BUMN: PT Telekomunikasi Selular

  • Dunia Games LAGA 2024 Jadi Ajang Berlaga Talenta Esports

    Dunia Games LAGA 2024 Jadi Ajang Berlaga Talenta Esports

    Jakarta, CNBC Indonesia– Telkomsel melalui Dunia Games menyelenggarakan Dunia Games LAGA (DGL) 2024. Turnamen yang berlangsung sejak Oktober 2024 ini melibatkan lebih dari 183 wilayah di Indonesia dan mencapai puncaknya di National Grand Final.

    Sebelumnya dikenal dengan nama Dunia Games League, DGL 2024 mempertandingkan game populer Honor of Kings, bekerja sama dengan publisher Level Infinite dan didukung sepenuhnya oleh PBESI (Pengurus Besar Esports Indonesia). Dengan total hadiah Rp797.500.000, ajang ini menjadi platform bagi ribuan pemain berbakat untuk unjuk kemampuan dan meraih mimpi mereka di dunia esports profesional.

    VP Digital Lifestyle Telkomsel, Lesley Simpson menyatakan, DGL 2024 menjadi panggung bagi talenta muda Indonesia untuk meraih karier di industri esports yang terus berkembang pesat.

    “Dengan potensi besar dari ekosistem ini, Telkomsel berkomitmen memberikan dukungan penuh melalui platform digital yang inklusif dan kompetisi seperti DGL. Kami optimis games dan esports akan menjadi pilar penting dalam mendorong ekonomi digital Indonesia,” ungkap dia dikutip Jumat (20/12/2024).

    National Grand Final DGL 2024 mempertemukan 8 tim terbaik dari berbagai wilayah, termasuk Zwitterion PRFS.ID, Batcave Avernus, Notoxic (NTXC) Aether, Villain From Borneo, Vagos, Lord Black Eye, Dominator esports, dan Kagendra. Melalui sistem single elimination, Kagendra berhasil merebut gelar juara nasional, dengan Dominator e-Sports sebagai runner up.

    Selain penyelenggara turnamen, Dunia Games juga berperan sebagai penyedia ekosistem terintegrasi yang mendukung perkembangan komunitas games dan esports Indonesia. Platform ini menyediakan beragam layanan, mulai dari fitur live streaming, tips dan trik games, kemudahan top-up voucher, hingga Paket GamesMAX untuk mendukung pengalaman bermain tanpa hambatan.

    “Melalui Dunia Games, Telkomsel juga terus berinovasi dengan menghadirkan Multi-Payment Voucher, yang mempermudah gamers dalam melakukan pembelian di berbagai platform. Dengan inovasi berkelanjutan di Dunia Games, Telkomsel berharap dapat memberikan pengalaman bermain yang lebih baik sekaligus memperluas aksesibilitas bagi seluruh gamers di Indonesia,” tambah Lesley.

    Penciptaan ekosistem games terlengkap melalui Dunia Games juga diakui di tingkat internasional dengan penghargaan “Indonesia Technology Excellence Award in the Gaming” pada ajang Asian Technology Excellence Awards 2024 di Thailand (5/9). Penghargaan ini menggarisbawahi komitmen Telkomsel dalam mengoptimalkan pengalaman bermain dengan solusi terpadu bagi berbagai kebutuhan games dan esports di Indonesia.

    “Hingga kini, Dunia Games melibatkan lebih dari 40 juta pengguna dan menyelenggarakan lebih dari 111 ribu turnamen yang menarik lebih dari 590 ribu gamers aktif. Dunia Games menjadi elemen penting dalam mendukung komunitas games dan esports Indonesia selama masa pandemi dan terus berlanjut hingga sekarang,” pungkas dia.

     

    (rah/rah)

  • Smartfren (FREN) Kehilangan Pelanggan, Hijrah ke Kompetitor dan RT/RW Net

    Smartfren (FREN) Kehilangan Pelanggan, Hijrah ke Kompetitor dan RT/RW Net

    Bisnis.com, JAKARTA – PT Smartfren Telecom Tbk. (FREN) atau Smartfren menilai maraknya RT/RW Net menjadi salah satu penyebab turunnya pelanggan FREN pada 2024. Di sisi lain, perusahaan juga menghadapi persaingan industri yang makin ketat. S

    Adapun, dalam paparan laporan kuartal III/2024 menunjukan jumlah pelanggan Smartfren mencapai 35,9 juta pelanggan. Jumlah ini turun 1,3% secara tahunan (year-on-year/yoy) dari sebelumnya berada pada angka 36,4 juta pelanggan.

    Selain pelanggan, FREN juga mencatat adanya penurunan pendapatan pada kuartal III/2024. Smartfren hanya meraup pendapatan sebesar Rp8,5 triliun turun dibanding periode sama tahun sebelumnya yang berada pada Rp8,6 miliar.

    Presiden Direktur Smartfren Merza Fachys mengatakan turunnya angka pelanggan pada semester III/2024 secara tahunan dikarenakan banyaknya tekanan yang terjadi.

    Merza menuturkan salah satu faktor yang membuat jumlah pelanggan turun karena menjamurnya RT/RW Net di masyarakat saat ini.

    RT/RW Net adalah jaringan internet lokal yang dibangun oleh warga setempat untuk memberikan akses internet kepada pengguna di lingkungannya

    “Soal satunya, ya RT/RW Net makin banyak di mana-mana dan persaingan makin berat,” kata Merza saat ditemui di kantornya, Jumat (20/12/2024).

    Meski begitu, Merza menyampaikan pihaknya terus berupaya untuk menegakkan kembali angka pertumbuhan pelanggan Smartfren pasca kuartal III.

    Dirinya berharap, akan ada bounce back pada kuartal IV/2024 yang membuat pelanggan Smartfren kembali tumbuh pesat. 

    “Kuartal empat kita harapkan kita akan tumbuh, lah. Mudah-mudahan bounce kembali naik,” ujarnya.

    Sementara itu menurut laporan Opensignal terbaru, rerata kecepatan unduh, unggah, hingga pengalaman pelanggan dalam menonton video di jaringan Smartfren adalah yang terendah dibandingkan dengan operator seluler lain pada Desember 2024. 

    Tangkapa layar pemenang kecepatan internet di Indonesia Desember 2024/OpensignalPerbesar

    Rerata kecepatan unduh Smartfren tercatat sebesar 14,9 Mbps. Terpaut sekitar 11 Mbps dibandingkan dengan rerata kecepatan Telkomsel sebagai pemuncak klasemen. 

    Untuk kecepatan unggah, Smartfren mencatat 2 Mbps, tertinggal 9 Mbps dari Tri Indonesia sebagai pemuncak klasemen. 

    Terakhir, untuk pengalaman pelanggan dalam menonton video, Smartfren mengantongi nilai 51,4. Tertinggal dari Tri Indonesia yang sebesar 65. 

    Laporan Opensignal dirilis pada Desember 2024. Pengambilan sampel terjadi selama periode 1 Agustus hingga 29 Oktober 2024.

  • Cara Login WhatsApp Meski Nomor Tidak Aktif Lagi, Ini Langkahnya!

    Cara Login WhatsApp Meski Nomor Tidak Aktif Lagi, Ini Langkahnya!

    JABAR EKSPRES – Pernah nggak sih merasa panik karena nomor yang kalian pakai untuk login WhatsApp sudah nggak aktif?

    Tenang, kami punya solusi ampuh untuk kalian. Jadi, jangan buru-buru bikin akun baru atau kehilangan data penting, ya.

    Yuk, simak langkah-langkah berikut ini yang kami rangkum dari beberapa sumber.

    BACA JUGA: Akun Baru “WITHDRAW” Rp825.000 di Aplikasi Penghasil Uang Termudah Ini

    1. Aktifkan Kembali Nomor Lama

    Langkah pertama yang bisa kalian coba adalah mengaktifkan kembali nomor yang sudah tidak aktif. Caranya simpel banget. Langsung aja datang ke counter provider sesuai kartu SIM yang kalian pakai, seperti Grapari Telkomsel, Galeri Indosat, atau XL Center.

    Biasanya, kalian hanya perlu membawa KTP dan kartu SIM yang lama. Tim di sana akan membantu proses pengaktifan ulang nomor kalian. Jangan lupa tanyakan estimasi biayanya, ya, biar kalian nggak kaget.

    BACA JUGA: Cukup 1 Misi untuk Reward Saldo Rp200.000 Gratis ke Ewallet DANA

    2. Gunakan Google Voice

    Kalau nomor kalian benar-benar nggak bisa diaktifkan lagi, tenang aja, ada cara lain kok! Kalian bisa memanfaatkan aplikasi Google Voice sebagai solusi sementara untuk login WhatsApp. Gimana caranya?

    Buat Nomor Baru di Google VoicePertama, buka laman Google Voice dan login dengan akun Google kalian. Setelah itu, cari menu Search untuk memilih nomor telepon.

    Pilih Lokasi NomorMasukkan kota tempat tinggal kalian. Nanti akan muncul daftar nomor yang tersedia di area tersebut. Pilih nomor yang kalian suka, lalu klik Accept Number dan lanjutkan dengan memilih Next.

    Verifikasi NomorMasukkan nomor telepon aktif lain untuk menerima kode verifikasi dari Google. Klik Send Code dan masukkan kode yang kalian terima. Kalau sudah selesai, pilih Next dan Finish.

    Gunakan untuk WhatsAppSekarang kalian punya nomor baru dari Google Voice yang bisa digunakan untuk login WhatsApp. Pastikan kalian menyimpan nomor ini dengan baik, ya!

    Kenapa Ini Penting?

    Mengaktifkan kembali akun WhatsApp kalian dengan nomor lama atau Google Voice nggak cuma menyelamatkan data, tapi juga menjaga koneksi kalian dengan teman dan keluarga. Selain itu, ini juga jauh lebih praktis dibandingkan harus membuat akun baru dari awal.

  • Spektrum Lebih Besar, Pelanggan Lebih Ramping

    Spektrum Lebih Besar, Pelanggan Lebih Ramping

    Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan gabungan PT Smartfren Telecom Tbk. (FREN) dan PT XL Axiata Tbk. (EXCL) akan memiliki spektrum frekuensi yang lebih lebar dibandingkan dengan perusahaan gabungan PT Indosat Tbk. (ISAT) dan PT Hutchison 3 Indonesia. Namun, secara jumlah pengguna relatif lebih ramping. 

    Spektrum frekuensi sendiri merupakan nadi bagi bisnis operator seluler. Perusahaan telekomunikasi yang memiliki spektrum frekuensi lebar, dapat menghadirkan layanan internet yang lebih optimal kepada pelanggan, termasuk untuk 5G. 

    PT XLSmart Telecom Sejahtera Tbk. (XLSmart), entitas hasil merger XL Axiata dan Smartfren, diperkirakan mengoperasikan spektrum frekuensi sebesar 152 MHz untuk melayani 94,5 juta pelanggan.  

    Spektrum frekuensi tersebut berasal dari 90 MHz milik XL Axiata (15 MHz/900 MHz, 45 MHz/1800 MHz, dan 30 MHz/2100 MHz) dan 62 MHz milik Smartfren (22 MHz/850 MHz dan 40 MHz/ 2300 MHz). Jumlah tersebut masih berpotensi berubah karena harus melalui perhitungan terlebih dahulu oleh regulator Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi).  

    Adapun jika dibandingkan dengan perusahaan hasil merger Indosat-Tri Indonesia, Indosat Ooredoo Hutchison yang total menggunakan spektrum frekuensi sebesar 135 MHz, maka jumlah spektrum frekuensi tersebut lebih besar 17 MHz, dengan jumlah pelanggan terlayani XLSmart lebih sedikit. 

    Indosat melayani 98,7 juta pelanggan pada kuartal III/2024, sementara itu XLSmart diperkirakan melayani 94,5 juta pelanggan, dengan perincian XL Axiata melayani 58,6 juta pelanggan dan Smartfren melayani 34,5 juta pelanggan. 

    Pelanggan XL Axiata sedang mengaktifkan kartu simPerbesar

    Konsolidasi Spektrum  

    Untuk diketahui, Indosat dan Tri adalah perusahaan telekomunikasi yang terakhir merger di Indonesia. Pada 2022, kedua perusahaan memutuskan bergabung. 

    Setelah merger, spektrum frekuensi Indosat dan Tri Indonesia dikonsolidasikan untuk meningkatkan efisiensi. Konsolidasi ini memungkinkan perusahaan untuk mengoptimalkan penggunaan spektrum frekuensi, mengurangi duplikasi, dan meningkatkan kualitas layanan. 

    Sebelum melebur, Indosat mengoperasikan pita frekuensi sekitar 95 MHz pada pita frekuensi 850 MHz, 900 MHz, 1,8 GHz, dan 2,1 GHz. Emiten berkode saham ISAT itu kemudian mendapat tambahan 50 MHz dari hasil pengalihan pita frekuensi Tri, maka perusahaan hasil merger Indosat-Tri bakal memiliki total frekuensi hingga 145 MHz. 

    Kemudian setelah melakukan perhitungan, pemerintah meminta Indosat mengembalikan sebagian pita frekuensi, sebesar 10 MHz di spektrum 2,1 GHz. Alhasil, total spektrum yang digunakan menjadi 135 MHz untuk menggelar layanan. 

    Pita frekuensi yang wajib dikembalikan adalah frekuensi yang terletak pada rentang 1.975-1.980 MHz berpasangan dengan pita frekuensi radio pada rentang 2.165-2.170 MHz. Kemudian, bekas frekuenis Tri-Indosat berpindah ke Telkomsel sebagai pemenang lelang. 

    Nasib Spektrum Smartfren

    Pengamat telekomunikasi memperkirakan Komdigi juga akan melakukan perhitungan ulang spektrum frekuensi untuk perusahaan merger XL Axiata dan Smartfren, seperti yang dilakukan kepada Indosat-Tri. Perhitungan akan menentukan apakah spektrum frekuensi perlu dikembalikan atau tidak. 

    “⁠Frekuensi menjadi domain Menkomdigi untuk mengevaluasi dan menetapkannya apakah perlu dikurangi atau tidak dari perusahaan yang baru ini,” kata Direktur Eksekutif ICT Institute Heru Sutadi kepada Bisnis, Jumat (20/12/2024). 

    Sementara itu, Ketua Pusat Kajian Kebijakan dan Regulasi Telekomunikasi Institut Teknologi Bandung (ITB), Ian Yosef M. Edward mengatakan pengalihan spektrum telah diatur dalam UU. no 6/2023 tentang Penetapan Perpu No.2/2022 tentang Cipta Kerja menjadi UU Pasal 33 ayat (6). 

    Dalam peraturan tersebut pemerintah dapat mengambil kembali spektrum frekuensi perusahaan merger XL – Smartfren ataupun mempertahankannya. 

    “Butir b mengenai pengalihan penggunaan spektrum frekuensi radio, maka sudah ada dasar hukum untuk pengalihan frekuensi XL Axiata ataupun sebaliknya ke PT XLSmart Telecom Sejahtera Tbk/XLSmart,” kata Ian. 

  • by.U Hadirkan ‘England Premier Trip’, Bisa Tur-Nonton Langsung di Inggris

    by.U Hadirkan ‘England Premier Trip’, Bisa Tur-Nonton Langsung di Inggris

    Jakarta

    Telkomsel melalui brand serba-digitalnya, by.U menghadirkan pengalaman menonton bola yang #GakGituGituAja bagi generasi muda. Menggandeng EMTEK Group melalui Vidio.com, by.U menghadirkan program “England Premier Trip” yang membuka peluang bagi pelanggan (Anak by.U) pecinta sepak bola untuk menikmati setiap gol, sorakan, dan atmosfer Premier League secara langsung di Inggris.

    Head of by.U Riko Ringgoanto menyampaikan melalui program ‘England Premier Trip’, by.U ingin menginspirasi generasi muda Indonesia untuk bermimpi lebih besar.

    “Premier League merupakan liga paling bergengsi di dunia, dan kami berharap program ini dapat memberikan pengalaman luar biasa bagi Anak by.U sesuai aspirasi mereka,” ujar Riko, dalam keterangan tertulis, Kamis (19/20/2024).

    Sementara itu, anak by.U yang terpilih akan diberangkatkan ke Inggris untuk mengikuti berbagai aktivitas menarik, mulai dari menonton langsung pertandingan Liga Inggris di stadion ikonis, mengikuti tur eksklusif klub-klub Liga Inggris, hingga belanja merchandise resmi di Classic Football Shirts.

    Untuk mendapat kesempatan jadi pemenang program “England Premier Trip”, Anak by.U bisa berpartisipasi selama periode 1 November – 31 Desember 2024 dengan dua cara berikut:

    1. Beli Paket “England Premier Trip” Sebanyak-Banyaknya
    – Paket Rp 35 ribu (BEST OFFER): Kuota internet 1 GB + Langganan Vidio Premier League 30 hari.
    – Paket Rp 75 ribu: Kuota internet 20 GB + Langganan Vidio Premier League 30 hari.
    Paket tersedia melalui aplikasi by.U atau konter terdekat.

    2. Buat Konten Parodi Komentator Bola yang #GakGituGituAja
    – Buat video parodi komentator bola dengan gaya unik masing-masing.
    – Unggah video di Reels, TikTok, atau YouTube Shorts.
    – Berikan tagar #KontenParodiKomentatorBola, #byUEnglandPremierTrip, #GakGituGituAja.

    Adapun sebanyak 15 pemenang akan diumumkan pada awal 2025 melalui akun Instagram resmi @byu.id. Keputusan panitia bersifat final dan hadiah tidak dapat dipindahtangankan atau diuangkan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program England Premier Trip, kunjungi go.byu.id/englandtrip atau Instagram @byu.id.

    (ega/ega)

  • Cara Login WhatsApp Saat Nomor Telepon Sudah Tidak Aktif

    Cara Login WhatsApp Saat Nomor Telepon Sudah Tidak Aktif

    Jakarta

    WhatsApp telah menjadi salah satu aplikasi pesan yang memudahkan komunikasi baik untuk keperluan pribadi maupun profesional. Namun, bagaimana jika nomor telepon yang kamu gunakan untuk mendaftar WhatsApp sudah tidak aktif?

    WhatsApp memang menggunakan nomor telepon sebagai identitas utama untuk verifikasi dan akses ke akun. Ketika nomor telepon tidak aktif, proses login ke akun WhatsApp biasanya terhambat karena aplikasi memerlukan kode OTP (One-Time Password) yang dikirimkan ke nomor tersebut.

    Tapi ada beberapa langkah yang dapat dicoba untuk mengatasi kendala ini. Mungkinkah WhatsApp menggunakan nomor HP yang sudah tidak aktif?

    Login WhatsApp Jika Nomor Sudah Tidak Aktif

    Dikutip dari laman Pusat Bantuan WhatsApp, pengguna harus melakukan login dengan nomor yang aktif. Pada laman resmi tersebut dikatakan bahwa nantinya akan ada proses verifikasi melalui SMS atau telepon, menggunakan kode OTP yang harus dicantumkan.

    Sebetulnya, pengguna tidak bisa login WhatsApp lagi jika nomor telepon yang akan digunakan sudah tidak aktif. Meski begitu, ada trik bagi pengguna WhatsApp untuk melakukan login meski nomor sudah tidak aktif.

    1. Aktifkan Kembali Nomor yang Sudah Mati

    Cara pertama adalah mengaktifkan kembali nomor yang sudah mati. Berbagai operator menyediakan layanan pengaktifan nomor yang sudah hangus atau tidak aktif lagi.

    Setiap provider memiliki cara dan ketentuan masing-masing mengenai prosedur ini, sebagian besar bisa diurus secara offline atau langsung ke counter provider nomor teleponmu.

    Telkomsel

    Telkomsel menyediakan layanan reaktivasi kartu yang sudah hangus. Kartu masih bisa diaktifkan lagi maksimal 175 hari setelah masa tenggang.

    Melalui Kode Dial:

    Siapkan dahulu KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan KK (Kartu Keluarga) yang didaftarkan pada nomor kamu serta kartu SIM fisik yang mau diaktifkan kembali.Hubungi *888*89# dari nomor kamu yang hangus.Pilih “Reaktivasi kartu”.Pilih “Setuju” kalau kamu setuju dengan ketentuannya.Masukkan nomor KTP dan KK.

    Kamu akan mendapat SMS pemberitahuan mengenai nomor kamu bisa diaktifkan kembali atau tidak.

    Telkomsel e-Care:

    Kamu bisa menghubungi Telkomsel e-Care dengan mengirim DM (direct message) di Twitter atau Instagram Telkomsel. Begini langkah-langkahnya.

    Siapkan KTP dan KK yang didaftarkan pada nomor kamu beserta kartu SIM fisik yang mau diaktifkan kembali.Hubungi customer service Telkomsel melalui DM (Direct Message) dengan mengetik “reaktivasi prepaid”.Kamu akan dapat link untuk upload foto KTP, nomor KK, dan foto SIM card fisik yang akan direaktivasi.Lalu, kamu akan masuk ke antrian video call untuk melakukan validasi data.

    Grapari

    Cara selanjutnya, kamu bisa mengunjungi Grapari. Beberapa data yang dibutuhkan adalah:

    KTP.Kartu keluarga.Kartu SIM yang hangus.XL

    Pengguna XL juga bisa mengaktifkan kembali nomor yang sudah hangus. Adapun maksimal kartu hangus yaitu 60 hari.

    Melalui XL Center Online

    Buka website resmi XL dengan alamathttps://xlcenter.xl.co.id/transaction/.Klik opsi “Reaktivasi Kartu” untuk melanjutkan.Isi nomor XL Anda pada bagian kolom yang tersedia. Pastikan kamu telah mengisi kolom tersebut dengan nomor yang tepat, kemudian klik Check.Saat hasil dari pengecekan tersebut telah muncul, isikan formulir sesuai dengan informasi pribadi seperti nomor handphone lain yang dapat dihubungi melalui Whatsapp dan alamat email aktif.Klik “Lanjut”Upload KTP Anda dan isikan data diri sesuai dengan KTP. Cek kembali lalu klik “Sudah sesuai, lanjut”.Masukan nomor kartu keluarga untuk melengkapi data diri. Lalu, klik “Lanjut”.Upload foto selfie dengan KTP, SIM Card, dan upload tanda tangan. Centang pada bagian kolom persetujuan untuk melanjutkan.Berikutnya, akan muncul halaman yang menginfokan bahwa Permohonan terkirim.

    Mengunjungi XL Center

    Pengguna WhatsApp juga bisa datang langsung ke XL Center untuk mengaktifkan kembali nomor yang tengah hangus. Adapun persyaratan yang perlu dibawa adalah:

    e-KTP.Simcard lama yang ingin diaktifkan kembali.Indosat

    Layanan ini disebut dengan reaktivasi nomor prabayar. Reaktivasi ini bisa dilakukan hingga 30 hari dari akhir masa tenggang.

    Panggilan *888*89#

    Siapkan NIK dan No Kartu Keluarga.Lakukan panggilan ke *888*89#.Masukkan NIK.Masukkan No. KK.Pelanggan akan mendapat SMS dari 444 untuk informasi lebih lanjut.

    Aplikasi myIm3

    Siapkan NIK dan No KK.Buka aplikasimyIM3.Pilih banner reaktivasi di halaman utama aplikasimyIM3.Masukkan NIK.Masukkan No. KK.Pelanggan akan mendapatkan pesan di inbox (pesan masuk) aplikasimyIM3 atau SMS dari 4444 untuk informasi lebih lanjut.

    2. Menggunakan Aplikasi Google Voice

    Nah, lain halnya jika kamu butuh nomor telepon sementara untuk login WhatsApp, bisa gunakan nomor Google Voice. Nantinya, kode akan terkirim ke nomor itu seperti layaknya nomor telepon biasa. Berikut caranya, dikutip dari berbagai sumber:

    Buatlah nomor telepon baru dulu menggunakan aplikasi Google Voice. Jika menggunakan komputer, arahkan ke laman https://voice.google.com/u/2/about.Masuk ke akun Google yang kamu miliki untuk melanjutkan.Ketuk ‘Search’ di sudut kanan bawah layar. Nantinya, akan mencari area yang dekat denganmu dengan nomor yang tersedia.Pilih kota terdekat dengan lokasimu. Nantinya akan muncul daftar nomor telepon yang tersedia di area tersebut. Kamu juga dapat mengetikkan nama kota di bilah pencarian.Setelah memilih nomor telepon yang diinginkan, pilih ‘accept number’ di bagian bawah layar berikutnya.Pilih ‘next’, lalu klik kotak untuk memasukkan nomor teleponmu. Jika nomor ponselmu tidak aktif, kamu bisa menggunakan nomor telepon rumah atau nomor teman jika mereka mau. Ini hanya untuk akses sementara ke nomor telepon.Pilih ‘send code’ untuk menerima kode verifikasi. Masukkan kode verifikasi yang baru saja kamu terima.Jika kamu ingin nomor Google Voice milikmu digunakan untuk telepon, bisa klik ‘Yes (all calls)’ atau ‘No’ jika tidak ingin menggunakan nomor itu dalam jangka panjang.Pilih nomor sebelum setiap panggilan jika Anda ingin memilih nomornu sebelum melakukan panggilan telepon.Klik ‘Next’, lalu ‘Finish’ untuk menyelesaikan proses. Kamu sekarang memiliki nomor telepon gratis untuk digunakan saat mengaktifkan WhatsApp.

    Nah itulah tadi cara untuk login nomor WhatsApp yang sudah tidak aktif, dengan cara alternatif tanpa nomor telepon. Semoga membantu, ya!

    (aau/fds)

  • Ekspansi 5G Harus Sesuai Kebutuhan Pelanggan

    Ekspansi 5G Harus Sesuai Kebutuhan Pelanggan

    Jakarta

    Berbeda dengan operator seluler Telkomsel, Indosat Ooredoo Hutchison memilih untuk tidak terburu-buru memperluas jaringan 5G.

    Sebagai informasi, seluruh operator seluler yang beroperasi saat ini telah mengantongi Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) 5G, di mana artinya mereka diperbolehkan untuk mengomersilkan jaringan seluler generasi ke lima itu ke masyarakat.

    Jaringan 5G sudah diluncurkan Indosat sejak Juni 2021. Akan tetapi, 5G dirasa belum digenjot maksimal, terutama untuk pengguna end user.

    SVP Head of Customer of Customer Experience Excellence Indosat, Joko Riswadi, mengatakan bahwa mengadopsi teknologi terbaru merupakan salah satu upaya Indosat dalam peningkatan jaringan. Akan tetapi, untuk perluasan sinyal 5G, Indosat masih menunggu.

    “Teknologi baru, inovasi baru, pasti diadopsi tapi prinsipnya kita adalah bagaimana memenuhi (kebutuhan) customer dulu. Need-nya apa sih. Misalnya, live streaming untuk konser, kita sudah melakukan, bahkan malam ini juga, pakai 4G,” kata Joko di Jakarta, Rabu (18/12/2024).

    Joko menambahkan Indosat tak ingin main-main menghadirkan jaringan 5G yang tergolong saat ini di Indonesia masih baru dan belum tinggi peminatnya.

    “Tentu, kita adopsi (5G) nggak main-main yang sekedar launching. Kita buat sesuatu yang berbeda dan itu memenuhi need dari customer, bukan hanya me-launching 5G gitu saja, tetapi Indosat berkomitmen adopsi teknologi baru yang memenuhi kebutuhan pelanggan,” tuturnya.

    Ketika ditanya persoalan kekurangan spektrum frekuensi menjadi kendala perluasan jaringan 5G, Joko menjawab bahwa Indosat sedang melihat kondisi pasar, terutama permintaan jaringan 5G.

    “Kita ingin mau launching sesuatu yang matter buat pelanggan. Kita harus expect kebutuhan customer tuh apa dulu, nah itu yang kita launching. Indosat nggak mau buru-buru,” pungkasnya.

    (agt/agt)

  • Telkomsel optimalkan jaringan broadband di Jawa-Bali jelang Natal

    Telkomsel optimalkan jaringan broadband di Jawa-Bali jelang Natal

    Denpasar (ANTARA) – Telkomsel telah melakukan optimalisasi jaringan broadband di 140 lokasi khusus untuk mendukung kenyamanan pengalaman digital pelanggan di seluruh Area Jawa-Bali selama periode Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru).

    Vice President Area Network Operations Jawa-Bali Andrias Indra dalam konferensi pers secara daring yang diikuti di Denpasar, Rabu mengatakan ratusan lokasi yang terdiri dari 8 area transit transportasi (bandara, pelabuhan, stasiun), 124 area spesial (mal, alun-alun, pusat keramaian), dan 8 area di rute mudik (jalur mudik, rest area, SPBU).

    Andrias menjelaskan pihaknya melakukan optimalisasi jaringan dengan melakukan peningkatan kapasitas 417 unit BTS 4G/LTE, penambahan 134 unit BTS 4G/LTE baru, dan penambahan 14 unit Compact Mobile BTS (COMBAT), sehingga menggenapi lebih 77.246 BTS yang tersebar di Area Jawa-Bali.

    “Untuk mengakomodasi lonjakan trafik, Telkomsel pun telah meningkatkan kapasitas jaringan,” katanya.

    Dia mengatakan guna menghadirkan pengalaman digital yang lebih baik dan lebih cepat sekaligus meningkatkan efisiensi operasional, Telkomsel pun telah bertransformasi menjadi penyedia layanan konvergensi terbesar pertama yang mengimplementasikan standar arsitektur jaringan Open Digital Architecture (ODA) dengan Autonomous Network di Indonesia.

    Selain itu, memberikan kecepatan dan stabilitas layanan jaringan melalui skema zero touch self-assurance berbasis AI untuk mendeteksi, mendiagnosis, mengoptimalkan, dan memulihkan fungsi jaringan secara mandiri dan otomatis.

    Selama momen perayaan Natal dan Tahun Baru 2025, Telkomsel memproyeksikan akan terjadi lonjakan trafik broadband hingga sebesar 11.52 persen dibandingkan dengan hari biasa, atau 6.5 persen dibandingkan dengan periode tahun sebelumnya.

    Lonjakan trafik tersebut diperkirakan pada puncaknya pada saat hari pergantian tahun 2025, dan didorong oleh peningkatan akses media sosial sebanyak 14 persen, video streaming sebanyak 6 persen, layanan komunikasi sebanyak 2 persen, online gaming sebanyak 5 persen, hingga e-commerce sebanyak -22 persen.

    Andrias mengatakan sebagai penyedia layanan telekomunikasi digital terdepan, Telkomsel berkomitmen menyambungkan semangat optimisme dan energi positif bagi masyarakat.

    Dengan mengoptimalkan kesiapan konektivitas yang unggul, Telkomsel berupaya memastikan agar setiap pelanggan dapat menikmati momen Natal dan Tahun Baru dengan penuh kemudahan, kenyamanan, dan kebahagiaan.

    “Telkomsel berkomitmen hadir bersiaga mendampingi para pelanggan untuk menyambut Natal dan Tahun melalui ketersediaan ragam produk dan layanan bernilai tambah, serta program CSR untuk berbagi dengan sesama,” kata Vice President Consumer Area Jawa Bali Suryo Hadiyanto.

    Pelanggan setia Telkomsel juga dapat menukar Poin dengan banyak keuntungan di Posko Utama, serta dapat menikmati beragam penawaran spesial seperti ekstra kuota, diskon di banyak merchant favorit, undian berhadiah mobil, motor, smartphone, orbit, dan masih banyak lagi hanya dengan menukarkan mulai 1 Poin di MyTelkomsel dan MyIndiHome hingga 31 Desember 2024.

    “Kami menyiapkan sembilan posko siaga Natal dan Tahun Baru di Area Jawa Bali untuk pelayanan pelanggan, penjualan produk dan layanan, hingga hiburan berupa games,” kata Suryo.

    Di samping itu, pelanggan juga dapat mengakses layanan pelanggan Telkomsel di Call Center 188 (dan 147, khusus pelanggan IndiHome), aplikasi MyTelkomsel, asisten virtual Veronika di berbagai platform instant messaging, media sosial Telkomsel di Facebook, Instagram, dan X, 120 GraPARI dan 136 ATM MyGraPARI di Area Jawa Bali, serta lebih dari 64.747 mitra outlet Telkomsel,” kata Suryo.

    Pewarta: Rolandus Nampu
    Editor: Biqwanto Situmorang
    Copyright © ANTARA 2024

  • Telkomsel Gelar Festival Tukar Poin di Summarecon Mall Serpong, Banyak Hadiah!

    Telkomsel Gelar Festival Tukar Poin di Summarecon Mall Serpong, Banyak Hadiah!

    Jakarta

    Telkomsel menggelar program Poin Gembira Festival 2024 yang berlangsung di Summarecon Mall Serpong pada 13-15 Desember 2024. Festival ini menawarkan berbagai cara bagi pelanggan untuk menukarkan Telkomsel Poin dengan program menarik seperti pengalaman kuliner dan belanja, undian berhadiah, donasi pendidikan, diskon istimewa, hingga kesempatan memenangkan berbagai hadiah eksklusif.

    Direktur Human Capital Management Telkomsel, Indrawan mengatakan pihaknya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pelanggan setia yang telah mempercayakan berbagai kebutuhan komunikasi dan digitalnya kepada Telkomsel.

    “Poin Gembira Festival 2024 ini adalah cara kami untuk berbagi kegembiraan bersama pelanggan, dengan memberikan berbagai keuntungan dan pengalaman menyenangkan. Ke depan, kami akan terus berfokus menghadirkan kemudahan dan kenyamanan bagi pelanggan dengan semangat inovasi di setiap konektivitas, layanan, dan solusi terbaik yang kami hadirkan di seluruh Indonesia,” ungkap Indrawan dalam keterangannya, Rabu (18/12/2024).

    Selama acara berlangsung, pelanggan dan pengunjung di Summarecon Mall Serpong dapat menikmati berbagai kegembiraan bersama Telkomsel, termasuk dengan:
    -Undian Poin Gembira Festival Summarecon Mall Serpong: Tukar 1 Telkomsel Poin untuk kesempatan memenangkan hadiah 1 Yamaha Nmax, 2 Samsung Z Flip 6, 2 Garmin Venu Sq dan 20 Voucher Indomaret 250K.
    – Poin Jajan Festival: Diskon kuliner dan belanja dari puluhan Merchant UMKM dan Merchant Mall.
    – Poin Arcade Games: Permainan dan hiburan dengan beragam hadiah menarik.
    – Booth Interaktif: Photo Spot, penukaran merchandise, discount device dengan penawaran spesial, taman edukasi, dan ragam layanan digital Telkomsel.
    – Entertainment: Live music dari band ternama, permainan interaktif, dan doorprize.

    Selain Poin Gembira Festival, Telkomsel Poin juga memiliki rangkaian Program Poin Gembira Akhir Tahun 2024. Dengan menukarkan Telkomsel Poin, pelanggan dapat memenangkan berbagai hadiah eksklusif melalui Lucky Draw yang berlangsung selama periode 1 November hingga 31 Desember 2024. Hadiah Utama Poin Gembira Festival 2024 meliputi:
    – 1 unit Mercedes-Benz C200 Avantgarde
    – 25 unit Yamaha Nmax dan 30 unit Honda Beat
    – 10 unit iPhone 15 dan 10 unit Samsung Z Flip 6
    – 300 unit Samsung A06, 100 unit Modem Orbit
    – 635 voucher belanja senilai Rp300 ribu

    Pelanggan juga dapat menikmati berbagai program penukaran Telkomsel Poin di lokasi, seperti:
    – Parcel Hepi: Penukaran Poin untuk pengiriman parsel akhir tahun.
    – Liburan Seru: Penukaran Poin untuk voucher diskon melalui tiket.com.
    – Diskon Smartphone Poin: Penukaran Poin untuk diskon pembelian smartphone baru.
    – Mendadak Hepi: Penukaran Poin untuk kuota data.
    – Cuan Hepi: Penukaran Poin untuk diskon spesial di merchant tertentu.
    – Donasi Poin: Penukaran Poin untuk program sosial bersama mitra donasi.

    Telkomsel Luncurkan Prestige Membership di Poin Gembira Festival 2024

    Dalam rangkaian Poin Gembira Festival 2024 di Summarecon Mall Serpong, Telkomsel secara resmi meluncurkan program loyalitas terbaru, Telkomsel Prestige Membership. Sebagai bentuk komitmen apresiasi loyalitas pelanggan, program ini menghadirkan beragam manfaat premium serta akses eksklusif yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman pelanggan bersama Telkomsel.

    “Telkomsel berkomitmen untuk terus menghadirkan inovasi yang memberikan nilai tambah bagi pelanggan. Melalui Telkomsel Prestige Membership, kami menawarkan pengalaman yang benar-benar berbeda dan lebih istimewa dengan sederet keuntungan eksklusif bagi pelanggan terbaik Telkomsel,” jelas Indrawan.

    Terdiri dari dua kategori utama, Platinum dan Diamond, Telkomsel Prestige Membership menawarkan berbagai manfaat premium dan akses eksklusif seperti:
    – Layanan Prioritas: Akses layanan pelanggan prioritas di GraPARI, kecepatan jaringan hingga 2x lebih cepat, serta koneksi internet rumah stabil dengan opsi peningkatan kecepatan.
    – Paket Hiburan Premium: Bonus kuota internet hingga 27 GB, langganan WeTV, NSP, dan kursus bahasa Inggris gratis melalui aplikasi pembelajaran Cakap.
    – Diskon Eksklusif: Akses gratis ke lounge bandara, discount di berbagai restoran pilihan, tiket bioskop, golf, layanan transportasi TRAC, hingga layanan kesehatan premium.

    Selain itu, pelanggan dapat mendaftarkan diri untuk menikmati keuntungan Telkomsel Prestige Membership melalui menu ‘Loyalty Membership’ di aplikasi MyTelkomsel. Berbagai pengalaman eksklusif Telkomsel Prestige Membership juga tersedia di area Prestige Area selama gelaran Poin Gembira Festival 2024 di Summarecon Mall Serpong.

    (prf/ega)

  • Telkomsel Apresiasi Loyalitas Pelanggan di Akhir Tahun

    Telkomsel Apresiasi Loyalitas Pelanggan di Akhir Tahun

    Jakarta, CNBC Indonesia – Telkomsel kembali mengapresiasi para pelanggan melalui program Poin Gembira Festival 2024. Festival ini menawarkan berbagai cara pelanggan untuk menukarkan Telkomsel Poin dengan program, seperti kuliner dan belanja, undian berhadiah, donasi pendidikan, diskon istimewa, hingga kesempatan memenangkan berbagai hadiah eksklusif.

    Direktur Human Capital Management Telkomsel, Indrawan, menyampaikan apresiasi kepada seluruh pelanggan yang mempercayakan berbagai kebutuhan komunikasi dan digitalnya kepada Telkomsel.

    “Poin Gembira Festival 2024 adalah cara kami berbagi kegembiraan bersama pelanggan, dengan memberikan berbagai keuntungan dan pengalaman menyenangkan. Ke depan, kami akan terus berfokus menghadirkan kemudahan dan kenyamanan bagi pelanggan dengan semangat inovasi di setiap konektivitas, layanan, dan solusi terbaik yang kami hadirkan di seluruh Indonesia,” ungkap Indrawan, dikutip Rabu (18/12/2024).

    Selama acara berlangsung, pelanggan dan pengunjung di Summarecon Mall Serpong dapat menikmati Undian Poin Gembira Festival Sumarecon Mall Serpong. Di antaranya Tukar 1 Telkomsel Poin untuk kesempatan memenangkan hadiah 1 Yamaha Nmax, 2 Samsung Z Flip 6, 2 Garmin Venu Sq dan 20 Voucher Indomaret 250K.

    Kemudian Poin Jajan Festival berupa diskon kuliner dan belanja dari puluhan Merchant UMKM dan Merchant Mall, Poin Arcade Games, yakni permainan dan hiburan dengan beragam hadiah menarik.

    Selanjutnya booth interaktif dengan photo spot, penukaran merchandise, discount device dengan penawaran spesial, taman edukasi, dan ragam layanan digital Telkomsel. Terakhir entertainment yakni live music dari band ternama, permainan interaktif, dan doorprize.

    Selain Poin Gembira Festival, Telkomsel Poin juga memiliki rangkaian Program Poin Gembira Akhir Tahun 2024. Dengan menukarkan Telkomsel Poin, pelanggan dapat memenangkan berbagai hadiah melalui Lucky Draw yang berlangsung selama periode 1 November hingga 31 Desember 2024.

    Hadiah Utama Poin Gembira Festival 2024 meliputi 1 unit Mercedes-Benz C200 Avantgarde, 25 unit Yamaha Nmax dan 30 unit Honda Beat, 10 unit iPhone 15 dan 10 unit Samsung Z Flip 6, 300 unit Samsung A06, 100 unit Modem Orbit, dan 635 voucher belanja senilai Rp300 ribu.

    Pelanggan juga dapat menikmati berbagai program penukaran Telkomsel Poin di lokasi, seperti Parcel Hepi: Penukaran Poin untuk pengiriman parsel akhir tahun, Liburan Seru: Penukaran Poin untuk voucher diskon melalui tiket.com, Diskon Smartphone Poin: Penukaran Poin untuk diskon pembelian smartphone baru Mendadak Hepi: Penukaran Poin untuk kuota data, Cuan Hepi: Penukaran Poin untuk diskon spesial di merchant tertentu, Donasi Poin: Penukaran Poin untuk program sosial bersama mitra donasi.

    (rah/rah)