M, 1P Senen-Blok M, 1R Senen-Tanah Abang dan 2Q Gondangdia-Balai Kota.

     

    Kemudian Rute 4C Pemuda Merdeka-Bundaran Senayan, 6C Stasiun Tebet-Kuningan, 6H Senen-Lebak Bulus, 6K Kuningan-Karet, 6M Stasiun Manggarai-Blok M dan 6Q Galunggung-Casablanca via Epicentrum Raya. Lalu 8N Kebayoran Lama-Petamburan, 9D Pasar Minggu-Tanah Abang dan 9E Kebayoran Lama-Jelambar.

     

     

    Pewarta: Siti Nurhaliza
    Editor: Sri Muryono
    Copyright © ANTARA 2024

  • MRT Jakarta tambah jadwal operasi pada 12-13 Oktober dukung event lari

    MRT Jakarta tambah jadwal operasi pada 12-13 Oktober dukung event lari

    Kami berharap agar masyarakat dapat menggunakan transportasi publik saat menuju ke lokasi acaraJakarta (ANTARA) – PT MRT Jakarta (Perseroda)  menambah jadwal operasional pada 12 -13 Oktober 2024 untuk mendukung event lari  “wondr Jakarta Running Festival 2024” di Istora Senayan, Jakarta.

    Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) Tuhiyat dalam keterangannya di Jakarta, Kamis menyebutkan jadwal operasional pada 12 Oktober 2024 dimulai pukul 04.00 hingga 24.00 WIB dengan jarak antara dua kereta 20 menit pada pukul 03.00 – 05.00 WIB, dan 10 menit pada pukul 05.00 – 24.00 WIB.

    Baca juga: Sinergi Bank DKI dan PT MRT Jakarta (Perseroda) Resmikan Penamaan Stasiun Bundaran HI Bank DKI

    Sementara pada 13 Oktober 2024, jam operasional  dimulai pukul 03.00 hingga 24.00 WIB.

    “Kami berharap agar masyarakat dapat menggunakan transportasi publik saat menuju ke lokasi acara atau saat meninggalkan area acara agar tujuan pembangunan berkeberlanjutan melalui carbon neutral event (acara netral karbon) dapat tercapai,” kata Tuhiyat.

    Adapun ajang “wondr Jakarta Running Festival 2024” merupakan wajah baru hasil kolaborasi antara PT MRT Jakarta dan Kelompok Lari Anak Bangsa (KLAB). Kolaborasi ini didorong oleh visi bersama untuk menjadikan Jakarta sebagai pusat gaya hidup urban yang tidak hanya dinamis, tetapi juga bertanggung jawab terhadap lingkungan.

    Baca juga: HUT Ke-79 TNI, naik Transjakarta-MRT dan LRT hanya Rp1

    Sebelumnya, PT MRT Jakarta, sambung dia, melalui penugasan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengadakan kegiatan Half Marathon sebagai pendorong gaya hidup modern perkotaan melalui penggunaan transportasi publik dan pengembangan tata kota.

    Sementara itu, Direktur Utama PT Kelompok Lari Anak Bangsa (KLAB) Dickie Widjaja berharap kolaborasi dengan Jakarta Half Marathon dapat menginspirasi pelari dan masyarakat untuk melihat acara ini sebagai kontribusi nyata terhadap semangat keberlanjutan dan pengembangan gaya hidup perkotaan yang lebih baik di Kota Jakarta.

    Baca juga: MRT Jakarta dan AFD sepakati nilai proyek TOD capai Rp3,8 miliar

    Dia meyakini lari bukan hanya soal kecepatan dan kompetisi, tetapi juga gaya hidup yang mencakup kesehatan fisik dan tanggung jawab sosial.

    “Kami meyakini bahwa tanggung jawab terhadap lingkungan merupakan bagian tak terpisahkan dari gaya hidup modern, dan kami berkomitmen untuk mendorong perubahan positif melalui kegiatan ini,” demikian ujar dia.

    Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
    Editor: Ganet Dirgantara
    Copyright © ANTARA 2024

  • Aplikasi HP yang Wajib Ada Saat Ramai Demo Kawal Putusan MK

    Aplikasi HP yang Wajib Ada Saat Ramai Demo Kawal Putusan MK

    Jakarta

    Hari ini, Kamis (22/8/2024) akan digelar demo Kawal Putusan MK di Jakarta, dan sejumlah kota di Indonesia, terkait mengawal agenda Badan Legislasi (Baleg) DPR yang menggelar rapat untuk membahas Rancangan Undang-undang Pilkada.

    Untuk berjaga-jaga, baik kalian yang ikut turun ke jalan maupun tidak, aplikasi ini penting ada di HP kamu untuk membantu keamanan kamu di tengah ramainya aksi demo.

    1. Google Maps

    Aplikasi Google Maps akan sangat terpakai untuk menentukan jalan menuju lokasi aksi, janjian bertemu dengan massa aksi lain atau mencari titik keberangkatan untuk long march.

    Google Maps juga akan terpakai setelah aksi unjuk rasa selesai dan kalian mencari rute untuk pulang ke rumah. Titik kemacetan di sekitar lokasi aksi, terpantau mudah di sini.

    Aplikasi ini juga membantu kalian yang tidak ikut aksi massa dan justru menghindari area tempat massa berdemo, mencari rute pergi atau pulang yang aman dari kemacetan dampak unjuk rasa.

    2. Waze

    Aplikasi Waze akan sangat membantu memberikan informasi penting ada apa di jalanan, apalagi saat ada unjuk rasa. Bagaimana kondisi lalu lintas dan ada peristiwa penting apa di jalan raya, semua terpantau dengan mudah di sini.

    Informasi real time dari para netizen akan sangat berguna untuk memantau situasi saat menuju, berada dan kembali dari lokasi. Kalian juga bisa menghindari rute-rute yang terhalang demo supaya perjalanan tetap lancar.

    3. Media sosial X, Instagram, TikTok

    Media sosial penting untuk memantau apakah isu-isu yang disuarakan bergema atau tidak. Informasi tersebut bisa berguna untuk memantau perkembangan terkini. X (dulu Twitter), Instagram, dan TikTok adalah yang paling update terkait situasi semacam ini.

    Selain itu, ada beberapa akun media sosial yang berguna karena mengabarkan perkembangan paling mutakhir dari aksi dan jalur transportasi, seperti TMC Polda Metro, info KRL, Trans Jakarta, akan milk situs berita resmi, dan lainnya.

    4. detikcom

    Aplikasi portal berita detikcom juga penting untuk memantau perkembangan unjuk rasa. Untuk rujukan sumber informasi tercepat, terupdate dan bisa dipercaya dari perkembangan terkini di sekitar kawasan Gedung DPR dan di jalanan, kalian bisa tahu dari detikcom.

    detikcom memantau setiap detik perkembangan aksi unjuk rasa di berbagai kota. Jadi, kalian bisa ikut mengikuti perkembangannya.

    5. Speedtest by Ookla

    Saat sedang unjuk rasa, seringkali koneksi internet di lokasi aksi mendadak lelet dan macet sehingga sulit berkomunikasi. Mau memantau situasi juga jadi terhambat.

    Kalian perlu punya aplikasi untuk mengetes kecepatan internet, misalnya saja Speedtest by Ookla. Secara berkala, pantaulah kecepatan koneksi internet untuk berjaga-jaga.

    6. Aplikasi Transportasi Online

    Dalam situasi unjuk rasa, sangat mungkin transportasi umum jadi terhambat karena terhalang atau eskalasi yang meningkat. Maka, aplikasi transportasi online wajib ada untuk pulang ke rumah dengan aman atau mengarah ke tujuan lain.

    Tentunya saat ini, aplikasi transportasi online sudah menjadi hal yang wajib ada di HP. Tapi pastikan aplikasi tersebut beroperasi dengan baik dan siap digunakan sewaktu-waktu.

    (rns/rns)

  • 800 Ribu Kartu Multi Trip BT21 Bakal Dirilis, Segini Biayanya

    800 Ribu Kartu Multi Trip BT21 Bakal Dirilis, Segini Biayanya

    Jakarta

    PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) atau KAI Commuter akan merilis 800.000 kartu multi trip (KMT) beredisi kartun BT21. Tujuannya untuk mempersembahkan kepada semua pengguna KRL di Indonesia.

    Vice President Corporate Secretary KAI Commuter Joni Martinus mengatakan pihaknya berencana akan menyediakan 16 desain yang berbeda. Sebelumnya, pihaknya juga telah meluncurkan KMT dengan empat desain edisi BT21 pada Senin (12/8) lalu. KMT edisi khusus ini dibanderol dengan harga Rp 60 ribu, sudah termasuk saldo sebesar Rp 10 ribu.

    “Setiap mengeluarkan (4 desain) itu, itu 200 ribu kartu. Jadi, kayak di Agustus ini kan kita keluarin 4 desain kartu yang berbeda, itu 200 ribu. Nanti di Oktober, kita akan keluarin lagi 4 desain yang berbeda, itu juga 200 ribu kartu. Kemudian di Desember, yang (batch) keempat itu juga nanti kita keluarkan lagi sebanyak 200 ribu. Total nanti akan ada 800 ribu kartu multi trip dengan tema BT21 tadi, yang bisa kita sebar ke masyarakat,” terang Joni kepada awak media, di Jakarta Pusat, Kamis (15/8/2024).

    Joni menjelaskan pihaknya melihat generasi muda tengah menggandrungi BT21. Maka dia menilai akan lebih baik apabila masyarakat dapat mengoleksi semua desainnya.

    Nantinya kartu bertema BT21 tersebut akan tersedia di loket-loket stasiun KRL. Kartu ini dapat digunakan untuk LRT, MRT, Jaklingko, Transjakarta, TransJogja, TransJatim, hingga TransJateng. Meski begitu, pihaknya tengah mengupayakan agar KMT tersebut bisa digunakan untuk transaksi tarif tol.

    “Total nanti akan ada 16 desain kartu itu. Jadi, teman-teman anak-anak muda yang sangat menggandrungi itu, mereka punya banyak pilihan untuk mengoleksi kartu itu. Jumlah transaksi pembayaran melalui KMT itu tinggi banget, kalau sampai dengan Juli ini transaksi orang beli KMT Commuter Line dengan tap itu ada 101 juta lebih,” jwlasnya.

    Terkait investasi yang dibutuhkan untuk program tersebut, Joni tidak menjelaskan detail. Namun, apabila diasumsikan satu kartu bernilai Rp 60.000 dan diluncurkan dengan total 800.000 kartu. Setidaknya butuh dana sekitar Rp 48 miliar untuk produksi kartu tersebut.

    “Iya, iya (sekitar miliyaran). Kalau totalnya, kita belum ini ya. Saya harus-harus konfirmasi dulu ya,” imbuhnya.

    (hns/hns)

  • Jurus PGN Salurkan Energi Ramah Lingkungan ke Berbagai Wilayah Indonesia

    Jurus PGN Salurkan Energi Ramah Lingkungan ke Berbagai Wilayah Indonesia

    Jakarta – Subholding PT Pertamina (Persero), PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN), berkomitmen untuk terus menyalurkan gas bumi ke berbagai wilayah Indonesia. Hal ini bertujuan agar masyarakat bisa memanfaatkan sumber-sumber energi yang lebih ramah lingkungan.

    “Gas bumi merupakan salah satu sumber energi yang paling bersih atau paling kecil emisi karbonnya dibandingkan dengan sumber energi fosil lainnya seperti batu bara dan minyak bumi,” ucap Corporate Secretary PGN Susiyani Nurwulandari dalam acara Anugerah Ekonomi Hijau detikcom di Menara Bank Mega, Jakarta Selatan, Selasa (30/7/2024).

    Susiyani menjelaskan penyaluran gas bumi ini dilakukan dengan dua cara yakni melalui saluran pipa dan non-pipa. Dalam hal ini saluran pipa digunakan untuk menjangkau wilayah-wilayah yang sudah terhubung dengan infrastruktur pipa backbone dan pipa distribusi, sedangkan saluran non-pipa untuk menjangkau wilayah yang belum terhubung dengan jaringan gas tersebut.

    “Penyaluran atau transmisi dan distribusi gas bumi itu dikirim ke pelanggan itu melalui ada dua moda, satu pipa, dan non-pipa atau beyond pipeline. (Non-pipa) itu untuk menjangkau konsumen atau pelanggan yang tidak dapat dijangkau oleh gas bumi tersebut,” jelasnya.

    Berkat adanya inovasi penyaluran non-pipa ini, produk gas bumi hasil olahan perusahaan dapat menjangkau lebih banyak pelanggan termasuk operator transportasi umum. Misalkan saja melalui produk GasKu yang menjangkau transportasi umum seperti bajaj, taksi, dan busway.

    “GasKu itu satu jenis produk salah satu yang kita bilang tadi beyond pipeline itu salah satunya GasKu,” ucap Susiyani.

    “Kerja sama kami tentunya yang pertama bajaj ya, di Jakarta ini sudah menggunakan gas bumi ya, kemudian dengan Blue Bird, dengan Transjakarta, juga kami bekerja sama untuk menggunakan gas bumi tersebut,” jelasnya lagi.

    Berkat komitmennya itu dalam menyalurkan energi ramah lingkungan ke berbagai wilayah Indonesia, PGN menerima Anugerah Ekonomi Hijau untuk Produk Energi Ramah Lingkungan dari detikcom.

    “”Kami dari PGN berterima kasih atas Anugerah Ekonomi Hijau yang sudah diberikan oleh detikcom. Ini menunjukkan komitmen kami untuk terus menyediakan energi bersih bagi seluruh masyarakat Indonesia,” kata Susiyani.

    (fdl/fdl)

  • Operator Buka Suara soal Kereta Cepat Dituding Bikin WIKA Rugi

    Operator Buka Suara soal Kereta Cepat Dituding Bikin WIKA Rugi

    Jakarta

    Operator Kereta Cepat Whooosh, PT KCIC, buka suara soal proyek kerja sama Indonesia & China ini merugikan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk atau WIKA. Sebelumnya dalam rapat dengan Komisi VI DPR, Senin (8/7/2024), Direktur Utama PT Wijaya Karya (Persero) atau WIKA Agung Budi Waskito mengungkapkan perusahaan mengalami kerugian besar pada 2023. Salah satu penyebabnya proyek Kereta Cepat.

    Merespons pernyataan tersebut pihak KCIC buka suara. Eva Chairunisa Corporate Secretary PT KCIC mengatakan pembangunan kereta cepat untuk kemajuan transportasi di Indonesia agar dapat meningkatkan konektivitas dan perekonomian antara Jakarta dan Bandung melalui transportasi massal ramah lingkungan.

    “Dalam proses pembangunannya, proyek Kereta Cepat Whoosh sudah mempertimbangkan banyak hal yang telah dikordinasikan bersama seluruh stakeholder yang terlibat,” ujar Eva dalam keterangan tertulis, Selasa (16/7/2024).

    Menurut Eva operasional Whoosh juga terus meningkat. Jumlah perjalanan terus bertambah dari 14 perjalanan reguler per hari di Oktober 2023, menjadi 48 perjalanan reguler perhari sejak Mei 2024. Selanjutnya pada awal 2025 diprogramkan jumlah perjalanan kereta dapat mencapai hingga 62 per hari.

    Rata-rata volume penumpang Whoosh perhari juga mengalami peningkatan secara bertahap dengan rekor penumpang tertinggi saat ini sudah mencapai 24 ribu per hari.

    Sebelumnya di awal beroperasi pada oktober 2023 rata-rata volume penumpang whoosh sekitar 9.000 orang per hari. Saat ini berdasarkan data Juli 2024 rata-rata per hari tembus 17.000 sampai 18.000 penumpang per hari.

    Pada akhir pekan makin meningkat menjadi hingga 22.000 penumpang per hari. Rekor tertinggi 24 ribu penumpang terjadi pada 5 Juli 2024.

    Bersambung ke halaman berikutnya. Langsung klik

    Saat ini seluruh stasiun whoosh yang beroperasi sudah terintegrasi dengan berbagai moda transportasi lainnya.

    Di stasiun halim tersedia layanan LRT Jabodebek, Bus Transjakarta, Bus menuju Bandara Soekarno-Hatta, Shuttle menuju Bandara Halim Perdanakusuma, serta Taksi dan Transportasi Online.

    Di stasiun Padalarang tersedia layanan KA Feeder, Commuter Line, Bus Trans Metro Pasundan, Shuttle menuju Kawasan Kota Baru Parahyangan serta Taksi dan Transportasi Online.

    Di Stasiun Tegalluar tersedia layanan Shuttle menuju Bandung, Bus menuju kawasan Summarecon Bandung, serta Taksi dan Transportasi Online.

    KCIC juga memberikan kemudahan masyarakat untuk melakukan transaksi tiket melalui beragam inovasi yang terus dilakukan. saat ini masyarakat sudah dapat melakukan pembelian melalui Aplikasi Whoosh, situs ticket.kcic.co.id, Ticket Vending Machine, Loket serta aplikasi mitra seperti Access by KAI, Livin by Mandiri, BRImo, dan BNI Mobile Banking.

    Melihat tinggi nya pemesanan untuk perjalanan rombongan, saat ini kcic juga telah memiliki layanan khusus rombongan melalui saluran WA 0815-1032-0909 yang dapat memudahkan pemesanan tiket dalam jumlah banyak akan dibantu langsung untuk mendapatkan tempat duduk berdekatan serta pendampingan jika dibutuhkan pada agenda tertentu.

    Layanan edutrip dengan tarif khusus untuk perjalanan rombongan para pelajar juga telah dihadirkan dan menjadi salah satu program yang diminati berbagai lembaga pendidikan nasional dan internasional.

    Meningkatnya minat masyarakat menggunakan whoosh untuk perjalanan Jakarta – Bandung juga terlihat melalui hadir nya penumpang rutin yang menjadi pengguna setia Whoosh, KCIC juga telah menghadirkan layanan kartu berlangganan melalui Frequent Whoosher yang bisa di beli di stasiun Whoosh Halim, Padalarang dan Tegalluar.

    Adapun terkait klaim sebesar Rp 5 triliun yang disampaikan pada sejumlah pemberitaan, dapat kami sampaikan bahwa dalam prosesnya semua yang berkaitan dengan penagihan di KCIC harus melalui prosedur administrasi agar semuanya dapat dipertanggungjawabkan dengan baik termasuk dari sisi keuangan sesuai dengan tata kelola perusahaan yang baik (GCG)