BUMN: PT Telekomunikasi Selular

  • Menkomdigi Minta Telkomsel Cs Beri Internet Gratis kepada Masyarakat Lewotobi

    Menkomdigi Minta Telkomsel Cs Beri Internet Gratis kepada Masyarakat Lewotobi

    Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Komunikasi dan Digital (Menkomdigi) Meutya Hafid meminta seluruh Telkomsel, Indosat, XL Axiata dan Smartfren untuk memberikan bantuan bagi masyarakat di sekitar Gunung Lewotobi Laki-Laki, di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

    Adapun, permintaan Meutya ini sesuai dengan arahan Bapak Presiden Prabowo Subianto untuk memastikan layanan internet dan komunikasi dapat digunakan oleh masyarakat di sekitar Gunung Lewotobi.

    Maka dari itu, Meutya mendorong seluruh operator seluler untuk memberikan voucher atau kouta kepada masyarakat agar dapat mengakses internet secara gratis.

    “Hal ini untuk menunjang kebutuhan siswa untuk sekolah dan memberikan masyarakat perkembangan informasi kondisi di Gunung Lewotobi Laki-Laki,” kata Meutya dalam keteranganya, Rabu (20/11/2024).

    Meutya juga meminta kepada seluruh operator seluler untuk membangun integrated posko sebagai layanan customer care bagi masyarakat yang menjadi pelanggannya. 

    Tak hanya itu, Meutya mendorong semua operator seluler untuk menyampaikan titik koordinat BTS yang perlu peningkatan kecepatan recovery jaringan.

    “Serta menerapkan fasilitas BHP no rupiah untuk setiap penggunaan frekuensi berbasis Izin Stasiun Radio (ISR), untuk membantu ketika operator seluler membutuhkan alternatif backhaul ketika backhaul berbasis Fiber Optic-nya terputus,” ucap Meutya.

    Diberitakan sebelumnya, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terus memantau perkembangan dan aktivitas vulkanik Gunung Lewotobi Laki-Laki di Nusat Tenggara Timur.  

    Sejak malam hingga Senin (11/10) pagi dilaporkan masih terjadi erupsi. Untuk itu, masyarakat diminta tetap waspada dan mematuhi rekomendasi yang sudah dikeluarkan PVMBG.

    Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM Muhammad Wafid mengatakan meminta masyarakat tetap tenang dan waspada serta mengikuti arahan Pemda juga tidak mempercayai isu-isu yan tidak jelas sumbernya. 

    “Masyarakat yang bermukim di sekitar G. Lewotobi Laki-Laki mewaspadai potensi banjir lahar hujan pada sungai-sungai yang berhulu di puncak G. Lewotobi Laki-Laki jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi,” kata Wafid.

  • Telkomsel Dukung Turnamen Esports MPL ID S14 Lewat Ekosistem Game dan Internet Ngebut – Page 3

    Telkomsel Dukung Turnamen Esports MPL ID S14 Lewat Ekosistem Game dan Internet Ngebut – Page 3

    Selain itu, Dunia Games menawarkan fitur livestream dan livescore, memungkinkan penggemar mengikuti tim esports favorit secara langsung, lengkap dengan artikel seputar game yang selalu diperbarui.

    Melalui program loyalitas DG Poin, pelanggan juga dapat menikmati keuntungan eksklusif seperti penukaran merchandise.

    IndiHome turut ambil bagian dalam mendukung ekosistem esports dengan menyediakan layanan internet rumah cepat dan stabil hingga kecepatan 100 Mbps, guna memastikan pengalaman bermain yang lancar tanpa gangguan.

    Tak hanya itu, IndiHome juga melengkapi kebutuhan hiburan digital melalui layanan TV interaktif dan aplikasi streaming populer, dengan harga mulai dari Rp 280 ribu.

    Layanan ini bisa diakses dengan mudah melalui aplikasi MyTelkomsel, website Telkomsel, atau langsung di GraPARI.

  • Telkomsel Gelar Segudang Program Loyalitas, Semua Pelanggan Bisa Ikutan – Page 3

    Telkomsel Gelar Segudang Program Loyalitas, Semua Pelanggan Bisa Ikutan – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Telkomsel telah menghadirkan beragam program loyalitas untuk para pelanggannya. Lewat beragam program loyalitas ini, para pelanggan berkesempatan untuk mendapatkan hadiah menarik di sepanjang tahun.

    Dengan beragam loyalitas yang ditawarkan Telkomsel, menurut Manager Loyalty High Value Segment Telkomsel Erry A. Arieprathama, setiap pelanggan berkesempatan berpartisipasi, terlepas dari jumlah poin yang dimilikinya.

    “Jadi, dari pelanggan yang punya poin satu sampai poin yang banyak, itu bisa menukarkan poinnya dengan berbagai program,” tuturnya dalam konferensi pers yang digelar di Jakarta, Senin (18/11/2024).

    Adapun salah satu program yang dinantikan adalah Telkomsel Poin Gembira Festival. Ini merupakan program loyalitas unggulan yang memberikan kesempatan bagi pelanggan memenangkan ribuan hadiah menarik.

    Tidak tanggung-tanggung, program ini menawarkan beragam voucher belanja hingga mobil mewah. Untuk berpartisipasi, pelanggan cukup melakukan penukaran poin di aplikasi MyTelkomsel Super App.

    Yang menarik, dalam program kali ini, Telkomsel menghadirkan dua skema. Ada skema yang ditujukan untuk semua pelanggan di Indonesia, dan skema yang dirancang khusus untuk pelanggan berdasarkan kota/kabupaten.

    Untuk Poin Gembira Undian dengan cakupan nasioinal, pelanggan Telkomsel bisa menukarkan 1 poin mereka untuk mengikuti undian berhadiah, seperti mobil, motor, smartphone, modem orbit, voucher belanja dan lainnya.

    Program ini berlangsung dari 1 November hingga 31 Desember 2024. Nantinya, pengundian akan dilakukan pada 22 Januari 2025.

    Sementara untuk Poin Gembira lainnya dirancang khusus untuk pelanggan di 160 kota/kabupaten di Indonesia. Ada lebih dari 1.500 hadiah yang dihadirkan Telkomsel.

    Pelanggan cukup menukarkan 1 poin miliknya di aplikasi MyTelkomsel. Pelanggan berkesempatan mendapatkan berbagai hadiah seperti motor, smartphone, voucher belanja, modem orbit, wearable device dan beragam produk menarik lainnya.

    Program yang berlangsung dari 15 September hingga 20 November 2024 ini menawarkan pengalaman yang lebih personal, sekaligus memberikan pelanggan di berbagai daerah memiliki peluang yang sama.

     

  • Cara Melacak HP di Android dan iPhone dengan Mudah

    Cara Melacak HP di Android dan iPhone dengan Mudah

    Jakarta, CNBC Indonesia – Kehilangan ponsel bisa menjadi malapetaka bagi kita sebagai penggunanya. Kita seakan terputus dengan dunia luar saat tidak memiliki atau menggenggam HP di tangan.

    Namun sebenarnya perangkat bisa ditemukan dengan beberapa cara. Misalnya menggunakan fitur Find my Device dari Google.

    Fitur tersebut bukan hanya untuk menemukan perangkat yang hilang. Namun juga untuk mengunci dan menghapus data, jadi data pribadi tetap aman meski ponsel tak bisa kembali ke tangan Anda.

    Fitur tersebut tersedia untuk perangkat Android dan iPhone. Jadi Anda tak perlu khawatir lagi jika ponsel hilang, langsung gunakan fitur itu untuk menemukan ponsel Anda.

    Berikut cara menggunakan fitur itu di perangkat, dikutip dari laman resmi Telkomsel, Jumat (15/11/2024):

    Cara aktifkan fitur Find My Device di HP

    Buka Pengaturan di perangkat
    Pilih Keamanan
    Aktifkan opsi Temukan Perangkat Saya atau Find My Device. Pastikan lokasi perangkat diaktifkan

    Cara temukan HP hilang

    Fitur Find My Device yang disediakan Google bisa diakses dari HP Android atau iPhone. Begini caranya:

    Cara mencari HP hilang pakai Android

    Buka aplikasi Google Find My Device. Jika belum menginstallnya, download terlebih dulu di Play Store
    Masuk dengan akun Google
    Lacak perangkat dari daftar yang muncul.
    Akan ada opsi sembunyikan, kunci atau menghapus perangkat. Pilih salah satu yang diinginkan

    Cara menemukan HP hilang pakai iPhone

    Buka situs Google Find My Device
    Masuk dengan akun Google
    Pilih perangkat dari daftar

    (dem/dem)

  • Banyak Fitur & Program Khusus, BYOND by BSI Raih Respon Positif Pasar

    Banyak Fitur & Program Khusus, BYOND by BSI Raih Respon Positif Pasar

    Jakarta, Beritasatu.com – Kehadiran Super App terbaru dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) yaitu BYOND by BSI mendapat respons positif dari masyarakat. Hal ini tercermin dari peningkatan signifikan jumlah unduhan, pengguna aktif, dan transaksi harian yang meningkat dua kali lipat sejak pertama kali hadir di layanan App Store dan Play Store pada 22 Oktober 2024.

    Direktur Utama BSI Hery Gunardi menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada masyarakat yang telah antusias menyambut kehadiran BYOND yang merupakan hasil inovasi digital BSI. Pihaknya berkomitmen akan terus menambah dan memperkuat fitur-fitur di BYOND agar dapat terus relevan untuk menjawab setiap kebutuhan nasabah, sebagaimana tagline BSI sebagai sahabat finansial, sosial, dan spiritual.

    “Alhamdulillah, ini merupakan pencapaian luar biasa bagi BSI. Kami melihat tingginya minat masyarakat terhadap layanan digital berbasis syariah yang kami tawarkan melalui BYOND. Semuanya naik dua kali lipat sejak launching. Insya Allah, kami akan terus menjaga dan memperluas pertumbuhan ini dengan senantiasa memberikan layanan yang optimal melalui BYOND,” kata Hery.

    Hery menegaskan, kehadiran BYOND merupakan wujud komitmen BSI untuk selalu menjaga dan meningkatkan kualitas layanan guna menciptakan kepuasan dan loyalitas nasabah. Selain itu, BYOND juga menandakan upaya BSI dalam menghadirkan solusi layanan perbankan digital yang inklusif, modern, dan terintegrasi. 

    BYOND by BSI hadir dengan teknologi yang lebih baru dari pendahulunya, BSI Mobile. Selain pengkinian teknologi, SuperApp besutan BSI ini juga dilengkapi dengan modernisasi New UI/UX yang membuat tampilan aplikasi lebih fresh, re-branding, serta metode kerja baru dan ekosistem yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan nasabah. 

    Tidak hanya itu, BYOND juga diperlengkap dengan beragam program yang menarik untuk para nasabah. Seperti kemudahan dan potongan biaya dalam melakukan transaksi transfer dengan menggunakan BI Fast, layanan e wallet, top up, juga transaksi-transaksi lainnya.

    “Saat ini jumlah unduhan harian BYOND sudah lebih dari dua kali lipatnya unduhan harian BSI Mobile. Diharapkan nasabah yang masih menggunakan BSI Mobile dapat bermigrasi ke SuperApp BYOND by BSI karena memberikan banyak fitur-fitur baru dan tampilan yang lebih fresh, serta promo menarik. Tapi bagi para pengguna BSI Mobile tidak perlu khawatir karena masih bisa menggunakan aplikasi tersebut,” ucapnya.

    Lebih lanjut, ia mengatakan transformasi digital merupakan salah satu pilar utama strategi BSI untuk merespons era digital dan meningkatkan kinerja secara menyeluruh. Peluncuran BYOND by BSI juga menjadi milestone bersejarah bagi perjalanan BSI sebagai bank syariah terbesar di Indonesia yang modern, digital, dan inklusif.

    “BYOND by BSI ini menjadi salah satu bentuk terobosan perseroan yang secara kontinu memperkuat transformasi digital agar tumbuh berkelanjutan. Kami sangat terkesan dan berterima kasih dengan antusiasme masyarakat. Target kami mencapai 1 juta pengguna BYOND by BSI pada Desember 2024,” tuturnya.

    Untuk meningkatkan awareness dan literasi masyarakat terhadap BYOND by BSI, perseroan mengadakan fun walk dan berbagai macam kegiatan yang mendukung gaya hidup sehat dan aktivitas kreatif, yang dikemas dalam event BYONDAY pada Minggu (17/11/2024) di kawasan hari tanpa kendaraan bermotor (car free day/CFD) Jalan Imam Bonjol hingga Parkir Selatan Senayan, Jakarta. Pada acara BYONDAY, perseroan membawa semangat #SemuaJadiMudah yang merupakan tagline dari SuperApp BYOND by BSI. 

    Hery mengatakan, perseroan berupaya untuk semakin mendekatkan SuperApp BYOND by BSI kepada nasabah dan masyarakat, setelah resmi diluncurkan pada 9 November 2024 lalu. BYOND by BSI merupakan SuperApp layanan finansial, sosial, dan spiritual komprehensif yang lebih mudah dan nyaman diakses, dengan keamanan yang semakin maksimal.

    Melalui event BYONDAY, pihaknya ingin semangat #SemuaJadiMudah bisa dirasakan langsung oleh masyarakat yang sedang berolahraga di kawasan Thamrin hingga GBK Senayan. Oleh karena itu, BSI mengajak seluruh masyarakat untuk mendapatkan experience secara langsung terkait kemudahan, kecepatan, dan kenyamanan yang dihadirkan oleh BYOND by BSI.

    “BYONDAY kami gelar sebagai upaya mendekatkan superapp BYOND kepada nasabah dan masyarakat, mengajak nasabah dan masyarakat untuk mencapai keseimbangan antara kesehatan fisik, mental, dan finansial, khususnya pada generasi muda lewat kegiatan fun walk, hiburan, dan aktivitas kuliner. Apalagi ini sejalan dengan tagline BSI untuk menjadi sahabat finansial, sosial, dan spiritual untuk semua masyarakat,” tutupnya.

    Program Menarik BYOND

    BSI memberikan banyak program menarik untuk para nasabah yang membuka tabungan maupun bertransaksi melalui BYOND by BSI. Nasabah baru BYOND by BSI bisa mendapatkan cashback hingga Rp125 ribu dan transaksi bebas biaya BI Fast. Bagi nasabah eksisting yang beralih ke aplikasi BYOND juga mendapatkan benefit tambahan jika bertransaksi menggunakan QRIS BYOND by BSI, seperti cashback sampai dengan 50% maksimal Rp50 ribu di merchant pilihan seperti Kopi Kenangan, Hokben, Chatime, Kenangan Signature, J.Co, Chigo & flip, Mako, Sour Sally, Bolo King, dan lainnya.

    Kemudian, ada pula program Promo Cashback Jum’at Berkah di BYOND by BSI untuk pembayaran PDAM, Internet dan TV kabel, serta asuransi. BSI juga memberikan Promo SKS (Senin – Kamis Seru Bersama BYOND by BSI) yaitu Cashback untuk Top Up E-Money, atau Top Up E-Wallet Gopay / OVO, atau Beli Paket Data Telkomsel/Indosat/XL/Tri, atau Beli Pulsa Telkomsel/Indosat/XL/Tri/ Smartfren. 

    Selain itu, untuk semakin memasyarakatkan BYOND, BSI juga akan menggelar Mini Booth Activation di sejumlah mall di area Jabodetabek. Booth tersebut dirancang bersifat interaktif dan menawarkan hadiah menarik untuk menggaet segmen masyarakat yang lebih luas. 

    Perseroan juga akan melakukan roadshow BYOND by BSI di beberapa kota di Indonesia pada tahun depan. Kota-kota tersebut di antaranya Aceh, Medan, Palembang, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Banjarmasin, Makassar.

  • Beri Apresiasi Kepada Champion Piala by.U 2024, Telkomsel Bagikan 1.000 Voucher by.U ke seluruh siswa SMAN 18 Bandung

    Beri Apresiasi Kepada Champion Piala by.U 2024, Telkomsel Bagikan 1.000 Voucher by.U ke seluruh siswa SMAN 18 Bandung

    JABAR EKSPRES – Sebagai bentuk apresiasi khusus, Telkomsel Regional Jawa Barat memberikan 1.000 voucher by.U kepada seluruh siswa SMAN 18 Bandung untuk memeriahkan momen Juara Piala by.U 2024 bertepatan dengan momen upacara Hari Pahlawan, Senin (11/11/2024).

    Selain itu, tim futsal SMAN 18 Bandung juga mendapat suntikan semangat dari salah satu pemain sepakbola nasional yang turut dihadirkan pada momen apresiasi tersebut.

    Melalui gelaran seri pertandingan futsal pelajar bergengsi tingkat nasional, Piala by.U 2024 dengan membawa semangat “Wujudkan Mimpimu”.

    Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya membangkitkan ambisi dan potensi anak muda melalui olahraga serta membuka peluang mewujudkan impian untuk menjadi pemain olahraga profesional.

    Setelah melalui pertandingan sengit dengan SMA IT BBS Bogor dengan skor 3-2 pada babak grand final yang telah berlangsung pada 1-3 November 2024 lalu di GOR UNJ, Jakarta Timur, Tim futsal SMAN18 Bandung berhasil meraih gelar juara Piala by.U 2024.

    Apresiasi khusus yang diberikan ini merupakan buah pencapaian tim futsal SMAN 18 yang tidak hanya berhasil meraih predikat juara, namun juga berhasil meraih sejumlah predikat bergengsi selama pertandingan.

    Beberapa predikat tersebut terdiri dari Best Goalkeeper, yang diraih Andhika Sendy Pratama, Best Player dan Top Score yang diraih Muhammad Nabil Syuhada dengan perolehan 6 Gol, selain itu pelatih tim futsal SMAN 18 Bandung, Coach Simon juga berhasil meraih predikat Best Coach atas pencapaiannya pada Piala by.U.

    Lebih lanjut, dua pemain tim futsal SMAN 18 Bandung yakni Muhammad Nabil Syuhada dan Moh Toyib juga terpilih mengikuti Pendekar United Training Camp.

    Melalui keikutsertaan pada traning camp tersebut, mereka berkesempatan turut bertanding dalam berbagai laga pertandingan dan diikutsertakan dalam talent scouting untuk menjadi bagian dari tim futsal profesional.

    Vice President Consumer Business Area Jabotabek Jabar Telkomsel, Adhi Putranto mengatakan, Selaras dengan tajuk yang Telkomsel angkat #GakGituGituAja, tahun ini by.U kembali hadir lewat program Piala by.U yang merupakan salah satu upaya Telkomsel dalam mewadahi minat dan bakat di bidang olahraga dengan semangat ‘Wujudkan Mimpimu’.

  • Begini Cara Bayar Tagihan Shopee Paylater Pakai Aplikasi DANA

    Begini Cara Bayar Tagihan Shopee Paylater Pakai Aplikasi DANA

    Jakarta: Saat tagihan Shopee Paylater datang, tak perlu panik memikirkan cara pembayarannya. Ada cara praktis yang bisa kamu gunakan, yaitu dengan memanfaatkan aplikasi DANA. Dengan langkah-langkah yang simpel dan mudah diikuti, kamu bisa membayar tagihan Shopee Paylater tanpa ribet dan tetap nyaman dari ponselmu.
     
    Berikut adalah panduan cepat untuk membantu kamu menyelesaikan pembayaran dengan lancar, dilansir laman Telkomsel dan Shopee.
     

     

    Cara bayar Shopee Paylater pakai DANA

    Berikut langkah-langkah mudah untuk membayar tagihan Shopee PayLater menggunakan aplikasi DANA:

    Masuk ke aplikasi Shopee. Buka aplikasi Shopee dan login ke akunmu. Pilih tab Saya, lalu pilih SPayLater dan Tagihan Saya. Setelah itu, ketuk Bayar Sekarang.
    Pilih metode pembayaran. Pilih Metode Pembayaran yang diinginkan, tekan Konfirmasi, lalu pilih Bayar Sekarang. Kamu akan melihat nomor virtual account (VA) untuk pembayaran.
    Buka aplikasi DANA. Keluar dari Shopee, lalu buka aplikasi DANA. Pilih menu Lihat Semua, cari dan pilih E-Commerce, kemudian pilih Shopee.
    Lakukan pembayaran. Masukkan nomor virtual account dari Shopee ke kolom di aplikasi DANA. Masukkan jumlah pembayaran sesuai tagihan, tekan Lanjutkan, dan pastikan semua detail benar. Centang kotak persetujuan, lalu pilih Konfirmasi dan masukkan PIN DANA. Tunggu hingga notifikasi pembayaran berhasil muncul.

     

     
    Dengan cara ini, membayar tagihan Shopee PayLater menggunakan aplikasi DANA jadi jauh lebih mudah dan praktis. Kamu bisa melakukannya kapan saja dan di mana saja hanya dengan beberapa langkah sederhana. Tak perlu lagi repot-repot ke bank atau bingung memilih metode pembayaran, cukup gunakan ponselmu dan tagihan langsung terlunasi. (Nanda Sabrina Khumairoh)
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (AHL)

  • IndiHome Layani 9,4 juta Pelanggan Kuartal III/2024, Bertambah 682.000 Pengguna

    IndiHome Layani 9,4 juta Pelanggan Kuartal III/2024, Bertambah 682.000 Pengguna

    Bisnis.com, JAKARTA – IndiHome, layanan internet rumah milik PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), telah melayani 9,4 juta pelanggan pada kuartal III/2024 atau bertambah 682.000 pelanggan dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

    Jumlah pelanggan baru yang berhasil dirangkul Telkomsel pada tahun ini juga lebih banyak dibandingkan dengan jumlah pelanggan baru pada kuartal III/2023 yang mencapai sekitar 200.000-an pelanggan.

    VP Corporate Communication & Social Responsibility Telkomsel Saki H. Bramono mengatakan pertumbuhan tersebut didorong oleh kapabilitas Telkomsel dalam menjangkau masyarakat. Pertumbuhan tersebut juga tidak terlepas dari dukungan Telkom Group, sebagai induk perusahaan. 

    “Harapannya ke depan IndiHome dapat terus dapat melayani lebih banyak masyarakat dengan layanan internet berkualitas,” kata Saki kepada Bisnis, Selasa (12/11/2024). 

    Dari sisi pendapatan, IndiHome mencatatkan peningkatan hingga 200% year on year pada kuartal III/2024 menjadi Rp19,84 triliun. Peningkatan pendapatan tersebut terjadi setelah terjadi integrasi. Rerata pendapatan yang dibukukan Telkomsel dari pelanggan IndiHome mencapai Rp239.200. 

    Dalam laporan info memo, Telkom menyampaikan akan mempertahankan dominasi pasar dengan mempercepat pertumbuhan pelanggan dan mendorong penetrasi pasar yang lebih tinggi, menghasilkan nilai sinergi dari efisiensi biaya dan upaya integrasi yang kuat. 

    Telkom telah menyadari manfaat dari pengoptimalan konten, penjualan silang, integrasi layanan, penghematan biaya dalam akuisisi CPE, dan penyederhanaan titik kontak pelanggan yang tumpang tindih, menjangkau sekitar 300 outlet. 

    “Strategi yang disederhanakan ini meningkatkan kepuasan pelanggan dan efisiensi operasional sekaligus memajukan kepemimpinan pasar kami,” tulis Telkom dalam info memo. 

    Dalam mengejar pertumbuhan berkelanjutan, ke depan perusahaan memprioritaskan percepatan penetrasi pita lebar tetap dan berekspansi ke segmen baru, termasuk pasar menengah ke bawah, sekaligus memberikan layanan berkualitas dan berkecepatan tinggi. 

    Telkom telah secara efektif mengamankan pelanggan eksisting dengan meningkatkan pengalaman pengguna dan mendorong keterlibatan. 

    “Ke depannya, kami berkomitmen untuk lebih meningkatkan layanan kami dan memperluas jangkauan kami, sekaligus mempertahankan standar kualitas yang tinggi untuk mendukung posisi masa depan sebagai operator konvergensi,” tulis Telkom. 

  • Telkom (TLKM) Gelar 5G Secara Terukur, Butuh Dukungan Spektrum dan Insentif

    Telkom (TLKM) Gelar 5G Secara Terukur, Butuh Dukungan Spektrum dan Insentif

    Bisnis.com, JAKARTA – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) menyampaikan akan terus mendorong penggelaran 5G secara terukur sambil menunggu kehadiran spektrum frekuensi baru.

    Perusahaan telekomunikasi pelat merah itu juga berharap adanya insentif dari pemerintah dalam mendorong penetrasi teknologi baru tersebut.

    Hingga kuartal III/2024, Telkomsel, anak usaha Telkom, mengoperasikan 269.066 BTS, jumlah ini terakumulasi dari yang terdiri dari 48.789 BTS 2G, 219.330 BTS 4G, dan 947 BTS 5G. 

    Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah mengatakan pembangunan BTS 5G yang dilakukan oleh pihak Telkomsel saat ini masih selektif dan belum bisa menyeluruh. Sebab, belum adanya spektrum untuk mendukung jaringan ini.

    “Yang ingin disampaikan adalah 5G ini belum bisa berkembang secara optimal karena memang spektrumnya belum ada, dan use case-nya pengguna 5G masih juga sangat terbatas,” kata Ririek saat rapat dengar pendapat dengan Komisi VI DPR, Selasa (12/11/2024) sore.

    Ririek menuturkan untuk bisa mengembangkan jaringan 5G di tanah air, pihaknya mengharapkan adanya keringan atau insentif untuk mengembangkan BTS 5G

    Tak hanya itu, pihaknya juga mengharapkan adanya keringanan pembayaran biaya spektrum dan sebagainya, sehingga mengembangkan 5G ini tanpa berdampak negatif perusahaan.

    Harapan ini, kata Ririek tidak hanya diharapkan oleh Telkom. Namun, operator lain juga akan mengharapkan hal yang sama untuk pengembangan jaringan 5G.

    “Insentif fiskal atau non-fiskal untuk pengembangan 5G dan alokasi frekuensi atau alokasi spektrum, dengan spektrum yang lebih fleksibel,” ujar Ririek.

    Diberitakan sebelumnya, PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) mengoperasikan base transceiver station (BTS) 5G di 1.000 titik di 56 kabupaten/kota, guna mendukung visi Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) perihal peningkatan kecepatan internet untuk Indonesia Emas 2045.

    Kecepatan internet Indonesia saat ini berada di peringkat 90-an. Salah satu yang terendah di Asia Tenggara.

    VP Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel Saki H. Bramono menjelaskan perusahaan terus menambah titik 5G baru secara tepat dan terukur, dengan mencakup beberapa area strategis seperti kawasan industri, residensial, bandara internasional, pelabuhan, rumah sakit, destinasi wisata prioritas, hingga wilayah pembangunan Ibu Kota Nusantara. 

    “Hal ini untuk menjaga dan memperkuat industri telekomunikasi dan ekosistem digital dalam rangka mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045 melalui langkah-langkah yang terukur, bertahap, dan terarah,” kata Saki kepada Bisnis, Jumat (25/10/2024). 

  • Telkomsel Tunggu Keputusan Pemerintah soal Lelang Spektrum Frekuensi 5G – Page 3

    Telkomsel Tunggu Keputusan Pemerintah soal Lelang Spektrum Frekuensi 5G – Page 3

    Saat ini layanan 5G Telkomsel beroperasi di frekuensi n40 (2.300 MHz) dan n1 (2.100 MHz). Berdasarkan keterangan di laman Telkomsel, perusahaan ini telah menggelar lebih dari 260.000 BTS.

    Telkomsel kini memiliki alokasi lisensi frekuensi meliputi: frekuensi 2,3 GHz dengan lebar pita 50 MHz pada beberapa zona. Lalu ada pula frekuensi 2,1 GHz dengan lebar pita 20 MHz.

    Kemudian, Telkomsel juga mengoperasikan layanan jaringan di frekuensi 1,8 GHz dengan lebar pita 22,5 MHz. Lalu, ada pula layanan yang berjalan di frekuensi 800/900 MHz dengan lebar pita 15 MHz.