BUMN: TransJakarta

  • Dishub Kaji Rencana Kenaikan Tarif Transjakarta
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        20 Desember 2024

    Dishub Kaji Rencana Kenaikan Tarif Transjakarta Megapolitan 20 Desember 2024

    Dishub Kaji Rencana Kenaikan Tarif Transjakarta
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com
    – Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jakarta masih mempertimbangkan rencana kenaikan tarif moda transportasi
    Transjakarta
    (TJ). Kepala Dishub Jakarta,
    Syafrin Liputo
    , menyatakan usulan kenaikan tarif telah diterima dan sedang dalam tahap kajian.
    “Sudah masuk usulannya, kami masih pendalaman dari hasil kajian yang sudah disampaikan,” kata Syafrin kepada wartawan, Jumat (20/12/2024).
    Menurut Syafrin, usulan tersebut berasal dari berbagai pihak, termasuk Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ). Namun, pembahasan mengenai kenaikan tarif ini masih dilakukan di lingkup internal Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jakarta.
    “Ini masih tahap pendalaman di lingkup internal Pemerintah Provinsi Jakarta,” ujarnya.
    Syafrin belum bisa memastikan apakah tarif TJ akan dinaikkan pada tahun 2025. Namun, ia menyebutkan, proses pendalaman diharapkan selesai pada akhir tahun ini.
    “Kami menunggu hasil pendalaman yang kami lakukan. Akhir tahun selesai,” tambahnya.
    Saat ini, tarif layanan bus Transjakarta sebesar Rp 3.500 telah berlaku sejak 2007 dan belum mengalami perubahan.
    Sebelumnya, wacana
    kenaikan tarif Transjakarta
    sudah muncul pada 2023. PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menerima usulan dari DTKJ untuk menaikkan tarif layanan pada jam sibuk.
    Melalui akun resmi Twitter, PT Transjakarta menyebut usulan kenaikan tarif menjadi Rp 4.000 hingga Rp 5.000 untuk jam sibuk, yaitu pukul 07.01-10.00 WIB dan 16.01-21.00 WIB.
    “Adanya usulan penyesuaian
    tarif Transjakarta
    dari Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) menjadi Rp 4.000 dan Rp 5.000 pada waktu sibuk,” demikian tertulis dalam cuitan tersebut, Senin (10/4/2023).
    PT Transjakarta juga meminta pendapat masyarakat melalui survei online hingga 13 April 2023. Warganet diminta menyampaikan saran melalui tautan
    bit.ly/TarifTJ
    atau dengan memindai kode QR yang tersedia.
    “Sampaikan pendapat Sahabat TiJe atas gagasan kalian… Suara Sahabat Tije sangat berarti untuk Transjakarta!” tulis admin akun tersebut.
    Copyright 2008 – 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • DKI kemarin, korupsi di Disbud hingga rute Transjakarta ditiadakan

    DKI kemarin, korupsi di Disbud hingga rute Transjakarta ditiadakan

    Jakarta (ANTARA) – Sejumlah pemberitaan di kanal Metro pada Kamis (19/12) masih menarik disimak kembali untuk menemani aktivitas Jumat pagi Anda mulai dari Kepala Dinas Kebudayaan (Kadisbud) diganti buntut kasus korupsi hingga rute Transjakarta yang bersinggungan dengan MRT akan ditiadakan.

    Berikut deretan berita yang dapat menemani Anda baik yang sedang di perjalanan maupun aktivitas lainnya.

    Dugaan korupsi Disbud, Pj. Gubernur DKI tunjuk pengganti Kadisbud

    Jakarta (ANTARA) – Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta Teguh Setyabudi menunjuk Sekretaris Dinas Kebudayaan (Sekdisbud) untuk menggantikan Iwan Henry Wardhana, Kepala Dinas Kebudayaan (Kadisbud) DKI yang tengah dinonaktifkan terkait kasus dugaan korupsi.

    Sekretaris Dinas Kebudayaan nantinya bertugas sebagai Pelaksana harian (Plh) Kepala Dinas Kebudayaan.

    “Pelaksana harian (Plh)-nya Sekretaris Dinas (Kebudayaan), Insya Allah,” kata Teguh di Balaikota Jakarta, Kamis.

    Selengkapnya di sini

    TMII siapkan berbagai acara sambut libur Natal dan tahun baru

    Jakarta (ANTARA) – Manajemen Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menyiapkan berbagai acara dalam menyambut libur Natal dan Tahun Baru 2025.

    Direktur Utama Taman Mini Indonesia Indah Intan Ayu Kartika di Jakarta, Kamis, menjelaskan bahwa TMII secara khusus mengangkat tema “Sukaria Ga Ada Habisnya” untuk menyambut musim libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.

    Selengkapnya klik di sini

    Harga sejumlah komoditi di Jakbar cenderung naik jelang Nataru

    Jakarta (ANTARA) – Harga sejumlah komoditi pangan pada sejumlah pasar tradisional dan modern di Jakarta Barat cenderung naik atau masih tinggi menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2025.

    “Untuk komoditi telur, cabai merah keriting, cabai rawit merah, bawang merah, bawang putih, daging sapi dan daging ayam ras dan beberapa komoditi lainnya masih tinggi atau cenderung naik, komoditi sisanya stabil,” ungkap Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Barat, Novy C. Palit saat dihubungi di Jakarta, Kamis.

    Selengkapnya di sini

    Transjakarta operasikan rute baru Pulo Gadung-Kota lewati Kemayoran

    Jakarta (ANTARA) – PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mengoperasikan rute baru, yakni Pulo Gadung-Kota melewati Kemayoran (2M) sebagai bagian dari upaya memperluas jangkauan layanan kepada masyarakat.

    Kepala Departemen Humas dan CSR Transjakarta dalam keterangan di Jakarta, Kamis, menyampaikan pengoperasian rute baru Pulo Gadung-Kota lewat Kemayoran untuk memudahkan mobilitas masyarakat DKI Jakarta.

    Selanjutnya di sini

    Rute Transjakarta yang bersinggungan dengan MRT akan dihentikan

    Jakarta (ANTARA) – Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan bahwa rute Transjakarta yang bersinggungan dengan jalur MRT akan dihapus atau dihentikan setelah jaringan selesai.

    “Layanan koridor satu Transjakarta dari Blok M sampai dengan Kota itu nanti ditiadakan,” kata Syafrin di Jakarta, Kamis, saat rapat dengan DPRD Jakarta.

    Selengkapnya di sini

    Pewarta: Khaerul Izan
    Editor: Ganet Dirgantara
    Copyright © ANTARA 2024

  • Transjakarta operasikan rute baru Pulo Gadung-Kota lewati Kemayoran 

    Transjakarta operasikan rute baru Pulo Gadung-Kota lewati Kemayoran 

    Jakarta (ANTARA) – PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mengoperasikan rute baru, yakni Pulo Gadung-Kota melewati Kemayoran (2M) sebagai bagian dari upaya memperluas jangkauan layanan kepada masyarakat.

    Kepala Departemen Humas dan CSR Transjakarta dalam keterangan di Jakarta, Kamis, menyampaikan pengoperasian rute baru Pulo Gadung-Kota lewat Kemayoran untuk memudahkan mobilitas masyarakat DKI Jakarta.

    Layanan ini, kata dia, dapat dijadikan sebagai kendaraan pengumpan menuju halte (feeder) menuju layanan BRT atau Non BRT yang menghubungkan antarwilayah.

    Adapun rute Pulo Gadung-Kota via Kemayoran (2M) termasuk ke dalam angkutan umum terintegrasi yang melayani 146 titik perhentian.

    Layanan tersebut beroperasi setiap Senin-Minggu mulai pukul 05.00 hingga 22.00 WIB. Untuk menggunakan layanan ini, pengguna Transjakarta dapat melakukan “tap in” dan “tap out” pada mesin “Tap on Bus” (ToB) menggunakan Kartu Uang Elektronik (KUE).

    “Harapannya pembukaan layanan baru dapat memudahkan kebutuhan perjalanan pelanggan dan semakin mendorong masyarakat untuk menggunakan layanan transportasi publik untuk mewujudkan Jakarta sebagai kota global yang ramah lingkungan,” ujar Ayu.

    Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
    Editor: Sri Muryono
    Copyright © ANTARA 2024

  • DPRD-Pemprov DKI sepakati Raperda MRT dan JIEP masuk ke paripurna

    DPRD-Pemprov DKI sepakati Raperda MRT dan JIEP masuk ke paripurna

    Jakarta (ANTARA) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyepakati tiga rancangan peraturan daerah (raperda) tentang MRT, pendirian dan penyertaan modal PT. Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) di paripurnakan pada Senin (23/12) mendatang.

    “Setelah mendengarkan penjelasan dari pihak eksekutif, serta tanggapan dan saran dari para pimpinan fraksi, pimpinan komisi, maka raperda resmi disepakati,” kata Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Wibi Andrino di Jakarta, Kamis.

    Menurut dia, terdapat tiga raperda yang telah disepakati antara DPRD dan Pemprov DKI, yaitu tentang perubahan perdana nomor 9 tahun 2018 tentang MRT, kemudian pendirian dan penyertaan modal Jakarta Industrial Estate Pulogadung.

    Wibi menjelaskan bahwa ketiga raperda itu akan ditetapkan sebagai perda pada Senin mendatang, dan diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi keberlangsungan badan usaha milik daerah itu.

    Pada saat pembahasan raperda tersebut, ada beberapa masukan yang ditanyakan oleh anggota dewan diantaranya terkait efektivitas angkutan umum di Jakarta lantaran ada beberapa rute yang saling bersinggungan terutama antara MRT dan Transjakarta.

    “Penggunaan transportasi di Indonesia tumpang tindih. Apakah dalam penentuan kajian terkait jalur-jalur transportasi itu sudah betul-betul atau memang asal-asalan,” kata Anggota DPRD Sutikno.

    Sementara itu, Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD DKI Jakarta Abdul Aziz menjelaskan ketiga raperda ini sangat penting untuk menunjang kesejahteraan warga Jakarta. Pasalnya, raperda tersebut berkaitan dengan lapangan kerja serta kehadiran transportasi yang nyaman dan aman.

    “Kami berharap bisa secepatnya dirampungkan, sehingga masyarakat bisa diuntungkan. Terutama dalam aspek mengurangi angka pengangguran di Jakarta,” katanya

    Dengan mengesahkan dua Raperda PT JIEP, maka saham Pemprov bisa lebih dominan. Sebab selama ini saham milik Pemprov hanya 50 persen, sementara 50 persennya lagi milik Danareksa.

    “Nantinya bisa menjadi mayoritas. Sehingga bisa menentukan kebijakan ke depan, apalagi JIEP letaknya cukup strategis di Jakarta Timur dengan lahan 400 hektare lebih, kami harap itu bisa dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk menyerap tenaga kerja,” ujarnya.

    Pewarta: Khaerul Izan
    Editor: Ade irma Junida
    Copyright © ANTARA 2024

  • Rute Transjakarta yang bersinggungan dengan MRT akan dihentikan

    Rute Transjakarta yang bersinggungan dengan MRT akan dihentikan

    Jakarta (ANTARA) – Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan bahwa rute Transjakarta yang bersinggungan dengan jalur MRT akan dihapus atau dihentikan setelah jaringan selesai.

    “Layanan koridor satu Transjakarta dari Blok M sampai dengan Kota itu nanti ditiadakan,” kata Syafrin di Jakarta, Kamis, saat rapat dengan DPRD Jakarta.

    Menurut dia, penghapusan layanan tersebut setelah jalur MRT rute Lebak Bulus ke Stasiun Kota selesai dikerjakan, ini agar tidak saling tumpang tindih antarmoda transportasi umum tersebut.

    Ia menjelaskan, tidak hanya koridor satu penghapusan rute Transjakarta juga akan dilakukan di koridor dua Pulogadung ke Harmoni, jika seluruh jaringan MRT sudah terbangun.

    “Mereka akan dialihkan untuk mengisi kekosongan layanan lainnya. Demikian pula halnya dengan layanan yang nantinya akan berhimpitan dengan angkutan rel,” tuturnya.

    Ia menambahkan bahwa terkait transportasi umum di Jakarta sudah ada rencana induk jadi dapat dipastikan nantinya tidak ada yang saling tumpang tindih antara satu dengan lainnya.

    “Memang sudah masuk juga dalam rencana induk transportasi Jakarta jadi tidak akan tumpang tindih,” katanya.

    Sebelumnya, Anggota DPRD DKI Sutikno mempertanyakan efektivitas angkutan umum di Jakarta, karena ada beberapa rute yang saling bersinggungan terutama antara MRT dan Transjakarta.

    “Penggunaan transportasi di Indonesia tumpang tindih. Apakah dalam penentuan kajian terkait jalur-jalur transportasi itu sudah betul-betul atau memang asal-asalan,” tuturnya.

    Pewarta: Khaerul Izan
    Editor: Sri Muryono
    Copyright © ANTARA 2024

  • Dishub DKI Godok Wacana Naikkan Tarif Layanan Transjakarta, Berlaku Mulai 2025? 

    Dishub DKI Godok Wacana Naikkan Tarif Layanan Transjakarta, Berlaku Mulai 2025? 

    Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

    TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR – Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta tengah menggodok kemungkinan menaiklan tarif layanan Transjakarta.

    Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo bilang, saat ini pembahasan masuk dalam tahap pendalaman usulan dari Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) dan Transjakarta.

    “Kami masih melakukan pendalaman terhadap hasil kajian yang disampaikan baik oleh teman-teman Transjakarta, demikian juga oleh Dewan Transportasi Jakarta juga sudah masuk dalam tahap pendalaman oleh Pemprov DKI Jakarta,” ucapnya di Balai Kota Jakarta, Rabu (18/12/2024).

    Wacana soal rencana Dishub DKI menaikkan tarif Transjakarta ini kembali mencuat usai DPRD DKI berencana memangkas anggaran public service obligation (PSO) yang diberikan kepada Transjakarta.

    Sebagai informasi tambahan, pada tahun 2024 ini Pemprov DKI Jakarta mengucurkan PSO Transjakarta sebesar Rp3,9 triliun.

    Anggaran tersebut dikucurkan sebagai dana subsidi tiket sehingga saat ini tarif Transjakarta masih berada di angka Rp 3.500.

    Adapun besaran tarif Transjakarta tak pernah mengalami perubahan sejak tahun 2007 silam.

    Rencana soal perubahan tarif Transjakarta ini pun sudah beberapa kali mencuat.

    Namun hingga kini besaran tarif tak kunjung mengelamai perubahan.

    Syafrin pun mengaku belum bisa memastikan kapan tarif layanan Transjakarta bakal naik.

    “Kami masih menunggu pendalaman yang kamu lakukan. Akhir tahun ini (kajiannya) selesai,” kata anak buah Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Teguh Setyabudi ini.

    Akses TribunJakarta.com di Google News atau WhatsApp Channel TribunJakarta.com. Pastikan Tribunners sudah install aplikasi WhatsApp ya

     

  • Mengandangkan 59 Bus Zhongtong Sebagai Buntut Pemutaran Iklan Vulgar

    Mengandangkan 59 Bus Zhongtong Sebagai Buntut Pemutaran Iklan Vulgar

    JAKARTA – PT Transportasi Jakarta mengandangkan seluruh bus TransJakarta dengan merek Zhongtong yang berjumlah 59 buah. Hal ini merupakan buntut dari penayangan video vulgar pada papan iklan elektronik pada tiga bus merek Zhongtong yang baru beroperasi pada Oktober lalu. 

    Direktur Utama PT TransJakarta Agung Wicaksono mengatakan, pengandangan itu dilakukan untuk mencari tahu akar masalah. “Intinya sedang kita stop operasi untuk kita lakukan pengecekan semuanya, kita investigasi kenapa itu bisa terjadi,” kata Agung ditemui di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis, 14 November.

    Mulanya, kasus ini viral di media sosial. Sebuah video memperlihatkan adanya penayangan iklan tak senonoh di bus TransJakarta. Keterangan video tersebut tertuliskan video diambil pada 9 November 2019 pukul 19.00 WIB di koridor 1.

    Salah satu Akun Twitter, @itsfianseptian mengunggah rekaman dari ponselnya. Rekaman itu memperlihatkan salah satu bus TransJakarta dengan nomor seri PPD-0732 memutarkan video iklan yang mengekspos bagian-bagian vulgar tubuh wanita.

    “Layar ini beberapa kali menampilkan iklan dari adtopic yang cukup vulgar untuk 18 tahun ke atas. Sepertinya perlu dicek kembali video yang ditampilkan (bus PPD-0732),” tulisnya. 

    TransJakarta mengaku kecolongan dan meminta maaf atas penayangan iklan vulgar tersebut. Menurut penjelasan Agung, penayangan video vulgar pada bus Zhongtong dikelola oleh Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD) sebagai salah satu operator TransJakarta.

    Agung bilang, TransJakarta tidak hanya mengoperasikan bus sendiri. Ada bus yang dijalankan operator-operator yang dibayar dan harus memenuhi standar. Kalau tidak memenuhi standar, tentu ada sanksi. 

    “Satu, kalau memang katanya iklan, nggak boleh iklan. Iklan harus satu pintu lewat TJ, di kontrak sudah jelas, tidak ada operator [menayangkan] iklan sendiri. Yang kedua, konten harus diperiksa. Harus disetujui,” jelas Agung. 

    “Yang ketiga, katanya bukan iklan. Ini video klip yang dipakai untuk mengecek layar monitor itu. Nah, ini juga jelas salah karena prosedurnya nggak boleh [layar monitor] itu dibiarkan dan diputar pengemudi,” tambah dia. 

    Jadi, karena PPD tak memenuhi standar kelayakan pada bus Zhongtong tersebut, mereka mesti menerima sanksi yakni pemberhentian operasional.

    “Saat ini sedang stop operasi untuk pemeriksaan. Mereka kan dibayar oleh kita berdasarkan kilometer. Jadi, begitu kita stop operasi, ya (dampaknya) kerugian,” ucap dia. 

  • Transjakarta Operasikan 90 Bus Listrik High Deck Buatan Golden Dragon

    Transjakarta Operasikan 90 Bus Listrik High Deck Buatan Golden Dragon

    Jakarta

    PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) akan mengoperasikan sebanyak 90 unit bus listrik Golden Dragon tipe high deck. Bus listrik tersebut disediakan oleh PT Sinar Armada Globalindo (SAG) bekerja sama dengan operator bus PT Bianglala Metropolitan.

    Sebagai informasi, 90 unit bus listrik tersebut merupakan bagian dari 200 unit armada bus listrik baru Transjakarta yang diresmikan belum lama ini. Peluncuran 200 unit bus listrik tersebut menggenapi target 300 unit bus yang akan dioperasikan Transjakarta hingga penghujung tahun 2024.

    Dalam keterangannya, SAG mengatakan kontribusi 90 unit bus listrik Golden Dragon tersebut merupakan manifestasi komitmen perusahaan buat berkontribusi ke ekosistem transportasi publik yang lebih ramah lingkungan dalam misi mencapai target net emisi nol (net zero emission).

    Transjakarta operasikan 90 bus listrik high deck dari SAG Foto: Dok. SAG

    Provinsi Daerah Khusus Jakarta sendiri berkomitmen untuk memimpin upaya nasional dalam pengurangan emisi karbon, dengan target net zero emission pada 2050 dengan Jakarta dapat mencapai 100% elektrifikasi kendaraan umum pada 2030.

    Dengan bus listrik, potensi ini meningkat menjadi 422 ribu ton CO₂e atau setara dengan menanam 1,5 juta bibit pohon atau mendaur ulang 32 ribu ton sampah. Sebelumnya menyikapi regulasi pemerintah lewat Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 8 Tahun 2024 terkait aturan minimal 20% Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) produksi bus listrik, SAG menjalin kerja sama dengan PT Piala Mas Industri (Piala Mas) untuk perakitan bus listrik dengan nilai TKDN yang ditargetkan mencapai 40% di tahun 2025.

    Sekadar informasi, Golden Dragon merupakan salah satu produsen bus listrik terbesar di dunia dan sudah melakukan ekspor ke 170 negara. Selain Indonesia, Golden Dragon memiliki pengalaman perakitan knocked-down yang ekstensif di lebih dari sepuluh negara, termasuk Malaysia, Thailand, Mesir, dan Nigeria.

    Transjakarta operasikan 90 bus listrik high deck dari SAG Foto: Dok. SAG

    “Melalui panduan langsung dan kerja sama erat, Golden Dragon membantu para mitranya, termasuk SAG, dalam mencapai pelokalan suku cadang dan meningkatkan tingkat ketenagakerjaan lokal serta transfer teknologi,” tulis SAG.

    Sebelumnya pada tahun 2019 SAG memperkenalkan produk pertamanya Bus Low Deck 12M ke Indonesia dan sudah beroperasi di tahun 2023, dalam komitmen mendukung program pemerintah Langit Biru untuk pengendalian polusi udara.

    (lua/dry)

  • UMP Jakarta 2025 Naik, Pekerja Lajang Tetap Merasa Terbebani karena Biaya Hidup Tinggi
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        14 Desember 2024

    UMP Jakarta 2025 Naik, Pekerja Lajang Tetap Merasa Terbebani karena Biaya Hidup Tinggi Megapolitan 14 Desember 2024

    UMP Jakarta 2025 Naik, Pekerja Lajang Tetap Merasa Terbebani karena Biaya Hidup Tinggi
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com
    – Kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) Jakarta tahun 2025 sebesar Rp 5,3 juta belum memuaskan sejumlah pekerja, termasuk yang masih lajang. 
    Meskipun pendapatan bakal meningkat, para pekerja menilai, kenaikan UMP belum cukup mengimbangi tingginya biaya hidup di Jakarta.
    Tingginya biaya hidup, dari sewa tempat tinggal hingga kebutuhan sehari-hari, memaksa para pekerja cermat mengatur keuangan agar bisa bertahan hingga akhir bulan.
    Dita (27), seorang pegawai ritel di Jakarta Selatan misalnya, mengaku khawatir jika peningkatan gaji dibarengi naiknya harga kebutuhan pokok.
    “Saya senang ada kenaikan gaji, tapi kalau harga kebutuhan pokok naik terus, tetap saja sulit. Gaji naik sedikit, tapi harga sembako, transportasi, dan listrik naik lebih cepat,” ucap Dita saat diwawancarai
    Kompas.com
    , Sabtu (14/12/2024).
    Dita tinggal seorang diri di Jakarta di rumah indekos, sementara keluarganya tinggal di Kabupaten Bogor.
    Oleh karenanya, Dita harus cermat mengatur keuangan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari sendiri.
    “Kenaikan UMP belum benar-benar membantu kalau semuanya serba mahal,” tambah dia.
    Senada dengan Dita, Efriza (26) juga menilai, kenaikan UMP belum bisa menutupi pengeluaran hidup di Jakarta.
    Setelah dipotong pajak dan dialokasikan untuk kebutuhan harian, gajinya cepat habis.
    “Kenaikan UMP itu kelihatannya besar, tapi setelah dipotong pajak dan ditambah biaya harian seperti sewa kos, transportasi, dan makan, gaji cepat habis. Setiap bulan, saya harus memikirkan cara bertahan sampai gajian berikutnya,” ungkap Efriza.
    Sementara itu, Syafiera (28) yang bekerja di Jakarta dengan penghasilan Rp 5,3 juta per bulan juga merasa belum cukup.
    Sebab, selain membiayai hidup pribadi, ia harus membantu keluarganya di Ciawi, Kabupaten Bogor.
    “Walau UMP naik, itu belum mencukupi kebutuhan saya sehari-hari, padahal saya masih lajang. Dari gaji Rp 5,3 juta, saya kirim ke orangtua Rp 1 juta, kos-kosan yang Rp 1,8 juta, lalu menabung untuk biaya kuliah adik sebesar Rp 500.000 sampai Rp 1 juta,” ujar dia.
    Sementara, untuk makan, Syafiera maksimal menghabiskan Rp 2.000.000 per bulan. Namun, ia kerap menekan biaya makan agar masih ada sisa untuk ongkos berangkat dan pulang kerja.
    Sebab, butuh Rp 500.000 per bulan jika Syafiera pulang-pergi kerja naik TransJakarta. Akan tetapi, Syafiera bisa berhemat ongkos transportasi karena berangkat dan pulang kerja diantar-jemput sang kekasih. 
    Jika pengeluarannya sedang banyak, gaji Syafiera habis tak bersisa. Namun, jika bisa berhemat, Syafiera bakal menabung sisa gajinya.
    “Kalau ada sisa, saya tabung buat beli emas,” tambah dia.
    Copyright 2008 – 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • 4
                    
                        Pramono Ingin Akomodasi Beberapa Gagasan RK-Suswono dan Dharma-Kun, tapi…
                        Megapolitan

    4 Pramono Ingin Akomodasi Beberapa Gagasan RK-Suswono dan Dharma-Kun, tapi… Megapolitan

    Pramono Ingin Akomodasi Beberapa Gagasan RK-Suswono dan Dharma-Kun, tapi…
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com
    – Calon gubernur nomor urut 3,
    Pramono Anung
    , menyatakan kesiapannya untuk mengakomodasi beberapa program yang pernah digagas oleh pasangan calon (paslon) nomor urut 1, Ridwan Kamil (RK)-Suswono, dan paslon nomor urut 2, Dharma Pongrekun-Kun Wardana.
    Pramono menjelaskan bahwa meskipun ia akan melanjutkan beberapa program tersebut, secara prinsip, gagasan yang akan ditindaklanjuti tidak jauh berbeda dengan ide-ide yang ia sampaikan selama masa kampanye
    Pilkada Jakarta
    .
    “Ya sebagai salah satu contohnya, program mengenai sarapan pagi gratis, kan saya sama dengan juga 01 maupun 02,
    internet gratis
    dan sebagainya,” ujar Pramono di Gandaria Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan, pada Sabtu (14/12/2024).
    Ia menekankan bahwa setiap inisiatif yang baik untuk warga Jakarta akan ia tindak lanjuti.
    Namun, saat ditanya mengenai program Ridwan Kamil terkait tempat tinggal di atas stasiun dan transportasi sungai, Pramono tidak memberikan jawaban yang jelas.
    “Saya lebih konsentrasi untuk Transjakarta,” pungkasnya.
    Sebagai informasi, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jakarta telah menetapkan pasangan calon nomor urut 3, Pramono Anung-Rano Karno, sebagai pemenang dalam satu putaran Pilkada Jakarta dengan perolehan suara mencapai 50,07 persen.
    Hasil rekapitulasi suara tersebut diumumkan oleh KPUD Jakarta pada Minggu, (8/11/2024).
    Dalam rekapitulasi suara, Ridwan Kamil-Suswono memperoleh 1.718.160 suara, Dharma Pongrekun-Kun Wardana mendapatkan 459.230 suara, sedangkan Pramono Anung-Rano Karno meraih 2.183.239 suara.
    Copyright 2008 – 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.