BUMN: PT Telekomunikasi Selular

  • Cara Ganti eSIM Nomor Telkomsel, Indosat, dan XL

    Cara Ganti eSIM Nomor Telkomsel, Indosat, dan XL

    Daftar Isi

    Jakarta, CNBC Indonesia – Masyarakat Indonesia sudah bisa menggunakan eSIM sebagai pengganti SIM Card di perangkatnya. Sebab semua operator tanah air telah mengadopsi teknologi tersebut.

    Namun yang perlu diingat untuk memastikan HP yang dimiliki telah mengadopsi teknologi tersebut. Meski sudah ada yang menggunakannya, namun masih ada yang mengandalkan kartu SIM.

    Untuk mengaktifkan eSIM, pengguna hanya tinggal memindai barcode yang tersedia untuk setiap operator. Hal ini berbeda dengan penggunaan SIM Card yang perlu memasukkan dalam slot kartu di ponsel.

    Untuk membeli eSIM atau mengalihkannya dari SIM Card, tiap operator menyediakannya secara langsung dengan ke gerai terdekat dan melakukannya secara online baik pada website resmi ataupun aplikasi milik setiap operator. Jika Anda ingin beralih dari kartu SIM ke eSIM, berikut caranya, dirangkum dari berbagai sumber, Senin (14/4/2025):

    Cara ganti eSIM Telkomsel

    Pelanggan Telkomsel bisa memindahkan SIM Card fisik ke eSIM langsung ke gerai terdekat. Selain itu mengganti dan membeli eSIM juga bisa dilakukan melalui website MyTelkomsel, https://www.telkomsel.com/esim.

    Berikut cara membeli eSIM Telkomsel:

    Masuk ke website MyTelkomsel
    Pilih Beli Sekarang
    Pilih kebutuhan eSIM yang akan digunakan
    Masukkan preferensi seperti lokasi saat ini, paket pilihan, dan nomor pilihan
    Klik Beli
    Masukkan email aktif
    Pilih Checkout
    Lakukan pembayaran
    Selesai, QR eSIM akan dikirimkan melalui email. Anda bisa langsung melakukan aktivasi

    Cara ganti eSIM XL Axiata

    Untuk pengguna XL bisa mendapatkan dan membeli eSIM dengan mengunjungi XL Center dan laman resmi XL, yakni https://www.xl.co.id/esim. Berikut tahapannya melalui website XL:

    Masuk ke laman XL
    Pilih nomor yang diinginkan
    Pilih paket data
    Masukkan data pribadi
    Lakukan pembayaran

    Cara ganti eSIM Smartfren

    Pelanggan Smartfren dapat membeli eSIM dan migrasi kartu SIM bisa dilakukan di galeri Smartfren. Selain itu juga dapat dilakukan secara online dengan mengunjungi situs resmi atau lewat aplikasi, simak caranya berikut ini:

    Buka website resmi atau menggunakan aplikasi
    Isi data pribadi, pilih paket, dan pilih nomor yang diinginkan
    Anda akan mendapatkan QR Code melalui email
    QR Code dapat segera dipindai melalui perangkat

    Cara ganti eSIM nomor Tri

    Anda bisa mengunjungi situs resmi Tri untuk membeli eSIM. Berikut caranya

    Masuk ke situs perdana.tri.co.id/perdana
    Klik Beli Sekarang
    Pilih eSIM
    Pilih nomor dan jumlah pulsa yang diinginkan
    Klik Checkout dan lakukan pembayaran
    Setelah itu, QR Code akan dikirimkan melalui email dan pengguna dapat memindainya secara langsung

    Cara ganti eSIM nomor IM3

    Bagi pengguna Im3, dapat membelinya secara online di laman https://im3.id/buyesim atau aplikasi myIm3. Berikut cara membelinya secara online:

    Kunjungi laman resmi IM3 atau myIM3
    Pilih tipe eSIM
    Pilih paket dan nomor yang diinginkan
    Masukkan semua data yang diminta
    Lakukan pembayaran
    QR code akan dikirimkan melalui email, pelanggan tinggal memindainya dan lakukan instalasi

    (dem/dem)

  • Cara Ganti eSIM Nomor Telkomsel, Indosat, dan XL

    Kiamat Kartu SIM Tiba di RI, Cek Bedanya dengan eSIM

    Jakarta, CNBC Indonesia – Embedded Subscriber Identity Module atau eSim makin akrab di telinga masyarakat Indonesia. Baik operator dan sejumlah ponsel sudah mulai menerapkan teknologi tersebut.

    Penggunaan ponsel memperkenalkan kita pada SIM Card fisik. Kartu tersebut dipasangkan pada perangkat agar bisa melakukan aktivitas seperti telepon, mengirimkan pesan, dan sekarang bisa untuk berinternet.

    Tiap perangkat memiliki selot untuk memasukkan kartu SIM. Untuk bisa beraktivitas dalam HP, kita perlu memasukkan SIM Card dalam selot tersebut.

    Tiap berganti operator, kita perlu menggantikan kartu SIM pada selot tersebut. Sekarang gonta-ganti SIM Card agak sedikit lebih mudah jika menggunakan dua kartu karena banyak ponsel telah mendukung penggunaan dual SIM Card.

    Hal ini berbeda dengan eSIM, yang tertanam langsung di ponsel. Selain itu untuk menggunakannya tinggal memindai atau scan QR Code.

    Telkomsel dalam laman resminya menjelaskan perbedaan kartu SIM fisik dengan eSIM. Kartu SIM disebutkan sebagai kartu yang berisi chip untuk menyimpan informasi seperti nomor telepon dan detil jaringan.

    Sementara itu, eSIM merupakan chip digital terintegrasi yang tertanam di dalam perangkat. Wujudnya bukan fisik seperti yang kita temui pada kartu SIM.

    Laman Apple menuliskan eSIM akan mengoptimalkan fleksibilitas, meningkatkan kenyamanan, keamanan dan memudahkan konektivitas. Termasuk saat pengguna tengah berpergian ke luar negeri.

    Menurut Apple, perpindahan antar SIM juga bisa dengan mudah. Perangkat dapat mengelola delapan atau lebih eSIM sekaligus.

    “Keberadaan eSIM menghilangkan kebutuhan akan kartu SIM fisik. Dengan fitur inovatif ini, Anda dapat beralih antar-SIM dengan mudah, mengelola delapan eSIM atau lebih, dan mengaktifkan paket baru secara digital. eSIM akan mengoptimalkan fleksibilitas, meningkatkan kenyamanan, menambah keamanan, dan memudahkan konektivitas, terutama saat bepergian ke luar negeri,” tulis Apple dalam laman Support, dikutip Senin (14/4/2025).

    Penggunaan eSIM juga lebih unggul. Misalnya tidak lagi hilang atau rusak seperti yang sering ditemui pada para pengguna kartu SIM.

    Tak perlu lagi repot membuka selot kartu SIM. Karena pengguna juga tinggal memindai barcode saja untuk mengaktifkan nomor.

    (fab/fab)

  • Simak! Cara Aktivasi dan Beli eSIM Telkomsel, Indosat dan XL

    Simak! Cara Aktivasi dan Beli eSIM Telkomsel, Indosat dan XL

    Bisnis.com, JAKARTA — Pemerintah baru-baru ini mengeluarkan aturan terkait pemanfaatan teknologi Embedded Subscriber Identity Module (eSIM). 

    Adapun, eSIM adalah teknologi terbaru yang memungkinkan pengguna untuk mengakses jaringan seluler tanpa menggunakan kartu SIM fisik. 

    Berbeda dengan kartu SIM biasa yang terbuat dari plastik serta harus dimasukkan ke dalam slot SIM, eSIM ini sifatnya digital dan tidak memerlukan slot fisik.

    Menteri Komunikasi dan Digital (Menkomdigi) Meutya Hafid menyebut aturan eSIM tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri (Permen) Komdigi Nomor 7 Tahun 2025 tentang Pemanfaatan Teknologi Modul Identitas Pelanggan Melekat atau Embedded Subscriber Identity Module (eSIM) dalam penyelenggaraan telekomunikasi.

    “Per hari ini (Jumat 11 April) sudah kita keluarkan Permen 7 tahun 2025, jadi sudah ada payung hukum untuk melakukan eSIM,” kata Meutya.

    Dengan adanya Permen ini, Meutya Hafid meminta adanya imigrasi dari kartu SIM biasa ke eSIM. Karena saat ini angka pengguna eSIM sangat kecil yaitu di bawah 5% pengguna ponsel di Indonesia.

    “Kita tahu bahwa belum semua ponsel di Indonesia bisa melakukan itu, tapi bagi yang sudah bisa HP-nya, kita dorong untuk melakukan,” ucapnya.

    Saat ini terdapat sejumlah operator seluler di Indonesia yang telah menyediakan eSIM. Mereka adalah Telkomsel, Indosat dan XL. Lantas, bagaimana cara membeli eSIM Telkomsel, Indosat dan XL?

    Berikut adalah cara membeli eSIM Telkomsel, Indosat, dan XL:

    1. Telkomsel

    Kunjungi laman MyTelkomsel di https://www.telkomsel.com/esim.
    Klik “Beli Sekarang”.
    Pilih eSIM Telkomsel Prabayar.
    Isi preferensi kamu berupa lokasi, paket, dan nomor pilihan.
    Klik “Beli”.
    Masukkan email aktif dan lanjutkan ke Checkout.
    Lakukan pembayaran.
    Setelah selesai, QR eSIM akan dikirim ke email terdaftar untuk aktivasi melalui HP.

    2. Indosat

    Kunjungi website resmi Indosat di https://im3.id/portal/id/indexpersonal atau datang ke gerai Indosat terdekat.
    Pilih tipe eSIM (prabayar atau pascabayar) dan nomor yang diinginkan.
    Isi data diri dan lakukan pembayaran secara online.

    Aktivasi eSIM:

    Setelah pembelian, Anda akan menerima email berisi kode QR untuk aktivasi.
    Buka aplikasi Pengaturan di perangkat Anda, pilih Koneksi, dan tambahkan paket seluler dengan memindai kode QR yang diterima.
    Sementara itu, pelanggan yang ingin migrasi dari SIM fisik ke eSIM harus mengunjungi gerai Indosat dan mengikuti prosedur yang ditentukan.
    Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, pelanggan dapat dengan mudah beralih ke eSIM Indosat dan menikmati berbagai kemudahan yang ditawarkan.

    3. XL

    Kunjungi website XL di https://www.xl.co.id/esim
    Pastikan perangkat Anda mendukung eSIM
    Pilih nomor yang tersedia dan paket data
    Selesaikan Pembayaran 
    Setelah pemabayaran, Anda akan mendapatkan QR yang akan digunakan untuk melakukan aktivasi eSIM.

  • Raih Label World Athletics, Telkom Digiland Run 2025 Bidik 12.500 Pelari

    Raih Label World Athletics, Telkom Digiland Run 2025 Bidik 12.500 Pelari

    Jakarta

    Telkom kembali menyelenggarakan Digiland Run, rangkaian dari ajang tahunan Digiland 2025. Berbeda dari tahun sebelumnya, Digiland Run kali ini sudah memperoleh World Athletics Label Road Races, sehingga menjadikannya salah satu ajang lari paling bergengsi di Indonesia dan diakui secara internasional.

    World Athletics Label Road Races merupakan sebuah sertifikasi atau pengakuan resmi yang diberikan oleh World Athletics, badan internasional yang mengatur olahraga atletik, kepada ajang lari yang memenuhi standar internasional tertentu. Label ini bertujuan untuk memastikan kualitas dan kredibilitas acara, baik dari segi penyelenggaraan, keamanan, dan keadilan kompetisi.

    Menariknya, sertifikat internasional tersebut diraih Digiland Run di tahun ke-2 setelah perdana hadir pada tahun lalu. Adapun, untuk event Digiland sudah diadakan Telkom sejak tahun 2022.

    Andri VP Corporate Communication Telkom Andri Herawan Sasoko Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET

    “Telkom selalu berupaya menghadirkan sesuatu yang berbeda di setiap tahun penyelenggaraan Digiland, dan tahun ini menjadi semakin spesial karena Digiland Run berhasil meraih sertifikasi World Athletics Label Road Races. Ini merupakan pengakuan bertaraf internasional atas kualitas penyelenggaraan ajang lari yang kami persembahkan untuk masyarakat Indonesia,” ujar Andri VP Corporate Communication Telkom Andri Herawan Sasoko di Jakarta, Kamis (10/4/2025).

    Disampaikan Andri, setelah meraih kesuksesan Digiland Run 2024 dan mengantongi World Atletics Label Road Races ini, Telkom menargetkan dapat menyedot peserta lari hingga 12.500 orang. Digiland Run 2025 ini hadir dalam tiga kategori, yaitu 5K, 10K, dan 21K (Half Marathon).

    Rute pada kategori Half Marathon dan 10K telah memperoleh International Measurement Certificate dari World Athletics bekerja sama dengan Association of International Marathons and Distance Races (AIMS), sebuah asosiasi internasional yang mewadahi penyelenggaraan ajang lari jarak jauh seperti maraton, half-maraton, dan 10K dari berbagai negara.

    Digiland Run 2025 akan dilaksanakan pada 18 Mei 2025. Terkait lokasinya, Telkom belum mengungkapkan rutenya. Akan tetapi, perlombaan lari tersebut akan berlangsung di sekitar GBK hingga area Car Free Day Jakarta.

    “Kita harus mengapresiasi hal ini. Untuk mendapatkan label tersebut, harus memenuhi beberapa persyaratan, seperti tata laksana penyelenggaraannya. Terdapat dua kategori lari yang mendapatkan World Athletics Label Road Races, yaitu Half Marathon dan 10K. Untuk kategori 10K sendiri, Digiland Run menjadi ajang lari pertama di Indonesia yang mendapatkan label internasional tersebut,” tutur Sekretaris Jenderal PB PASI Tigor Tanjung.

    Jika di tahun lalu digelar dua hari, maka ajang tahun ini dilakukan satu hari penuh, termasuk menghadirkan Digiland Music yang diisi oleh berbagai artis terkemuka, seperti Sheila on 7, Padi Reborn, King Nassar, Bernadya, Lyodra, JKT 48, D’Masiv, dan Project Pop. Tidak hanya itu, masyarakat dapat menikmati beragam kuliner menarik di area Kuliner Nusantara dan Pasar UMKM.

    Hal berbeda lainnya, Telkom melibatkan secara penuh kepada anak perusahaannya, Telkomsel, untuk menyemarakkan Digiland 2025. Begitu juga terkait registrasi Digiland Run 2025 yang di mana peserta memungkinkan mendapatkan kuota data melimpah juga potongan harga.

    VP Brand and Marketing Communications Telkomsel Abdullah Fahmi Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET

    “Dengan mendukung penyelenggaraan ajang lari bertaraf internasional ini, Telkomsel berkomitmen menghadirkan pengalaman yang tidak hanya seru dan berkesan, tetapi juga mewujudkan Indonesia Gembira, mengajak keterlibatan masyarakat untuk menciptakan hari yang lebih baik, serta masa depan yang lebih sehat, terkoneksi, dan penuh peluang,” kata VP Brand and Marketing Communications Telkomsel Abdullah Fahmi.

    Tiket Digiland Run 2025 dibanderol dengan harga yang bervariasi, mulai dari Rp 400 ribu untuk 5K, Rp 500 ribu untuk 10K, dan Rp 600 ribu untuk 21K (Half Marathon).

    Peserta lari yang hendak menikmati Digiland Music dapat membeli tiket bundling dengan menambah Rp 100 ribu. Khusus untuk pelanggan Telkomsel, tersedia bonus kuota internet 15 GB untuk setiap pembelian tiket Digiland Run di semua kategori. Sebelumnya, promo menarik berupa penjualan tiket flash sale pada 7 Maret 2025 dan early bird pada 8 Maret 2025 telah memperoleh antusiasme yang tinggi dari masyarakat dan berhasil terjual habis dalam waktu singkat.

    (agt/fay)

  • Rilis iPhone 16 Series, Erajaya Tebar Promo dan Diskon Menarik

    Rilis iPhone 16 Series, Erajaya Tebar Promo dan Diskon Menarik

    Jakarta

    iPhone 16 Series resmi rilis perdana di Tanah Air tepatnya di iBox Lippo Mall Puri. Erajaya Group selaku Authorized Reseller membagikan sejumlah promo menarik bagi pembeli pertama iPhone 16 Series.

    Brand Promotion and Demand Generation Manager Erajaya Group, Christin Natalia menuturkan iBox Lippo Mall Puri menjadi salah satu toko pertama yang menjual iPhone 16 series di Indonesia dan juga jadi toko selected store dari iBox. Erajaya Group memberikan hadiah eksklusif yakni Tumbler Corkcicle edisi terbatas yang hanya bisa didapatkan saat periode launching ini.

    “Yang berhak mendapatkan Tumbler Corkcicle edisi terbatas ini adalah 30 customer, orang pertama yang pickup untuk rangkaian iPhone 16 dan 16 Pro, dengan jadwal pickup yang sudah dipilih pada tanggal 11 April dari jam 10 sampai jam 12.59,” tutur Christin di iBox Lippo Mall Puri Jakarta, Jumat (11/4/2025).

    “Jadi siapapun customer yang memang datang dan menjadi 30 orang pertama yang pickup, ini bisa berhak mendapatkan Tumbler kolaborasi iBox dan juga Diela Maharani. Koleksi Tumbler ini hanya ada untuk iBox selama launch periode ini, dan ini memang ada ilustrasi dari Dielanya,” imbuhnya.

    Promo lainnya terdapat bebas cicilan hingga 2 bulan menggunakan kartu kredit dan mendapatkan promo provider internet dari Telkomsel, IM3 dan XL.

    “Dan untuk promo launching kali ini, kita ada promo bebas (cicilan) sampai dengan 2 bulan cicilan dengan kartu kredit, hemat sampai dengan Rp 1,5 juta dengan pembayaran dari bank tertentu, trade-in tambahan potongan sampai dengan Rp 750 ribu, potongan 10% untuk aksesori Apple kecuali untuk Apple Watch dan AirPods,” ujar Christin.

    “Lalu untuk Telkomsel itu ada bayar 12 bulan dapat 24 bulan berlangganan plus ekstra kuota eSIM. Untuk IM3 ada eSIM Platinum kuota hingga 2,4 TB untuk 12 bulan. Lalu dari XL kita ada promo double kuota plus ekstra kuota eSIM dengan cashback hingga Rp 1,6 juta,” lanjutnya.

    Christin juga menjelaskan untuk pembelian iPhone 16 Pro dan 16 Pro Max dapat dicicil 0% hingga 24 bulan dengan cicilan per bulan Rp 770.792 ribu.

    “Lalu untuk iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max bisa dinikmati mulai hari ini dengan harga mulai dari Rp 770.792 ribu per bulan. Kita juga bisa menikmati bebas cicilan hingga 2 bulan dan cicilan 0% hingga 24 bulan, dan juga seperti yang tadi disebutkan promo potongan 10% untuk aksesoris,” pungkasnya.

    (prf/ega)

  • Telkomsel – Indosat (ISAT) – XL (EXCL) Tuai Berkah Lebaran 2025, Siapa Tertinggi?

    Telkomsel – Indosat (ISAT) – XL (EXCL) Tuai Berkah Lebaran 2025, Siapa Tertinggi?

    Bisnis.com, JAKARTA — PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), PT Indosat Tbk. (ISAT) dan PT XL Axiata Tbk. (EXCL) meraup pendapatan yang lebih besar pada momen Ramadan-Lebaran 2025 dibandingkan dengan hari biasa dan momen yang sama tahun lalu. Lonjakan trafik terjadi di sejumlah kawasan. 

    Telkomsel mencatatkan peningkatan trafik internet 12% pada lebaran 2025 dibandingkan hari biasa 2025 atau 15,7% lebih tinggi dari periode Ramadan dan Idulfitri 2025.

    Selama momen ini, Telkomsel juga mencatatkan lonjakan trafik broadband didorong oleh peningkatan akses di berbagai layanan dibanding hari biasa 2025, seperti media sosial naik 18,3%, layanan komunikasi seperti instant messaging naik 34,2%, video streaming naik 40,2%, dan mobile gaming 60,7%. 

    Telkomsel juga mencatat peningkatan akses pada sejumlah platform digital favorit, seperti TikTok, Facebook, WhatsApp, YouTube, dan Instagram, dengan peningkatan terbesar pada YouTube sebesar 154,9%. Tak hanya itu, trafik layanan SMS juga naik 25,4%.

    Vice President Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, Saki Hamsat Bramono, mengatakan peningkatkan signifikan trafik broadband Telkomsel merupakan bukti kepercayaan pelanggan pada layanan Telkomsel selama Ramadan dan Idulfitri 2025. 

    “Kami berterima kasih atas kepercayaan seluruh pelanggan yang telah menggunakan produk dan layanan Telkomsel,“ kata Saki dalam keterangannya, Kamis (10/4/2025).

    Adapun, selama periode Lebaran 2025 Telkomsel memanfaatkan teknologi AI untuk mengidentifikasi 476 titik keramaian serta mengatasi kendala jaringan secara cepat. 

    Telkomsel juga memperluas cakupan jaringan 5G dengan menggelar lebih dari 1.400 BTS 5G di Jabotabek dan lebih dari 90 BTS 5G Surabaya. Telkomsel menyediakan Posko Siaga RAFI untuk seluruh pemudik di berbagai wilayah Indonesia.

    Karyawan berjalan di kantor Telkomsel

    Terdapat pula 5 wilayah dengan pertumbuhan trafik broadband tertinggi jika dibandingkan dengan hari biasa 2025, yaitu Jawa Tengah naik 38,6%, diikuti Jawa Barat 28,7%, Sumatera Bagian Tengah 22,1%, Jawa Timur 22,0%, dan Sumatera Bagian Selatan 19,2%.

    Data Telkomsel juga mencatat 5 tempat dengan pertumbuhan trafik broadband paling tinggi selama RAFI 2025, yaitu Wisata Kota Batu, Cipanas Kota Bunga, Waduk Gajah Mungkur, Wisata Puncak, dan Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta.

    Indosat

    Sementara itu, Indosat diketahui mencatatkan kenaikan trafik data sebesar 21% sepanjang periode Idulfitri 1446 H atau Lebaran 2025 dibandingkan dengan hari biasa. Peningkatan ini dipicu oleh tingginya penggunaan aplikasi digital oleh pelanggan selama periode Ramadan dan Idulfitri. 

    Indosat mencatat lima aplikasi yang mengalami lonjakan aktivitas digital tertinggi berturut-turut adalah WhatsApp, Tiktok, Facebook, Youtube, dan Instagram.

    Angka ini diketahui naik dibandingkan dengan periode Lebaran tahun lalu atau 2024. Pada Lebaran 2024 Indosat mencatat peningkatan lalu lintas layanan data pelanggan mencapai 17% dibandingkan rata-rata hari biasa.

    SVP Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison Steve Saerang menyampaikan bahwa peningkatan trafik data Indosat salah satunya didominasi dari mobile gaming, seperti FreeFire hingga PUBG. 

    “Lonjakan trafik selama libur Lebaran didominasi peningkatan aktivitas digital pelanggan, seperti penggunaan media sosial, aplikasi pesan singkat, hingga mobile gaming seperti Mobile Legends, FreeFire, Roblox, PUBG, dan Genshin Impact,” kata Steve, dikutip Jumat (11/4/2025).

    XL Naik 21% Dibandingkan hari biasa … 

  • Google Cloud soroti kemajuan pelanggan di Asia Tenggara pada Next 2025

    Google Cloud soroti kemajuan pelanggan di Asia Tenggara pada Next 2025

    Kemajuan di Indonesia terus berlanjut dan kami sangat antusias dengan pertumbuhan luar biasa yang kami lihat di negara ini

    Las Vegas, AS (ANTARA) – Google Cloud menampilkan dampak perubahan dari kemajuan enterprise AI yang telah mendorong pertumbuhan berbagai perusahaan di Asia Tenggara termasuk Indonesia pada ajang Google Cloud Next 2025.

    CEO Google Cloud Thomas Kurian mengatakan Google memiliki infrastruktur global melalui Google Cloud yang telah berkembang menjadi 42 wilayah, salah satunya Indonesia serta Singapura dan tengah melakukan ekspansi cepat ke Malaysia dan Thailand.

    “Kami menambahkan infrastruktur kami untuk pelatihan dan inferensi AI, termasuk Cloud Command Center baru kami, yang menghubungkan semua wilayah dan memberikan kemampuan bagi perusahaan-perusahaan di Asia untuk menjangkau berbagai belahan dunia,” kata Thomas dalam jumpa pers di Mandalay Bay, Las Vegas, AS, Kamis (10/4/2025) waktu setempat.

    Pada 2024, Google Cloud telah menghadirkan lebih dari 3.000 kemajuan teknologi baru yang telah diadopsi oleh berbagai perusahaan di antaranya adalah dari Indonesia seperti Astra International, Bank Jago, Bareksa, Blibli.com, Erajaya, Indosat Ooredoo Hutchison, Telkomsel, Vidio, dan Bank Muamalat.

    “Kami adalah penyedia cloud hyperscale pertama yang membangun wilayah lokal di Indonesia, dan kami sangat bangga dengan fakta bahwa kami memiliki pangsa pasar terbesar di antara semua penyedia cloud di pasar ini,” ujar Presiden Asia Pasifik Google Cloud Karan Bajwa.

    Karan melihat potensi besar atas kemitraan dengan perusahaan-perusahaan di Indonesia.

    “Kami juga telah mengumumkan serangkaian kemitraan strategis, termasuk yang baru saja diumumkan kemarin dengan Indosat, yaitu kemitraan AI yang luas sekaligus pembangunan keseluruhan data platform untuk mereka,” papar Karan.

    “Kemajuan di Indonesia terus berlanjut dan kami sangat antusias dengan pertumbuhan luar biasa yang kami lihat di negara ini,” tambahnya.

    Pada ajang Next 2025, Google Cloud mengumumkan berbagai inovasi baru yang signifikan di seluruh portofolionya, mencakup infrastruktur, platform data dan AI, model AI, serta agen AI, hingga keamanan siber, termasuk kapabilitas multi-cloud.

    Hal ini turut berkontribusi terhadap peningkatan penggunaan Vertex AI sebanyak 20 kali lipat oleh organisasi di seluruh dunia dalam satu tahun terakhir, yang dipicu oleh adopsi cepat model-model AI terdepan seperti Gemini, Imagen, dan Veo.

    Di dalam Google Workspace, dampaknya tak kalah signifikan, dengan lebih dari dua miliar bantuan AI yang diberikan setiap bulan kepada pengguna bisnis secara global, secara mendasar mengubah cara kerja dilakukan.

    Melalui wilayah cloud-nya, Google Cloud menyediakan AI Hypercomputer sebuah sistem superkomputer yang mencakup perangkat keras, perangkat lunak, dan model konsumsi yang fleksibel, untuk membantu perusahaan menyederhanakan penerapan AI dengan harga dan kinerja terbaik di kelasnya.

    Lebih dari dua juta mil kabel serat optik (baik kabel darat maupun bawah laut) yang tersebar di lebih dari 200 negara dan wilayah, yang beroperasi dengan kecepatan “Google speed” (yaitu latensi nyaris nol) untuk mendukung layanan penting seperti Gmail, YouTube, dan Google Search bagi miliaran pengguna di seluruh dunia.

    Tepat pada ajang Next 2025, Google Cloud membuka jaringan privat global ini untuk organisasi di seluruh dunia melalui layanan baru bernama Cloud Wide Area Network (WAN).

    Dengan akses ke infrastruktur superkomputer dan jaringan berskala planet milik Google Cloud, perusahaan dapat memanfaatkan fondasi global yang tangguh dan dibangun untuk era AI.

    Pewarta: Monalisa
    Editor: Kelik Dewanto
    Copyright © ANTARA 2025

  • Telkomsel Catat Kenaikan Trafik 12% saat Periode Lebaran 2025

    Telkomsel Catat Kenaikan Trafik 12% saat Periode Lebaran 2025

    Bisnis.com, JAKARTA — PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) mencatatkan peningkatan trafik internet 12% pada lebaran 2025 dibandingkan hari biasa 2025 atau 15,7% lebih tinggi dari periode Ramadan dan Idulfitri 2025.

    Selama momen ini, Telkomsel juga mencatatkan lonjakan trafik broadband didorong oleh peningkatan akses di berbagai layanan dibanding hari biasa 2025, seperti media sosial naik 18,3%, layanan komunikasi seperti instant messaging naik 34,2%, video streaming naik 40,2%, dan mobile gaming 60,7%. 

    Telkomsel juga mencatat peningkatan akses pada sejumlah platform digital favorit, seperti TikTok, Facebook, WhatsApp, YouTube, dan Instagram, dengan peningkatan terbesar pada YouTube sebesar 154,9%. Tak hanya itu, trafik layanan SMS juga naik 25,4%.

    Vice President Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, Saki Hamsat Bramono, mengatakan peningkatkan signifikan trafik broadband Telkomsel merupakan bukti kepercayaan pelanggan pada layanan Telkomsel selama Ramadan dan Idulfitri 2025. 

    “Kami berterima kasih atas kepercayaan seluruh pelanggan yang telah menggunakan produk dan layanan Telkomsel,“ kata Saki dalam keterangannya, Kamis (10/4/2025).

    Adapun, selama periode Lebaran 2025 Telkomsel memanfaatkan teknologi AI untuk mengidentifikasi 476 titik keramaian serta mengatasi kendala jaringan secara cepat. 

    Telkomsel juga memperluas cakupan jaringan 5G dengan menggelar lebih dari 1.400 BTS 5G di Jabotabek dan lebih dari 90 BTS 5G Surabaya. Telkomsel menyediakan Posko Siaga RAFI untuk seluruh pemudik di berbagai wilayah Indonesia.

    Tak hanya itu, Telkomsel juga memberangkatkan 1.100 pemudik dari berbagai profesi secara gratis melalui program Mudik Hepi 2025. 

    Sementara dari sisi produk dan layanan promo, Telkomsel juga telah menyediakan beragam paket internet menarik selama Ramadan.

    Selain itu, hasil dari pemanfaatan AI selama periode RAFI 2025 telah berhasil membantu Telkomsel dalam menyelesaikan lebih dari 9.500 pekerjaan terkait dengan optimasi jaringan secara autonomous untuk meningkatkan customer experience di momen ini. 

    Terdapat pula 5 wilayah dengan pertumbuhan trafik broadband tertinggi jika dibandingkan dengan hari biasa 2025, yaitu Jawa Tengah naik 38,6%, diikuti Jawa Barat 28,7%, Sumatera Bagian Tengah 22,1%, Jawa Timur 22,0%, dan Sumatera Bagian Selatan 19,2%.

    Data Telkomsel juga mencatat 5 tempat dengan pertumbuhan trafik broadband paling tinggi selama RAFI 2025, yaitu Wisata Kota Batu, Cipanas Kota Bunga, Waduk Gajah Mungkur, Wisata Puncak, dan Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta.

  • Telkomsel Siapkan 80.000 BTS untuk Antisipasi Lonjakan Trafik di Ajang Digiland Run 2025 – Page 3

    Telkomsel Siapkan 80.000 BTS untuk Antisipasi Lonjakan Trafik di Ajang Digiland Run 2025 – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Telkom Indonesia bersama Telkomsel, bermitra dengan Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) akan menggelar Digiland Run 2025 di Jakarta pada 18 Mei 2025.

    Berbeda dari tahun sebelumnya, ajang lari tersebut saat ini mengantongi label atletik internasional dari International Amateur Athletic Federation (IAAF) atau dikenal sebagai World Athletics.

    “Digiland Run 2025 hadir dengan sajian berbeda, di mana kini ada label atletik internasional untuk kategori half marathon 21 kilometer,” ujar Vice President Corporate Communication Telkom, Andri Herawan Sasoko, di acara media gathering, Kamis (10/4/2025) di Jakarta.

    Andri mengungkapkan, Digiland Run 2025 menargetkan 12.500 pelari, termasuk akan mengundang pelari elit di level internasional, dengan total hadiah Rp 527 juta. Jumlah peserta meningkat dibanding Digiland Run 2024 yang diikuti 10.000 orang.

    Ajang lari yang akan digelar di Istora Senayan Jakarta diperkirakan akan membuat trafik data internet melonjak tajam, mengingat tak sedikit dari peserta lari bakal mengandalkan jaringan internet untuk sekadar mengunggah konten media sosial, mengakses aplikasi navigasi atau pelacak GPS.

    Dalam kesempatan yang sama, VP Brand & Marketing Communication Telkomsel, Abdullah Fahmi, menjelaskan bahwa Telkomsel telah mengantisipasi hal tersebut dengan menyiapkan sekitar 80.000 Base Transceiver Station (BTS).

    “Kami sudah menyiapkan kapasitas 70.000 hingga 80.000 BTS, bahkan kami menambah jaringan 5G sehingga dari jarak lari 0 kilometer (km) sampai 21 km, kualitas network akan kami jaga, baik 4G maupun 5G, sehingga bagi pelanggan yang ingin upload konten socmed akan berjalan dengan lancar,” Fahmi memaparkan.

    Di sisi lain, ia menambahkan, kemungkinan akan ada satu spot atau area yang tidak ter-cover dengan maksimal, yang memang semua operator seluler akan mengalaminya.

    “Misalnya di Semanggi karena plan-nya memang area tersebut tidak untuk di-cover. Kalau pun mau di-cover, akan ada jarak yang harus dikorbankan. Namun, kami akan tetap mengantisipasinya dan mungkin akan ada sedikit lag, dari yang misalnya 0,1 detik menjadi 0,5 detik,” Fahmi memungkaskan.

     

  • Diskominfo fokus bangun jaringan telekomunikasi di Pegunungan Arfak

    Diskominfo fokus bangun jaringan telekomunikasi di Pegunungan Arfak

    Porsi pembangunan lebih fokus ke Pegunungan Arfak karena masih kesulitan akses jaringan telekomunikasi digital

    Manokwari (ANTARA) – Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfo) Provinsi Papua Barat fokus membangun infrastruktur jaringan telekomunikasi di Kabupaten Pegunungan Arfak karena masuk daftar kawasan blank spot.

    Kepala Diskominfo Papua Barat Frans Istia di Manokwari, Kamis, mengatakan sebagian besar wilayah Pegunungan Arfak belum terkoneksi dengan jaringan telekomunikasi, sehingga membutuhkan penanganan serius selama lima tahun.

    “Porsi pembangunan lebih fokus ke Pegunungan Arfak karena masih kesulitan akses jaringan telekomunikasi digital,” kata Istia.

    Saat ini, kata dia, pemerintah provinsi telah menjalin kerja sama dengan operator telekomunikasi untuk membangun lima base transceiver station (BTS) sebagai solusi atas permasalahan keterbatasan akses telekomunikasi.

    Hal tersebut sudah dikoordinasikan dengan Bupati Pegunungan Arfak terkait penyediaan lahan pembangunan BTS yang tersebar di Distrik Hing, Distrik Taige, Distrik Minyambouw, dan Ullong sebagai pusat pemerintahan.

    “Setelah dikomunikasikan pihak Telkomsel sanggupi empat BTS dan bupati minta satu lagi, sehingga semuanya jadi lima BTS,” kata Istia.

    Menurut dia, Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Digital telah membangun satu BTS di Minyambouw beberapa tahun lalu, namun kapasitasnya sangat kecil sehingga kurang maksimal.

    Permasalahan itu menjadi dasar Bupati Pegunungan Arfak mengajukan penambahan pembangunan satu BTS, namun pemerintah daerah bertanggung jawab untuk menyediakan satu tower dan satu power.

    “Soal penyediaan satu tower dan power ini kami masih dikomunikasikan, apakah provinsi yang tanggung jawab atau kabupaten,” ujarnya.

    Selain pembangunan lima BTS, ada satu tower sudah dibangun di Kampung Kobrey tetapi belum dilengkapi perangkat BTS sehingga pemerintah kabupaten harus menyiapkan power sebelum pemasangan perangkat.

    “Kalau sudah ada power, Telkomsel pasang perangkat BTS dengan kapasitas lebih besar dari lima BTS itu. Jangkauan luas ke beberapa kampung,” kata Istia.

    Pewarta: Fransiskus Salu Weking
    Editor: Ahmad Buchori
    Copyright © ANTARA 2025