BUMN: PT Telekomunikasi Selular

  • TelkomGroup Berangkatkan 2.300 Pemudik Pulang Kampung Gratis

    TelkomGroup Berangkatkan 2.300 Pemudik Pulang Kampung Gratis

    Jakarta

    TelkomGroup kembali menghadirkan program mudik gratis bagi pelanggan setianya melalui Mudik Bersama BUMN dan Mudik Hepi Telkomsel Poin. Tahun ini, sebanyak 2.300 pemudik diberangkatkan menggunakan 35 bus dan 3 kapal laut menuju berbagai kota di Pulau Jawa dan Sumatera.

    Program Mudik Bersama BUMN yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN RI terus menjadi solusi bagi masyarakat yang ingin pulang kampung dengan aman dan nyaman. Tahun ini, pelepasan pemudik dilakukan di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta dan dihadiri oleh Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Dudy Purwagandhi, serta para pejabat BUMN lainnya.

    Erick Thohir menegaskan bahwa BUMN tidak hanya berfokus pada bisnis, tetapi juga memiliki tanggung jawab sosial untuk memberikan manfaat langsung bagi masyarakat. Di kesempatan yang sama, TelkomGroup juga mengadakan pelepasan pemudik di Museum Satria Mandala, Jakarta.

    Para peserta mudik akan diberangkatkan ke berbagai kota seperti Surakarta, Yogyakarta, Semarang, Madiun, hingga Malang. Sementara itu, rute kapal laut yang disediakan mencakup Batam-Tanjung Priok, Balikpapan-Surabaya, dan Makassar-Surabaya.

    Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah menyatakan bahwa TelkomGroup berupaya memastikan kelancaran perjalanan mudik dengan memberikan fasilitas transportasi yang aman dan nyaman.

    “Ramadan dan Idulfitri di Indonesia identik dengan tradisi mudik, di mana masyarakat berbondong-bondong pulang ke kampung halaman untuk merayakan momen kebersamaan yang penuh makna dengan keluarga dan kerabat. Untuk itu, melalui program mudik gratis ini TelkomGroup berupaya mendukung kelancaran perjalanan mudik dengan memberikan fasilitas yang aman dan nyaman, serta memastikan para pemudik selamat sampai tujuan. TelkomGroup terus berkomitmen untuk memberikan kontribusi terbaik bagi masyarakat Indonesia,” ujar Ririek dalam keterangan tertulis, Kamis (27/3/2025).

    “Semoga Ramadan dan Idulfitri tahun ini menjadi momen yang penuh keberkahan dan kebahagiaan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Terima kasih atas kepercayaan seluruh pelanggan dan para pemangku kepentingan yang terus mendukung TelkomGroup dalam menghadirkan berbagai solusi dan layanan digital terbaik,” tutup Ririek.

    (prf/ega)

    Hoegeng Awards 2025

    Baca kisah inspiratif kandidat polisi teladan di sini

  • Mudik Gratis BUMN 2025, TelkomGroup Berangkatkan 35 Bus buat 2.300 Pemudik

    Mudik Gratis BUMN 2025, TelkomGroup Berangkatkan 35 Bus buat 2.300 Pemudik

    Jakarta

    Demi mendukung perjalanan yang aman dan nyaman, TelkomGroup berpartisipasi dalam program Mudik Gratis BUMN 2025. Mudik Gratis ini diperuntukkan bagi pelanggan setia melalui Mudik Bersama BUMN dan Mudik Hepi Telkomsel Poin.

    Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah menyampaikan bahwa Telkom menyediakan 35 bus untuk pemudik ke berbagai kota di Pulau Jawa dan Sumatera.

    “Jadi kali ini seperti biasanya, kita di TelkomGroup sama Telkomsel menyediakan fasilitas untuk mudik bersama. Jadi kita sediakan 35 bus untuk para mitra kita, pelanggan kita untuk mudik ke berbagai tujuan di berbagai kota di Pulau Jawa dan Sumatera,” ujar Ririek dalam acara Flag Off Mudik BUMN di Jakarta, Kamis (27/3/2025).

    Mudik BUMN 2025 Foto: dok. Nanda Sekar Ayu Alifah/detikcom

    Sebanyak 35 bus di antaranya, yaitu 5 bus untuk pelanggan Indibiz, 10 bus untuk pelanggan Telkomsel Poin, dan 20 bus untuk pelanggan Telkomsel Lite dan IndiHome, serta 3 kapal laut untuk pelanggan Telkomsel Poin.

    TelkomGroup memberangkatkan 2.300 pemudik menggunakan moda transportasi darat dan laut. Kota tujuan jalur darat meliputi Surakarta, Yogyakarta, Sleman, Magelang, Klaten, Semarang, Madiun, Ponorogo, Ngawi, Surabaya, dan Malang. Sementara rute jalur laut meliputi Batam ke Tanjung Priok, Balikpapan ke Surabaya, dan Makassar ke Surabaya.

    Mudik BUMN 2025 Foto: dok. Nanda Sekar Ayu Alifah/detikcom

    Ririek juga menegaskan bahwa TelkomGroup tidak hanya menyediakan transportasi mudik gratis, tetapi juga memastikan kualitas layanan telekomunikasi tetap optimal selama periode mudik.

    “Kita menyiapkan berbagai infrastruktur agar kita bisa memastikan bahwa layanan kita berjalan dengan baik, dengan lancar sehingga membuat lebih nyaman bagi para pemudik itu. Nah khusus tahun ini ada yang spesial, yaitu telkomsel akan menggelar banyak layanan 5G,” tambahnya.

    Lebih lanjut, Menteri Perhubungan Dudy Purwagandhi juga menyampaikan apresiasinya terhadap program Mudik Gratis BUMN.

    “Dari tahun ke tahun, saya melihat seolah-olah ada peningkatan animo masyarakat yang mengikuti program-program ini dan saya berharap bahwa ke depannya akan semakin berubah dan akan lebih banyak lagi masyarakat yang bisa dilayani,” jelasnya.

    Mudik BUMN 2025 Foto: dok. Nanda Sekar Ayu Alifah/detikcom

    Menteri BUMN, Erick Thohir juga hadir dan menyampaikan bahwa ia telah melaksanakan beberapa tugas penting untuk mendukung kegiatan pelayanan publik ini.

    “Alhamdulillah, sesuai dengan arahan Bapak Presiden, bagaimana BUMN terus harus meningkatkan performanya, tetapi tidak lupa pelayanan publik terus harus ditingkatkan. Alhamdulillah, tadi disampaikan oleh Bapak Menhub, kami berdua sebagai menteri daripada Kabinet Merah Putih telah melaksanakan beberapa tugas penting yang diminta oleh Bapak Presiden untuk mendukung kegiatan pelayanan publik ini,” tutup Erick.

    (prf/ega)

  • Komdigi dan Operator Seluler Perkuat Layanan Darurat untuk Mudik Lebaran 2025 – Page 3

    Komdigi dan Operator Seluler Perkuat Layanan Darurat untuk Mudik Lebaran 2025 – Page 3

    Dari total 386 posko, 35 di antaranya berasal dari Kemkomdigi, sedangkan sisanya disiapkan oleh operator seluler, yakni 152 posko Telkomsel, 184 posko Indosat, 10 posko XL Axiata, dan 5 posko Smartfren.

    Posko-posko ini tersebar di seluruh Indonesia, termasuk di titik-titik krusial seperti bandara, pelabuhan, terminal, dan jalur utama mudik, memastikan akses internet yang andal bagi masyarakat yang melakukan perjalanan mudik.

    Untuk memperkuat fungsi pengawasan dan penanganan gangguan selama mudik Lebaran dan Nyepi 2025, Kemkomdigi bersama operator juga mengerahkan 29 unit mobil teknis, termasuk mobil pemantau frekuensi dan kualitas jaringan.

    “Yang teman-teman lihat adalah mobil monitoring dan direction finder yang bertujuan untuk melacak sumber pancaran frekuensi, termasuk yang ilegal, juga untuk menangani gangguan dan pengawasan penggunaan spektrum frekuensi,” tutur Menkomdigi. 

  • Momen Menkomdigi Cek Kesiapan Jaringan di Jalur Mudik Kereta Api

    Momen Menkomdigi Cek Kesiapan Jaringan di Jalur Mudik Kereta Api

    FotoINET

    Dok. Telkomsel – detikInet

    Rabu, 26 Mar 2025 16:32 WIB

    Jakarta – Menkomdigi Meutya Hafid memantau kesiapan jaringan menjelang puncak arus mudik di Stasiun Gambir. Operator seluler memastikan layanan berjalan lancar.

  • Telkomsel Masuk Top 5 GLOMO Awards 2025 Berkat Telco Verify di BRImo

    Telkomsel Masuk Top 5 GLOMO Awards 2025 Berkat Telco Verify di BRImo

    Bisnis.com, BARCELONA – Telkomsel sukses masuk daftar Top 5 (shortlisted) pada ajang Global Mobile Awards (GLOMO) 2025 untuk kategori Open Gateway Challenge. Prestasi ini menyoroti inovasi Telkomsel melalui Telco Verify, solusi autentikasi berbasis jaringan seluler yang diimplementasikan pada aplikasi mobile banking BRImo dari Bank Rakyat Indonesia (BRI).

    GLOMO Awards merupakan penghargaan terkemuka di industri telekomunikasi yang diselenggarakan oleh GSMA, organisasi nirlaba yang mewakili operator seluler di seluruh dunia sejak 1996.

    Ajang tahun ini digelar di Mobile World Congress (MWC) Barcelona pada 5 Maret 2025, menghadirkan panel juri yang terdiri dari 200 analis, perwakilan media, dan pakar industri global.

    GSMA Open Gateway sendiri adalah kerangka kerja common network APIs yang dirancang untuk memberikan akses universal ke jaringan operator bagi para pengembang.

    Dengan demikian, pengembang dan penyedia layanan dapat meningkatkan serta menerapkan layanan dengan lebih cepat di berbagai jaringan operator, cukup melalui satu titik akses – ke platform konektivitas terbesar di dunia.

    Open Gateway Challenge memberikan apresiasi kepada para inovator yang memanfaatkan Public CAMARA APIs guna menciptakan layanan komersial yang:

    ·        Memanfaatkan beberapa API dari satu atau lebih operator seluler,

    ·        Menjadi solusi bagi pasar lokal dan/atau internasional,

    ·        Mampu membuktikan nilai bisnis yang tercipta di industri tertentu, misalnya FinTech (pengurangan risiko penipuan) atau Otomotif (telemetri real-time).

    Melalui Telco Verify, pengguna BRImo dapat melakukan autentikasi secara otomatis tanpa kata sandi maupun kode One-Time Password (OTP). Proses verifikasi berlangsung real-time, serta lebih andal karena memanfaatkan teknologi berbasis jaringan seluler.

    Solusi ini juga mengadopsi kerangka kerja GSMA Open Gateway dan menggunakan API yang terstandarisasi, sehingga kapabilitas keamanan serupa dapat diperluas ke luar jaringan Telkomsel.

    VP Data Solutions and Digital Financial Services Telkomsel, Alfian Manullang, menyatakan, “Terpilihnya Telkomsel sebagai Top 5 di GLOMO Awards 2025 menjadi pemicu untuk terus berinovasi dalam menghadirkan solusi digital yang lebih aman dan andal. Telco Verify terbukti efektif meminimalisir potensi kerugian finansial serta risiko reputasi akibat serangan siber. Kami akan terus memperkuat komitmen mengakselerasi transformasi digital yang aman, meningkatkan kepercayaan terhadap layanan perbankan digital, sekaligus berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi digital Indonesia.”

    Sejak mengimplementasikan Telco Verify pada November 2024, BRImo telah berhasil menurunkan kasus social engineering attacks hingga 70,21%. Dengan verifikasi identitas otomatis, nasabah BRImo memperoleh perlindungan maksimal atas data pribadinya, sehingga semakin nyaman dan yakin dalam memanfaatkan layanan perbankan digital.

    Informasi selengkapnya tentang solusi Telco Verify dan ragam solusi digital Telkomsel lainnya dapat diakses melalui tsel.id/enterprise.

  • iPhone 16 Series Segera Hadir di Indonesia! Ini Bocoran Harga dan Jadwal Peluncurannya

    iPhone 16 Series Segera Hadir di Indonesia! Ini Bocoran Harga dan Jadwal Peluncurannya

    JABAR EKSPRES – Kabar gembira buat kita para pecinta Apple! Peluncuran iPhone 16 Series di Indonesia tampaknya tinggal hitungan jam.

    Berdasarkan beberapa bocoran yang beredar di media sosial, pre-order (PO) iPhone 16 akan mulai dibuka besok, Kamis, 27 Maret 2025.

    Ini berarti kita bisa segera memesan perangkat terbaru dari Apple lebih cepat dari yang diperkirakan sebelumnya!

    BACA JUGA: Saldo DANA Gratis Rp350.000 dengan Sekali Buka Amplop di Sini

    Bocoran Jadwal Rilis dan Ketersediaan

    Menurut salah satu pengamat gadget di platform X (sebelumnya Twitter), Apple tampaknya akan membuka pemesanan lebih awal, yakni pada 27 Maret 2025, sehari sebelum tanggal yang sebelumnya diperkirakan.

    Informasi ini juga didukung oleh beberapa akun media sosial yang kerap membahas perangkat Apple.

    Kalau kamu penasaran kapan bisa langsung membeli iPhone 16 di toko-toko, bersiaplah!

    Kabarnya, perangkat ini akan mulai tersedia di berbagai gerai ritel resmi Apple di Indonesia pada awal April 2025.

    Sayangnya, tanggal pastinya masih jadi misteri. Namun, mengingat tren peluncuran iPhone sebelumnya, kemungkinan besar kita tidak perlu menunggu terlalu lama untuk bisa mendapatkannya.

    Harga iPhone 16 Series di Indonesia

    Bicara soal harga, Telkomsel sempat secara tidak sengaja membocorkan informasi harga bundling iPhone 16 Series di laman resminya.

    Dari bocoran ini, kita bisa mendapat gambaran mengenai harga masing-masing model:

    iPhone 16 – Rp 16,5 jutaiPhone 16 Plus – Rp 18,5 jutaiPhone 16 Pro – Rp 21 jutaiPhone 16 Pro Max – Rp 25 juta

    Dengan harga yang cukup tinggi ini, tentu kita berharap ada peningkatan signifikan dalam fitur dan spesifikasi.

    Sayangnya, detail spesifikasi lengkapnya masih belum diungkap secara resmi, tetapi kita bisa mengharapkan peningkatan pada performa chipset, kamera, serta fitur kecerdasan buatan (AI) yang lebih canggih.

  • Telkomsel Kaji Implementasi MOCN untuk Akselerasi 5G

    Telkomsel Kaji Implementasi MOCN untuk Akselerasi 5G

    Bisnis.com, JAKARTA — PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) masih mengkaji skema Multi-Operator Core Network (MOCN) atau sharing network untuk mempercepat layanan 5G. Kesiapan teknologi, ekosistem, hingga kebutuhan pelanggan menjadi fokus perusahaan. 

    Vice President Corporate Communications and Social Responsibility Telkomsel, Saki H. Bramono menyambut baik rencana Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) dalam mempercepat layanan 5G lewat MOCN.

    Saki menuturkan, Telkomsel memahami bahwa akselerasi adopsi teknologi ini membutuhkan pendekatan yang komprehensif. Tidak hanya dari sisi teknologi jaringan, tetapi juga kesiapan ekosistem, regulasi, model bisnis, serta kebutuhan pelanggan.

    Setiap model penerapan 5G, termasuk MOCN, kata Saki perlu dikaji secara mendalam dengan mempertimbangkan karakteristik industri telekomunikasi di Indonesia yang berbeda dengan negara lain. Baik dari aspek geografis, kepadatan penduduk, hingga regulasi spektrum. 

    “Oleh karena itu, Telkomsel terus berkoordinasi dengan pemangku kepentingan, termasuk pemerintah dan mitra industri, untuk memastikan strategi terbaik dalam memperluas jangkauan 5G,” kata Saki kepada Bisnis, Rabu (26/3/2025).

    Lebih lanjut, Saki menyebutkan model MOCN memang memungkinkan berbagai operator berbagi infrastruktur radio untuk mempercepat penyebaran jaringan, sehingga secara teknis dapat menjadi salah satu opsi dalam memperluas cakupan 5G. 

    Namun, penerapan model ini harus memperhitungkan sejumlah faktor, seperti alokasi spektrum, kesiapan teknologi core network masing-masing operator, kepastian model bisnis, serta regulasi yang mengatur tata kelola infrastruktur bersama.

    Di beberapa negara, MOCN berhasil diterapkan dalam konteks tertentu, seperti di Malaysia dengan model single wholesale network (SWN). Namun, Saki menilai pendekatan ini perlu dikaji lebih lanjut untuk melihat kesesuaiannya dengan kondisi Indonesia. 

    “Salah satu tantangan utama di Indonesia adalah luasnya wilayah geografis dan heterogenitas pasar, yang membutuhkan strategi yang lebih fleksibel dalam membangun jaringan 5G,” ucap Saki.

    Diberitakan sebelumnya, Wakil Menteri Komunikasi dan Digital (Wamenkomdigi) Nezar Patria mengatakan, pihaknya tengah mengkaji keunggulan dan kelemahan MOCN.

    Nezar pun menyebut model sharing network ini memiliki banyak manfaat jika nantinya digunakan di Indonesia.

    “Jadi kita coba coba reviu dulu lah. Tapi sharing network ini kalau secara hitungan cost dan benefit-nya itu lebih banyak benefit-nya,” kata Nezar kepada Bisnis, Kamis (20/1/2025).

    MOCN adalah model berbagi jaringan telekomunikasi yang memungkinkan beberapa operator seluler untuk berbagi infrastruktur jaringan akses radio (RAN) yang sama, termasuk menara, antena, dan spektrum frekuensi, sambil tetap mempertahankan jaringan inti (core network) mereka secara terpisah.

    Model ini diklaim berhasil diterapkan di Malaysia sehingga cakupan 5G di Malaysia sudah mencapai 80%.

    Semantara itu, Indonesia masih tertinggal jauh dalam penetrasi jaringan 5G. Padahal, implementasi 5G di Malaysia dilakukan pada waktu yang sama dengan Indonesia pada 2021.

  • Telkomsel & Gojek Tawarkan Paket RoaMAX dan Diskon GoCar di Singapura

    Telkomsel & Gojek Tawarkan Paket RoaMAX dan Diskon GoCar di Singapura

    Bisnis.com, JAKARTA – Telkomsel dan Gojek memperkuat sinergi untuk menghadirkan pengalaman perjalanan yang lebih praktis dan terintegrasi bagi pelanggan yang bepergian ke Singapura. Melalui Paket RoaMAX Singapura, pelanggan dapat menikmati layanan roaming berkecepatan tinggi dengan harga terjangkau, ditambah voucher GoCar untuk mempermudah mobilitas, baik di Indonesia maupun Singapura.

    Berdasarkan Outlook Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 2023/2024, preferensi terhadap perjalanan wisata yang didukung oleh teknologi tanpa hambatan (seamless technology) semakin meningkat. Layanan transportasi berbagi (shared mobility), yang memungkinkan masyarakat menyewa kendaraan untuk penggunaan pribadi dalam jangka waktu tertentu, dapat membantu perjalanan wisata menjadi lebih efisien dan terjangkau dengan memungkinkan penghematan biaya serta mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.

    Sebagai wujud inovasi bersama Telkomsel dan Gojek dalam menjawab kebutuhan pelanggan yang semakin dinamis, Paket RoaMAX Singapura menyediakan tiga jenis pilihan dengan kuota internet besar:

    RoaMAX Internet (tanpa tethering), mulai dari Rp60.000, dengan opsi masa berlaku 1–15 hari, dan kuota internet hingga 180 GB.
    RoaMAX Hotspot (dengan tethering), mulai dari Rp65.000, dengan opsi masa berlaku 1–30 hari, dan kuota internet hingga 20 GB.
    RoaMAX Combo (gabungan internet, telepon, dan SMS), mulai dari Rp70.000, dengan opsi masa berlaku 1–7 hari, dan kuota internet hingga 100 GB.

    Seluruh Paket RoaMAX tersebut sudah mencakup akses ke jaringan 5G di Singapura dengan kecepatan hingga 100 Mbps, memungkinkan pelanggan menikmati internet cepat dengan latensi rendah untuk berbagai keperluan.

    Pelanggan yang mengaktifkan Paket RoaMAX Singapura akan mendapatkan voucher GoCar dengan nilai total hingga SGD 20 untuk seluruh perjalanan di Singapura, termasuk dari dan menuju Bandara Changi, serta voucher senilai total hingga Rp400.000 untuk perjalanan dari dan ke seluruh bandara di Indonesia. Voucher berlaku untuk semua jenis perjalanan GoCar, termasuk tipe layanan GoCar Comfort yang menawarkan armada kendaraan dengan kenyamanan ekstra dan tahun yang lebih baru, serta GoCar Luxe yang menawarkan armada kendaraan premium.

    Setelah membeli Paket RoaMAX Singapura di aplikasi MyTelkomsel dan mengaktifkan paket tersebut, pelanggan akan mendapatkan kode unik voucher lewat SMS 777. Pelanggan dapat dengan mudah melakukan klaim voucher di aplikasi Gojek dengan mengakses tautan yang tertera pada SMS.

    VP Postpaid Consumer & International Roaming Telkomsel, Danang Andrianto, menyatakan, “Kolaborasi ini merupakan wujud transformasi digital lintas ekosistem. Bagi Telkomsel, kehadiran RoaMAX Singapura sekaligus voucher GoCar menjadi solusi lengkap yang mendukung konektivitas dan kenyamanan mobilitas pelanggan. Kami berharap langkah ini akan meningkatkan loyalitas pelanggan dan memperluas pangsa pasar kami di segmen internasional. Dengan jaringan terluas hingga ke 199 negara dan beragam paket roaming terjangkau, Telkomsel telah dan terus berinovasi menghadirkan manfaat bagi pelanggan dan ekosistem digital secara menyeluruh.”

    Head of Transport Gojek, Steven Halim, mengatakan, “Gojek berkomitmen untuk terus memberikan pengalaman mobilitas terbaik lewat ragam layanan dan inovasi yang menjawab kebutuhan masyarakat. Melalui sinergi dengan Telkomsel, kami memperkuat jangkauan layanan serta menawarkan paket perjalanan hemat baik di Indonesia maupun Singapura. Hal ini memperkuat langkah Gojek dalam mendukung mobilitas masyarakat yang bepergian di dalam maupun luar negeri, lewat hadirnya layanan GoCar Bandara yang beroperasi secara resmi di 17 bandara di Indonesia. Lewat layanan ini masyarakat dapat langsung berangkat dari bandara menuju tujuan akhir dengan armada kendaraan yang sudah tersedia di titik penjemputan.”

    Informasi lebih lanjut mengenai Paket RoaMAX x Gojek dapat diakses di tsel.id/gocar.

  • Sikap XLSmart Usai Spektrum 7,5 MHz Dikembalikan ke Negara

    Sikap XLSmart Usai Spektrum 7,5 MHz Dikembalikan ke Negara

    Jakarta

    Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) akan menarik spektrum 2 x 7,5 MHz dari pita frekuensi 900 MHz milik XLSmart. Operator hasil merger antara XL Axiata dan Smartfren pun buka suara terkait pengembalian spektrum tersebut.

    Pengembalian spektrum 2 x 7,5 MHz itu sudah diatur di Komdigi. Ini juga hasil dari peninjauan yang dilakukan Komdigi terkait komitmen XLSmart ke depannya.

    Sebagai informasi, dengan bergabungnya operator seluler ini, XL Axiata mengoperasikan 45 MHz yang berada di pita frekuensi 900 MHz, 1,8 GHz, dan 2,1 GHz. Sedangkan Smartfren mengoperasikan 62 MHz yang berada di pita frekuensi 850 MHz dan 2,3 GHz.

    XLSmart menilai dengan mengembalikan sebagian spektrum frekuensi miliknya itu dapat menekan beban operasional karena dapat mengurangi pengeluaran Biaya Hak Penggunaan (BHP) frekuensi.

    “Kalau kami melihat penarikan spektrum di 900 MHz ini, kami merasa jika sampai terjadi, ini dapat memperkuat posisi kompetisinya kita. Kita bisa lebih, XLSmart bisa meningkatkan efisiensi operasional kita, dan kita bisa lebih mempercepat bagaimana caranya kita memonetisasi layanan digital,” ujar Chief Financial Officer XLSmart, Antony Susilo di Jakarta, Selasa (25/3/2025).

    Adapun, 2 x 7,5 MHz yang pernah dipakai oleh XL Axiata itu nantinya Komdigi akan lakukan seleksi kembali untuk diperebutkan para operator seluler yang membutuhkan tambahan spektrum.

    Sejauh ini belum diketahui informasi seleksi blok kosong di frekuensi 900 MHz. Di tahun ini, Komdigi akan fokus seleksi frekuensi 700 MHz, 1,4 GHz, dan 2,6 GHz untuk mendukung konektivitas dalam negeri, pemerataan akses internet di berbagai daerah, hingga memunculkan perusahaan telekomunikasi baru.

    Dibandingkan dengan merger operator seluler sebelumnya yang terjadi di Indosat Ooredoo dan Hutchison 3 Indonesia (Tri) menjadi Indosat Ooredoo Hutchison, spektrum frekuensi yang dikembalikan kali ini lebih besar. Saat itu, Indosat Ooredoo Hutchison mengembalikan 2×5 MHz MHz di frekuensi 2.100 MHz.

    Usai digelarnya Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) para pemegang saham XL Axiata dan Smartfren menyatakan menyetujui penggabungan operator seluler menjadi XLSmart. Dengan terjadi aksi korporasi ini, maka jumlah operator seluler Indonesia menyisakan tiga perusahaan, yaitu Indosat Ooredoo Hutchison, Telkomsel, dan XLSmart.

    (agt/fay)

  • Kemkomdigi Kerahkan 1.500 Petugas Jaga Jaringan di Mudik Lebaran 2025

    Kemkomdigi Kerahkan 1.500 Petugas Jaga Jaringan di Mudik Lebaran 2025

    Jakarta

    Menteri Komunikasi dan Digital (Menkomdigi) Meutya Hafid melepas 1.500 petugas gabungan dari pemerintah dan operator seluler yang akan bertugas di posko-posko layanan telekomunikasi. Ini merupakan bagian dari upaya Kementerian Komdigi memastikan kualitas jaringan selama arus mudik Idul Fitri 2025.

    Meutya juga melepas 29 kendaraan yang terdiri dari tujuh mobil monitoring dari Komdigi, 18 mobil dari operator seluler, empat sepeda motor quality of service, dan alat monitoring komunikasi.

    “Di luar kendaraan, kami juga menyebarkan alat-alat monitoring frekuensi kami secara mobile. Jadi bisa dipindah-pindah di mana ada aduan turunnya kualitas,” kata Meutya dalam apel di Kantor Kementerian Komdigi di Jakarta, Selasa (25/3/2025).

    Komdigi memperkirakan tahun ini akan ada lonjakan traffic hingga 20% dibandingkan dengan hari biasa. Lonjakan ini dikarenakan arus mudik Lebaran yang bersamaan dengan hari raya Nyepi.

    Ribuan petugas ini akan disebarkan ke 386 posko siaga bersama yang akan hadir di berbagai kota untuk memastikan kelancaran jaringan selama libur Nyepi dan Lebaran. Posko ini akan aktif mulai 26 Maret hingga 8 April 2025.

    Menteri Komunikasi dan Digital Meutya Hafid melepas 1.500 petugas gabungan untuk jaga jaringan selama libur Nyepi dan Lebaran Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET

    Lebih rinci, ada 30 posko Komdigi yang merupakan Unit Pelaksana Tugas (UPT) Balai Monitoring, 152 posko siaga dari Telkomsel, 184 posko dari Indosat, 10 posko dari XL Axiata, dan lima posko dari Smartfren.

    Selain itu, ada lima posko strategis yang sudah diumumkan sebelumnya yang tersedia di lokasi-lokasi penting yaitu Bandar Udara Soekarno-Hatta, Pelabuhan Merak, rest area KM57, rest area KM62, Stasiun Gambir, dan Stasiun Semarang Tawang.

    Komdigi juga mendirikan pusat pengendali di Pusat Monitoring Telekomunikasi yang ada di lantai 8 Kantor Kementerian Komdigi. Masyarakat juga dapat melaporkan keadaan darurat melalui nomor telepon 112 yang aktif di 141 kabupaten dan kota.

    “Ini sesuai dengan arahan Presiden bahwa kami ditugaskan seluruh jajaran beliau untuk memudahkan masyarakat yang melakukan mudik Lebaran maupun Nyepi. Jadi yang pertama tentu agar nyaman komunikasi harus tetap terjaga,” pungkas Meutya.

    (vmp/vmp)