BUMN: PT Telekomunikasi Selular

  • 200 talenta digital ikuti IndonesiaNEXT ke-9 Telkomsel di Unhas

    200 talenta digital ikuti IndonesiaNEXT ke-9 Telkomsel di Unhas

    Makassar (ANTARA) – Telkomsel menyiapkan sedikitnya 200 talenta digital tersertifikasi teknologi terkini lewat ajang Road to IndonesiaNEXT ke-9 yang digelar di Kampus Universitas Hasanuddin Makassar Sulsel pada hari ini (18/02/2025).

    “Telkomsel ingin memastikan setiap talenta muda di Indonesia memiliki akses yang sama terhadap pengembangan keterampilan digital dengan memperluas jangkauan IndonesiaNEXT ke berbagai kampus,” kata General Manager Consumer Business Region Telkomsel Sulawesi Kuntum Wahyudi di Makassar, Selasa.

    Telkomsel percaya bahwa talenta digital dari seluruh negeri memainkan peran penting dalam membangun ekosistem digital nasional yang lebih inklusif dan berdaya saing tinggi.

    Telkomsel berkolaborasi dengan UK-Indonesia Tech hub dari Kedutaan Besar Inggris Jakarta untuk mempercepat persiapan pengembangan talenta digital Indonesia melalui program Road to IndonesiaNEXT ke-9, yang menyasar lebih banyak pelajar di berbagai daerah, meliputi Indonesia Barat, Tengah, dan Timur.

    ​​​​​Dalam program akselerasi ini, Telkomsel dan Kedutaan Besar Inggris Jakarta membuka akses bagi para pelajar dari wilayah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua, untuk menjadi bagian dari 1.000 peserta yang terpilih untuk mengikuti tahap IndonesiaNEXT Onboarding ke-9.

    Pada penyelenggaraan IndonesiaNEXT tahun 2022, salah satu mahasiswa Universitas Hasanuddin berhasil menduduki Top 100 IndonesiaNEXT season ke-7.

    Prestasi yang membanggakan ini menjadi bukti nyata kemampuan pelajar Sulawesi Selatan untuk bersaing di kancah nasional.

    “Semoga ini dapat memotivasi kami untuk terus mengasah kompetensi dan mampu mengulang kesuksesan serupa di IndonesiaNEXT ke-9,” ujarnya.

    Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Hasanuddin – Prof. Muhammad Ruslin mengapresiasi kerja sama Telkomsel dengan UK-Indonesia Tech hub dari Kedutaan Besar Inggris di Jakarta yang telah menyelenggarakan Road to IndonesiaNEXT ke-9.

    ​​​​​Program IndonesiaNEXT dinilai sejalan dengan visi Universitas Hasanuddin untuk menghasilkan lulusan yang tidak hanya cerdas intelektual, tetapi juga memiliki keterampilan digital dan soft skills yang mumpuni.

    ​​​​​”Kami meyakini kolaborasi antara perguruan tinggi dan dunia industri, seperti yang diwujudkan dalam IndonesiaNEXT, menjadi kunci untuk mencetak lulusan yang siap kerja dan mampu berkontribusi bagi kemajuan bangsa,” katanya.

    Pewarta: Nur Suhra Wardyah
    Editor: Iskandar Zulkarnaen
    Copyright © ANTARA 2025

  • Diaz Faisal Malik Hendropriyono, B.Sc., M.P.A., M.B.A., M.A., Ph.D. – Halaman all

    Diaz Faisal Malik Hendropriyono, B.Sc., M.P.A., M.B.A., M.A., Ph.D. – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Diaz Faisal Malik Hendropriyono, B.Sc., M.P.A., M.B.A., M.A., Ph.D. seorang politisi yang saat ini menjabat sebagai Wakil Menteri Lingkungan Hidup periode 2024 hingga 2029.

    Sebelumnya, ia pernah menjabat sebagai Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia periode 2018 hingga 2021.

    Selain itu, Diaz Hendropriyono juga pernah mengemban tugas sebagai Anggota Dewan Analis Strategis di Badan Intelijen Negara.

    Berikut profil Diaz Faisal Malik Hendropriyono.

    Kehidupan Pribadi 

    Dilansir Wikipedia, Diaz Faisal Malik Hendropriyono lahir di Jakarta pada 25 September 1978.

    Saat ini, ia telah berusia 46 tahun.

    Diaz merupakan anak ketiga dari pasangan A.M. Hendropriyono dan Tati Hendropriyono.

    Ia juga telah memiliki istri yang bernama Linda Ratna Nirmala dan telah dikaruniai tiga anak.

    Pendidikan

    Setelah menyelesaikan pendidikan menengah, Diaz Faisal Malik Hendropriyono melanjutkan studi ke Norwich Military University, Amerika Serikat. 

    Gelar Bachelor of Science (B.Sc.) in Management diraihnya dengan predikat cum laude hanya dalam waktu dua tahun, tepatnya pada tahun 1999.

    Selepas pendidikan sarjana, Diaz menempuh studi pascasarjana hingga tiga kali di Amerika Serikat.

    Pertama-tama Diaz mengambil program Master of Public Administration di Virginia Tech University dan lulus dengan memperoleh predikat Graduated with Distinction pada tahun 2010.

    Pendidikan pascasarjana berikutnya ia ambil di Hawaii, yakni program Master of Business Administration dan Master of Arts in Global Leadership dari Hawaii Pacific University. 

    Meskipun keduanya ditempuh di waktu yang bersamaan, ia berhasil lulus dengan predikat Graduated with Honors pada kedua program tersebut pada tahun 2013.

    Selanjutnya, Diaz menyelesaikan program Doctor of Philosophy in Public Administration di Virginia Tech University.

    Karier

    Diaz Faisal Malik Hendropriyono mengawali karier sebagai analis di sebuah perusahaan konsultan politik (lobbying firm), yang dipimpin oleh mantan Senator Bennett L. Johnston, dan sebagai research associate di sebuah “think tank” RAND Corporation.

    Lalu ia pun mencoba peruntungan dengan menjadi sales di PT KIA Otomotif Indonesia.

    Ia menghabiskan waktu total satu tahun dari 1999 sampai 2000 untuk bekerja di perusahaan yang berbasis di Korea Selatan tersebut. 

    Selanjutnya, selama tahun 2000 hingga 2001, Diaz Hendropriyono dipercaya menjadi Direktur dari PT Ulam Sari Samudra, sebuah perusahaan yang fokus pada kegiatan distribusi makanan laut yang dibekukan (frozen seafood).

    Pria kelahiran Jakarta itu juga tercatat pernah menjadi Anggota Dewan Analis Strategis di Badan Intelijen Negara.

    Sejak Januari 2015, Diaz Hendropriyono ditunjuk sebagai Komisaris PT Telkomsel.

    Di samping itu, ia juga menjabat sebagai Anggota Dewan Komisaris Sicepat Ekspres Indonesia pada 2022 hingga 2024 dan Staf Khusus Presiden Indonesia pada Mei 2016 hingga 2024.

    Puncak kariernya didapat saat ia ditunjuk langsung oleh Presiden Prabowo Subianto untuk menjabat Wakil Menteri Lingkungan Hidup periode 2024 hingga 2029.

    Harta Kekayaan

    Mengutip e-LHKPN KPK, Diaz Faisal Malik Hendropriyono diketahui memiliki kekayaan mencapai Rp 169.542.946.635.

    Laporan harta kekayaan Diaz Hendropriyono terakhir kali diterbitkan pada 31 Desember 2019. 

    Adapun rincian kekayaan Diaz Hendropriyono yakni sebagai berikut:

    A. TANAH DAN BANGUNAN Rp 68.252.786.586                                    

    1. Tanah dan Bangunan Seluas 435 m2/972 m2 di KAB / KOTA KOTA JAKARTA SELATAN, WARISAN Rp 39.150.000.000                             

    2. Tanah dan Bangunan Seluas 140 m2/190 m2 di NEGARA —, WARISAN Rp 8.443.618.686

    3. Tanah dan Bangunan Seluas 1416 m2/810 m2 di NEGARA —, WARISAN Rp 20.659.167.900.

    B. ALAT TRANSPORTASI DAN MESIN Rp 750.000.000                        

    1. MOBIL, TOYOTA ALPHARD Tahun 2015, HASIL SENDIRI Rp 750.000.000.

    C. HARTA BERGERAK LAINNYA Rp 0                           

    D. SURAT BERHARGA Rp 66.933.230.613                                   

    E. KAS DAN SETARA KAS Rp 33.606.929.436                             

    F. HARTA LAINNYA Rp 0                          

    Sub Total Rp 169.542.946.635.

    Diaz Hendropriyono tercatat tidak memiliki hutang, sehingga total kekayaan yang dimiliki saat ini mencapai Rp 169.542.946.635.

     

    (Tribunnews.com/David Adi)

  • Telkomsel Rilis DigiAds Ramadan Insight 2025

    Telkomsel Rilis DigiAds Ramadan Insight 2025

    Jakarta

    Telkomsel baru saja merilis whitepaper DigiAds Ramadan Insight 2025, sebuah studi komprehensif yang menyajikan insight tentang perilaku konsumen selama Ramadan.

    Hadirnya DigiAds Ramadan Insight 2025 diharapkan dapat membantu para pelaku bisnis memaksimalkan kampanye pemasaran yang relevan dan berdampak selama Ramadan.

    “DigiAds Ramadan Insight 2025 memberikan pemahaman tentang pola perilaku konsumen secara mendalam, memungkinkan pengambilan keputusan pemasaran yang lebih cerdas dan efektif selama Ramadan,” ujar VP Digital Advertising, Wholesale, and Interconnect Telkomsel, Arief Pradetya dalam keterangan tertulis, Sabtu (15/2/2025).

    Arief menjelaskan Telkomsel DigiAds dirancang untuk membantu pelaku bisnis mendapatkan solusi periklanan digital yang inovatif.

    Dengan kapabilitas seperti penempatan iklan strategis di platform premium, iklan berbasis lokasi yang didukung oleh insight jaringan, serta teknologi personalisasi pesan melalui TV digital, smartphone, WhatsApp, hingga RCS, DigiAds membantu bisnis menjangkau audiens secara luas, relevan, dan efektif.

    DigiAds juga didukung jaringan Telkomsel yang mencakup lebih dari 97% wilayah populasi dan basis pelanggan lebih dari 158 juta.

    Tern Konsumen Selama Ramada 2024

    Sebagaimana diketahui, Ramadan menjadi momen emas bagi pebisnis untuk memperkuat strategi pemasaran. Hal ini mengingat pola belanja konsumen mengalami lonjakan signifikan menjelang Idulfitri.

    Namun periode ini juga menghadirkan tantangan, seperti kapan waktu iklan digital yang paling efektif, bagaimana menjaga sensitivitas budaya, serta seperti apa konten otentik yang relevan dengan pasar.

    Adapun whitepaper menjelaskan sejumlah tren konsumen yang terjadi selama periode Ramadan 2024, di antaranya:

    Peningkatan Aktivitas Digital

    Lonjakan aktivitas digital mencapai 78% saat sahur dan 4% setelah tarawih, dengan aplikasi fintech, perbankan, dan video streaming menjadi favorit konsumen.

    Sebanyak 69% konsumen lebih memilih berbelanja offline, sementara belanja online memuncak pada minggu terakhir Ramadan di kota-kota besar.

    Metode Pembayaran Dominan Belanja Offline

    Cash menjadi metode pembayaran utama (50%), diikuti oleh QRIS (30%), dengan e-wallet dan online transfer yang mulai menarik perhatian.

    Mobilitas masyarakat naik signifikan, terutama ke wilayah seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Sumatra Utara .

    Untuk merancang iklan digital Ramadan yang sukses pada 2025, Telkomsel DigiAds menyarankan bisnis untuk fokus pada tiga pilar utama, yakni:

    Audience: Memanfaatkan data berbasis umpan balik untuk memahami kebutuhan dan preferensi audiens.Placement: Memaksimalkan jangkauan melalui inventori premium di platform digital.Content: Menghadirkan konten yang relevan, interaktif, dan dinamis seperti kuis atau promosi eksklusif Ramadan.

    Arief menambahkan, konsumsi media seperti TV dan video streaming juga meningkat tajam saat sahur dan menjelang berbuka. Hal ini tentunya menjadi peluang strategis untuk meningkatkan keterlibatan konsumen melalui konten kreatif yang otentik.

    DigiAds Ramadan Insight 2025 menunjukkan Ramadan adalah momen strategis bagi bisnis untuk meningkatkan relevansi dan dampak kampanye pemasaran. Whitepaper ini memanfaatkan telco insights dari Telkomsel DigiAds untuk memberikan analisis yang lebih komprehensif dan akurat.

    “Dengan analisis ini, kami berharap para pelaku usaha dapat merancang strategi pemasaran yang tepat sasaran, meningkatkan efektivitas iklan digital, dan membuka peluang baru yang signifikan di pasar selama periode Ramadan,” pungkas Arief.

    Sebagai informasi, DigiAds merupakan salah satu solusi dari Telkomsel Enterprise, one-stop shop solution dari Telkomsel yang berperan sebagai product & technology powerhouse Telkom Group.

    Telkomsel Enterprise telah berkolaborasi dengan lebih dari 40 ribu pelanggan korporasi untuk layanan yang mencakup konektivitas, IoT, komunikasi, aplikasi bisnis, dan customer insight.

    Dengan dukungan lebih dari 265.000 BTS 4G/LTE dan 5G Telkomsel serta ratusan mitra teknologi lokal dan global, Telkomsel Enterprise berfokus membantu pelanggan meningkatkan efisiensi dan memperluas pasar.

    Dengan pendekatan yang kolaboratif dan inovatif, #PastiAdaSolusi untuk setiap kebutuhan bisnis di Telkomsel Enterprise.

    Whitepaper DigiAds Ramadan Insight 2025 dapat diakses melalui tsel.id/RamadanInsight25.

    (akd/akd)

  • Vidio dan Telkomsel Bersinergi Hadirkan Inovasi Iklan OTT di Layanan STB IndiHome – Page 3

    Vidio dan Telkomsel Bersinergi Hadirkan Inovasi Iklan OTT di Layanan STB IndiHome – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Platform streaming Vidio dan Telkomsel melalui layanan IndiHome berkolaborasi untuk menghadirkan inovasi dalam ekosistem periklanan digital.

    Kemitraan ini bertujuan untuk memberikan solusi periklanan yang lebih efektif dan relevan bagi brand, sekaligus meningkatkan pengalaman menonton pelanggan.

    Melalui kolaborasi ini, Vidio akan menampilkan beragam format iklan inovatif, seperti Pre-roll, Mid-roll, TV Ad Spot Replacement, Mini Blocking Time, Ticker Tape, Graphic Overlay, dan L-frame Contextual.

    Format iklan tersebut dirancang untuk memastikan iklan yang ditampilkan relevan dengan minat pengguna dan tidak mengganggu kenyamanan menonton.

    Managing Director Vidio, Hermawan Sutanto, mengatakan adopsi Over-The-Top (OTT) di layar lebar semakin pesat, terutama melalui IndiHome, yang memberikan peluang besar bagi advertiser untuk menjangkau audiens Vidio yang berkualitas langsung di ruang keluarga.

    “Brand memiliki kesempatan lebih luas untuk menghadirkan pesan yang lebih imersif dan relevan,” ujar Hermawan melalui keterangannya, Sabtu (15/2/2025).

    Teknologi dan analitik data terkini akan dimanfaatkan untuk menyesuaikan iklan dengan preferensi masing-masing pelanggan. Dengan demikian, pesan yang disampaikan diharapkan lebih bermakna dan tidak mengganggu pengalaman menonton.

    Sementara Arief Pradetya selaku VP Digital Advertising, Wholesale, and Interconnect Telkomsel menegaskan bahwa perusahaan berkomitmen menghadirkan solusi digital advertising yang inovatif dan unggul, yang dapat membantu brand memaksimalkan efektivitas kampanye pemasaran berbasis data yang relevan dan berdampak.

    “Kolaborasi ini menjadi salah satu upaya kami dalam meningkatkan relevansi iklan bagi advertiser sekaligus menambah nilai bagi pengalaman menonton pelanggan IndiHome dan Vidio,” ia menambahkan.

     

  • 5 Kontak Pengaduan IndiHome untuk Lapor Gangguan Internet

    5 Kontak Pengaduan IndiHome untuk Lapor Gangguan Internet

    Jakarta

    IndiHome termasuk salah satu provider internet atau WiFi rumah di Tanah Air. Jaringannya sudah tersebar di berbagai wilayah dengan internet yang cukup stabil.

    Namun ada kalanya, jaringan IndiHome mengalami gangguan sehingga koneksi internetnya lelet. Jika mengalami demikian, pelanggan dapat melaporkannya melalui kontak dan nomor pengaduan IndiHome, termasuk kendala lain. Simak kontaknya di bawah ini.

    Kontak Pengaduan IndiHome untuk Lapor Gangguan Layanan

    Sejak 1 Juli 2023, layanan IndiHome bergabung dengan Telkomsel. Sehingga terdapat kontak pengaduan IndiHome sebelumnya yang kini telah dialihkan.

    Dilansir situs Telkomsel, berikut contact center dan nomor resmi IndiHome terbaru untuk lapor atau lakukan pengaduan terkait layanannya:

    Nomor WhatsApp IndiHome

    Pengaduan dapat dilakukan melalui layanan WhatsApp IndiHome Care di nomor 0811-6147-147. Pastikan kontaknya resmi dengan logo checklist biru. Mulai tulis dan kirim pesan kendala yang ingin dilaporkan dan ikuti petunjuk yang diarahkan.

    Call Center IndiHome

    Layanan Call Center IndiHome 147 sudah dinonaktifkan sepenuhnya per 1 Februari 2025. Kini layanan call center IndiHome beralih ke 188.

    Pelanggan dapat menghubungi Call Center 188 untuk mengadukan gangguan hingga saat membutuhkan informasi terkait layanan IndiHome.

    Aplikasi IndiHome

    Aplikasi MyIndiHome telah dinonaktifkan. Per 1 Desember 2024, layanan IndiHome hadir sepenuhnya dan bisa diakses melalui aplikasi MyTelkomsel dengan menggunakan smartphone Android maupun iOS.

    Lewat MyTelkomsel, pelanggan dapat mengecek penggunaan data, pembayaran tagihan, transaksi, dan akses informasi seputar IndiHome lainnya.

    Email IndiHome

    Email IndiHome Care sebelumnya di customercare@telkom.co.id telah dialihkan ke alamat baru. Sekarang layanan IndiHome Care dapat diakses melalui email cs@telkomsel.com.

    Media Sosial IndiHome

    Gangguan layanan IndiHome juga dapat diadukan melalui akun media sosialnya. Pelanggan dapat mengirimkan pesan atau direct messages (DM) melalui:

    X: @IndiHomecareInstagram: @indihomecareFacebook: IndiHome Care

    Kendala dan gangguan layanan IndiHome lain seperti TV interaktif dan telepon rumah juga dapat dilaporkan melalui kontak dan nomor pengaduan resmi di atas.

    (azn/row)

  • DigiAds Telkomsel Prediksi Aktivitas Digital Meningkat 78% saat Sahur

    DigiAds Telkomsel Prediksi Aktivitas Digital Meningkat 78% saat Sahur

    Bisnis.com, JAKARTA – Aktivitas digital masyarakat diprediksi meningkat 78% saat jam sahur ketiga Ramadan. Hal ini terungkap dalam Studi terbaru terbitan PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel)  bertajuk DigiAds Ramadan Insight 2025.

    VP Digital Advertising, Wholesale, and Interconnect Telkomsel, Arief Pradetya, menyatakan, peningkatan juga terjadi sebesar 4% pada waktu setelah tarawih, yang mana aplikasi fintech, perbankan, dan video streaming menjadi favorit konsumen.

    Studi itu juga mengungkapkan sebanyak 69% konsumen lebih memilih berbelanja offline, sedangkan intensitas belanja online dikatakan memuncak pada pekan terakhir ramadan di kota-kota besar.

    “Tunai menjadi metode pembayaran utama sebanyak 50%, diikuti oleh QRIS 30%. Sementara itu, metode e-wallet dan online transfer mulai menarik perhatian,” kata Arief dalam siaran pers, Kamis (13/2/2025).

    Selain itu, mobilitas masyarakat diprediksi naik signifikan, terutama ke wilayah seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Sumatra Utara.

    Arief pun menyarankan kepada pelaku bisnis untuk responsive terhadap perkiraan situasi ini. Menurut dia, ada beberapa langkah yang bisa diambil untuk mengoptimalkan geliat bisnis pada periode tersebut.

    Pertama, memanfaatkan data berbasis umpan balik untuk memahami kebutuhan dan preferensi audiens. Kedua, memaksimalkan jangkauan melalui inventori premium di platform digital. Ketiga, menghadirkan konten yang relevan, interaktif, dan dinamis seperti kuis atau promosi eksklusif Ramadan.

    Konsumsi media seperti TV dan video streaming juga meningkat tajam saat sahur dan menjelang berbuka, menciptakan peluang strategis untuk meningkatkan keterlibatan konsumen melalui konten kreatif yang otentik.

    “Dengan analisis ini, kami berharap para pelaku usaha dapat merancang strategi pemasaran yang tepat sasaran, meningkatkan efektivitas iklan digital, dan membuka peluang baru yang signifikan di pasar selama periode ramadan,” kata Arief.

    Sekadar informasi, secara keseluruhan DigiAds Ramadan Insight 2025 menunjukkan bahwa Ramadan adalah momen strategis bagi bisnis untuk meningkatkan relevansi dan dampak kampanye pemasaran.

    Adapun whitepaper ini memanfaatkan telco insights dari Telkomsel DigiAds untuk memberikan analisis yang lebih komprehensif dan akurat. 

  • TLKM Secara Bertahap Pangkas Rasio Capex Hingga 2028

    TLKM Secara Bertahap Pangkas Rasio Capex Hingga 2028

    Jakarta, FORTUNE – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) berencana mengurangi rasio belanja modal atau capital expenditure (capex) secara bertahap terhadap pendapatan menjadi 17-19 persen hingga 2028.

    Dalam risetnya, analis Mirae Asset, Daniel Widjaja, menyatakan penurunan tersebut diharapkan dapat menjadi salah satu efisiensi beban keuangan perseroan dalam jangka panjang. 

    Sementara itu, pada 2025 Telkomsel membidik pertambahan 800.000-1 juta pelanggan fixed broadband (FBB) sehingga total pengguna dapat menyentuh 10 juta.

    Hal ini menegaskan posisi Telkomsel sebagai pemimpin pasar pada pasar FBB, mempertahankan 70-75 persen pangsa pasar dan beroperasi di 450-500 kota.

    Manajemen TLKM menegaskan komitmennya mendorong industri menuju profitabilitas yang lebih baik dengan menerapkan strategi selektif setiap segmen.

    Perusahaan itu secara bertahap menaikkan harga sambil menerapkan penyesuaian sisi penawaran untuk mempertahankan keterjangkauan dan stabilitas pasar. Telkomsel juga akan menargetkan pertumbuhan pelanggan premium untuk mempertahankan ARPU (average revenue per user) sekitar Rp240.000.

    “Telkomsel bermaksud menaikkan tarif sambil menjaga agar paket perdana tetap terjangkau, dengan pertumbuhan ARPU diharapkan mengikuti inflasi. Pertumbuhan akan didorong oleh pelanggan yang sudah ada, khususnya pengguna bernilai tinggi yang kurang sensitif terhadap harga. Sementara konsumsi data per pengguna meningkat dan tren lalu lintas tetap positif, biaya pemasaran dan penjualan yang stabil dapat diimbangi oleh penurunan margin pada [tahun buku 2024] karena program pensiun dini,” demikian Daniel dalam risetnya, Kamis (13/2).

    Perusahaan menilai lelang spektrum 1,4GHz untuk efektivitas biaya dan manfaat jangka panjang sambil mengeksplorasi fixed wireless access (FWA) untuk mengoptimalkan ekspansi. Pengalihan bisnis home broadband di bawah Telkomsel bertujuan meningkatkan skalabilitas dan efisiensi.

    Pada penutupan perdagangan hari ini (13/2), TLKM ditutup melemah 60 poin (2,42 persen) menuju level 2.420 dengan volume perdagangan yang mencapai 2,19 juta saham dan nilai transaksi Rp519,43 miliar.

  • Film Garapan MAXStream Studios Siap Tayang di Festival Film Berlin 2025

    Film Garapan MAXStream Studios Siap Tayang di Festival Film Berlin 2025

    Jakarta

    Telkomsel melalui MAXStream Studios mengumumkan film pendek Little Rebels Cinema Club yang disutradarai Khozy Rizal. Film ini terpilih untuk tayang perdana secara internasional sekaligus berkompetisi di ajang Festival Film Internasional Berlin 2025.

    Film berdurasi 17 menit ini merupakan salah satu produk hasil program Secinta Itu Sama Sinema (SISS) yang digagas oleh MAXStream Studios.

    “Telkomsel melalui MAXStream Studios terus berkomitmen untuk mendukung perkembangan ekosistem perfilman yang inklusif dan berkelanjutan. Terpilihnya Little Rebels Cinema Club di festival film bergengsi ini merupakan peluang untuk memperkenalkan kreativitas sineas muda Indonesia ke audiens global,” ujar Vice President Digital Lifestyle Telkomsel & Produser Eksekutif Film Little Rebels Cinema Club, Lesley Simpson dalam keterangan tertulis, Kamis (13/2/2025).

    Lesley menerangkan keberhasilan ini sekaligus menunjukkan komitmen Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi pertama di Indonesia yang berkomitmen mendukung industri perfilman nasional ke kancah panggung internasional. Selain itu pihaknya membuka semua peluang dalam menciptakan ekosistem perfilman yang inklusif dan berkelanjutan bagi sineas muda Indonesia.

    Berlatar di tahun 2008, film ini menceritakan kisah Doddy, seorang bocah 14 tahun yang mereplikasi adegan film zombie bersama sahabatnya menggunakan handycam milik kakaknya, Anji, seorang remaja dengan emosi yang kompleks. Melihat Little Rebels Cinema Club yang sebelumnya telah berhasil tayang di JAFF 2024 dan akan tayang perdana internasional di Festival Film Internasional Berlin 2025, hal ini menjadi bentuk kontribusi nyata MAXStream Studios dalam mendukung karya lokal untuk bersaing di tingkat internasional.

    Populer dengan sebutan Berlinale, Festival Film Internasional Berlin adalah salah satu festival film bergengsi di dunia dan berlangsung setiap tahun di Berlin, Jerman. Penyelenggaraan Festival yang ke-75 kali ini diadakan pada 13-23 Februari 2025 dan terdiri dari beberapa kategori.

    Salah satu kategori perlombaan pada Berlinale 2025 adalah Generation Kplus yang terdiri dari 10 film pendek bertemakan anak, termasuk Little Rebels Cinema Club dari Indonesia. Perlombaan pada kategori ini memiliki juri khusus yang berusia seumuran dengan target audiens, dengan rentang umur 11-14 tahun, sehingga memberikan perspektif segar dan relevan terhadap cerita yang ditampilkan.

    Sutradara Film Little Rebels Cinema Club, Khozy Rizal mengungkapkan pihaknya mengapresiasi MAXStream Studios yang telah mendukung film Little Rebels Cinema Club hingga dapat berlaga di festival film internasional terkemuka. Film ini mencerminkan perjuangan tokoh protagonis cilik dalam menghadapi tantangan kehidupan.

    “Meski menunjukkan realita kehidupan yang berat, Little Rebels Cinema Club mencoba membungkus alurnya dengan penuh kehangatan sehingga penonton dapat memaknai kehidupan dengan harapan dan cinta. Kami optimis dewan juri akan terpikat oleh pengalaman audio-visual yang menyentuh dan bermakna ini,” kata Khozy.

    MAXStream Studios sendiri merupakan rumah produksi yang telah melahirkan film dan serial dengan platform penayangan utama pada MAXstream, IndiHomeTV (Channel AllPlay Entertainment, AllPlay Sports, Fun Planet) & MyTelkomsel. MAXStream Studios telah memproduksi sebanyak 130 judul konten film dan series yang dapat dinikmati di berbagai kanal penayangan, mulai dari bioskop, platform Over-the-Top (OTT), hingga Free-to-Air (FTA). Informasi lengkap mengenai Festival Film Internasional Berlin 2025 dapat diakses di berlinale.de, dan terkait MAXStreamStudios dapat diakses pada akun media sosial @maxstream.tv serta website maxstream.tv.

    (prf/ega)

  • Keterampilan yang Wajib Kamu Kuasai di Dunia Kerja

    Keterampilan yang Wajib Kamu Kuasai di Dunia Kerja

    Jakarta: Di dunia profesional, punya keterampilan yang mumpuni bukan cuma soal keahlian teknis. 
     
    Selain hard skills yang bisa diukur dan diajarkan, ada juga soft skills yang berperan besar dalam kesuksesan karier. 
     
    Tapi, apa sebenarnya perbedaan antara keduanya, dan kenapa kamu harus menguasai keduanya agar bisa sukses di tempat kerja?

    Apa itu hard skills?
    Merangkum dari laman Telkomsel, hard skills adalah keterampilan teknis yang bisa diukur, diajarkan, dan biasanya diperoleh melalui pendidikan atau pelatihan. 

    Keterampilan ini spesifik untuk pekerjaan tertentu dan sering kali menjadi syarat utama dalam proses rekrutmen.
     
    Contoh hard skills yang banyak dicari:
     
    Keahlian teknis – Misalnya coding, desain grafis, analisis data, atau penggunaan software khusus.
    Kemampuan menggunakan alat atau mesin – Seperti penggunaan peralatan medis, alat laboratorium, atau mesin produksi.
    Bahasa asing – Menguasai lebih dari satu bahasa bisa jadi nilai tambah besar di dunia kerja.
     
    Hard skills bisa diukur dengan sertifikasi, tes, atau demonstrasi kemampuan. Namun, menguasai hard skills saja tidak cukup kalau kamu ingin berkembang di dunia kerja.
     

    Apa itu soft skills?
    Sementara itu, soft skills lebih berkaitan dengan cara kamu berinteraksi dengan orang lain dan mengelola pekerjaan sehari-hari. 
     
    Keterampilan ini sulit diukur secara kuantitatif, tetapi sangat berpengaruh dalam membangun hubungan profesional dan menyelesaikan masalah di tempat kerja.
     
    Soft skills yang wajib dimiliki:
     
    Komunikasi – Mampu menyampaikan ide dengan jelas, mendengarkan dengan baik, dan menulis secara efektif.
    Manajemen waktu – Bisa mengatur prioritas, bekerja dengan deadline, dan tetap produktif.
    Kolaborasi – Mampu bekerja sama dalam tim dan menyelesaikan konflik dengan baik.
    Kepemimpinan – Bisa mengambil inisiatif, menginspirasi orang lain, dan mengarahkan tim ke tujuan yang jelas.
     
    Soft skills ini sering kali menjadi pembeda antara karyawan yang sukses dan yang biasa saja. Banyak perusahaan sekarang lebih mempertimbangkan soft skills dalam rekrutmen karena mereka mencari seseorang yang tidak hanya pintar secara teknis tetapi juga bisa bekerja dalam tim dan beradaptasi dengan lingkungan kerja yang dinamis.
    Soft Skills vs Hard Skills, mana yang lebih penting?
    Banyak orang menganggap hard skills adalah faktor utama dalam mendapatkan pekerjaan, tetapi soft skilsl adalah kunci untuk berkembang dalam karier jangka panjang. 
     
    Hard skills bisa membawamu ke meja wawancara, tetapi soft skills yang menentukan apakah kamu bisa bertahan dan berkembang.
     
    Misalnya, seorang desainer grafis mungkin memiliki keterampilan teknis luar biasa, tetapi jika ia tidak bisa bekerja sama dengan klien atau menerima feedback dengan baik, maka hasil pekerjaannya mungkin tidak sesuai dengan harapan.

    Cara mengembangkan soft skills dan hard skills secara seimbang

    Ikuti pelatihan dan kursus online – Banyak platform menyediakan kursus untuk meningkatkan keahlian teknis dan interpersonal.
    Praktikkan langsung di tempat kerja – Gunakan setiap kesempatan untuk mengasah keterampilan komunikasi, manajemen waktu, atau kepemimpinan.
    Minta feedback dari rekan kerja dan atasan – Cara terbaik untuk meningkatkan soft skill adalah dengan mendapatkan umpan balik dan memperbaiki kekurangan.
    Bergabung dalam komunitas atau proyek kolaboratif _ Ini bisa membantumu membangun jaringan dan mengembangkan keterampilan interpersonal secara langsung.

    Menguasai kombinasi hard skills dan soft skills adalah kunci untuk sukses di dunia kerja. Hard skills akan membantumu memenuhi kualifikasi pekerjaan, tetapi soft skills yang akan membantumu berkembang dan naik ke level berikutnya.
     
    Jadi, mulai sekarang, jangan hanya fokus belajar keterampilan teknis saja. Latih juga keterampilan interpersonal dan kepemimpinanmu agar bisa sukses di dunia kerja yang semakin kompetitif! 
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • Telkomsel Pastikan Internet Lancar Saat Cap Go Meh di Singkawang-Pontianak

    Telkomsel Pastikan Internet Lancar Saat Cap Go Meh di Singkawang-Pontianak

    Jakarta

    Telkomsel menyediakan jaringan dan layanan broadband untuk mendukung kelancaran puncak perayaan Cap Go Meh di kota Singkawang dan kota Pontianak, Kalimantan Barat. Telkomsel menghadirkan 2 unit Compact Mobile BTS (COMBAT), 21 unit iMacro, 4 unit massive MIMO, tambahan 5 BTS 4G baru, serta pengoptimalan jaringan 4G di 180 existing site.

    Vice President Area Network Operations Pamasuka Telkomsel, Aris Setyo Utomo, menyampaikan bahwa Telkomsel berkomitmen dalam mendukung kesuksesan Cap Go Meh serta memprioritaskan kualitas jaringan demi kenyamanan pelanggan dan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

    “Telkomsel berkomitmen mendukung kesuksesan Cap Go Meh di Singkawang dan Pontianak dengan memastikan optimalisasi jaringan broadband serta ketersediaan produk dan layanan unggulan. Kami memprioritaskan kualitas jaringan demi kenyamanan pelanggan dan wisatawan lokal maupun mancanegara dalam menikmati akses komunikasi yang lancar, sehingga turut memperkuat citra pariwisata Indonesia di tingkat global,” ucap Aris Setyo Utomo dalam keterangannya, Rabu (12/2/2025).

    Telkomsel juga telah melakukan upaya penguatan dan optimalisasi kapasitas, serta kualitas jaringan di seluruh venue utama dan pendukung acara, seperti Kantor Wali Kota Singkawang, Panggung Kehormatan, Stadion Kridasana, Bandara Pangmilang, Altar, Pekong Tua, Vihara Thai Pak Kung, lokasi bazar kuliner, rute pawai, dan beberapa tempat penginapan di kota Singkawang.

    Upaya tersebut juga dilakukan di Jalan Diponegoro dan Gajah Mada Pontianak, Bandara Supadio, serta beberapa tempat penginapan di Kota Pontianak dan area strategis lainnya di kota Singkawang dan Pontianak.

    Dari sisi produk, Telkomsel menghadirkan Paket Spesial Cap Go Meh mulai tanggal 5 hingga 13 Februari 2025 dengan kuota 8 GB hanya 8 ribu rupiah yang berlaku selama 8 hari khusus bagi pelanggan Prabayar Telkomsel dengan kriteria tertentu. Adapun pembeliannya dilakukan di kota Singkawang.

    Pelanggan hanya dapat melakukan pembelian sebanyak satu kali melalui *363*50# dan aplikasi MyTelkomsel dengan jumlah transaksi pelanggan terbatas setiap harinya.

    Aris berharap dukungan Telkomsel mampu menyukseskan perayaan Cap Go Meh dan mendorong ekosistem digital guna meningkatkan industri pariwisata di Kalimantan Barat, karena termasuk salah satu agenda kalender event nasional Karisma Event Nusantara (KEN) tahun 2025 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

    Hal tersebut bertujuan untuk mempromosikan destinasi pariwisata dan ekonomi kreatif, meningkatkan kunjungan wisatawan, pemberdayaan potensi lokal, serta memberikan dampak positif terhadap ekonomi, sosial budaya, dan lingkungan dengan prinsip pembangunan yang berkelanjutan.

    “Kami berharap dukungan Telkomsel dapat menyukseskan perayaan ini serta mendorong ekosistem digital guna meningkatkan industri pariwisata di Kalimantan Barat secara khusus dan memperkuat ekosistem digital dan pariwisata nasional,” pungkasnya.

    (prf/ega)