BUMN: PT Telekomunikasi Selular

  • Incar Potensi Bisnis Streaming, Telkomsel Gandeng FlexTV

    Incar Potensi Bisnis Streaming, Telkomsel Gandeng FlexTV

    Jakarta, FORTUNE – Telkomsel terus mengincar potensi bisnis dari penyiaran Micro Drama dalam paket layanan Streaming. Setelah sukses menggandeng Netflix, YouTube Premium, dan ragam bundling layanan streaming lainnya, Telkomsel menjadi perusahaan telekomunikasi pertama di Indonesia yang menggandeng FlexTV. 

    “Telkomsel terus memperkuat komitmen memenuhi kebutuhan pelanggan dan masyarakat akan akses hiburan digital yang semakin lengkap,” kata VP Digital Lifestyle Telkomsel, Lesley Simpson melalui keterangan resmi di Jakarta, Rabu (22/1). 

    Potensi nilai pasar micro drama capai US$5,3 miliar

    ilustrasi kuota gratis telkomsel (dok. telkomsel)

    Micro Drama menjadi format utama FlexTV, tengah berkembang pesat di pasar global . Di China, industri ini tumbuh sebesar 268 persen pada 2023, dengan nilai pasar mencapai 37,39 miliar yuan atau sekitar US$5,3 miliar. 

    Bahkan, nilai tersebut diproyeksikan semakin meningkat hingga melampaui 100 miliar yuan pada 2027. 

    Keberhasilan ini mencerminkan meningkatnya preferensi konsumen terhadap konten singkat dengan narasi kuat yang mudah diakses di tengah kesibukan sehari-hari. Sebagai pelopor di Indonesia, Telkomsel memanfaatkan peluang ini untuk menghadirkan pengalaman hiburan yang relevan dan terjangkau. 

    Ini harga paket streaming FlexTV

    ilustrasi menonton video di Youtube (unsplash.com.CardMapr.nl)

    Tak hanya itu, kerja sama juga diwujudkan melalui hadirnya paket inovatif platform streaming untuk Short Video dan produsen Micro Drama. 

    Melalui Micro Drama berformat video vertikal – yang pertama di Indonesia bersama FlexTV -, Telkomel ingin memberikan pengalaman hiburan yang relevan dengan tren terbaru di industri digital. 

    Dengan Paket Bundling Premium FlexTV seharga Rp77.700, pelanggan akan mendapatkan langganan FlexTV selama 30 hari beserta kuota data khusus sebesar 6 GB. 

    Paket Bundling Premium FlexTV memungkinkan pelanggan menikmati berbagai genre Micro Drama, mulai dari drama romantis, misteri penuh intrik, hingga kisah fantasi yang memikat. 

    Selain Paket Bundling Premium, pelanggan dapat membeli Coins dengan harga yang lebih terjangkau untuk menikmati konten pilihan di FlexTV. Mulai dari Rp22.200 untuk 500 Coins, setiap pembelian dilengkapi kuota data khusus sebesar 3 GB. Pembelian Coins dapat dilakukan berulang kali melalui MyTelkomsel, memberikan fleksibilitas yang lebih besar bagi pelanggan. 

    Pembelian Paket Bundling Premium FlexTV dapat dilakukan dengan mudah melalui aplikasi MyTelkomsel, UMB *363#, konter pulsa, swalayan ritel terdekat, maupun e-commerce.

  • MyTelkomsel Lagi Cari Rapper, Pemenang Bisa Duet Bareng Tuan Tigabelas!

    MyTelkomsel Lagi Cari Rapper, Pemenang Bisa Duet Bareng Tuan Tigabelas!

    Jakarta

    Telkomsel melalui MyTelkomsel Super App mengadakan ajang #MyTelkomselCariRapper yang berlangsung hingga 22 Januari 2025. Kompetisi ini mengajak talenta musik hip hop Tanah Air untuk menciptakan lirik rap yang mengulas fitur unggulan MyTelkomsel Super App, sebagai bagian dari kampanye #IniItuMakinGampang dalam mempermudah aktivitas digital pelanggan.

    #MyTelkomselCariRapper juga berkolaborasi dengan Tuan Tigabelas, salah satu musisi yang telah berkiprah sejak 2009 dan dikenal dengan liriknya yang mendalam. Kompetisi ini memadukan seni musik dengan teknologi digital melalui media sosial seperti Instagram dan TikTok.

    Berdasarkan data dari Digital 2023 Global Overview Report yang dikeluarkan oleh We Are Social, mayoritas pengguna internet di Indonesia yang berusia 16-64 tahun menghabiskan waktu untuk mendengarkan musik secara online. Bahkan, survei Interaksi Konsumen Musik 2023 yang dikeluarkan oleh International Federation of the Phonographic Industry (IFPI), menunjukkan bahwa rata-rata penikmat musik menghabiskan waktu 20,7 jam setiap minggunya untuk mendengarkan musik.

    “Melalui #MyTelkomselCariRapper, kami ingin mengajak talenta berbakat Indonesia untuk berkreasi dan berkarya mengembangkan potensi mereka. Dengan membuat lirik dan menyanyikan jingle yang menggambarkan fitur-fitur MyTelkomsel Super App, kami berharap masyarakat dapat melihat aplikasi ini sebagai bagian dari keseharian mereka, yang mempermudah banyak hal sambil tetap seru dan relevan, seperti mengakses musik hingga film, mencatat performa lari, serta pencarian informasi dengan cepat dan akurat didukung kekuatan fitur pencarian berbasis AI,” kata VP Customer Journey and Digital Experience Telkomsel, Nirwan Lesmana dalam keterangan tertulis, Rabu (22/1/2025).

    Diketahui, challenge #MyTelkomselCariRapper terbuka untuk individu maupun kelompok (maksimal dua orang). Adapun mekanisme kompetisinya sebagai berikut:

    Follow akun Instagram, TikTok, dan X @MyTelkomsel.

    Buat video rap sekreatif mungkin dengan lirik yang berisi beberapa keyword tentang MyTelkomsel, durasi 30-60 detik. Peserta boleh unggah lebih dari satu video.

    Kompetisi terbuka untuk individu atau kelompok (maks. 2 orang).

    Gunakan beat/backsound pada postingan MyTelkomsel di Instagram atau TikTok berikut.

    Post video di akun Instagram/TikTok peserta (untuk kelompok cukup satu akun), paling lambat 22 Januari 2025, mention @mytelkomsel dan gunakan tagar #MyTelkomselCariRapper #IniItuMakinGampang. Pastikan akun tidak privat.

    Lirik wajib mengangkat kemudahan aplikasi MyTelkomsel dengan tema MyTelkomsel Cari #IniItuMakinGampang.

    Video harus bebas dari SARA dan mematuhi hukum yang berlaku.
    Karya asli peserta, dan tanggung jawab sepenuhnya ada pada peserta.

    Para pemenang #MyTelkomselCariRapper berkesempatan mendapat ragam hadiah menarik, termasuk iPhone, saldo e-wallet senilai total Rp 10 juta untuk 10 pemenang, serta kesempatan eksklusif berduet dengan rapper ternama Tuan Tigabelas di video digital MyTelkomsel. Informasi lebih lanjut tentang #MyTelkomselCariRapper silakan kunjungi www.telkomsel.com/promo/mytelkomselcarirapper.

    (prf/ega)

  • Masa Aktif Paket Internet Jadi 28 Hari, Telkomsel Kasih Penjelasan

    Masa Aktif Paket Internet Jadi 28 Hari, Telkomsel Kasih Penjelasan

    Jakarta

    Operator seluler Telkomsel memberikan penjelasan terkait masa aktif paket internet yang berkurang dari semula 30 hari menjadi 28 hari.

    GM Loyalty and Digital Brand and Communications Telkomsel, Benny Hamdan, mengatakan perubahan masa aktif itu berdasarkan kebiasaan pelanggannya.

    Untuk saat ini, perubahan masa aktif paket internet tersebut hanya terjadi untuk paket internet Super Seru, seperti penawaran kuota 18 GB harga Rp 40 ribu dan kuota 25 GB harga Rp 50 ribu yang sama-sama masa aktif 28 hari.

    “Oh iya, jadi kan memang ada kita sesuaikan dengan kebutuhan pelanggan sih kurang lebih itu ya. Tapi kalau konteks poin, ya setiap pembelanjaan pulsa atau paket data itu masalah yang biasa ditukarkan di kegiatan Telkomsel. Itu masalah waktu dan seterusnya itu menyesuaikan dengan customer behaviour, nggak lebih dari itu,” tutur Benny di Kantor Telkomsel, Jakarta, Rabu (22/1/2025).

    Ketika ditanya apakah seluruh paket internet yang ditawarkan Telkomsel kepada pelanggannya akan turut menyesuaikan, Benny pun menjawabnya.

    “Ya, kita lihat nanti lah. Tergantung demand (permintaan) dari market (pasar). Kalau itu sangat dinamis,” ungkapnya.

    Bahkan, disampaikan Benni, tidak hanya Telkomsel, operator seluler lainnya juga akan turut mengikuti apa yang dilakukannya saat ini terkait pengurangan masa aktif.

    “Karena customer behavior beda-beda. Ada yang sebulan pelanggan itu cuma sekali recharge atau dua kali recharge. Jadi, memang lagi-lagi itu menyesuaikan kebutuhan pelanggan sih. Semua yang dikerjain sama Telkomsel, kurang lebih gitu sih,” pungkasnya.

    (agt/agt)

  • Jurus Telkomsel Bikin Betah Pelanggan, Tak Pindah ke Tetangga

    Jurus Telkomsel Bikin Betah Pelanggan, Tak Pindah ke Tetangga

    Jakarta

    Dengan memiliki pelanggan lebih dari 158 juta dan penguasa pasar seluler Indonesia, Telkomsel memiliki jurus jitu agar pelanggannya itu tidak berpindah ke operator seluler lainnya.

    Telkomsel Poin menjadi salah satu andalan Telkomsel yang tak hanya mempertahankan para pelanggannya itu, tetapi juga meningkatkan loyalitas. Bahkan, Telkomsel diklaim sebagai operator yang paling jor-joran terkait program loyalitas pelanggan.

    “Jadi harapannya, pelanggan Telkomsel tetap stay di Telkomsel dengan program Telkomsel Poin. Ya, kalau tidak ber-impact, ya sangat ber-impact. Kurang lebih itu sih,” kata GM Loyalty and Digital Brand and Communications Telkomsel, Benny Hamdani di Kantor Telkomsel, Jakarta, Rabu (22/1/2025).

    Pada kesempatan ini, Telkomsel mengumumkan pemenang program loyalitas Poin Gembira Festival Akhir Tahun 2024. Dalam program loyalitas yang berlangsung dari 1 November hingga 31 Desember 2024 itu, sebanyak lebih dari 6 juta pelanggan setia dari seluruh penjuru Indonesia telah menukarkan Telkomsel Poin menjadi kupon undian melalui aplikasi MyTelkomsel.

    Benny menambahkan pelanggan Telkomsel yang menukarkan Telkomsel Point itu jumlahnya meningkat dibandingkan periode tahun sebelumnya, di mana pada 2023 yang melakukan redeem Telkomsel Poin berkisar 1,5-2 juta pelanggan.

    “Artinya, terhadap programnya membandingkan tahun sebelumnya dan tahun ini itu meningkat di 10-20%. Ya, pelanggan redeem karena kita meningkatkan hadiah itu naik hampir 20% (dibandingkan tahun sebelumnya),” jelasnya.

    Telkomsel Poin merupakan program loyalitas Telkomsel untuk mempertahankan para pelanggannya tidak berpindah ke operator seluler tetangga. Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET

    Sebanyak 1.111 hadiah diberikan Telkomsel melalui Poin Gembira Festival Akhir Tahun 2024 telah diundi di Jakarta pada tanggal 22 Januari 2025, termasuk hadiah utama Mercedes-Benz C200 Avantgarde satu unit. Kemudian, Yamaha Nmax (25 unit), Honda Beat (30 unit), iPhone 15 (10 unit), Samsung Z Flip 6 (10 unit), Samsung A06 (300 unit), Modem Orbit (100 unit), dan E-voucher Indomaret senilai Rp 300 ribu (635 unit).

    Telkomsel mengungkapkan pelanggan yang memenangkan hadiah itu tidak perlu memikirkan soal pajak, sebab yang diberikan pelanggan itu sudah terima bersih alias tidak dipungut biaya apapun lagi.

    (agt/fay)

  • Merger dengan XL Axiata, Smartfren (FREN) Masih Jual Kartu Perdana

    Merger dengan XL Axiata, Smartfren (FREN) Masih Jual Kartu Perdana

    Bisnis.com, JAKARTA — PT Smartfren Telecom Tbk. (FREN) memastikan bakal terus menjual kartu perdana mereka meski telah melalukan merger dengan PT XL Axiata Tbk. (EXCL).

    CEO Smartfren Andrijanto Muljono mengatakan penjualan kartu perdana di tahun 2025 bakal berjalan. Apalagi, setelah adanya merger, layanan yang ditawarkan Smartfren akan semakin luas.

    “Pasti harus terus dan kan brand-nya ini dipertahankan. Justru yang menikmati layanan makin luas kita,” kata Andri kepada Bisnis dikutip, Senin (20/1/2025).

    Terkait dengan penjualan kartu perdana, Andri mengatakan bahwa Smartfren memiliki program khusus yang bernama Smartfren Gadget Specialist atau SGS.

    Andri menyampaikan SGS ini program menempatkan sales di gerai pulsa besar yang ada di seluruh Indonesia. Tercatat, sampai saat ini sudah ada 4.000 SGS yang tersebar di Tanah Air.

    Adapun, penempatan SGS ini memiliki misi untuk melayani dan mengalihkan pelanggan non Smartfren untuk beralih ke layanan Smartfren.

    “Jadi yang datang ke counter itu biasanya mau top up. Mau cari voucher data. Nah ketika dilayani, si mbak-mbaknya ini mengadvokasi. Jadi mencoba untuk mengalihkan dengan memberikan gimmick-gimmick marketingnya,” ujarnya.

    Adapun, dalam paparan laporan kuartal III/2024 menunjukan jumlah pelanggan Smartfren mencapai 35,9 juta pelanggan. 

    Jumlah ini turun 1,3% secara tahunan (year-on-year/yoy) dari sebelumnya berada pada angka 36,4 juta pelanggan pada 2024.

    Diberitakan sebelumnya, Penjualan kartu perdana di kios-kios pulsa masih bergeliat. Pada pedagang mengaku dapat menjual belasan kartu perdana setiap harinya. Namun, penjualan tidak merata untuk seluruh operator seluler.

    Berdasarkan penelusuran Bisnis di sejumlah kios pulsa, Telkomsel menjadi operator yang paling dicari dan dibeli oleh masyarakat.

    Sementara itu Axis dan Smartfren menempati urutan terbawah. Jaringan yang kuat dan luas menjadi pertimbangan utama masyarakat membeli kartu prabayar perdana. 

  • Top 3 Tekno : Kapan FFSS 2025 Digelar hingga Telkomsel Rilis Solusi untuk Lindungi Anak di Internet – Page 3

    Top 3 Tekno : Kapan FFSS 2025 Digelar hingga Telkomsel Rilis Solusi untuk Lindungi Anak di Internet – Page 3

    Google mengumumkan Google AI kini akan disertakan dalam paket Google Workspace Business dan Enterprise. Kehadiran fitur ini ini tidak lepas dari manfaat pemakaian AI yang terbukti meningkatkan produktivitas.

    Selain itu, Google merasa AI harus dapat diakses oleh setiap bisnis dan karyawan dengan harga terjangkau. Untuk itu, deretan kemampuan AI generatif terkini hadir pada pelanggan Google Workspace tanpa perlu membeli add-on apa pun.

    “Kami percaya bahwa AI bukan sekadar tool; AI menghadirkan perubahan fundamental dalam proses bekerja,” tutur President Cloud Application Google Jerry Dischler dalam keterangan resmi yang diterima, Sabtu (18/1/2025).

    Baca selengkapnya di sini

     

  • Penipuan WhatsApp Korbannya Banyak, Kenali Modus Terbaru 2025

    Penipuan WhatsApp Korbannya Banyak, Kenali Modus Terbaru 2025

    Daftar Isi

    Jakarta, CNBC Indonesia – Penipuan online menjadi fenomena mengkhawatirkan seiring perkembangan teknologi yang kian maju. Meski fitur keamanan di platform online makin canggih, tetapi para penjahat siber terus berevolusi dalam melancarkan serangan. 

    Salah satunya, modus penipuan di aplikasi pesan WhatsApp yang hampir digunakan untuk berbagai kebutuhan khususnya di Indonesia. Hingga saat ini, masih banyak modus penipuan yang memakan korban melalui aplikasi pesan tersebut.

    Kebanyakan penipuan lewat WhatsApp memanfaatkan file APK yang dikirim acak ke nomor HP orang lain. Tujuannya agar penerima chat mengklik dan mendownload file kemudian tanpa sadar menginstal aplikasi jahat di HP-nya.

    Cara pembobolan yang disebut sebagai phising ini serupa dengan kejahatan mengirim link lewat email. Penipu online berharap agar penerima email atau WhatsApp memberikan akses secara tak sadar sehingga HP atau akun finansial bisa diambil alih atau dibajak.

    Berikut rangkuman beberapa modus penipuan online hingga awal 2025:

    1. Surat Peringatan Pajak

    Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan mengingatkan masyarakat, khususnya wajib pajak dalam menerima surat elektronik atau email yang berisikan surat peringatan pajak.

    “Saya ingin memberikan satu pengingat pada wajib pajak, ini aku minta tolong untuk berhati hati. Banyak e-mail bersifat phising,” ungkap Dirjen Pajak Suryo Utomo dalam konferensi pers tahun lalu.

    Salah satu tanda e-mail tersebut patut dicurigai adalah pengirim. Surat pemberitahuan resmi dari DJP pasti akan menggunakan alamat e-mail resmi bukan perorangan.

    “Jadi kalau senderunya tidak gunakan @pajak.go.id itu berarti bukan dari DJP. Ini pengingat agar hati hati dalam membuka email yang mungkin bukan dari kami,” paparnya.

    Apabila masih ragu, WP bisa menghubungi kontak resmi DJP. Baik melalui e-mail, kring pajak maupun sosial media.

    Diketahui penipuan menggunakan link phising yang dapat mengambil data pribadi. Hal ini membuat saldo anda di e-wallet tidak aman.

    Metode penipuan link phising dapat menguras saldo m-banking anda. Modus penipuan phising kini makin beragam. Misalnya saja, penipu yang seolah-olah mengirimkan informasi soal paket dari ekspedisi. Tak hanya itu saja, ada juga yang seolah-olah memberikan undangan pernikahan.

    2. Modus Kurir

    Penipuan ini dilaporkan akun Instagram yakni mengungkapkan chat Telegram dengan seseorang yang mengaku berasal dari J&T. Penipu mengirimkan lampiran dengan nama file berbentuk apk dengan tulisan LIHAT Foto Paket’.

    Mereka yang mengunduh file itu akan kehilangan uang yang disimpan di bank. Berbagai data termasuk keuangan yang bakal diambil oleh para pelaku.

    3. File Undangan Nikah

    Penipuan ini sempat jadi banyak perbincangan karena banyaknya pengguna WhatsApp yang mendapatkan. Mereka dikirimi file apk oleh orang yang tidak dikenal yakni sebuah undangan pernikahan.

    File atau aplikasi dengan judul Surat Undangan Pernikahan Digital berukuran 6,6 mb. Para penipu mengajak korbannya membuka file untuk mengecek kebenaran file di dalamnya.

    4. Surat Tilang Palsu

    Sejumlah warganet juga mendapatkan dirinya dikirimi surat tilang palsu. Terdapat file apk berjudul ‘Surat Tilang-1.0 apk’ dalam chat tersebut.

    “AWAS! Hati-hati terhadap penipuan menggunakan modus kirim surat tilang lewat WhatsApp seperti ini. Jangan sekali-kali mengklik/download file dgn ekstensi “.apk” dari orang tak dikenal di gadget anda,” kicau akun @MurtadhaOne1.

    5. Catut MyTelkomsel

    Penipuan di WhatsApp lainnya juga pernah ada yang menggunakan nama MyTelkomsel. Ini merupakan aplikasi milik operator Telkomsel.

    Korban akan diminta klik file apk yang dikirimkan. Berikutnya mereka akan diminta memberikan izin akses pada sejumlah aplikasi, termasuk foto, video, SMS, dan akses akun layanan perbankan digital atau fintech.

    6. Pengumuman dari Bank

    Penipuan lain adalah membuat pengumuman yang seakan berasal dari bank. Isinya mengenai perubahan tarif transaksi dan transfer yang tidak masuk akal.

    Pengguna WhatsApp akan diberikan link untuk mengisi formulir. Link tersebut akan membuat data mereka dicuri para pelaku.

    7. Undangan VCS

    Modus lainnya adalah melakukan video call sex (VCS) dari nomor tidak dikenal. Mereka disebut akan memeras para korbannya.

    Dihubungi beberapa waktu lalu, Pakar keamanan siber Alfons Tanujaya mengatakan modus ini memanfaatkan ketidaktahuan seseorang soal teknologi dan menjadikannya ancamannya. “Ini pada prinsipnya adalah pemerasan yang memanfaatkan ketidaktahuan atau keamanan seseorang tentang teknologi,” kata dia.

    “Kalau ragu dan diperas, hubungi teman yang mengerti dan minta bantuannya untuk menghadapi ancaman-ancaman yang tidak kita mengerti, jangan main mengikuti ancaman saja,” paparnya.

    8. Kuras rekening pakai kode QR

    Metode lainnya yang sering digunakan adalah quishing, yaitu kombinasi dari kode QR dan phishing. Pelaku akan memancing korbannya agar mendapatkan informasi dan detail pribadi mereka.

    Saat memindai QR Code, biasanya korban akan dibawa ke situs tertentu. Selain bisa menunjukkan pesan teks biasa, situs tersebut bisa melacak daftar aplikasi hingga alamat peta korban.

    Pelaku memanfaatkan kemampuan tersebut untuk mengarahkan calon korbannya ke situs web palsu. Mereka akan membuat orang sulit mendeteksi situs yang akan dikunjungi sebelum membuka web.

    Wired menyebut, pelaku quishing akan mengelabui seseorang untuk mengunduh sesuatu ke dalam perangkat. Unduhan tersebut akan membahayakan perangkat milik korban.

    Langkah berikutnya, para korban akan diminta memasukkan beberapa kredensial login. Informasi itu akan didapatkan oleh pelaku quishing.

    Kejahatan ini semakin masif karena kode QR bisa dibuat dengan mudah dan siapa saja. Seseorang bisa membuatnya bahkan tanpa keahlian khusus.

    Cara Terhindar Quishing

    Jangan khawatir, ada cara untuk menghindari kejahatan quishing. Utamanya adalah jangan percaya QR code yang dipasang di tempat umum atau diberikan pada orang yang tidak jelas dari mana asalnya.

    Anda juga bisa mengenali QR code dengan tujuan kejahatan. Karena biasanya penipu akan meningkatkan rasa urgensi dan kekhawatiran calon korbannya. Misalnya dengan menyertakan pernyataan, “Pindai kode QR ini untuk memverifikasi identitas Anda atau mencegah penghapusan akun Anda”.

    Terakhir, jangan lupa mengaktifkan autentikasi dua faktor pada tiap akun. Selain itu, jangan lupa untuk keluar dari perangkat yang tidak digunakan lagi.

    Nah, itu dia beberapa modus penipuan WhatsApp yang sudah digencarkan selama ini dan masih terjadi di 2025. Semoga informasi ini bermanfaat!

    (fab/fab)

  • Telkomsel Lindungi Anak di Internet dengan Solusi Parental Control – Page 3

    Telkomsel Lindungi Anak di Internet dengan Solusi Parental Control – Page 3

    “Banyaknya konten judi online yang tersebar di seluruh platform media sosial, kami telah memblokir 2.5 juta konten yang berhubungan dengan judi online,” ucapnya.

    Banyaknya pengguna judi online, hingga korban dari permainan ini yang terus bertambah menjadi perhatian Kominfo agar tidak ada lagi yang terjerumus ke dalam jurang judi online.

    Konten negatif terbanyak kedua yang diblokir ialah pornografi. Teguh mengungkapkan kalau Kominfo telah memblokir hingga jutaan konten pornografi yang tersebar di seluruh media sosial yang beroperasi di Indonesia.

    “Konten pornografi yang kami tangani sudah mencapai1 juta konten per 27 Juni,” tuturnya.

    Penyebaran konten judi online hingga pengguna situs judi online di Indonesia sudah semakin meresahkan. Selain memblokir konten berbau judi online, Kominfo juga telah melakukan pemblokiran situs-situs tersebut.

  • Trafik broadband Telkomsel tumbuh 21,5 persen di wilayah Papua dan Maluku 

    Trafik broadband Telkomsel tumbuh 21,5 persen di wilayah Papua dan Maluku 

    Sumber foto: Aman Hasibuan/elshinta.com.

    Trafik broadband Telkomsel tumbuh 21,5 persen di wilayah Papua dan Maluku 
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Kamis, 16 Januari 2025 – 14:37 WIB

    Elshinta.com – Telkomsel sukses menyambungkan semangat pelanggan di wilayah Papua dan Maluku pada momen Natal dan Tahun Baru (NARU) 2024/2025 dengan mengoptimalkan jaringan broadband dan menyediakan produk serta layanan bernilai tambah. Melalui Telkomsel Siaga Naru , Telkomsel telah memastikan kelancaran dan kenyamanan konektivitas serta pengalaman digital pelanggan.
     
    Sebelumnya, ragam upaya untuk memastikan pengalaman terbaik bagi pelanggan di momen NARU telah dilakukan Telkomsel, seperti memperluas cakupan jaringan 4G dengan menambah ratusan titik 4G baru di Papua dan Maluku sehingga pada akhir tahun 2024 tercatat ada lebih dari2.600 BTS  4G/LTE Telkomsel yang mencakup hingga 77 persen wilayah populasi di Papua dan Maluku. Tak hanya itu, Telkomsel juga menyediakan 3 BTS Combat  selama moment NARU 2024/2025 yang lalu.
     
    Telkomsel juga telah memetakan 22 titik keramaian di seluruh wilayah Papua dan Maluku, khususnya untuk menganalisis kebutuhan jaringan secara akurat dan mengantisipasi setiap kemungkinan gangguan secara cepat dan proaktif. Hasilnya, Telkomsel sukses mengoptimalkan penanganan gangguan jaringan selama momen NARU 2024/2025. 
     
    Selama momen Naru tahun ini, Telkomsel juga melakukan drive test di 22 titik keramaian guna menjamin kesiapan jaringan, juga menyediakan 2 posko utama, 2 posko reguler, 18 posko di spesial area serta beragam promo menarik untuk memastikan ketersediaan produk dan layanan pelanggan.
     
    Lewat ragam upaya yang telah dilakukan, tercatat trafik akses broadband Telkomsel di wilayah Papua dan Maluku meningkat signifikan sebesar 21.5 persen dibandingkan rerata hari biasa sepanjang 2024, atau naik 7.5 persen dibandingkan periode Naru  sebelumnya. Lonjakan aktivitas digital pelanggan juga tercatat mengalami pertumbuhan trafik di berbagai layanan seperti online gamingyang naik 27 persen, layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) yang naik 8 persen, media sosial yang naik 19 persen, video streaming yang tumbuh 22 persen, serta e-commerce yang melonjak hingga 29 persen. Selain itu, lima aplikasi dengan pertumbuhan payload tertinggi selama periode Naru  2024/2025 adalah Instagram (23 persen), WhatsApp (9 persen), TikTok (22 persen), Facebook (18 persen), dan YouTube (21 persen).
     
    Pertumbuhan trafik layanan SMS Telkomsel sebesar 9.4 persen dibandingkan rerata hari biasa, sementara layanan suara (voice) mengalami penurunan 6.2 persen. Sejumlah wilayah jugamencatatkan pertumbuhan trafik data yang signifikan dibandingkan rerata hari biasa, seperti Kota Biak Numfor yang meningkat lebih dari 46.4 persen, dan kota Maluku Tenggara yang naik lebih dari 45.2 persen.
     
    General Manager Region Network Operations and Productivity Telkomsel Maluku and Papua, Yasrinaldi mengatakan, hasil pencapaian trafik broadband ini mencerminkan komitmen kami di Telkomsel untuk terus menghadirkan konektivitas yang andal dan inovatif di wilayah Papua dan Maluku, sesuai visi perusahaan menjadi penyedia layanan telekomunikasi digital terbaik di regional. “Dengan semangat membuka semua peluang, Telkomsel mendukung masyarakat Papua dan Maluku untuk terus maju melalui optimalisasi jaringan berteknologi terdepan dan layanan bernilai tambah yang berpusat pada kebutuhan pelanggan di momen penting Naru,” ujarnya seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Aman Hasibuan, Kamis (16/1).  
     
    “Selama momen Naru, Telkomsel telah menunjukkan upaya kami untuk terus memahami kebutuhan pelanggan dan menghadirkan pengalaman digital yang nyaman. Kedepannya, kami akan selalu memastikan keandalan jaringan dan inovasi produk yang mendukung pelanggan untuk tetap terhubung dan produktif, seperti Natal dan Tahun Baru kali ini,” tutup Yasrinaldi.

    Sumber : Radio Elshinta

  • Lima halte Transjakarta sudah miliki hak penamaan

    Lima halte Transjakarta sudah miliki hak penamaan

    Jakarta (ANTARA) – PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menyebutkan lima halte Transjakarta sudah memiliki hak penamaan, yakni Halte Bundaran HI Astra, Halte Senayan Bank DKI, Halte Widya Chandra Telkomsel, Halte Cawang Sentral 1 Polypaint, dan yang terbaru Halte Swadarma Paragon Corp.

    Siaran pers dari PT Transjakarta di Jakarta, Kamis, mengemukakan Halte Swadarma Paragon Corp berada di koridor layang yang melayani sejumlah rute yaitu koridor 13 (Puri Beta 2 – Tegal Mampang), rute 13B (Puri Beta – Pancoran), dan rute 13E (Puri Beta 2 – Flyover Kuningan).

    Cakupan pelanggan pada halte ini sebanyak 17.000 pelanggan per-bulan. Adapun pemilihan Halte Swadarma didasarkan pada lokasinya yang berdekatan dengan kantor pusat Paragon Corp di Jakarta Selatan.

    Hak penamaan (naming rights) merupakan hal yang diberikan pada perusahaan atau individu untuk menamai halte Transjakarta.

    Direktur Utama Transjakarta Welfizon Yuza mengatakan, selain penamaan halte, sinergi antara Transjakarta dengan Paragon Corp juga meliputi kolaborasi perbaikan fasilitas halte untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan serta meningkatkan aksesibilitas transportasi publik yang inklusif.

    “Adapun bentuk perbaikannya antara lain penyediaan lift yang memudahkan akses disabilitas juga beautifikasi pada tampilan halte,” kata dia.

    Sementara itu, Komisaris Paragon Corp Ratih Savitri Ali menyampaikan hak penamaan dan revitalisasi Halte Swadarma merupakan bagian dari komitmen untuk mendukung fasilitas ruang publik.

    Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
    Editor: Syaiful Hakim
    Copyright © ANTARA 2025