BUMN: PT Telekomunikasi Selular

  • Komdigi Tegaskan Diskon 50% Paket Internet Wujud Sinergi, Bukan Kewajiban

    Komdigi Tegaskan Diskon 50% Paket Internet Wujud Sinergi, Bukan Kewajiban

    Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) menyebut diskon tarif paket internet hingga 50% saat Lebaran 2025 merupakan sinergi antara pemerintah dan operator seluler.

    Direktur Jenderal Infrastruktur Digital Komdigi Wayan Toni Supriyanto mengatakan bahwa tidak ada kewajiban bagi operator seluler untuk mengikuti kebijakan ini, karena bentuknya adalah sinergi.

    “Tanpa diwajibkan kita sudah sinergi,” kata Wayan kepada Bisnis, Senin (24/3/2025),

    Lebih lanjut, Wayan menuturkan adanya diskon paket internet 50% merupakan cara yang dilakukan Komdigi dan operator seluler untuk mendukung mudik Lebaran 2025.

    “Ini (diskon paket internet 50%) adalah bentuk sinergitas atas komdigi dan opsel dalam mendukung program pemerintah mudik lebaran,” ujarnya.

    Diketahui, Pemerintah bersama penyelenggara layanan telekomunikasi seluler menghadirkan diskon tarif paket internet hingga 50% serta memastikan jaringan tetap stabil sepanjang periode mudik lebaran dan Nyepi 2025.

    Menteri Komunikasi dan Digital Meutya Hafid bersama operator layanan seluler memastikan masyarakat tetap terhubung dengan keluarga tanpa hambatan.

    Meutya Hafid menyatakan Pemerintah bersama operator seluler telah bersepakat menyediakan Paket Ramadan-Lebaran dengan harga lebih terjangkau selama satu bulan penuh bagi pelanggan prabayar maupun pascabayar.

    “Presiden ingin agar mudik ini bisa berjalan dengan aman, menyenangkan dan masyarakat dibantu,” jelasnya.

    Menurut Meutya Hafid sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah, operator telekomunikasi seluler telah menyiapkan berbagai paket khusus yang memberikan keuntungan lebih besar dibandingkan paket reguler. 

    Paket ini mencakup diskon besar untuk kuota data, bonus telepon, serta dukungan layanan pelanggan selama periode mudik.

    Berikut daftar promo ramadan dan lebaran dari operator seluler:

    1.⁠ ⁠Telkomsel

    Telkomsel menghadirkan berbagai produk dan solusi digital yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pelanggan selama RAFI. 

    Ragam promo dihadirkan Telkomsel, seperti Paket Internet Mudik Seru. Paket ini dibanderol dengan harga Rp50.000 dengan kuota 20GB/7 hari dan dapat diaktifkan hingga 7 April 2025.

    Selain itu, Telkomsel juga memberikan diskon bagi pelanggan yang masih bekerja hingga sahur denga meluncurkan Paket Serba Lima Ribu Sahur.

    Paket ini memiliki kuota 15GB seharga Rp5.000 dan masih ada lagi penawaran kouta lainnya sepanjang Ramadan pukul 23.00 – 07.00 WIB.

    Selain itu, tersedia promo menarik seperti IndiHome Promo 12+1 dengan gratis 1 bulan setelah berlangganan setahun, Special THR Promoberupa potongan biaya pengiriman, dan tambahan kuota melalui Telkomsel One More Quota untuk paket keluarga.

    Paket Indosat, XL, dan Smartfren …

  • Diskon 50% Paket Telkomsel, Indosat, XL, dan Smartfren Ramadan-Lebaran 2025

    Diskon 50% Paket Telkomsel, Indosat, XL, dan Smartfren Ramadan-Lebaran 2025

    Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) bersama Telkomsel, Indosat, XL Axiata, dan Smartfren  menghadirkan diskon paket internet hingga 50% selama Ramadan dan Lebaran 2025.

    Menteri Komunikasi dan Digital Meutya Hafid bersama operator seluler telah bersepakat menyediakan Paket Ramadan-Lebaran dengan harga lebih terjangkau selama satu bulan penuh bagi pelanggan prabayar maupun pascabayar.

    “Presiden ingin agar mudik ini bisa berjalan dengan aman, menyenangkan dan masyarakat dibantu,” kata Meutya dikutip, Senin (24/3/2025).

    Berikut daftar promo Ramadan dan lebaran dari operator seluler:

    1. Telkomsel

    Ragam promo dihadirkan Telkomsel, seperti Telkomsel Halo Special Ramadhan Benefit menawarkan voucher gratis untuk pelanggan baru atau peningkatan layanan, sementara Mudik Hepi memungkinkan pelanggan menukarkan Telkomsel POIN untuk mendapatkan tiket mudik. 

    By.U x Vision+ paket spesial bekerja sama dengan Vision+ untuk mendukung Timnas, dan penawaran Flash Sales bertema Ramadan. Terdapat pula cashback hingga 90% melalui Dunia Games Ramadhan untuk pembelian diamond game, serta paket video eksklusif untuk Netflix, YouTube Premium, dan Flex TV. 

    Melalui aplikasi MyTelkomsel, pelanggan dapat mengakses Ramadhan Corner untuk pengingat ibadah, pengiriman parsel & takjil, serta flash deal, sementara program MyTelkomsel Berkah Ramadhan menawarkan takjil gratis di Indomaret dan cashback hingga Rp150.000.

    2. Indosat 

    Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) melalui brand IM3 menghadirkan paket spesial saat Ramadan 2025. Paket tersebut adalah, Paket Spesial Ramadan 150GB per 30 hari seharga Rp129.000 dengan pembagian kuota 5GB per hari.

    Selain paket 150GB per 30 hari seharga Rp129.000, Nicholas menyampaikan bahwa pihaknya juga memiliki dua paket lainnya dengan total kuota 30 GB dan 60 GB.

    Tidak hanya itu, terdapat juga paket dengan kuota sebanyak 300 GB. Kuota tersebut terbagi menjadi 150 GB kuota 24 jam dan 150 GB lainnya adalah kuota midnight dari jam 01.00-06.00.

    Adapun melihat dari aplikasi MyIM3 untuk paketan dengan kuota 60 GB per 30 hari dibanderol dengan harga Rp99.000 dan untuk paket 300 GB dibanderol dengan harga Rp150.000. 

    3. XL

    XL Axiata juga mempersiapkan beragam promo menarik khusus untuk pelanggan AXIS, XL Prabayar, XL PRIORITAS, XL Satu, dan XL Axiata Business Solution. 

    Beragam promo ini bisa didapatkan mulai 27 Februari hingga 15 April 2025 melalui aplikasi myXL, AXISNet.

    Dalam menyambut dan meramaikan Ramadan tahun ini, XL hadir dengan berbagai penawaran spesial melalui program promo Ramadan Deals di Aplikasi myXL. Harga yang dibanderol mulai dari Rp27.000.

    Selain itu, XL juga memberikan diskon 50% untuk pembelian di XL store. Penawaran spesial ini bisa dinikmati semua pengguna XL selama periode 1 Maret 2025 sampai dengan 2 April 2025.

    4. Smartfren

    Menyambut momen Ramadan dan Idul Fitri 1446 H, Smartfren menyelenggarakan program #RamadanPenuhBerkah

    Program ini membuat pelanggan Smartfren bisa menikmati diskon kuota untuk setiap pembelian Kuota Besar, antara lain Kuota 500 GB seharga Rp500.000 menjadi Rp250.000; Kuota 300 GB seharga Rp300.000 menjadi Rp225.000; serta Kuota 200 GB seharga Rp200.000 menjadi Rp180.000. 

    Selama Ramadan, pelanggan bisa sahur sambil menikmati internet terbaik Smartfren dengan harga spesial, yaitu Kuota Sahur 12 GB dari seharga Rp11.000 menjadi Rp5.500. Diskon ini bisa dinikmati oleh seluruh pelanggan Smartfren dengan cara sangat mudah, cukup melakukan pembelian paket internet Kuota Besar tersebut langsung melalui aplikasi MySmartfren.

  • Indonesia Ekspansi Industri Konten ke Pasar Global di Hong Kong FILMART 2025 – Halaman all

    Indonesia Ekspansi Industri Konten ke Pasar Global di Hong Kong FILMART 2025 – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Industri konten Indonesia menjajaki ekspansi pasar ke market internasional dengan berpartisipasi membuka Indonesia Pavilion di Hong Kong International Film and TV Market (HK FILMART) 2025.

    HK FILMART 2025 merupakan pameran konten terbesar di Asia yang berlangsung pada 17-20 Maret 2025.

    Kehadiran Indonesia Pavilion di ajang ini diwakili oleh MetraMediaHub, salah satu unit bisnis TelkomMetra yang merupakan anak usaha PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom) dengan dukungan Kementerian Kebudayaan.

    Strategi ini diharapkan bisa memperkenalkan konten Indonesia secara berkelanjutan dan mengundang investor guna memperkuat industri film dan konten nasional.

    Hong Kong FILMART 2025 diinisiasi oleh Dewan Pengembangan Perdagangan Hong Kong (HKTDC), berlangsung di the Hong Kong Convention and Exhibition Centre pada 17–20 Maret 2025.

    Event ini melibatkan lebih dari 7.500 praktisi industri dari produksi, distribusi, agen penjualan, penyedia layanan, dan investor serta 700 peserta pameran dari 50 negara dan kawasan untuk membangun jaringan dan mengembangkan peluang kerja sama di bidang konten kreatif. 

    Direktur Utama TelkomMetra Pramasaleh Haryo Utomo mengatakan, keikutsertaan MetraMediaHub di ajang ini bertujuan untuk mendukung para pembuat konten, pelaku bisnis, dan pembuat kebijakan Indonesia dengan pengetahuan dan strategi untuk berkembang secara internasional, memastikan bahwa produk kreatif lokal dapat bersaing dan berkembang di pasar global.

    “Kami ingin membangun ekosistem industri konten Indonesia yang berdaya saing internasional. Hong Kong FILMART 2025 adalah platform strategis untuk memperkuat kerja sama dengan pelaku industri global dan memperluas jaringan bisnis,” kata Pramasaleh dikutip Senin, 24 Maret 2025.

    Group Head of Strategic Business Unit MetraMediaHub, Iin Kusumastiwi, mengungkapkan, kehadiran Indonesia Pavilion di ajang Hong Kong FILMART 2025 diharapkan dapat menjadi pintu gerbang dalam memperkuat kerja sama dengan pemilik atau  pembuat konten dengan pemangku kebijakan bisnis ekosistem konten Indonesia. 

    “Hong Kong FILMART 2025 juga diharapkan menjadi sebuah wadah untuk menjajaki peluang bisnis baru untuk mendukung pertumbuhan bisnis konten di Indonesia serta ekspansi industri kreatif ke pasar internasional.”

    “MetraMediaHub sebagai Content Aggregation & Distribution Platform, berkomitmen untuk terus mendukung upaya ini melalui platform agnostik yang memungkinkan seluruh pelaku industri film dan pembuat konten menjangkau pasar global,” ujar Iin.

    Di Indonesia Pavilion, MetraMediaHub menghadirkan 14 exhibitor dari Production House, Asosiasi, dan pemilik konten terkemuka di Indonesia.

    Ke-14 exhibitor tersebut adalah Jakarta Film Week, KawanKawan Media, Adhya Pictures, Maxstream Studios, MNC Contents, MVP Pictures, Gambar Gerak Film, Metamora, Picklock Films, MD Entertainment, 13 Entertainment, Visinema, Unlimited Production, dan Paragon Pictures. 

    Film Indonesia di Festival Internasional

    Kehadiran Indonesia Pavilion di ajang ini juga untuk menghadiri dua agenda penting, yakni Business Meeting & Networking dan seminar.

    Agenda Business Meeting & Networking yang berlangsung 17-20 Maret 2025 memfasilitasi pertemuan antara exhibitor dengan calon investor dan mitra produksi. Fokus utamanya ada pada penjualan konten siap edar (canned content) serta pengembangan proyek baru melalui kolaborasi investasi dan co-production.

    Pada sesi seminar yang berlangsung pada 19 Maret 2025, Indonesia Pavilion mengangkat tema “Boosting Connection: Indonesia’s BioCultural Diversity Fuels Creative Global Partnerships” dengan sejumlah pembicara dari dalam dan luar negeri. 

    Menteri Kebudayaan Fadli Zon mengungkapkan, Indonesia tampil menjadi kekuatan baru dan memasuki masa keemasan di industri film. Hal ini terlihat dari pencapaian perfilman Indonesia di tahun 2024 yang mampu menarik lebih dari 81 juta penonton. 

    “Angka ini (81 juta penonton) melampaui jumlah penonton film asing di bioskop Indonesia. Ini bukti bahwa industri kita semakin kuat,” kata Fadli Zon. 

    Sepanjang 2024, lebih dari 200 film Indonesia berhasil dirilis dan sebagian di antaranya telah diakui secara internasional. “Dua tahun terakhir, 36 film Indonesia diputar di festival-festival bergengsi seperti Venice, Berlinale, Tokyo, Rotterdam, dan Busan,” ujarnya. 

    Salah satu film produksi Maxstream Studios dari Telkomsel Indonesia, Little Rebels Cinema Club yang diputar perdana di Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) pada Desember 2024 berhasil membuat debut internasional di 75th Berlin International Film Festival (Berlinale). 

    Selain itu, tiga film Indonesia terpilih untuk mengikuti Hong Kong Asia Film Financing Forum (HAF) 2025 dan HKIFF Industry Project Market2025, yaitu Pangku (On Your Lap) dan 2 project dari Jakarta Film Week yaitu First Breath After Coma  dan Fly. (tribunnews/fin)

  • Poltek Harber dan Telkomsel Jalin MoU, Salurkan Beasiswa untuk Mahasiswa

    Poltek Harber dan Telkomsel Jalin MoU, Salurkan Beasiswa untuk Mahasiswa

    TRIBUNJATENG.COM, TEGAL – Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) terus berupaya memberikan dukungan terbaik bagi mahasiswa dalam meraih pendidikan berkualitas.

    Hal ini dibuktikan dengan adanya penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Poltek Harber dan PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) di Aula Kampus Poltek Harber pada Kamis, (20/3/2025).

    Selain penandatanganan MoU, Telkomsel juga menyerahkan beasiswa bagi mahasiswa.

    Beasiswa Telkomsel ini merupakan program poin dari pelanggan yang sudah terkumpul melalui platform Kitabisa.com, dan kemudian disalurkan kepada mahasiswa yang kurang mampu dan berprestasi.

    Manager Mobile Consumer Branch Pekalongan PT Telkomsel, Makmur Lumban Tobing, menjelaskan bahwa Telkomsel memiliki program penggalangan dana melalui Telkomsel Poin, yang memungkinkan pelanggan untuk menukarkan poin mereka menjadi donasi bagi berbagai sektor, termasuk pendidikan.

    “Kami bekerja sama dengan Kitabisa.com dalam menggalang dana, dan salah satu yang kami dukung adalah sektor pendidikan.

    Poltek Harber kami lihat sebagai salah satu politeknik terbaik dengan keseriusan dalam membangun pendidikan, sehingga kami merasa perlu berkontribusi di sini,” ungkapnya.

    Dalam program ini, ada tujuh mahasiswa Poltek Harber yang menerima beasiswa berupa bantuan Uang Kuliah selama 1 semester kedepan.

    Beasiswa ini diharapkan dapat memberikan motivasi bagi mahasiswa agar semakin bersemangat dalam menempuh pendidikan tinggi.

    Wakil Direktur Bidang IV Humas dan Kerjasama, Ginanjar Wiro Sasmito, menyampaikan apresiasinya terhadap Telkomsel atas kepeduliannya dalam dunia pendidikan.

    “Pendidikan merupakan salah satu cara untuk meningkatkan harkat dan martabat bangsa.

    Kami terus berupaya menjalin kemitraan dengan berbagai pihak agar dapat memberikan dukungan lebih bagi mahasiswa.

    Terima kasih kepada Telkomsel yang telah berkontribusi dalam pengembangan pendidikan di Poltek Harber,” ujarnya.

    Acara ini ditutup dengan penyerahan secara simbolis beasiswa Telkomsel Poin kepada tujuh mahasiswa penerima, yang dilakukan oleh pihak Telkomsel dan Kitabisa.com.

    Diharapkan program ini dapat menjadi awal dari kolaborasi yang lebih luas dalam mendukung kemajuan pendidikan di Poltek Harber.

  • 7 Modus Penipuan WhatsApp yang Wajib Diwaspadai

    7 Modus Penipuan WhatsApp yang Wajib Diwaspadai

    Daftar Isi

    Jakarta, CNBC Indonesia – WhatsApp telah menjadi aplikasi perpesanan yang ada di hampir semua ponsel pintar masyarakat Indonesia. Sayangnya banyak modus penipuan juga terjadi dengan memanfaatkan platform pesan singkat seperti WhatsApp. Para penipu berusaha untuk mendapatkan data korbannya jadi bisa menguras isi rekening mereka.

    Anda perlu mempelajari sejumlah modus penipuan tersebut agar tidak menjadi korban. Berikut informasinya:

    1. Pura-pura Jadi Kurir Pengiriman Barang

    Salah satu penipuan yang viral beberapa tahun lalu adalah pesan WA yang berpura-pura menjadi kurir pengiriman barang. Chat yang dikirimkan pelaku berisi sebuah file berbentuk apk berjudul Lihat Foto Paket.

    Jika pengguna mengkliknya, maka data korban akan diambil. Dengan modal tersebut, pelaku bisa mengantungi akses akun perbankan milik korban.

    2. Modus Undangan Nikah

    Pesan WA penipuan lainnya adalah chat undangan pernikahan dengan tambahan file apk yang diberi nama Surat Undangan Pernikahan Digital berukuran 6,6 mb.

    Para penipu akan berupaya untuk mengajak calon korbannya membuka file apk itu segera. Mereka merayu korban untuk mengecek kebenaran file yang dikirimkan.

    3. Surat Tilang Palsu

    Modusnya hampir sama dengan dua modus lainnya. Pelaku penipuan akan mengirimkan file apk dan meminta korban membukanya.

    4. Catut MyTelkomsel

    Sebuah modus penipuan juga terungkap mencatat MyTelkomsel, aplikasi Telkomsel untuk membeli sejumlah layanan. Para penipu menggunakan nama itu dan meminta mengunduhnya file yang dikirimkan.

    Korban akan diminta memberikan izin akses ke sejumlah aplikasi, termasuk foto, video, SMS, dan akses akun layanan perbankan digital atau fintech.

    Jika akses sudah diberikan ke pelaku, maka sangat mungkin bagi pelaku kejahatan memiliki kontrol terhadap gawai korban serta mengetahui seluruh informasi rahasia seperti PIN, password, dan kode OTP.

    5. Pengumuman bank

    Modus lainnya adalah pengumuman perubahan tarif transaksi dan transfer dari sebuah bank. Pelaku akan mendesak pengguna memilih dua opsi yakni setuju atau tidak setuju atas perubahan tersebut.

    Jika tidak, maka mereka akan diminta mengisi formulir dalam link tertentu. Namun ternyata pencurian data itu dimulai setelah korban mengakses link.

    6. Modus VCS

    Modus Video Call Sex (VCS) sempat viral beberapa waktu lalu. Akan ada panggilan video yang masuk dari nomor yang tidak dikenal, dan saat diangkat ada perempuan tanpa busana.

    “Ini pada prinsipnya adalah pemerasan yang memanfaatkan ketidaktahuan atau keawaman seseorang tentang teknologi,” kata Pakar keamanan siber Alfons Tanujaya.

    “Kalau ragu dan diperas, hubungi teman yang mengerti dan minta bantuannya untuk menghadapi ancaman-ancaman yang tidak kita mengerti, jangan main mengikuti ancaman saja,” paparnya.

    7. Hoaks PPS

    Salah satu modus terbaru adalah mengirimkan file apk bernama PPS Pemilu 2024. Penipuan nya mirip seperti dengan modus undangan pernikahan atau surat tilang palsu.

    Apk itu akan meminta akses SMS. Pelaku akan mendapatkan One Time Password hingga username dan password mobile banking korban.

    (hsy/hsy)

  • 7 Modus Penipuan WhatsApp yang Wajib Diwaspadai

    7 Modus Penipuan WhatsApp yang Wajib Diwaspadai

    Daftar Isi

    Jakarta, CNBC Indonesia – WhatsApp telah menjadi aplikasi perpesanan yang ada di hampir semua ponsel pintar masyarakat Indonesia. Sayangnya banyak modus penipuan juga terjadi dengan memanfaatkan platform pesan singkat seperti WhatsApp. Para penipu berusaha untuk mendapatkan data korbannya jadi bisa menguras isi rekening mereka.

    Anda perlu mempelajari sejumlah modus penipuan tersebut agar tidak menjadi korban. Berikut informasinya:

    1. Pura-pura Jadi Kurir Pengiriman Barang

    Salah satu penipuan yang viral beberapa tahun lalu adalah pesan WA yang berpura-pura menjadi kurir pengiriman barang. Chat yang dikirimkan pelaku berisi sebuah file berbentuk apk berjudul Lihat Foto Paket.

    Jika pengguna mengkliknya, maka data korban akan diambil. Dengan modal tersebut, pelaku bisa mengantungi akses akun perbankan milik korban.

    2. Modus Undangan Nikah

    Pesan WA penipuan lainnya adalah chat undangan pernikahan dengan tambahan file apk yang diberi nama Surat Undangan Pernikahan Digital berukuran 6,6 mb.

    Para penipu akan berupaya untuk mengajak calon korbannya membuka file apk itu segera. Mereka merayu korban untuk mengecek kebenaran file yang dikirimkan.

    3. Surat Tilang Palsu

    Modusnya hampir sama dengan dua modus lainnya. Pelaku penipuan akan mengirimkan file apk dan meminta korban membukanya.

    4. Catut MyTelkomsel

    Sebuah modus penipuan juga terungkap mencatat MyTelkomsel, aplikasi Telkomsel untuk membeli sejumlah layanan. Para penipu menggunakan nama itu dan meminta mengunduhnya file yang dikirimkan.

    Korban akan diminta memberikan izin akses ke sejumlah aplikasi, termasuk foto, video, SMS, dan akses akun layanan perbankan digital atau fintech.

    Jika akses sudah diberikan ke pelaku, maka sangat mungkin bagi pelaku kejahatan memiliki kontrol terhadap gawai korban serta mengetahui seluruh informasi rahasia seperti PIN, password, dan kode OTP.

    5. Pengumuman bank

    Modus lainnya adalah pengumuman perubahan tarif transaksi dan transfer dari sebuah bank. Pelaku akan mendesak pengguna memilih dua opsi yakni setuju atau tidak setuju atas perubahan tersebut.

    Jika tidak, maka mereka akan diminta mengisi formulir dalam link tertentu. Namun ternyata pencurian data itu dimulai setelah korban mengakses link.

    6. Modus VCS

    Modus Video Call Sex (VCS) sempat viral beberapa waktu lalu. Akan ada panggilan video yang masuk dari nomor yang tidak dikenal, dan saat diangkat ada perempuan tanpa busana.

    “Ini pada prinsipnya adalah pemerasan yang memanfaatkan ketidaktahuan atau keawaman seseorang tentang teknologi,” kata Pakar keamanan siber Alfons Tanujaya.

    “Kalau ragu dan diperas, hubungi teman yang mengerti dan minta bantuannya untuk menghadapi ancaman-ancaman yang tidak kita mengerti, jangan main mengikuti ancaman saja,” paparnya.

    7. Hoaks PPS

    Salah satu modus terbaru adalah mengirimkan file apk bernama PPS Pemilu 2024. Penipuan nya mirip seperti dengan modus undangan pernikahan atau surat tilang palsu.

    Apk itu akan meminta akses SMS. Pelaku akan mendapatkan One Time Password hingga username dan password mobile banking korban.

    (hsy/hsy)

  • Telkom (TLKM) Putar Otak Optimalkan Pasar BUMN-BUMD di Tengah Efisiensi Prabowo

    Telkom (TLKM) Putar Otak Optimalkan Pasar BUMN-BUMD di Tengah Efisiensi Prabowo

    Bisnis.com, JAKARTA — PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) putar otak untuk meningkatkan pendapatan dari sektor business to business (B2B) dengan menghadirkan solusi IT Telkom Solution ke pasar BUMN-BUMD. 

    Telkom berharap dengan menghadirkan Telkom Solution, perusahaan dapat membantu BUMN-BUMD untuk lebih efisiens sejalan dengan arah kebijakan Presiden Prabowo Subianto. 

    VP Corporate Communication Telkom Andri Herawan Sasoko mengatakan melalui Telkom Solution, perusahaan telekomunikasi pelat merah itu ingin meningkatkan kolaborasi dengan lebih dari 130 konglomerasi dan afiliasinya. 

    Telkom Solution merupakan umbrella brand untuk beragam solusi digital, berpotensi meningkatkan digitalisasi pada semua kluster BUMN, BUMD, pemerintah, dan sektor swasta, yang berujung pada peningkatan produktivitas hingga efisiensi bisnis operasianal perusahaan-perusahaan tersebut.

    “Telkom menyiapkan layanan konektivitas secara end to end melalui agregasi layanan advanced connectivity dan digital services seperti SDWAN, Cloud, Data Center, dan IT Services, kata Andri kepada Bisnis, dikutip Minggu (23/3/2025). 

    Pada kuartal III/2024, Telkom membukukan pendapatan sebesar Rp112,1 triliun, naik tipis 0,9% secara tahunan. Dari total tersebut, sekitar  Rp85,2 triliun dikontribusikan dari anak usaha mereka yang berfokus pada sektor B2C, PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel). Artinya, untuk B2B kontribusi terhadap total pendapatan sekitar Rp27 triliun.

    Andri menambahkan untuk segmentasi BUMND, Telkom tidak mengejar kuantitas semata melainkan kolaborasi dan intensifikasi kerja sama bisnis khususnya di bidang teknologi dan digital.

    Dia menuturkan dalam mendukung langkah efisiensi sesuai kebijakan dari Pemerintah, Telkom Solution menghadirkan berbagai solusi digital yang dirancang untuk meningkatkan nilai tambah perusahaan, produktivitas, efektivitas operasional dan optimalisasi sumber daya.

    Telkom Solution kini merupakan rejuvenasi dari Telkom Solution sebelumnya, dengan solusi yang lebih beragam dan terintegrasi.

    Untuk mendukung hal ini, Telkom telah membangun kerjasama strategis dengan sejumlah perusahaan raksasa teknologi global dalam penyediaan solusi layanan yang lebih berkualitas dan memiliki daya saing global.

    Dengan rejuvenasi ini, Telkom Solution menawarkan solusi yang lebih holistik, komprehensif, dan terintegrasi, sambil tetap mengutamakan pengalaman pelanggan. 

    “Melalui inisiatif ini, Telkom berharap dapat mendukung transformasi digital di berbagai sektor di Indonesia,” kata Andri

    Sebelumnya, Presiden Prabowo Subianto melakukan efisiensi di sejumlah lembaga dan kementerian. Dampak dari kebijakan tersebut, Indonesia berhasil berhemat sekitar Rp327 triliun.

  • Telkomsel Kebut 5G, Ini Perbandingan Kecepatan Maksimum di Surabaya vs Jabotabek

    Telkomsel Kebut 5G, Ini Perbandingan Kecepatan Maksimum di Surabaya vs Jabotabek

    Bisnis.com, JAKARTA — PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) mengakselerasi perluasan jaringan 5G di Surabaya dan Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi (Jabotabek) untuk memberikan pengalaman internet berkualitas. Lantas, seperti apa perbedaan kecepatan 5G di Surabaya dan Jabotabek? 

    Diketahui, Telkomsel telah menambah 50 Base Transceiver Station (BTS) 5G baru, sehingga secara total  BTS 5G aktif di kota pahlawan menjadi lebih dari 90 unit selama periode Ramadan dan Idulfitir 2025. 

    Perluasan jaringan Hyper 5G Telkomsel di Surabaya telah menghasilkan peningkatan signifikan dalam kecepatan internet. Kecepatan unduh kini mencapai 481 Mbps, sementara kecepatan unggah menembus 87 Mbps – empat kali lebih cepat dibandingkan jaringan 4G. 5G Telkomsel hadir di kawasan bisnis, residensial, kampus, hingga bandara di Surabaya.

    Direktur Network Telkomsel, Indra Mardiatna, mengatakan perusahaan telah memperluas cakupan Hyper 5G yang contiguous tanpa terputus di Surabaya, mengingat ekosistem perangkat dan kebutuhan 5G makin matang. 

    “Ekspansi ini akan berlanjut ke wilayah strategis lainnya seperti Makassar, Medan, dan Batam untuk mengakselerasi transformasi digital Indonesia,” kata Indra, dikutip Sabtu (22/3/2025).

    Indra mengatakan  hingga Maret 2025 penetrasi handset 5G di Surabaya telah mencapai lebih dari 25%, dengan rata-rata konsumsi data 5G sebanyak 22 GB per pengguna setiap bulan[

    Selain Surabaya, Telkomsel juga agresif menggelar lebih dari 1.400 BTS 5G di Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi (Jabotabek) untuk menghadirkan koneksi internet super cepat, stabil, dan berkualitas  di kawasan bisnis utama, pusat transportasi, area pemukiman, hingga destinasi wisata di Jabotabek.

    Hingga Maret 2025, tercatat penetrasi handset 5G di Jabotabek telah mencapai lebih dari 30%, dengan konsumsi data 5G bulanan rata-rata 30 GB per pengguna. 

    Perluasan cakupan jaringan Hyper 5G Telkomsel secara masif di wilayah ini telah meningkatkan pengalaman pengguna dengan kecepatan unduh maksimum hingga 500 Mbps dan kecepatan unggah hingga 110 Mbps – 5 kali lebih cepat dibanding rata-rata 4G.

    Dengan catatan tersebut maka kecepatan 5G Telkomsel di Jabodetabek masih lebih tinggi dibandingkan dengan Surabaya. Hal tersebut kemungkinan disebabkan oleh jumlah BTS yang lebih banyak, dan ketersediaan perangkat. 

    Adapun saat ini  Telkomsel total mengoperasikan lebih dari 2.250 BTS 5G yang tersebar di 56 kota/kabupaten di Indonesia. Telkomsel berupaya untuk terus mendukung percepatan transformasi digital nasional melalui ekspansi jaringan 5G yang bertahap, terarah, dan terukur.

  • Cara Beli Paket Data Lebaran Diskon 50% Telkomsel-Indosat-XL-Smartfren

    Cara Beli Paket Data Lebaran Diskon 50% Telkomsel-Indosat-XL-Smartfren

    Jakarta, CNBC Indonesia – Kementerian Komunikasi dan Digital beserta operator seluler mengumumkan persiapan terkait momen mudik lebaran 2025 mendatang. Termasuk menghadirkan tarik paket lebih murah, hingga 50% dalam periode tersebut.

    “Setelah dilakukan kurang lebih tiga kali rapat bersama seluruh operator seluler, pemerintah dan seluler operator seluler sepakat untuk dapat memberikan dukungan kepada seluruh masyarakat berupa tarif paket yang lebih murah sampai dengan 50% dalam bentuk paket Ramadhan Lebaran,” jelas Menteri Komdigi Meutya Hafid dalam konferensi pers di kantor Komdigi, Kamis (20/3/2025).

    Semua paket tersebut memiliki masa aktif selama 30 hari setelah diaktifkan. Sejumlah operator telah meluncurkan beberapa paket bahkan dari awal Maret lalu.

    Selain itu, Komdigi dan opsel juga menyiapkan sejumlah posko monitoring selama momen mudik nanti. Salah satunya lima posko akan ada di titik strategis, dari Bandara Internasional Soekarno Hatta, Pelabuhan Merak, rest area KM 57 dan KM 62, Stasiun Gambir, dan Stasiun Tawang.

    Dia menegaskan program ini tetap akan mengoptimalkan kualitas layanan. Komunikasi akan dijaga agar tidak terganggu nantinya.

    “Ini tidak lain untuk memastikan masyarakat mendapatkan kualitas layanan telekomunikasi yang optimal, menjaga keselamatan masyarakat dengan memastikan komunikasi transportasi yang menggunakan spektrum frekuensi radio tidak terganggu dan juga untuk mensosialisasikan early warning sistem kebencanaan,” jelas Meutya.

    Dalam konferensi pers itu juga hadir perwakilan tiap opsel yang juga memaparkan persiapan hingga paket yang ditawarkan perusahaan kepada masyarakat. Berikut rangkumannya:

    Telkomsel

    Direktur Sales Telkomsel, Adiwahyuni Basuki Sigit menjelaskan pihaknya memberikan banyak program selama Ramadan ini. Program tersebut memiliki masa aktif 30 hari setelah pembelian, jadi tetap bisa digunakan bahkan setelah Ramadan berakhir.

    “Tapi masa aktifnya sendiri itu 30 hari dari pembelian. Artinya event sampai setelah mudik pulang kembali itu paketnya masih bisa dinikmati,” kata Adi.

    “Jadi sebenarnya yang kami desain ini memang sesuai dengan diskusi kita tadi, operator semua sepakat memang kita ingin Ramadan ini bisa benar-benar nyaman dan tenang,” dia melanjutkan.

    Dalam kesempatan itu, dia juga menjelaskan Telkomsel telah memastikan kesiapannya menghadapi lonjakan trafik saat momen mudik nanti. Termasuk yang menjadi titik keramaian atau Point of Interest (POI) dan menyiapkan backup saat ada insiden yang tidak diinginkan.

    Indosat

    Chief Legal & Regulatory Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Reski Damayanti menjelaskan pula IOH menghadirkan beragam paket yang lebih murah. Ini bisa dinikmati untuk semua pelanggan baik Prabayar maupun Pascabayar.

    “Kami juga sudah menyediakan paket khusus Ramadan dari dua brand IM3 dan 3. Dengan harga yang lebih murah sampai dengan 50%. Ini adalah paket untuk Prabayar dan Pascabayar, dari 60,150, dan 300 GB,” jelasnya.

    Reski juga menjelaskan pihaknya telah melakukan optimalisasi jaringan pada titik POI. Selain itu juga upgrading BTS yang mereka miliki dan membangun sejumlah BTS baru.

    XL Axiata

    XL Axiata juga menyiapkan jaringan di tempat keramaian. Selain itu juga telah melakukan pengecekan langsung ke rute yang kemungkinan akan dilalui pemudik.

    “Kami juga sudah ngecek ada sekitar 120 rute yang biasa dilalui oleh pemudik yang kita pastikan kesiapan jaringannya,” kata Director & Chief Enterprise Business and Corporate Affairs Officer XL Axiata Yessie D. Yosetya.

    Yessie juga menambahkan pihaknya menyiapkan beberapa harga paket yang lebih murah hingga 50%. Ada juga diskon khusus bagi pelanggan baru bagi layanan home broadband milik XL.

    Dalam keterangan resminya, XL menjelaskan diskon tersebut untuk penawaran bagi pelanggan korporasi untuk layanan IoT Connectivy ditambah 20 pelanggan pertama. Selain itu ada juga diskon 20% bagi Biz Postpaid untuk aktivasi Biz Prime, Pro, Maxima, dan Infinity.

    XL juga menghadirkan beragam promo untuk driver Gojek. Dari bonus kuota 5GB untuk paket Rp 50 ribu dan 10 GB untuk paket Rp 75 ribu, bagi pembelian paket Gojek Swadaya.

    Adapula promo untuk pelanggan XL Satu Biz selama bulan Maret ini dan akan mendapatkan langganan 4 bulan aktivasi baru dalam 12 bulan.

    Smartfren

    Direktur Utama Smartfren, Merza Fachys mengatakan Smartfren memiliki program Kuota Besar Ibadah Lancar. Karena pihaknya menyadari momen mudik membuat masyarakat butuh kuota yang lebih besar lagi.

    “Dengan diskon sampai dengan 50%. Dengan demikian kita harapkan selama masa libur atau mudik selama dua minggu, maka semua kuota besar tadi akan bisa memenuhi semua kebutuhan para pemudik,” jelasnya.

    Smartfren juga melakukan berbagai persiapan menghadapi mudik nanti. Termasuk melakukan peningkatan kapasitas dan menyiapkan tenaga serta resource untuk titik yang akan ramai.

    Beberapa diskon itu seperti kuota 500 GB dari Rp 500 ribu menjadi Rp 250 ribu, kuota 300 GB dari Rp 300 ribu menjadi Rp 225 ribu, dan 200 GB senilai Rp 200 ribu menjadi Rp 180 ribu. Smartfren juga menyiapkan paket Kuota Sahur 12 GB seharga Rp 11 ribu menjadi Rp 5.500.

    (dem/dem)

  • Merger XL Axiata-Smartfren Dinilai Bikin Industri Sehat Tanpa Perang Tarif

    Merger XL Axiata-Smartfren Dinilai Bikin Industri Sehat Tanpa Perang Tarif

    Jakarta

    Jumlah operator seluler akan semakin berkurang dengan akan bergabungnnya XL Axiata dan Smartfren. Menurut Telkom, induk perusahaan Telkomsel, mengungkapkan merger operator seluler akan berdampak pada sehatnya industri di masa mendatang.

    VP Corporate Communication Telkom Andri Herawan Sasoko merespon baik terhadap aksi korporasi yang terjadi antara XL Axiata, Smart Telecom, dan Smartfren sepakat untuk bergabung dan melahirkan entitas perusahaan baru bernama XLSmart.

    “Oh bagus. Artinya, semua akan terkonsolidasi gitu ya. Itu yang akan membuat industri ini makin sehat. Jadi, kita kan sebetulnya sangat menghindari perang tarif lah ya, karena kalau perang tarif terus-terusan harganya makin murah, secara industri nggak bagus,” ujar Andri ditemui awak media di Jakarta, Rabu (19/3/2025).

    Ia menilai persaingan akan semakin sehat dengan perusahaan telekomunikasi yang menyatakan konsolidasi. Sebab, dengan jumlah operator seluler yang banyak sebelumnya sering kali terjadi perang tarif untuk menggaet pelanggan, di mana perang tarif itu tidak menyehatkan industri.

    “Jadi, kalau merger nanti semakin setel, operator itu semakin setel persaingannya, sehat bisnisnya, tumbuh nggak masalah,” ucapnya.

    Menteri Komunikasi dan Digital (Menkomdigi) Meutya Hafid mengungkapkan Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) telah menyetujui merger XL Axiata, Smart Telecom, dan Smartfren.

    Restu itu seiring telah diterbitkannya izin prinsip persetujuan merger oleh Komdigi terhadap aksi korporasi perusahaan telekomunikasi tersebut.

    “Ada beberapa persyaratan yang wajib disetujui dan dipenuhi oleh XL-Smart terlebih dahulu baru nanti akan diterbitkan Keputusan Menteri Komdigi yang bersifat final menyetujui Rencana aksi korporasi Merger tersebut,” ujar Meutya kepada detikINET, Kamis (6/3) lalu.

    Adapun, masing-masing perusahaan akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) terkait penggabungan perusahaan pada 25 Maret 2025. Nantinya, setelah bergabung akan melahirkan entitas perusahaan bernama XLSmart.

    Dengan demikian, jumlah operator seluler Indonesia menyisakan tiga perusahaan, yakni Indosat Ooredoo Hutchison, Telkomsel, dan XLSmart.

    (agt/afr)