BUMN: PT Telekomunikasi Selular

  • BRI Sukseskan Program Makan Bergizi Gratis melalui Pembiayaan dan Pemberdayaan

    BRI Sukseskan Program Makan Bergizi Gratis melalui Pembiayaan dan Pemberdayaan

    Jakarta: Sebagai perusahaan BUMN yang memiliki komitmen kuat dalam mendukung keberhasilan program-program pemerintah, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menegaskan komitmen dalam menyukseskan program Makan Bergizi Gratis (MBG).
     
    Inisiatif ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pemberian makanan bergizi kepada kelompok rentan, seperti anak-anak, ibu hamil, dan keluarga prasejahtera, guna mendukung terciptanya generasi Indonesia yang lebih sehat dan produktif.
     
    Pemerintah berkomitmen mengatasi masalah gizi sebagai langkah dasar untuk menciptakan generasi penerus yang kuat dan berpotensi menjadi pilar kemajuan bangsa, demi mewujudkan cita-cita Indonesia Emas 2045.
    Salah satu Asta Cita visi pemerintahan Presiden Prabowo Subianto, khususnya Asta Cita ke-4 yaitu, “Memperkuat pembangunan sumber daya manusia (SDM), sains, teknologi, pendidikan, kesehatan, prestasi olahraga, kesetaraan gender, serta penguatan peran perempuan, pemuda, dan penyandang disabilitas.”
     

    Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir menunjuk delapan perusahaan BUMN untuk berkolaborasi menyukseskan program MBG. Delapan BUMN tersebut yakni BRI, BNI, Mandiri, Telkomsel, PLN, PGN, ID Survey, dan Pupuk Indonesia. 
     
    Erick juga telah menginstruksikan perintah penting untuk delapan BUMN tersebut. Khusus untuk BRI agar menyiapkan skema pinjaman bagi supplier pelayanan gizi.
     
    “BRI harus menyiapkan skema pinjaman bagi bagi supplier satuan pelayanan gizi. Ini untuk memastikan pasokan bahan baku makanan bergizi,” ucap Erick. 
     
    BRI pun menyambut baik arahan Menteri BUMN tersebut. Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan BRI berkomitmen dalam mendukung program Makan Bergizi Gratis yang dicanangkan pemerintah.
     

    Direktur Utama BRI Sunarso (Foto:Dok.BRI)
     
    “Investasi yang penting adalah human capital, dan kalau mau memperbaiki human capital, perbaiki dulu nutrisi dan pangan, oleh karenanya program MBG sangat sesuai dengan hal ini. Dan kemudian kita tunggu, untuk pemerataan butuh inklusivitas pertumbuhan ekonomi,” ujar Sunarso.
     

    Baca juga: Chatbot BRI Sabrina Raih Anugerah Khusus di Ajang Anugerah Inovasi Indonesia 2024

    Sementara itu, Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengungkapkan BRI berkomitmen untuk memberikan pembiayaan kepada pelaku UMKM yang menjadi pemasok atau yang terlibat dalam pengadaan MBG. “Harapannya dengan adanya pemberdayaan BRI akan meningkatkan omset dan skala usahanya,” ujar Supari.
     
    BRI sendiri telah membukukan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp175,66 triliun per akhir November 2024. Supari menjelaskan bahwa jumlah tersebut diberikan kepada 3,7 juta debitur UMKM, terutama pada sektor-sektor produktif seperti pertanian, perdagangan, dan perikanan. “Melalui KUR, kami tidak hanya menyediakan pembiayaan, tetapi juga memberdayakan UMKM agar mampu tumbuh lebih berkelanjutan.
     
    Lebih lanjut, ia menjelaskan sektor pertanian menjadi penopang utama dalam penyaluran KUR perseroan. Realisasi kredit BRI terhadap sektor pertanian mencapai Rp69,60 triliun, setara dengan 39,62 persen dari keseluruhan pembiayaan serupa.
     
    Capaian tersebut menunjukkan komitmen BRI sebagai bank yang mengimplementasikan Asta Cita dalam mendukung pemberdayaan UMKM di seluruh Indonesia untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ROS)

  • Sambut Libur Natal dan Tahun Baru 2025 BUMN Kolaborasi Siapkan Asuransi Perjalanan dan Kebakaran – Halaman all

    Sambut Libur Natal dan Tahun Baru 2025 BUMN Kolaborasi Siapkan Asuransi Perjalanan dan Kebakaran – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT Asuransi Jasa Indonesia (Asuransi Jasindo) terus menunjukkan komitmennya  dalam memberikan pelayanan terbaik melalui berbagai inovasi produk terbaru untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia, khususnya pada momentum libur Nataru (libur Natal dan Tahun Baru 2025).

    Menurut Direktur Utama Asuransi Jasindo, Andy Samuel, liburan Nataru menjadi momentum untuk menggerakkan ekonomi di seluruh Indonesia.

    Karena di momen itulah masyarakat bepergian dan akan menghasilkan multiplier effect ekonomi yang luar biasa.

    Melalui liburan Nataru, daya beli masyarakat akan tumbuh di seluruh penjuru daerah di Indonesia. Sehingga ini sejalan dengan visi pertumbuhan ekonomi yang dicanangkan Presiden RI Prabowo Subianto

    “Untuk memproteksi masyarakat yang bepergian tersebut, Jasindo hadir memberikan kenyamanan dan menghilangkan rasa was-was melalui Jasindo Travel Insurance,” tutur Andy Samuel dalam pernyataannya, Jumat(13/12/2024).

    Pada kesempatan yang sama Direktur Bisnis Strategis Asuransi Jasindo, Syah Amondaris menjelaskan bahwa produk asuransi perjalanan yang ditawarkan memiliki jaminan yang cukup luas, mulai dari perlindungan atas risiko selama perjalanan hingga perlindungan rumah tinggal dengan nilai pertanggungan hingga Rp100 juta untuk perjalanan domestik, sedangkan untuk perjalanan internasional Non-Schengen mencapai USD 10.000 dan Schengen USD 50.000 per orang.

    Adapun pilihan premi mencakup domestik Rp5.000 per hari, internasional Non-Schengen Rp120.000 per hari, dan internasional Schengen Rp200.000 per hari. Pembelian produk ini dapat dilakukan dengan mudah melalui pemindaian QR Code atau akses ke situs resmi Jasindo.

    “Bagi yang bepergian menggunakan pesawat melalui Bandara Soekarno-Hatta hanya cukup lakukan pemindaian QR Code di beberapa digital wall yang tersedia, ini merupakan kerja sama kami dengan In Journey,” tambah Syah Amondaris.

    Sementara itu selain bagi pemudik yang ingin kembali ke kampung halamannya, Andy menambahkan, Jasindo juga memberikan perlindungan kepada masyarakat yang ingin menikmati liburan berkumpul dengan keluarga di rumah masing-masing. Asuransi Jasindo juga berkolaborasi dengan IndiHome yang merupakan bagian dari PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) dengan menghadirkan produk asuransi proteksi pelanggan IndiHome bertajuk “Puas Internetan, Dapatkan Ekstra Perlindungan”.

    Sedangkan untuk asuransi proteksi pelanggan IndiHome, Asuransi Jasindo memberikan perlindungan ekstra dengan jaminan yang lengkap.

    “Pelanggan baru IndiHome bisa mendapatkan santunan apabila terjadi risiko kebakaran terhadap rumah tinggal, serta perlindungan personal lainnya bagi pemilik polis,” kata Andy.

    Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan Produk ini dapat diakses melalui laman resmi Jasindo​. Dengan premi sebesar Rp15.000 per bulan, pelanggan mendapatkan gratis premi untuk tiga bulan pertama dengan manfaat perlindungan yang ditawarkan berupa santunan kebakaran rumah tinggal hingga Rp​ 20 juta dan terdapat tambahan manfaat perlindungan personal bagi pemegang polis hingga Rp​ 25 juta.

    Kolaborasi antara Asuransi Jasindo dengan ekosistem BUMN ini diharapkan dapat memberikan rasa aman tambahan bagi masyarakat dalam menghadapi momentum Nataru sekaligus memperkuat posisi Asuransi Jasindo sebagai perusahaan asuransi yang inovatif dalam memberikan perlindungan asuransi kerugian di Indonesia.

    Asuransi Jasindo telah berpengalaman selama lebih dari 50 tahun dalam memberikan perlindungan asuransi bagi pelaku bisnis dan masyarakat Indonesia, serta berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan(OJK).

     

  • Telkomsel Raih Glotel Awards 2024 Berkat Digital Hyper AI Ecosystem

    Telkomsel Raih Glotel Awards 2024 Berkat Digital Hyper AI Ecosystem

    Bisnis.com, LONDON – Telkomsel kembali meraih penghargaan internasional bergengsi Global Telecom (Glotel) Awards 2024 dalam kategori Delighting the Customer. Penghargaan ini diraih atas proyek inovatif Digital Hyper Ecosystem Telkomsel yang telah mentransformasi MyTelkomsel dari aplikasi utilitas dasar menjadi platform gaya hidup digital yang holistik.

    Diserahkan pada Kamis, 21 November 2024, di London, Inggris, pengakuan internasional ini semakin memperkuat komitmen Telkomsel untuk memberikan pengalaman digital yang semakin baik bagi pelanggan.

    Glotel Awards merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Telecoms.com dari Inggris, yang memberikan penghargaan bagi inovasi dan keunggulan dalam industri telekomunikasi global.

    Kategori Delighting the Customer khusus memberikan apresiasi kepada produk, layanan, atau inisiatif yang mampu menghadirkan pengalaman pelanggan yang luar biasa dan memberikan dampak nyata terhadap kepuasan pelanggan.

    Perbesar

    Direktur Marketing Telkomsel, Derrick Heng, menyatakan, “Bagi kami di Telkomsel, pelanggan selalu menjadi prioritas utama. Melalui pengembangan ekosistem digital yang terpadu dan terus ditingkatkan di MyTelkomsel, kami berusaha mempermudah kebutuhan sehari-hari pelanggan sekaligus memberikan pengalaman digital yang lebih menyenangkan. Pengakuan ini menjadi penyemangat bagi kami untuk terus berinovasi dan menghadirkan layanan yang benar-benar bermanfaat bagi semua.”

    Transformasi MyTelkomsel telah menghadirkan berbagai layanan terpadu dalam satu aplikasi, mulai dari hiburan seperti musik, film, dan games, hingga fitur gaya hidup seperti kesehatan, perjalanan, dan e-commerce. Telah diunduh lebih dari 100 juta kali dan memiliki hingga 50 juta pengguna aktif bulanan, MyTelkomsel kini menjadi pusat dari berbagai layanan digital di ekosistem.

    Melalui pendekatan end-to-end Telkomsel dalam menggunakan kecerdasan buatan (Hyper AI), seperti dengan Smart Search dan Asisten Virtual Veronika, MyTelkomsel menciptakan pengalaman yang lebih mulus, intuitif, dan efisien bagi para pengguna.

    Beberapa inovasi yang menjadi bagian dari transformasi MyTelkomsel, antara lain:

    ·  Hiburan Lengkap dalam Satu Platform: Kolaborasi MyTelkomsel dengan LangitMusik, MAXstream, Dunia Games, dan Majamojo menghadirkan akses ke berbagai konten digital, mulai dari musik, film, hingga games.

    ·  Fitur Gaya Hidup yang Praktis: Pengguna kini dapat memanfaatkan aplikasi untuk belanja daring, melacak aktivitas kebugaran, memesan tiket pesawat, hingga mengetahui lokasi bagasi di bandara.

    ·   Kemudahan dengan Hyper AI Terintegrasi: Smart Search dan Veronika mempermudah pengguna menemukan fitur yang dibutuhkan, sekaligus mengoptimalkan efisiensi operasional Telkomsel.

    Informasi selengkapnya tentang penghargaan ini dapat diakses pada laman Glotel Awards 2024.

  • Telkomsel-Max Rilis Paket Premium Rp49 Ribu untuk Streaming Berkualitas

    Telkomsel-Max Rilis Paket Premium Rp49 Ribu untuk Streaming Berkualitas

    Bisnis.com, JAKARTA – Telkomsel, sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, bekerja sama dengan Warner Bros. Discovery, menghadirkan akses premium ke layanan streaming Max melalui paket bundling premium Telkomsel-Max. Pelanggan Telkomsel kini dapat lebih mudah menikmati berbagai film berkualitas kelas dunia.

    Ragam paket bundling premium yang dapat dipilih oleh pelanggan, yakni:

    ·        Max Mobile: Streaming dengan kuota 4GB selama 30 hari, seharga Rp49ribu melalui perangkat mobile/tablet

    ·        Max Standard: Streaming dengan kuota 5GB selama 30 hari, seharga Rp79ribu hingga 2 perangkat secara bersamaan dengan kualitas Full HD.

    ·        Max Ultimate: Streaming dengan kuota 9GB selama 30 hari, seharga Rp119ribu di 4 perangkat secara bersamaan dalam kualitas 4K Ultra HD.

    Pelanggan dapat membeli paket bundling premium tersebut melalui MyTelkomsel, telkomsel.com atau UMB *465#.

    Max sendiri adalah layanan streaming terbaru di Asia Tenggara, Taiwan, dan Hong Kong yang menghadirkan hiburan berkualitas. Pelanggan dapat menikmati berbagai fitur baru di platform Max yang mempermudah pengalaman streaming, seperti membuat hingga 5 profil unik per akun dengan opsi personalisasi avatar; fitur yang mendukung eksplorasi katalog konten yang efisien; serta fitur kendali orang tua untuk tayangan anak.

    Melalui Max, pelanggan juga dapat mengakses film blockbuster, serial terbaru, film hits ikonik, konten real-life menarik, dan film favorit keluarga dalam satu tempat, termasuk HBO Original series Dune: Prophecy and The Penguin, Joker: Folie à Deux, EXPEND4BLES, Harry Potter, The Lord of the Rings, dan masih banyak lagi.

    VP Digital Lifestyle Telkomsel, Lesley Simpson, mengatakan “Kolaborasi Telkomsel dan Max dalam menghadirkan paket bundling premium Telkomsel-Max merupakan wujud nyata komitmen Telkomsel untuk memberikan pengalaman digital terbaik bagi pelanggan. Sesuai dengan visi kami menjadi penyedia layanan telekomunikasi digital terbaik di kawasan ini, kami terus berinovasi salah satunya melalui kehadiran layanan streaming Max bagi semua pelanggan.”

    Senior Vice President dan General Manager Warner Bros. Discovery Greater China and SEA, Tony Qiu menambahkan, “Telkomsel dan Warner Bros. Discovery berharap paket bundling premium ini dapat mempermudah pelanggan untuk mengakses konten kelas dunia. Dengan menyediakan akses ke serial eksklusif dan film blockbuster Hollywood, kami mendukung masyarakat Indonesia untuk menikmati hiburan berkualitas tinggi yang mudah diakses dan terjangkau.” 

    Informasi lebih lanjut tentang paket bundling premium Telkomsel-Max dapat diakses di telkomsel.com/video/max

  • Telkomsel Raih Penghargaan Internasional Global Telecom Awards

    Telkomsel Raih Penghargaan Internasional Global Telecom Awards

    Jakarta, CNBC Indonesia – Telkomsel kembali meraih penghargaan internasional bergengsi Global Telecom (Glotel) Awards 2024 dalam kategori Delighting the Customer. Penghargaan ini diraih atas proyek inovatif Digital Hyper Ecosystem Telkomsel yang mentransformasi MyTelkomsel dari aplikasi utilitas dasar menjadi platform gaya hidup digital yang holistic

    Glotel Awards merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Telecoms.com dari Inggris, yang memberikan penghargaan bagi inovasi dan keunggulan dalam industri telekomunikasi global. Kategori Delighting the Customer khusus memberikan apresiasi kepada produk, layanan, atau inisiatif yang mampu menghadirkan pengalaman pelanggan yang luar biasa dan memberikan dampak nyata terhadap kepuasan pelanggan.

    Direktur Marketing Telkomsel, Derrick Heng menyatakan, pengakuan internasional ini semakin memperkuat komitmen Telkomsel untuk memberikan pengalaman digital yang semakin baik bagi pelanggan.

    “Bagi kami di Telkomsel, pelanggan selalu menjadi prioritas utama. Melalui pengembangan ekosistem digital yang terpadu dan terus ditingkatkan di MyTelkomsel, kami berusaha mempermudah kebutuhan sehari-hari pelanggan sekaligus memberikan pengalaman digital yang lebih menyenangkan. Pengakuan ini menjadi penyemangat bagi kami untuk terus berinovasi dan menghadirkan layanan yang benar-benar bermanfaat bagi semua,” ungkap dia dikutip Jumat (13/12/2024).

    Transformasi MyTelkomsel menghadirkan berbagai layanan terpadu dalam satu aplikasi, mulai dari hiburan seperti musik, film, dan games, hingga fitur gaya hidup seperti kesehatan, perjalanan, dan e-commerce. Diunduh lebih dari 100 juta kali dan memiliki hingga 50 juta pengguna aktif bulanan, MyTelkomsel kini menjadi pusat dari berbagai layanan digital di ekosistem.

    Melalui pendekatan end-to-end Telkomsel dalam menggunakan kecerdasan buatan (Hyper AI), seperti dengan Smart Search dan Asisten Virtual Veronika, MyTelkomsel menciptakan pengalaman yang lebih mulus, intuitif, dan efisien bagi para pengguna.

    Berikut inovasi yang menjadi bagian dari transformasi MyTelkomsel

    – Hiburan Lengkap dalam Satu Platform

    Kolaborasi MyTelkomsel dengan LangitMusik, MAXstream, Dunia Games, dan Majamojo menghadirkan akses ke berbagai konten digital, mulai dari musik, film, hingga games.

    – Fitur Gaya Hidup yang Praktis

    Pengguna kini dapat memanfaatkan aplikasi untuk belanja daring, melacak aktivitas kebugaran, memesan tiket pesawat, hingga mengetahui lokasi bagasi di bandara.

    – Hyper AI Terintegrasi

    Smart Search dan Veronika mempermudah pengguna menemukan fitur yang dibutuhkan, sekaligus mengoptimalkan efisiensi operasional Telkomsel. 

    (bul/bul)

  • Telkomsel & Max Hadirkan Paket Bundling Premium Mulai Rp 49 Ribu

    Telkomsel & Max Hadirkan Paket Bundling Premium Mulai Rp 49 Ribu

    Jakarta, CNBC Indonesia – Telkomsel bekerja sama dengan Warner Bros. Discovery, menghadirkan akses premium ke layanan streaming Max melalui paket bundling premium Telkomsel-Max. Pelanggan Telkomsel kini dapat menikmati berbagai film berkualitas kelas dunia.

    Berikut ragam paket bundling premium yang dapat dipilih oleh pelanggan : 

    -Max Mobile

    Streaming dengan kuota 4GB selama 30 hari, seharga Rp49ribu melalui perangkat mobile/tablet.

    -Max Standard

    Streaming dengan kuota 5GB selama 30 hari, seharga Rp79ribu hingga 2 perangkat secara bersamaan dengan kualitas Full HD.

    -Max Ultimate

    Streaming dengan kuota 9GB selama 30 hari, seharga Rp 119ribu di 4 perangkat secara bersamaan dalam kualitas 4K Ultra HD. Pelanggan dapat membeli paket bundling premium tersebut melalui MyTelkomsel, telkomsel.com atau UMB *465#.

    Max adalah layanan streaming terbaru di Asia Tenggara, Taiwan, dan Hong Kong yang menghadirkan hiburan berkualitas. Pelanggan dapat menikmati berbagai fitur baru di platform Max yang mempermudah pengalaman streaming, seperti membuat hingga 5 profil unik per akun dengan opsi personalisasi avatar, fitur yang mendukung eksplorasi katalog konten yang efisien, serta fitur kendali orang tua untuk tayangan anak.

    VP Digital Lifestyle Telkomsel, Lesley Simpson mengatakan, melalui Max, pelanggan juga dapat mengakses film blockbuster, serial terbaru, film hits ikonik, konten real-life menarik, dan film favorit keluarga dalam satu tempat. Termasuk HBO Original series Dune: Prophecy and The Penguin, Joker: Folie à Deux, EXPEND4BLES, Harry Potter, The Lord of the Rings, dan lainnya.

    “Kolaborasi Telkomsel dan Max dalam menghadirkan paket bundling premium Telkomsel-Max merupakan wujud komitmen Telkomsel untuk memberikan pengalaman digital terbaik bagi pelanggan. Sesuai dengan visi kami menjadi penyedia layanan telekomunikasi digital terbaik di kawasan ini, kami terus berinovasi salah satunya melalui kehadiran layanan streaming Max bagi semua pelanggan,” kata dia dikutip Jumat (13/12/2024).

    Senior Vice President dan General Manager Warner Bros. Discovery Greater China and SEA, Tony Qiu menambahkan, Telkomsel dan Warner Bros. Discovery berharap paket bundling premium dapat mempermudah pelanggan untuk mengakses konten kelas dunia.

    “Dengan menyediakan akses ke serial eksklusif dan film blockbuster Hollywood, kami mendukung masyarakat Indonesia untuk menikmati hiburan berkualitas tinggi yang mudah diakses dan terjangkau,” ungkap dia. 

    (bul/bul)

  • Peran BRI di Program Makan Bergizi Gratis, Pembiayaan & Pemberdayaan

    Peran BRI di Program Makan Bergizi Gratis, Pembiayaan & Pemberdayaan

    Jakarta, CNN Indonesia

    PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menyatakan mendukung penuh program Makan Bergizi Gratis (MBG) yang bertujuan menciptakan generasi Indonesia yang sehat dan produktif.

    Untuk itu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir secara khusus menunjuk 8 BUMN termasuk BRI guna mempersiapkan skema pinjaman bagi supplier pelayanan gizi. Menyambut mandat tersebut, Direktur Utama Sunarso menyatakan siap melaksanakannya.

    “Investasi yang penting adalah human capital, dan kalau mau memperbaiki human capital, perbaiki dulu nutrisi dan pangan, oleh karenanya program MBG sangat sesuai dengan hal ini. Dan kemudian kita tunggu, untuk pemerataan butuh inklusivitas pertumbuhan ekonomi,” ujar Sunarso.

    Senada, Direktur Bisnis Mikro BRI, Supari menegaskan komitmen BRI untuk memberikan pembiayaan kepada pelaku UMKM yang menjadi pemasok atau yang terlibat dalam pengadaan MBG.

    “Harapannya dengan adanya pemberdayaan BRI akan meningkatkan omset dan skala usahanya,” ujarnya.

    Hal itu diyakini memungkinkan, dengan catatan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) BRI mencapai Rp175,66 triliun per akhir November 2024. KUR itu disalurkan kepada 3,7 juta debitur UMKM, khususnya yang bergerak di sektor-sektor produktif seperti pertanian, perdagangan, dan perikanan.

    Terlebih, sektor pertanian merupakan penopang utama dalam penyaluran KUR perseroan. Realisasi kredit BRI terhadap sektor pertanian telah mencapai Rp69,60 triliun, setara dengan 39,62 persen dari keseluruhan pembiayaan serupa.

    “Melalui KUR, kami tidak hanya menyediakan pembiayaan, tetapi juga memberdayakan UMKM agar mampu tumbuh lebih berkelanjutan,” kata Supari.

    Selain BRI, Menteri BUMN Erick Thohir juga menunjuk BNI, Mandiri, Telkomsel, PLN, PGN, ID Survey, dan Pupuk Indonesia untuk berkolaborasi bersama mendukung program MBG.

    (rea/rir)

    [Gambas:Video CNN]

  • CDMA Telah Berakhir, Integrasi Lebih Mudah

    CDMA Telah Berakhir, Integrasi Lebih Mudah

    Bisnis.com, JAKARTA – PT Smartfren Telecom Tbk. (FREN) menegaskan telah menerapkan teknologi GSM secara penuh sehingga integrasi infratruktur jaringan dengan PT XL Axiata Tbk. (EXCL) atau XL Axiata dapat terjadi dengan lebih cepat. 

    Presiden Direktur Smartfren Merza Fachys mengatakan perusahaan telah menerapkan 4G sejak 2015, sehingga dari sisi teknologi, Smartfren dan XL Axiata tidak ada perbedaan. 

    “Jadi FREN sudah sama dengan operator lain, CDMA udah berakhir. Kita sama dengan EXCL. KIta tidak punya 2G dan 3G,” kata Merza, Kamis (12/12/2024).

    Untuk diketahui, Smartfren awalnya hadirnya dengan teknologi Code Division Multiple Access (CDMA) bersama dengan bolt, dan lain sebagainya. Sementara itu, XL menggunakan GSM bersama dengan Telkomsel, Indosat dan lain-lain. 

    Kemudian pada 2016, Smartfren mengumumkan beralih ke GSM seiring dengan hadirnya 4G LTE. Pada periode tersebut, sebanyak 12 juta pelanggan Smartfren masih menggunakan CDMA dan 1,3 juta menggunakan GSM 4G LTE.

    Adapun saat ini sebanyak 34,5 juta pelanggan Smartfren diklaim seluruh telah menggunakan 4G LTE.

    Merza mengatakan dengan pemanfaatan 4G LTE, kata Merza, integrasi dengan XL Axiata akan makin mudah. Namun, dia belum dapat menyebutkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan integrasi keduanya. Harapan Merza, integrasi berjalan cepat. 

    “Integrasi lebih mudah. Diharapkan jauh lebih sederhana mudah-mudahan waktunya lebih cepat. Kolaborasi ini akan menghasilkan sinergi yang lebih bermanfaat karena jaringan kita lebih,” ujar Merza.

    Sebelumnya, PT XLSmart Telecom Sejahtera Tbk. (XLSmart), entitas hasil merger XL Axiata dan Smartfren, diperkirakan mengoperasikan spektrum frekuensi sebesar 152 MHz untuk melayani 94,5 juta pelanggan. 

    Spektrum frekuensi tersebut berasal dari 90 MHz milik XL Axiata (15 MHz/900 MHz, 45 MHz/1800 MHz, dan 30 MHz/2100 MHz) dan 62 MHz milik Smartfren (22 MHz/850 MHz dan 40 MHz/ 2300 MHz). Jumlah tersebut masih berpotensi berubah karena harus melalui perhitungan terlebih dahulu oleh regulator Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi). 

    Adapun jika dibandingkan dengan Indosat yang total menggunakan spektrum frekuensi sebesar 135 MHz, maka jumlah spektrum frekuensi tersebut lebih besar 17 MHz, dengan jumlah pelanggan terlayani XLSmart lebih sedikit. Indosat melayani 98,7 juta pelanggan pada kuartal III/2024, sementara itu XLSmart diperkirakan melayani 94,5 juta pelanggan. 

    PT XL Axiata Tbk. (EXCL) dan PT Smartfren Telecom Tbk. (FREN) dan PT Smart Tel mengumumkan penggabungan usaha (merger) dengan nilai mencapai Rp104 triliun. 

    Penggabungan ini akan membentuk entitas telekomunikasi baru bernama PT XLSmart Telecom Sejahtera Tbk (“XLSmart”). 

    Group Chief Executive Officer Axiata Group Vivek Sood mengatakan merger ini menggabungkan dua entitas yang akan saling melengkapi dalam melayani pangsa pasar telekomunikasi Indonesia. 

    XLSmart akan memiliki skala, kekuatan finansial, dan keahlian yang mampu mendorong investasi infrastruktur digital, memperluas jangkauan layanan, dan mendorong inovasi bagi pelanggan, sekaligus menciptakan pasar yang lebih sehat dan kompetitif.

    “Merger ini merupakan langkah penting dalam membangun fondasi ekonomi digital yang tangguh. Merger ini akan memungkinkan kami untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur yang unik bagi Indonesia sebagai negara kepulauan,” kata Vivek dikutip Rabu (11/12/2024). 

  • Video: Saat Operator Seluler & Internet Bersatu Perangi Judi Online

    Video: Saat Operator Seluler & Internet Bersatu Perangi Judi Online

    Jakarta, CNBC Indonesia- Keseriusan pemerintahan Prabowo Subianto memberantas peredaran judi online di Tanah Air mendapat dukungan penuh dari penyedia jasa layanan internet dan operator seluler di Indonesia.

    Ketua Umum Masyarakat Telematika Indonesia (MASTEL) Sarwoto Atmosutarno menyebutkan dampak buruk judi online yang menyebabkan kerugian bagi masyarakat dan ekonomi nasional membuat upaya pemberantasannya sudah mendesak.

    Peredaran Judi Online yang melibatkan aktivitas bisnis operator seluler, telco hingga penyelenggara internet membuat kolaborasi menjadi penting untuk memutus mata rantai judi online.

    Seperti apa peran sektor telekomunikasi berantas judi online? Selengkapnya simak dialog Bramudya Prabowo dengan Komisaris Telkomsel dan Ketua Umum Masyarakat Telematika Indonesia (MASTEL) Sarwoto Atmosutarno dalam Profit, CNBC Indonesia (Senin, 12/12/2024)

  • Telkomsel & Synchronoss Hadirkan Layanan Pengelolaan Konten Digital

    Telkomsel & Synchronoss Hadirkan Layanan Pengelolaan Konten Digital

    Jakarta, CNBC Indonesia – Telkomsel, penyedia layanan telekomunikasi bekerja sama dengan Synchronoss Technologies, Inc, meluncurkan Paket Cloud Storage Capsyl. Layanan ini memungkinkan pelanggan Telkomsel menyimpan, mengelola, dan berbagi berbagai jenis konten digital seperti foto, video, pesan, catatan panggilan, kontak, dokumen, dan musik secara aman melalui Capsyl.

    VP Digital Lifestyle Telkomsel, Lesley Simpson, menyatakan, Telkomsel selalu berusaha menyediakan ragam solusi cloud pilihan yang memudahkan pelanggan dalam kesehariannya. Dengan Cloud Storage Capsyl dari Synchronoss, pelanggan dapat menyimpan dan mengelola foto, video, serta konten penting lainnya dengan lebih aman dan mudah.

    “Kami berharap layanan ini bisa menjadi solusi praktis bagi mereka yang ingin memastikan kenangan terindah mereka tersimpan dengan baik dan dapat dibagikan kapan saja dengan nyaman,” ungkap Simpson dalam keterangan resminya, Kamis (12/12/2024).

    Penawaran Paket Cloud Storage Capsyl kini tersedia untuk 159,9 juta pengguna Telkomsel Prabayar dan Halo (pascabayar) dengan harga Rp30 ribu melalui aplikasi MyTelkomsel. Pelanggan dapat menikmati kapasitas penyimpanan cloud hingga 100 GB dan kuota data 2 GB khusus untuk akses aplikasi Capsyl.

    Pelanggan paket pascabayar terbaru Telkomsel Halo+ Bold dan Halo+ Supreme juga dapat memilih layanan Capsyl 50 GB sebagai salah satu opsi layanan Halo+ Lifestyle Benefit, bersama dengan layanan streaming video dan musik yang ada. Setelah melakukan pembelian, pelanggan dapat mulai menyimpan, mengelola, dan berbagi beragam jenis konten digital dengan membuat akun Capsyl melalui tautan yang dikirimkan melalui SMS oleh Telkomsel, dan kemudian login ke aplikasi Capsyl.

    “Kami sangat senang dapat memperluas kemitraan dengan Telkomsel melalui Capsyl Synchronoss, yang akan memberikan pengalaman pengelolaan data yang lebih baik dan aman bagi pelanggan mereka,” kata Jeff Miller, Presiden dan CEO Synchronoss.

    Menurutnya, kolaborasi ini menunjukkan komitmen bersama kami untuk menyediakan solusi digital yang inovatif dan efisien. Dengan integrasi Capsyl, pengguna Telkomsel akan menikmati fitur pengelolaan data yang lebih canggih dan privasi yang terjaga, meningkatkan pengalaman digital mereka secara keseluruhan.

    “Kami berharap kerja sama ini dapat memberikan dampak positif bagi jutaan pengguna di Indonesia,” jelas Miller.

    Selain penyimpanan cloud, pelanggan juga bisa menikmati fitur tambahan seperti Family-sharing untuk berbagi penyimpanan dengan lima anggota keluarga atau teman, Space Saver untuk mengosongkan ruang di perangkat dengan menampilkan konten langsung dari cloud, dan Private Folder yang menyediakan keamanan ekstra untuk konten pribadi. Fitur Recent Highlights membantu pengguna mengenang momen berharga, dan Genius, didukung AI, menghadirkan alat pengeditan foto canggih, termasuk filter kartun premium.

    Informasi selengkapnya tentang Paket Cloud Storage Capsyl untuk menjaga semua kenangan tak terlupakan pelanggan dapat diakses melalui lamantsel.id/cloudstoragecapsyl.

    (dpu/dpu)