WN Singapura Tewas di Halte Transjakarta Tanjung Duren, Polisi Koordinasi dengan Kedubes
Editor
JAKARTA, KOMPAS.com –
Kepolisian berkoordinasi dengan Kedutaan Besar (Kedubes) Singapura terkait tewasnya Warga Negara (WN) Singapura berinisial HM (54) di Halte Transjakarta Tanjung Duren, Jakarta Barat, pada Rabu (26/2/2025) siang.
“Kita sudah komunikasi dengan Kedubes Singapura,” kata Kanit Reskrim Polsek Grogol Petamburan, Jakarta Barat, AKP Muhammad Aprino Tamara, dilansir dari
Antara
, Kamis (27/2/2025).
Aprino menyampaikan, koordinasi dilakukan lantaran keluarga korban belum ada yang mendatangi Polsek Grogol Petamburan.
“Pihak keluarga korban belum ada yang datang ke Polsek,” ujar Aprino.
Aprino melanjutkan, polisi telah memeriksa dua orang saksi terkait tewasnya HM dalam halte tersebut.
Kemudian, polisi tengah berupaya memeriksa CCTV halte bersangkutan untuk keperluan penyelidikan.
“Adapun dari keterangan saksi-saksi, korban tiba-tiba tersungkur dan tidak beberapa lama kemudian dinyatakan meninggal,” ucap Aprino.
Tim Indonesia Automatic Fingerprint Identification System (Inafis) pun tidak menemukan tanda-tanda kekerasan pada tubuh HM.
Sampai saat ini jasad HM sedang divisum di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat.
Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.
BUMN: TransJakarta
-
/data/photo/2023/12/04/656dd4c479430.jpg?w=1200&resize=1200,0&ssl=1)
WN Singapura Tewas di Halte Transjakarta Tanjung Duren, Polisi Koordinasi dengan Kedubes Megapolitan 27 Februari 2025
-
/data/photo/2023/12/04/656dd4c479430.jpg?w=1200&resize=1200,0&ssl=1)
WN Singapura Meninggal di Halte, Polisi Hubungi Kedutaan karena Keluarga Tak Kunjung Datang Megapolitan 27 Februari 2025
WN Singapura Meninggal di Halte, Polisi Hubungi Kedutaan karena Keluarga Tak Kunjung Datang
Editor
JAKARTA, KOMPAS.com –
Kepolisian berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Singapura soal penemuan berinisial HM (54) yang tewas di Halte Transjakarta Tanjung Duren, Jakarta Barat, pada Rabu (26/2/2025).
“Kami sudah komunikasi dengan Kedubes Singapura,” kata Kanit Reskrim Polsek Grogol Petamburan, Jakarta Barat AKP Muhammad Aprino Tamara, melansir dari
Antara
, Kamis (27/2/2025).
Koordinasi tersebut dilakukan lantaran belum ada pihak keluarga korban yang mendatangi Polsek Grogol Petamburan untuk mencari korban.
“Pihak keluarga korban belum ada yang datang ke Polsek,” ujar Aprino.
Kepolisian telah memeriksa dua orang saksi terkait mayat WNA asal Singapura yang tewas dalam halte tersebut.
“Dari keterangan saksi-saksi, korban tiba-tiba tersungkur dan tidak beberapa lama kemudian (korban) dinyatakan meninggal,” ucap Aprino.
Kepolisian juga tengah berupaya memeriksa rekaman kamera CCTV halte bersangkutan untuk keperluan penyelidikan.
Tim Indonesia Automatic Fingerprint Identification System (Inafis) tidak menemukan tanda-tanda kekerasan pada tubuh korban.
Hingga kini mayat WNA tersebut sedang divisum di Rumah sakit Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta.
Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved. -

The 10th Indonesia WOW Brand 2025 Ungkap Strategi Branding Paling Engaging Tahun 2025
Jakarta: The 10th Indonesia WOW Brand 2025 kembali sukses digelar sebagai acara bagi para brand enthusiast dan praktisi branding di Indonesia. Bertempat di The Ballroom at Djakarta Theater, MH Thamrin, Jakarta, acara tahunan ini menghadirkan konsep Experiential Emotional Branding, yang menyoroti bagaimana brand dapat menciptakan pengalaman mendalam dan membangun keterikatan emosional dengan pelanggan mereka. Strategi branding paling engaging di era sekarang ini pun menjadi sorotan.
Acara ini dibuka oleh Iwan Setiawan, CEO MarkPlus, Inc. & Marketeers yang menyoroti bahwa saat ini brand masih terjebak dalam commodities, goods, dan service dan belum berkembang menjadi pengalaman (experience-based).
Iwan juga menjelaskan bahwa experience dan service bertolak belakang, karena service itu time save karena ingin menghemat waktu mereka sehingga bisa memanfaatkan waktu yang dihemat itu untuk experience.“Justru orang ingin lama diberi experience, dan ingin selalu lebih lama sehingga experience itu well-spend. bagaimana orang-orang ingin menambah lagi durasi experience-nya,” ungkap Iwan.
Di sisi lain, experience mudah terlupakan karena bagian dari keseharian. Namun sebuah hal yang berkesan dan sebagai brand, sangat penting untuk selalu diingat oleh costumer.
Dalam dunia branding, produk dan layanan harus dijaga konsistensinya, namun pengalaman (experience) justru tidak bisa selalu konsisten. Jika sebuah pengalaman tidak lagi terasa “WOW,” maka sebaiknya tidak sering ditampilkan agar tetap memiliki daya tarik.
Inilah tantangan utama bagi brand yaitu menciptakan momen-momen “WOW” yang berkesan. Tidak perlu setiap saat, tetapi ketika momen tersebut hadir, harus benar-benar memberikan dampak yang luar biasa bagi pelanggan. Di sini, brand manager dapat memperkuat branding melalui brand storytelling, content marketing, community marketing, dan influencer marketing.
Paparan Experiential Emotional Branding oleh Iwan Setiawan diperkuat melalui berbagai studi kasus yang dipresentasikan oleh para pembicara di WOW Brand 2025. Sesi materi oleh praktisi profesional turut memperkaya pemahaman branding berbasis pengalaman dan keterikatan emosi pelanggan.
Para narasumber yaitu, Fadly Hasan, Director of Business & Asset Optimization, Transjakarta; Wisnu Putra, CEO Creative, dentsu Indonesia; Bayu Riyanto, Marketing Director, BMW Indonesia; M. Adityo Kusumowardhono, Sales and Marketing Senior Manager ANTAM Logam Mulia, Cassandra Aprilanda, SEA Marketing Lead, Spotify; dan Andrew A. Tjoa, Assistant Country Head, Partipost.
Acara ini ditutup oleh sesi dari Hermawan Kartajaya, Founder & Chair MCorp, yang membahas tentang MCorp: Marketing to Business, Asia to the World; Tiga Kelompok Buku Hermawan Kartajaya bersama Philip Kotler; Konsep The Omnihouse Model; serta Konsep The Human x Tech Compass.
Hermawan menegaskan bahwa pada era digital saat ini, manusia tidak boleh sepenuhnya melepaskan kendali terhadap teknologi. Teknologi hanya membantu peran manusia dalam menciptakan Operational Excellence.
“Karena customer adalah human, perusahaan harus menyeimbangkan peran Human dan Technology untuk memastikan Quality-Cost-Delivery-Service yang baik. Perlu diingat bahwa Technology hanyalah Co-pilot, Human yang harus mengendalikan Technology,” ujar Hermawan Kartajaya.
Penghargaan WOW Brand 2025
(The 10th WOW Brand 2025. Video: Dok. Instagram Mcorp Events/@mcorpevents)
WOW Brand juga menjadi momen penghargaan bagi ratusan brand, di antaranya Indonesia WOW Brand Award 2025, Branding Campaign of The Year 2025, dan Brand for Good 2025. Ketiga ajang ini diberikan sebagai apresiasi luar biasa di dunia branding terhadap para brand inspiratif di Tanah Air.
Indonesia WOW Brand Award 2025 merupakan penghargaan bagi 300 merek yang berhasil mendapatkan advokasi tertinggi dari konsumennya berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh MarkPlus Insight.
Survei dilandaskan pada customer path 5A, yakni Aware, Appeal, Ask, Act, dan Advocate. Survei dilakukan secara daring pada periode Oktober – November 2024 dengan melibatkan responden dari kelas ekonomi B & C berusia 17-56 tahun.
“Customer Path 5A ini merujuk isi buku Marketing 4.0: Moving from Traditional to Digital yang saya tulis bersama Philip Kotler dan Iwan Setiawan,” ujar Hermawan Kartajaya.
Sementara, Indonesia Branding Campaign of the Year 2025 menjadi penghargaan untuk merek-merek yang berhasil menjalankan kampanye kreatif dengan sukses di empat kategori, meliputi Above The Line (ATL), Below The Line (BTL), Digital Marketing, dan Public Relations.
Ada juga Brand for Good Club 2025, merupakan penghargaan ke para komunitas merek yang berhasil mengimplementasikan pemasaran dengan dampak sosial yang signifikan.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
dan follow Channel WhatsApp Medcom.id(TIN)
-

Gandeng Pixel Group, KCIC Maksimalkan Pendapatan Lewat Ruang Beriklan – Halaman all
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) terus mengembangkan bisnis non-farebox guna meningkatkan pendapatan di luar tiket.
Salah satunya menyewakan space di area stasiun dan kabin kereta Whoosh sebagai media promosi luar ruang ke pengiklan didukung oleh lonjakan volume penumpang dan frekuensi perjalanan kereta belakangan ini.
KCIC menyediakan 627 titik untuk media iklan yang mencakup LED, Lightbox, TV kereta, in-train branding, serta media lainnya yang tersebar di stasiun dan gerbong kereta.
“Lebih dari 80 brand dari berbagai sektor seperti perbankan, otomotif, kuliner, pariwisata, perhotelan, agen tiket, hingga produk fast-moving consumer goods (FMCG) telah memanfaatkan jaringan media iklan ini,” ujar Direktur Utama KCIC, Dwiyana Slamet Riyadi di pengumuman kerjasama dengan Pixel Group di Jakarta, Kamis (27/2/2025).
“Kolaborasi ini memungkinkan pemanfaatan teknologi berbasis data real-time serta kreativitas untuk menciptakan pengalaman iklan yang lebih inovatif dan interaktif bagi audiens,” katanya.
KCIC juga terus mengembangkan bisnis non-farebox lainnya seperti pengelolaan area parkir, penyewaan lokasi usaha untuk ritel, hak penamaan stasiun, serta penyewaan area untuk pameran produk.
Saat ini ada 150 tenant yang bergabung termasuk 103 UMKM yang membuka usaha di Stasiun Whoosh.
David Leong, Direktur Pixel Group, menyatakan, kerja sama ini membangun ekosistem media luar ruang pertama pada moda transportasi cepat di Asia Tenggara.
Teknologi dan integrasi media luar ruang konvensional serta digital diterapkan secara menyeluruh di titik lokasi strategis, mulai dari stasiun, area tunggu, hingga di dalam kereta.
“Dengan pemanfaatan konten dinamis yang dapat disesuaikan berdasarkan data perilaku dan tren audiens, Pixel Group menghadirkan kampanye iklan yang lebih efektif dan terukur,” ujar David.
Pihaknya sedang mengeksplorasi lebih banyak potensi lokasi iklan di dalam kereta dan sepanjang rute perjalanan Whoosh.
Pihaknya juga menggandeng LRT Jadebek dan TransJakarta untuk bisnis ruang iklan ini.
“Kolaborasi ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi pengiklan sekaligus memperkaya pengalaman penumpang dengan layanan transportasi modern yang lebih terintegrasi,” kata David.
-

Cara dapatkan Kartu Layanan Gratis Transjakarta
Kamis, 27 Februari 2025 12:00 WIB
PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menggratiskan biaya layanan untuk warga Jakarta yang termasuk ke dalam 15 kategori penerima Kartu Layanan Gratis Transjakarta (TJ Card). Berikut cara mendapatkan TJ Card.
-

Rano Karno Janji Ngantor Naik Transportasi Umum Seminggu Sekali
Jakarta –
Wakil Gubernur Jakarta Rano Karno alias Bang Doel mengaku akan naik transportasi umum saat berkantor dari rumahnya di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, menuju Balaikota di Gambir, Jakarta Pusat. Dia akan melakukan hal itu setidaknya sepekan sekali.
Disitat dari Antara, Rano Karno memilih Moda Raya Terpadu alias MRT sebagai transportasi umum menuju kantor. Sebab, di dekat rumahnya, ada Stasiun MRT Lebak Bulus yang mengarah ke Bundaran HI, Jakarta Pusat.
“Mungkin seminggu sekali saya akan naik kendaraan umum terutama MRT. Memang tidak mungkin saya setiap hari (naik kendaraan umum) karena di tengah perjalanan saya mampir juga ke tempat yang lain,” ujar Rano Karno, dikutip Rabu (26/2).
MRT di Jakarta. Foto: Andhika Prasetia
Dia mengatakan, rumah dinas Wagub yang akan ditempatinya masih belum sepenuhnya rampung. Walhasil, katanya, saat ini masih menempati hunian miliknya di Lebak Bulus.
Rano juga mengklaim, transportasi umum di Jakarta saat ini jauh lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Sebab, Kota Metropolitan kini sudah punya MRT, LRT dan TransJakarta yang dibuat saling terhubung.
“Saya jauh lebih nyaman kalau saya ke kantor (Balaikota Jakarta) naik MRT. Saya naik dari (Stasiun MRT) Lebak Bulus, rumah saya di Lebak Bulus. Saya turun di (Stasiun MRT) HI, dijemput di sini (untuk lanjut ke balai kota),” ungkapnya.
Wakil Gubernur Jakarta Rano Karno Foto: Brigitta Belia/detikcom
Diberitakan detikOto sebelumnya, usulan pejabat publik naik kendaraan umum disampaikan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI). Ide tersebut meniru pejabat-pejabat di Swedia yang ke mana-mana terbiasa naik transportasi massal.
“Perhitungkan, sekarang setiap hari lebih dari 100-an kendaraan harus dikawal polisi menuju tempat beraktivitas, jalan-jalan di Jakarta akan semakin macet dan membikin pengguna jalan menjadi stress dengan bunyi-bunyian sirene kendaraan patwal,” kata Wakil Ketua Pemberdayaan dan Pengembangan Wilayah MTI Djoko Setijowarno.
Djoko berharap, pejabat semestinya bisa menjadi contoh masyarakat untuk penggunaan transportasi publik. Khususnya bagi pejabat yang sehari-hari melintas di Jakarta. Sebab, kota metropolitan tersebut sudah punya kendaraan umum yang saling terhubung.
“Artinya, ketersediaan layanan angkutan umum di Jakarta sudah sedemikian merata tidak jauh berbeda dengan kota dunia lainnya yang masyarakat dan pejabat sudah terbiasa menggunakan angkutan umum. Angkutan umum yang tersedia di Jakarta sudah beragam, seperti ojek, bajaj, mikrolet, bus, KRL, LRT hingga MRT,” tuturnya.
“Untuk kendaraan pimpinan Lembaga Negara Republik Indonesia dikhususkan cukup bagi presiden dan wakil presiden,” kata Djoko menambahkan.
(sfn/dry)
-
/data/photo/2025/02/25/67bd858208164.jpg?w=1200&resize=1200,0&ssl=1)
Rute Transjakarta Cililitan-Ancol Dihapus, Diklaim Kurangi Beban Halte Cawang Sentral Megapolitan 26 Februari 2025
Rute Transjakarta Cililitan-Ancol Dihapus, Diklaim Kurangi Beban Halte Cawang Sentral
Editor
JAKARTA, KOMPAS.com
– Penghapusan rute 5D Transjakarta relasi Cililitan-Ancol yang berlaku mulai 28 Februari 2025 diklaim untuk mengurangi beban Halte Cawang Sentral, Jakarta Timur, pada jam-jam sibuk.
Dengan penghapusan ini, layanan di Halte Cawang Sentral diklaim dapat lebih maksimal.
“Pengurangan rute 5D akan mengurangi beban Halte Cawang Sentral, yang saat pagi atau sore hari harus antre bus cukup lama, hanya untuk naik dan turun pelanggan,” ujar Kepala Departemen Humas dan CSR PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) Ayu Wardhani dilansir dari
Antara,
Rabu (26/2/2025).
Meski begitu, Ayu tak memerinci perkiraan jumlah penumpang yang naik dan turun di Halte Cawang Sental serta kapasitas halte tersebut.
Ayu mengatakan, layanan rute 5D bersinggungan dengan Koridor 7 dan 5. Penumpang yang biasa naik rute 5D dapat beralih menggunakan Koridor 5 dan 7 yang menghubungkan titik asal Cililitan menuju Ancol.
“Pelanggan tetap bisa nyaman dan aman karena Halte Kampung Melayu sebagai titik transit Koridor 5 dan 7 sudah direvitalisasi,” kata dia.
Diketahui, layanan Transjakarta rute 5D Cililitan-Ancol akan resmi berhenti beroperasi pada Jumat, 28 Februari 2025. Penghentian ini diumumkan melalui akun Instagram resmi Transjakarta, @infotije.
“Sahabat TiJe, layanan Transjakarta rute 5D Cililitan – Ancol beroperasi terakhir pada Jumat, 28 Februari 2025,” demikian keterangan yang disampaikan, dikutip pada Senin (24/2/2025).
Sebagai alternatif bagi pelanggan yang biasa menggunakan rute ini, Transjakarta menyarankan untuk melakukan perjalanan dengan kombinasi dua koridor.
Pelanggan dari Cililitan dapat menaiki bus koridor 7 menuju Halte Kampung Melayu, lalu melanjutkan perjalanan menggunakan bus koridor 5 dengan rute Kampung Melayu-Ancol.
Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved. -
/data/photo/2025/02/25/67bd94e05ef79.jpg?w=1200&resize=1200,0&ssl=1)
Penumpang Transjakarta Setuju Rute Cililitan-Ancol Dihapus, Asal… Megapolitan 25 Februari 2025
Penumpang Transjakarta Setuju Rute Cililitan-Ancol Dihapus, Asal…
Tim Redaksi
JAKARTA, KOMPAS.com –
Seorang penumpang, Warsini (56) mengaku tak keberatan rute
Transjakarta
5D Cililitan-Ancol dihapus asal
LRT
menjadi gantinya.
“Kalau ditiadakan enggak apa-apa, asal ada gantinya. Kaya LRT harus ada jurusan sini,” ungkap Warsini (56) saat ditemui di Halte Transjakarta Ancol, Senin (25/2/2025).
Transportasi pengganti Transjakarta seperti LRT, kata Warsini, sangat dibutuhkan supaya penumpang tak kesulitan dan lebih cepat jika ingin menuju Ancol.
Pasalnya, selama ini, Warsini menilai, perjalanan Transjakarta dari Cililitan menuju Ancol sering kali lama karena jalanan yang macet.
“Sebenarnya, nunggu Transjakarta enggak lama. Perjalanannya aja yang lama karena macet,” tutur Warsini.
Sementara itu, penumpang lain bernama Lia (24) mengaku tak setuju dengan penghapusan rute 5D.
Ia justru berharap, agar bus Transjakarta jurusan Cililitan-Ancol ditambah.
“Semoga makin banyak Transjakartanya, supaya masyarakat juga yang naik itu enggak terlalu menunggu lama di dalam bus sampai penuh baru jalan,” ujar Lia.
Untuk diketahui, layanan Transjakarta rute 5D Cililitan-Ancol akan resmi berhenti beroperasi pada Jumat, 28 Februari 2025.
Penghentian operasional ini diumumkan melalui akun Instagram resmi Transjakarta, @infotije.
“Sahabat TiJe, layanan Transjakarta rute 5D Cililitan – Ancol beroperasi terakhir pada Jumat, 28 Februari 2025,” demikian keterangan yang disampaikan, dikutip Senin (24/2/2025).
Sebagai alternatif bagi pelanggan yang biasa menggunakan rute ini, Transjakarta menyarankan perjalanan dengan kombinasi dua koridor.
Pelanggan dari Cililitan dapat menaiki bus koridor 7 menuju Halte Kampung Melayu, lalu melanjutkan perjalanan menggunakan bus koridor 5 dengan rute Kampung Melayu-Ancol.
Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

