BUMN: PT Telekomunikasi Selular

  • Telkomsel & Indekstat Hadirkan Solusi Telesurvei, Ini Fungsinya

    Telkomsel & Indekstat Hadirkan Solusi Telesurvei, Ini Fungsinya

    Jakarta, CNBC Indonesia – Telkomsel melalui platform survei digitalnya, tSurvey.id, menjalin kerja sama dengan PT Indekstat Konsultan Indonesia (Indekstat) untuk memperluas pemanfaatan layanan Telesurvei di Indonesia. Sinergi ini memungkinkan tSurvey.id dan Indekstat menghubungi responden secara langsung melalui panggilan telepon, menyederhanakan proses pengumpulan data, dan mengurangi biaya operasional dibandingkan survei lapangan konvensional.

    Telesurvei menggabungkan teknologi telekomunikasi Telkomsel dengan analitis Indekstat untuk mendorong pengambilan keputusan berbasis data yang lebih efisien dan akurat di berbagai sektor, seperti bisnis, politik, dan kebijakan publik. Selain itu, solusi Telesurvei dapat mengatasi tantangan pengumpulan data dengan cara menawarkan efisiensi waktu dan biaya yang signifikan.

    Dengan jangkauan geografis yang luas, pelaksanaan yang mudah, dan akurasi data yang tinggi, solusi Telesurvei dapat meningkatkan kualitas dan kecepatan pengumpulan informasi.

    Vice President Data Solutions and Digital Financial Services Telkomsel, Alfian Manullang mengatakan, kemitraan dengan Indekstat memungkinkan Telkomsel menghadirkan pemanfaatan teknologi tSurvey untuk pengumpulan data survei.

    “Kolaborasi ini dirancang untuk mendukung bisnis dan sektor publik dalam memperoleh wawasan terkini dari masyarakat. Melalui Telesurvei, kami berkomitmen menyediakan data yang semakin akurat, guna membantu para pengambil keputusan di sektor bisnis maupun publik dalam membuat keputusan yang lebih tepat dan responsif,” ungkap dia dikutip Rabu (4/12/2024).

    Layanan Telesurvei meliputi pengumpulan insight konsumen untuk pengembangan produk, analisis preferensi pemilih yang dapat digunakan untuk kegiatan politik, serta memberikan data mengenai opini publik yang dapat digunakan sebagai dasar pembuatan kebijakan pemerintah. Solusi ini menggunakan metodologi systematic random sampling yang menghasilkan data yang representatif dengan akurasi tinggi.

    Head of Field Data Management Indekstat, Titis Pratiknyo menambahkan, kerja sama dengan Telkomsel membuka peluang untuk meningkatkan skala dan efektivitas survei melalui teknologi.

    “Integrasi solusi dari Telesurvei dapat membantu klien memahami pasar atau konstituen dengan lebih baik, lebih cepat, serta membuka peluang baru dalam analitik data guna mendukung keputusan yang lebih tepat dan berdampak,” ujar Titis.

    Dia berharap kolaborasi ini dapat meningkatkan kinerja dan responsivitas organisasi berbasis data bagi beragam industri. Dengan akses ke data yang lebih luas dan akurat, perusahaan dan institusi publik diharapkan dapat merespons dengan lebih efektif kepada kebutuhan dan tantangan yang mereka hadapi.

    (rah/rah)

  • Bisnis Baru Telkom Laris Manis, Harganya Disebut Tembus Rp 16 Triliun

    Bisnis Baru Telkom Laris Manis, Harganya Disebut Tembus Rp 16 Triliun

    Jakarta, CNBC Indonesia – NeutraDC, perusahaan data center anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk., nilainya dikabarkan telah melampaui US$ 1 miliar.

    Reuters melaporkan bahwa valuasi tersebut berasal dari proses negosiasi penjualan sebagian saham NeutraDC yang sudah berlangsung sejak Oktober. Telkom disebut berencana menjual 20%-30% saham NeutraDC di harga yang akan mengangkat valuasi NeutraDC menembus US$ 1 miliar (sekitar Rp 16 triliun).

    Singtel dan BDx Data Centers disebut sebagai pihak yang tertarik menjadi pemegang saham minoritas di NeutraDC. Singtel saat ini adalah pemegang saham terbesar kedua di Telkomsel, setelah Telkom. Adapun, BDx telah membentuk bisnis patungan dengan Lintasarta, anak usaha PT Indosat Tbk.

    NeutraDC adalah salah satu unit usaha Telkom dengan pertumbuhan yang kuat. Perusahaan berencana meningkatkan kapasitas data center mereka dari sekitar 60 MW pada 2024 menjadi 500 MW pada 2028.

    SVP Group Sustainability & Corporate Communication Telkom Ahmad Reza belum mau berkomentar saat dihubungi oleh CNBC Indonesia.

    Pada Juni, Telkom mengumumkan penambahan penyertaan modal sebesar Rp1,62 triliun kepada anak usaha, yakni PT Telkom Data Ekosistem (TDE) atau NeutraDC.

    “Sehingga TDE dapat menjadi market leader untuk bisnis data center khususnya di Indonesia melalui ekspansi kapasitas data center TDE di domestik,” kata Andri dalam keterbukaan informasi BEI, Jumat, (7/6/2024).

    Salah satu unit bisnis NeutraDC yang tumbuh pesat adalah ekspansi pembukaan data center di kota tier 2 dan tier 3 di seluruh Indonesia.

    “[Ada] 26-27 data center tier 2 dan 3 hampir di semua provinsi. Menjadi hot selling ketika diresmikan banyak yang pakai,” kata Direktur Utama Ririek Ardiansyah tahun lalu dalam Profit CNBC Indonesia.

    (dem/dem)

  • Respons Bos Telkomsel soal Larangan Transfer Pulsa di Atas Rp1 Juta Cegah Judol

    Respons Bos Telkomsel soal Larangan Transfer Pulsa di Atas Rp1 Juta Cegah Judol

    Bisnis.com, JAKARTA – Direktur Utama PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) buka suara mengenai pelarangan transfer pulsa Rp1 juta kepada sesama pengguna untuk menekan pratik judi online. Larangan tersebut rencananya akan diperketat lagi oleh Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi). 

    Nugroho mengatakan larangan transfer pulsa di atas Rp1 juta telah berlaku sejak Juni 2024 atau 6 bulan lalu. Peraturan tersebut akan terus dilakukan dan tidak akan berdampak kepada bisnis operator seluler. 

    Nugroho menuturkan tidak banyak dari pelanggan Telkomsel yang melakukan transfer pulsa kepada sesama pelanggan di atas Rp250.000. 

    “Jadi tidak ada dampak berbahaya,” kata Nugroho kepada Bisnis, Selasa (3/12/2024). 

    Adapun seandainya praktik larangan tersebut berdampak bagi bisnis,  tegas Nugroho, perusahaan tidak terlalu memprioritaskan profit di atas kepentingan bangsa. 

    Nugroho menambahkan selain melakukan pembatasan transfer pulsa, Telkomsel juga bekerja sama dengan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Indonesia untuk melakukan profiling pemain judi online, termasuk di internal Telkomsel. 

    “Siapa tahu ada pegawai Telkomsel yang terlibat, kita pecat,” kata Nugroho.  

    Deputi dan Analis Pemeriksaan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Indonesia Danang Tri Hartono memperkirakan jumlah pemain judi online menembus 11 juta pemain hingga akhir 2024.

    Dia mengatakan untuk membuat memberantas judi online perlu dilihat mata rantai praktik ilegal tersebut dari sisi permintaan dan suplai. 

    Dari sisi permintaan, jumlah pemain terus bertambah dari 3,4 juta pemain pada 2023 menjadi 8,8 juta pemain pada kuartal III/2024. 

    Adapun hingga akhir 2024, diperkirakan jumlah berpotensi bertambah 2 juta pemain baru seiring dengan candu judi online yang terus meningkat. 

    “Data itu kan bertambah terus sehingga mungkin bisa di atas 11 juta pemain. Kurang lebih di atas 10 juta lah,” kata Danang, Jumat (29/11/2024). 

    Dari sisi deposit atau uang yang dihabiskan masyarakat Indonesia di judi online, lanjut Danang, pada 2023 mencapai Rp34 triliun. 

    PPATK mengasumsikan untuk operasional judi online sebesar 10%, maka total nilai uang yang keluar dari kantong masyarakat Indonesia diperkirakan mencapai sekitar Rp30 triliun. 

    Adapun hingga kuartal III/2024, total uang yang dihabiskan masyarakat (deposit) di judi online mencapai Rp43 triliun atau naik Rp9 triliun dibandingkan Desember 2023. 

    Danang mengatakan dengan potensi keuntungan besar tersebut tidak heran jika kemudian banyak pelaku ingin mengeruk untung dari judi online sehingga suplai terus membanjiri RI. 

    Dari sisi pola, ujar Danang, para pelaku makin pintar dan menyesuaikan dengan kondisi industri. 

    “Mereka menyesuaikan dengan kondisi antisipasi yang dilakukan pemerintah,” kata Danang. 

  • Ini Biang Kerok Susah Atasi Penipuan Online Pakai Nomor WhatsApp

    Ini Biang Kerok Susah Atasi Penipuan Online Pakai Nomor WhatsApp

    Jakarta

    Direktur Utama Telkomsel Nugroho mengungkapkan kesulitan untuk memblokir nomor seluler yang dipakai untuk akun WhatsApp. Hal ini merespon terkait penipuan online yang banyak terjadi memanfaatkan layanan pesan instan tersebut.

    “Kalau yang terkait WhatsApp, memang kami sedang memperjuangkan juga bagaimana agar keamanan digital telekomunikasi ini bisa lebih reliable,” ujar Nugroho di Kantor Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi), Jakarta, Selasa (3/12/2024).

    Disampaikannya, penanganan pemblokiran nomor seluler dengan nomor di akun WhatsApp memiliki level yang berbeda. Sebab, untuk pemblokiran akun WhatsApp bukan lagi di ranah operator seluler.

    “Karena berbeda dengan komunikasi menggunakan nomor MSSDN biasa. Kalau WhatsApp itu kita blok di network-nya operator, tapi tidak terblok di WhatsApp,” ucap Nugroho.

    Pada kesempatan ini pula, Bos Telkomsel ini menyoroti juga kerjasama antara operator seluler dan penyedia layanan over the top (OTT) seperti WhatsApp yang dinilai belum berpihak kepada ekonomi digital dalam negeri.

    “Yang tentu di luar itu ada juga impact terhadap kontribusi ke ekonomi lokal juga. Itu sedang kami perjuangkan melalui ATSI (Asosiasi penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia) dengan seluruh operator seluler kepada pemerintah. Nanti Insya Allah akan ada langkah-langkah berikunya yang kita update,” tuturnya.

    Diberitakan sebelumnya, kasus penipuan online yang terjadi di WhatsApp sempat dibahas dalam rapat dengar pendapat umum (RDPU) antara Komisi I DPR dan operator seluler pada 9 November 2023.

    Bahkan, Direktorat Jenderal Imigrasi mewanti-wanti masyarakat akan nomor WhatsApp palsu Imigrasi di laman Google Maps. Nomor itu digunakan pelaku kejahatan untuk melancarkan aksi penipuan online.

    “Waspada Penipuan! Nomor Kontak Palsu Marak di Laman Google Maps Kantor Imigrasi. Masyarakat diimbau untuk berhati-hati dengan nomor kontak WhatsApp palsu 081230030440 yang diselipkan pada informasi alamat pada laman Google Maps sejumlah Kantor Imigrasi,” demikian keterangan yang ditulis Ditjen Imigrasi dikutip dari detiknews pada 13 Agustus 2024.

    Modus sejenis, yaitu nomor WhatsApp palsu yang dimasukan ke informasi alamat pada laman Google Maps juga mengincar korban para pelaku wisata, mulai dari hotel, restoran, cafe, rental motor dan rental mobil. Banyak calon konsumen terjebak menghubungi nomor penipu dan kena tipu, sementara pelaku usaha wisata jadi tercoreng namanya.

    Sementara itu, WhatsApp terus mengembangkan fitur baru untuk menjaga keamanan dan privasi penggunanya. Salah satunya adalah fitur baru yang memungkinkan pengguna mengecek informasi tentang link yang diterima di chat.

    WABetaInfo menemukan fitur ‘Get link info’ di WhatsApp beta untuk Android versi 2.24.22.19 dan WhatsApp beta untuk iOS versi 24.22.10.77. Fitur ini sudah tersedia untuk sejumlah beta tester yang mengunduh update WhatsApp versi beta terbaru.

    Menurut pengamatan detikINET, fitur ini juga sudah bisa diakses oleh beta tester WhatsApp di Indonesia, seperti screenshot di bawah ini. Pengguna bisa menggunakan fitur ini untuk mendapatkan informasi seputar link yang dibagikan di chat WhatsApp grup atau individu.

    Saat menerima link di chat, pengguna cukup menekan dan tahan link tersebut. WhatsApp akan menampilkan halaman di bawah layar, dan pengguna bisa memilih opsi ‘Get link info on Google untuk mendapatkan informasi seputar link yang diterima.

    Fitur baru WhatsApp untuk verifikasi keaslian link Foto: Screenshot/detikINET

    (agt/fay)

  • Nomor WhatsApp Penipu dan Bandar Judi Ternyata Tak Bisa Diblokir

    Nomor WhatsApp Penipu dan Bandar Judi Ternyata Tak Bisa Diblokir

    Jakarta, CNBC Indonesia – Akun di WhatsApp ternyata tak terdampak meski nomor HP yang digunakan telah diblokir. Ini diungkapkan oleh Direktur Utama Telkomsel, Nugroho.

    “Berbeda dengan komunikasi menggunakan nomor MSISDN (Mobile Subscriber Integrated Services Digital Network Number) biasa, kalau WhatsApp itu kita blok di networknya operator, tidak terblok di WhatsApp,” kata Nugroho ditemui di kantor Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi), Selasa (3/12/2024).

    Dia menjelaskan pihak operator tengah memperjuangkan terkait keamanan digital di telekomunikasi bisa diandalkan. Hal tersebut tengah dilakukan lewat Asosiasi Penyelenggara Telekonmunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) kepada pemerintah.

    Langkah-langkah tersebut tengah diperjuangkan. Dia menjanjikan akan memberikan informasi jika sudah ada informasi terbaru.

    “Itu sedang kami perjuangkan melalui ATSI dengan seluruh operator selulear kepada pemerintah. Nanti insyaallah akan ada langkah-langkah berikutnya yang kita update,” jelasnya.

    Sebelumnya saat Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi I DPR, November 2023, operator seluler pernah menyatakan hal serupa. WhatsApp ataupun platform digital lain masih bisa digunakan meski nomor ponsel tidak lagi digunakan.

    Saat itu, Presiden Direktur Smartfren Merza Fachys menyebut belum ada regulasi mengatur identitas nomor pelanggan bisa digunakan untuk aktivitas lain. Pihak operator mengajukan untuk satu nomor hanya boleh digunakan oleh orang yang sama.

    “Jadi kalau punya nomor 0881xxx yang hari ini dipakai, kemudian dipakai WhatsApp, kemudian enggak langganan lagi karena enggak diisi ulang, WA ini tetap hidup dengan nomor itu,” jelasnya.

    “Ini salah satu kekosongan karena regulasi tidak mengatur apakah identitas nomor pelanggan yang 0881 sekian itu boleh digunakan untuk yang lain-lain,” lanjutnya.

    (dem/dem)

  • Komdigi Pertajam Larangan Transfer Pulsa di Atas Rp1 Juta, Nominal Diturunkan?

    Komdigi Pertajam Larangan Transfer Pulsa di Atas Rp1 Juta, Nominal Diturunkan?

    Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) akan mempertajam kembali larangan transfer pulsa di atas Rp1 juta yang telah berjalan selama ini agar lebih optimal dalam menekan transaksi judi online (judol). 

    Komdigi menegaskan telah membatasi transfer pulsa Rp1 juta per hari. Nilai pembatasan akan dievaluasi kembali mengingat nilai transaksi judi online di masyarakat menyentuh nominal kecil hingga Rp50.000.

    Komdigi menggelar rapat bersama opsel dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) untuk membahas hal tersebut. 

    “Aktivitas maksimal Rp1 juta itu sudah berjalan dan sudah dilakukan oleh seluruh operator itu terus berjalan, kita rapat untuk mempertajam lagi ke depan untuk lebih efektif lagi, jadi itu sudah jalan,” kata Plt Dirjen Infrastruktur Digital Komdigi, Ismail di Kantor Komdigi, Selasa (3/12/2024). 

    Adapun, Komdigi hari ini melakukan rapat koordinasi dengan jajaran opsel dan PPATK untuk membahas langkah-langkah dan rencana tindak lanjut dalam mengantisipasi pencegahan judi online dan aktivitas-aktivitas ilegal lainnya di ruang digital. 

    Terdapat 2 topik utama yang dibahas yaitu upaya melakukan sosialisasi-sosialisasi kepada masyarakat agar tidak terjebak atau mendapat kondisi yang sulit karena terjebak mengikuti aktivitas judi online.

    “Itu akan dilakukan melalui media pelanggan masing-masing seluler operator. Sosialisasi dalam berbagai bentuknya, ada yang segmented, ada yang targeted, dan sebagainya,” jelasnya. 

    Topik kedua yaitu membahas terkait upaya pencegahan transaksi transfer pulsa digunakan sebagai alat bayar dalam aktivitas judi online.

    Dalam hal ini termasuk upaya penerapan pembatasan transfer pulsa Rp1 juta yang dipertajam. 

    “Ini preliminary meeting, baru meeting yang masih awal gitu, jadi kami akan tindak lanjuti lagi dalam bentuk rapat-rapat teknis ke depan untuk lebih membahas secara detail langkah-langkah dan proses yang akan dimasukan selanjutnya,” tuturnya. 

    Untuk diketahui, rencana pembatasan transaksi pulsa di atas Rp1 juta per hari telah dibahas pada periode Menkominfo Budi Arie Setiadi pada Agustus 2024 lalu. Kala itu, kebijakan telah disosialisasikan kepada opsel mulai dari Telkomsel, Indosat, XL Axiata, dan Smartfren. 

    Transaksi transfer pulsa yang melebihi angka Rp1 juta merupakan nominal yang mencurigakan dan disinyalir merupakan perputaran judi online disinyalir menggunakan pulsa seluler.

  • Telkomsel Raih Penghargaan dari IDC Future Enterprise Awards 2024

    Telkomsel Raih Penghargaan dari IDC Future Enterprise Awards 2024

    Jakarta, CNBC Indonesia– Telkomsel berhasil meraih penghargaan pada IDC Future Enterprise Awards 2024 untuk kategori Best in Future of Customer Experience di Indonesia. Penghargaan ini diberikan atas inisiatif terdepan Telkomsel dalam menghadirkan inovasi solusi layanan pelanggan berbasis AI (AI-Powered Digital Smart Care-AI DSC).

    IDC Future Enterprise Awards 2024 merupakan ajang penghargaan yang digelar International Data Corporation (IDC) yang berbasis di Amerika Serikat, dan rutin dilaksanakan sejak 2017.

    Penghargaan yang diberikan kepada Telkomsel adalah apresiasi sebagai salah satu pemain transformasi digital terkemuka di Indonesia. Ajang ini juga menjadi tolok ukur penting bagi inovasi dan strategi digital dalam lingkungan bisnis yang terus berkembang.

    Direktur IT Telkomsel, Joyce Shia menjelaskan, AI DSC diterapkan di lebih dari 800 titik layanan pelanggan Telkomsel, termasuk GraPARI, Call Center, dan eCare. AI DSC merupakan jawaban dari tantangan lonjakan interaksi pelanggan yang membutuhkan respons cepat dan tepat setelah bergabungnya IndiHome ke dalam bisnis Telkomsel pada 2023.

    Melalui pendekatan end-to-end berbasis AI Telkomsel (Hyper AI), AI DSC mempercepat akses informasi bagi agen customer service, meningkatkan ketepatan respons, serta memastikan pengalaman pelanggan di setiap interaksinya.

    “Solusi layanan pelanggan berbasis AI memberikan pengalaman pelanggan lebih baik sekaligus mendorong semangat mengembangkan inovasi digital yang berdampak positif bagi masyarakat Indonesia. Penghargaan ini juga menunjukkan komitmen Telkomsel dalam menerapkan AI di seluruh aspek bisnis dan operasional,” ungkap dia dikutip Selasa (3/12/2024).

    Joyce menambahkan pada ekosistem AI DSC, implementasi AI yang memanfaatkan sumber dari Knowledge Management System (KMS) memudahkan lebih dari 4.500 agen customer service, lebih dari 6.000 karyawan, dan lebih dari 300.000 mitra reseller untuk mendapatkan rekomendasi jawaban secara real-time.

    “Dengan teknologi Natural Language Processing dan rekomendasi jawaban berbasis konteks, sistem AI juga memudahkan untuk menjawab pertanyaan pelanggan dengan cepat dan akurat, serta mengurangi waktu penanganan hingga 50%,” papar dia.

    Selain itu, dalam ekosistem AI DSC terdapat Dashboard utama DSC yang berfungsi sebagai pusat operasional dan mengakomodasi kebutuhan produk fixed broadband IndiHome dan mobile broadband Telkomsel.

    Kemudian AntreAja untuk mengoptimalkan proses antrean, meningkatkan efisiensi layanan dan kepuasan pelanggan di GraPARI. Terakhir Kasir yang berfungsi sebagai layanan transaksi dalam ekosistem DSC, memastikan operasi keuangan yang cepat dan akurat sambil meningkatkan keandalan layanan.

    Direktur Riset IDC Asia/Pacific, Melvie Espejo, mengatakan pemenang Future Enterprise Awards 2024 dari Indonesia menunjukkan bagaimana organisasi memanfaatkan AI dan platform digital untuk mendorong inovasi, meningkatkan pengalaman pelanggan, dan memberikan nilai tambah kepada masyarakat.

    “Salah satunya adalah Digital Smart Care berbasis AI dari Telkomsel yang menunjukkan bagaimana teknologi dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus berkembang,” pungkas dia.

    (rah/rah)

  • Telkomsel Gelar Acara Jajaran Lintas Nusantara untuk Perkuat Digitalisasi

    Telkomsel Gelar Acara Jajaran Lintas Nusantara untuk Perkuat Digitalisasi

    Jakarta

    Telkomsel, melalui unit bisnisnya, Telkomsel Enterprise, menggelar acara Jajaran Lintas Nusantara (Jalin Nusa) di Jakarta. Dengan tema ‘Rayakan Jejak Perubahan’, acara ini mempertemukan pemimpin bisnis dari berbagai sektor industri untuk merayakan kolaborasi dalam mempercepat transformasi digital di Indonesia.

    Jalin Nusa bertujuan memperkuat sinergi dengan para pelanggan bisnis dan mitra strategis, mendukung pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan, serta berkontribusi terhadap visi Indonesia Emas 2045.

    “Transformasi digital merupakan faktor penting untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi dan mencapai visi Indonesia Emas 2045. Melalui kolaborasi lintas sektor seperti yang dilakukan Telkomsel di acara Jalin Nusa ini, kami percaya bahwa sinergi antara inovasi teknologi dan kebijakan strategis dapat menciptakan iklim investasi yang lebih kompetitif dan mendukung perkembangan sektor B2B secara berkelanjutan,” ungkap Wakil Menteri Investasi dan Hilirisasi RI Todotua Pasaribu, dalam keterangan tertulis, Senin (2/12/2024).

    Direktur Group Business Development Telkom Indonesia Honesti Basyir mengungkapkan melalui Jalin Nusa, Telkomsel mempertemukan pemimpin lintas sektor untuk merayakan kolaborasi dalam mempercepat transformasi digital Indonesia. Inisiatif ini mencerminkan semangat Five Bold Moves Telkom Group-dari penguatan infrastruktur digital hingga inovasi layanan berbasis AI- sebagai langkah nyata mendukung pelanggan bisnis dan mitra strategis dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.

    “Sebagai bagian dari Telkom Group, Telkomsel berkomitmen untuk menjadi technology powerhouse yang membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis pelanggan di segmen B2B – mulai dari korporasi, pemerintah, UMKM hingga startup. Kami terus mengidentifikasi peluang serta mengatasi tantangan melalui teknologi terbaru seperti IoT, Hyper-Connectivity, dan AI, serta berkolaborasi dengan mitra strategis untuk memperkuat daya saing Indonesia di pasar global,” kata Direktur Planning & Transformation Telkomsel Wong Soon Nam.

    Dalam acara Jalin Nusa, Telkomsel menampilkan berbagai kolaborasi strategis dengan solusi enterprise unggulan, seperti solusi verifikasi digital Telco Verify bersama BRI, solusi pertambangan Smart Mining dengan PPA, solusi iklan digital Digiads bersama Samsung, solusi peningkatan produktivitas Paket Swadaya untuk mitra driver Gojek, sampai dengan Metahuman sekaligus virtual account manager berbasis AI, Ted, yang turut mempresentasikan ragam implementasi AI di Telkomsel kepada para pemimpin bisnis.

    Diskusi panel dalam acara ini menghadirkan perwakilan pemerintah dan pemimpin industri yang membahas peluang serta tantangan ekonomi digital di tahun 2025. Diskusi ini menggali strategi berbasis data untuk mempercepat digitalisasi di sektor-sektor kunci, serta memperkuat kolaborasi lintas sektor yang akan mendukung pertumbuhan bisnis dan ekonomi Indonesia.

    Selain itu, Telkomsel memberikan penghargaan kepada pelanggan dan mitra B2B terbaik yang telah Berani Jadi Lebih dan berinovasi bersama Telkomsel dalam mendukung digitalisasi dan menciptakan dampak positif bagi masyarakat serta ekonomi. Penghargaan ini mengapresiasi kontribusi mereka dalam meningkatkan produktivitas, kolaborasi, dan visi strategis.

    “Sebagai digital ecosystem enabler, Telkomsel ingin terus menjadi mitra strategis bagi para pemimpin industri dalam mengakselerasi transformasi digital. Kami berharap transformasi ini tidak hanya memberikan manfaat bagi bisnis, tetapi juga dapat berkontribusi terhadap kemajuan ekosistem digital yang inklusif serta pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan selaras dengan visi Indonesia Emas 2045,” kata Soon Nam.

    Telkomsel juga mengundang para pelanggan bisnis dan mitra strategis untuk bergabung dalam Telkomsel Enterprise Solution Day 2025, sebuah acara eksklusif yang akan membuka peluang kolaborasi baru guna menciptakan dampak positif yang lebih besar bagi masyarakat dan perekonomian Indonesia. Untuk informasi selengkapnya tentang solusi enterprise terbaik dari Telkomsel bagi segmen bisnis, kunjungi laman tsel.id/enterprise.

    Telkomsel dan Amartha Jalin Kerja Sama di Jalin Nusa, Dukung Inklusi Keuangan

    Bertepatan dengan penyelenggaraan Jalin Nusa, Telkomsel mengumumkan kerja sama strategis dengan Amartha, penyedia layanan pendanaan digital terkemuka. Kerja sama ini bertujuan untuk menghadirkan solusi keuangan digital yang berdampak positif bagi masyarakat yang kurang terlayani (underserved) dan tanpa akses ke layanan perbankan (unbanked).

    Telkomsel dan Amartha akan saling memperkuat keunggulan dari bisnis utama mereka, dan dalam waktu dekat akan memperkenalkan dua layanan bersama:

    Solusi Keuangan Digital untuk Pembelian Paket Telekomunikasi Secara Fleksibel
    Layanan ini memungkinkan pelanggan Telkomsel untuk membeli pulsa dan paket data dengan metode use now, pay later. Solusi ini memberikan fleksibilitas pembayaran bagi pelanggan, sehingga mereka dapat tetap terhubung tanpa perlu khawatir tentang pembayaran langsung di muka.
    Produk Telekomunikasi Khusus untuk Mendukung Pengelolaan Bisnis
    Sebuah layanan yang dirancang untuk membantu UMKM, khususnya perempuan pengusaha mikro, agar dapat lebih efektif mengelola usaha mereka. Produk ini menawarkan paket komunikasi yang terjangkau dan esensial untuk menjaga konektivitas dengan pelanggan dan pemasok, serta mendukung pertumbuhan bisnis mereka.

    Melalui pengembangan kedua layanan tersebut, Telkomsel dan Amartha berkomitmen memperluas inklusi keuangan dengan menawarkan opsi pembayaran yang sederhana dan fleksibel sesuai kebutuhan pelanggan dan masyarakat, sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih inklusif dan berkelanjutan.

    (prf/ega)

  • Telkomsel Jalin Nusa, Sinergi Transformasi Digital Lintas Industri

    Telkomsel Jalin Nusa, Sinergi Transformasi Digital Lintas Industri

    Jakarta, CNBC Indonesia – Telkomsel, melalui unit bisnis, Telkomsel Enterprise, menggelar acara Jajaran Lintas Nusantara (Jalin Nusa) bertema “Rayakan Jejak Perubahan”. Dalam acara ini, Telkomsel mempertemukan pemimpin bisnis dari berbagai sektor industri untuk merayakan kolaborasi dalam mempercepat transformasi digital di Indonesia.

    Jalin Nusa bertujuan memperkuat sinergi dengan para pelanggan bisnis dan mitra strategis, mendukung pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan, serta berkontribusi terhadap visi Indonesia Emas 2045. Wakil Menteri Investasi dan Hilirisasi RI, Todotua Pasaribu, menyatakan, transformasi digital merupakan faktor penting untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi dan mencapai visi Indonesia Emas 2045.

    “Melalui kolaborasi lintas sektor seperti yang dilakukan Telkomsel di acara Jalin Nusa ini, kami percaya bahwa sinergi antara inovasi teknologi dan kebijakan strategis dapat menciptakan iklim investasi yang lebih kompetitif dan mendukung perkembangan sektor B2B secara berkelanjutan,” ungkap Todotua dalam keterangan resmi, Senin (2/12/2024).

    Di sisi lain, Direktur Group Business Development Telkom Indonesia, Honesti Basyir, mengatakan melalui Jalin Nusa, Telkomsel mempertemukan pemimpin lintas sektor untuk merayakan kolaborasi dalam mempercepat transformasi digital Indonesia.

    “Inisiatif ini mencerminkan semangat Five Bold Moves Telkom Group – dari penguatan infrastruktur digital hingga inovasi layanan berbasis AI sebagai langkah nyata mendukung pelanggan bisnis dan mitra strategis dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045,” jelas Honesti.

    Bukan cuma itu, Direktur Planning & Transformation Telkomsel, Wong Soon Nam, mengatakan, sebagai bagian dari Telkom Group, Telkomsel berkomitmen untuk menjadi technology power house yang membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis pelanggan di segmen B2B mulai dari korporasi, pemerintah, UMKM hingga startup.

    “Kami terus mengidentifikasi peluang serta mengatasi tantangan melalui teknologi terbaru seperti IoT, Hyper-Connectivity, dan AI, serta berkolaborasi dengan mitra strategis untuk memperkuat daya saing Indonesia di pasar global,” jelas Soon Nam.

    Dalam acara Jalin Nusa, Telkomsel menampilkan berbagai kolaborasi strategis dengan solusi enterprise unggulan, seperti solusi verifikasi digital Telco Verify bersama BRI, solusi pertambangan Smart Mining dengan PPA, solusi iklan digital Digiads bersama Samsung, solusi peningkatan produktivitas Paket Swadaya untuk mitra driver Gojek, sampai dengan Metahuman sekaligus virtual account manager berbasis AI, Ted, yang turut mempresentasikan ragam implementasi AI di Telkomsel kepada para pemimpin bisnis.

    Diskusi panel dalam acara ini menghadirkan perwakilan pemerintah dan pemimpin industri yang membahas peluang serta tantangan ekonomi digital di tahun 2025. Diskusi ini menggali strategi berbasis data untuk mempercepat digitalisasi di sektor-sektor kunci, serta memperkuat kolaborasi lintas sektor yang akan mendukung pertumbuhan bisnis dan ekonomi Indonesia.

    Selain itu, Telkomsel memberikan penghargaan kepada pelanggan dan mitra B2B terbaik yang telah Berani Jadi Lebih dan berinovasi bersama Telkomsel dalam mendukung digitalisasi dan menciptakan dampak positif bagi masyarakat serta ekonomi. Penghargaan ini mengapresiasi kontribusi mereka dalam meningkatkan produktivitas, kolaborasi, dan visi strategis.

    “Sebagai digital ecosystem enabler, Telkomsel ingin terus menjadi mitra strategis bagi para pemimpin industri dalam mengakselerasi transformasi digital. Kami berharap transformasi ini tidak hanya memberikan manfaat bagi bisnis, tetapi juga dapat berkontribusi terhadap kemajuan ekosistem digital yang inklusif serta pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan selaras dengan visi Indonesia Emas 2045,” tutup Soon Nam.

    Telkomsel juga mengundang para pelanggan bisnis dan mitra strategis untuk bergabung dalam Telkomsel Enterprise Solution Day 2025, sebuah acara eksklusif yang akan membuka peluang kolaborasi baru guna menciptakan dampak positif yang lebih besar bagi masyarakat dan perekonomian Indonesia. Untuk informasi selengkapnya tentang solusi enterprise terbaik dari Telkomsel bagi segmen bisnis, kunjungi lamantsel.id/enterprise.

    Telkomsel dan Amartha Jalin Kerja Sama di Jalin Nusa, Dukung Inklusi Keuangan

    Bertepatan dengan penyelenggaraan Jalin Nusa, Telkomsel mengumumkan kerja sama strategis dengan Amartha, penyedia layanan pendanaan digital terkemuka. Kerja sama ini bertujuan untuk menghadirkan solusi keuangan digital yang berdampak positif bagi masyarakat yang kurang terlayani (underserved) dan tanpa akses ke layanan perbankan (unbanked).

    Telkomsel dan Amartha akan saling memperkuat keunggulan dari bisnis utama mereka, dan dalam waktu dekat akan memperkenalkan dua layanan bersama:

    • Solusi Keuangan Digital untuk Pembelian Paket Telekomunikasi Secara Fleksibel

    Layanan ini memungkinkan pelanggan Telkomsel untuk membeli pulsa dan paket data dengan metode use now, pay later. Solusi ini memberikan fleksibilitas pembayaran bagi pelanggan, sehingga mereka dapat tetap terhubung tanpa perlu khawatir tentang pembayaran langsung di muka.

    • Produk Telekomunikasi Khusus untuk Mendukung Pengelolaan Bisnis

    Sebuah layanan yang dirancang untuk membantu UMKM, khususnya perempuan pengusaha mikro, agar dapat lebih efektif mengelola usaha mereka. Produk ini menawarkan paket komunikasi yang terjangkau dan esensial untuk menjaga konektivitas dengan pelanggan dan pemasok, serta mendukung pertumbuhan bisnis mereka.

    Melalui pengembangan kedua layanan tersebut, Telkomsel dan Amartha berkomitmen memperluas inklusi keuangan dengan menawarkan opsi pembayaran yang sederhana dan fleksibel sesuai kebutuhan pelanggan dan masyarakat, sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih inklusif dan berkelanjutan.

    (rah/rah)

  • Telkomsel Hadirkan Gebyar Akhir Tahun, Beli Gawai disertai Perdana Telkomsel di BEC bisa Menangkan Hadiah Sepeda Motor

    Telkomsel Hadirkan Gebyar Akhir Tahun, Beli Gawai disertai Perdana Telkomsel di BEC bisa Menangkan Hadiah Sepeda Motor

    JABAR EKSPRES – Sebagai perusahaan penyedia layanan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, Telkomsel terus berkomitmen menghadirkan inovasi dan penawaran terbaik bagi para pelanggannya.

    Kali ini, Telkomsel bersama Bandung Electronic Center (BEC) dan Rajawali Cellular menghadirkan penawaran spesial Gebyar Akhir Tahun yang memberikan hadiah langsung berupa ragam merchandise, serta hadiah undian mulai dari 5 Modem Telkomsel Orbit, 4 Smartphone Samsung A05, hingga satu unit Sepeda Motor Honda Beat dengan pembelian gawai di BEC disertai aktivasi perdana Telkomsel.

    Mulai 20 Oktober 2024 hingga 20 Januari 2025, setiap pembelian gawai disertai aktivasi perdana Telkomsel di BEC akan memberikan kesempatan pelanggan untuk mendapat hadiah langsung berupa ragam merchandise pada booth Telkomsel di BEC 1.

    Pelanggan juga berkesempatan mengikuti undian dengan ragam hadiah yang akan diundi pada akhir periode program.

    Lebih lanjut, setiap aktivasi perdana Telkomsel juga akan mendapatkan benefit spesial berupa kuota tambahan hingga 7 GB selama 3 bulan untuk pelanggan baru Telkomsel Lite di perangkat baru, atau kuota tambahan 2 GB seharga Rp 1 selama 6 bulan untuk pelanggan baru by.U.

    Manager Mobile Consumer Branch Bandung Telkomsel, Ketut Anom Jatmika mengatakan, Pihaknya sangat antusias menghadirkan Program Gebyar Akhir Tahun melalui kolaborasi dengan Bandung Electronic Center, yakni pusat perbelanjaan elektronik terbesar di Kota Bandung, serta Rajawali, sebagai strategic business partner Telkomsel di Kota Bandung.

    Penawaran ini tidak hanya memberikan pelanggan ragam pilihan gawai di ratusan toko di BEC, tetapi juga dilengkapi dengan layanan seluler terdepan dari Telkomsel dan tambahan kuota data yang memungkinkan pelanggan untuk dapat menikmati berbagai layanan digital dengan lebih mudah dan nyaman.

    “Kami percaya bahwa kolaborasi ini akan memberikan nilai tambah yang signifikan kepada seluruh pelanggan dan masyarakat, selaras dengan semangat Telkomsel yang terinspirasi dari semangat Indonesia untuk menghadirkan inovasi yang dapat memberikan pengalaman gaya hidup digital terbaik,” ujar Ketut Anom Jatmika, Jum’at (29/11/2024).

    Menurutnya, Sebagai titik informasi dan pelayanan program ini, Telkomsel secara khusus menghadirkan booth pelayanan di Lantai LG BEC 1.

    “Selain mengikuti program Gebyar Akhir Tahun, pelanggan juga bisa mendapatkan ragam produk dan layanan Telkomsel di booth tersebut seperti pembelian perdana Telkomsel PraBayar dan pendaftaran Telkomsel Halo, Pasang baru IndiHome, pengisian pulsa, hingga pembelian Nomor Cantik Telkomsel,” jelasnya.