BUMN: PT Telekomunikasi Selular

  • Coba Internetan di Pantai Kampa, Nonton Youtube-Video Call Lancar Jaya

    Coba Internetan di Pantai Kampa, Nonton Youtube-Video Call Lancar Jaya

    Jakarta

    Pantai Kampa di Konawe Kepulauan, Sulawesi Tenggara dikenal dengan keindahan alamnya yang memikat. Pasir putih yang membentang, air laut yang jernih, serta deretan gazebo yang teduh membuat Pantai Kampa menjadi tempat favorit untuk bersantai.

    Beberapa waktu lalu, tim detikcom berkesempatan mengunjungi langsung Pantai Kampa. Deretan pohon kelapa yang menjulang tinggi dengan latar tebing berbatu semakin menambah keeksotisan destinasi wisata ini. Suara deburan ombaknya pun seakan membisikkan ketengangan di telinga.

    Untuk mencapai Pantai Kampa, Anda hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 20 menit dari Pelabuhan Ferry Langara. Sebetulnya terdapat dua akses yang bisa kamu pilih, yakni lewat Desa Langara atau Desa Wawobili. Namun, akses dari Wawobili terbilang cukup ekstrem dilalui terutama bagi pengemudi pemula.

    Sepanjang jalan, Anda akan disuguhi pemandangan laut hingga pepohonan yang hijau dan udara yang segar. Setibanya di pantai, Anda akan disambut dengan fasilitas lengkap, mulai dari homestay, gazebo, aula, hingga WiFi gratis.

    Namun, keindahan alam bukan satu-satunya menjadi daya tarik pantai ini. Kini, dengan kehadiran internet yang cukup mumpuni, Pantai Kampa menawarkan pengalaman wisata yang lebih modern dan terhubung.

    Sejak adanya akses internet dari BAKTI Komdigi pada 2022, kawasan wisata ini semakin diminati oleh pengunjung lokal maupun luar daerah. detikcom pun mencoba melakukan pengujian untuk mengetahui seberapa kencangnya kecepatan internet di pantai ini.

    Salah satunya, detikcom mencoba mengetesnya untuk menonton YouTube dengan provider Telkomsel. Menariknya, kami bisa memutar video YouTube dengan resolusi hingga 720P tanpa buffering. Selain itu, kami juga mencoba mengetes dengan video call teman yang berada di Jakarta. Kualitas gambar maupun suaranya cukup baik.

    Kami mencoba untuk mengetes kecepatan internetnya menggunakan aplikasi Speedtest by Ookla. Kami mengetesnya sebanyak 2 kali. Dipengujian pertama, kecepatan download tercatat berada di angka 20.7 Mbps dengan PING download sebesar 263 ms. Sedangkan untuk kecepatan upload sebesar 7,69 Mbps dengan PING 613 Ms. PING saat idle berada di angka 47 ms.

    Coba Internetan di Pantai Kampa, Nonton Youtube-Video Call Lancar Jaya Foto: Rafida Fauzia/detikcom

    Selang beberapa lama kemudian, kami kembali melakukan pengujian. Kecepatan internetnya untuk download tercatat meningkat di angka 31.6 Mbps dengan PING download sebesar 229 ms. Sedangkan untuk kecepatan upload sebesar 7,62 Mbps dengan PING 551 Ms. PING saat idle menurun ke angka 36 ms.

    Pantai Kampa kini terhubung dengan jaringan internet yang cukup stabil. Namun saat mencoba kecepatan internet menggunakan WiFi yang tercatat di kawasan homestay dapat mencapai 7,84 Mbps untuk download. Meski begitu, kecepatan ini cukup untuk kebutuhan browsing, video call, hingga menonton YouTube saat kami mencoba.

    Menurut Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Kadisparmudora) Konawe Kepulauan Zakaria Rasjid, hadirnya fasilitas internet di Pantai Kampa turut mendorong peningkatan jumlah wisatawan. Berdasarkan dari data kunjungan wisata Dispora Konawe Kepulauan, angkanya mengalami peningkatan sekitar 2-3 persen dari tahun-tahun sebelumnya sebelum ada fasilitas internet.

    “Sebelum adanya akses internet tentu menghambat jumlah kunjungan wisata karena pengunjung merasa kesulitan untuk berkomunikasi dengan keluarganya dan kami dinas pariwisata juga merasakan kesulitan untuk melakukan promosi dan pemasaran terhadap potensi di Pantai Kampa karena,” kata Zakaria kepada detikcom belum lama ini.

    “Tapi di dua tahun terakhir setelah adanya akses internet dari BAKTI Komdigi memberikan kontribusi besar terhadap jumlah pengunjung. Dan bahkan pengunjung sudah merasa nyaman berada di sana karena mereka bisa berkomunikasi dengan keluarganya secara lancar,” imbuhnya.

    Coba Internetan di Pantai Kampa, Nonton Youtube-Video Call Lancar Jaya Foto: Rafida Fauzia/detikcom

    Sebagai informasi, Konawe Kepulauan merupakan salah satu daerah yang kini merasakan manfaat langsung dari proyek Palapa Ring. Kehadiran titik interkoneksi internet di Wawonii ini menjadi angin segar bagi masyarakat setempat. Selain terdapat titik Network Operation Center (NOC) Palapa Ring, Konawe Kepulauan memiliki 119 titik akses internet yang tersebar di sekolah, kantor desa, tempat ibadah, dan hingga tempat wisata Pantai Kampa ini. BAKTI Komdigi juga telah membangun 35 tower BTS yang tersebar di seluruh kabupaten ini.

    detikcom bersama BAKTI Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) mengadakan program Tapal Batas untuk mengulas perkembangan ekonomi, wisata, infrastruktur, dan pemerataan akses internet di wilayah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar). Ikuti terus berita informatif, inspiratif, unik dan menarik dari program Tapal Batas di tapalbatas.detik.com!

    (akn/ega)

  • Starlink Dilarang Beroperasi di Kota Besar, Telkomsel Bilang Begini

    Starlink Dilarang Beroperasi di Kota Besar, Telkomsel Bilang Begini

    Jakarta, CNBC Indonesia – Komisi Pengawas Perlindungan Usaha (KPPU) merilis kajian soal layanan internet low-earth orbit (LEO) di Indonesia. Dalam kajian itu disebutkan layanan seperti Starlink sebaiknya beroperasi hanya di wilayah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar (3T).

    Terkait hal ini, VP Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, Saki Hamsat Bramono menjelaskan pihaknya memahami sistem komunikasi berbasis satelit menawarkan solusi untuk mengatasi tantangan geografis di wilayah 3T. Karena daerah tersebut memang sulit dijangkau oleh teknologi lain seperti fiber optic atau jaringan seluler.

    Kebijakan pemerintah diharapkan bisa menciptakan aturan main yang adil (equal playing field) di sektor telekomunikasi dan digital. Ini dilakukan dengan memastikan pemenuhan kewajiban serupa untuk seluruh pemain domestik maupun internasional.

    “Mencakup pendirian badan usaha di Indonesia, kepatuhan terhadap perpajakan, TKDN, sampai dengan aspek keamanan dan kedaulatan data,” kata Saki dalam keterangan yang diterima CNBC Indonesia, Selasa (10/12/2024).

    Dia menambahkan kolaborasi strategis antara penyedia layanan menjadi kunci untuk mewujudkan visi Indonesia Digital 2045. Selain memberikan dampak untuk Indonesia.

    “Dengan semangat menggerakkan kemajuan dan mendorong inovasi, Telkomsel percaya bahwa kolaborasi yang strategis antara penyedia layanan akan menjadi kunci dalam mewujudkan visi Indonesia Digital 2045, sekaligus memberikan dampak dan manfaat maksimal bagi bangsa dan negara secara inklusif dan berkelanjutan,” jelas dia.

    Dalam kajian KPPU, disebutkan layanan LEO harus bekerja sama dengan penyedia jasa telekomunikasi dan pelaku UMKM. Kemitraan itu dilakukan dengan mempertimbangkan kepentingan nasional.

    KPPU juga menyinggung soal layanan internet langsung ke ponsel atau Direct-to-Cell. Starlink diketahui telah meluncurkan layanan tersebut secara bertahap secara global.

    “Pengembangan teknologi satelit LEO juga dapat terus berkembang, di antaranya pengembangan teknologi Direct to Cell. Teknologi direct to cell ini berpotensi pelaku usaha penyedia jasa internet melalui LEO dapat menjadi pelaku usaha dominan di wilayah tersebut dan mengakibatkan persaingan usaha tidak sehat dengan pelaku usaha nasional yang tidak memiliki teknologi satelit LEO,” kata Direktur Ekonomi KPPU, Mulyawan Ranamenggala dalam keterangan resminya.

    (fab/fab)

  • Menkomidigi Minta Opsel Perkuat Internet di Jalur Utama, Jaga Konektivitas Nataru

    Menkomidigi Minta Opsel Perkuat Internet di Jalur Utama, Jaga Konektivitas Nataru

    Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Komunikasi dan Digital (Menkomdigi) Meutya Hafid meminta operator seluler untuk memperkuat jaringan telekomunikasi di sepanjang jalur transportasi utama untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat saat natal dan tahun baru. 

    Meutya mengatakan kestabilan dan kualitas jaringan telekomunikasi akan lebih diperhatikan pada jalur-jalur transportasi utama yang diprediksi akan mengalami lonjakan trafik pengguna.

    Untuk memuluskan hal tersebut, Kemkomdigi kata Meutya sudah berkoordinasi dengan operator telekomunikasi untuk memastikan bahwa seluruh jaringan seluler, internet, dan komunikasi data aman. 

    “Komdigi juga memantau penggunaan spektrum frekuensi radio, terutama di area-area yang diprediksi akan menjadi pusat keramaian, agar tidak terjadi gangguan yang dapat menghambat perjalanan ataupun komunikasi masyarakat,” kata Meutya dikutip, Selasa (10/12/2024).

    Tak hanya itu, Meutya menuturkan bahwa pihaknya juga menyiapkan kanal digital https://s.id/mudikpedia bagi masyarakat agar tidak kesulitan dalam mencari berbagai informasi yang dibutuhkan dalam melakukan perjalanan selama periode libur Natal dan Tahun Baru. 

    Tersedia dalam kanal tersebut aplikasi peta dan transportasi online hingga informasi kontak darurat yang dibutuhkan. Diharapkan, hal ini bisa memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi masyarakat.

    “Kami juga mengajak masyarakat untuk  mewaspadai terhadap berita-berita hoax yang mungkin muncul jelang Natal dan Tahun Baru yang dapat memicu permasalahan,” ujarnya.

    Di sisi lain, Menteri Perhubungan Dudy Purwagandhi juga menyampaikan pentingnya kolaborasi antar kementerian untuk memastikan kelancaran transportasi selama libur Nataru. 

    Dudy mengungkapkan bahwa sektor transportasi akan mengutamakan aspek keselamatan, kenyamanan, dan keamanan bagi para pemudik dan wisatawan, baik yang menggunakan moda transportasi darat, laut, maupun udara.

    Sebelumnya, Telkomsel memperkirakan peningkatan trafik data hingga 14,8%, dengan total payload mencapai 1.981 petabyte pada momen lebaran natal dan tahun baru 2024/2025 dibandingkan dengan nataru 2023/2024. 

    Telkomsel . Optimalisasi infrastruktur jaringan – baik 4G/LTE maupun 5G – telah  dilakukan secara menyeluruh, didukung uji jaringan di berbagai jalur utama dan lokasi strategis, guna mendukung kenyamanan pelanggan dalam mengakses layanan digital.

    Sementara itu, XL Axiata memprediksi terjadi peningkatan trafik sekitar 10% – 20% dibandingkan rata-rata trafik pada kondisi normal hari biasa. 

    XL Axiata perlu menyiapkan jaringan dengan kapasitas 2x lipat lebih besar dari hari normal agar dapat tetap aman jika terjadi lonjakan trafik yang signifikan.

     

  • Target Ambisius Telkomsel Punya 12,8 Juta Pelanggan 5G pada 2025 – Page 3

    Target Ambisius Telkomsel Punya 12,8 Juta Pelanggan 5G pada 2025 – Page 3

    “Kami berupaya memenuhi kebutuhan pelanggan, karena kalau kami lihat profil pelanggan 5G itu penggunaan datanya lebih besar,” tuturnya.

    Telkomsel memandang para pelanggan 5G ini sebagai high value-customer, karena memiliki kontribusi cukup besar dan penggunaan datanya juga tinggi.

    Sekadar informasi, ARPU atau rata-rata pendapatan per pengguna Telkomsel dengan layanan 5G itu sekitar 1,5 kali lipat lebih tinggi dibandingkan ARPU pelanggan biasa.

    Dilihat secara keseluruhan, rata-rata ARPU pelanggan 5G sekitar Rp 120.000 dengan penggunakan 2 kali lipat lebih banyak dari data 4G.

    Pelanggan yang haus akan data 5G pun dinilai akan memberikan dampak positif bagi Telkomsel. Selain itu, Telkomsel juga berupaya menggulirkan layanan internet yang empat kali lebih cepat dibandingkan 4G melalui 5G.

  • Telkomsel Luncurkan IndonesiaNEXT ke-9 dengan Kurikulum Berbasis AI

    Telkomsel Luncurkan IndonesiaNEXT ke-9 dengan Kurikulum Berbasis AI

    Jakarta, CNN Indonesia

    Telkomsel kembali menghadirkan program Corporate Social Responsibility (CSR) unggulan, IndonesiaNEXT ke-9, dengan tema #UpskillToInnovate.

    Program ini menjadi wujud nyata komitmen Telkomsel dalam mengimplementasikan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) untuk menciptakan inovasi yang berdampak di era digital.

    Melalui IndonesiaNEXT, Telkomsel berfokus memberdayakan generasi muda Indonesia dengan keterampilan digital mutakhir, termasuk teknologi berbasis kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/ AI).

    Inisiatif ini hadir sebagai solusi atas tantangan pendidikan tinggi di Indonesia, seperti ketimpangan akses, kesenjangan kualitas, dan ketidaksesuaian lulusan dengan kebutuhan industri.

    Di mana IndonesiaNEXT menawarkan pelatihan dan sertifikasi berbasis teknologi, kerangka pemetaan talenta, hingga kolaborasi dengan universitas dan organisasi internasional, guna mencetak talenta digital siap berkarya dan berdampak.

    VP Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, Saki H. Bramono, menyatakan, melalui IndonesiaNEXT, yang menjadi salah satu wujud penerapan prinsip ESG oleh perusahaan, Telkomsel berkomitmen memperluas akses generasi muda ke keterampilan digital yang relevan.

    “Kami ingin menginspirasi mereka untuk menjadi inovator yang menciptakan perubahan positif bagi bangsa,” kata Saki dalam keterangannya dikutip Minggu (8/12).

    IndonesiaNEXT ke-9 menawarkan hal baru

    • Kurikulum Generative AI: Membekali peserta dengan wawasan terkait tren teknologi terbaru.

    • Sertifikasi Teknologi: Sertifikasi berbasis kebutuhan terkini industri digital.

    • Kolaborasi Global: Melibatkan inkubator universitas dan organisasi internasional.

    • Kerangka Pemetaan Talenta: Memantau perkembangan peserta secara sistematis.

    Lima tahapan program IndonesiaNEXT ke-9

    1. National Webinar & Placement Test: Pelatihan digital bagi 1.000 peserta terpilih.

    2. Tech-Based Certification: Sertifikasi untuk 300 peserta terbaik.

    3. Ideation Bootcamp: Pengembangan keterampilan berbasis peran digital (Hustler, Hipster, Hacker).

    4. Digitalent Academy: Pengasahan advanced skillset sesuai peran digital bagi 24 peserta terbaik.

    5. Awarding: Penghargaan bagi tim dan individu terbaik di masing-masing kategori.

    Adapun pendaftaran IndonesiaNEXT ke-9 dibuka hingga 10 Maret 2025 untuk mahasiswa aktif dari semua jurusan.

    IndonesiaNEXT Goes to Campus juga akan menghadirkan National Lecture dan Screening Test di Universitas Indonesia pada 5 Desember 2024; Universitas Airlangga pada 13 Februari 2025.

    Kemudian, Universitas Gadjah Mada pada 18 Februari 2025; dan Telkom University pada 20 Februari 2025). Untuk pendaftaran dapat dilakukan melalui laman resmi indonesianext.co.id.

    Sebagai informasi, sejak 2016, IndonesiaNEXT telah diikuti oleh lebih dari 86.000 talenta dari 38 provinsi dan telah menghasilkan lebih dari 6.800 sertifikasi keterampilan digital.

    Program ini merupakan bagian dari peta jalan ekosistem inovasi digital Telkomsel, bersama program dan inisiatif lain seperti NextDev, Telkomsel Ventures, dan INDICO, dalam secara strategis mendukung pencapaian visi Indonesia Emas 2045.

    “Telkomsel percaya bahwa talenta digital adalah kunci transformasi serta keberlanjutan ekosistem dan ekonomi digital Indonesia. Melalui IndonesiaNEXT, kami ingin mencetak technopreneur andal yang siap membawa Indonesia menuju hari yang lebih baik dan masa depan gemilang,” kata Saki.

    (inh/inh)

  • IndonesiaNEXT ke-9 Hadir untuk Cetak 1.000 Talenta Digital

    IndonesiaNEXT ke-9 Hadir untuk Cetak 1.000 Talenta Digital

    Jakarta, CNBC Indonesia– Telkomsel kembali menghadirkan program IndonesiaNEXT ke-9 dengan tema #UpskillToInnovate. Program ini berfokus memberdayakan generasi muda Indonesia melalui keterampilan digital terkini, seperti teknologi berbasis kecerdasan buatan (AI).

    IndonesiaNEXT berupaya menjawab tantangan pendidikan tinggi di Indonesia. Termasuk ketimpangan akses, kesenjangan kualitas, dan relevansi lulusan dengan kebutuhan industri, sebagaimana dinyatakan Kementerian Pendidikan Tinggi, Sains, dan Teknologi.

    VP Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, Saki H. Bramono menyatakan, IndonesiaNEXT menawarkan pelatihan dan sertifikasi berbasis teknologi, kerangka pemetaan talenta, hingga kolaborasi dengan universitas dan organisasi internasional, guna mencetak talenta digital siap berkarya dan berdampak.

    “Melalui IndonesiaNEXT, yang menjadi salah satu wujud penerapan prinsip ESG oleh perusahaan, Telkomsel berkomitmen memperluas akses generasi muda ke keterampilan digital yang relevan. Kami ingin menginspirasi mereka untuk menjadi inovator yang menciptakan perubahan positif bagi bangsa,” ungkap dia dikutip Sabtu (7/12/2024).

    Program IndonesiaNEXT ke-9 meliputi kurikulum Generative AI untuk membekali peserta dengan wawasan terkait tren teknologi terbaru, lalu sertifikasi teknologi yakni sertifikasi berbasis kebutuhan terkini industri digital.

    Kemudian kolaborasi global dengan melibatkan inkubator universitas dan organisasi internasional dan kerangka pemetaan talenta yakni memantau perkembangan peserta secara sistematis

    Program IndonesiaNEXT ke-9 terdiri dari lima tahapan utama, antara lain National Webinar dan Placement Test, yakni pelatihan digital bagi 1.000 peserta terpilih, Tech-Based Certification yaitu sertifikasi untuk 300 peserta terbaik, dan Ideation Bootcamp berupa pengembangan keterampilan berbasis peran digital (Hustler, Hipster, Hacker).

    Kemudian Digitalent Academy yaitu pengasahan advanced skillset sesuai peran digital bagi 24 peserta terbaik, serta awarding yakni penghargaan bagi tim dan individu terbaik di masing-masing kategori.

    Adapun pendaftaran IndonesiaNEXT ke-9 dibuka hingga 10 Maret 2025 untuk mahasiswa aktif dari semua jurusan. Pendaftaran dapat dilakukan melalui laman resmi indonesianext.co.id.

    IndonesiaNEXT Goes to Campus juga akan menghadirkan National Lecture dan Screening Test di Universitas Indonesia (5 Desember 2024), Universitas Airlangga (13 Februari 2025), Universitas Gadjah Mada (18 Februari 2025), dan Telkom University (20 Februari 2025).

    Sejak 2016, IndonesiaNEXT diikuti oleh lebih dari 86.000 talenta dari 38 provinsi dan menghasilkan lebih dari 6.800 sertifikasi keterampilan digital. Program ini merupakan bagian dari peta jalan ekosistem inovasi digital Telkomsel, bersama program dan inisiatif lain, seperti NextDev, Telkomsel Ventures, dan INDICO, dalam secara strategis mendukung pencapaian visi Indonesia Emas 2045.

    “Telkomsel percaya bahwa talenta digital adalah kunci transformasi serta keberlanjutan ekosistem dan ekonomi digital Indonesia. Melalui IndonesiaNEXT, kami ingin mencetak technopreneur yang siap membawa Indonesia menuju hari yang lebih baik dan masa depan gemilang,” tambah Saki. 

    (bul/bul)

  • Biar Pelanggan Loyal, Customer Experience dan Digital Engagement Jadi Kunci

    Biar Pelanggan Loyal, Customer Experience dan Digital Engagement Jadi Kunci

    Jakarta: Perusahaan semakin mengutamakan customer experience dan digital engagement untuk mempertahankan loyalitas pelanggan. Customer experience merujuk pada keseluruhan perjalanan pelanggan saat berinteraksi dengan merek, yang kini semakin dipengaruhi oleh teknologi digital.
     
    Banyaknya konsumen yang mengandalkan teknologi untuk berbelanja dan mencari informasi, mengharuskan perusahaan dapat menyediakan pengalaman yang konsisten dan personal di berbagai platform digital. Dengan penggunaan alat digital memungkinkan perusahaan untuk memahami perilaku pelanggan.
     
    Customer Satisfaction Division Head PT Sharp Electronics Indonesia Lise Tiasanty menyampaikan, upaya perusahaan dalam menghadapi tantangan di era digital, dengan menyediakan layanan yang cepat melalui berbagai saluran komunikasi. Ia mengakui tidak mudah untuk memobilisasi seluruh layanan.
    “Bagaimana bisa memobilisasi mereka supaya bisa memberikan respon yang cepat kepada konsumen. Bagaimana bisa mengirimkan spare parts yang  dari Jakarta bisa diterima di Jayapura dengan cepat,” kata dia dalam seminar “Creating Memorable Customer Journey: Integrating Customer Experience and Digital Engagement” dilansir di Jakarta, Sabtu, 7 Desember 2024.
     
    Oleh karenanya, pada 2021 Sharp meluncurkan layanan service center berbasis sistem artificial intelligence bernama Sharp Artificial Intelligence Virtual Assistant (SALLI) yang tersedia dalam 24 jam. SALLI dapat diakses melalui WhatsApp untuk layanan purnajual, program penjualan terkini, hingga customer service.
     

     
    Selain itu, Sharp memiliki jaringan layanan 638 service point di seluruh Indonesia, termasuk wilayah terpencil. Lise menambahkan bahwa inovasi ini telah meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan Sharp menjadi 98,7 persen, mengalami kenaikan signifikan dari 87,7 persen pada tahun sebelumnya.
     
    Head of Strategy Development PT HM Sampoerna Tbk Shirley Lesmana menceritakan dampak signifikan bagi UMKM lokal dan perekonomian melalui Sampoerna Retail Community (SRC). Dimulai pada 2008 dengan 57 toko, program ini kini telah berkembang menjadi 250 ribu toko anggota di seluruh Indonesia. 
     
    Menurutnya, keberhasilan SRC terletak pada pengalaman pelanggan dan hubungan sesama pemilik toko. Dengan inovasi ini, SRC tidak hanya meningkatkan omzet toko tetapi juga mendukung pertumbuhan UMKM melalui program Pojok Lokal, yang memperkenalkan produk lokal di toko-toko anggota. 
     
    “Adapun SRC mengimplementasikan platform digital AYO untuk meningkatkan efisiensi bisnis, dengan 90 persen toko sudah terdigitalisasi. Platform ini membantu meningkatkan omzet toko hingga 42 persen dan menghasilkan transaksi tahunan sebesar Rp5,6 triliun,” ungkapnya.
     
    Untuk itu, SWA dan Business Digest memberikan penghargaan bagi perusahaan dengan customer experience dan digital engagement terbaik. Penghargaan diberikan kepada perusahaan yang berhasil menciptakan pengalaman pelanggan yang luar biasa serta implementasi strategi engagement konsumen.
     
    Adapun para penerima Indonesia Customer Experience Award 2024 di antaranya PT Telekomunikasi Selular, IndiHome, GraPARI, PT Bank Syariah Indonesia Tbk, PT Sharp Electronics Indonesia, First Media powered by XL Axiata, KMN EyeCare, ASPIRA dan AXA Mandiri Financial Services.
     
    Sementara Indonesia Customer Experience Champions 2024 diberikan kepada PT Bank Central Asia Tbk, PT HM Sampoerna Tbk, AXA Insurance Indonesia, Astra UD Trucks, Urban Republic, Edelweiss Hospital, Telkom Infra dan PT Nusantara Inti Solusindo.
     
    Kemudian penerima Indonesia Digital Customer Engagement Champions in Services Industry di antaranya adalah Bank DBS Indonesia, PT Finnet Indonesia, Baznas RI, PT Great Eastern Life Indonesia dan PT Infomedia Nusantara.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (END)

  • Cara Lacak Lokasi Orang Pakai WhatsApp, Email dan Google Maps, Mudah!

    Cara Lacak Lokasi Orang Pakai WhatsApp, Email dan Google Maps, Mudah!

    Daftar Isi

    Jakarta, CNBC Indonesia – Kemajuan teknologi memungkinkan pengguna untuk melakukan semua hal dengan mudah, termasuk untuk melacak lokasi orang hingga HP yang hilang.

    Kita bisa melacak lokasi seseorang jika sedang janjian dengan mereka di suatu tempat. Sejumlah platform memastikan titik yang akurat sesuai dengan keberadaan mereka.

    Selain itu, cara-cara ini juga bisa digunakan untuk melacak lokasi HP yang hilang. Perlu diingat, untuk mencari titik lokasi perlu mengetahui nomor HP orang atau perangkat yang tengah dicari.

    Beberapa platform memiliki fitur yang bisa digunakan untuk mencari lokasi berdasarkan kontak orang lain.

    Simak cara berikut untuk mencari lokasi orang lain, dirangkum CNBC Indonesia dari berbagai sumber:

    Menggunakan WhatsApp Web

    1. Buka WhatsApp Web

    2. Masuk ke pesan orang yang ingin dilacak lokasinya. Bisa juga meminta orang tersebut mengirimkan pesan lagi, jika pesan terakhir sudah tidak ada. Ini berguna untuk mendapatkan alamat IP orang tersebut.

    3. Berikutnya tekan tombol Ctrl+Alt+Del secara bersamaan. Kombinasi tersebut akan membuat Anda masuk ke Task Manager.

    4. Tekan Windows+R bersamaan.

    5. Klik cmd dan ketuk tombol Enter

    6. Saat command prompt muncul, klik netstat dan tekan Enter

    7. Catat alamat IP yang muncul

    8. Berikutnya menuju ke https://www.ip-adress.com/ip_tracer/ dan lacak lokasi orang tersebut dengan memasukkan alamat IP yang didapatkan sebelumnya.

    Menggunakan Google Maps

    1. Buka aplikasi Google Maps

    2. Masuk ke menu Option dan menuju ke Friend List atau Daftar Teman. Berikutnya pilih Add Friend atau Tambah Teman

    3. Undang nomor HP orang yang ingin diketahui lokasinya

    4. Pastikan nomor HP tersebut sudah menerima undangan tersebut

    5. Klik kontak yang ingin dilacak. Berikutnya Google Maps akan mencarinya secara otomatis dan memberitahu lokasi orang tersebut.

    Menggunakan Satelit

    1. Buka aplikasi Google Maps di HP yang ditargetkan.

    2. Klik tombol menu

    3. Pilih menu lokasi, dan berikutnya masuk ke laman bagikan lokasi dan klik mulai

    4. Terdapat opsi waktu berbagi lokasi, dari “Selama 1 Jam” atau “Hingga dinonaktifkan”. Klik Lainnya

    5. Masukkan nomor atau email Anda yang ingin digunakan untuk melacak HP target. Klik kirim.

    Menggunakan Email

    1. Buka aplikasi gmail melalui PC atau laptop

    2. Login akun email HP yang ditargetkan

    3. Pilih ikon titik sembilan. Berikutnya klik menu akun Google dan menuju Buka Aktivitas Saya

    4. Klik Kelola Aktivitas

    Menggunakan Geofind

    1. Masuk ke www.geofind-id.com

    2. Pilih negara dan masukkan nomor HP yang dilacak

    3. Masukkan email Anda dan beri persetujuan pada Syarat dan Ketentuan Umum

    4. Masukkan nomor kartu kredit dan lengkapi data yang dibutuhkan

    5. Akan ada masa trial dengan waktu tertentu pada penggunaan awal. Pelajari cara membatalkan langganan saat ingin berhenti langganan.

    Menggunakan Operator Seluler

    1. Telkomsel : Buka menu panggilan dan ketik *250#. Setelah itu akan muncul tampilan “Lihat/Edit daftar teman”, dan masukkan nomor HP yang ingin dicek lokasinya. Selain itu juga bisa mengirim SMS ke 5200 dengan format “Teman Nama Nomor”.

    2. Indosat : Ketik *777*6*6# dan pilih menu lokasi keluarga. Selain itu juga bisa SMS ke nomor 9111 dan kirim dengan format “CARI NoHP”.

    3. XL : Keti kode dial up *123*573*1# dan pilih menu Lokasi Keluarga. Anda juga bisa mengirimkan SMS ke 9111 dengan format CARI NoHP

    (fsd/fsd)

  • Top 3 Tekno: Cara Aman Beli Smartphone hingga Prediksi Telkomesl Soal Trafik Internet Saat Nataru – Page 3

    Top 3 Tekno: Cara Aman Beli Smartphone hingga Prediksi Telkomesl Soal Trafik Internet Saat Nataru – Page 3

    Telkomsel memprediksi terjadi peningkatan trafik data hingga 14,8 persen pada momen Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2025.

    Kenaikan trafik internet tersebut didorong peningkatan akses dari kategori media sosial mencapai sekitar 23 persen, video streaming 15,4 persen, gaming 13,7 persen, dan layanan komunikasi diprediksi meningkatkan trafik hingga 10,7 persen.

    Direktur Network Telkomsel Indra Mardiatna mengatakan, Telkomsel memperkirakan total payload mencapai 1.981 petabyte.

    Baca Selengkapnya di Sini

  • Pengamat Beberkan Tantangan Telkom di Era Perubahan

    Pengamat Beberkan Tantangan Telkom di Era Perubahan

    Jakarta, CNBC Indonesia – Pengamat telekomunikasi sekaligus Direktur Eksekutif Information and Communication Technology(ICT) Institute Heru Sutadi mengatakan ancaman disrupsi dan transformasi digital jadi tantangan bagi PT Telkom Indonesia (Telkom). Namun, ujarnya, Telkom berhasil survive di tengah ancaman yang harus dijalani tersebut. Meski tren bisnis ke arah over-the-top (OTT) di mana infrastruktur lebih banyak mengeluarkan anggaran untuk pembangunan sementara OTT yang mendapat hasil lebih besar.

    Dia mengatakan, dengan waktu yang panjang Direktur Utama PT Telkom Indonesia Ririek Adriansyah memimpin Telkom dengan dinamika perubahannya.

    Kemudian juga perkembangan digital membuat Telkom juga harus bertransformasi dengan cepat apalagi merupakan perusahaan telekomunikasi dan ICT. Sampai sekarang bisnis Telkom tetap tumbuh, meski memang ada tren penurunan. “Dibanding pemain telekomunikasi lainnya yang tinggal nama, Telkom Group masih terdepan,” ujar Heru saat dihubungi di Jakarta, dikutip Sabtu (7/12/2024).

    Heru menyebutkan SDM Telkom juga sangat mumpuni dan dipakai di banyak BUMN, sehingga kinerja Ririek perlu diapresiasi.

    “Walaupun memang dengan perkembangan model bisnis seperti FMC kemudian trend InfraCo, maka PR dan tantangan Telkom sangat dinamis dan terus ada sehingga kerja terus harus dilakukan,” kata Heru.

    Heru menilai sebenarnya direksi Telkom bekerja sangat maksimal, hanya komisaris Telkomnya sangat politis dan relawan sekali, padahal harusnya Telkom mesti dikembangkan secara profesional.

    Ia menekankan, harus ada kebijakan dari Presiden Prabowo Subianto agar BUMN besar dikelola profesional. “Relawan atau politisi kalau harus masuk Komisaris BUMN, mungkin bisa ditempatkan di perusahaan yang kompetisinya rendah dan penguasaan lokal tinggi, sementara industri telekomunikasi kan kompetisi tinggi dan pemain banyak dari negara luar, ada Singtel, ada Qatar, atau Malaysia,” ujar Heru.

    Perjalanan Ririek Adriansyah

    Ririek Adriansyah memulai kariernya di Telkom pada 1990. Perjalanan Ririek menuju posisi puncak di perusahaan telekomunikasi terbesar di Tanah Air ini penuh dengan liku-liku perjuangan panjang yang mengesankan.

    Pria kelahiran 2 September 1963 ini tumbuh dan besar di Yogyakarta. dengan masa kecil yang penuh tantangan. Bahkan untuk sekadar bisa mendapatkan uang tambahan, Ririek kecil pernah menjadi pemungut puntung rokok.

    Ia mengenang di masa itu anak-anak kalau mau memperoleh tambahan uang pilihannya hanya dua, yaitu menjadi kondektur angkot atau tukang puntung. Dengan kondisi ekonomi yang serba terbatas, Ririek semasa sekolah tetap tekun belajar. Hingga kemudian setelah lulus SMA, Ririek berhasil meneruskan pendidikan ke Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan Teknik Elektro.

    Ketika itu Ririek memperoleh beasiswa dari Telkom, perusahaan yang kemudian menjadi tempatnya menempuh perjalanan panjang kariernya di dunia telekomunikasi yang dimulai tahun 1990. Seiring berjalannya waktu, Ririek menapaki berbagai posisi penting di anak perusahaan Telkom. Pada periode 2004-2008, Ririek dipercaya menjabat sebagai Deputy EGM Divisi Infratel, PT Telkom.

    Selanjutnya Ririek pindah ke PT Telin, anak perusahaan Telkom yang bergerak di bidang layanan internasional. Di perusahaan ini Ririek menjabat sebagai Director of International Carrier Services pada 2008-2010 dan kemudian Director of Marketing and Sales hingga 2011. Perjalanan karier Ririek terus menanjak, hingga ia menduduki posisi President Director PT Telin pada 2011-2012.

    Kemudian pada 2012, Ririek balik ke PT Telkom sebagai Director of Compliance and Risk Management selama satu tahun. Lalu ia menjabat sebagai Director of Wholesale & International Service hingga tahun 2014. Puncak karier Ririek di anak perusahaan Telkom ketika ia diangkat menjadi Direktur Utama Telkomsel pada Januari 2015 hingga Mei 2019.

    Di bawah komando Ririek, Telkomsel berhasil tumbuhan signifikan hingga menjadikannya sebagai pemimpin yang diakui di industri telekomunikasi Indonesia. Tak berhenti di Telkomsel, karier Ririek terus melejit.

    Foto: Direktur Utama PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, Ririek Adriansyah dalam Tech & Telco Forum 2024 di Menara Bank Mega, Jakarta, Jumat (5/7/2024). (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)
    Direktur Utama PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, Ririek Adriansyah dalam Tech & Telco Forum 2024 di Menara Bank Mega, Jakarta, Jumat (5/7/2024). (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

    Ririek Menakhodai Telkom Terus Bertransformasi Jadi Pemain Global

    Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Telkom Tahun Buku 2018, Ririek dipilih sebagai Direktur Utama PT Telkom Indonesia. Atas jasanya dalam menakhodai Telkom, Ririek yang merupakan teman satu angkatan politikus senior PDIP Pramono Anung di ITB, dianugerahi Bintang Jasa Nararya oleh negara.

    Ririek juga dikenal sebagai pemimpin yang berani dan visioner. Dengan kepiawaiannya, Ririek yang saat ini sudah lebih dari 12 tahun dipercaya menjabat Direksi Telkom, sejak 18 Mei 2023 mulai berinvestasi di PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO). Ketika itu Telkom membeli 29,708 lembar saham GOTO senilai US$ 150 juta atau setara Rp2,1 triliun. Selain Telkom, anak usahanya Telkomsel juga memiliki 59.417 lembar saham tambahan dari opsi pembelian saham atau senilai US$ 300 juta, setara Rp4,29 triliun. Secara total, investasi Telkom di GOTO mencapai US$450 juta, atau setara Rp6,4 triliun.

    Di GOTO ini, konglomerat Garibaldi Thohir atau biasa dikenal dengan Boy Thohir, kakak dari Menteri BUMN Erick Thohir, menggenggam saham sebanyak 1,05 miliar saham. Sebelumnya, Boy Thohir sempat memegang jabatan Komisaris Utama di GOTO. Namun, pada pertengahan 2023 memutuskan mundur.

    Oleh Ririek, GOTO dijadikan sebagai salah satu ladang pendapatan dalam investasi Telkom di masa depan. “Kalau secara accounting, naik-turunnya harga saham itu akan berpengaruh, tapi bukan di operasional,” kata Ririek di Kementerian BUMN Jakarta, beberapa waktu lalu.

    Sebagai profesional yang mumpuni, Ririek yang tak pernah berkarier di perusahaan lain kecuali Telkom Group, kini terus berupaya menyukseskan langkah transformasi yang tengah Telkom lakukan, serupa dengan yang ia terapkan di setiap anak tangga kariernya, yaitu terus bertransformasi. Di bawah nakhoda Ririek, Telkom mengusung misi besar perusahaan untuk menuju transformasi digital menjadi pemain global. “Bagi saya, seorang pemimpin yang hebat tidak akan pernah berhenti untuk belajar,” tutur Ririek yang tak tergantikan jabatannya sebagai Dirut Telkom hingga saat ini.

    (dce/dce)