BUMN: PT Telekomunikasi Selular

  • Perintah Khusus Prabowo ke Menteri Meutya Jelang Nataru 2025

    Perintah Khusus Prabowo ke Menteri Meutya Jelang Nataru 2025

    Jakarta, CNBC Indonesia – Presiden Prabowo Subianto punya pesan khusus bagi para menterinya dalam rangka Natal dan Tahun Baru. Permintaannya adalah memastikan semua berjalan lancar dan nyaman untuk masyarakat.

    “Jadi dalam kerangka libur Natal dan Tahun Baru Presiden memang menugaskan para menteri untuk memastikan semua berjalan dengan lancar nyaman bagi mereka yang bepergian begitu ya, terutama di libur natal dan tahun baru,” kata Menteri Komunikasi dan Digital Meutya Hafid ditemui di kantor Komdigi, Selasa (24/12/2024).

    Khusus untuk kementeriannya, Meutya mengatakan ditugaskan memeriksa soal infrastruktur digital. Pihaknya akan memastikan komunikasi tidak terganggu dan bisa berjalan dengan baik.

    Hari ini dia melakukan peninjauan pada Pusat Monitoring dan Telekomunikasi, Pos dan Penyiaran (PMT) di Kantor Komdigi. Ruangan yang berada di Komdigi itu memonitor layanan komunikasi.

    Meutya mengatakan semua operator telah berkomitmen menaikkan kapasitas selama Nataru. Termasuk meminta para Dirjen memantau langsung memastikan layanan dan frekuensi terjaga dengan baik.

    Jadi diharapkan tidak ada gangguan selama periode tersebut. Termasuk tidak ada interfensi selama Nataru.

    Komdigi mencatat peningkatan kapasitas internet Telkom sekitar 56,7 Tbps. Sementara Telkomsel kapasitas gateway sebesar 15,73 dan kapasitas internetnya sebesar 13,4 terabyte per second.

    Indosat Ooredoo Hutchison telah meningkatkan hingga 30%. XL menyiapkan peningkatan dua kali lipat lebih besar dan Smartfren sebanyak 1,1% .

    “Meskipun demikian, jikalau ada gangguan maka Kemkomdigi juga membuka layanan aduan @pmt.komdigi Jadi silahkan itu akan jadi masukan kami untuk memberi warning kepada para operator untuk meningkatkan dan memperbaiki layanan mereka di beberapa titik,” ujarnya.

    Selain itu peninjauan juga dilakukan di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta. Meutya bersama dengan jajarannya pemantauan spektrum frekuensi di tengah meningkatnya jumlah penerbangan periode Nataru.

    “Di bandara juga kami akan memonitor frekuensi Karena penerbangan itu tentu komunikasinya memerlukan frekuensi khusus dan dengan kenaikan traffic penerbangan ini juga perlu kami pantau. Jadi selain komunikasi seluler khususnya juga dengan kelancaran frekuensi untuk penerbangan,” ungkapnya.

    Salah satunya melihat mobil System Monitoring Spektrum Frekuensi. Mobil tersebut akan memonitor frekuensi di bandara.

    Sejauh ini sudah 10 mobil yang ditempatkan di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya hingga Makassar. “Jadi mobil untuk memonitor terus frekuensi. Ini ada 10 saat ini kita taruh di 10 kota besar,” jelasnya.

    (fab/fab)

  • Komdigi Prediksi Lonjakan Traffic Nataru Tembus 20%

    Komdigi Prediksi Lonjakan Traffic Nataru Tembus 20%

    Jakarta

    Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) memastikan jaringan telekomunikasi siap menyambut momen libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2025. Upaya monitoring hingga langkah antisipasi sudah dipersiapkan jika terjadi gangguan.

    “Alhamdulillah bangun, kemarin kami telah melakukan pengukuran untuk kualitas QoS (quality of servies) di tanggal 16 sampai 20 Desember untuk empat operator seluler dan hasilnya itu baik,” ungkap Dany Suwardany A, Direktur Pengendalian Pos dan Informatika Kementerian Komdigi saat kegiatan peninjauan Pusat Monitoring dan Telekomunikasi, Pos dan Penyiaran oleh Menkomdigi, Selasa (24/12/2024).

    Dalam laporannya, Dhani mengungkap Komdigi memperdiksi kenaikan trafik telekomunikasi selama Nataru kali ini naik 7-20% dibanding tahun lalu. Mengatisipasi hal tersebut, pihaknya berkoordinasi dengan operator.

    “Kita sudah mengirimkan surat untuk mengantisipasi adanya lonjakan traffic, dengan meminta mereka untuk memperkuat kapasitas jaringannya,” kata Dany.

    Surat tersebut telah direspon para operator telekomunikasi di Tanah Air. Disebutkan PT Telkom sudah menyiapkan kapasitas internet kurang lebih hampir sebesar 56,7 terabyte per second.

    Telkomsel meningkatkan atau menaikkan kapasitas gateway-nya sebesar 15,73 terabyte per second dan kapasitas internetnya sebesar 13,4 terabyte per second. Untuk Indosat Ooredoo Hutchison (IoH) juga meningkatkan kapasitas jaringan sebesar 30% dari kapasitas regular atau normalnya.

    Sementara XL disebutkan telah menyiapkan kapasitas jaringannya 2 kali lipat lebih besar dari kapasitas normal. Smartfren sendiri sudah menyiapkan untuk kapasitas jaringannya dengan meningkatkan kapasitasnya kurang lebih hampir sebesar 1,1%.

    Di samping memperkuat kapasitas jaringan, Komdigi juga melakukan pengukuran kualitas sinyal (QoS) di titik-titik point of interest (POI) seperti di pusat perbelanjaan, terminal, bandara, tempat wisata, tempat ibadah dan jalan mudik tol baik itu Jakarta-Surabaya maupun Jakarta-Palembang.

    Para operator juga melakukan antisipasi lainnya berupa mobile BTS untuk di daerah-daerah pusat keramaian. Tak sampai di situ, mereka pun rutin melakukan drive test untuk memastikan kualitas jaringan tetap terjaga sepanjang Nataru.

    “Di samping itu para operator menyiapkan Posko di bandara hingga stasiun, command center dan call center yang melayani pelanggan atau customer selama 24 jam,” ungkap Dany.

    Di samping dari sisi operator seluler maupun dari penyelenggara broadband Telkom, Komdigi sendiri melakukan pengukuran dari sisi kualitas quality of services (QoS), khususnya di ruas jalur mudik tol Jakarta-Surabaya dan Jakarta-Palembang.

    Pengukuran kualitas layanan akses internet berdasarkan parameter throughput, download throughput dan upload throughput. Di samping juga ada parameter lainnya seperti untuk signal strength.

    “Jadi untuk yang hasil pengukuran yang kita lakukan tanggal 16-22 Desember di ruas jalan tol Jakarta-Surabaya, kalau dilihat dari hasil pengukuran untuk service throughput download secara overall ini baik,” papar Dany.

    “Kita sudah sampaikan hasilnya ke operator seluler. Ada beberapa titik mungkin yang perlu ditingkatkan dari sisi kualitas tapi tidak terlalu yang di bawah setengah tidak terlalu banyak, hanya beberapa titik. Yang lebih di KM rest area 166,” pungkasnya.

    (rns/rns)

  • Usai Merger XL Axiata-Smartfren, Bagaimana Jaringan Internet Indonesia ke Depannya?

    Usai Merger XL Axiata-Smartfren, Bagaimana Jaringan Internet Indonesia ke Depannya?

    Jakarta

    Merger XL Axiata dan Smartfren menjadi XLSmart membuat jumlah operator seluler eksisting Indonesia saat ini tinggal tiga. Bagaimana persaingan industri seluler dalam negeri ke depannya?

    Sebagai informasi, operator seluler yang beroperasi sekarang terdiri dari Indosat Ooredoo Hutchison yang notabene juga perusahaan gabungan antara Indosat Ooredoo dan Hutchison 3 Indonesia, kemudian Telkomsel, dan XLSmart.

    Pengamat telekomunikasi ITB Ridwan Effendi, mengatakan kompetisi para operator seluler ke depannya akan berbasis kualitas layanan.

    “Masyarakat akan lebih tertarik ke operator yang mempunyai kualitas layanan yang lebih baik, masalah harga layanan akan menjadi nomor dua,” ujar Ridwan saat dihubungi detikINET, Selasa (24/12/2024).

    Dengan operator seluler yang semakin sedikit, Ridwan memandang churn dari pelanggan akan sangat terasa oleh penyedia telekomunikasi tersebut.

    “Oleh karena itu, pastinya operator akan berlomba memperbaiki kualitas layanan untuk menjaga customer-nya,” ucapnya.

    Disampaikannya, regulator dalam hal ini harus lebih jeli dalam pengawasan di lapangan. Sebab, jika tidak diawasi dengan seksma dikhawatirkan akan terjadi persaingan tidak sehat.

    “Regulator dalam hal ini harus lebih jeli dalam pengawasan di lapangan, jangan sampai terjadi persaingan yang tidak sehat, seperti oligopoli di mana operator bersepakat menentukan harga layanan secara bersama atau misalnya kesepakatan pembagian wilayah usaha. Walaupun begitu, sebaran wilayah layanan bisa saja terjadi secara natural,” tuturnya.

    “Jangan sampai pula ada promosi di bawah harga produksi yang berkepanjangan tidak terbatas waktu sehingga bisa mematikan operator lain,” sambung mantan Komisoner BRTI ini.

    Ridwan menilai dengan operator seluler yang menyisakan tiga perusahaan, seharusnya industri telekomunikasi dalam negeri akan semakin sehat karena semua operator mendapatkan potensi sumber daya frekuensi yang terbatas.

    “Misalnya yang cukup dan kurang lebih sama di antara ketiganya,” imbuhnya.

    Merger antara XL Axiata dengan Smartfren telah disepakati dengan nilai mencapai Rp 104 triliun. Dari merger tersebut nantinya akan dihasilkan sebuah entitas baru bernama PT XLSmart Telecom Sejahtera Tbk, atau singkatnya, XLSmart.

    Adapun saat ini, pihak XL dan Smartfren masih menunggu hasil evaluasi dari Komdigi. Proses evaluasi ini, menurutnya, sangat bergantung pada seberapa detail diskusi yang akan dilakukan Komdigi dengan tim business plan dari kedua operator.

    “Nah ini semua akan tergantung kepada se-detail apa Komdigi akan berdiskusi dengan tim dari business plan,” pungkas President Director Smartfren Merza Fachys.

    (agt/rns)

  • Cara Blokir Nomor Baru Tak Dikenal, Biar Tak Kena Spam Call

    Cara Blokir Nomor Baru Tak Dikenal, Biar Tak Kena Spam Call

    Daftar Isi

    Jakarta, CNN Indonesia

    Panggilan dari nomor baru yang tidak dikenal sering kali menjadi gangguan, terutama jika nomor tersebut terus-menerus menghubungi tanpa alasan jelas atau bahkan berpotensi melakukan spam.

    Untungnya, teknologi saat ini telah menyediakan berbagai solusi untuk memblokir nomor baru yang tidak dikenal.

    Fitur-fitur bawaan pada ponsel, baik berbasis Android maupun iOS, mempermudah pengguna untuk memfilter atau memblokir nomor-nomor yang dianggap mengganggu.

    Melansir berbagai sumber, berikut langkah-langkah untuk memblokir nomor tak dikenal di berbagai platform.

    Cara blokir nomor tidak dikenal di Android

    Sebenarnya Android memiliki fitur bawaan untuk memblokir nomor baru yang tidak dikenal. Anda hanya perlu mengaktifkannya saja dengan cara berikut:

    1. Buka aplikasi Telepon di ponsel Anda.
    2. Ketuk nemu Lainnya lalu pilih Setelan.
    3. Pilih opsi “Nomor yang Diblokir”.
    4. Aktifkan “Tidak dikenal” untuk memblokir panggilan dari nomor yang tidak dikenal.
    5. Panggilan dari nomor yang tidak dikenal akan otomatis ditolak.

    Menurut Google, pengaturan ini tidak memblokir nomor yang tidak tersimpan di kontak Anda, melainkan hanya nomor pribadi atau tanpa identitas jelas.

    “Tindakan ini akan memblokir panggilan dari nomor pribadi atau tidak dikenal.Anda masih akan menerima panggilan dari nomor telepon yang tidak tersimpan di kontak Anda,” tulis Google dalam web resminya.

    Cara blokir nomor tidak dikenal di iPhone

    Pemilik iPhone juga dapat memblokir nomor yang tidak dikenal dengan langkah berikut:

    1. Buka fitur Panggilan di perangkat Anda.
    2. Pilih opsi “Panggilan Terakhir” dan temukan nomor yang ingin diblokir.
    3. Ketuk ikon info di sebelah nomor tersebut.
    4. Gulir ke bawah dan pilih “Blokir Nomor”.
    5. Nomor tersebut kini sudah terblokir.

    Menggunakan aplikasi pihak ketiga

    Jika fitur bawaan ponsel dirasa kurang memadai, Anda dapat menggunakan aplikasi seperti Truecaller, Hiya, atau Calls Blacklist. Berikut langkah-langkahnya:

    1. Unduh aplikasi pilihan Anda dari Google Play Store atau App Store.
    2. Daftarkan nomor ponsel Anda sesuai petunjuk aplikasi.
    3. Masukkan nomor yang ingin diblokir dan pilih alasan pemblokiran.
    4. Ikuti langkah-langkah lainnya hingga nomor berhasil diblokir.

    Meminta bantuan operator seluler

    Sebagai opsi terakhir, Anda dapat menghubungi layanan pelanggan operator seluler.

    1. Hubungi call center operator Anda, seperti Telkomsel, Indosat, atau XL.
    2. Jelaskan niat Anda untuk memblokir nomor tertentu.
    3. Operator akan membantu Anda memproses permintaan tersebut sesuai kebijakan yang perlaku.

    (wnu/dmi)

    [Gambas:Video CNN]

  • Gandeng Grab & Trip.com, Travel Alliance Hadirkan Reward Lintas Negara

    Gandeng Grab & Trip.com, Travel Alliance Hadirkan Reward Lintas Negara

    Jakarta, CNBC Indonesia – Travel Alliance, yang terdiri dari Singtel, AIS, Globe, HKT, Optus, Taiwan Mobile, dan Telkomsel secara resmi mengumumkan kemitraan strategis dengan Grab dan Trip.com. Kolaborasi ini memungkinkan pelanggan Aliansi untuk mendapatkan diskon pada akomodasi, penerbangan, transportasi, dan pengantaran makanan selama bepergian. Promosi tersebut akan diluncurkan secara bertahap oleh anggota Aliansi mulai 1 Januari 2025.

    Direktur Marketing Telkomsel, Derrick Heng menuturkan, sebagai penyedia layanan digital telco pihaknya berkomitmen meningkatkan pengalaman dan perjalanan pelanggan melalui konektivitas, layanan, dan solusi yang inovatif dan unggul.

    “Kolaborasi ini memberdayakan pelanggan kami, khususnya pengguna produk telco serba digital by.U, untuk bisa menukarkan poin loyalitas mereka dengan layanan Trip.com, Grab, dan mitra lainnya saat bepergian ke tujuh negara peserta. Kami juga menyambut pelanggan Travel Alliance ke Indonesia, memungkinkan mereka menukarkan poin untuk menjelajahi ragam kekayaan budaya dan keindahan alam di negara ini,” ungkap dia dalam keterangan resminya, Senin (23/12/2024).

    Di samping itu, Chief Executive Officer International Digital Services (Designate) Singtel, Anna Yip mengatakan, alat dan layanan digital telah menjadi bagian integral dari kehidupan masyarakat, terutama saat bepergian. Dengan begitu masyarakat bisa menjelajahi tempat baru, mengakses pengalaman seperti tur, kuliner, dan lainnya.

    “Kami bangga Grab dan Trip.com bergabung dengan kami untuk membangun program yang meningkatkan pengalaman pelanggan dan memberikan nilai lebih dari sekadar konektivitas. Travel Alliance akan terus menjalin kemitraan dengan penyedia barang dan jasa utama untuk menghadirkan penawaran terbaik yang mendukung kebutuhan perjalanan dan gaya hidup pelanggan kami yang terus berkembang,” ujarnya.

    Penawaran Terbaik untuk Penerbangan dan Akomodasi

    Sebagai bagian dari program reward lintas negara, Trip.com akan memberikan diskon terbaik di pasaran sebesar 10% untuk pemesanan hotel dan 6% untuk pemesanan penerbangan bagi pelanggan Travel Alliance.

    Pelanggan Aliansi yang memenuhi syarat juga akan menikmati peningkatan langsung ke status Diamond pada Trip.com, yang mencakup akses gratis ke lounge VIP bandara dan upgrade mobil untuk transfer bandara.

    Head of Marketing Trip.com Han Feng mengaku senang bermitra dengan aliansi tujuh perusahaan telekomunikasi untuk menghadirkan peluang perjalanan yang luar biasa kepada pengguna mereka di kawasan Asia Pasifik. Kolaborasi ini mencerminkan komitmen perusahaan untuk membuat perjalanan lebih mudah diakses dan menguntungkan dengan memanfaatkan kemitraan inovatif.

    “Dengan menggabungkan kemudahan platform kami dan diskon eksklusif bagi pelanggan telekomunikasi, kami berharap dapat menginspirasi lebih banyak orang untuk merencanakan perjalanan impian mereka,” jelasnya.

    Jelajah Asia Tenggara dengan Kemudahan

    Travel Alliance dan Grab akan bekerja sama untuk menghadirkan penawaran dan diskon eksklusif bagi pelanggan Aliansi, termasuk Grab Tourist Pack khusus yang akan diluncurkan pada awal 2025.

    Managing Director Group Business Development & Strategic Partnerships Grab, Chuck Kim mengatakan, dengan kehadiran Grab di lebih dari 700 kota di delapan negara di Asia Tenggara, Grab percaya dapat menjadi aplikasi utama yang dibutuhkan wisatawan untuk transportasi, pemesanan makanan, makan di tempat, atau mendapatkan kebutuhan darurat yang dikirimkan langsung ke pintu mereka.

    “Kami senang bermitra dengan Travel Alliance untuk mendukung kebutuhan perjalanan basis pelanggan gabungan yang luas,” ungkap Chuck Kim.

    (rah/rah)

  • Telkomsel dan Evermos Tawarkan Produk UMKM di Aplikasi MyTelkomsel

    Telkomsel dan Evermos Tawarkan Produk UMKM di Aplikasi MyTelkomsel

    Bisnis.com, JAKARTA – Telkomsel menjalin kolaborasi strategis dengan Evermos, platform connected commerce terkemuka di Indonesia yang juga merupakan portofolio dari Telkomsel Ventures, menghadirkan kemudahan bagi pelanggan untuk berbelanja produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), secara praktis melalui  MyTelkomsel Super App.

    Fitur belanja oleh Evermos menawarkan berbagai produk berkualitas, mulai dari fashion, makanan dan minuman, kecantikan, kesehatan, otomotif, elektronik, hingga perlengkapan ibadah. Kolaborasi ini selaras dengan komitmen Telkomsel dalam mentransformasi MyTelkomsel menjadi Super App digital lifestyle yang mengintegrasikan fitur layanan hiburan dan commerce, selaligus memberikan kemudahan berbelanja produk UMKM kepada pelanggan.

    Untuk mengakses fitur belanja oleh Evermos di MyTelkomsel, pelanggan dapat menggunakan fitur pencarian, masukkan keyword Produk UMKM atau Evermos, lalu klik logo Evermos agar dapat melanjutkan ke halaman belanja.

    Sedangkan untuk memesan dan membayar produk UMKM dari Evermos di MyTelkomsel Super App, pelanggan cukup menjalankan beberapa langkah berikut: 

    Temukan dan pilih produk favorit UMKM dari Evermos di aplikasi MyTelkomsel Super App. 
    Lihat detail produk dan masukkan ke keranjang. 
    Lengkapi data transaksi sesuai kebutuhan. 
    Masukkan data alamat pengiriman. 
    Pilih metode pembayaran yang diinginkan, seperti Virtual Account (VA), kartu kredit/debit, atau melalui gerai Alfamart dan Indomaret. 

    Vice President Customer Journey and Digital Experience Telkomsel, Nirwan Lesmana, mengatakan, “Kolaborasi strategis dengan Evermos merupakan wujud nyata komitmen Telkomsel untuk mempermudah pelanggan dalam mengakses produk UMKM berkualitas melalui MyTelkomsel Super App. Selain itu, Evermos sebagai bagian dari portofolio Telkomsel Ventures yang menyediakan layanan e-commerce yang terintegrasi MyTelkomsel Super App. Melalui kolaborasi ini, kami berharap dapat mendukung pertumbuhan ekosistem UMKM di Indonesia.” 

    Co-Founder & Acting CEO Evermos, Ilham Taufiq menambahkan, “Kolaborasi ini semakin memperkuat misi Evermos untuk mendukung pelaku UMKM di Indonesia agar terus tumbuh dan berkembang. Saat ini lebih dari 50 ribu pelanggan Telkomsel sudah mengakses produk UMKM melalui platform kami di MyTelkomsel, sehingga kerja sama ini mampu memberikan dampak positif bagi pemberdayaan dan pengembangan UMKM dengan membuka saluran distribusi digital baru.” 

    Saat ini, produk fashion, makanan, dan kecantikan berkontribusi besar dalam penjualan produk UMKM dari Evermos di MyTelkomsel Super App, dengan porsi fashion sebesar 46%, makanan sebesar 21%, dan kecantikan sebesar 12%.

    Evermos merupakan platform connected commerce dan salah satu portofolio Telkomsel Ventures. Telkomsel Ventures sendiri adalah unit investasi yang dimiliki oleh Telkomsel, bertujuan untuk berinvestasi dalam perusahaan rintisan (startup) yang inovatif, terutama yang memiliki potensi untuk memperkuat ekosistem digital Indonesia. Fokus utama Telkomsel Ventures adalah mendukung pertumbuhan startup yang bergerak di bidang teknologi dan digital dengan memberikan akses ke modal, jaringan, serta pengalaman Telkomsel sebagai penyedia layanan telekomunikasi terkemuka. Selain itu, Evermos mendukung pelaku UMKM untuk memulai serta mengembangkan usahanya melalui penyediaan jaringan distribusi di kota tier 2 dan 3, serta layanan commerce yang terintegrasi dengan komitmen akan prinsip syariah.

    Perbesar

    Sedangkan, MyTelkomsel  Super App merupakan layanan berbentuk aplikasi yang diluncurkan Telkomsel untuk mengakses layanan pelanggan dengan menggunakan smartphone. Transformasi MyTelkomsel Super App telah menghadirkan berbagai layanan terpadu dalam satu aplikasi, mulai dari hiburan seperti musik, film, dan games, hingga fitur gaya hidup seperti kesehatan, perjalanan, dan e-commerce. Telah diunduh lebih dari 100 juta kali dan memiliki hingga 50 juta pengguna aktif bulanan, MyTelkomsel Super App kini menjadi pusat dari berbagai layanan digital di ekosistem. Melalui pendekatan end-to-end Telkomsel dalam menggunakan kecerdasan buatan (AI), seperti dengan Smart Search dan Asisten Virtual Veronika, MyTelkomsel Super App menciptakan pengalaman yang lebih mulus, intuitif, dan efisien bagi para pengguna.

    Informasi lebih lanjut terkait produk UMKM berkualitas yang dihadirkan Evermos dapat dilihat dari MyTelkomsel Super App maupun laman https://evermos.com/. 

  • Telkomsel & Evermos Hadirkan Produk UMKM di MyTelkomsel

    Telkomsel & Evermos Hadirkan Produk UMKM di MyTelkomsel

    Jakarta, CNBC Indonesia – Telkomsel menjalin kolaborasi dengan Evermos menghadirkan kemudahan bagi pelanggan untuk berbelanja produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), melalui MyTelkomsel Super App. Fitur belanja oleh Evermos menawarkan berbagai produk, mulai dari fashion, makanan dan minuman, kecantikan, kesehatan, otomotif, elektronik, hingga perlengkapan ibadah.

    Untuk mengakses fitur belanja oleh Evermos di MyTelkomsel, pelanggan dapat menggunakan fitur pencarian, masukkan keyword Produk UMKM atau Evermos, lalu klik logo Evermos agar dapat melanjutkan ke halaman belanja.

    Berikut langkah untuk memesan dan membayar produk UMKM dari Evermos di MyTelkomsel Super App

    -Temukan dan pilih produk favorit UMKM dari Evermos di aplikasi MyTelkomsel Super App

    -Lihat detail produk dan masukkan ke keranjang.

    -Lengkapi data transaksi sesuai kebutuhan.

    -Masukkan data alamat pengiriman.

    -Pilih metode pembayaran yang diinginkan, seperti Virtual Account (VA), kartu kredit/debit, atau melalui gerai Alfamart dan Indomaret.

    Vice President Customer Journey and Digital Experience Telkomsel, Nirwan Lesmana, mengatakan, kolaborasi ini selaras dengan komitmen Telkomsel dalam mentransformasi MyTelkomsel menjadi Super App digital lifestyle yang mengintegrasikan fitur layanan hiburan dan commerce sekaligus memberikan kemudahan berbelanja produk UMKM kepada pelanggan.

    “Kolaborasi dengan Evermos merupakan komitmen Telkomsel untuk mempermudah pelanggan dalam mengakses produk UMKM berkualitas melalui MyTelkomsel Super App. Selain itu, Evermos sebagai bagian dari portofolio Telkomsel Ventures yang menyediakan layanan e-commerce yang terintegrasi MyTelkomsel Super App. Melalui kolaborasi ini, kami berharap dapat mendukung pertumbuhan ekosistem UMKM di Indonesia,” kata dia dikutip Senin (23/12/2024).

    Co-Founder & Acting CEO Evermos, Ilham Taufiq menambahkan, kolaborasi ini memperkuat misi Evermos untuk mendukung pelaku UMKM di Indonesia agar terus tumbuh dan berkembang.

    “Saat ini lebih dari 50 ribu pelanggan Telkomsel sudah mengakses produk UMKM melalui platform kami di MyTelkomsel, sehingga kerja sama ini mampu memberikan dampak positif bagi pemberdayaan dan pengembangan UMKM dengan membuka saluran distribusi digital baru,” papar dia.

    Saat ini, produk fashion, makanan, dan kecantikan berkontribusi besar dalam penjualan produk UMKM dari Evermos di MyTelkomsel Super App. Adapun porsi fashion sebesar 46%, makanan sebesar 21%, dan kecantikan sebesar 12%.

    (rah/rah)

  • Telkomsel Raih Penghargaan World Communication Awards 2024

    Telkomsel Raih Penghargaan World Communication Awards 2024

    Jakarta, CNBC Indonesia– Telkomsel mencatatkan prestasi internasional dengan meraih penghargaan People & Culture Award dalam ajang World Communication Awards (WCA) 2024 di London, Inggris (10/12). Penghargaan ini diberikan atas keberhasilan program Polaris, inisiatif Telkomsel yang mendorong budaya inovasi di seluruh organisasi.

    Ajang World Communication Awards yang diselenggarakan oleh Total Telecom ini menjadi standar emas dalam industri telekomunikasi global sejak 1999. Dengan proses penilaian yang melibatkan ratusan juri independen dari seluruh dunia, WCA memastikan hanya organisasi terbaik yang layak mendapat penghargaan ini.

    VP Corporate Strategy, Innovation, Sustainability, and Marketing Telkomsel, Endra Diputra menyatakan, pengakuan ini mengukuhkan posisi Telkomsel sebagai pemimpin industri telekomunikasi digital yang unggul dalam layanan teknologi, juga dalam pemberdayaan sumber daya manusia.

    Polaris adalah program inovasi korporasi Telkomsel yang bertujuan mendorong karyawan untuk mengeksplorasi ide, berkolaborasi, dan memberikan dampak. Dengan mengusung semangat “Explore, Connect, and Make Impact”, Polaris menyediakan platform berinovasi mulai dari kelas pengembangan keahlian, kompetisi inovasi, hingga inkubasi dan pendanaan untuk realisasi ide inovasi.

    “Untuk tetap relevan dengan kebutuhan usaha dan pelanggan yang terus berubah, bisnis harus terus beradaptasi dengan dinamis. Proses ini memerlukan kreativitas dari individu di dalam organisasi, termasuk keberanian untuk memunculkan ide baru, menantang cara-cara konvensional, dan menemukan solusi inovatif,” ungkap dia dikutip Senin (23/12/2024).

    “Melalui Polaris, Telkomsel berkomitmen menciptakan ekosistem kerja yang mendukung dan memberikan ruang bagi ide-ide tersebut untuk dikembangkan, diuji, dan diwujudkan, sehingga mampu mendorong terciptanya inovasi yang berdampak nyata,” tambah Endra.

    Sejak diluncurkan pada 2022, Polaris melibatkan lebih dari 1.500 karyawan dan menghasilkan inovasi-inovasi signifikan yang mendukung kemajuan operasional serta memberikan nilai tambah bagi pelanggan dan masyarakat. Beberapa inisiatif Polaris menjadi landasan penting dalam menciptakan ekosistem inovasi yang inklusif di dalam Telkomsel, seperti kompetisi bulanan Polaris IdeaSpark, kompetisi tahunan Polaris Impact, expert insights di sesi Polaris Talks, dan masterclass and bootcamp Polaris Academy.

    “Dengan penghargaan ini, Telkomsel semakin mempertegas komitmen menjadi katalis transformasi digital Indonesia. Melalui Polaris, Telkomsel berupaya memberikan kesempatan bagi para karyawannya untuk mengeksplorasi ide-ide solusi baru yang mampu menjawab kebutuhan pelanggan dan berdampak nyata,” terang dia.

    Dia menegaskan program internal ini menjadi langkah Telkomsel dalam menciptakan tempat kerja yang ideal untuk para karyawan berkontribusi bagi kemajuan transformasi digital Indonesia melalui konektivitas, layanan, dan solusi bagi semua orang, setiap rumah, dan kegiatan bisnis.

    (rah/rah)

  • Telkomsel Gabung Travel Alliance, 158 Juta Pelanggan Berpeluang Diskon Hotel

    Telkomsel Gabung Travel Alliance, 158 Juta Pelanggan Berpeluang Diskon Hotel

    Bisnis.com, JAKARTA – Travel Alliance, yang terdiri dari Singtel, AIS, Globe, HKT, Optus, Taiwan Mobile, dan Telkomsel mengumumkan kemitraan strategis dengan Grab dan Trip.com, yang membuat pelanggan di dalamnya mendapat diskon saat bepergian. 

    Kolaborasi ini memungkinkan pelanggan Aliansi untuk mendapatkan diskon pada akomodasi, penerbangan, transportasi, dan pengantaran makanan selama bepergian. Promosi akan diluncurkan secara bertahap oleh anggota Aliansi mulai 1 Januari 2025.

    Direktur Marketing Telkomsel, Derrick Heng mengatakan kolaborasi  ini memberdayakan pelanggan Telkomsel, khususnya pengguna produk telko serba digital by.U, untuk bisa menukarkan poin loyalitas dengan layanan Trip.com, Grab, dan mitra lainnya saat bepergian ke tujuh negara peserta. 

    Telkomsel memiliki sekitar 158 juta pelanggan hingga kuartal III/2024. 

    “Kami juga menyambut pelanggan Travel Alliance ke Indonesia, memungkinkan mereka menukarkan poin untuk menjelajahi ragam kekayaan budaya dan keindahan alam di negara ini,” kata Derrick dikutip, Minggu (22/12/2024).

    Melalui aliansi ini, Trip.com akan memberikan diskon di pasaran sebesar 10% untuk pemesanan hotel dan 6% untuk pemesanan penerbangan bagi pelanggan Travel Alliance.

    Pelanggan Aliansi yang memenuhi syarat juga akan menikmati peningkatan langsung ke status Diamond pada Trip.com, yang mencakup akses gratis ke lounge VIP bandara dan upgrade mobil untuk transfer bandara.

    Untuk Grab, Travel Alliance dan Grab akan bekerja sama untuk menghadirkan penawaran dan diskon eksklusif bagi pelanggan Aliansi, termasuk Grab Tourist Pack khusus yang akan diluncurkan pada awal 2025.

    Head of Marketing Trip.com Hang Feng menyampaikan bahwa pihaknya sangat senang bermitra dengan aliansi tujuh perusahaan telekomunikasi untuk menghadirkan peluang perjalanan yang luar biasa kepada pengguna mereka di kawasan Asia Pasifik. 

    Kolaborasi ini mencerminkan komitmen Trip.com untuk membuat perjalanan lebih mudah diakses dan menguntungkan dengan memanfaatkan kemitraan inovatif. 

    “Dengan menggabungkan kemudahan platform kami dan diskon eksklusif bagi pelanggan telekomunikasi, kami berharap dapat menginspirasi lebih banyak orang untuk merencanakan perjalanan impian mereka,” ucapnya.

  • 5
                    
                        Kronologi Tewasnya Komandan KKB Marten Aikinggin dalam Operasi TNI-Polri, Terjadi Kontak Tembak
                        Regional

    5 Kronologi Tewasnya Komandan KKB Marten Aikinggin dalam Operasi TNI-Polri, Terjadi Kontak Tembak Regional

    Kronologi Tewasnya Komandan KKB Marten Aikinggin dalam Operasi TNI-Polri, Terjadi Kontak Tembak
    Tim Redaksi
    MANOKWARI, KOMPAS.com

    Marten Aikinggin
    , Komandan Batalion Kelompok Organisasi Papua Merdeka (OPM) Daerah Moskona Barat, berhasil ditembak mati oleh tim gabungan Polri dan TNI, Rabu (18/12/2024).
    Marten merupakan salah satu pelaku penembakan terhadap pekerja jalan di Mayerga, Teluk Bintuni, pada 2022.
    Operasi pengejaran ini dimulai pada Minggu (15/12/2024), dengan titik awal di Kampung Argosigemerao SP 5, Teluk Bintuni.


    Pasukan yang terlibat dalam operasi ini terdiri dari Kompi C Brimob Teluk Bintuni, Resmob Polres Teluk Bintuni, Satgas Yonif 642/KPS, dan Yonif 763/SBA.
    Pergeseran pasukan TNI-Polri untuk melakukan pengejaran dan penangkapan Daftar Pencarian Orang (DPO) Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) ini dimulai pada 15 Desember 2024, dengan fokus pada wilayah sekitar kebun milik Marten Aikinggin di Kampung Argosigemerao SP 5, Teluk Bintuni.
    Marten Aikinggin, yang menjabat sebagai Komandan Batalion Moskona, merupakan salah satu DPO pelaku pembunuhan terhadap empat orang masyarakat sipil yang merupakan pekerja jalan Trans Bintuni-Maybrat di Kampung Majnic, Distrik Moskona Barat, pada 29 September 2022.
    Kejadian bermula pada Rabu (18/12/2024) sekitar pukul 06.30 WIT, tim melakukan pemantauan wilayah menggunakan drone dan mendeteksi keberadaan Marten.
    Personel gabungan kemudian bergerak menuju kebun di seberang Kali Rawara.
    “Tim menuju Dusun Sagu Kampung Meyah Lama. Sekira pukul 08.00 WIT terjadi kontak tembak yang mengakibatkan satu orang kelompok KKB Marten Aikinggin tewas,” kata Kabid Humas Polda
    Papua Barat
    , Kombes Pol Ongky Isgunawan, Minggu (22/12/2024).
    Setelah kontak tembak, jenazah Marten dievakuasi oleh tim yang berusaha menyeberangi Kali Rawara dan berhasil pada pukul 20.00 WIT.
    Barang bukti yang berhasil diamankan di lokasi kontak senjata di Kampung Meyah Lama antara lain: satu buah laptop merek Avita, satu buah HT merek Dalcom, satu buah HP merek Oppo A77, satu buah kartu provider Telkomsel, satu buah power bank, tiga buah senter kepala, satu buah busur panah, tiga buah anak panah, satu buah parang, tiga buah gelang tangan, dan satu buah kalung.
    Copyright 2008 – 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.