BUMN: PT Telekomunikasi Selular

  • Telkom Bikin Aplikasi Monitoring Program Makan Gizi Gratis

    Telkom Bikin Aplikasi Monitoring Program Makan Gizi Gratis

    Jakarta

    Telkom mengungkapkan tengah mengembangkan aplikasi khusus untuk Program Makan Bergizi Gratis (MBG). Program ini sebelumnya telah dimulai serentak di berbagai daerah Indonesia sejak 6 Januari 2025.

    Aplikasi tersebut nantinya akan membantu pemantauan distribusi makanan sehat bagi pelajar. Sebagai informasi, MBG merupakan program unggulan pemerintahan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka.

    Andri Sasongko selaku VP Corporate Telecommunication Telkom, mengatakan perusahaannya telah diberi tugas oleh pemerintah dalam membantu distribusi MBG.

    “Kita sudah diberi tugas sebenarnya, nanti melalui Telkomsel, membuat aplikasi yang powerfull tentunya, yang bisa memonitor (distribusi makan bergizi gratis),” ujar Andri di Jakarta, Jumat (7/2/2025).

    Telkom bukan kali pertama membantu pemerintah menyediakan aplikasi canggih. Sebelumnya, perusahaan BUMN ini punya andil besar pembuatan aplikasi PeduliLindungi saat pandemi waktu lalu.

    “Dulu kita punya pengalaman bagus waktu COVID-19, yaitu PeduliLindungi, itu di belakangnya Telkom ya,” kata Andri.

    Andri belum mengungkapkan secara rinci terkait dirilisnya aplikasi monitoring program MBG, begitu pula penamaan layanan itu, namun yang pasti prosesnya sedang berlangsung.

    “Kementerian BUMN inginya Telkom melalui Telkomsel punya aplikasi seperti itu untuk monitoring distribusi makan bergizi gratis. Saat ini sedang berjalan (pembuatan aplikasinya),” ungkapnya.

    Sebelumnya, Kepala Badan Gizi Nasional (BGN), Dadan Hindayana, menjelaskan rencana penambahan anggaran dilakukan karena Presiden Prabowo Subianto ingin agar program Makan Bergizi segera bisa dijalankan sesuai target untuk memberi makan 82,9 juta penerima. Di mana program Makan Bergizi Gratis (MBG) butuh tambahan anggaran sampai Rp 100 triliun.

    Menurutnya anggaran Rp 71 triliun yang ditetapkan sepanjang 2025 ini hanya cukup untuk membiayai pemberian MBG untuk 17 jutaan penerima saja, masih jauh dari target yang ditetapkan.

    “Begini untuk sementara yang sudah fix itu Rp 71 triliun itu kalau tidak ada penambahan maka akan mencapai 15 sampai 17,5 juta penerima saja,” beber Dadan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (17/1) yang lalu.

    (agt/fay)

  • Khawatir Data Dicuri? Telkomsel Tawarkan Paket Keamanan Data Pribadi

    Khawatir Data Dicuri? Telkomsel Tawarkan Paket Keamanan Data Pribadi

    Jakarta

    Telkomsel bersama Mastercard meluncurkan layanan Proteksi Privasi guna memperkuat perlindungan terhadap ancaman pencurian identitas digital. Layanan ini dirancang untuk mendeteksi, memantau, mencegah, hingga melakukan resolusi atas potensi penyalahgunaan data pribadi pelanggan.

    “Proteksi Privasi adalah bagian dari komitmen Telkomsel untuk terus menghadirkan solusi inovatif yang relevan dengan kebutuhan pelanggan di era digital. Melalui kolaborasi strategis dengan Mastercard, kami berharap layanan ini dapat memberikan rasa tenang bagi pelanggan, sehingga mereka dapat lebih aman dan nyaman menikmati kemudahan hidup digital tanpa khawatir akan risiko pencurian identitas,” ungkap Lesley Simpson, VP Digital Lifestyle Telkomsel dalam keterangannya, Rabu (5/2/2025).

    Didukung oleh Mastercard ID Theft Protection™, Proteksi Privasi memungkinkan pemantauan hingga 14 jenis data penting, seperti identitas kependudukan, paspor, nomor telepon, email, akun media sosial, hingga informasi keuangan. Teknologi ini secara aktif menjelajahi seluruh lapisan internet termasuk darkweb untuk mendeteksi kebocoran data dan potensi penyalahgunaan.

    Jika terjadi insiden, pelanggan akan menerima notifikasi real-time serta panduan langkah penyelesaian untuk melindungi data pribadi, mencegah kerugian finansial, dan melindungi reputasi mereka.

    “Di dunia digital yang semakin terhubung seperti saat ini, melindungi identitas pribadi di ekosistem online kini menjadi salah satu hal terpenting. Mastercard dengan bangga menghadirkan solusi terkini ID Theft Protection™ untuk Telkomsel, yang dirancang untuk melindungi data pribadi dan identitas digital konsumen, memberikan rasa aman pada konsumen. Kolaborasi ini merupakan komitmen bersama kedua pihak untuk membangun kepercayaan digital serta menciptakan masa depan digital yang lebih aman guna memberdayakan setiap individu,” ucap VP Account Management Mastercard Indonesia, Wibawa Prasetyawan.

    Paket Proteksi Privasi tersedia bagi pelanggan Telkomsel Prabayar maupun Halo (pascabayar) dalam dua opsi terjangkau:

    Proteksi Privasi + Kuota Internet: Rp 25.000/bulan, termasuk kuota internet 1 GB.

    Proteksi Privasi: Rp 12.000/bulan, tersedia di aplikasi MyTelkomsel (sebagai topping atas paket tertentu) dan di website telkomsel.com.

    Selama layanan Proteksi Privasi aktif pelanggan juga mendapatkan manfaat asuransi hingga Rp 20 juta atas kerugian identitas dan finansial akibat penyalahgunaan data.

    Khusus pelanggan paket Pascabayar Halo+ Supreme MAX, Proteksi Privasi sudah termasuk tanpa tambahan biaya. Layanan ini pun tersedia secara inklusif untuk semua kalangan, termasuk yang bukan pemegang kartu Mastercard.

    Untuk mulai memanfaatkan perlindungan ini, pelanggan cukup membeli paket melalui aplikasi MyTelkomsel, lalu mengikuti tautan aktivasi yang dikirimkan melalui SMS oleh Mastercard untuk login ke website aktivasi akun TIARA – Mastercard. Proses ini dirancang agar mudah dan cepat, memastikan pelanggan dapat segera mengelola serta memantau data pribadi mereka.

    Sebagai partner lokal resmi Mastercard di Indonesia, TIARA turut mendukung perlindungan menyeluruh bagi setiap pelanggan melalui layanan Proteksi Privasi.

    “Komitmen penuh kami dalam menghadirkan keamanan yang maksimal untuk para pengguna dapat terlihat dari proteksi tambahan berupa jaminan pertanggungan ketika adanya kerugian finansial akibat adanya pencurian data pribadi dengan biaya yang mudah dijangkau masyarakat,” ujar Marketing Director TIARA, Enzo Adhitya.

    Kerja sama ini menegaskan komitmen Telkomsel sebagai penyedia layanan telekomunikasi digital terdepan dalam mewujudkan masyarakat Indonesia yang semakin berdaya. Melalui Proteksi Privasi, Telkomsel dan Mastercard berharap dapat menciptakan ekosistem digital yang lebih aman dan terpercaya bagi masyarakat Indonesia.

    (prf/ega)

  • Telkomsel dan Mastercard Hadirkan Perlindungan Digital ‘Proteksi Privasi’

    Telkomsel dan Mastercard Hadirkan Perlindungan Digital ‘Proteksi Privasi’

    Bisnis.com, JAKARTA – Memperkuat perlindungan terhadap ancaman pencurian identitas digital, Telkomsel, bersama Mastercard, meluncurkan layanan inovatif terbaru, Proteksi Privasi. Layanan ini dirancang untuk mendeteksi, memantau, mencegah, hingga melakukan resolusi atas potensi penyalahgunaan data pribadi pelanggan.

    Didukung oleh Mastercard ID Theft Protection™, Proteksi Privasi memungkinkan pemantauan hingga 14 jenis data penting, seperti identitas kependudukan, paspor, nomor telepon, email, akun media sosial, hingga informasi keuangan. Teknologi ini secara aktif menjelajahi seluruh lapisan internet – termasuk dark web – untuk mendeteksi kebocoran data dan potensi penyalahgunaan. Jika terjadi insiden, pelanggan akan menerima notifikasi real-time serta panduan langkah penyelesaian untuk melindungi data pribadi, mencegah kerugian finansial, serta melindungi reputasi mereka.

    VP Digital Lifestyle Telkomsel, Lesley Simpson, menyatakan, “Proteksi Privasi adalah bagian dari komitmen Telkomsel untuk terus menghadirkan solusi inovatif yang relevan dengan kebutuhan pelanggan di era digital. Melalui kolaborasi strategis dengan Mastercard, kami berharap layanan ini dapat memberikan rasa tenang bagi pelanggan, sehingga mereka dapat lebih aman dan nyaman menikmati kemudahan hidup digital tanpa khawatir akan risiko pencurian identitas.”

    VP Account Management Mastercard Indonesia, Wibawa Prasetyawan, mengatakan, “Di dunia digital yang semakin terhubung seperti saat ini, melindungi identitas pribadi di ekosistem online kini menjadi salah satu hal terpenting. Mastercard dengan bangga menghadirkan solusi terkini ID Theft Protection™ untuk Telkomsel, yang dirancang untuk melindungi data pribadi dan identitas digital konsumen, memberikan rasa aman pada konsumen. Kolaborasi ini merupakan komitmen bersama kedua pihak untuk membangun kepercayaan digital serta menciptakan masa depan digital yang lebih aman guna memberdayakan setiap individu.”

    Paket Proteksi Privasi tersedia bagi pelanggan Telkomsel Prabayar maupun Halo (pascabayar) dalam dua opsi terjangkau:

    Proteksi Privasi + Kuota Internet: Rp25.000/bulan, termasuk kuota internet 1 GB.
    Proteksi Privasi: Rp12.000/bulan, tersedia di aplikasi MyTelkomsel (sebagai topping atas paket tertentu) dan di website telkomsel.com.

    Selama layanan Proteksi Privasi aktif, pelanggan juga mendapatkan manfaat asuransi hingga Rp20 juta atas kerugian identitas dan finansial akibat penyalahgunaan data. Khusus pelanggan paket Pascabayar Halo+ Supreme MAX, Proteksi Privasi sudah termasuk tanpa tambahan biaya. Layanan ini pun tersedia secara inklusif untuk semua kalangan, termasuk yang bukan pemegang kartu Mastercard.

    Untuk mulai memanfaatkan perlindungan ini, pelanggan cukup membeli paket melalui aplikasi MyTelkomsel, lalu mengikuti tautan aktivasi yang dikirimkan melalui SMS oleh Mastercard untuk login ke website aktivasi akun TIARA – Mastercard. Proses ini dirancang agar mudah dan cepat, memastikan pelanggan dapat segera mengelola serta memantau data pribadi mereka.

    Sebagai partner lokal resmi Mastercard di Indonesia, TIARA turut mendukung perlindungan menyeluruh bagi setiap pelanggan melalui layanan Proteksi Privasi. Marketing Director TIARA, Enzo Adhitya, menambahkan, “Komitmen penuh kami dalam menghadirkan keamanan yang maksimal untuk para pengguna dapat terlihat dari proteksi tambahan berupa jaminan pertanggungan ketika adanya kerugian finansial akibat adanya pencurian data pribadi dengan biaya yang mudah dijangkau masyarakat.”

    Kerja sama ini menegaskan komitmen Telkomsel sebagai penyedia layanan telekomunikasi digital terdepan dalam mewujudkan masyarakat Indonesia yang semakin berdaya. Melalui Proteksi Privasi, Telkomsel dan Mastercard berharap dapat menciptakan ekosistem digital yang lebih aman dan terpercaya bagi masyarakat Indonesia.

  • Menkomdigi-Menhub Bahas Persiapan Internet Mudik Lebaran dan Nyepi

    Menkomdigi-Menhub Bahas Persiapan Internet Mudik Lebaran dan Nyepi

    Jakarta

    Menteri Komunikasi dan Digital (Menkomdigi) Meutya Hafid dan Menteri Perhubungan (Menhub) Dudy Purwagandhi melakukan pertemuan membahas persiapan pemerintah menghadapi mudik Lebaran yang bertepatan dengan Hari Raya Nyepi.

    Berkaca pada momen Hari Raya Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru), pemerintah menyebutkan telah berhasil sehingga perjalanan yang dilakukan masyarakat tidak mengalami kendala.

    Ketika itu, berdasarkan mobile positioning data dari operator seluler (Indosat, Telkomsel, dan XL) yang mana jumlah penumpang angkutan umum meningkat dari 16,3 juta pada 2023-2024 menjadi 17,1 juta orang.

    Menkomdigi mengatakan bahwa sejak Oktober 2024, Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) telah menyiapkan berbagai langkah strategis untuk mendukung Nataru, termasuk komunikasi publik yang efektif, penyebaran informasi melalui SMS Blast, running text di televisi nasional, serta konten di berbagai kanal digital.

    “Kami juga memastikan ketersediaan jaringan telekomunikasi yang optimal di titik-titik krusial, seperti bandara, terminal, pelabuhan, dan jalur utama mudik. Selain itu, tim Balai Monitoring Komdigi aktif memantau spektrum frekuensi guna memastikan kelancaran komunikasi selama periode liburan,” jelasnya seperti dikutip dari siaran persnya, Jumat (7/2/2025).

    Melihat keberhasilan Nataru, Kementerian Perhubungan dan Kementerian Komdigi berkomitmen untuk memperkuat sinergi dalam menghadapi libur Nyepi (28-29 Maret 2025) dan Hari Raya Idul Fitri 1446 H (31 Maret – 7 April 2025).

    “Sebentar lagi kita akan memasuki bulan Ramadan dan libur Lebaran, sehingga persiapan harus dimulai dari sekarang. Kami berharap Komdigi kembali mendukung Kementerian Perhubungan serta kementerian dan lembaga lain dalam memastikan kelancaran angkutan Lebaran 2025,” ujar Menhub Dudy.

    Sementara itu, Menkomdigi menegaskan bahwa Komdigi siap melanjutkan dukungan penuh dalam penyebaran informasi publik, pemantauan kualitas jaringan telekomunikasi, serta upaya mitigasi risiko yang berpotensi mengganggu kelancaran perjalanan masyarakat.

    “Kami mengapresiasi sinergi yang sudah terjalin dengan baik. Kami bertekad untuk meningkatkan koordinasi demi memastikan perjalanan libur Nyepi dan Lebaran berjalan lebih lancar, aman, dan nyaman bagi masyarakat,” tutur Menkomdigi.

    Kementerian Komdigi juga akan terus berkoordinasi dengan penyedia layanan telekomunikasi agar masyarakat tetap dapat terhubung selama perjalanan mudik. Pusat Informasi dan Koordinasi Lintas Sektor yang dibentuk oleh Kemenhub pun akan kembali dioptimalkan dalam periode liburan mendatang.

    Dalam pertemuan ini, Menkomdigi Meutya Hafid didampingi oleh Wamenkomdigi Nezar Patria, Dirjen Infrastruktur Digital Wayan Toni Supriyanto, Dirjen Ekosistem Digital Edwin Hidayat, dan Dirjen Komunikasi Publik dan Media Fifi Aleyda Yahya.

    (agt/fay)

  • Telkomsel & Mastercard Hadirkan Solusi Perlindungan Identitas Digital

    Telkomsel & Mastercard Hadirkan Solusi Perlindungan Identitas Digital

    Jakarta, CNBC Indonesia – Telkomsel bersama Mastercard meluncurkan layanan inovatif Proteksi Privasi, yang dirancang untuk mendeteksi, memantau, mencegah, hingga melakukan resolusi atas potensi penyalahgunaan data pribadi pelanggan. Didukung oleh Mastercard ID Theft Protection™, Proteksi Privasi memungkinkan pemantauan hingga 14 jenis data penting, seperti identitas kependudukan, paspor, nomor telepon, e-mail, akun media sosial, hingga informasi keuangan.

    Teknologi ini aktif menjelajahi seluruh lapisan internet, termasuk dark web, untuk mendeteksi kebocoran data dan potensi penyalahgunaan. Jika terjadi insiden, pelanggan akan menerima notifikasi real-time serta panduan langkah penyelesaian untuk melindungi data pribadi, mencegah kerugian finansial, serta melindungi reputasi mereka.

    VP Digital Lifestyle Telkomsel, Lesley Simpson, menyatakan Proteksi Privasi adalah bagian dari komitmen Telkomsel untuk terus menghadirkan solusi inovatif yang relevan dengan kebutuhan pelanggan di era digital.

    “Melalui kolaborasi strategis dengan Mastercard, kami berharap layanan ini dapat memberikan rasa tenang bagi pelanggan, sehingga mereka dapat lebih aman dan nyaman menikmati kemudahan hidup digital tanpa khawatir akan risiko pencurian identitas,” kata dia dikutip Jumat (7/2/2025).

    Inovasi terbaru dari Telkomsel dan Mastercard ini diharapkan dapat menciptakan ekosistem digital yang lebih aman dan terpercaya bagi masyarakat Indonesia. Sementara itu, VP Account Management Mastercard Indonesia, Wibawa Prasetyawan mengatakan di dunia digital yang semakin terhubung, melindungi identitas pribadi di ekosistem online menjadi salah satu hal terpenting.

    “Mastercard dengan bangga menghadirkan solusi terkini ID Theft Protection™ untuk Telkomsel, yang dirancang untuk melindungi data pribadi dan identitas digital konsumen, memberikan rasa aman pada konsumen. Kolaborasi ini merupakan komitmen bersama kedua pihak untuk membangun kepercayaan digital serta menciptakan masa depan digital yang lebih aman guna memberdayakan setiap individu,” ujar dia.

    Paket Proteksi Privasi tersedia bagi pelanggan Telkomsel Prabayar maupun Halo (pascabayar) dalam dua opsi terjangkau. Di antaranya Proteksi Privasi + Kuota Internet Rp25.000/bulan, termasuk kuota internet 1 GB dan Proteksi Privasi Rp12.000/bulan yang tersedia di aplikasi MyTelkomsel (sebagai topping atas paket tertentu) dan di website Telkomsel.

    Selama layanan Proteksi Privasi aktif, pelanggan juga mendapatkan manfaat asuransi hingga Rp20 juta atas kerugian identitas dan finansial akibat penyalahgunaan data. Khusus pelanggan paket Pascabayar Halo+ Supreme MAX, Proteksi Privasi termasuk tanpa tambahan biaya.

    Layanan ini pun tersedia secara inklusif untuk semua kalangan, termasuk yang bukan pemegang kartu Mastercard. Untuk mulai memanfaatkan perlindungan ini, pelanggan cukup membeli paket melalui aplikasi MyTelkomsel, lalu mengikuti tautan aktivasi yang dikirimkan melalui SMS oleh Mastercard untuk login ke website aktivasi akun TIARA-Mastercard.

    Marketing Director TIARA, Enzo Adhitya mengatakan sebagai partner lokal resmi Mastercard di Indonesia, TIARA turut mendukung perlindungan menyeluruh bagi setiap pelanggan melalui layanan Proteksi Privasi.

    “Komitmen kami dalam menghadirkan keamanan maksimal untuk para pengguna dapat terlihat dari proteksi tambahan berupa jaminan pertanggungan ketika adanya kerugian finansial akibat adanya pencurian data pribadi dengan biaya yang mudah dijangkau masyarakat,” kata dia.

    (rah/rah)

  • Kode Bank BSI dan Cara Transfer yang Wajib Diketahui

    Kode Bank BSI dan Cara Transfer yang Wajib Diketahui

    Jakarta: Mau transfer ke Bank Syariah Indonesia (BSI) tapi nggak tahu kode banknya? Jangan sampai salah! 
     
    Kode bank BSI adalah angka unik yang wajib dimasukkan saat transfer dari bank lain. Tanpa kode ini, transaksi bisa gagal. 
     
    Yuk, simak ulasan lengkapnya biar nggak bingung lagi!
     

    Apa itu kode Bank BSI dan kenapa penting?
    Merangkum laman Telkomsel, kode bank BSI adalah tiga digit angka yang digunakan saat transfer antarbank, baik lewat ATM, mobile banking, maupun internet banking.
     
    Fungsi utamanya adalah sebagai identifikasi rekening tujuan supaya transaksi bisa diproses dengan aman dan akurat. 

    Jika salah memasukkan kode ini, uang bisa gagal terkirim atau bahkan salah tujuan!

    Berapa kode Bank BSI?
    Kode bank BSI adalah 451. Kode ini harus dimasukkan sebelum nomor rekening tujuan saat transfer dari bank lain.
     

    Cara transfer menggunakan Kode Bank BSI
    Berikut cara transfer ke BSI, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

    Kunjungi mesin ATM.
    Masukkan kartu ATM.
    Masukkan PIN.
    Pilih menu “Transfer”.
    Di layar utama, pilih opsi “Transfer Antar Bank” atau “Transfer ke Bank Lain.”
    Masukkan kode Bank BSI dan nomor rekening tujuan.
    Masukkan jumlah uang yang ingin dikirim.
    Verifikasi dan selesaikan transaksi.

    Sekarang sudah tahu kode bank BSI dan cara transfernya, kan? Pastikan selalu mengecek ulang data sebelum kirim uang supaya transaksi berjalan lancar. Semoga informasi ini bermanfaat!
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • Telkomsel Umumkan 165 Pemenang Undian Jajan Online 2024

    Telkomsel Umumkan 165 Pemenang Undian Jajan Online 2024

    Jakarta

    Telkomsel mengumumkan pemenang program Undian Jajan Online 2024. Dari 1,8 juta lebih pelanggan, terpilih 165 pemenang dalam program ini.

    “Kami mengucapkan selamat kepada seluruh pemenang program Jajan Online 2024. Program ini mencerminkan komitmen Telkomsel dalam memberikan nilai tambah bagi pelanggan, tidak hanya melalui layanan digital terbaik, tetapi juga melalui berbagai program apresiasi,” ujar Vice President Digital Lifestyle Telkomsel, Lesley Simpson dalam keterangan tertulis, Kamis (6/2/2025)

    Hal ini disampaikannya saat acara pengundian bersama perwakilan Kementerian Sosial Republik Indonesia dan Notaris, Kamis (23/1).

    “Kami percaya bahwa kolaborasi teknologi dan gaya hidup dapat semakin mendekatkan pelanggan dengan ekosistem digital terintegrasi yang kami kembangkan,” imbuhnya.

    Hadirkan Hadiah ROG Phone 8 Pro-Nintendo Switch

    Program Jajan Online 2024 berlangsung sejak 21 Oktober hingga 31 Desember 2024. Program ini memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk memenangkan berbagai hadiah menarik dengan bertransaksi di Google Play Store menggunakan metode prabayar atau pascabayar Telkomsel.

    Setiap transaksi senilai 10.000, pelanggan akan mendapatkan 1 kupon undian, dan berlaku kelipatan. Adapun pelanggan yang baru pertama kali mengaktifkan metode pembayaran Telkomsel di Google Play Store akan mendapatkan tambahan 10 kupon undian.

    Melalui program ini, Telkomsel menghjadirkan ragam hadiah untuk para pemenang antara lain:

    5 unit ROG Phone 8 Pro5 unit Steam Deck Valve Handheld Gaming OLED5 unit Nintendo Switch V250 saldo LinkAja masing-masing Rp1.000.00050 voucher Google Play masing-masing Rp500.00050 pulsa Telkomsel masing-masing Rp500.000

    Pelanggan dapat melihat pengumuman hasil undian di tsel.id/janolberhadiah. Nantinya, pemenang dihubungi secara resmi oleh Call Center Telkomsel 188 untuk proses validasi data.

    Adapun hadiah akan diserahkan di GraPARI terdekat sesuai domisili pelanggan. Telkomsel akan menanggung seluruh pajak dan biaya pengiriman hadiah, sehingga pelanggan tidak perlu mengeluarkan biaya apapun.

    Informasi resmi terkait program Jajan Online 2024 dan daftar pemenangnya dapat diakses melalui laman tsel.id/janolberhadiah.

    Disclaimer: Telkomsel menghimbau seluruh pelanggan untuk berhati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan Telkomsel.

    Jangan pernah memberikan kode OTP atau data pribadi kepada pihak yang tidak bertanggung jawab, serta hindari mengklik tautan mencurigakan. Telkomsel tidak memungut biaya apapun dari pemenang.

    Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi telkomsel.com atau media sosial resmi Telkomsel yang telah terverifikasi.

    (akd/ega)

  • Telkomsel Umumkan Pemenang Undian Jajan Online 2024

    Telkomsel Umumkan Pemenang Undian Jajan Online 2024

    Jakarta, CNBC Indonesia – Telkomsel mengumumkan pemenang program Undian Jajan Online 2024. Program Jajan Online 2024 diikuti oleh lebih dari 1,8 juta pelanggan dan terpilih 165 pemenang.

    “Kami mengucapkan selamat kepada seluruh pemenang program Jajan Online 2024. Program ini mencerminkan komitmen Telkomsel dalam memberikan nilai tambah bagi pelanggan, tidak hanya melalui layanan digital terbaik, tetapi juga melalui berbagai program apresiasi,” kata Vice President Digital Lifestyle Telkomsel, Lesley Simpson, dikutip Kamis (6/2/2025).

    “Kami percaya bahwa kolaborasi teknologi dan gaya hidup dapat semakin mendekatkan pelanggan dengan ekosistem digital terintegrasi yang kami kembangkan,” tambah dia.

    Program Jajan Online 2024 sebelumnya berlangsung dari 21 Oktober hingga 31 Desember 2024 dan memberikan kesempatan kepada pelanggan memenangkan hadiah dengan melakukan transaksi di Google Play Store menggunakan metode prabayar atau pascabayar Telkomsel. Di mana setiap transaksi senilai 10.000 akan mendapatkan 1 kupon undian, dan berlaku kelipatan.

    Foto: Dok Telkomsel

    Pelanggan yang baru pertama kali mengaktifkan metode pembayaran Telkomsel di Google Play Store akan mendapatkan tambahan 10 kupon undian.

    Hadiah yang dimenangkan oleh para pelanggan Telkomsel, antara lain 5 unit ROG Phone 8 Pro, 5 unit Steam Deck Valve Handheld Gaming OLED, 5 unit Nintendo Switch V2, 50 saldo LinkAja masing-masing Rp1.000.000, 50 voucher Google Play masing-masing Rp500.000, dan 50 pulsa Telkomsel masing-masing Rp500.000

    Setelah pengumuman hasil undian diunggah di sini, pemenang dihubungi secara resmi oleh Call Center Telkomsel 188 untuk proses validasi data. Kemudian, hadiah akan diserahkan di GraPARI terdekat sesuai domisili pelanggan.

    “Telkomsel menanggung seluruh pajak dan biaya pengiriman hadiah, sehingga pelanggan tidak perlu mengeluarkan biaya apa pun,” kata Lesley.

    (rah/rah)

  • Siap-siap! Komdigi Mau Terbitkan Aturan eSIM 2 Minggu Lagi

    Siap-siap! Komdigi Mau Terbitkan Aturan eSIM 2 Minggu Lagi

    Jakarta

    Menteri Komunikasi dan Digital (Menkomdigi) Meutya Hafid mengatakan Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) akan menerbitkan aturan terkait embedded Subscriber Identity Module atau eSIM. Regulasi kartu SIM virtual itu ditargetkan sudah berlaku pada bulan ini.

    Meutya mengungkapkan aturan eSIM ini rencananya akan mulai diresmikan dalam satu hingga dua minggu di Februari 2025.

    “Kita akan meresmikan yang namanya eSIM sebagai bentuk modernisasi pemerintahan, khususnya Komdigi untuk melihat kemajuan teknologi di banyak belahan dunia lainnya. Jadi, SIM card nanti akan bentuknya eSIM, itu akan akan keluarkan aturannya,” ujar Meutya di Jakarta.

    Menkomdigi mengatakan untuk beralih sepenuhnya dari SIM card fisik ke virtual membutuhkan waktu. Namun untuk menuju ke sana, pemerintah akan lebih dulu mengeluarkan aturan terkait.

    “Tentu butuh waktu, butuh proses sampai betul-betul terjadi, tapi kami akan keluarkan kurang lebih dalam dua minggu ke depan,” kata Menkomdigi.

    Bersamaan dengan diterbitkannya aturan eSIM ini, Komdigi akan mengimbau kepada operator seluler untuk melakukan pemutakhiran data, termasuk jika ada pelanggan yang menyalahgunakan data, seperti menggunakan satu data NIK untuk ribuan nomor seluler.

    “Ya, itu wajib ditertibkan. Jadi, ini sebenarnya bukan aturan baru, Kepmennya sudah ada, tapi tidak dijalankan, kami hanya meminta nanti kembali ke situ,” kata Meutya.

    Meutya melanjutkan kebijakan ini sebagai bentuk upaya pemerintah dalam mengatasi kejahatan di dunia digital, seperti penipuan online. Berdasarkan data terkini Komdigi, saat ini ada 314 juta SIM card yang aktif di Indonesia.

    “Nanti mungkin masyarakat terdampak, seperti halnya ketika tahun 2019, masyarakat juga harus melakukan pemutakhiran datanya ke operator seluler. Jadi, mungkin ketidaknyamanan sedikit di situ, sehingga kami mohon dukungan dari bapak-ibu sebagai perwakilan dari rakyat, tapi untuk mengamankan, baik itu data atau menghindari masyarakat dari kejahatan dunia digital,” tuturnya kepada Komisi I DPR.

    Adapun seluruh operator seluler eksisting yang beroperasi saat ini, mulai dari Telkomsel, Smartfren, Indosat Ooredoo Hutchison, hingga Smartfren telah mengeluarkan produk eSIM untuk para pelanggannya.

    Hanya saja jumlah pengguna eSIM di Indonesia ini terbilang baru, begitu pula ponsel yang beredar ataupun yang dipakai masyarakat belum semuanya mendukung teknologi eSIM.

    (agt/agt)

  • Telkomsel Gandeng Mastercard, Hadirkan Perlindungan Identitas Digital dari Pencurian Data – Page 3

    Telkomsel Gandeng Mastercard, Hadirkan Perlindungan Identitas Digital dari Pencurian Data – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Dalam upaya meningkatkan keamanan identitas digital, Telkomsel dan Mastercard memperkenalkan layanan terbaru mereka, Proteksi Privasi. Layanan ini dirancang untuk mendeteksi, memantau, dan menyelesaikan potensi penyalahgunaan data pribadi pelanggan.

    Dengan dukungan dari Mastercard ID Theft Protection™, Proteksi Privasi memungkinkan pemantauan terhadap 14 jenis data penting, termasuk identitas kependudukan, paspor, nomor telepon, email, akun media sosial, dan informasi keuangan.

    Teknologi ini secara proaktif memantau seluruh internet, termasuk dark web, untuk mendeteksi kebocoran data dan potensi penyalahgunaan.

    Nantinya, pelanggan akan menerima notifikasi real-time dan panduan penyelesaian jika terjadi insiden, guna melindungi data pribadi, mencegah kerugian finansial, dan menjaga reputasi mereka.

    VP Digital Lifestyle Telkomsel, Lesley Simpson, menyatakan, Proteksi Privasi adalah wujud komitmen kami untuk terus menawarkan solusi inovatif yang sejalan dengan kebutuhan pelanggan di era digital.

    “Melalui kerjasama strategis dengan Mastercard, kami berharap layanan ini dapat memberikan ketenangan bagi pelanggan, memungkinkan mereka untuk menikmati kemudahan digital tanpa khawatir akan ancaman pencurian identitas,” katanya, dikutip dari keterangan Telkomsel, Rabu (5/2/2025).