BUMN: PT Telekomunikasi Selular

  • Legislator Gerindra Dorong Pendirian BTS Khusus Desa di Lumajang-Jember

    Legislator Gerindra Dorong Pendirian BTS Khusus Desa di Lumajang-Jember

    Jakarta

    Anggota Komisi VI DPR Fraksi Gerindra, Kawendra Lukistian, memperjuangkan pendirian BTS (Base Transceiver Station) di Kabupaten Lumajang dan Jember yang tidak terjangkau oleh jaringan telekomunikasi dan internet. Hal ini dilakukan usai Kawendra blusukan di desa daratan tinggi di Dapil Jawa Timur IV itu.

    “Pagi ini saya bertemu dengan Dirut (Direktur Utama) Telkomsel Bapak Nugroho, menyampaikan aspirasi masyarakat untuk difasilitasi adanya jaringan telekomunikasi dan internet untuk masyarakat di daerah yang belum tersentuh, sehingga diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas komunikasi masyarakat,” kata Kawendra dalam keterangannya, Rabu (30/10/2024).

    Dia mengatakan ada beberapa desa yang saat ini jaringan seluler dan internetnya masih terbatas di Kabupaten Lumajang, yaitu Desa Sombo dan Desa Kenongo di Kecamatan Gucialit, yang berbatasan dengan Kabupaten Probolinggo. Selain itu, Desa Suco Pangepok, Desa Jambersari, dan desa lainnya di Kabupaten Jember juga masuk ke dalam desa yang masih minim akses internet sehingga perlu kehadiran pemerintah agar manfaat positifnya dapat dirasakan oleh warga.

    Dia memastikan ini langkah untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat di dapilnya. Dia juga menilai pemerataan akses komunikasi sebagai amanat Undang-Undang.

    “Ini adalah bagian dari langkah kita bersama bagaimana aspirasi dari warga masyarakat dapat kita serap dan perjuangkan, sehingga dengan adanya fasilitas ini dapat membuka berbagai peluang usaha dan lapangan kerja baru di daerah,” ujar Kawendra.

    “Pemerataan akses pendidikan dan ekonomi melalui ketersediaannya komunikasi yang handal adalah amanat undang-undang, dan sinergitas antara lembaga diperlukan agar kebermanfaatannya dapat dirasakan bukan hanya di perkotaan saja namun juga oleh seluruh lapisan masyarakat,” lanjutnya.

    (maa/azh)

  • Fitur AyoLari Magnet Baru MyTelkomsel Tarik Pengguna

    Fitur AyoLari Magnet Baru MyTelkomsel Tarik Pengguna

    Bisnis.com, JAKARTA –  PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) memperkuat MyTelkomsel dengan menambah sejumlah fitur kesehatan guna mendukung gaya hidup para pengguna. Salah satunya fitur AyoLari, yang diklaim membuat pengguna makin tertarik mengunduh MyTelkomsel.

    Telkomsel resmi meluncurkan MyTelkomsel superapp yang mengintegrasikan seluruh layanan sedari tanggal 17 Juli 2024. Sejak saat itu, MyTelkomsel berisi banyak fitur-fitur menarik yang sesuai dengan gaya hidup masyarakat. 

    General Manager Digital Journey & Service Design, Telkomsel Ricky Roland menyampaikan setelah rilis pertama kali tiga bulan lalu, pelanggan dari Telkomsel sangat antusias dengan adanya aplikasi MyTelkomsel superapp.

    Banyaknya pengguna ini, kata Ricky dikarenakan adanya fitur AyoLari di MyTelkomsel superapp yang membuat pengguna sangat antusias mendownload aplikasi ini.

    “Kita lihat pengguna yang sangat besar pada saat launching waktu itu, kita lihat fitur yang diriliskan ada Ayolari, salah satunya,” kata Rickt saat ditemui di kantor Telkomsel, Selasa (29/10/2024).

    Meski banyak pengguna yang antusias, Ricky mengatakan bahwa pihaknya bakal terus meningkatkan agar superapp ini makin banyak digunakan oleh pelanggan Telkomsel.

    Salah satu peningkatan terhadap MyTelkomsel superapp, kata Ricky, adalah dengan menambahkan fitur bagi pelanggan yang suka bersepeda di aplikasi MyTelkomsel.

    Lebih lanjut, terkait dengan perkembangan pengguna MyTelkomsel superapp, Ricky menyebut superapp mulai tumbuh dari sisi penambahan fitur dan interaksinya dengan user, meski belum terlalu signifikan.  

    Sebab, MyTelkomsel superapp baru saja diluncurkan selama tiga bulan lalu dan Ricky menyebut pihaknya terus melakukan improve agar pengguna bisa lebih banyak lagi.

    “Kita masih beberapa bulan, masih tiga bulan, nggak bisa langsung spike tinggi sekali. Kami masih melakukan pengembangan pada layanan servisnya, terutama daily activity,” ujar Ricky.

    Seperti yang diketahui, Telkomsel mengintegrasikan semua layanan dengan meluncurkan aplikasi MyTelkomsel Superapps, untuk memudahkan pengguna mengakses produk dan layanan Telkomsel di dalam satu aplikasi.

    Adapun, peluncuran MyTelkomsel Superapps ini bertepatan dengan penyelenggaraan Telkomsel Awards 2024 di Indonesia Arena Jakarta pada Rabu (17/7/2024).

    Direktur Utama Telkomsel Nugroho mengatakan bahwa aplikasi MyTelkomsel superapp menawarkan berbagai fitur yang mencakup health, travel, payment, entertainment dan commerce.

    Nugroho menjelaskan superapps besutan Telkomsel ini juga memungkinkan pelanggan untuk mencatat performa olahraga lari, memesan tiket transportasi dan mengecek status penerbangan, berbelanja serta pembayaran tagihan, mendengarkan musik, membaca artikel, hingga bermain gim.

    “Hal ini sejalan dengan komitmen Telkomsel sebagai penyedia layanan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat dengan menyediakan layanan digital mulai dari produk telekomunikasi hingga berbagai kemudahan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari,” kata Nugroho dalam konferensi pers Telkomsel Awards 2024 di Jakarta, Rabu (17/7/2024).

  • 3 Fitur Baru MyTelkomsel, Bisa Nonton Video Sampai Main Game

    3 Fitur Baru MyTelkomsel, Bisa Nonton Video Sampai Main Game

    Daftar Isi

    Jakarta, CNBC Indonesia – Telkomsel terus mengembangkan MyTelkomsel menjadi superapp. Terbaru perusahaan menyelipkan sejumlah fitur hiburan terbaru untuk para pelanggan.

    Saat diluncurkan pertama kali, MyTelkomsel digunakan untuk membeli paket dan pulsa bagi pengguna Telkomsel. Namun pertengahan tahun ini akhirnya dikembangkan untuk berisi sejumlah fitur berbagai aktivitas yang bisa dimasukkan semua dalam satu aplikasi.

    “Awalnya menghadirkan aplikasi MyTelkomsel untuk orang mengecek kuota atau beli pulsa atau paket. Pertahun ini tepatnya saat Telkomsel Awards, kita announce MyTelkomsel tidak hanya aplikasi untuk sekedar telko. Kita merilis fitur entertainment,” kata GM Video and Partnership Telkomsel, Adityo Rengganegoro, di Jakarta, Selasa (29/10/2024).

    Terbaru MyTelkomsel memberikan tiga fitur hiburan yakni untuk menonton video, mendengarkan musik, dan bermain games. Berikut rangkumannya:

    Video

    Di MyTelkomsel, pelanggan bisa menonton konten secara gratis hanya dengan kuota data atau wifi. Adit menjelaskan konten video dihadirkan melalui konten original yang dibuat pihak Telkomsel.

    Selain itu juga ada fitur Short, yakni video pendek mirip yang sudah dihadirkan di beberapa platform media sosial. “Misalnya sedang menunggu, bisa sambil menonton Shorts,” ucapnya.

    MyTelkomsel juga menghadirkan beberapa macam paket untuk aplikasi streaming. Misalnya paket khusus Netflix hingga gabungan sejumlah platform streaming dalam satu paket.

    Games

    Khusus untuk bagian games, MyTelkomsel membaginya menjadi dua. Mulai dari kasual games dan juga permainan untuk melakukan misi.

    “Selain memyediakan game, kami menjual paket data game. Contohnya Google Play Pass yang dibundling dengan paket data,” kata GM Games and Apps Telkomsel, Auliya I Fadli.

    Musik

    Di dalam MyTelkomsel juga memiliki fitur untuk mendengarkan musik dan podcast. Beberapa konten bisa dinikmati pengguna secara gratis,

    “Untuk menikmati lagu yang premium, kami sediakan beberapa paket ada paket tiga hari tuju hari. Harganya cukup murah hanya Rp 25 ribu,” jelas GM VAS and Other Digital Telkomsel, Douby Kusumawirachma

    (fab/fab)

  • Hubinter gandeng polisi Hong Kong untuk cari pencuri modul BTS

    Hubinter gandeng polisi Hong Kong untuk cari pencuri modul BTS

    Jakarta (ANTARA) – Divisi Hubungan Internasional (Hubinter) Polri menggandeng kepolisian Hong Kong untuk menangkap pencuri modul stasiun pemancar penyedia komunikasi (b​​​​​ase transceiver station/BTS) di tanah air.

    “Pelaku SJ adalah warga China dan saat ini tengah berada di luar negeri sehingga dalam pencariannya perlu berkoordinasi dengan Divhubinter Polri dan selanjutnya juga akan menggandeng polisi Hong Kong,” kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro dalam jumpa pers pengungkapan pencurian modul BTS di Jakarta Pusat, Senin.

    Ia menjelaskan, koordinasi itu juga untuk mengumumkan status pelaku dalam daftar pencarian orang (DPO).
     

    Sebelumnya, polisi sudah menangkap lima orang komplotan pencurian modul BTS di Jakarta Pusat yang sudah melakukan aksinya beberapa kali yakni MJ (31), AL (29), TY (34), RCH (25) dan AB (49).

    “Modul BTS hasil pencurian ini dijual kepada tersangka yang saat ini masih DPO itu SJ alias Jason, warga negara China,” ujar Susatyo.

    DPO inisial SJ ini merupakan orang yang menyuruh lima pelaku lainnya untuk melakukan pencurian dan sebagai penadah barang hasil curian tersebut.

     

    “Jadi, barang curian modul BTS yang sudah diambil itu dikumpulkan di sebuah gudang di daerah Serpong, Tangerang. Kemudian barang ini dibungkus untuk dikirim ke China dan dijual kepada tersangka SJ alias Jason,” ungkap Susatyo.

     

    Sementara itu, Divhubinter Polri Kombes Pol Norman Sitin Daun mengatakan, melalui organisasi polisi kriminal internasional (interpol) akan melakukan koordinasi dengan NCB Interpol sebagai bentuk kerja sama antara kepolisian kedua negara.

     

    “Penyidik dan NCB Interpol Indonesia akan berkolaborasi, mempersiapkan segala administrasi sampai dengan proses nanti pelacakan dimana DPO, SJ ini, diduga kabur,” kata Norman.

    Baca juga: Pencuri kabel bonding LAA ditangkap

     

    Selain itu, kata Norman, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan imigrasi untuk melihat posisi terakhir SJ berdasarkan data perlintasan DPO tersebut dan dugaan kabur ke negara mana.

     

    Divhubinter Polri juga telah mengetahui bahwa SJ ini menerima seluruh barang curian di Hong Kong. Barang hasil curian yang disiapkan lima tersangka di Jakarta pun akan dikirim di Hong Kong.

     

    “Tentunya kami juga akan berkolaborasi dengan kepolisian Hong Kong, melacak keberadaan dari DPO ini. Sementara itu yang dapat kami sampaikan,” ucap Norman.

     

    Dalam kesempatan yang sama, GM Tower Management-Telkomsel Tito Wicaksono, menyampaikan apresiasi kepada kepolisian.

    Tito menyesali adanya aksi pencurian ini yang menyebabkan kerugian terhadap perusahaan dan juga masyarakat luas baik dari sisi finansial, ataupun kualitas layanan telekomunikasi pelanggan.

    “Aksi pencurian perangkat telekomunikasi dan perangkat lainnya bukan hanya menyebabkan kerugian, material bagi operator atau komunikasi, maupun penyedia telekomunikasi, namun juga mengganggu layanan telekomunikasi yang sangat mendasar dan krusial,” ucap Tito.

    Pewarta: Siti Nurhaliza
    Editor: Edy Sujatmiko
    Copyright © ANTARA 2024

  • Polisi ungkap kerugian pencurian BTS provider capai Rp120 miliar

    Polisi ungkap kerugian pencurian BTS provider capai Rp120 miliar

    Jakarta (ANTARA) –

    Kepolisian mengungkapkan kerugian akibat pencurian alat berupa modul stasiun pemancar penyedia komunikasi (base transceiver station/BTS) milik beberapa operator seluler di Indonesia mencapai Rp120 miliar.

     

    “Karena satu modul ini harganya sekitar Rp90 juta. Jadi, kerugian total berdasarkan hitungan penyidik adalah sekitar Rp120 miliar,” ungkap Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro dalam konferensi pers di Polsek Menteng, Jakarta Pusat, Senin.

     

    Kerugian tersebut diakibatkan lima orang komplotan pencurian di Jakarta Pusat yang sudah melakukan aksinya beberapa kali yakni yakni MJ (31), AL (29), TY (34), RCH (25), dan AB (49).

    “Kami sudah menangkap lima tersangka pencuri oleh tersangka di Jakarta Pusat yang sudah dilakukan beberapa kali. Kelima tersangka yang ditangkap yakni MJ (31), AL (29), TY (34), RCH (25), dan AB (49),” ujar Susatyo.

     

    Tersangka yang ditangkap yakni berinisial MJ (31) berperan mencuri di lokasi dengan memakai baju teknisi PT Telkomsel mulai dari rompi, helm proyek, dan mengaku sebagai petugas teknisi serta menunjukkan surat tugas kerja palsu dan foto copy KTP.

    Baca juga: Polisi ringkus tiga pelaku pencurian roda empat di Mampang

     

    Tersangka MJ juga menggunakan alat obeng dan tang untuk membuka kunci dan boks penyimpan modul, kemudian modul diambil dan dimasukkan tas.

    “Pelaku MJ mengakui barang berupa modul BTS hasil pencurian dijual kepada pembeli SJ alias J kewarganegaraan China sebagai penadah rata-rata lima modul dibeli dengan harga Rp5,9 juta. Cara transaksi yang dilakukan via aplikasi perpesanan WhatsApp dan uang ditransfer ke rekening pelaku MJ,” ucap Susatyo.

     

    Tersangka lain yakni berinisial AL alias B (29) berperan menampung hasil barang curian dan mengemasnya. Lalu tersangka TY (34) berperan mengemas bersama tersangka RCH (25) dan AB (49).

    “Modul BTS ini dijual kepada tersangka yang saat ini masih DPO, yaitu SJ alias Jason, warga negara China, kemudian dengan cara bawa barang sudah diambil, itu dikumpulkan di sebuah gudang di daerah Serpong, Tangerang,” ungkap Susatyo.

     

    Dikirim ke China​​​​​​​

    Sementara itu, Kapolsek Metro Menteng Kompol Bayu Marfiando mengatakan, tersangka MJ ditangkap pada 1 September 2024 di Kenari, Jakarta Pusat dan dikembangkan dengan penangkapan tersangka R dan AB di Serpong.

     

    “Ditemukan 227 modul yang rencana juga akan dikirim ke China pada tanggal 4 September dari pengakuan bahwa saudara AB dan saudara R ini diperintahkan oleh saudara AAL,” kata Bayu.

    Bayu menyebut, polisi berhasil menangkap RCH (25) ditangkap di rumah AL (29) di daerah Jakarta Selatan dan AB (49) ditangkap di rumahnya di daerah Pondok Aren beserta 227 modul BTS sebanyak pada 2 September 2024.

     

    Lalu, pada 4 September 2024 polisi menangkap tersangka TY (34) di sebuah hotel daerah Menteng, Jakarta Pusat dan AL (29) di daerah Fatmawati, Jakarta Selatan.

    “Saudara AL ini merupakan kepanjangan tangan dari saudara SJ atau pun Sun Jason yang warga negara China, kemudian saudara AL ini memperkerjakan saudara TY, saudara AB dan saudara RCH untuk mempacking alat-alat ini, selanjutnya barang ini akan dikirim ke China melalui pelabuhan dan disimpan dulu di gudang wilayah Cilincing,” jelas Bayu.

    Baca juga: Operasi Sikat Jaya, pencurian kendaraan bermotor mendominasi

     

    Atas perbuatan tersebut, para tersangka dijerat Pasal 363 KUHP dan 481 KUHP dengan ancaman penjara selama-lamanya tujuh tahun.

    Pewarta: Siti Nurhaliza
    Editor: Edy Sujatmiko
    Copyright © ANTARA 2024

  • Trafik Broadband 5G Telkomsel Tumbuh 340% Selama PON XXI Aceh-Sumut 2024

    Trafik Broadband 5G Telkomsel Tumbuh 340% Selama PON XXI Aceh-Sumut 2024

    Jakarta

    Telkomsel turut mendukung kelancaran aktivitas digital gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 dengan menghadirkan akses broadband yang optimal. Selama gelaran PON XXI pada 9-20 September 2024, Telkomsel menambah jaringan 5G di 12 lokasi strategis, pengoptimalan jaringan 4G di 257 site eksisting, serta pemasangan 14-unit Compact Mobile BTS (COMBAT).

    Sepanjang PON XXI berlangsung, trafik broadband 5G Telkomsel melonjak hingga mencapai lebih dari 340 persen dibandingkan hari biasa. Sementara itu, layanan data jaringan lainnya, tercatat lonjakan trafik payload mencapai lebih dari 11.20 persen.

    Adapun lonjakan trafik data tertinggi tercatat di area Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Utara (GOR DISPORASU) Deli Serdang, yang meningkat lebih dari 45,20 persen. Lonjakan trafik data juga terjadi di SPORT Center Universitas Syiah Kuala Aceh, dengan peningkatan sebesar 42,60 persen.

    “Telkomsel bangga dapat berkontribusi dalam mendukung kesuksesan penyelenggaraan PON XXI Aceh Sumut 2024 dengan menghadirkan layanan konektivitas digital terbaik. Hal ini sejalan dengan visi dan misi kami untuk memberdayakan masyarakat Indonesia melalui penyediaan layanan telekomunikasi digital yang unggul, serta terinspirasi oleh semangat Indonesia untuk terus mendorong kemajuan dengan memastikan kelancaran komunikasi dan pengalaman digital yang optimal bagi seluruh peserta,” ujar Vice President Area Network Operations Sumatera Telkomsel, Nugroho Adi Wibowo dalam keterangannya, Selasa (1/10/2024).

    Selain pertumbuhan trafik broadband, pemanfaatan layanan digital seperti akses media sosial meningkat hingga 9.61 persen dan layanan komunikasi seperti instant messaging dan video conference mencapai 8.05 persen persen. Di sisi lain, layanan video streaming mencapai 7.65 persen, mobile gaming melonjak hingga 10.5 persen, dan akses browsing tumbuh 8.58 persen.

    Telkomsel juga mencatatkan peningkatan aktivitas akses pada sejumlah aplikasi atau platform digital favorit, seperti WhatsApp yang tumbuh 8.09 persen. Sementara TikTok meningkat 10.5 persen, Instagram naik 10.45 persen, YouTube naik 8.46 persen, dan Facebook naik 8.38 persen.

    Lebih lanjut, Nugroho mengungkapkan Telkomsel juga memperkenalkan berbagai use case 5G inovatif selama gelaran PON XXI untuk memberikan pengalaman teknologi terkini bagi peserta, pengunjung, dan masyarakat sekitar. Berbagai inovasi use case 5G ini, merupakan hasil berkolaborasi bersama para mitra vendor global terkemuka di bidang teknologi seperti Ericsson, Huawei, dan Qualcomm, mencakup 5G Cyber Dog, AI UU Robot, Smart Glasses, FMC Smart Home, Virtual Reality (VR), Sports Fan Engagement, 5G Device Ecosystem, 5G Smart Live Broadcast, Smart Pole CCTV, 5G New Calling, hingga Telkomsel.1.

    Hadirnya showcase 5G ini pun mendapat sambutan masyarakat. Hal ini terlihat dari lebih dari 3.200 pengunjung yang hadir di booth showcase 5G Telkomsel untuk merasakan langsung manfaat teknologi 5G dalam mendukung berbagai aktivitas sehari-hari.

    Hadirkan Inovasi Use Case 5G Terkini

    Dalam rangka memeriahkan penutupan PON XXI, Telkomsel menghadirkan berbagai inovasi use case 5G tambahan terbaru, seperti 5G Cloud Gaming. Inovasi ini memungkinkan pengunjung merasakan sensasi bermain game dengan kecepatan tinggi tanpa memerlukan perangkat keras dengan spesifikasi yang canggih.

    Ada pula 5G Smart Desktop yang menawarkan pengalaman unik melalui kacamata AR yang terintegrasi dengan kecepatan 5G. Inovasi ini memberikan pengalaman multimedia dengan kapabilitas canggih seperti streaming video berkualitas tinggi tanpa jeda dengan interaksi AR yang mulus.

    Selanjutnya ada 5G MR Multiplayer, yang membawa pengalaman bermain game ke tingkat lebih tinggi dengan menggabungkan interaksi virtual dan fisik, memungkinkan pengunjung dari berbagai lokasi untuk berinteraksi dalam satu ruang yang sama. Telkomsel juga menghadirkan 5G FTTR (Fiber to The Room) yang memastikan setiap sudut ruangan memiliki akses internet hingga 1 Gbps secara stabil.

    Untuk mendukung keamanan dan pengawasan yang lebih canggih, Telkomsel menghadirkan use case 5G AI Camera yang menggunakan teknologi kamera AI dan jaringan 5G untuk memberikan informasi secara real-time, kapan saja dan di mana saja. Hadir juga use case 5G Portable HD yang dapat mendukung live streaming secara real-time dengan kualitas konten beresolusi tinggi, serta konsumsi daya rendah dan latensi waktu yang minim.

    “Dengan pencapaian ini, Telkomsel semakin memperkuat posisinya sebagai penyedia layanan digital terdepan yang terus berupaya mendorong kemajuan Indonesia melalui teknologi yang inovatif dan berkelanjutan. Kami akan terus berinovasi dan beradaptasi untuk menghadirkan layanan terbaik yang mampu memenuhi kebutuhan komunikasi digital masyarakat di era transformasi digital yang semakin dinamis,” tutup Nugroho.

    (akd/ega)

  • Siap-siap! Mau Aktifikan Nomor HP Baru Wajib Rekam Wajah

    Siap-siap! Mau Aktifikan Nomor HP Baru Wajib Rekam Wajah

    Bandung

    Aturan registrasi SIM card pakai biometrik akan segera diterapkan. Ke depannya, untuk mengaktifkan nomor seluler tidak hanya pakai menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK) saja, tapi diwajibkan juga divalidasi dengan face recognition alias rekam wajah.

    Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) mengatakan bawa kebijakan tersebut masih digodok antara operator seluler dengan pemerintah.

    “Sebenarnya sudah dibahas beberapa kali dengan Dukcapil (Kementerian Dalam Negeri) sampai ke level aturan, tapi (sejauh ini) masih dalam bentuk draft, namun sudah POC (Proof of Concept) yang ini digunakan untuk pembuktian,” ujar Sekjen ATSI Marwan O. Baasir ditemui di Peringatan Hari Bhakti Postel, Bandung, Jumat (27/9/2024).

    Aturan registrasi SIM card pakai biometrik ini menjadi jurus terbaru mengatasi persoalan ada di layanan seluler, seperti kasus penipuan online, penjualan SIM card dalam keadaan aktif, hingga untuk mengetahui pelanggan yang sesungguhnya atau Know Your Customer (KYC).

    Marwan menyebutkan aturan registrasi SIM card pakai face recognition ini ditujukan untuk pelanggan baru, bukan existing. “Usulan ini untuk pelanggan baru, kalau pelanggan lama itu ada ratusan juta yang kita registrasi,” ucapnya.

    Sedangkan, jumlah maksimal nomor yang bisa diaktifkan ini masih mengikuti aturan yang lama, yaitu maksimal tiga nomor seluler untuk satu provider atau 12 nomor seluler untuk empat operator seluler yang saat ini beroperasi.

    Disampaikannya, dari empat operator seluler yang ada saat ini, baru XL Axiata yang sudah menguji registrasi SIM card menggunakan face recognition. Diharapkan, Telkomsel, Indosat Ooredoo Hutchison, dan Smartfren turut mengujinya.

    Terkait kapan aturan registrasi SIM card pakai face recognition ini diberlakukan, Marwan mengaku belum mengetahuinya secara pasti. Namun, sebelum diterapkan, masyarakat perlu mengetahui tata cara mengaktifkannya nomor seluler yang terbaru ini.

    “Mungkin butuh waktu sosialisasi ke masyarakat, sosialisasi kan kunci. Kemudian tools, kan enggak hanya bisa di gerai saja, tapi bisa di device juga, orang bisa dibaca wajahnya, lalu divalidasi,” pungkas Marwan.

    (agt/agt)

  • Melalui Nuon, Telkom Terjun ke Bisnis e-Ticketing Konser

    Melalui Nuon, Telkom Terjun ke Bisnis e-Ticketing Konser

    Jakarta

    Nuon Digital Indonesia (Nuon), anak perusahaan Telkom bidang digital entertainment, siap menjadi official ticketing. Kali ini Noun menjadi partner konser Lifetime Tribute to Chrisye, Senin, 16 September 2024.

    CEO Nuon, Aris Sudewo, mengatakan pihaknya siap menyokong konser tersebut melalui platform ticketing-nya, Tiketapasaja.com.

    “Kami bangga menjadi bagian dari konser musisi legendaris ini. Menjadi official ticketing partner di konser ini merupakan suatu kebanggaan untuk dapat mengenang musisi legendaris tanah air, sekaligus memberikan kenyamanan pembelian tiket ke penonton,” ujar Aris dalam siaran pers yang diterima detikINET.

    Sementara itu, VP Digital Lifestyle Nuon Wahyudi mengatakan, sebagaimana pada konser sebelumnya, pihaknya akan memastikan proses pembelian tiket dengan kemudahan akses dan keamanan transaksi untuk kenyamanan penonton.

    Layanan dapat diakses melalui situs tiketapasaja.com, yang memberi kenyamanan dan keamanan bagi khalayak.

    Arief Darussalam, CEO WOW Indonesia, promotor konser menambahkan, konser Chrisye telah resmi akan dimeriahkan Ariel NOAH sebagai lineup musisi terakhir yang akan berpartisipasi di konser tersebut. Hal ini melengkapi deretan musisi hits lainnya yang tampil seperti Rizky Febian, Afgan, Mahalini, Andien, David Bayu, Kevin Aprilio, Eva Celia, dan Once Mekel.

    “Seperti yang kita tahu bahwa Ariel adalah salah satu penyanyi dan vokalis band papan atas saat ini. Dedikasinya terhadap musik Indonesia juga luar biasa dan Ariel memang sudah beberapa kali berkolaborasi dengan almarhum Chrisye, jadi Ariel sudah memiliki kedekatan khusus. Rasanya keputusan yang tepat jika kami memintanya untuk terlibat di konser ini,” tutur Arief.

    Lifetime Tribute To Chrisye Concert” akan diselenggarakan pada tanggal lahir sang legenda, 16 September 2024, di Istora Senayan, Jakarta.

    Konser 17 tahun mengenang kepergian Chrisye ini akan menampilkan 3 chapter kehidupan sang legenda. Setiap chapter akan menceritakan awal perjalanan, masa emas dan era legacy dari seorang Chrisye.

    Menjadi partner konser ini Noun melengkapi pengalaman bidang digital entertainment sejak pertama didirikan tahun 2010 lalu. Antara lain menjadi produsen konten musik digital ‘LangitMusik Blackberry’ khusus pengguna jaringan Telkomsel (2010), produsen aplikasi konten musik digital ‘Gudang Musik’ khusus pengguna jaringan Smartfren (2012), serta produsen aplikasi konten musik digital ‘Musik Gaul’ untuk pengguna Indosat (2014).

    (agt/agt)

  • MDMedia Luncurkan Layanan Programmatic Advertising Berbasis Data Telco

    MDMedia Luncurkan Layanan Programmatic Advertising Berbasis Data Telco

    Jakarta

    TelkomGroup melalui anak usahanya PT Metra Digial Media (MDMedia) meluncurkan AdXelerate, layanan programmatic advertising berbasis data telco pertama di Indonesia. Hadirnya layanan ini dinilai menjadi solusi dalam melakukan promosi iklan digital yang lebih efisien dan tepat sasaran.

    President Director of MDMedia Arif Prabowo mengatakan di era yang serba digital, dunia pemasaran dan periklanan mengalami perkembangan pesat. Konsumen pun menjadi lebih cerdas. Hal inilah yang mendasari pihaknya untuk menciptakan Demand Side Platform (DSP) sebagai platform digital programmatic advertising yang dapat memberikan solusi periklanan agar lebih relevan dan terukur.

    “Karena (melihat) hal tersebut, akhirnya kita memiliki suatu inovasi. Kita membuat suatu layanan berupa programmatic ads,” katanya saat membuka Programmatic Ads Based on Telco Data The Launch Event, di Glass House The Ritz Carlton Pacific Placa, Jakarta, Kamis (12/9/2024).

    Dia mengungkapkan layanan AdXelerate dapat membantu para pengiklan menghadapi tantangan modern dalam pemasaran digital, dengan menganalisa insight dari data telco yang beragam.

    “Kami berkolaborasi dengan Telkomsel, menggunakan data Telkomsel. Kita tahu Telkomsel market share-nya paling besar di Indonesia. Kemudian kita juga melihat data yang ada di situ cukup detail dan barangkali lebih precise dibandingkan data yang ada saat ini,” jelasnya.

    Sementara itu, Managing Director MDMedia Fuad Sahid Lalean menambahkan dalam mekanismenya, MDMedia bersama TelkomGroup berperan sebagai enabler untuk membantu brand, agency, hingga publisher untuk dapat menyasar target konsumen yang tepat. Sehingga iklan digital dapat memberikan hasil yang tidak hanya optimal, tapi juga efektif dan efisien.

    Dia pun merinci fitur unggulan layanan Programmatic Advertising dari MDMedia. Salah satunya dapat menampilkan profil audiens yang komprehensif, dengan memanfaatkan berbagai kategori minat dan atribusi demografis seperti umur, jenis kelamin, agama, dan lainnya yang diolah melalui big data analytic.

    “Misalnya bisa nggak iklan mobil listrik menyasar orang-orang yang sudah punya kendaraan lebih dari 2? Jawabannya bisa,” terangnya.

    Keuntungan lain dari layanan AdXelerate ini adalah kemampuan melakukan optimalisasi iklan secara langsung (real-time) dalam hitungan milidetik dan berdasarkan performa, sehingga memberikan fleksibilitas dan efisiensi bagi para pengiklan.

    Di samping itu juga, platform DSP ini memberikan keuntungan dari proses re-targeting dengan mempertajam segmentasi target audiens yang dituju melalui proses learning big data analytic yang mampu meningkatkan konversi sesuai tujuan yang diharapkan oleh pengiklan.

    “Bisa juga re-targeting. Jadi sudah ditarget, tapi dia sudah mau masukin keranjang, tapi belum checkout. Kita retarget lagi, mudah-mudahan bisa checkout sehingga produk kita kebeli,” paparnya.

    Soal keamanan, kata Fuad, tidak perlu khawatir. Sebab platform ini dirancang dengan prioritas utama kepatuhan pada regulasi privasi yang mengacu kepada Undang Undang Perlindungan Data Pribadi.

    Lebih lanjut dia memaparkan hasil case study yang dilakukan MDMedia terkait penerapan campaign programming ads pada suatu aplikasi. Studi tersebut menunjukkan efektivitas dalam meningkatkan monitor ratio click to app hingga lebih dari 3 kali. Selain itu juga berhasil menekan cost per installation.

    “Dari bench mark yang di awal 0,11%, kita bisa mencapai 0,39%. Artinya begitu user melihat iklan, mereka mengklik itu 3,5x lebih besar. Karena cocok dan sesuai dengan targetnya. Bayangkan kalau saya tidak berminat dengan aplikasi tersebut, lihat iklannya, kan saya nggak ngeklik,” terangnya.

    Di sisi lain, Director of Group Business Development Telkom Indonesia, Honesti Basyir menekankan potensi digital advertising sangat besar. Namun selama ini yang banyak menikmati hanya pihak-pihak tertentu saja, seperti Google Ads, Meta, TikTok. Menurutnya pihak yang disebut ‘walled garden’ itu memiliki keuntungan, tapi di sisi lain ekosistemnya terbilang sangat tertutup.

    Karena itu pihaknya berharap kehadiran AdXelerate dapat mendorong RI agar menjadi bagian dari pemain yang menciptakan market di dunia digital advertising yang tengah berkembang saat ini.

    “Ini adalah solusi dari perusahaan Indonesia untuk Indonesia. Kita membuat visi pemerintah untuk menjadikan digital economy sebagai the future of Indonesia yang bisa kita nikmati dan wujudkan bersama,” tukasnya.

    (ncm/ega)

  • Telkomsel Hadirkan Akses 5G & Promo Menarik di Ajang PON XXI Aceh-Sumut

    Telkomsel Hadirkan Akses 5G & Promo Menarik di Ajang PON XXI Aceh-Sumut

    Jakarta

    Telkomsel turut memberikan dukungan terhadap ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 yang berlangsung pada 9-20 September 2024. Adapun dukungan tersebut diberikan berupa akses broadband 5G untuk mendorong kelancaran komunikasi.

    Direktur Network Telkomsel Indra Mardiatna mengatakan dukungan tersebut juga diberikan untuk memberikan pengalaman digital terbaik selama perhelatan PON XXI Aceh-Sumut 2024. Pihaknya pun turut melakukan pengoptimalan jaringan 4G di 257 site eksisting, hingga pemasangan 14-unit Compact Mobile BTS (COMBAT).

    “Telkomsel berkomitmen untuk terus menjadi yang terdepan dalam menyediakan solusi dan layanan telekomunikasi digital yang dapat mendukung berbagai acara kenegaraan tingkat nasional dan internasional,” kata Indra dalam keterangan tertulis, Sabtu (7/9/2024).

    Dia menambahkan untuk akses 5G tersedia di 12 titik strategis. Adapun titik tersebut mencakup Stadion Harapan Bangsa Banda Aceh, Sumut Sport Center, wisma atlet, bandara, tempat penginapan, media center dan area strategis lainnya.

    “Seluruh kesiapan infrastruktur, termasuk kehadiran jaringan 5G terkini kami di PON XXI Aceh-Sumut 2024 merupakan bagian dari upaya dan semangat kami yang terinspirasi oleh semangat Indonesia untuk menggerakan kemajuan dengan memastikan kelancaran komunikasi dan pengalaman digital terbaik bagi seluruh peserta,” ungkapnya.

    Dia mengatakan Telkomsel turut menyiapkan berbagai produk dan layanan pelanggan untuk mengakomodasi kebutuhan komunikasi para atlet, official, volunteer, serta pengunjung yang dapat ditemukan di berbagai lokasi. Adapun lokasi tersebut mencakup pusat layanan di Media Center Hotel Hermes Aceh dan Hotel Santika Dyandra Medan, 12 GraPARI yang tersebar di berbagai lokasi Aceh dan Sumatera Utara, 31 booth layanan di berbagai lokasi seperti pusat perbelanjaan, area penginapan, terminal transportasi darat dan bandara.

    Hal itu termasuk venue utama seperti Stadion Harapan Bangsa Banda Aceh dan Stadion Gelora Batang Kuis, hingga bekerja sama dengan mitra outlet resmi Telkomsel yang tersebar di seluruh wilayah Aceh dan Sumatera Utara yang siap melayani pembelian pulsa, paket data, eSIM, registrasi kartu, pembelian modem Orbit, pemasangan IndiHome, serta aktivasi eSIM dan layanan 5G.

    “Seluruh titik layanan ini dirancang untuk memastikan kemudahan akses dan kenyamanan komunikasi bagi seluruh peserta dan pengunjung,” jelasnya.

    Selain itu, Telkomsel turut menghadirkan berbagai penawaran khusus selama perhelatan PON XXI Aceh-Sumut 2024. Pelanggan dapat memanfaatkan Surprise Deal PON XXI yang menawarkan paket data hingga 25 GB selama tujuh hari dengan harga spesial pada tanggal 7-8 September dan 20-21 September.

    “Penawaran ini hanya berlaku di lokasi penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumut dan tersedia melalui aplikasi MyTelkomsel dan di outlet-outlet terdekat. Telkomsel juga menawarkan Paket Jelajah Spesial PON seharga Rp 5.000 untuk akses 50 GB selama satu hari yang bisa di beli saat pelanggan berada di Stadion Harapan Bangsa Banda Aceh dan Sumut Sport Center. Paket tersebut dihadirkan untuk memastikan peserta dan pengunjung tetap terhubung di media sosial selama acara berlangsung,” tuturnya.

    Tidak hanya itu, terdapat Kartu Perdana Spesial PON XXI dengan tambahkan kuota hingga 3GB untuk mengakses ragam platform layanan hiburan digital. Kartu Perdana tersebut dapat diperoleh di Booth Telkomsel selama PON atau outlet-outlet terdekat di 20 kota yang menjadi venue PON di Sumatera Utara dan Aceh. Seluruh penawaran ini dirancang untuk memberikan nilai tambah dan kenyamanan komunikasi bagi seluruh peserta dan pengunjung PON XXI Aceh-Sumut 2024.

    “Kami berharap, dukungan layanan telekomunikasi yang kami hadirkan dapat menyukseskan penyelenggaraan PON XXI, sekaligus mendorong pemanfaatan teknologi terkini 5G yang lebih luas bagi seluruh pelanggan dan Masyarakat di Aceh dan Sumut,” tutupnya.

    (ega/ega)