BUMN: PT Telekomunikasi Selular

  • Telkomsel Perkuat Jaringan 4G dan 5G di 657 Titik Keramaian Jelang Pilkada 2024

    Telkomsel Perkuat Jaringan 4G dan 5G di 657 Titik Keramaian Jelang Pilkada 2024

    Bisnis.com, JAKARTA – PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) memperkuat jaringan 4G dan 5G di 657 titik keramaian atau poin of interest (POI) di seluruh Indonesia menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 serentak digelar. Beberapa titik keramaian yang menjadi fokus Telkomsel antara lain kantor KPU, Bawaslu, dan kantor polisi-militer. 

    Vice President Global Network Operations Telkomsel Juanita Erawati mengatakan selama 25-29 November 2024, Telkomsel mengoperasikan posko siaga Pilkada berupa 15 posko monitoring online yang terdiri dari 13 posko Telkomsel di kantor pusat dan regional, 1 posko bersama Telkom Group, dan 1 posko mitra dengan pemantauan real-time melalui dashboard untuk memastikan layanan tetap optimal selama pilkada. 

    Telkomsel, kata Erawati, juga mengimplementasikan Hyper AI Telkomsel dengan mengaktifkan Autonomous Network yang dijalankan di masing-masing platform dengan mekanisme yang berlaku di tiap domain jaringan Telkomsel.

    “Pilkada Serentak 2024 ini adalah momen penting bagi demokrasi Indonesia. Dengan hadirnya konektivitas andal milik Telkomsel, kami berharap Pilkada 2024 berjalan sukses dan lancar,” kata Erawati dikutip, Selasa (26/11/2024). 

    Selain itu, untuk memberikan kelancaran pada tiap tahap Pilkada, Telkomsel menghadirkan jaringan 4G/LTE lewat 220.000 BTS yang menjangkau 97% populasi Indonesia, serta terus mengakselerasi perluasan jangkauan 5G hingga lebih dari 1.000 titik yang tersebar di 56 kota dan kabupaten, termasuk kawasan industri, destinasi wisata prioritas, hingga Ibu Kota Nusantara.

    Erawati menuturkan melalui ragam upaya tersebut, Telkomsel terus melakukan peningkatan kapasitas jaringan, pembaruan perangkat, dan pengujian di lebih dari 95% wilayah yang berpotensi mengalami lonjakan trafik saat Pilkada. 

    “Telkomsel berharap untuk selalu menghadirkan konektivitas, solusi, dan layanan yang inovatif dan unggul, agar Pilkada dapat berlangsung dengan aman, lancar, dan terkoneksi,” kata Erawati. 

    Sebelumnya, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Komdigi, Prabunindya Revta Revolusi mengatakan konektivitas menjadi salah satu hal penting bagi petugas KPU yang menginput data secara real time.

    Komdigi telah mengantongi data tempat yang masih blank spot dan meningkatkan konektivitas internet di daerah tersebut guna mendukung Pilkada 2024. 

    Komdigi bakal bekerja sama dengan operator seluler dan segenap pemangku kepentingan untuk menghadirkan internet di titik-titik krusial.

    “Kita akan bekerja di beberapa hari terakhir ini memastikan di setiap titik-titik yang mungkin dikatakan blank spot itu bisa dipenuhi konektivitasnya,” kata Prabu saat ditemui di Taman Mini, Senin (25/11/2024).

  • Waspada Modus Penipuan Whatsapp Terbaru, Korbannya Banyak

    Waspada Modus Penipuan Whatsapp Terbaru, Korbannya Banyak

    Jakarta, CNBC Indonesia – Pengguna WhatsApp wajib berhati-hati terhadap berbagai modus penipuan yang terus berkembang melalui aplikasi perpesanan itu. Sebab, modus-modus yang makin canggih telah memakan banyak korban.

    Para pelaku penipuan melalui WhatsApp kerap memanfaatkan file APK yang dikirim acak ke nomor HP orang lain. Harapannya, penerima chat akan mengklik dan mengunduh file tersebut yang ternyata berisi aplikasi jahat yang mampu membobol berbagai data penting seperti rekening.

    Cara pembobolan yang disebut sebagai phising ini serupa dengan kejahatan mengirim link lewat email. Penipu online berharap agar penerima email atau WhatsApp memberikan akses secara tak sadar sehingga HP atau akun finansial bisa diambil alih atau dibajak.

    Untuk lebih lengkapnya, berikut sejumlah modus penipuan online di WhatsApp tahun ini:

    1. Modus Kurir

    Penipuan ini dilaporkan akun Instagram yakni mengungkapkan chat Telegram dengan seseorang yang mengaku berasal dari J&T. Penipu mengirimkan lampiran dengan nama file berbentuk apk dengan tulisan LIHAT Foto Paket’.

    Mereka yang mengunduh file itu akan kehilangan uang yang disimpan di bank. Berbagai data termasuk keuangan yang bakal diambil oleh para pelaku.

    2. File Undangan Nikah

    Penipuan ini sempat jadi banyak perbincangan karena banyaknya pengguna WhatsApp yang mendapatkan. Mereka dikirimi file apk oleh orang yang tidak dikenal yakni sebuah undangan pernikahan.

    File atau aplikasi denga judul Surat Undangan Pernikahan Digital berukuran 6,6 mb. Para penipu mengajak korbannya membuka file untuk mengecek kebenaran file di dalamnya.

    3. Surat Tilang Palsu

    Sejumlah warganet juga mendapatkan dirinya dikirimi surat tilang palsu. Terdapat file apk berjudul ‘Surat Tilang-1.0 apk’ dalam chat tersebut.

    “AWAS! Hati-hati terhadap penipuan menggunakan modus kirim surat tilang lewat WhatsApp seperti ini. Jangan sekali-kali mengklik/download file dgn ekstensi “.apk” dari orang tak dikenal di gadget anda,” kicau akun @MurtadhaOne1.

    4. Catut MyTelkomsel

    Penipuan di WhatsApp lainnya juga pernah ada yang menggunakan nama MyTelkomsel. Ini merupakan aplikasi milik operator Telkomsel.

    Korban akan diminta klik file apk yang dikirimkan. Berikutnya mereka akan diminta memberikan izin akses pada sejumlah aplikasi, termasuk foto, video, SMS, dan akses akun layanan perbankan digital atau fintech.

    5. Pengumuman dari Bank

    Penipuan lain adalah membuat pengumuman yang seakan berasal dari bank. Isinya mengenai perubahan tarif transaksi dan transfer yang tidak masuk akal.

    Pengguna WhatsApp akan diberikan link untuk mengisi formulir. Link tersebut akan membuat data mereka dicuri para pelaku.

    6. Undangan VCS

    Modus lainnya adalah melakukan video call sex (VCS) dari nomor tidak dikenal. Mereka disebut akan memeras para korbannya.

    Dihubungi beberapa waktu lalu, Pakar keamanan siber Alfons Tanujaya mengatakan modus ini memanfaatkan ketidaktahuan seseorang soal teknologi dan menjadikannya ancamannya. “Ini pada prinsipnya adalah pemerasan yang memanfaatkan ketidaktahuan atau keamanan seseorang tentang teknologi,” kata dia.

    “Kalau ragu dan diperas, hubungi teman yang mengerti dan minta bantuannya untuk menghadapi ancaman-ancaman yang tidak kita mengerti, jangan main mengikuti ancaman saja,” paparnya.

    7. Kuras rekening pakai kode QR

    Metode lainnya yang sering digunakan adalah quishing, yaitu kombinasi dari kode QR dan phishing. Pelaku akan memancing korbannya agar mendapatkan informasi dan detail pribadi mereka.

    Saat memindai QR Code, biasanya korban akan dibawa ke situs tertentu. Selain bisa menunjukkan pesan teks biasa, situs tersebut bisa melacak daftar aplikasi hingga alamat peta korban.

    Pelaku memanfaatkan kemampuan tersebut untuk mengarahkan calon korbannya ke situs web palsu. Mereka akan membuat orang sulit mendeteksi situs yang akan dikunjungi sebelum membuka web.

    Wired menyebut, pelaku quishing akan mengelabui seseorang untuk mengunduh sesuatu ke dalam perangkat. Unduhan tersebut akan membahayakan perangkat milik korban.

    Langkah berikutnya, para korban akan diminta memasukkan beberapa kredensial login. Informasi itu akan didapatkan oleh pelaku quishing.

    Kejahatan ini semakin masif karena kode QR bisa dibuat dengan mudah dan siapa saja. Seseorang bisa membuatnya bahkan tanpa keahlian khusus.

    Cara Terhindar Quishing

    Namun ada cara untuk menghindari kejahatan quishing. Utamanya adalah jangan percaya QR code yang dipasang di tempat umum atau diberikan pada orang yang tidak jelas dari mana asalnya.

    Anda juga bisa mengenali QR code dengan tujuan kejahatan. Karena biasanya penipu akan meningkatkan rasa urgensi dan kekhawatiran calon korbannya. Misalnya dengan menyertakan pernyataan, “Pindai kode QR ini untuk memverifikasi identitas Anda atau mencegah penghapusan akun Anda”.

    Terakhir, jangan lupa mengaktifkan autentikasi dua faktor pada tiap akun. Selain itu, jangan lupa untuk keluar dari perangkat yang tidak digunakan lagi.

    (mkh/mkh)

  • Bahaya! Modus Penipuan Makin Banyak, Haram Share 7 Hal Ini di Medsos

    Bahaya! Modus Penipuan Makin Banyak, Haram Share 7 Hal Ini di Medsos

    Daftar Isi

    Jakarta, CNBC Indonesia – Perkembangan teknologi digital turut memunculkan modus-modus baru penipuan, yang biasanya juga bisa membuat korbannya kehilangan data pribadi, hingga terkurasnya uang dalam tabungan pribadinya.

    Namun, penipuan tersebut kerap muncul karena mudahnya si penipu memperoleh data-data pribadi yang dibagikan pengguna internet secara luas melalui gawainya ataupun media sosial.

    Seorang pegiat teknologi digital, yang menjadi bintang radio, yakni Kimberly Ann Komando menyarankan supaya para pengguna internet tidak asal membagikan 7 informasi secara cuma-cuma di internet.

    Berikut ini rangkumannya yang Kim bagikan melalui USA Today, dikutip Sabtu (22/11/2024):

    1. Status hubungan

    Janda dan duda menurut Kim Komando adalah target besar para penipu digital. Penjahat ingin mendapatkan uang warisan secara cuma-cuma.

    Contohnya ialah korban penipuan bernama Rosalie Douglass, yang mencoba kencan online dan mencantumkan status “janda” nya.
    Dua penipu yang berbeda terhubung dengan Rosalie dan menipunya dengan menguras uangnya senilai US$ 430.000 secara mengejutkan.

    2. Rencana liburan Anda

    Kim bercerita bahwa ada seorang wanita bernama Tiffany yang memposting tentang rencana liburan keluarganya. Ia memposting tiket liburan karnaval pelayarannya di Facebook.

    Dia tidak memikirkan fakta bahwa nomor referensi pemesanannya disertakan. Pada hari yang sama, seorang penipu membuat akun Karnaval baru menggunakan nomor konfirmasi Tiffany. Mereka membatalkan pemesanannya dan merusak perjalanannya senilai US$15.000.

    3. Video saat Anda berbicara

    Alat kecerdasan buatan seperti Artificial Intelligence (AI) membuat murah dan mudah bagi siapa saja untuk membuat video deepfake.

    Baru-baru ini, di TikTok, seorang wanita bernama Sam mengatakan sebuah perusahaan mencuri wajahnya dan menggunakannya untuk mempromosikan produk mereka.

    Mereka melakukan semuanya dengan video dari akun media sosialnya dan beberapa perangkat lunak deepfake.

    4. Elektronik mahal yang Anda jual

    Seorang pria Carolina Selatan mendaftarkan PlayStation edisi terbatas di grup beli-jual-perdagangan Facebook. “Pembeli” yang dia temui mengeluarkan pistol dan pergi dengan PlayStation, ditambah ponsel, dompet, dan jam tangan pria itu.

    5. Rute berjalan kaki, hiking, dan bersepeda Anda

    Aplikasi perekam aktivitas olah raga dengan GPS yang melacak rutinitas anda sebetulnya berisiko tinggi.

    Para penipu dapat dengan mudahnya mendatangi anda melalui aplikasi seperti Strava untuk melacak jalur olah raga anda, seperti tempat rutin berlari ataupun berjalan.

    6. Sekolah atau aktivitas anak-anak Anda

    Anda bangga dengan anak-anak Anda dan ingin membagikan tonggak sejarah pendidikan mereka secara online.

    Maaf, tetapi memposting foto di depan sekolah anak Anda atau membagikan jadwal sepak bola mingguan mereka tidaklah cerdas. Anda benar-benar tidak pernah tahu siapa yang menonton.

    Kim menyarankan supaya pengguna internet jangan memposting secara spesifik tentang sekolah, pusat penitipan anak, tim olahraga, atau bahkan klub yang mereka hadiri.

    Saat Anda berbagi, jaga agar tetap tidak jelas dan hindari apa pun yang dapat diidentifikasi di latar belakang.

    7. Detail pekerjaan Anda

    Penipuan spear-phishing menargetkan satu orang dengan informasi yang sangat dipersonalisasi. Karyawan tingkat menengah dan tinggi adalah target besar karena mereka mungkin memiliki akses ke keuangan perusahaan.

    Semakin spesifik detail yang Anda posting, semakin banyak bahan yang Anda berikan kepada scammer. Ini termasuk di mana Anda bekerja, peran Anda, proyek yang sedang Anda kerjakan, atau apa pun.

    Selain itu, anda juga perlu mengetahui bahwa Penipuan di internet kian banyak terjadi. Termasuk di antaranya banyak modus yang digunakan untuk melakukan penipuan di WhatsApp.

    Kebanyakan modus memanfaatkan file APK. File itu akan dikirim acak ke banyak nomor dan diharapkan penerima atau calon korban menekan tombol download file berbahaya itu.

    Modus Penipuan via Whatsapp

    Berikut sejumlah modus penipuan online yang terjadi di WhatsApp:

    1. Modus Kurir

    Penipuan ini berisi pengakuan seseorang berasal dari J&T. Penipu mengirimkan lampiran file apk dengan tulisan Lihat Foto Paket dan meminta para korban untuk mengunduhnya.

    Saat diunduh, korban akan kehilangan uang yang disimpan bank. Data milik korban, termasuk keuangan juga akan dicuri oleh para pelaku penipuan.

    2. File Undangan Nikah

    Sebuah file seperti undangan pernikahan akan dikirimkan kepada banyak pengguna WhatsApp. File apk ini berjudul Surat Undangan Pernikahan Digital, ukurannya 6,6 mb.

    Sama seperti modus sebelumnya, para penipu akan mendesak korban membuka file apk tersebut.

    3. Surat Tilang Palsu

    Banyak pengguna WhatsApp yang juga menerima file apk seolah telah ditilang. File apk itu berjudul ‘Surat Tilang-1.0 apk’.

    “AWAS! Hati-hati terhadap penipuan menggunakan modus kirim surat tilang lewat WhatsApp seperti ini. Jangan sekali-kali mengklik/download file dgn ekstensi “.apk” dari orang tak dikenal di gadget anda,” kicau akun @MurtadhaOne1.

    4. Penipuan Atas Nama MyTelkomsel

    Modus lainnya adalah mencatut nama aplikasi milik Telkomsel, MyTelkomsel. Sama seperti sebelumnya, akan ada file apk yang diterima korban dan diminta untuk didownload.

    File itu juga akan meminta izin akses pada sejumlah aplikasi, termasuk foto, video, SMS, dan akses akun layanan perbankan digital atau fintech.

    5. Pengumuman dari Bank

    Para penipu juga seolah membuat pengumuman berasal dari bank. Isi pengumuman itu terkait perubahan tarif transaksi dan transfer yang tidak masuk akal.

    Calon korban akan diminta mengisi formulir dalam sebuah link. Namun link itu akan mencuri sejumlah data sensitif milik korban.

    6. Undangan VCS

    Penipuan lain adalah melakukan video call sex (VCS) lalu memeras korbannya. Menurut pakar keamanan siber Alfons Tanujaya, modus tersebut memanfaatkan ketidaktahuan seseorang soal teknologi.

    “Kalau ragu dan diperas, hubungi teman yang mengerti dan minta bantuannya untuk menghadapi ancaman-ancaman yang tidak kita mengerti, jangan main mengikuti ancaman saja,” jelas Alfons.

    7. Pakai QR

    Para pelaku juga berusaha mendapatkan informasi pribadi korban dengan kombinasi kode QR dan modus phishing. Kode QR akan membawa ke situs tertentu yang dapat melacak daftar aplikasi hingga alamat korban.

    Para korban juga akan diarahkan ke situs web palsu. Pelaku akan membuat situs sulit deteksi sebelum web dibuka.

    (dce)

  • Telkomsel buka inkubasi NextDev di Denpasar perkuat ekosistem startup

    Telkomsel buka inkubasi NextDev di Denpasar perkuat ekosistem startup

    Denpasar (ANTARA) – Telkomsel kembali membuka program impact startup incubator NextDev Ke-10 di Denpasar sebagai upaya untuk memperkuat fondasi startup di Indonesia agar dapat berkembang dan memberikan dampak positif secara berkelanjutan.

    General Manajer Consumer Business Region Bali Nusra Mulyadi Indra di Denpasar, Jumat menyampaikan Telkomsel, melalui program impact startup incubator NextDev, telah dan terus memperluas akses bagi startup digital di Indonesia untuk mengembangkan kapabilitas mereka.

    Menurutnya, NextDev hadir bukan hanya sebagai ajang kompetisi, tetapi juga sebagai tempat untuk berbagi ide, membangun kolaborasi, dan memperkuat ekosistem startup di Indonesia.

    “Kami percaya bahwa melalui acara ini, para inovator muda di Bali dapat membawa gagasan yang segar dan menjadikannya solusi nyata yang bermanfaat untuk masyarakat,” katanya.

    Dia menjelaskan selaras dengan semangat Indonesia yang menginspirasi Telkomsel untuk terus menciptakan dampak, kami pun terus melangkah dengan implementasi prinsip ESG secara berkelanjutan untuk masyarakat yang semakin berdaya dalam menciptakan hari yang lebih baik dan masa depan gemilang.

    Rangkaian NextDev Ke-10 menghadirkan sejumlah inovasi, seperti kurikulum NextDev Academy tahun ini yang diperkuat dengan kurikulum integrasi teknologi AI terkini untuk mendorong kapabilitas, etika bisnis, dan inovasi yang berdampak.

    Kemudian, kolaborasi dengan International Hub Connector guna memperluas peluang global bagi startup peserta.

    Selain itu, sederet alumni terbaik dari program sebelumnya dan ekosistem inovasi Telkomsel juga akan berperan sebagai co-mentor dalam Startups Scouting dan Summit, memberikan bimbingan langsung kepada peserta untuk meningkatkan kompetensi mereka.

    Pada awal 2025, 10 startup terbaik dari tiga kategori utama Productivity Enhancement, Emerging Technologies, dan Digital Lifestyle akan dipilih untuk mengikuti NextDev Academy selama empat bulan.

    Puncak dari program ini adalah NextDev Summit, platform penghargaan bagi startup terbaik sekaligus ajang diskusi dan kolaborasi bagi para pelaku ekosistem digital nasional dan global.

    Acara ini akan mempertemukan alumni, startup enthusiast, dan ekosistem inovasi untuk memperluas jejaring serta mendorong kemajuan solusi digital yang berdampak positif secara berkelanjutan.

    Sejak 2015, NextDev telah melibatkan lebih dari 6.500 startup dengan 152 alumni terbaik. Lima startup berhasil mengikuti akselerasi melalui program Tinc (Telkomsel Ventures), delapan startup telah berkolaborasi langsung dengan Telkomsel, dan 13 startup telah mendapatkan eksposur di kancah internasional.

    Beberapa alumni pun telah meraih pengakuan internasional bersama NextDev, seperti Shieldtag yang memenangi Medali Emas di ASEAN Digital Award 2024, MyEco yang meraih Medali Perunggu pada SingTel Group Future Makers 2023, dan Habibi Garden yang menjadi Best Startup di dua kategori sekaligus pada SingTel Group Future Makers 2018.

    NextDev sendiri merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) unggulan Telkomsel dan bagian dari peta jalan ekosistem inovasi digitalnya yang mencakup digital talent accelerator IndonesiaNEXT, impact startup incubator NextDev, corporate accelerator Tinc, corporate venture capital Telkomsel Ventures, sampai dengan digital business portfolio holding & platform company INDICO.

    Secara keseluruhan, ekosistem inovasi ini ditujukan untuk mengembangkan inovasi bersama para stakeholders yang dapat mendukung pertumbuhan ekosistem digital dan ekonomi Indonesia.

    “Kami percaya bahwa inovasi dan teknologi dapat membawa dampak nyata dalam menyelesaikan berbagai tantangan sosial. Bali, sebagai pusat kreativitas dan kolaborasi, memiliki potensi besar untuk menciptakan solusi yang tidak hanya relevan secara lokal, tetapi juga berdampak secara global,” kata Mulyadi.

    Telkomsel mengajak para pendiri early-stage startup visioner di Indonesia untuk bergabung dalam impact startup incubator NextDev dan memanfaatkan kesempatan ini untuk mengembangkan kapabilitas, berkolaborasi dengan para ahli, serta mendapatkan akses ke peluang jejaring dan ekosistem startup global.

    Pendaftaran NextDev ke-10 dapat diakses melalui tsel.id/10thnextdevregist.

    Pewarta: Rolandus Nampu
    Editor: Evi Ratnawati
    Copyright © ANTARA 2024

  • Andre Rosiade Resmikan BTS Telkomsel Wujudkan Aspirasi Warga Nagari

    Andre Rosiade Resmikan BTS Telkomsel Wujudkan Aspirasi Warga Nagari

    Jakarta

    Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade meresmikan pemakaian BTS Telkomsel di Nagari Tigo Koto Silungkang, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, Rabu (20/11). Nagari yang selama ini minim sinyal telekomunikasi itu kini telah terbuka dari keterisoliran berkat aksi nyata Andre Rosiade.

    Andre menyebutkan dia sengaja datang langsung meresmikan BTS di Palembayan karena ingin memastikan tower ini bisa dimanfaat masyarakat dengan baik. Meski hujan lebat mengguyur, tak menyurutkan semangat Andre memotong pita tanda diresmikan BTS itu.

    “Alhamdulilah, hari ini kita resmikan BTS di Nagari Tigo Koto Silungkang, Kecamatan Palembayan. Ini adalah bukti kerja nyata kami sebagai anggota DPR RI meski bukan dari Dapil 2. Insya Allah kader Gerindra, partainya pak Prabowo siap mengeksekusi aspirasi warga,” kata Andre dalam keterangan tertulis, Rabu (20/11/2024).

    Dalam dialog di Gedung Serba Guna Tigo Koto Silungkang, Andre mendapatkan banyak aspirasi dari masyarakat. Terutama terkait rusaknya jalan yang menghubungkan Palembayan dengan Matur dan jalan-jalan lingkar lainnya. Mereka berharap Andre membantu perbaikan jalan.

    Menanggapi hal itu, Andre mengaku siap berkolaborasi dengan Pemkab Agam dan Pemprov Sumbar untuk mengatasi persoalan jalan rusak.

    “Kita akan coba masukkan perbaikan jalan ini pada Inpres Jalan Daerah. Karana tidak akan sanggup diambil dari dana daerah saja. Mohon doanya, semoga ini bisa tembus di Kementerian Pekerjaan Umum (PU),” katanya.

    “Informasinya, jalan ini dirintis pak Martias Wanto saat jadi Camat Palembayan beberapa tahun lalu. Insya Allah, ini bisa dituntaskan bersama-sama nantinya. Kami juga secara bertahap akan membantu mengatasi daerah blankspot di Palembayan dan di Kabupaten Agam pada umumnya,” kata Andre Rosiade.

    Sementara itu, Wali Nagari Tigo Koto Silungkang Doni Candra mengucapkan terima kasih kepada Andre Rosiade dan Telkomsel yang telah membangun tower di Nagari mereka. Ia mengaku selama ini banyak titik di Tigo Koto Silungkang yang tidak ada sinyal. Kalaupun ada, hanya bisa untuk telepon seluler saja. Namun, tidak untuk internet yang sangat dibutuhkan masyarakat, utamanya pelajar.

    Kemudian, Manajer Network Telkomsel Bukittinggi Surya Firdaus mengatakan pemasangan BTS ini atas permintaan Andre Rosiade berdasarkan aspirasi masyarakat Tigo Koto Silungkang. Dengan posisi tower yang cukup tinggi, membuat cakupan sinyal cukup mengkover sebagian besar lokasi.

    “Sekarang sudah beroperasi dengan baik dan sudah bisa dimanfaatkan masyarakat,” ujar Surya.

    (akn/ega)

  • Jadi Official Partner, Ini Dukungan Telkomsel di Turnamen MPL ID Season 14

    Jadi Official Partner, Ini Dukungan Telkomsel di Turnamen MPL ID Season 14

    Jakarta

    Telkomsel, melalui Dunia Games dan IndiHome, menjadi ‘Partner in Esport’ dalam turnamen Mobile Legends: Bang Bang Professional League Indonesia (MPL ID) Season 14. Kolaborasi ini bertujuan untuk memperkuat dukungan Telkomsel terhadap pengembangan ekosistem game dan esports di Indonesia.

    Dunia Games hadir dengan berbagai solusi untuk kebutuhan gamers. Sementara IndiHome menawarkan layanan internet cepat dan stabil. Melalui kedua layanan ini, Telkomsel berupaya memberikan pengalaman digital terbaik bagi komunitas game dan esports di Tanah Air.

    Dukungan ini sejalan dengan potensi industri game dan esports Indonesia. Berdasarkan laporan PricewaterhouseCoopers (PwC)1 yang bertema Global Entertainment & Media Outlook 2023-2027, pendapatan dan nilai pasar gim elektronik (video games dan e-sports) di Indonesia diproyeksikan tumbuh secara konsolidasi (compounded annual growth rate/CAGR) sebesar 13,8% secara tahunan.

    Pada tahun 2022, pendapatan tercatat sebesar US$ 1,6 miliar dan diperkirakan akan meningkat menjadi US$ 3,1 miliar (Rp 49 triliun) pada tahun 2027. Pertumbuhan ini didorong oleh peningkatan akses internet dan minat generasi muda, sehingga menjadikan pasar game di Indonesia sebagai yang tercepat ketujuh di dunia.

    Vice President Brand and Marketing Communications Telkomsel Abdullah Fahmi menyatakan partisipasi Telkomsel pada event ini sebagai bentuk dukungan ekosistem game dan esport agar terus berkembang.

    “Partisipasi Telkomsel melalui Dunia Games dan IndiHome sebagai Partner in Esport di MPL ID Season 14 merupakan upaya Telkomsel untuk terus menjaga konsistensi dalam menghadirkan konektivitas, solusi, dan layanan yang inovatif untuk mendukung ekosistem game dan esport agar dapat terus berkembang, sekaligus mendorong peserta untuk menampilkan potensi terbaiknya, baik di level nasional maupun internasional,” ujar Fahmi dalam keterangan tertulis, Rabu (20/11/2024).

    Ajang MPL ID sendiri adalah platform utama bagi para pemain profesional untuk memperlihatkan kemampuan terbaiknya dalam Mobile Legends dan berkompetisi di liga esports terdepan di Indonesia yang digelar tiap tahun. Kompetisi ini menjadi wadah penting bagi para atlet esports muda untuk mengembangkan karier mereka secara profesional.

    Pada MPL ID Season 14, melalui Dunia Games, pelanggan dapat menikmati kemudahan top-up yang aman dan cepat dengan manfaat tambahan DG Poin. Selain itu, tersedia paket GamesMAX Booster yang menawarkan Paket GamesMAX Booster Silver (Rp 25ribu, kuota 11.5 GB), GamesMAX Booster Gold (Rp 50ribu, kuota 23.5 GB), dan GamesMAX Booster Diamond (Rp 75ribu, kuota 36 GB), untuk jaringan yang lebih stabil saat bermain Mobile Legends.

    Lebih lanjut, Dunia Games turut menghadirkan fitur livestream dan livescore agar penggemar dapat mendukung tim esports favorit mereka secara real-time, ditambah artikel terbaru seputar game yang selalu diperbarui. Program loyalitas DG Poin juga memberikan keuntungan eksklusif seperti merchandise yang dapat ditukar.

    Selain itu, IndiHome menunjukkan dukungannya terhadap perkembangan ekosistem esports dengan layanan internet rumah cepat dan stabil hingga 100 Mbps. Tujuannya untuk memastikan pengalaman bermain yang lancar tanpa gangguan.

    Kemudian, IndiHome juga menawarkan layanan TV interaktif dan aplikasi streaming populer yang semakin melengkapi kebutuhan hiburan digital. Layanan ini tersedia dengan harga terjangkau mulai dari Rp 280 ribu, dan bisa diakses dengan mudah melalui aplikasi MyTelkomsel, website Telkomsel, atau GraPARI.

    Partisipasi Telkomsel di MPL ID Season 14 ini diharapkan menjadi langkah nyata untuk membuka peluang lebih besar dalam memperkuat ekosistem games dan esports nasional. Informasi lebih lengkap tentang kiprah Telkomsel dalam pengembangan ekosistem digital games dan esports nasional dapat diakses melalui laman Dunia Games dan IndiHome.

    (akn/ega)

  • Telkomsel, XL Axiata hingga Indosat Naik Tipis 3 Tahun Terakhir

    Telkomsel, XL Axiata hingga Indosat Naik Tipis 3 Tahun Terakhir

    Bisnis.com, JAKARTA – Bisnis pascabayar PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), PT Indosat Tbk. (ISAT) dan PT XL Axiata Tbk. (ESCL) berjalan lambat dalam 3 tahun terakhir atau selama periode 2022-2024. Pertumbuhan jumlah pelanggan pada layanan kurang optimal. 

    Berdasarkan data yang dihimpun Bisnis, dalam 3 tahun terakhir penambahan jumlah pelanggan pascabayar masing-masing operator naik tipis. 

    Telkomsel, operator seluler terbesar di Indonesia, melayani 7,4 juta pelanggan pascabayar pada kuartal III/2022. Jumlah tersebut tidak bertambah pada kuartal III/2023 dan hanya bertambah 200.000 pelanggan setahun kemudian atau pada kuartal III/2024 menjadi 7,6 juta. 

    Sementara itu Indosat, sebagai operator kedua dengan basis pelanggan terbesar di Indonesia, melayani 1,6 juta pelanggan pascabayar pada kuartal III/2022. Tidak mengalami pertumbuhan pelanggan pada kuartal III/2023. 

    Alih-alih bertambah, jumlah pelanggan pascabayar Indosat justru mengalami koreksi pada kuartal III/2024 dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu menjadi 1,4 juta pelanggan pascabayar. 

    Penurunan jumlah pelanggan tersebut disertai dengan peningkatan rerata pendapatan per pelanggan pascabayar yang naik secara tahunan dari Rp72.300 menjadi Rp92.900 pada 9 bulan pertama 2024. 

    Sementara itu XL Axiata mengalami pertumbuhan jumlah pelanggan pascabayar secara konsisten dalam 3 tahun terakhir. Jumlah pelanggan pascabayar XL Axiata pada kuartal III/2022 sebanyak 1.5 juta, bertambah menjadi 1,6 juta pada kuartal III/2023. Konsisten, jumlah pelanggan pascabayar XL Axiata kembali naik menjadi 1,7 juta pada kuartal III/2024. 

    Sebelumnya, Ketua Pusat Kajian Kebijakan dan Regulasi Telekomunikasi Institut Teknologi Bandung (ITB) Ian Yosef M. Edward mengatakan untuk meningkatkan jumlah pelanggan pascabayar operator perlu memberikan nilai tambah yang lebih besar dibandingkan prabayar, sehingga produk ini nampak menarik.

    Adapun Ketua Umum Indonesian Digital Empowering Community (Idiec) M. Tesar Sandikapura menilai fluktuatifnya pelanggan pascabayar disebabkan kondisi klien korporasi yang sedang kurang baik. 

    Perang harga dan penurunan daya beli untuk produk pascabayar juga mempengaruhi langkah operator dalam menambah jumlah pelanggan pascabayar. 

  • Jaga Konektivitas, XL Axiata (EXCL) Siapkan Mobile BTS di Kawasan Gunung Lewotobi

    Jaga Konektivitas, XL Axiata (EXCL) Siapkan Mobile BTS di Kawasan Gunung Lewotobi

    Bisnis.com, JAKARTA – PT XL Axiata Tbk (EXCL) berupaya menjaga masyarakat di sekitar Gunung Lewotobi Laki-Laki, Nusa Tenggara Timur, untuk tetap terhubung dengan jaringan internet dengan menyiagakan Base Transceiver Station (BTS) Mobile atau MBTS. 

    Mobile BTS adalah stasiun pemancar seluler yang dapat dipindahkan dan dipasang di berbagai lokasi, karena ukurannya yang kecil. 

    Head of External Communications XL Axiata Henry Wijayanto mengatakan saat ini pihaknya sedang berkoordinasi dengan Komdigi terkait dengan alur pemberian bantuan untuk korban bencana erupsi Gunung Lewotobi.

    Tidak hanya bantuan, Henry menuturkan pihaknya terus melakukan monitoring dan pemulihan site BTS yang terdampak di wilayah sekitar Gunung Lewotobi Laki-Laki.

    Selain itu, XL kata Henry juga menyiapkan Posko Customer Care dan fasilitas komunikasi gratis baik internet ataupun call, serta sedang menyiapkan 1 mobile BTS di area pengungsian warga terdampak.

    “Tentunya kami juga terus melakukan koordinasi dengan Komdigi dan pihak terkait lainnya untuk mendukung upaya bersama membantu masyarakat di lokasi bencana tersebut,” kata Henry kepada Bisnis, Rabu (20/11/2024). 

    Sementara itu, Direktur Eksekutif ICT sekaligus pengamat ekonomi digital, Heru Sutadi mengatakan tanpa adanya permintaan tersebut seluruh operator seluler di Indonesia pasti akan memberikan bantuan kepada korban bencana alam.

    Dirinya berkaca dari pengalaman-pengalaman bencana yang lalu, dimana para operator seluler selalu memberikan bantuan kepada korban becana.

    “Jadi sebenarnya kalau dari pengalaman, tidak diminta pun mereka akan menyediakan layanan telekomunikasi dan internet yang sifatnya gratis di lokasi bencana, ya mereka juga memberikan bantuan gitu kan,” kata Heru.

    Maka dari itu, Heru mengharapkan para operator seluler melakukan hal yang sama kepada korban dan masyarakat yang berada di sekitar Gunung Lewotobi Laki-Laki, di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

    Apalagi, melihat dari pengalaman sudah terjadi pelaku usaha operator seluler selalu proaktif membantu dan memberikan bantuan bagi korban bencana.

    “Kita harapkan juga dengan bencana yang terjadi di Gunung Lewotobi Laki-Laki ni bantuan serupa juga diberikan (oleh opsel), karena ini kan merupakan bagian dari corporate social responsibility ya,” ucap Heru.

    Diberitakan sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Digital (Menkomdigi) Meutya Hafid meminta seluruh Telkomsel, Indosat, XL Axiata dan Smartfren untuk memberikan bantuan bagi masyarakat di sekitar Gunung Lewotobi Laki-Laki, di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

    Adapun, permintaan Meutya ini sesuai dengan arahan Bapak Presiden Prabowo Subianto untuk memastikan layanan internet dan komunikasi dapat digunakan oleh masyarakat di sekitar Gunung Lewotobi.

    Maka dari itu, Meutya mendorong seluruh operator seluler untuk memberikan voucher atau kouta kepada masyarakat agar dapat mengakses internet secara gratis.

    “Hal ini untuk menunjang kebutuhan siswa untuk sekolah dan memberikan masyarakat perkembangan informasi kondisi di Gunung Lewotobi Laki-Laki,” kata Meutya dalam keteranganya, Rabu (20/11/2024).

  • Indosat Gratiskan Layanan Telekomunikasi Bagi Korban Erupsi Gunung Lewotobi

    Indosat Gratiskan Layanan Telekomunikasi Bagi Korban Erupsi Gunung Lewotobi

    Bisnis.com, JAKARTA – PT Indosat Tbk. (ISAT) memberikan bantuan layanan telekomunikasi bebas biaya bagi korban Gunung Lewotobi Laki-Laki, di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

    SVP Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison Steve Saerang mengatakan bahwa Indosat berupaya memastikan layanan konektivitas di wilayah bencana tetap berfungsi dengan baik. 

    “Untuk mendukung pemulihan, kami telah  memberikan bantuan berupa layanan telekomunikasi bebas biaya kepada para korban selama periode bencana,” kata Steve kepada Bisnis, Rabu (20/11/2024).

    Tak hanya bantuan layanan telekomunikasi, Steve menyebut Indosat juga memberikan bantuan lainnya kepada masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Lewotobi.

    Bantuan tersebut berupa makan siap santap, air minum, kebutuhan ibu dan anak, alat medis, serta alat perlengkapan dan selimut telah disalurkan Indosat ke posko pengungsian korban bencana.

    Lebih lanjut, Steve menuturkan Indosat terus menjalin koordinasi erat dengan pihak-pihak terkait, termasuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Kementerian Komunikasi dan Digital Republik Indonesia.

    “Koordinasi ini dilakukan untuk memastikan bantuan tersebut tepat guna dan membawa manfaat nyata bagi masyarakat yang membutuhkan,” ujarnya.

    Adapun, Steve menyampaikan bahwa Indosat menyampaikan rasa prihatin yang mendalam atas bencana yang terjadi di Gunung Lewotobi Laki-Laki, Provinsi Nusa Tenggara Timur. 

    “Kami turut berempati kepada masyarakat yang terdampak, dan semoga mereka diberikan kekuatan dalam menghadapi situasi sulit ini,” ucap Steve.

    Diberitakan sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Digital (Menkomdigi) Meutya Hafid meminta seluruh Telkomsel, Indosat, XL Axiata dan Smartfren untuk memberikan bantuan bagi masyarakat di sekitar Gunung Lewotobi Laki-Laki, di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

    Adapun, permintaan Meutya ini sesuai dengan arahan Bapak Presiden Prabowo Subianto untuk memastikan layanan internet dan komunikasi dapat digunakan oleh masyarakat di sekitar Gunung Lewotobi.

    Maka dari itu, Meutya mendorong seluruh operator seluler untuk memberikan voucher atau kouta kepada masyarakat agar dapat mengakses internet secara gratis.

    “Hal ini untuk menunjang kebutuhan siswa untuk sekolah dan memberikan masyarakat perkembangan informasi kondisi di Gunung Lewotobi Laki-Laki,” kata Meutya dalam keteranganya, Rabu (20/11/2024).

  • PPN Naik Jadi 12%, Indosat

    PPN Naik Jadi 12%, Indosat

    Bisnis.com, JAKARTA – PT XL Axiata Tbk. (EXCL) dan PT Indosat Tbk. (ISAT) bakal menyesuaikan strategi bisnis seiring dengan rencana pemerintah menaikkan PPN menjadi 12% pada 2025. 

    Senior Vice President Head of Corporate Communication ISAT Steve Saerang mengatakan Indosat Ooredoo Hutchison senantiasa mendukung kebijakan pemerintah dan terbuka untuk menjadi mitra bagi seluruh pemangku kepentingan dalam penerapan aturan dan tata kelola yang berlaku.

    “Terkait dengan kemungkinan kenaikan tarif PPN, Indosat terus melakukan kajian bisnis secara intensif,” kata Steve, Selasa (19/11/2024). 

    Kajian bisnis tersebut juga dilakukan dengan tetap memperhatikan fokus ISAT dalam memberikan pengalaman yang mengesankan atau marvelous experience bagi seluruh pelanggan, khususnya bagi pelanggan prabayar. 

    Di sisi lain, kata Steve, bagi pelanggan pascabayar nilai PPN secara otomatis akan berubah pada lembar tagihan. Hal tersebut menyesuaikan tanggal berlakunya aturan baru terkait PPN yang ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia.

    Adapun, jumlah pelanggan Indosat tercatat sebanyak 98,7 juta pada kuartal III/2024, turun tipis dari 99,4 juta pada kuartal III/2023. Jumlah pelanggan Indosat itu juga turun jika dibandingkan dengan semester I/2024 yang sebanyak 100,9 juta. 

    Indosat meraup laba bersih senilai Rp3,87 triliun, naik 39,14% YoY. Pertumbuhan laba ISAT itu ditopang oleh kinerja solid pendapatan yang senilai Rp41,81 triliun, tumbuh 11,61% YoY. Sejalan dengan itu beban pokok ikut meningkat menjadi Rp33,34 triliun, naik 9,70% YoY.

    Kontributor terbesar pendapatan ISAT berasal dari bisnis selular yang meraup Rp35,23 triliun, naik 9,52% YoY.  Sisanya berasal dari bisnis MIDI dan layanan telepon tetap. Aset Indosat tercatat sebesar Rp112,24 triliun pada September 2024, turun dari Rp114,72 triliun pada akhir 2023.

    Sementara itu, Head External Communications XL Axiata Henry Wijayanto menuturkan XL Axiata akan mengikuti aturan pemerintah mengenai peningkatan PPN menjadi 12% tersebut. Henry irit bicara mengenai rencana XL menyikapi perubahan PPN itu. 

    “XL Axiata akan mengikuti aturan dan ketentuan pemerintah untuk melakukan penyesuaian PPN 12% tersebut,” ujar Henry, Selasa (19/11/2024).

    EXCL tercatat memiliki jumlah pelanggan sebanyak 58,6 juta pada kuartal III/2024, naik tipis dari 58,5 juta pada semester I/2024. Adapun, pada 9 bulan pertama 2023, jumlah pelanggan XL Axiata sebanyak 57,5 juta. 

    XL Axiata melaporkan ARPU gabungan sebesar Rp43.000 pada kuartal III/2024, sedikit melandai jika dibandingkan kuartal sebelumnya yang berada pada Rp44.000 tetapi lebih baik dari kuartal III/2023 yang berada pada Rp41.000. 

    Adapun, pendapatan dari data dan layanan digital menopang top line EXCL hingga Rp23,38 triliun atau 92% dari total pendapatan. Manajemen XL Axiata juga optimistis melihat perkembangan bisnis Fixed Broadband (FBB) dan Fixed Mobile Convergence (FMC) yang terus bertumbuh. 

    Diketahui, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memberikan sinyal di hadapan Komisi XI DPR, bahwa tidak akan melakukan penundaan implementasi tarif pajak pertambahan nilai (PPN) 12% pada 2025.

    Di sisi lain, emiten telekomunikasi seperti EXCL, ISAT dan Telkomsel dari Telkom Group (TLKM) sedang berhadapan dengan tekanan pada rata-rata pendapatan per pengguna atau  Average Revenue per User (ARPU) minimal hingga kuartal III/2024. 

    Penurunan ARPU itu disinyalir lantaran kompetisi ketat dan adanya pelemahan daya beli. Pada saat bersamaan, jumlah pelanggan XL Axiata, Indosat dan Telkomsel bergerak stagnan, cenderung melandai.