BUMN: PT Telekomunikasi Selular

  • SMA Bina Muda Cicalengka Bandung Kenalkan Politik dan Demokrasi pada Siswa Lewat P5

    SMA Bina Muda Cicalengka Bandung Kenalkan Politik dan Demokrasi pada Siswa Lewat P5

    JABAR EKSPRES – Sekolah Menengah Atas (SMA) di Yayasan Pendidikan Bina Muda, yang berlokasi di wilayah Desa Tenjolaya, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung diberi praktik pengenalan politik dan berdemokrasi.

    Humas SMA Bina Muda, Agung Rizki Pratama mengatakan, pengenalan politik dan berdemokrasi itu, dilakukan pada momentum pemilihan Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS).

    “Sebetulnya realisasi program P5 dalam kurikulum merdeka juga. Karena kategorinya ada Bhineka Tunggal Ika dan Suara Demokrasi, jadi kita praktik mengenalkan politik dan berdemokrasi,” katanya kepada Jabar Ekspres, Kamis (7/11).

    BACA JUGA: Voucher Fisik Internet Telkomsel, Cara Cepat dan Praktis Memilih Kuota Data Mulai dari Rp9 Ribu

    Agung menerangkan, pelaksanaan program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau P5, dilakukan oleh para siswa dengan pada pemilihan Ketua OSIS seakan menggelar Pilkada.

    “Judulnya pemerintahan kita ambil sistem demokrasi saat pemilihan Ketua OSIS. Waktu pelaksanaan terdiri dari dua pasangan calon (Paslon),” terangnya.

    Agung menjelaskan, dalam praktik demokrasi tersebut, para siswa tetap didampingi dan dibimbing, agar pelaksanaan dapat terkendali, tertib serta mencegah terjadinya konflik yang berpotensi kontak fisik.

    BACA JUGA: Visi Danang Danoroso untuk Masa Depan Sekber Wartawan Bogor Raya

    “Sengaja dibuat sedemikian seperti Pilkada, jadi selain ada Paslon, ada juga tim dibentuk jadi KPU, setiap organisasi siswa di sini seperti ekskul itu ibaratkan partai, siswa di setiap kelas ibarat warga sipil, ada tim suksesnya juga,” jelasnya.

    Agung mengungkapkan, melalui pengenalan politik dan berdemokrasi, para siswa diharapkan dapat terbentuk secara pola pikir bahwa perbedaan pendapat dan pilihan, merupakan hal yang wajar serta akan selalu dijumpai ketika bermasyarakat.

    “Satu minggu masa kampanye, hari tenang 2 hari, kemudian lanjut pencoblosan dan pengumuman di hari yang sama. Ketua OSIS SMA Bina Muda terpilih periode 2024-2025, bernama Fahri,” ungkapnya.

    BACA JUGA: Komisi I Cek Kesiapan Lahan Baru Kantor Kelurahan Setu Gede dan Pengarsipan Kota Bogor

    Agung menuturkan, adapun guru yang mendampingi bertugas memberikan masukan serta arahan, khususnya untuk membentuk siswa agar siap berargumentasi secara logis juga akademisi.

  • Voucher Fisik Internet Telkomsel, Cara Cepat dan Praktis Memilih Kuota Data Mulai dari Rp9 Ribu

    Voucher Fisik Internet Telkomsel, Cara Cepat dan Praktis Memilih Kuota Data Mulai dari Rp9 Ribu

    JABAR EKSPRES  – Sebagai upaya mengedepankan prinsip customer-centric dalam memahami kebutuhan pelanggan di tiap fase kehidupan, Telkomsel menghadirkan beragam opsi proses transaksi di berbagai saluran yang salah satunya adalah melalui Voucher Fisik Internet Telkomsel.

    Diperuntukkan bagi pelanggan PraBayar Telkomsel, Voucher Fisik menghadirkan manfaat untuk menunjang konektivitas digital sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

    Menjadi opsi cepat dan praktis memilih paket internet/data, Voucher Fisik hadir dengan pilihan harga eceran terendah yang terjangkau mulai dari Rp9 Ribu untuk varian kuota data/internet hingga 80GB, dengan masa berlaku paket sampai 30 hari.

    Vice President Consumer Business Area Jabotabek Jabar Telkomsel, Adhi Putranto mengatakan, Semenjak pandemi COVID-19 yang terjadi beberapa tahun lalu, terjadi pergeseran tren perilaku pelanggan Telkomsel Prabayar secara umum, yang kini cenderung lebih menyukai varian paket harian dengan kuota besar dan harga yang terjangkau.

    “Membuka lebih banyak peluang dengan beragam proses transaksi yang Telkomsel hadirkan tidak menutup akses pada Voucher Fisik Internet yang sudah hadir sejak lama,” ujar Adhi, Kamis (7/11/2024).

    Untuk itu, kata Adhi, Voucher Fisik Internet menjadi salah satu solusi yang masih digemari oleh sejumlah pelanggan Telkomsel Prabayar.

    “Melihat kebutuhan pelanggan ini, kami mengakomodir dengan terus melengkapi keunggulan Voucher Fisik Internet dengan ragam pilihan masa berlaku paket harian, besaran kuota,” tambahnya.

    Adhi menjelaskan, Pelanggan Telkomsel Prabayar kini bisa mendapatkan tambahan pilihan varian paket Voucher Fisik Internet yang lebih fleksibel dengan varian kuota data/internet beragam sesuai kebutuhan pelanggan Telkomsel Prabayar, dari 1,5GB hingga 80GB dengan masa berlaku dari 1 hari sampai 30 hari dan pilihan harga eceran yang terjangkau mulai dari Rp9 ribu.

    “Voucher Fisik Internet untuk pelanggan Telkomsel Prabayar ini dapat diperoleh dengan proses yang cepat dan mudah di setiap mitra outlet seperti reseller atau penjual pulsa terdekat di seluruh Indonesia” jelasnya.

    Adhi melanjutkan, Setelah melakukan pembelian Voucher Fisik Internet, pelanggan cukup menggosok pelindung kode voucher yang berada di bagian belakang Voucher Fisik Internet.

    Kemudian, mengaktifkan paket yang dipilih dengan memasukkan kode voucher tersebut melalui akses UMB *133#.

  • Telkomsel Hadirkan Channel Mola Golf dan Mola Sport di IndiHome TV

    Telkomsel Hadirkan Channel Mola Golf dan Mola Sport di IndiHome TV

    Jakarta

    Telkomsel terus berupaya untuk menghadirkan pengalaman hiburan digital terbaik bagi masyarakat. Bekerjasama dengan Mola TV, Telkomsel kini menghadirkan channel Mola Golf dan Mola Sport di IndiHome TV.

    Saluran ini menyajikan berbagai tayangan olahraga kelas dunia secara eksklusif, seperti pertandingan sepak bola liga Amerika dan Eropa, Fighting Sports, American Sports, serta turnamen Golf Internasional, yang dapat dinikmati setiap hari. Inisiatif ini mencerminkan semangat Telkomsel dalam menginspirasi Indonesia dan mendukung visi perusahaan untuk memberdayakan masyarakat melalui inovasi produk yang memenuhi kebutuhan digital sehari-hari.

    “Dengan menghadirkan channel Mola Golf dan Mola Sport di IndiHome TV, kami memperkaya ragam konten hiburan dan olahraga premium yang dapat dinikmati pelanggan. Kolaborasi ini merupakan bagian dari komitmen Telkomsel untuk memberikan akses yang lebih luas terhadap tayangan olahraga berkualitas, sehingga pelanggan dapat menyaksikan berbagai pertandingan favorit mereka di IndiHome TV secara langsung maupun on-demand, kapan saja dan di mana saja,” kata Vice President Digital Lifestyle Telkomsel Lesley Simpson dalam keterangan tertulis, Rabu (6/11/2024).

    Dia menjelaskan Mola Golf menawarkan pengalaman menonton kelas dunia bagi para penggemar golf dengan siaran langsung turnamen global setiap tahunnya. Saluran ini menghadirkan berbagai turnamen bergengsi seperti PGA Championship, DP World Tour Championship, US Open Golf Championship, Asian Tour, Ryder Cup, dan President Cup. Selain turnamen, Mola Golf juga menyajikan program menarik lainnya seperti talk show, tutorial, profil pemain, serta film dan dokumenter yang mengeksplorasi lebih dalam dunia golf.

    “Dengan berbagai program tersebut, pelanggan dapat merasakan pengalaman yang lengkap, baik dari sisi kompetisi maupun gaya hidup para profesional golf. Untuk menikmati Mola Golf, pelanggan dapat mengaktifkan paket OTT Mola atau Minipack Sport,” ungkapnya.

    Mola Sport adalah channel yang menampilkan berbagai pertandingan olahraga dari berbagai disiplin. Penggemar Fighting Sports dapat menikmati ajang-ajang besar seperti UFC, Bellator MMA, Professional Fighters League (PFL), dan Cage Warriors. Selain itu, Mola Sport juga menayangkan American Sports seperti NFL Superbowl, Stanley Cup dan Nascar Cup Series. Untuk penggemar sepak bola, Mola Sport menghadirkan pertandingan dari liga-liga top seperti Copa Libertadores, Copa Sudamericana dan Garuda Select.

    “Pelanggan dapat menonton channel Mola Golf dan Mola Sport dengan berlangganan Minipack Sport seharga Rp 70.000/bulan, yang mencakup Mola Golf dan Mola Sport dan enam channel olahraga lainnya, termasuk Champion 5 dan 6, SPOTV, SPOTV2, NBA TV, dan VoliTV. Pelanggan IndiHome TV bisa mengaktifkan paket ini melalui GraPARI, Call Center 188, atau langsung melalui menu STB IndiHome TV,” tutupnya.

    Sebagai informasi tambahan IndiHome TV adalah layanan televisi interaktif berbasis IPTV yang telah menjangkau 3,2 juta pelanggan di seluruh Indonesia. Layanan ini menawarkan 146 channel nasional dan internasional, serta beragam konten hiburan menarik seperti film, video, dan live streaming. Fitur unggulan seperti pause & rewind, TV on Demand (TVOD), Video On-Demand (VOD), karaoke, dan akses ke berbagai konten OTT memperkaya pengalaman menonton pelanggan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai channel dan program terbaru, kunjungi laman https://www.indihometv.com.

    (ega/ega)

  • Dukung Transformasi Industri 4.0, Begini Upaya dari Jababeka

    Dukung Transformasi Industri 4.0, Begini Upaya dari Jababeka

    Jakarta: PT Jababeka Tbk (KIJA) melalui salah satu anak perusahaannya PT Infrastruktur Cakrawala Telekomunikasi (ICTel) memperkuat perannya dalam membantu transformasi digital bagi tenant di Kawasan Industri Jababeka. Anak usaha Jababeka ini menggandeng Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) serta PT Telkomsel.
     
    Direktur Telekomunikasi Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (DJPPI) Kemkominfo Aju Widya Sari mengatakan, pentingnya digitalisasi di sektor industri. Implementasi teknologi digital di sektor manufaktur, khususnya memanfaatkan jaringan 5G diharapkan semakin luas diterapkan di Kawasan Industri Jababeka.
     
    “Digitalisasi bukan sekadar tren, melainkan kebutuhan esensial bagi industri untuk tetap kompetitif. Melalui pemanfaatan teknologi 5G dan Smart Manufacturing, kami berharap industri di Kawasan Industri Jababeka dapat mencapai efisiensi yang lebih tinggi dan inovasi yang berkelanjutan,” ujarnya dilansir Selasa, 5 November 2024.
    Direktur Utama PT Infrastruktur Cakrawala Telekomunikasi (ICTel) Iman Firmansyah menyampaikan komitmen ICTel dalam mendukung digitalisasi industri di Kawasan Industri Jababeka. Sebagai penyedia solusi telekomunikasi, ICTel memiliki tanggung jawab untuk memastikan pelaku usaha mendapatkan infrastruktur dan layanan terbaik. 
     
    “Dengan dukungan teknologi 5G yang disediakan, kami berkomitmen untuk menghadirkan solusi yang meningkatkan produktivitas dan efisiensi operasional pelaku usaha untuk memenangkan persaingan di panggung regional maupun global,” kata Iman.
     

     
    Sementara itu, Vice President Area Account Management Telkomsel Nyoman Adiyasa menekankan komitmen Telkomsel dalam mendukung percepatan digitalisasi di sektor industri. Melalui penyediaan jaringan 5G yang semakin diperluas, Telkomsel berharap membantu mempercepat adopsi teknologi di Jababeka. 
     
    “Kami berharap dapat memberikan kontribusi bagi pelaku usaha di Kawasan Industri Jababeka dalam mewujudkan smart manufacturing yang terintegrasi. Inovasi ini akan membantu industri meningkatkan produktivitas dan kualitas produk, serta mempercepat langkah menuju industri 4.0,” ujarnya.
    Sediakan jaringan 5G
    Jababeka menandatangani kerja sama dengan PT Telkomsel untuk memperkuat kolaborasi penyediaan infrastruktur digital yang optimal bagi pelaku usaha di Kawasan Industri Jababeka, terutama dalam penyediaan layanan smart lightning berbasis NBIoT dengan memanfaatkan jaringan 5G agar industri bisa berdaya saing di era digital.
     
    Selain itu, Telkomsel juga menyelenggarakan sesi coaching clinic bagi para tenant Kawasan Industri Jababeka. Sesi ini memberikan kesempatan bagi pelaku usaha untuk berkonsultasi langsung terkait tantangan dan masalah digitalisasi yang dihadapi di perusahaan mereka dengan bimbingan dari para ahli teknologi dan digitalisasi,
     
    Para pelaku industri juga bisa saling bertukar gagasan, mengeksplorasi peluang kolaborasi, serta memahami lebih dalam tentang bagaimana teknologi seperti IoT dan 5G dapat diintegrasikan dalam proses operasional manufaktur. Untuk itu, ICTel berkomitmen untuk terus menyediakan layanan teknologi informasi dan komunikasi terbaik.
     
    “Dengan infrastruktur yang kuat dan solusi yang inovatif, Jababeka dengan dukungan dari Telkomsel dan Kemkominfo berupaya menciptakan ekosistem industri yang modern, saling terhubung, dan berdaya saing tinggi di era digital. Kolaborasi ini juga menjadi bukti nyata bagaimana sinergi dapat mendorong kemajuan industri,” kata Iman.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (END)

  • BUMN dan Badan Gizi Berkolaborasi Percepat Program Swasembada Pangan

    BUMN dan Badan Gizi Berkolaborasi Percepat Program Swasembada Pangan

    Jakarta, Beritasatu.com – Menteri BUMN Erick Thohir mengadakan pertemuan dengan Kepala Badan Gizi Nasional Dadan Hindayana untuk membahas kerja sama strategis dalam mempercepat program swasembada pangan nasional. Erick menegaskan pertemuan ini bertujuan mempererat kolaborasi antara Kementerian BUMN, perusahaan-perusahaan BUMN, dan Badan Gizi Nasional dalam pelaksanaan program makan bergizi gratis yang digagas Presiden Prabowo Subianto.

    “Saya mendukung penuh sinergi antara Kementerian BUMN dan BUMN dengan Badan Gizi Nasional untuk mempercepat swasembada pangan,” ujar Erick saat menerima kunjungan Dadan Hindayana di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (5/11/2024).

    Erick menjelaskan, salah satu topik utama dalam pertemuan tersebut adalah rencana pembentukan Satuan Pelayanan (SP) Gizi yang bertujuan menyediakan makanan bergizi untuk masyarakat di berbagai daerah di Indonesia. Targetnya, SP Gizi ini dapat melayani sekitar 3.000 orang. Mereka menyediakan makan bergizi gratis sekali sehari dari Senin sampai Jumat.

    “Program ini sudah dimulai sebagai proyek percontohan di Magelang dan menunjukkan hasil yang menjanjikan dalam meningkatkan gizi masyarakat,” jelas Erick.

    Ia menegaskan dukungan terhadap inisiatif ini serta pentingnya peran BUMN dalam menciptakan ekosistem yang terintegrasi untuk mendukung operasional SP Gizi. Erick menggarisbawahi kolaborasi ini sangat penting untuk mencapai target swasembada pangan.

    “Dengan kolaborasi yang solid, kita dapat memastikan pemerataan dan keberlanjutan distribusi pangan bergizi di seluruh Indonesia,” tambahnya.

    Erick menyebutkan pembangunan SP Gizi membutuhkan investasi antara Rp 3 hingga Rp 5 miliar, dengan pendanaan dari APBN, kerja sama BUMN, dukungan instansi, seperti TNI, serta kontribusi dari bumdes dan sektor swasta. SP Gizi tersebut juga akan didukung oleh APBN dengan biaya operasional tahunan sekitar Rp 11 miliar, yang bervariasi tergantung lokasi, biaya pangan, dan logistik di setiap area.

    “SP Gizi ini juga membutuhkan ekosistem yang terintegrasi dengan berbagai BUMN, terutama di klaster pangan seperti Bulog, RNI, dan PTPN,” lanjut Erick.

    Pertemuan tersebut turut dihadiri sejumlah perwakilan direksi dari PLN, Pertamina, PGN, BRI, BNI, Mandiri, ID Survey, dan Telkomsel. Erick berharap kehadiran perwakilan BUMN ini dapat memperkuat ekosistem pangan nasional dengan peran khusus bagi BUMN klaster pangan seperti Bulog, RNI, dan PTPN.

    “BUMN akan menjadi ujung tombak dalam mendukung program-program strategis nasional. Dengan sumber daya dan kemampuan yang kita miliki, saya yakin kita bisa mencapai swasembada pangan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” pungkas Erick.

  • MMA Impact Indonesia 2024 Digelar 15 November, Simak Pembicaranya! – Page 3

    MMA Impact Indonesia 2024 Digelar 15 November, Simak Pembicaranya! – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – MMA Global Indonesia kembali menggelar MMA Impact Indonesia 2024. Acara ini menyusul kesuksesan gelaran yang sama yang diadakan tahun sebelumnya. MMA Impact Indonesia 2024 merupakan forum penting bagi para pimpinan dan pakar di industri marketing dan periklanan, yang mengeksplorasi visi masa depan industri melalui kepemimpinan, inovasi, dan strategi terbaru.

    MMA Impact Indonesia 2024 akan diselenggarakan pada 15 November 2024, di The Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta, mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

    Country Head dan Board of Director MMA Global Indonesia Shanti Tolani menyatakan, MMA Global Indonesia memiliki peran penting dalam mendorong transformasi ekosistem marketing dan periklanan.

    “Forum MMA Impact Indonesia 2024 merupakan wadah penting untuk mendorong dialog yang bermakna seputar tema-tema penting seperti AI dan jaringan media ritel, pengembangan jenama & pola pikir yang berkembang,”kata dia dalam keterangan tertulis, Senin (4/11/2024).

    Seiring dengan perkembangan industri, data dan wawasan yang dikumpulkan dari tahun 2024 menekankan pentingnya ketangkasan dalam strategi, integrasi analitik berbasis AI, dan perlunya merek dan pemasar untuk secara autentik terlibat dengan konsumen yang relevan.

    Dengan Indonesia diperkirakan akan menguasai sekitar 40% ekonomi digital ASEAN dan diproyeksikan mencapai USD 400 miliar pada tahun 2030 di bawah Perjanjian Kerangka Kerja Ekonomi Digital (Digital Economy Framework Agreement/DEFA), pertaruhannya menjadi semakin tinggi.  

    Mengingat hal ini, MMA Impact Indonesia 2024 forum menjadi ajang pertemuan penting bagi para petinggi dan pengambil keputusan di berbagai industri seperti Chairpersons, C-Level Executives, Directors, Business Owners, Founders, Co-Founders.

    Acara ini akan menampilkan para pemimpin pemikiran dari berbagai organisasi ternama, termasuk Unilever Indonesia, Mayora Group, PT Telekomunikasi Selular, PT Garuda Indonesia, GoTo, Grab Indonesia, GroupM, Havas Group Indonesia, dentsu, Emtek/SCM, PT Accenture, IDN, dan IlmuOne Data.

    Para delegasi akan berinteraksi dengan para pemikir terkemuka, pakar industri, dan spesialis domain yang telah dikurasi dengan cermat untuk memastikan jajaran pembicara berkaliber tinggi dari merek, pemasar, media, penerbit, telekomunikasi, periklanan, dan pendukung teknologi pemasaran.

     

  • Nilai Sinergi Telkom (TLKM)-GOTO Diprediksi Terus Bertumbuh

    Nilai Sinergi Telkom (TLKM)-GOTO Diprediksi Terus Bertumbuh

    Bisnis.com, JAKARTA – Nilai sinergi atau synergi value yang terjalin antara PT Telkom Indonesia Tbk. (Persero) Tbk. dengan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) diprediksi terus meningkat seiring dengan ruang eksplorasi di ekosistem GOTO yang masih dapat dioptimalkan. 

    Keduanya dapat memperluas sinergi hingga bisnis on demand service (Gojek), finansial maupun e-commerce. 

    Diketahui, GOTO berhasil mencatatkan pertumbuhan kinerja di semua lini, mulai dari nilai transaksi bruto (core GTV/gross transaction value) yang tumbuh 74% hingga jumlah pengguna bulanan (MTU/monthly transacting user) yang meningkat 21% secara tahunan per kuartal III/2024. 

    “Sinergi dan integrasi ekosistem GOTO terus menunjukkan perkembangan yang baik. Ruang pertumbuhannya ke depan masih terbuka lebar, yang berdampak pada pertumbuhan positif bisnis Telkom,” kata Analis Samuel Sekuritas Farras Farhan kepada Bisnis, Senin (4/11/2024).

    Pada 2023, nilai sinergi Telkom dan GoTo mencapai Rp1,7 triliun yang dikontribusikan dari berbagai hal termasuk penjualan paket data bagi mitra driver dan merchant.  

    Dalam catatan Telkom, nilai sinerginya dengan GOTO mencapai Rp 4,8 triliun hingga kuartal I/2024. Nilai tersebut merupakan akumulasi dari awal Grup Telkom berinvestasi di GOTO pada November 2020. 

    Senior Investment Information Mirae Asset Management, Nafan Aji Gusta Utama memperkirakan nilai sinergi keduanya akan terus meningkat, latar belakang sinergi yang telah terjadi akan  terus bertumbuh. 

    Hal ini menandakan tingkat kepercayaan pengguna jasa hasil sinergi antara Telkomsel dan GOTO yang kuat. Sinergi ini harus menunjukkan tren peningkatan kedepannya,”  ujarnya. 

  • 7 Modus Terbaru Penipuan Lewat WhatsApp, Korbannya Banyak Banget!

    7 Modus Terbaru Penipuan Lewat WhatsApp, Korbannya Banyak Banget!

    Jakarta, CNBC Indonesia – Aplikasi pesan WhatsApp hampir digunakan untuk berbagai kebutuhan khususnya di Indonesia. Namun, para pengguna aplikasi WhatsApp nampaknya masih perlu berhati-hati lantaran banyak modus penipuan yang memakan korban melalui aplikasi pesan tersebut.

    Kebanyakan penipuan lewat WhatsApp memanfaatkan file APK yang dikirim acak ke nomor HP orang lain. Tujuannya agar penerima chat mengklik dan mendownload file kemudian tanpa sadar menginstal aplikasi jahat di HP-nya.

    Cara pembobolan yang disebut sebagai phising ini serupa dengan kejahatan mengirim link lewat email. Penipu online berharap agar penerima email atau WhatsApp memberikan akses secara tak sadar sehingga HP atau akun finansial bisa diambil alih atau dibajak.

    Berikut 7 jenis modus penipuan online di WhatsApp tahun ini:

    1. Modus Kurir

    Penipuan ini dilaporkan akun Instagram yakni mengungkapkan chat Telegram dengan seseorang yang mengaku berasal dari J&T. Penipu mengirimkan lampiran dengan nama file berbentuk apk dengan tulisan LIHAT Foto Paket’.

    Mereka yang mengunduh file itu akan kehilangan uang yang disimpan di bank. Berbagai data termasuk keuangan yang bakal diambil oleh para pelaku.

    2. File Undangan Nikah

    Penipuan ini sempat jadi banyak perbincangan karena banyaknya pengguna WhatsApp yang mendapatkan. Mereka dikirimi file apk oleh orang yang tidak dikenal yakni sebuah undangan pernikahan.

    File atau aplikasi dengan judul Surat Undangan Pernikahan Digital berukuran 6,6 mb. Para penipu mengajak korbannya membuka file untuk mengecek kebenaran file di dalamnya.

    3. Surat Tilang Palsu

    Sejumlah warganet juga mendapatkan dirinya dikirimi surat tilang palsu. Terdapat file apk berjudul ‘Surat Tilang-1.0 apk’ dalam chat tersebut.

    “AWAS! Hati-hati terhadap penipuan menggunakan modus kirim surat tilang lewat WhatsApp seperti ini. Jangan sekali-kali mengklik/download file dgn ekstensi “.apk” dari orang tak dikenal di gadget anda,” kicau akun @MurtadhaOne1.

    4. Catut MyTelkomsel

    Penipuan di WhatsApp lainnya juga pernah ada yang menggunakan nama MyTelkomsel. Ini merupakan aplikasi milik operator Telkomsel.

    Korban akan diminta klik file apk yang dikirimkan. Berikutnya mereka akan diminta memberikan izin akses pada sejumlah aplikasi, termasuk foto, video, SMS, dan akses akun layanan perbankan digital atau fintech.

    5. Pengumuman dari Bank

    Penipuan lain adalah membuat pengumuman yang seakan berasal dari bank. Isinya mengenai perubahan tarif transaksi dan transfer yang tidak masuk akal.

    Pengguna WhatsApp akan diberikan link untuk mengisi formulir. Link tersebut akan membuat data mereka dicuri para pelaku.

    6. Undangan VCS

    Modus lainnya adalah melakukan video call sex (VCS) dari nomor tidak dikenal. Mereka disebut akan memeras para korbannya.

    Dihubungi beberapa waktu lalu, Pakar keamanan siber Alfons Tanujaya mengatakan modus ini memanfaatkan ketidaktahuan seseorang soal teknologi dan menjadikannya ancamannya. “Ini pada prinsipnya adalah pemerasan yang memanfaatkan ketidaktahuan atau keamanan seseorang tentang teknologi,” kata dia.

    “Kalau ragu dan diperas, hubungi teman yang mengerti dan minta bantuannya untuk menghadapi ancaman-ancaman yang tidak kita mengerti, jangan main mengikuti ancaman saja,” paparnya.

    7. Kuras rekening pakai kode QR

    Metode lainnya yang sering digunakan adalah quishing, yaitu kombinasi dari kode QR dan phishing. Pelaku akan memancing korbannya agar mendapatkan informasi dan detail pribadi mereka.

    Saat memindai QR Code, biasanya korban akan dibawa ke situs tertentu. Selain bisa menunjukkan pesan teks biasa, situs tersebut bisa melacak daftar aplikasi hingga alamat peta korban.

    Pelaku memanfaatkan kemampuan tersebut untuk mengarahkan calon korbannya ke situs web palsu. Mereka akan membuat orang sulit mendeteksi situs yang akan dikunjungi sebelum membuka web.

    Wired menyebut, pelaku quishing akan mengelabui seseorang untuk mengunduh sesuatu ke dalam perangkat. Unduhan tersebut akan membahayakan perangkat milik korban.

    Langkah berikutnya, para korban akan diminta memasukkan beberapa kredensial login. Informasi itu akan didapatkan oleh pelaku quishing.

    Kejahatan ini semakin masif karena kode QR bisa dibuat dengan mudah dan siapa saja. Seseorang bisa membuatnya bahkan tanpa keahlian khusus.

    Cara Terhindar Quishing

    Jangan khawatir, ada cara untuk menghindari kejahatan quishing. Utamanya adalah jangan percaya QR code yang dipasang di tempat umum atau diberikan pada orang yang tidak jelas dari mana asalnya.

    Anda juga bisa mengenali QR code dengan tujuan kejahatan. Karena biasanya penipu akan meningkatkan rasa urgensi dan kekhawatiran calon korbannya. Misalnya dengan menyertakan pernyataan, “Pindai kode QR ini untuk memverifikasi identitas Anda atau mencegah penghapusan akun Anda”.

    Terakhir, jangan lupa mengaktifkan autentikasi dua faktor pada tiap akun. Selain itu, jangan lupa untuk keluar dari perangkat yang tidak digunakan lagi.

    (pgr/pgr)

  • Cara Lacak Lokasi Orang Lain Pakai WhatsApp dan Google Maps, Mudah!

    Cara Lacak Lokasi Orang Lain Pakai WhatsApp dan Google Maps, Mudah!

    Daftar Isi

    Jakarta, CNBC Indonesia – Kemajuan teknologi memungkinkan Anda untuk melakukan semua hal dengan sangat mudah. Termasuk untuk melacak lokasi orang hingga HP yang hilang.

    Kita bisa melacak lokasi seseorang jika sedang janjian dengan mereka di suatu tempat. Sejumlah platform memastikan titik yang akurat sesuai dengan keberadaan mereka.

    Selain itu, cara-cara ini juga bisa digunakan untuk melacak lokasi HP yang hilang. Perlu diingat, untuk mencari titik lokasi perlu mengetahui nomor HP orang atau perangkat yang tengah dicari.

    Beberapa platform memiliki fitur yang bisa digunakan untuk mencari lokasi berdasarkan kontak orang lain.

    Simak cara berikut untuk mencari lokasi orang lain, dirangkum CNBC Indonesia dari berbagai sumber:

    Menggunakan WhatsApp Web

    1. Buka WhatsApp Web

    2. Masuk ke pesan orang yang ingin dilacak lokasinya. Bisa juga meminta orang tersebut mengirimkan pesan lagi, jika pesan terakhir sudah tidak ada. Ini berguna untuk mendapatkan alamat IP orang tersebut.

    3. Berikutnya tekan tombol Ctrl+Alt+Del secara bersamaan. Kombinasi tersebut akan membuat Anda masuk ke Task Manager.

    4. Tekan Windows+R bersamaan.

    5. Klik cmd dan ketuk tombol Enter

    6. Saat command prompt muncul, klik netstat dan tekan Enter

    7. Catat alamat IP yang muncul

    8. Berikutnya menuju ke https://www.ip-adress.com/ip_tracer/ dan lacak lokasi orang tersebut dengan memasukkan alamat IP yang didapatkan sebelumnya.

    Menggunakan Google Maps

    1. Buka aplikasi Google Maps

    2. Masuk ke menu Option dan menuju ke Friend List atau Daftar Teman. Berikutnya pilih Add Friend atau Tambah Teman

    3. Undang nomor HP orang yang ingin diketahui lokasinya

    4. Pastikan nomor HP tersebut sudah menerima undangan tersebut

    5. Klik kontak yang ingin dilacak. Berikutnya Google Maps akan mencarinya secara otomatis dan memberitahu lokasi orang tersebut.

    Menggunakan Satelit

    1. Buka aplikasi Google Maps di HP yang ditargetkan.

    2. Klik tombol menu

    3. Pilih menu lokasi, dan berikutnya masuk ke laman bagikan lokasi dan klik mulai

    4. Terdapat opsi waktu berbagi lokasi, dari “Selama 1 Jam” atau “Hingga dinonaktifkan”. Klik Lainnya

    5. Masukkan nomor atau email Anda yang ingin digunakan untuk melacak HP target. Klik kirim.

    Menggunakan Email

    1. Buka aplikasi gmail melalui PC atau laptop

    2. Login akun email HP yang ditargetkan

    3. Pilih ikon titik sembilan. Berikutnya klik menu akun Google dan menuju Buka Aktivitas Saya

    4. Klik Kelola Aktivitas

    Menggunakan Geofind

    1. Masuk ke www.geofind-id.com

    2. Pilih negara dan masukkan nomor HP yang dilacak

    3. Masukkan email Anda dan beri persetujuan pada Syarat dan Ketentuan Umum

    4. Masukkan nomor kartu kredit dan lengkapi data yang dibutuhkan

    5. Akan ada masa trial dengan waktu tertentu pada penggunaan awal. Pelajari cara membatalkan langganan saat ingin berhenti langganan.

    Menggunakan Operator Seluler

    1. Telkomsel : Buka menu panggilan dan ketik *250#. Setelah itu akan muncul tampilan “Lihat/Edit daftar teman”, dan masukkan nomor HP yang ingin dicek lokasinya. Selain itu juga bisa mengirim SMS ke 5200 dengan format “Teman Nama Nomor”.

    2. Indosat : Ketik *777*6*6# dan pilih menu lokasi keluarga. Selain itu juga bisa SMS ke nomor 9111 dan kirim dengan format “CARI NoHP”.

    3. XL : Keti kode dial up *123*573*1# dan pilih menu Lokasi Keluarga. Anda juga bisa mengirimkan SMS ke 9111 dengan format CARI NoHP

    (fab/fab)

  • Telkomsel Kebut Jaringan 5G, Naik Dua Kali Lipat Kuartal III/2024

    Telkomsel Kebut Jaringan 5G, Naik Dua Kali Lipat Kuartal III/2024

    Bisnis.com, JAKARTA – PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) memperluas jangkauan 5G dengan menambah jumlah stasiun pemancar atau base transceiver station (BTS) pada kuartal III/2024.

    Hingga kuartal III/2024, Telkomsel memiliki 269.066 Base Transceiver Station (BTS), jumlah ini terakumulasi dari yang terdiri dari 219.330 BTS 4G dan 947 BTS 5G. 

    Adapun, pengembangan BTS 5G milik Telkomsel mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Sebab, pada waktu yang sama di tahun sebelumnya Telkomsel hanya bisa membangun 470 BTS 5G.

    Lebih lanjut, lalu lintas data (data payload) Telkomsel juga mengalami pertumbuhan yang baik dengan peningkatan double digit sebesar 12,4% YoY menjadi 14.902.623 TB. 

    “Angka ini mencerminkan peningkatan konsumsi dan kebutuhan masyarakat terhadap layanan data yang semakin tinggi, seiring dengan komitmen perusahaan dalam menyediakan layanan yang berkualitas,” kata Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah dalam siaran pers, Kamis (31/10/2024).

    Di sisi lain, Telkomsel juga terus mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar dengan total pelanggan seluler sebanyak 158,4 juta dan 10,7 juta pelanggan IndiHome atau tumbuh 9,5% YoY.

    Pelanggan IndiHome B2C (residensial) juga mengalami peningkatan pada kuartal III/2024, tercatat pelanggan IndiHome B2C menjadi 9,4 juta pelanggan.

    Telkomsel juga menghadirkan Telkomsel Lite dan by.U agar tetap relevan dan kompetitif, serta menjaga daya saing di segmen pasar youth dan mass. 

    “Kedua produk ini juga membuka peluang untuk melakukan cross-selling, sehingga pelanggan tidak hanya menggunakan layanan seluler (mobile), tetapi juga layanan fixed broadband,” ujar Ririek

    Adapun, Telkomsel sebagai anak usaha Telkom mencatat pertumbuhan pendapatan positif dengan tingkat profitabilitas yang baik sebesar Rp85,2 triliun atau tumbuh 16,4% YoY.

    Angka ini didukung oleh pertumbuhan pendapatan Digital Business sebesar Rp58,8 triliun atau tumbuh 2,5% YoY.