BUMN: TransJakarta

  • Polda Metro Jaya Didemo Adili Jokowi dan Keluarga, Kok Bisa?

    Polda Metro Jaya Didemo Adili Jokowi dan Keluarga, Kok Bisa?

    GELORA.CO -Entah apa alasan massa Aliansi Rakyat Menggugat (ARM) lebih percaya Polda Metro Jaya ketimbang KPK, Kejaksaan Agung, dan bahkan Direktorat Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri untuk mengusut dugaan korupsi mantan Presiden Joko Widodo dan keluarga? Mungkinkah karena lebih percaya Polda Metro Jaya yang kini dipimpin Irjen Karyoto bisa bekerja profesional melakukan pengusutan kasus yang mereka tuntut?

    Massa ARM menggeruduk Polda Metro Jaya Jumat siang, 7 Februari 2025. Massa yang berjumlah sekitar 500 orang menuntut untuk mengusut sejumlah pelanggaran hukum yang terjadi di era pemerintahan Jokowi, termasuk kasus dugaan korupsi yang menyeret keluarga Jokowi.

    Massa menilai kasus-kasus tersebut mangkrak ditangani aparat penegak hukum akibat tidak bekerja profesional.

    “Keinginan kami datang ke Polda agar Polri netral di dalam berbagai penanganan (kasus),” kata koordinator aksi Devis Mamesah di sela-sela aksi.

    Dia menekankan perlunya kepolisian untuk tidak pandang bulu dalam menindak berbagai kasus yang diduga kuat menyeret nama Jokowi, termasuk juga yang terkait dengan keluarganya.

    Devis merinci kasus-kasus yang diduga kuat terkait dengan Jokowi antara lain dugaan korupsi dana hibah Bantuan Pendidikan Masyarakat Kota Surakarta (BPMKS), pengadaan bus TransJakarta, korupsi dana KONI, dan korupsi di Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan.

    Diketahui, kasus dugaan korupsi BPMKS yang menyeret Jokowi sempat dilaporkan ke KPK pada medio Agustus 2012. Adapun terkait korupsi DJKA, berdasarkan pengakuan terdakwa Yofi Okatrisza di dalam persidangan di Pengadilan Tipikor, bahwa ada pengondisian proyek jalur kereta api untuk menutupi kebutuhan dana pemenangan Jokowi pada Pilpres 2019. Lalu, korupsi pengadaan bus Transjakarta terjadi saat Jokowi menjabat sebagai Gubernur Jakarta.

    Adapun kasus-kasus lainnya yakni jatah tambang Blok Medan dan dugaan gratifikasi penggunaan jet pribadi yang sudah ramai diberitakan terkait anak dan menantu Jokowi, yakni Kahiyang Ayu, Kaesang Pangarep, dan Bobby Nasution.

    “Kita mendukung Polri untuk kembali ke rakyat, bukan untuk suatu bagian atau suatu kelompok yang salah,” kata Devis.

    Dalam aksinya, massa membawa atribut antara lain spanduk bertuliskan “Adili Jokowi” dan “Usut KKN & Hukum Dinasti Jokowi”.

    Aksi massa ARM sempat membuat lalu lintas di depan pintu masuk Polda Metro arah Sudirman ke Senayan sempat tersendat. Tampak sejumlah petugas kepolisian mengawal jalannya aksi hingga massa membubarkan diri.

    Di tengah terik matahari massa bergantian menyampaikan orasi di atas mobil komando.

  • Transjakarta: Mobil Kepala Negara Boleh Akses Jalur Busway dalam Keadaan Darurat – Page 3

    Transjakarta: Mobil Kepala Negara Boleh Akses Jalur Busway dalam Keadaan Darurat – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Direktur Operasional dan Keamanan PT Transportasi (Transjakarta) Daud Joseph mengatakan, mobil kepala negara diperbolehkan masuk jalur busway dalam keadaan tertentu.

    Hal ini disampaikan Daud merespons video viral di media sosial yang menunjukkan ada mobil dinas berpelat RI 24 yang diduga menerobos jalur Transjakarta.

    “PT Transjakarta menekankan bahwa hanya kendaraan tertentu yang diizinkan melintas di jalur busway. Dalam kondisi darurat serta untuk kepala negara akses ke jalur busway diperbolehkan. Namun, di luar itu, kendaraan lain tidak memiliki izin untuk masuk,” kata Daud dalam keterangan tertulis, dikutip Jumat (7/2/2025).

    Daud menyampaikan, terkait adanya mobil dinas berpelat RI yang beberapa kali kerap masuk jalur busway pihaknya tak memiliki wewenang untuk melakukan penindakan. Sehingga, kata dia hanya imbauan untuk menaati aturan yang bisa dilakukan.

    “Transjakarta tidak memiliki wewenang untuk melakukan penindakan terhadap pelanggar. Itu merupakan tugas kepolisian atau satuan yang berwenang,” jelasnya.

    Meski begitu, Daud menyebut Transjakarta juga bekerja sama dengan kepolisian untuk menindak kendaraan sipil yang melanggar. Selain itu, koordinasi dengan polisi militer juga dilaksanakan jika ada anggota TNI yang masuk ke jalur busway tanpa izin.

    Daud menegaskan upaya sterilisasi jalur busway diterapkan untuk memberikan kenyamanan sekaligus memastikan layanan transportasi yang cepat dan bebas hambatan kepada para pelanggan. Sterilisasi jalur akan menjadi fokus utama Transjakarta pada 2025.

    “Kami akan kembali ke prinsip dasar BRT (Bus Rapid Transit), di mana kecepatan adalah keunggulan utama. Oleh karena itu, jalur Transjakarta harus steril,” ujar Daud.

     

  • 7 Acara di Jakarta 7 Februari 2025, Ada Carat Station hingga Mega Wedding Festival

    7 Acara di Jakarta 7 Februari 2025, Ada Carat Station hingga Mega Wedding Festival

    PIKIRAN RAKYAT – Jakarta kembali menjadi pusat perhatian dengan beragam acara menarik yang digelar pada hari ini, Jumat, 7 Februari 2025.

    Mulai dari pameran seni, pasar kreatif, hingga festival pernikahan, kota ini menawarkan beragam pilihan aktivitas bagi warga dan pengunjung.

    7 Acara di Jakarta 7 Februari 2025

    1. Membangun di Lahan Basah dari Gudang Barat hingga Museum Bahari 1652-1977

    Bagi Anda yang tertarik dengan sejarah maritim, pameran ini di Museum Bahari Jakarta adalah pilihan yang tepat. Anda akan diajak bertualang melalui sejarah pembangunan di lahan basah Jakarta.

    Museum Bahari Jakarta
    08.00-16.00 WIB
    Berbayar

    2. Pameran History Museum BI dan Pameran Immersive

    Museum Bank Indonesia menawarkan dua pameran menarik, yaitu pameran sejarah bank sentral dan pameran imersif yang menggabungkan teknologi dan seni.

    Museum BI Kota Tua
    08.00-15.00 WIB
    Berbayar

    3. Local Market.id 20th Edition

    Pecinta produk lokal bisa mengunjungi Urban Forest Cipete untuk menikmati beragam produk buatan UMKM di acara Local Market.id.

    Urban Forest Cipete
    08.00-15.00 WIB
    Gratis

    4. Pameran Tunggal Natasha Tontey ‘Primate Visions: Macaque Macabre’

    Bagi pencinta seni rupa, pameran karya Natasha Tontey di Museum MACAN menawarkan pengalaman estetika yang unik.

    Museum MACAN
    10.00-18.00 WIB
    Berbayar

    Museum Macan museummacan

    5. Pameran INACRAFT 2025

    Pameran kerajinan tangan terbesar di Indonesia ini kembali digelar di Jakarta Convention Center. Anda bisa menemukan berbagai produk kerajinan tangan dari seluruh Indonesia.

    Jakarta International Convention Center
    Berbayar

    6. Event Spotify Carat Station Jakarta

    Penggemar K-Pop, khususnya SEVENTEEN, pasti tidak ingin melewatkan acara ini. Spotify Carat Station Jakarta menawarkan berbagai aktivitas seru untuk merayakan konser SEVENTEEN.

    City Hall PIM 3
    Gratis

    7. Jakarta Mega Wedding Festival

    Bagi Anda yang sedang merencanakan pernikahan, acara ini adalah tempat yang tepat untuk mencari inspirasi dan vendor pernikahan.

    Jiexpo Kemayoran Hall C3
    Berbayar

    Tips Menghadiri Acara

    Pastikan Anda sudah memeriksa jadwal acara secara detail agar tidak melewatkan kegiatan yang ingin Anda ikuti.

    Pertimbangkan menggunakan transportasi umum atau layanan ride-hailing untuk menghindari kemacetan. Jangan lupa membawa uang tunai, kartu identitas, dan perlengkapan lainnya yang diperlukan.

    Dengan banyaknya acara yang digelar, diperkirakan akan terjadi peningkatan volume kendaraan di beberapa ruas jalan di Jakarta. Sebaiknya Anda mengantisipasi kemacetan dengan:

    – Gunakan aplikasi peta untuk mencari rute alternatif yang lebih lancar.

    – Usahakan untuk berangkat lebih awal agar tidak terjebak dalam kemacetan.

    – Manfaatkan transportasi umum seperti MRT, LRT, atau Transjakarta.

    Disclaimer: Informasi mengenai jadwal dan lokasi acara dapat berubah sewaktu-waktu. Sebaiknya Anda mengkonfirmasi informasi terbaru melalui sumber resmi penyelenggara acara.***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • Video: Transjakarta Bakal Tambah 533 Armada Bus Listrik

    Video: Transjakarta Bakal Tambah 533 Armada Bus Listrik

    Jakarta, CNBC Indonesia – PT Transportasi Jakarta atau Transjakarta targetkan penambahan 533 armada bus listrik baru pada 2025. Transjakarta akan menambah 333 armada bus listrik kecil dan 200 armada bus listrik besar.

    Selengkapnya dalam program Nation Hub CNBC Indonesia, (Kamis, 06/02/2025).

  • Sosok di Balik Operasional Bus Medium Transjakarta, Ungkap 2 Faktor Pelayanan Utama Penumpang

    Sosok di Balik Operasional Bus Medium Transjakarta, Ungkap 2 Faktor Pelayanan Utama Penumpang

    Laporan Wartawan TribunJakarta.com Elga Hikari Putra

    TRIBUNJAKARTA.COM – Pemprov Jakarta terus menambah armada transportasi umum agar masyarakat mau beralih dari kendaraan pribadinya sehingga kemacetan bisa terurai.

    Salah satunya yakni armada Transjakarta. Selain Transjakarta reguler, Pemprov juga terus menambah armada Transjakarta metrotrans dan minitrans yang memiliki rute menggantikan bus konvensional di Jakarta.

    Salah satu orang di balik operasional bus medium Transjakarta yakni Sasongko Sutarno. 

    Ia adalah Direktur Utama PT Jewa Dianmitra yang merupakan salah satu operator bus medium Transjakarta.

    Di bawah kepemimpinannya, total ada 73 unit bus kota medium Transjakarta yang melayani berbagai rute di Jakarta.

    Pada tahun 2025, perusahaan ini berencana menambah 20 unit bus medium lagi, sehingga total armada yang beroperasi mencapai 93 unit.

    Sasongko pun menekankan dua faktor utama dalam pelayanan penumpang yakni akan pentingnya keselamatan dan kenyamanan dalam operasional perusahaan. 

    Ia memastikan bahwa setiap pengemudi dan armada berada dalam kondisi prima sebelum beroperasi. 

    “Keselamatan adalah hal utama,” katanya kepada wartawan, Kamis (6/2/2025).

    Pria lulusan Australia ini meyakini bahwa kesejahteraan pengemudi dan sistem operasional yang baik akan berdampak positif terhadap kualitas layanan bagi masyarakat.

    Selain berkontribusi dalam pengembangan layanan bus medium di Jakarta, pihaknya juga berekspansi ke Surabaya. 

    Pada September 2024, kata dia, pihaknya juga resmi menjadi operator angkutan kota Wirawiri di Surabaya dengan mengoperasikan 51 unit mikrobus yang melayani lima rute utama.

    Dengan langkah ekspansif ini, Sasongko berharap dapat memberikan layanan transportasi yang lebih aman, nyaman, dan terjangkau bagi masyarakat di Jakarta dan Surabaya. 

    “Dengan inovasi dan pendekatan berbasis keselamatan serta kesejahteraan, kami terus membawa perusahaan menuju masa depan yang lebih baik dalam industri transportasi nasional,” tuturnya.

    Diketahui, Transjakarta mencapai cakupan layanan sebesar 91,7 persen pada tahun 2024.

    Menurut Direktur Operasional dan Keselamatan Transjakarta Daud Joseph, capaian tersebut tergolong tinggi, mengingat hanya sekitar 8,3 persen wilayah Jakarta yang belum terlayani oleh rute Transjakarta.

    Akses TribunJakarta.com di Google News atau WhatsApp Channel TribunJakarta.com. Pastikan Tribunners sudah install aplikasi WhatsApp ya

  • Perahu Eretan di Pesanggrahan, Mengayuh Melawan Zaman
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        6 Februari 2025

    Perahu Eretan di Pesanggrahan, Mengayuh Melawan Zaman Megapolitan 6 Februari 2025

    Perahu Eretan di Pesanggrahan, Mengayuh Melawan Zaman
    Editor
    JAKARTA, KOMPAS.com
    – Jakarta, sebuah kota yang dipenuhi dengan gedung-gedung pencakar langit, kendaraan bermotor berdesakan, dan kemajuan transportasi yang tak terbendung, masih memiliki sebuah sisi yang tak banyak diketahui.
    Di antara hiruk-pikuk tersebut, masih ada satu pemandangan yang bertahan, sebuah tradisi yang mengalir di antara riak-riak air Kali Pesanggrahan.
    Perahu eretan
    , sebuah transportasi sederhana yang dioperasikan dengan tali tambang, tetap menjadi pilihan utama bagi para siswa di wilayah Jakarta Selatan itu.
    “Ramainya sama anak sekolah pas agak lebih siang, sekitar pukul 14.00 WIB mungkin,” ujar Enda, sang pengemudi perahu.
    Pada Kamis (6/2/2025), di antara deretan jalanan yang sibuk, perahu-perahu kecil itu meluncur perlahan di permukaan kali, dengan latar belakang bangunan-bangunan tinggi di Jakarta yang seolah menutup cakrawala.
    Tali tambang yang membentang di atas air, berfungsi sebagai penggerak perahu, seolah memberikan sentuhan tradisi di tengah gemerlapnya kemajuan transportasi canggih seperti MRT, LRT dan Transjakarta.
    Perahu-perahu ini memiliki lebar sekitar 2,5 hingga 3 meter dan mengapung di atas kali yang memiliki lebar hampir 20 meter, menembus kesibukan kota dengan irama yang jauh lebih tenang.
    Setiap pagi dan siang, perahu-perahu Enda dipenuhi para siswa yang mencari jalan pintas menyeberangi Kali Pesanggrahan.
    Meski Jakarta kini dilengkapi dengan berbagai moda transportasi canggih, Enda dan perahunya tetap menjadi penghubung yang tak ternilai harganya bagi para pelajar.
    Lokasi penyeberangan ini begitu strategis, terletak di antara dua sekolah besar, MTSN 13 Jakarta dan SMPN 31 Jakarta.
    Sebuah pilihan efisien bagi mereka yang ingin menyingkat perjalanan setelah lelah belajar di sekolah.
    Namun, siapa sangka, sebuah perahu yang digerakkan dengan tangan justru membawa mereka menyeberang sungai lebih cepat daripada kendaraan harus berputar di jalanan yang macet.
    “Kalau pakai kendaraan motor itu, buat bisa menyeberang, palingan di pertigaan ke arah sana tuh (Tanah Kusir), jaraknya sekitar satu kilometer lebih,” ujar Enda.
    Perahu eretan ini sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Bukan hanya bagi Enda, tetapi juga bagi para siswa yang telah menjadikannya bagian dari rutinitas mereka.
    Enda, yang setiap hari melakukan lebih dari 30 perjalanan bolak-balik, mengangkut tujuh hingga 10 penumpang dalam satu kali perjalanan, bekerja keras dari pagi hingga malam.
    “Tapi kalau ada warga yang belanja subuh atau biasanya abang bakso cilok yang pulang jam 23.00 WIB, itu tetap saya coba seberangin,” ungkap Enda.
    Bagi para siswa, seperti yang terlihat pada tiga anak SD yang sedang menunggu untuk naik,
    perahu eretan
    ini bukan hanya soal transportasi, tetapi juga tentang kepraktisan.
    Dengan uang Rp 2.000 yang mereka keluarkan dari kantong seragam, mereka menyebrangi kali dan merasa seolah dunia mereka jadi lebih dekat.
    “Ya lumayan jauh, makanya pada milih menyeberang lewat sini, hemat energi dan setelah naik ini kan jarak perjalanan mereka mungkin berkurang juga,” kata Enda.
    Dalam keseharian para pelajar dan warga, perahu eretan berfungsi lebih dari sekedar alat transportasi.
    Ia menjadi saksi bisu dari kehidupan sederhana yang tetap ada, meskipun dikelilingi oleh laju modernitas yang cepat.
    Tidak jauh dari jantung ibu kota, di mana MRT, LRT, Transjakarta bahkan ojek online berlalu lalang, perahu eretan tetap bertahan.
    Perahu eretan memberikan kenyamanan dengan cara yang berbeda, menyatukan tradisi dan kebutuhan sehari-hari yang tak lekang oleh waktu.
    Di tengah gemuruh kota yang terus maju, perahu eretan tetap mengalir tenang, mengingatkan kita bahwa dalam setiap perjalanan, tak selamanya kecepatan adalah segalanya.
    (Reporter: Dinda Aulia Ramadhanty | Editor: Abdul Haris Maulana, Larissa Huda)
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • PT Transjakarta: Mobil Pejabat Boleh Masuk Jalur Busway jika Darurat
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        6 Februari 2025

    PT Transjakarta: Mobil Pejabat Boleh Masuk Jalur Busway jika Darurat Megapolitan 6 Februari 2025

    PT Transjakarta: Mobil Pejabat Boleh Masuk Jalur Busway jika Darurat
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com
    – Direktur Operasional dan Keamanan PT Transjakarta, Daud Joseph mengatakan, ada kondisi tertentu yang membolehkan mobil pejabat masuk jalur Transjakarta atau 
    busway.
    Hal ini disampaikan Daud merespons video viral di media sosial yang menunjukkan mobil dinas berpelat RI 24 diduga menerobos jalur Transjakarta. 
    “Misalnya, kondisi darurat, lalu kepala negara juga diizinkan. Namun, di luar dari itu tidak mendapatkan izin untuk masuk ke dalam
    busway
    ,” kata Daud, Kamis (6/2/2025).
    Terkait dugaan mobil dinas pejabat masuk jalur Transjakarta, kata Daud, pihaknya tak dapat menindak. Pasalnya, hal itu menjadi wewenang polisi.
    “Transjakarta tidak melakukan penindakan karena akan dilakukan oleh kesatuan berwenang yang mencegah adanya keadaan sama terulang lagi,” ujar dia. 
    Namun demikian, kata Daud, pihaknya telah menempuh sejumlah upaya untuk mencegah kendaraan selain Transjakarta masuk jalur 
    busway. 
    “Yang pertama, kita akan pastikan separator ada di setiap celah-celah supaya tidak ada orang yang masuk,” ucap dia.
    Selain itu, akan dilakukan digitalisasi portal dan penindakan pelanggaran melalui E-TLE (Elektronik Traffic Law Enforcement).
    “Penertiban juga ditujukan untuk polisi dan anggota TNI yang memasuki jalur busway agar dapat ditindak,” ujar Daud.
    Sebelumnya, sebuah video viral di media sosial menampilkan mobil dinas berpelat RI 24 diduga menerobos jalur khusus Transjakarta di Jakarta.
    Video insiden tersebut beredar luas di media sosial X, Selasa (4/2/2025). Namun, waktu pasti kejadian mobil tersebut melalui jalur
    busway
    tidak diketahui.
    Di video tersebut, terlihat Toyota Alphard putih melaju di jalur khusus Transjakarta dengan pengawalan sepeda motor polisi.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Dirut Transjakarta Dorong Pejabat Naik Transportasi Umum, Beri Contoh ke Publik
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        6 Februari 2025

    Dirut Transjakarta Dorong Pejabat Naik Transportasi Umum, Beri Contoh ke Publik Megapolitan 6 Februari 2025

    Dirut Transjakarta Dorong Pejabat Naik Transportasi Umum, Beri Contoh ke Publik
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com
    – Direktur Utama PT Transjakarta, Welfizon Yuza, mendorong pejabat negara menggunakan transportasi publik. Ia meyakini, hal itu dapat berdampak positif.
    “Semakin banyak masyarakat yang menggunakan angkutan publik, tentu ini akan menjadi semakin baik,” kata Welfizon di Kantor Pusat Transjakarta, Kamis (6/2/2025).
    Menurut Welfizon, jika
    pejabat naik transportasi publik
    , masyarakat akan mencontoh. 
    “Itu akan memberikan dorongan yang sangat besar untuk masyarakat secara umum menggunakan
    public transport
    ,” jelas dia.
    Welfizon juga menilai, jika pejabat menggunakan tranportasi umum, akan terjadi percepatan perbaikan berbagai fasilitas publik.
    “Masing-masing pemimpin kita turun menggunakan
    public transport
    membuat kendala di lapangan terkait dengan integrasi akan semakin mudah didorong oleh berbagai pihak,” ujar dia.
    Welfizon menambahkan, jumlah penumpang Transjakarta sepanjang 2024 melonjak hampir dua kali lipat dari dua tahun sebelumnya, yakni 371 juta.
    Pada tahun 2023, Transjakarta memiliki capaian penumpang sebanyak 285 juta. Sementara, penumpang Transjakarta yang terlayani sepanjang 2022 sebanyak 191 juta.
    “Kalau kita lihat selama dua tahun terakhir dari 2022 sampai 2024, pertambahan atau pertumbuhan jumlah pelanggan itu hampir dua kali lipat dari 191 juta menjadi 371 juta,” tutur dia.
    Menurut Welfizon, angka ini tercapai berkat pemberitaan rute baru, aplikasi Transjakarta, dan halte telah direvitalisasi.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Seluruh Unit Bus Transjakarta Akan Bertenaga Listrik pada 2030
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        6 Februari 2025

    Seluruh Unit Bus Transjakarta Akan Bertenaga Listrik pada 2030 Megapolitan 6 Februari 2025

    Seluruh Unit Bus Transjakarta Akan Bertenaga Listrik pada 2030
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com –
    Direktur Operasional dan Keselamatan
    Transjakarta
    , Daud Joseph menyampaikan, pihaknya akan membuat seluruh unit armada
    bus Transjakarta
    menjadi bertenaga listrik pada 2030.
    “Nantinya, pada 2027, sebanyak 50 persen bus Transjakarta bertenaga listrik. Lalu, pada 2030, sebanyak 100 persen akan bertenaga listrik,” kata Daud di Kantor Pusat Transjakarta, Selasa (6/2/2025).
    Daud mengatakan, pada tahun ini Transjakarta akan menjalankan armadanya dengan sesuatu yang berbeda dari sebelumnya.
    “Lini baru nantinya akan beroperasi dalam koridor Transjakarta dan lebih
    eye catching
    karena jalannya lebih cepat di dalam koridor. Tulisan elektrik busnya lebih sering untuk muncul karena ada di jalur yang khusus,” terang dia.
    Selain itu, Transjakarta akan mengoperasikan 333 bus kecil bertenaga listrik yang mampu beroperasi 200 kilometer pada tahun ini.
    Kemudian, bus besar Transjakarta akan bertambah 200 armada yang mulai beroperasi sekitar Juli 2025.
    “Dioperasikan bertahap, yaitu Juli sebagian, September sebagian, dan sebagian lagi pada November,” ungkapnya.
    Daud mengungkapkan, Transjakarta paling berkomitmen dengan program ramah lingkungan.
    “Atensi terhadap ramah lingkungan ini sangat tinggi sehingga Transjakarta paling progresif merealisasikan komitmen sesuai peraturan Pemprov Jakarta,” tutur dia.
    Pengadaan bus listrik sesuai dengan komitmen Instruksi Gubernur Nomor 66 Tahun 2019 dan Keputusan Gubernur Nomor 1053 Tahun 2022.
    “Kita konsisten mengikuti apa yang terjadi sesuai arahan pemerintah provinsi untuk menambah jumlah bus listrik,” jelas Daud.
    Sebelumnya diberitakan, PT Sinar Armada Globalindo (SAG) bekerja sama dengan operator bus PT Bianglala Metropolitan akan mengoperasikan 90 unit bus listrik Golden Dragon. Bus ini merupakan bagian dari peluncuran 200 unit armada bus listrik oleh Transjakarta yang mulai beroperasi pada akhir 2024.
    “Ini manifestasi komitmen perusahaan untuk berkontribusi ke ekosistem transportasi publik yang lebih ramah lingkungan dalam misi mencapai target net emisi nol (net zero emission),” tulis PT Sinar Armada Globalindo dalam keterangannya, Selasa (17/12/2024).
    Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berkomitmen mengurangi emisi karbon dengan target mencapai net zero emission pada 2050. Salah satu langkah konkret adalah elektrifikasi penuh kendaraan umum di ibu kota pada 2030.
    Pengadaan bus listrik ini merupakan langkah besar Transjakarta mendukung misi tersebut.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Transjakarta sambut baik usulan agar pejabat naik angkutan umum

    Transjakarta sambut baik usulan agar pejabat naik angkutan umum

    Jakarta (ANTARA) – Manajemen PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menyambut baik adanya usulan agar pejabat untuk turut menggunakan transportasi umum.

    “Tentu kami menyambut baik diskusi dan wacana publik yang saat ini berlangsung,” kata Direktur Utama Transjakarta, Welfizon Yuza di Jakarta, Kamis.

    Semakin banyak masyarakat yang menggunakan angkutan publik, kata dia, tentu ini akan menjadi semakin baik.

    Menurut dia, apabila masyarakat melihat adanya pemimpinnya menggunakan transportasi umum, maka hal ini juga akan mendorong mereka untuk mencontoh. “Sehingga akan semakin banyak masyarakat yang menggunakan transportasi umum,” katanya.

    Tak hanya pada masyarakat, Welfizon pun menilai hal itu juga bisa turut berdampak pada perbaikan layanan transportasi umum agar semakin lebih baik dan nyaman untuk digunakan.

    “Kami juga melihat ini akan menjadi potensi yang besar pada saat pemimpin-pemimpin kita menggunakan transportasi umum, maka perbaikan layanan itu pasti akan berdampak cukup signifikan,” katanya.

    Termasuk juga koordinasi antarbidang akan sangat cepat terjadi. “Masing-masing pemimpin kita turun menggunakan transportasi umum, hal-hal yang selama ini menjadi kendala di lapangan terkait dengan integrasi, itu akan makin mudah untuk didorong oleh berbagai pihak,” kata Welfizon.

    Sebelumnya, Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) mengusulkan agar pejabat menggunakan transportasi umum.

    MTI menilai semestinya pejabat menggunakan transportasi umum. MTI menilai pejabat yang diprioritaskan di jalan bakal memicu kecemburuan.

    “Dalam keseharian dengan hiruk-pikuk kemacetan di Kota Jakarta, sebaiknya pengawalan dibatasi untuk Presiden dan Wakil Presiden,” kata Wakil Ketua Pemberdayaan dan Pengembangan Wilayah MTI Pusat Djoko Setijowarno.

    Sedangkan pejabat negara yang lain tidak perlu dikawal seperti halnya Presiden dan Wakil Presiden. (Pengawalan) Jika memang perlu sekali, misalnya, harus rapat,” katanya.

    Dia mengatakan bahwa angkutan umum di Jakarta sudah memberikan pelayanan yang cakupannya setara dengan kota-kota di dunia, yakni 89,5 persen wilayah Jakarta.

    Dia mengatakan pejabat negara harus membiasakan menggunakan angkutan umum. Dia mengusulkan agar pejabat minimal sekali seminggu naik angkutan umum.

    Semestinya pejabat negara membiasakan menggunakan angkutan umum, minimal sekali seminggu. “Dengan bercampur dengan masyarakat umum, akan mengetahui kondisi sebenarnya kehidupan masyarakat,” kata dia.

    Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
    Editor: Sri Muryono
    Copyright © ANTARA 2025