BUMN: PT Telekomunikasi Selular

  • Lonjakan Traffic Jaringan Opsel Selama Natal Naik hingga 20 Persen

    Lonjakan Traffic Jaringan Opsel Selama Natal Naik hingga 20 Persen

    Jakarta, CNN Indonesia

    Wakil Menteri Komunikasi dan Digital (Wamenkomdigi) Angga Raka Prabowo menyebut traffic jaringan seluler rata-rata meningkat 7 hingga 20 persen selama libur Natal 2024.

    “Kalau untuk traffic telekomunikasi sendiri penaikan rata-rata di 7-20 persen. Itu dari data rata-rata operator seluler yang sudah dilaporkan ke kami,” ujar Angga saat melakukan peninjauan kesiapan telekomunikasi di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Jumat (27/12).

    “Yang jelas kami bersama teman-teman operator seluler, tugas kami adalah untuk menjaga kualitas dan layanan kepada masyarakat agar terus terjaga,” tuturnya.

    Angga mengatakan pihaknya ingin memastikan layanan dan akses jaringan internet untuk setiap masyarakat yang datang dan pergi ke daerah dapat berjalan dengan baik.

    Stasiun Pasar Senen menjadi salah satu titik yang ditinjau karena menjadi salah satu stasiun dengan intensitas kedatangan dan keberangkatan yang cukup tinggi.

    “Alhamdulillah di stasiun ini, di daerah yang padat ini, [jaringan internetnya] cukup baik,” tutur Angga.

    Usai melakukan peninjauan di Stasiun Pasar Senen, Angga melanjutkan inspeksi ke sejumlah titik strategis di jalur Pantura dengan menaiki kereta.

    Peninjauan ini difokuskan pada tiga aspek utama, yakni kualitas sinyal untuk panggilan dan pesan, kecepatan internet untuk mendukung kebutuhan digital masyarakat, dan kapasitas jaringan untuk menangani lonjakan traffic pengguna.

    Lonjakan traffic Telkomsel

    Perwakilan dari operator seluler plat merah Telkomsel turut hadir dalam tinjauan jaringan ke Stasiun Pasar Senen. Telkomsel sendiri pada momen Natal ini mengalami kenaikan traffic rata-rata 12-15 persen.

    “Saat ini posisi average (peningkatan traffic) itu mencapai 12-15 persen,” ujar Indrawan Ditapradana, Director of Human Capital Management Telkomsel.

    Ia menyebut peningkatan traffic ini berasal dari konsumsi data, video, media sosial, dan gaming. Kontributor utama dari kenaikan traffic sendiri adalah wilayah Jabodetabek dan Jawa Barat.

    “(Pada tahun baru traffic jaringan) diperkirakan agak naik sedikit karena terlihat ada mobilitas dari Jakarta ke luar Jakarta. Itu diperkirakan di pinggiran Jakarta atau nanti di provinsi di sekitar Jakarta kemungkinan naik lebih tinggi lagi,” pungkasnya.

    (lom/dmi)

    [Gambas:Video CNN]

  • Wamenkomdigi – Telkomsel Bersinergi Pastikan Jaringan Prima di Nataru

    Wamenkomdigi – Telkomsel Bersinergi Pastikan Jaringan Prima di Nataru

    Wakil Menteri Komunikasi dan Digital (Wamen komdigi RI), Angga Raka Prabowo, bersama Telkomsel meninjau kesiapan layanan dan jaringan di Pasar Senen dan Karawang pada Jumat (27/12/2024). Dalam kunjungannya, Angga bersama Telkomsel memastikan layanan prima di Stasiun Pasar Senen, menunjukkan komitmen Telkomsel dalam menyediakan konektivitas di titik keramaian, termasuk jalur transportasi utama. (Dok. Telkomsel)

  • Trafik Akses Game Melonjak Selama Libur Natal

    Trafik Akses Game Melonjak Selama Libur Natal

    Video: Trafik Akses Game Melonjak Selama Libur Natal

    2,397 Views | Sabtu, 28 Des 2024 10:00 WIB

    Kemkomdigi mengungkap adanya peningkatan trafik layanan telekomunikas rata-rata 7-20% selama libur Natal. Menurut salah satu operator, yaitu Telkomsel, dari 4 aspek yang diukur, layanan game paling banyak diakses.

    Adi Fida Rahman – 20DETIK

  • Devoteam Jadi Gen AI Specialist Global, Dorong Transformasi Digital

    Devoteam Jadi Gen AI Specialist Global, Dorong Transformasi Digital

    Jakarta

    Devoteam, perusahaan konsultan IT mengantongi predikat spesialis kecerdasan buatan generatif (Gen AI Specialist) secara global. Mereka yang mencapai spesialisasi Generative AI dianggap telah menunjukkan keahlian dan efisiensi dalam membantu pelanggan merencanakan, menerapkan, dan mengelola proyek AI generatif.

    Merayakan berbagai kesuksesan yang diraih Devoteam dalam mendorong transformasi digital, Devoteam pun menggelar Customer Appreciation Night, 13 Desember 2024, di Satoo Garden, Shangri-La Jakarta.

    “Kami berharap dengan terselenggaranya event ini dapat mempererat hubungan baik antara Devoteam Indonesia dengan para customer, serta menjadi momentum untuk bersama-sama melangkah mewujudkan transformasi digital,” ungkap Hendrawan Deny Ardiyatman Country Director Devoteam Indonesia,

    Lebih lanjut, Devoteam berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan demi kepuasan para customer. Devoteam sendiri diketahui membangun kerja sama dengan beragam sektor industri, mulai Telkomsel, Erajaya, Bluebird, Smartfren, hingga Perumda Pasar Jaya.

    Fanly Tanto Country Director Google Cloud Indonesia juga turut hadir. Fanly mengungkapkan bahwa Asia Pacific (APAC) merupakan area yang optimistis dalam inovasi AI, untuk mengakselerasi penciptaan pengalaman dan produk.

    Berdasarkan data Google Cloud, penggunaan AI secara global paling tinggi adalah di area APAC dan Afrika. Frekuensi pemakaian paling tinggi diraih oleh India dan Indonesia.

    Dalam acara apresiasi itu, Devoteam mengadakan sharing session. Acara itu diisi oleh Sai Prasad Kolluri CTO Google Cloud Indonesia, Donatus Krezyantody GM Intelligent Automation CoE Telkomsel, dan Ari Pratiwi, Division Head IT Strategy & Architecture BNI.

    Di acara tersebut, ada juga pengumuman pemenang penghargaan. Devoteam menyiapkan enam kategori penghargaan bergengsi seperti ‘Community Impact of The Year 2024’, ‘Best AI Implementation of The Year 2024’, hingga ‘Best Digital Transformation for The Year 2024’.

    (ask/ask)

  • IndiHome Smart Camera Bantu Pantau Keamanan Rumah Biaya Murah

    IndiHome Smart Camera Bantu Pantau Keamanan Rumah Biaya Murah

    Jakarta

    Dalam era digital yang terus berkembang, kebutuhan akan rumah pintar atau ‘smart home’ semakin meningkat. Telkomsel menjawab kebutuhan ini dengan memperkenalkan IndiHome Smart Camera, sebuah solusi inovatif yang menggabungkan keamanan dengan kemudahan pengelolaan rumah dari jarak jauh.

    “Layanan kamera terbaru dari IndiHome Smart merupakan sebuah solusi rumah pintar yang mengintegrasikan teknologi terkini untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan pelanggan di rumah. Layanan ini memungkinkan pelanggan untuk mengelola dan memantau keamanan rumah mereka kapan saja dan di mana saja, menggunakan jaringan terbaik dari IndiHome,” jelas Hardika Nugroho, Vice President Home Broadband and FMC Consumer Marketing Telkomsel dalam keterangan resminya.

    IndiHome Smart Camera menjanjikan penggunaan teknologi terkini untuk memberikan pelanggan ketenangan pikiran dalam hal keamanan rumah. Menariknya lagi biaya langganannya hanya Rp 50.000 per bulan.

    Indihome Smart Camera Foto: Telkomsel

    Pun begitu pelanggan bisa mendapatkan berbagai fitur unggulan, yakni:

    Kamera Indoor dengan Resolusi Tinggi: Kamera ini dilengkapi dengan resolusi 3MP dan 2K Full HD, menghasilkan gambar yang jernih dan detail untuk memantau keadaan di dalam rumah.Penyimpanan Cloud Playback: Pengguna dapat menyimpan rekaman hingga tujuh hari terakhir di cloud tanpa biaya tambahan, memungkinkan pengawasan yang lebih komprehensif dan aman.Panggilan Dua Arah: Fitur ini memungkinkan komunikasi langsung melalui aplikasi ke perangkat kamera, baik untuk memberikan instruksi atau sekadar mengobrol dengan anggota keluarga.Pendeteksian Gerakan dan Suara: Kamera ini sangat responsif terhadap aktivitas mencurigakan, memberikan notifikasi jika mendeteksi pergerakan atau suara yang tidak biasa.Indihome Smart Camera Foto: Telkomsel

    Sebagai tahap awal, layanan ini tersedia di wilayah Jabodetabek dan akan terus diperluas ke wilayah lain di Indonesia secara bertahap. Pelanggan dapat berlangganan layanan IndiHome Smart camera melalui aplikasi MyTelkomsel atau mengunjungi GraPARI terdekat.

    Selain itu, pelanggan juga mendapatkan garansi perangkat selama masa langganan, termasuk apabila berminat melakukan penggantian model kamera terbaru setelah dua tahun penggunaan.

    (afr/afr)

  • Misi Berbahaya China ke Bulan dan Elon Musk ke Bali

    Misi Berbahaya China ke Bulan dan Elon Musk ke Bali

    Jakarta

    Mei 2024, China mengirimkan rover ke sisi terjauh Bulan. Misi ini sangat menantang dan berbahaya. Di Bulan ini juga, Indonesia kembali dikunjungi pesohor dunia teknologi dengan kedatangan Elon Musk.

    Internet satelit milik Elon Musk, Starlink, resmi beroperasi pada Mei 2024. Peresmian ini dihadiri langsung oleh Elon Musk di Bali yang saat itu sekaligus menghadiri World Water Forum ke-10.

    Selain itu, di bulan ini pula, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang sekarang berganti nama menjadi Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) melakukan uji publik aturan mengenai implementasi teknologi eSIM untuk mencegah penyalahgunaan. Berikut adalah rangkumannya.

    1 Mei 2024: Misi Berbahaya China ke Sisi Terjauh Bulan

    China mengirimkan rover atau wahana ruang angkasa robotik dalam beberapa hari mendatang dalam perjalanan bolak-balik ke sisi jauh Bulan. Foto: Dwingeloo Radio Telescope

    China mengirimkan rover atau wahana ruang angkasa robotik dalam beberapa hari mendatang dalam perjalanan bolak-balik ke sisi jauh Bulan.

    Ini adalah misi pertama dari tiga misi yang berisiko secara teknis, yang akan membuka jalan bagi pendaratan perdana awak China di Bulan, dan pendirian pangkalan di kutub selatan Bulan.

    Sejak misi Chang’e pertama pada tahun 2007, China telah membuat lompatan maju dalam eksplorasi Bulan, sehingga mempersempit jurang teknologi dengan Amerika Serikat (AS) dan Rusia.

    Rencana China ini rupanya membuat AS Dan NASA cemas. Administrator NASA, Bill Nelson, telah berulang kali memperingatkan bahwa China akan mengklaim sumber daya apa pun di Bulan sebagai miliknya. Sementara China menepis tudingan ini dengan mengatakan pihaknya tetap berkomitmen untuk bekerja sama dengan semua negara dalam membangun masa depan bersama.

    5 Mei 2024: Cegah Penyalahgunaan, Kominfo Uji Publik Aturan e-SIM

    Kementerian Kominfo melakukan uji publik aturan mengenai implementasi teknologi eSIM. Foto: Getty Images/Rudzhan Nagiev

    Meski seluruh operator seluler telah memperkenalkan teknologi Embedded Subscriber Identity Module (e-SIM), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang kini bernama Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) melakukan uji publik aturan mengenai implementasi teknologi eSIM.

    Tercatat operator seluler seperti Smartfren, Indosat Ooredoo Hutchison, XL Axiata, hingga Telkomsel sudah memperkenalkan layanan e-SIM kepada para pelanggannya.

    Melalui Direktorat Telekomunikasi, Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo menyusun Rancangan Peraturan Menteri tentang Pemanfaatan Teknologi Embedded Subscriber Identity Module oleh Penyelenggara Jaringan Bergerak Seluler dan Penyelenggara Jaringan Satelit.

    “Peraturan Menteri ini bertujuan untuk mengoptimalkan pemanfaatan, mencegah penyalahgunaan, dan menjamin kepastian hukum pemanfaatan teknologi Embedded Subscriber Identity Module di Indonesia,” ujar Kominfo dalam siaran persnya.

    19 Mei 2024: Starlink Resmi Beroperasi di Indonesia

    Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET

    Internet satelit milik Elon Musk, Starlink akhirnya resmi beroperasi pada 19 Mei 2024. Peresmian ini dihadiri langsung oleh Elon Musk di Bali yang saat itu sekaligus menghadiri World Water Forum ke-10.

    Dengan resminya kehadiran Starlink di Tanah Air, Budi Arie Setiadi yang ketika itu menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika berjanji akan mengawasinya.

    “Pada prinsipnya, saya mendukung penyelenggaraan telekomunikasi yang tunduk pada regulasi dan persaingan usaha yang sehat,” sebut Arie melalui pesan singkat yang diterima detikINET, Minggu (19/5).

    Berbagai kewajiban Starlink menjadi pertanyaan mengingat kehadirannya di Indonesia menimbulkan pro dan kontra. Starlink memang jadi solusi akses internet di daerah terpencil. Namun di sisi lain, kehadirannya berpotensi mematikan pemain lokal jika tidak diatur dengan benar.

    20 Mei 2024: Elon Musk ke Bali Bicara di World Water Forum

    Selain meresmikan Starlink di Indonesia, kedatangan Elon Musk ke Bali pada Mei 2024 dalam rangka event internasional World Water Forum (WWF) 2024. Foto: Rusman/Biro Pers Sekretariat Presiden

    Kedatangan Elon Musk ke Bali pada Mei 2024 memiliki sejumlah agenda. Selain meresmikan Starlink di Indonesia, agenda utama CEO SpaceX, Tesla dan X itu adalah menjadi salah satu pembicara dalam event internasional World Water Forum (WWF) 2024 yang berlangsung pada 18-25 Mei 2024. Elon Musk menjadi pembicara pada 20 Mei 2024.

    Ia mengungkap alasan ia datang ke Indonesia dan mengikuti perhelatan World Water Forum (WWF) Ke-10 di Bali. “Saya pikir banyak topik penting yang bisa dibahas tentang air,” kata Elon Musk usai meresmikan layanan Starlink di Puskesmas Pembantu Sumerta Klod Denpasar, Minggu (19/5).

    Elon Musk yang hadir dengan kemeja endek berwarna hijau khas Bali itu mengatakan kehadirannya di World Water Forum sebab banyak hal yang belum ia ketahui tentang air. Sebelumnya dalam perhelatan internasional serupa yang diadakan di Bali, ia hanya bergabung secara virtual. Menurutnya, forum kali ini adalah waktu yang tepat untuk dirinya hadir.

    Agenda lainnya adalah Elon Musk bertemu Presiden RI ke-7 Joko Widodo dan dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang merupakan presiden terpilih berdasarkan hasil Pilpres 2024.

    Halaman 2 dari 5

    Simak Video “Starlink Disambut Baik, Kominfo Bakal Monitoring dan Evaluasi”
    [Gambas:Video 20detik]
    (rns/afr)

  • Trafik Internet Nataru Melonjak, Telkom: Gaming dan Streaming Mendominasi

    Trafik Internet Nataru Melonjak, Telkom: Gaming dan Streaming Mendominasi

    Bisnis.com, JAKARTA – PT Telkom Indonesia Tbk. (TLKM) mengungkapkan trafik internet selama Natal dan Tahun Baru (Nataru) menunjukkan peningkatan yang signifikan, antara 12% hingga 15%. 

    Direktur Human Capital Telkomsel Indrawan Ditapradana mengatakan rata-rata kenaikan trafik berada di kisaran 12-15%, dengan prediksi tertinggi mencapai 20%. Aktivitas gaming dan streaming video menjadi dua sektor utama yang mendominasi konsumsi data.  

    Indrawan mengatakan peningkatan trafik untuk gim daring terjadi karena banyak masyarakat yang menghabiskan waktu di rumah selama liburan Natal. 

    “Trafik untuk game cukup tinggi, sementara data untuk streaming video dan media sosial tidak jauh berbeda,” ujarnya.  

    Prediksi untuk libur Tahun Baru memperkirakan adanya kenaikan trafik di wilayah pinggiran Jakarta dan provinsi sekitar, seiring dengan mobilitas masyarakat yang meninggalkan ibu kota. 

    Telkomsel juga mengidentifikasi 409 point of interest di seluruh Indonesia sebagai titik utama mobilitas masyarakat selama libur Nataru. Di Jakarta, terdapat 80 titik strategis yang mendapatkan penguatan jaringan. 

    “Kami telah memberikan cadangan bandwidth di POI utama untuk mengantisipasi kenaikan penggunaan data,” katanya. 

    Kesiapan ini, kata Indrawan, dilakukan untuk memastikan layanan komunikasi dan internet tetap berjalan lancar selama liburan Nataru.

  • Lonjakan Trafik di Libur Natal, Banyak yang Main Game

    Lonjakan Trafik di Libur Natal, Banyak yang Main Game

    Jakarta

    Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) mengungkap adanya peningkatan trafik layanan telekomunikasi selama libur Natal. Kenaikannya sesuai prediksi sebelumnya.

    “Traffic telekomunikasi sendiri penaikan lonjakan rata-rata di 7-20%. Itu dari data rata-rata operator seluler yang sudah dilaporkan ke kami,” ungkap Wakil Menteri Komunikasi dan Digital (Wamenkomdigi) Angga Raka Prabowo saat memantau jaringan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat Jumat (27/12/2024).

    “Yang jelas kami bersama teman-teman operator seluler tugas kami adalah untuk menjaga kualitas dan layanan kepada masyarakat agar terus terjaga,” lanjutnya.

    Sebelumnya DanySuwardany A, Direktur Pengendalian Pos dan Informatika KementerianKomdigi, mengungkap pihaknya memperdiksi kenaikan trafik telekomunikasi selama Nataru kali ini naik 7-20% dibanding tahun lalu. Mengatisipasi hal tersebut, pihaknya berkoordinasi dengan operator.

    “Kita sudah mengirimkan surat untuk mengantisipasi adanya lonjakan traffic, dengan meminta mereka untuk memperkuat kapasitas jaringannya,” kata Dany saat kegiatan peninjauan Pusat Monitoring dan Telekomunikasi, Pos dan Penyiaran oleh Menkomdigi, Selasa (24/12/2024)

    Di samping memperkuat kapasitas jaringan, Komdigi juga melakukan pengukuran kualitas sinyal (QoS) di titik-titik point of interest (POI) seperti di pusat perbelanjaan, terminal, bandara, tempat wisata, tempat ibadah dan jalan mudik tol baik itu Jakarta-Surabaya maupun Jakarta-Palembang.

    Trafik Telkomsel

    Dalam kesempatan yang sama, Direktur Human Capital Management Telkomsel Indrawan Gitapradana mengungkap adanya kenaikan trafik selama 25 Desember 2024. Kenaikannya nyaris sesuai prediksi.

    “Kami sebenarnya memprediksi seperti disampaikan Pak Wamen 7-20%. Saat ini posisi average itu mencapai 12-15%,” ungkap Indrawan.

    Ada empat aspek yang diukur, yakni trafik data, video, media sosial dan game. Area 2 Jabodetabek dan Jawa Barat terpantau tertinggi kenaikannya, dan layanan game paling banyak diakses.

    Indrawan Gitapradana , Direktur Human Capital Management Telkomsel Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

    “Waktu libur Natal sepertinya pengguna lebih banyak libur di rumah, sehingga traffic untuk game cukup tinggi. Tapi data yang lain tidak berbeda jauh,” kata Indrawan.

    Bicara persiapan perayaan Tahun Baru 2025, Telkomsel memprediksi masih akan terjadi lonjakan akses internet. Saat ini pihaknya sudah mengindentifikasi sekitar 409 poin of interest yang perlu dijaga kualitas jaringannya.

    “Kami jaga khusus dan diberikan cadangan bandwidth sehingga pada saat nanti kenaikan pengguna bisa diantisipasi,” pungkas Indrawan.

    (afr/rns)

  • Telkomsel Libatkan Lebih Banyak Sentuhan AI untuk Kelola Jaringan pada 2025

    Telkomsel Libatkan Lebih Banyak Sentuhan AI untuk Kelola Jaringan pada 2025

    Bisnis.com, JAKARTA – PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) akan melibatkan lebih banyak teknologi kecerdasan buatan (AI) dalam tata kelola jaringan pada 2025. Teknologi AI menghadirkan efisiensi dan mendorong penggelaran jaringan yang lebih terukur. 

    VP Network Digitalization and Security Telkomsel Ari Sondang Widyanto Sibarani mengatakan perusahaan akan meningkatkan peran AI dalam tata kelola jaringan tahun depan.

    Saat ini pada beberapa skenario, AI telah berkontribusi hingga di atas 50% dalam pengelolaan jaringan. Namun, skenario lainnya, AI hanya berkontribusi sekitar 50% atau di bawah itu. 

    “Telkomsel akan melakukan peningkatan secara terukur. Skenario base yang masih banyak dilakukan secara manual akan dieliminasi. Sementara itu skenario base yang sudah tinggi di atas 50%, akan ditingkatkan lagi sehingga terjadi balance secara keseluruhan,” kata Ari kepada Bisnis, dikutip Jumat (27/12/2024).

    Ari menambahkan untuk beberapa pengaturan jaringan yang sifatnya logical data stream dapat dimaksimalkan ke angka 90%. Namun untuk aktivitas di luar logical data stream, seperti pengaturan ketinggian menara dan lain sebagainya, belum akan berubah karena AI belum dapat masuk ke bagian itu. 

     “Tetapi perubahan sudut antena itu bisa dilakukan electrical. Kami sebut itu sebagai remote electrical tile – analisis terhadap problem bisa pakai AI, tetapi eksekusi penggantiannya tidak mungkin dilakukan oleh mesin,” kata Ari.

    Adapun tujuan dari pengutan pemanfaatan AI di jaringan karena Telkomsel ingin mendapatkan produktivitas dari engineer sehingga lebih baik lagi, terutama untuk mengerjakan bisnis Telkomsel di sisi broadband dan enterprise. 

    Di sisi lain, Telkomsel juga berharap implementasi AI dapat meningkatan arus pendapatan atau menekan ongkos pengeluaran. AI membantu Telkomsel dalam menjalankan sistem dengan otomatis, dari yang sebelumnya harus mengandalkan tenaga manusia. 

    “Produktivitas kalau kemarin banyak pekerja yang fokus pada hal-hal yang bersifat manual sekarang mereka satu engineer bisa fokus pada 5 BTS. Lebih banyak. Sangat berdampak optimalisasi ongkos kita,” kata Ari. 

    Sebelumnya, Direktur Network Telkomsel Indra Mardiatna mengatakan penggelaran yang lebih efektif tersebut terjadi karena Telkomsel dapat mengetahui lokasi dengan potensi pengembalian investasi (IRR) terbaik. 

    AI membantu memberikan komponen penilaian yang lebih banyak dan lengkap dibandingkan sebelumnya. Sebagai contoh, pembangunan di titik A dapat menghasilkan pendapatan 2x lebih besar dari titik B karena sejumlah faktor yang datanya diperoleh dari AI. 

    Sayangnya, Indra tidak memberitahu peningkatan nilai IRR dampak dari penerapan AI di sisi perencanaan penggelaran jaringan. 

    “Implementasi Hyper AI, baik dari sisi operasional jaringan maupun dari sisi interaksi dengan pelanggan, telah memungkinkan kami menghadirkan layanan yang lebih efisien, jaringan yang lebih andal, dan kenyamanan pelanggan yang lebih baik,” kata Indra. 

    Untuk diketahui, Telkomsel membukukan pendapatan sebesar Rp85,2 triliun pada kuartal III/2024. Telkomsel menjadi tulang punggung bisnis Telkom Group dengan kontribusi pendapatan sebesar 76% dari total pendapatan Rp112,2 triliun yang dicetak PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. 

  • Lengkapi Momen Liburan Penghujung Tahun dengan Ragam Layanan Tambahan IndiHome dari Telkomsel

    Lengkapi Momen Liburan Penghujung Tahun dengan Ragam Layanan Tambahan IndiHome dari Telkomsel

    JABAR EKSPRES – Melengkapi keseruan momen liburan penghujung tahun, Telkomsel melalui IndiHome hadir dengan ragam layanan tambahan (add-on) sesuai dengan kebutuhan pelanggan untuk memperkaya pilihan hiburan seperti kemudahan menonton televisi, berinternet, pilihan tayangan melalui ragam penyedia over-the-top (OTT), koleksi musik, olahraga, hingga cara baru untuk belajar.

    Melalui Inisiatif tersebut, Telkomsel melalui IndiHome semakin mempertegas posisinya menjadi ‘Home of Entertainment’ yang memberikan ragam hiburan digital berkualitas untuk dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat.

    General Manager Household Segment GTM Area Jabotabek Jabar Telkomsel, Bheri Priyo Hartanto mengatakan bahwa sebagai penyedia layanan konvergensi terbesar di Indonesia, Telkomsel senantiasa terus meningkatkan kualitas dan kapabilitas layanan IndiHome.

    BACA JUGA: Lebih Mudah, Kini Pelanggan Telkomsel dan IndiHome Bisa Reservasi Layanan GraPARI dari Rumah

    “Upaya tersebut selaras dengan semangat Telkomsel yang terinspirasi dari semangat Indonesia untuk menciptakan terobosan melalui kehadiran inovasi produk yang dapat memberikan layanan hiburan digital sesuai perkembangan dan kebutuhan digital masyarakat,” ujar Bheri, Senin (23/12/2024).

    “Ragam pilihan layanan tambahan (add-on) pada IndiHome kami hadirkan bukan hanya sebagai layanan yang memberikan hiburan semata, tetapi juga menjadi sarana untuk memperluas khazanah pengetahuan, melepaskan penat, berolahraga, hingga memaksimalkan waktu berkualitas di rumah bersama keluarga dan teman. Dengan ragam add-on yang tersedia, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengalaman hiburan digital pelanggan dan menambah kegembiraan pelanggan di setiap rumah,” lanjutnya.

    Pilihan add-on yang tersedia akan meningkatkan pengalaman menonton televisi melalui IndiHomeTV dari berbagai platform seperti pilihan HBO, Sports, Dynasty 2, Dynasty Lite, Indijowo, Indimusic, hingga Big Combo yang dapat memperluas pilihan tayangan serial TV, edukatif anak, dan film favorit keluarga.

    Pelanggan dapat berlangganan channel tambahan IndiHomeTV dengan pilihan tersebut secara langsung melalui tampilan layar IndiHomeTV maupun melalui website IndiHome. Pelanggan juga bisa menyaksikan tayangan IndiHomeTV di layar TV berbeda secara bersamaan dengan berlangganan Hybrid Box (STB) tambahan yang instalasinya juga mendukung PLC (Power Line Communication) sehingga mempermudah pemasangan dan mengurangi penggunaan kabel tambahan untuk menjaga estetika rumah.