BUMN: PT Telekomunikasi Selular

  • Ilmupedia Season 5 Telkomsel Diikuti 16 Ribu Pelajar dari Seluruh RI

    Ilmupedia Season 5 Telkomsel Diikuti 16 Ribu Pelajar dari Seluruh RI

    Jakarta, CNBC Indonesia – Telkomsel kembali menghadirkan kompetisi cerdas cermat tahunan, ‘Ilmupedia Berani Jawab (IBJ) Season 5’, yang melibatkan pelajar SMA/sederajat dari seluruh Indonesia. Telkomsel bekerja sama dengan PT Kuncie Pintar Nusantara (Kuncie) sebagai mitra strategis dibidang edukasi dalam menyelenggrakan IBJ Season 5.

    Kompetisi yang berlangsung secara daring melalui aplikasi Ilmupedia ini disambut antusias dan menerima 16.683 peserta atau 5.682 tim dari 2.026 sekolah di 366 kota seluruh Indonesia yang mendaftar sejak pembukaan pendaftaran pada 30 September hingga 15 November 2024.

    Vice President Prepaid Consumer Marketing Telkomsel, Tuty Rahma Afriza mengatakan, sebagai bagian dari ekosistem Telkomsel Jaga Cita, Telkomsel berharap kompetisi Ilmupedia Berani Jawab dapat menjadi wadah bagi generasi muda.

    “Kegiatan ini diharapkan bisa mengasah kemampuan, meraih prestasi, dan menghadapi persaingan yang membawa dampak positif bagi masa depan pelajar di seluruh Indonesia,” ungkap Tuty dalam keterangan resmi, Senin (16/12/2024).

    Perhelatan ini ditutup dengan seremoni pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah pada 12 Desember 2024, untuk menandai puncak dari upaya Telkomsel mendukung pengembangan pendidikan berbasis teknologi digital.

    Sebagai bagian dari program Telkomsel Jaga Cita, yang bertujuan untuk memperkuat ekosistem digital inklusif dan berkelanjutan di Indonesia, kompetisi ini menjadi wujud nyata komitmen Telkomsel dalam menciptakan akses pendidikan yang lebih merata dan berkualitas. Melalui pemanfaatan teknologi digital terkini, Telkomsel memberikan kesempatan bagi pelajar untuk meningkatkan kapabilitas dan keterampilan mereka, mendukung terciptanya generasi muda yang lebih kompeten dan siap bersaing di masa depan.

    Program ini juga didukung oleh platform ilmupedia.co.id, yang menyajikan beragam video pembelajaran untuk membantu proses belajar mengajar. Selain itu, hadir fitur berbasis teknologi AI bernama Adeva sebagai asisten belajar virtual siswa, yang dapat diakses oleh semua kalangan pelaku pendidikan. Kehadiran teknologi ini semakin mempertegas peran Telkomsel dalam memanfaatkan inovasi digital untuk memajukan sektor pendidikan di Indonesia.

    Rangkaian kegiatan Ilmupedia Berani Jawab Season 5 terdiri dari beberapa tahapan yang dirancang untuk menyeleksi peserta terbaik, mulai dari babak eliminasi hingga final, sebagai berikut:

    1. Babak Team Fight: Peserta bersaing secara daring melalui aplikasi Ilmupedia untuk masuk ke Top 40 (10 tim per grup) agar dapat melanjutkan ke babak berikutnya.
    2. Babak Group Battle: Delapan tim terbaik yang lolos mengikuti babak semifinal di Jakarta pada 11-13 Desember 2024. Di babak ini, peserta bersaing untuk menjadi 4 besar yang akan melanjutkan ke babak final.
    3. Babak Final: Empat tim terbaik dari semifinal bersaing untuk memperebutkan gelar juara 1 hingga 4 pada 12 Desember 2024. Babak ini menjadi puncak kompetisi dengan penentuan tim terbaik di Ilmupedia Berani Jawab Season 5.

    Para peserta yang lolos ke babak Group Battle didatangkan langsung ke Jakarta, untuk memperebutkan juara dalam kompetisi ini dan juga mendapatkan pengalaman eksklusif selama di Jakarta yang disediakan oleh Telkomsel. Peserta dari Group Battle Top 8 berhak mendapatkan Uang Tabungan Pendidikan sebesar Rp3 juta per tim dan sertifikat. Sedangkan babak Team Fight atau Top 40 mendapatkan Uang Tabungan Pendidikan sebesar Rp500 ribu per tim dan sertifikat.

    Dalam seremoni pengumuman pemenang, sekaligus ajang penghargaan pada puncak acara ‘Ilmupedia Berani Jawab Season 5’ bertempat di Ice Palace Hall, Mall Lotte Shopping Avenue (12/12), para juara pada babak final yaitu:
    * Juara 1: SMAN 2 Payakumbuh, mendapatkan plakat atau piala dan sertifikat, serta uang tabungan pendidikan sebesar Rp20 juta
    * Juara 2: SMAN 1 Sukoharjo, mendapatkan plakat atau piala dan sertifikat, serta uang tabungan pendidikan sebesar Rp 15 juta
    * Juara 3: SMAN 1 Sumbawa Besar, mendapatkan plakat atau piala dan sertifikat, serta uang tabungan pendidikan sebesar Rp 10 juta
    * Juara 4: SMAN 5 Banjarmasin, mendapatkan plakat atau piala dan sertifikat, serta uang tabungan pendidikan sebesar Rp 5 juta

    “Selamat kepada para juara atas prestasi yang ditorehkan dan juga bagi seluruh peserta yang telah menunjukkan usaha dan kemampuan terbaiknya di kompetisi Ilmupedia Berani Jawab Season 5. Kami percaya, melalui kompetisi cerdas cermat Ilmupedia yang menjadi bagian dari ekosistem Telkomsel Jaga Cita, akan lahir generasi muda yang inspiratif dan berdaya saing tinggi,” tutur Tuty.

    (rah/rah)

  • Prabowo Ingin Layanan Internet Bebas Lemot Saat Libur Nataru

    Prabowo Ingin Layanan Internet Bebas Lemot Saat Libur Nataru

    Jakarta, CNN Indonesia

    Presiden Prabowo Subianto memberikan instruksi agar layanan internet dapat dinikmati tanpa masalah saat periode liburan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru).

    Hal tersebut disampaikan Staf Khusus Bidang Strategi Komunikasi dan Hubungan Publik BUMN Arya Sinulingga, Ia menyebut Prabowo telah memberikan arahan kepada Kementerian BUMN, yang dalam hal ini menjadi lingkup kerja Telkom Group, guna menjaga kualitas telekomunikasi selama periode Nataru.

    “Kita tahu Pak Prabowo itu meminta supaya BUMN juga membuat kenyamanan, ketenangan, keamanan, dan kelancaran dari masyarakat yang akan melakukan kegiatan Nataru, baik untuk ibadah maupun untuk liburan,” ujar Arya di Gedung Graha Merah Putih, Jakarta, Senin (16/12).

    “Dan, kali ini kita ada di Telkom dan Telkomsel menyampaikan informasi bagaimana kesiapan mereka untuk Nataru ini,” lanjut dia.

    Arya mengatakan Kementerian BUMN memantau persiapan layanan Telkom Group dalam mengawal layanan telekomunikasi pada periode tersebut agar masyarakat tak mendapat kendala imbas lonjakan traffic.

    “Jadi, nanti ada posko kita di berbagai daerah seluruh Indonesia dan ini total kira-kira ada mungkin 15 ribu personil yang terlibat dengan kesiapan ini. Untuk tadi, memastikan bahwa layanan Telkomsel itu akan cepat bekerja dengan baik, sehingga kesejahteraan tadi,” terangnya.

    Telkom menyediakan total 57 posko untuk Natari dengan 480 personil posko yang bersiaga pada 20 Desember hingga 2 Januari 2025.

    Telkom memastikan jaringan miliknya siap untuk beroperasi maksimal dengan penambahan kapasitas menjadi 56,7 Tbps atau ada kenaikan 40 persen dari periode sebelumnya sebesar 41,2 Tbps.

    “Jadi, peningkatan kapasitas dan coverage jaringan. Selama ini di periode Nataru kita tambah kapasitas, baik itu di Telkomsel maupun di sisi Telkom. Kalau di kapasitas, di jaringan kita di Telkom, itu kita tambah paling nggak 40% karena banyak masyarakat yang pergi,” ujar Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah.

    Selain posko dan kapasitas, Telkom juga memberi perhatian khusus pada 409 Point of Interest (POI) yang akan diprediksi akan mengalami penumpukan traffic telekomunikasi pada momen Nataru.

    Sejumlah POI yang menjadi prioritas ini mayoritas adalah pusat keramaian seperti mal, tempat wisata, rumah ibadah, residensial, hingga kawasan padat pemudik seperti bandara, pelabuhan, stasiun, tol, rest area.

    “Kita komitmen untuk deliver customer experience yang excellent untuk seluruh segment customer. Saat ini, ada 9,4 juta pelanggan fixed broadband IndiHome dan 158 juta mobile Telkomsel. Nah, ini biasanya, selama Nataru ada sinyal stabil, koneksi internet cepat, streaming lancar, ini semua kita antisipasi di seluruh 409 POI,” kata Direktur Network & IT Solution Telkom Herlan Wijanarko.

    (lom/dmi)

    [Gambas:Video CNN]

  • Telkom Siaga Natal Tahun Baru, Tambah BTS dan Kerahkan 15.000 Teknisi

    Telkom Siaga Natal Tahun Baru, Tambah BTS dan Kerahkan 15.000 Teknisi

    Jakarta, CNBC Indonesia – Telkom Group menyiapkan jaringan telekomunikasi selama Natal 2024 dan Tahun Baru 2025. Persiapan ini agar pengalaman konsumen mendapatkan layanan prima selama event tersebut.

    “Pertama excellent customer experience. Kita memastikan customer mendapatkan layanan prima,” kata Direktur NITS Telkom, Herlan Wijanarko dalam konferensi pers persiapan jaringan Nataru di kantor Telkom, Senin (16/12/2024).

    Salah satunya adalah menyiapkan infrastruktur terbaik bagi konsumen. Misalnya pada jalur trafik internasional dengan dua gateway di Batam dan Manado, terdapat 14 infrastruktur kabel laut Telkom yang beroperasi secara redundant.

    Dalam paparannya, Herlan menjelaskan terdapat kenaikan fixed broadband pada Natal dan Tahun Baru 2024/2025 56,7 Tbps dari sebelumnya 41,2 Tbps pada periode serupa sebelumnya. Lonjakan jaringannya mencapai 40%.

    Sementara untuk jaringan Telkomsel akan memiliki kapasitas internet 15,73 Tb. Sejauh ini terdapat lebih dari 269 ribu BTS dengan penambahan 525 BTS 5G dan 271 BTS 4G baru dengan penambahan kapasitas 4G sebanyak 178 BTS, serta terdapat 46 combat BTS.

    Dalam pemaparan Telkomsel dua pekan lalu, terdapat akses data peningkatan data sebesar 14,85% selama Nataru. Akses internet tertinggi bakal mencapai 64,66 petabyte se-Indonesia.

    “Jadi seluruh jalur alternatif backup, dari mulai power supply di backbone, di last mile semua kita uji bahwa semua backup ini berjalan dengan baik sehingga bisa mengantisipasi semua kejadian di network selama masa ini,” jelasnya.

    Terdapat 409 point-of-interest (POI) yang diidentifikasi sebagai titik-titik ramai selama Nataru. Terdapat posko untuk para pelanggan bisa melakukan pelayanan.

    Telkom Group juga menyediakan teknisi tersebut. “Ini semua dikawal oleh kurang lebih 15 ribu teknisi,” ucapnya.

    (dem/dem)

  • Bos Telkom (TLKM) Bicara Masa Depan Industri Telekomunikasi

    Bos Telkom (TLKM) Bicara Masa Depan Industri Telekomunikasi

    Bisnis.com, JAKARTA – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) menilai industri telekomunikasi akan makin sehat dengan jumlah pemain tersedia yang meramping dari 4 operator seluler menjadi 3 operator seluler, menyusul merger PT Smartfren Telecom Tbk. (FREN) dan PT XL Axiata Tbk. (EXCL) yang makin dekat. 

    Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah mengatakan merger XL dan Smartfren akan membuat kondisi industri telekomunikasi yang lebih sehat, seiring dengan persaingan yang makin baik. 

    “Ini kan ada persaingan juga meskipun tiga. Merger semoga baik untuk industri,” kata Ririek, Senin (16/12/2024). 

    Sekadar informasi, persaingan di industri telekomunikasi berjalan cukup ketat dengan 4 operator seluler yaitu Telkomsel, Indosat, XL Axiata dan Smartfren. Keempatnya bersaing untuk menarik pelanggan, sementara itu jumlah pengguna internet tumbuh perlahan. 

    Persaingan yang ketat tersebut membuat operator seluler menawarkan promo berkepanjangan, yang berdampak pada pendapatan tumbuh melandai.

    Padahal, operator harus terus berinvestasi untuk meningkatkan kapasitas dan cakupan jaringan. Mereka juga harus membayar ongkos regulator yang rasionya terhadap pendapatan telah menembus 12%, lebih tinggi dari rerata global yang sekitar 5%-7%. 

    Sementara itu, Ketua Bidang Infrastruktur Telematika Nasional Mastel, Sigit Puspito Wigati Jarot menilai ada potensi persaingan tidak sehat atau oligopoli seiring dengan mengerucutnya jumlah operator di Indonesia dari 4 menjadi 3 jika merger terealisasi. Kondusifitas persaingan industri telekomunikasi menjadi hal yang harus diperhatikan di balik merger tersebut. 

    “Untuk aspek kompetisi ini ada baiknya, Komdigi juga melibatkan KPPU,” kata Sigit kepada Bisnis, Rabu (11/12/2024).

    Sementara itu, Direktur Eksekutif ICT sekaligus pengamat ekonomi digital, Heru Sutadi lebih menyorot kepada potensi PHK perusahaan pascamerger. Apalagi, Heru melihat saat ini sudah ramai di media sosial yang menyebutkan akan adanya PHK besar-besaran yang tidak berpihak pada pekerja.

    “Menkomdigi harus memastikan PHK adalah pilihan terakhir dari proses merger ini,” ujar Heru.

    Jika nantinya memang terjadi PHK, Heru menuturkan karyawan yang terkena PHK harus diberikan golden handshake, serta diberlakukan secara baik dan beradab.

    Apalagi, Heru menyampaikan bahwa nilai konsolidasi antara pihak XL dan Smartfren tidak sedikit, karena mencapai Rp104 triliun. 

    “Jadi kalau tidak jelas roadmap perusahaan baru akan ke mana, nasib karyawan tidak diperhatikan dan dilakukan PHK tanpa golden handshake, ya baiknya Menkomdigi menahan untuk memberikan persetujuan terhadap konsolidasi XL Axiata dan Smartfren ini,” ucapnya.

  • Telkomsel Ungkap Traffic Data Naik di Momen Natal dan Tahun Baru

    Telkomsel Ungkap Traffic Data Naik di Momen Natal dan Tahun Baru

    Jakarta, CNN Indonesia

    Telkomsel menyebut momen Natal dan Tahun Baru (Nataru) selalu membawa peningkatan traffic internet dan SMS. Sebaliknya, traffic layanan voice atau panggilan suara konsisten mengalami penurunan.

    “Jadi, [traffic] data terjadi peningkatan, kemudian SMS ada sedikit peningkatan, voice kita prediksikan memang turun. Jadi memang dari tahun ke tahun voice ini turun,” ujar Direktur Network Telkomsel Indra Mardiatna dalam acara konferensi pers Nataru Telkom Group di Telkom Integrated Operation Center (TIOC), Jakarta, Senin (16/12).

    Indra menyebut kenaikan traffic internet pada periode Nataru tahun ini sebesar 14,8 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Traffic SMS mengalami kenaikan sekitar 4,26 persen, sedangkan traffic voice mengalami penurunan 5,37 persen.

    Konsumsi internet secara umum pada 2024 diperkirakan mencapai 1.900 petabyte. Pada momen sibuk seperti periode libur Nataru, traffic internet harian puncaknya berada di angka 64 Petabyte.

    “Kalau data, data internet itu sampai akhir tahun total kita akan targetkan 1.900 petabyte. Kemudian di di daily peak itu sekitar 64 petabyte. 64 petabyte itu yang kita hitung kenaikannya sekitar 14,8 persen,” tutur Indra.

    Dalam acara yang sama, Direktur Utama Telkomsel Nugroho menyebut layanan SMS dan Voice saat ini berkontribusi sekitar 10 persen dari keseluruhan traffic di operator plat merah tersebut.

    “Secara komposisi voice dan SMS itu total masih menyisakan sekitar 10 persen dari total pelanggan kita,” tuturnya.

    “Pertumbuhannya itu konsisten. Kalau data naik, kalau voice itu cenderung turun. SMS masih naik. di periode-periode peak,” imbuhnya.

    Layanan voice atau panggilan suara tampak kehilangan penggemar di tengah banyaknya layanan panggilan suara berbasis internet yang ditawarkan sejumlah platform.

    Sebagai contoh, aplikasi pesan instan WhatsApp menjadi opsi populer untuk berkomunikasi di Tanah Air, baik untuk kebutuhan personal maupun profesional. WhatsApp telah lama memiliki layanan panggilan suara yang cukup menggantikan layanan voice operator selular.

    Selain WhatsApp, platform pesan instan dan media sosial seperti Telegram, Instagram, hingga X (sebelumnya Twitter) juga telah memiliki layanan panggilan suara berbasis internet.

    Lebih lanjut, meski layanan voice kerap mengalami penurunan traffic, Indra menyebut pihaknya tetap mempertahankan layanan tersebut.

    “Namun demikian, layanan Voice terus kita pertahankan. Kita berikan layanan yang terbaik. Di Voice ini kita ada eh Volte, Voice over LTE atau 5G, kemudian juga ada Voice normal. Jadi, jangan khawatir, kita terus memberikan layanan yang terbaik, baik data, Voice, dan SMS,” terang Indra.

    (lom/dmi)

    [Gambas:Video CNN]

  • Buat yang Suka Kirim Barang, Pos Aja Kini Hadir di MyTelkomsel

    Buat yang Suka Kirim Barang, Pos Aja Kini Hadir di MyTelkomsel

    Jakarta, CNBC Indonesia – Telkomsel melalui MyTelkomsel Super App menjalin kolaborasi strategis dengan Pos Indonesia melalui PosAja!. Upaya ini dilakukan guna menghadirkan solusi inovatif Kirim Barang.

    Tak hanya itu, layanan ini juga memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk mengakses fitur pengiriman langsung dari satu aplikasi. Adapun kolaborasi ini merupakan langkah penting dalam memperkuat ekosistem digital nasional, mendukung pertumbuhan ekonomi inklusif, dan memberikan nilai tambah bagi pelanggan.

    Vice President Customer Journey and Digital Experience Telkomsel, Nirwan Lesmana mengatakan, melalui kolaborasi strategis ini, Telkomsel berkomitmen untuk terus menghadirkan solusi digital ecosystem yang menyediakan beragam kebutuhan pelanggan, tidak hanya solusi kebutuhan komunikasi, tetapi juga solusi kebutuhan harian seperti layanan lifestyle, entertainment, belanja, hingga pemesanan tiket pesawat dan hotel.

    “Kolaborasi antara Telkomsel dan POS Indonesia untuk menyediakan layanan Kirim Barang di MyTelkomsel juga selaras dengan misi Telkomsel untuk menyediakan konektivitas, layanan, dan solusi unggulan bagi masyarakat Indonesia,” ujar dia dalam keterangan resminya, ditulis Senin (16/12/2024).

    Sementara itu, SVP Retail Business PT Pos Indonesia, Wilhelmina Lily Selanno menambahkan, kolaborasi ini merupakan bentuk sinergi yang memperkuat sektor pos dan telekomunikasi, memberikan kemudahan akses pengiriman barang kepada masyarakat Indonesia melalui satu aplikasi.

    “Langkah ini tidak hanya meningkatkan pengalaman pengguna, tetapi juga memperkuat posisi strategis Pos Indonesia dan Telkomsel dalam mendorong kemajuan ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan di Indonesia,” jelasnya.

    Dalam rangka peluncuran layanan Kirim Barang PosAja! di aplikasi MyTelkomsel Super App, yang bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) dan promo akhir tahun, Telkomsel dan Pos Indonesia memberikan potongan ongkos kirim melalui aplikasi MyTelkomsel dengan detail berikut:

    • Potongan ongkos kirim 12% pada 12-13 Desember 2024

    • Potongan ongkos kirim 22% pada 21-23 Desember 2024

    • Potongan ongkos kirim 25% pada 25 Desember 2024 hingga 1 Januari 2025

    Asal tahu saja, layanan Kirim Barang PosAja! juga termasuk dalam promo Flash Sale Top Spender pada aplikasi MyTelkomsel Super App periode 12-19 Desember 2024, di mana pelanggan dengan pembelanjaan tertinggi berkesempatan memenangkan beragam Hadiah Harian dan Grand Prize seperti sepeda listrik, smartphone, smart TV, logam mulia, dan masih banyak lagi.

    Untuk layanan Kirim Barang PosAja! melalui MyTelkomsel, pelanggan dapat mengakses dengan cara yang mudah, yakni:

    • Buka aplikasi MyTelkomsel.

    • Pada menu utama, pilih fitur “Kirim Barang”.

    • Pilih “Jenis Kiriman”, kemudian masukkan detail pengiriman.

    • Pilih “Layanan Pengiriman” dan tentukan layanan pos yang digunakan untuk pengiriman.

    • Pastikan alamat, ongkos kirim, dan metode pembayaran sudah sesuai.

    • Klik “Order” dan tunggu notifikasi bahwa order Kirim Barang telah berhasil.

    • Tim PosAja! akan datang ke alamat pelanggan untuk mengambil paket sesuai jadwal yang ditentukan.

    • Gunakan fitur “Pelacakan Pengiriman” di aplikasi MyTelkomsel untuk memantau status paket.

    Melalui layanan Kirim Barang PosAja! di aplikasi MyTelkomsel, Telkomsel dan Pos Indonesia berharap untuk dapat terus berinovasi dan memperluas jangkauan layanan yang memberikan dampak positif bagi masyarakat Indonesia,dengan cara membuka berbagai peluang untuk pengembangan program bernilai tambah bagi pelanggan. Di antaranya mencakup bundling paket data dan pengiriman, layanan khusus UMKM, hingga penggabungan program loyalty antara MyTelkomsel dan PosAja!.

    Sebagai informasi, untuk akses lebih lengkap bisa langsung ke MyTelkomsel Super App. Untuk itu, pelanggan bisa mengunduhnya melalui App Store atau Play Store.

    (dpu/dpu)

  • Sinyal Alarm Nataru 2024 Berbunyi, Telkom, Indosat, hingga XL Axiata Siaga

    Sinyal Alarm Nataru 2024 Berbunyi, Telkom, Indosat, hingga XL Axiata Siaga

    Bisnis.com, JAKARTA – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM), PT Indosat Tbk. (ISAT), dan PT XL Axiata Tbk. (EXCL) memperkuat jaringan guna mengantisipasi lonjakan lalu lintas data yang diproyeksi meningkat dua digit pada momen natal dan tahun baru 2024/2025 dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Kualitas layanan dan reputasi perusahaan dipertaruhkan. 

    Untuk diketahui, proyeksi lalu lintas data di Telkomsel saat nataru berada pada kisaran 13%-19% selama periode 2022-2024, dengan proyeksi tertinggi pada 2022 mencapai 19%. 

    Sementara itu, Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) memproyeksikan peningkatan trafik data sebesar 4%-16%. Didorong oleh pergerakan masyarakat yang masif.  

    Berdasarkan survei Kementerian Perhubungan, potensi pergerakan masyarakat pada saat masa Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025 mencapai 110,67 juta orang. Hal ini tentunya akan mendorong peningkatan trafik penggunaan layanan telekomunikasi dan data. 

    Direktu Utama Telkom Ririek Adriansyah mengatakan perusahaan ingin memastikan bahwa layanan yang diterima pelanggan korporasi dan ritel berjalan baik selama natal dan tahun baru. 

    “Selama nataru ini, kami menambah kapasitas dan cakupan. Di backbone kami menambah 40% dibandingkan tahun lalu. Kami juga pengawalan khusus ke daerah kritis,” kata Ririek, Senin (16/12/2024). 

    Untuk mengantisipasi lonjakan trafik data, Telkom meningkatkan kapasitas fixed broadband hingga 40% menjadi 5,6 Tbps pada nataru 2024/2025 dibandingkan dengan nataru 2023/2024.

    Telkom juga menggelar uji andal jaringan melalui panggilan telpon berbasis internet, streaming video, video call, bermain game dengan target lancar tidak ada putus. 

    Sementara itu Telkomsel menambah 525 BTS 5G dan 271 BTS 4G untuk Nataru, Telkomsel juga meningkatkan kapasitas 178 BTS dan menyiagakan 46 mobile BTS pada tahun ini. 

    Proyeksi Telkom lonjakan trafik saat NataruPerbesar

    Ririek berharap dengan jaringan yang disiapkan masyarakat dapat menjalankan ibadah dan liburan dengan nyaman. 

    Direktur Network & IT Solution Telkom Indonesia Herlan Wijanarko mengatakan perusahaan juga menambahkan BTS baru untuk 4G dan 5G mengingat trafik data pada nataru lebih besar dibandingkan hari biasa. 

    Trafik di tempat ibadah dan tempat wisata menjadi perhatian. Total ada 337 titik yang ditingkatkan jaringannya. Adapun secara total titik keramaian, total mencapai 409 titik. Telkom menyiagakan 15.000 personel untuk menjaga jaringan tetap aman. 

    “Pada masa nataru ini kami lebih menekankan lagi layanan 5G kami di 56 kota. Ada 13,4 juta masyarakat yang secara perangkat sudah siap 5G,” kata Herlan. 

    Proyeksi Indosat dan XL Axiata

    Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa memprediksi akan terjadi peningkatan trafik mencapai 10%-20% dibandingkan rata-rata trafik pada kondisi normal hari biasa.

    Lonjakan trafik ini terdorong oleh makin intensnya pelanggan dalam menggunakan berbagai layanan digital dengan kapasitas besar yang biasanya dimanfaatkan untuk mengisi masa libur panjang. 

    Pelanggan akan banyak berkirim konten video atau foto, serta akses streaming, baik video, musik, serta gim. Media sosial seperti Instagram, TikTok, Facebook, juga diperkirakan akan menjadi sasaran pelanggan mengisi waktu liburan untuk berbagi meriahnya momen Nataru. XL Axiata meningkatkan kapasitas hingga dua kali lipat untuk menghadapi lonjakan trafik. 

    “Karena itulah, XL Axiata telah memperkuat layanan data dan perlu menyiapkan jaringan dengan kapasitas 2 kali lipat lebih besar dari hari normal agar dapat tetap aman jika terjadi lonjakan trafik yang signifikan,” kata Gede.

    President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha, mengatakan Indosat meningkatkan kapasitas jaringan hingga 33% dibandingkan rata-rata harian untuk mengantisipasi lonjakan trafik selama Nataru 2024/2025. 

    Berkaca dari tahun lalu, trafik diproyeksikan meningkat seiring tingginya penggunaan aplikasi populer seperti WhatsApp, TikTok, Instagram, Facebook, dan YouTube, serta game online seperti Mobile Legends, Roblox, dan PUBG. 

    Kenaikan trafik data terbesar diprediksi terjadi di wilayah Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Jabotabek, Jawa non-Jabotabek, dan Bali Nusra, yang menjadi destinasi favorit masyarakat selama perayaan Natal dan Tahun Baru.

    “Fokus kami di Indosat adalah memastikan pelanggan tetap dapat menikmati layanan terbaik kapan saja dan dimana saja, terutama saat merayakan momen spesial bersama keluarga,” kata Vikram. 

    Pekerja memperkuat jaringanPerbesar

    WiFi Gratis

    Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet (APJII) menggelar jaringan wifi di beberapa titik yang diprediksi terdapat lonjakan trafik saat periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025.

    Sekretaris Umum APJII Zulfadly Syam menyampaikan penggelaran WiFi di sejumlah titik bertujuan untuk mengantisipasi lonjakan trafik data sehingga layanan yang diberikan kepada pelanggan tetap prima. Sayangnya Zul tidak menyebutkan jumlah titik WiFi yang mereka sebar. 

    “Namun untuk di beberapa titik yang sifatnya statis, anggota-anggota APJII itu juga ada yang memasang wifi-wifi di beberapa titik, yang titik ramainya cukup padat, mereka meningkatkan pemasangan akses point,” kata Zulfadly kepada Bisnis. 

    Dengan adanya pemasangan wifi di beberapa titik, Zulfadly mengharapkan dengan pemasangan akses point tersebut juga bisa membantu tertatanya trafik internet.

    Sehingga, dapat kebutuhan masyarakat terhadap internet di beberapa titik teramai dapat tercover dengan baik dan stabil.

    “Jadi ada dua sisi, dari sisi mobilitas itu di Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI), sedangkan dari yang sifatnya lebih statis, tempat-tempat yang lebih statis dengan menggunakan wifi atau menggunakan akses poin,” ujarnya.

  • Seru! Booth Telkomsel di HUT Ke-23 Transmedia Bagi-bagi Hadiah Rp 1 M

    Seru! Booth Telkomsel di HUT Ke-23 Transmedia Bagi-bagi Hadiah Rp 1 M

    Jakarta

    Telkomsel membagikan pengalaman yang berkesan di HUT ke-23 Transmedia. Telkomsel pun menghadirkan serangkaian promo dan kegiatan yang aktraktif dalam mendekatkan brand dengan pelanggan.

    Bagi pengguna Telkomsel dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan berbagai hadiah menarik di booth Telkomsel. Salah satunya program gosok hepi Telkomsel, beli voucher terus kalau beruntung bisa dapet hadiah mulai dari merchandise hingga uang tunai senilai 1 Miliar.

    Tim Youth Digital and Community Telkomsel Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan, Ida Adelia Krisna Prameswari mengatakan pengguna Telkomsel berkesempatan mendapatkan hadiah hingga 1 Miliar dengan cara membeli voucher Paket Super Seru Telkomsel. Atau pengunjung cukup membeli voucher Telkomsel sebesar 2,5 GB dan 7 GB.

    “Jadi gosok hepi voucher Telkomsel tuh bisa dapetin 1 miliar,” ungkap Ida di Booth Telkomsel HUT ke-23 Transmedia, Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (14/12/2024).

    “Terus kita udah jual Orbit 5G di booth dan bisa beli nomor cantik juga,” imbuhnya.

    Tak hanya itu, Telkomsel menghadirkan game show bagi pengguna Telkomsel untuk menambah experience dan mendekatkan diri dengan pelanggan.

    “Diadakannya gimmick show tadi untuk menambah experience pelanggan, bikin seru meriahkan acara dan mendekatkan diri lagi dengan pelanggan Telkomsel,” ujar Ida.

    Sementara itu, Ismail salah satu pengunjung booth Telkomsel mengungkapkan keseruan yang di hadirkan oleh Telkomsel. Pengguna Telkomsel sejak tahun 2007 itu mengatakan booth Telkomsel di HUT ke-23 Transmedia lengkap dengan keperluan pengunjung.

    “Keseruan sih bagus, lengkap, jual-jualannya bagus semua,” ujarnya.

    “Terus beli pulsa dapat kaos. Pulsa dapat kaos iya,” lanjutnya.

    Lebih lanjut, ia berharap Telkomsel dapat memperluas jaringannya ke seluruh pelosok Indonesia hingga ke seluruh dunia.

    “Kalau bisa sih, Telkomsel bisa masuk seluruh penjuru dunia terus ke pelosok Indonesia lah,” ungkapnya.

    (ega/ega)

  • Banjir Promo, Booth Telkomsel di HUT Ke-23 Transmedia Diserbu Pengunjung

    Banjir Promo, Booth Telkomsel di HUT Ke-23 Transmedia Diserbu Pengunjung

    Jakarta

    Telkomsel menyuguhkan beragam promo untuk pengunjung HUT ke-23 Transmedia di Istora Senayan. Sejumlah promo yang disuguhkan Telkomsel kepada pengunjung yang datang ke booth Telkomsel.

    Tim Youth Digital and Community Telkomsel Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan, Ida Adelia Krisna Prameswari menjelaskan booth Telkomsel meluncurkan paket internet Telkomsel Super Seru 10 GB dengan harga Rp 25.000.

    “Kita ada promo kartu dan launching paket Super Seru Telkomsel internet 5G minimal 10 GB dengan harga RP 25.000, beli paket Super Seru Telkomsel juga bisa dapat voucher free mie gacoan dan lainnya,” ujar Ida di Booth Telkomsel HUT ke-23 Transmedia, Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (14/12/2024).

    Ida mengatakan bagi customer loyal dapat menukarkan poin My Telkomsel dan free merchandise dengan membeli produk Telkomsel minimal Rp 50.000.

    “Yang kedua kita ada tukar poin My Telkomsel, yang ketiga kita ada free merchandise untuk minimum pembelanjaan Rp 50.000 dan produk Telkomsel lainnya,” imbuhnya.

    Sementara itu, sejumlah promo seperti free super pass tiket festival dan voucher belanja juga di suguhkan kepada customer loyal Telkomsel.

    “Jadi di sini kita ada free pass tiket super festival untuk minimum pembelanjaan tertentu dan khusus untuk customer loyalty Telkomsel,” ungkap Ida.

    Ida menuturkan antusiasme pengunjung yang mengunjungi booth Telkomsel karena mencari tiket pass festival acara HUT ke-23 Transmedia.

    “Jujur pada antusias karena bisa rebutan mencari tiket free pas tiket festival dan udah pada booking untuk hari kedua,” tuturnya.

    Ia menuturkan alasan Telkomsel hadir di acara HUT ke-23 Transmedia karena eventnya bergengsi serta menaikan eksposur Telkomsel. Ida mengatakan booth Telkomsel akan hadir di Istora Senayan selama dua hari pada tanggal 14-15 Desember 2024.

    “Boothnya berlangsung selama 2 hari di acara HUT Ke-23 Transmedia,” pungkas Ida.

    Sebagai informasi, pelanggan Telkomsel juga dapat menikmati keseruan menarik lainnya di booth Telkomsel, seperti games dart yang berhadiahkan voucher atau merchandise ekslusif hingga pembelian nomor cantik Telkomsel.

    (ega/ega)

  • Operator Seluler Jamin Internet Stabil di Momen Natal 2024 dan Tahun Baru 2025

    Operator Seluler Jamin Internet Stabil di Momen Natal 2024 dan Tahun Baru 2025

    Jakarta

    Operator seluler menjamin layanan internet tidak akan terganggu selama perayaan Hari Raya Natal 2024 dan momen pergantian Tahun Baru 2025.

    Indosat Ooredoo Hutchison

    Indosat telah mengoptimalkan jaringan di lebih dari 15.731 lokasi prioritas dan meningkatkan kapasitas di 415 titik strategis mencakup tempat ibadah, bandara, stasiun kereta api, dan tempat wisata untuk memastikan pelanggan dapat menikmati jaringan yang stabil.

    Langkah ini dilakukan guna mengantisipasi lonjakan trafik data yang diproyeksikan meningkat sekitar 16,58% dibandingkan dengan trafik rata-rata harian.

    “Fokus kami di Indosat adalah memastikan pelanggan tetap dapat menikmati layanan terbaik kapan saja dan dimana saja, terutama saat merayakan momen spesial bersama keluarga,” ujar Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison.

    Guna memastikan jaringan stabil selama momen liburan, Indosat telah mengoptimalkan layanannya melalui dukungan Digital Intelligence Operations Center (DIOC). DIOC berfungsi untuk memonitor dan menjaga performa jaringan secara real-time, memastikan pengalaman digital yang mengesankan bagi pelanggan setiap hari selama 24 jam penuh.

    Indosat telah meningkatkan kapasitas jaringan hingga 33% dibandingkan rata-rata harian untuk mengantisipasi lonjakan trafik selama Nataru 2024/2025. Berkaca dari tahun lalu, trafik diproyeksikan meningkat seiring tingginya penggunaan aplikasi populer seperti WhatsApp, TikTok, Instagram, Facebook, dan YouTube, serta game online seperti Mobile Legends, Roblox, dan PUBG.

    Kenaikan trafik data terbesar diprediksi terjadi di wilayah Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Jabotabek, Jawa non-Jabotabek, dan Bali Nusra, yang menjadi destinasi favorit masyarakat selama perayaan Natal dan Tahun Baru.

    Telkomsel

    Di momen Natal dan Tahun Baru 2025, Telkomsel memperkirakan peningkatan trafik data hingga 14,8%, dengan total payload mencapai 1.981 petabyte. Optimalisasi infrastruktur jaringan, baik 4G/LTE maupun 5G, telah dilakukan secara menyeluruh, didukung uji jaringan di berbagai jalur utama dan lokasi strategis, guna mendukung kenyamanan pelanggan dalam mengakses layanan digital.

    “Telkomsel berkomitmen menyambungkan semangat optimisme dan energi positif bagi masyarakat. Dengan mengoptimalkan kesiapan konektivitas, layanan, dan solusi inovatif dan unggul, Telkomsel berupaya memastikan agar setiap pelanggan dapat menikmati momen Natal dan Tahun Baru dengan penuh kemudahan, kenyamanan, dan kebahagiaan,”kata Direktur Network Telkomsel Indra Mardiatna.

    Seiring pengamanan jaringan internet, Telkomsel juga mengumumkan perluasan jaringan 5G di berbagai daerah Indonesia. Hingga saat ini, lebih dari 1.400 BTS 5G yang tersebar di 56 kota/kabupaten di Indonesia sejak pertama diluncurkan secara komersil pada 2021.

    XL Axiata

    XL Axiata telah memastikan kesiapan jaringan dalam menghadapi kemungkinan lonjakan trafik di semua layanan menjelang libur panjang Natal dan Tahun Baru 2025. XL Axiata memprediksi akan terjadi peningkatan trafik mencapai 10% – 20% dibandingkan rata-rata trafik pada kondisi normal hari biasa.

    Lonjakan trafik antara lain akan terdorong oleh semakin intens-nya pelanggan dalam menggunakan berbagai layanan digital dengan kapasitas besar yang biasanya dimanfaatkan untuk mengisi masa libur panjang.

    Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, mengatakan berdasakan survei Kementerian Perhubungan, potensi pergerakan masyarakat pada saat masa Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025 mencapai 110,67 juta orang.

    “Hal itu tentu akan ikut mendorong peningkatan trafik penggunaan layanan telekomunikasi dan data. Karena itulah, XL Axiata telah memperkuat layanan data dan perlu menyiapkan jaringan dengan kapasitas 2x lipat lebih besar dari hari normal agar dapat tetap aman jika terjadi lonjakan trafik yang signifikan,” ungkap dia.

    Upaya penyiapan jaringan yang telah dilakukan XL Axiata meliputi antara lain peningkatan kapasitas, optimisasi di area-area tujuan wisata dan sepanjang jalur transportasi darat (tol dan non tol) di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi. Selain itu juga di sepanjang jalur kereta api, termasuk kereta cepat. Tim teknis XL Axiata memperkirakan, pergerakan masif akan terkonsentrasi di jalur mudik via jalan tol Trans Jawa dan Trans Sumatera dan berpotensi meningkatkan trafik jaringan.

    Tim XL Axiata juga sudah mengidentifikasi kota-kota yang rawan dengan lonjakan trafik, termasuk juga destinasi wisata dan pusat keramaian, juga titik-titik yang biasa mengalami kemacetan lalu lintas. Sebanyak lebih kurang 127 MBTS telah ditempatkan di sepanjang jalan tol, pusat keramaian pergantian tahun, tempat wisata, dan ruang publik lainnya.

    Kota-kota yang diprediksi akan mengalami lonjakan trafik adalah kota-kota yang juga menjadi tujuan berlibur masyarakat, antara lain di Sumatera Utara, Jawa Tengah, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Bali, dan Lombok. Kenaikan trafik diperkirakan akan terjadi di area-area yang memiliki komunitas Nasrani cukup besar, yang merayakan Natal, seperti di Sulawesi Utara, Sumatera Utara, serta Nusa Tenggara Timur.

    XL Axiata juga telah menyiapkan antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi bencana yang tidak terduga, seperti misalnya banjir, gempa bumi, tanah longsor, dan sebagainya, yang berpotensi menyebabkan putusnya pasokan listrik ke BTS-BTS.

    (agt/jsn)