BUMN: PT Telekomunikasi Indonesia Tbk

  • CEO DeDurian Park Sebut Beritajatim Kawal Pembangunan Jatim dengan Kritis

    CEO DeDurian Park Sebut Beritajatim Kawal Pembangunan Jatim dengan Kritis

    Malang (beritajatim.com) – CEO wisata edukasi DeDurian Park, Yusron Aminulloh, menerima penghargaan Beritajatim Award 2025. Penghargaan diterima langsung oleh Yusron di Surabaya, Rabu (23/4/2025).

    Yusron berterima kasih atas raihan penghargaan sebagai Tokoh Penggerak Eco Eduwisata. Dia menilai selama 19 tahun berjalan Beritajatim.com telah mengawal pembangunan Jawa Timur dengan kritis.

    “Terima kasih Beritajatim kami bahagia dan senang di usia 19 tahun berita Jatim. Yang selama ini telah mengawal pembangunan Jawa Timur dengan kritis. Dan ini adalah langkah yang harus dilakukan oleh media,” ujar Yusron.

    Di balik geliat pariwisata edukatif dan ekologis yang tengah berkembang pesat di Wonosalam, Jombang, lahir dari sosok inspiratif bernama Yusron Aminulloh.

    Pria kelahiran Desa Mentoro, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang, 61 tahun silam ini, menjadi motor penggerak terwujudnya DeDurian Park—ikon eco-eduwisata yang kini menjadi rujukan nasional dalam pengembangan wisata berbasis pendidikan dan riset.

    “Saya sebagai penggerak wisata edukasi di wonosalam Jombang sangat terima kasih mendapat penghargaan dan apresiasi dari beritajatim ini sebagai motivasi kami untuk terus bergerak dan bermanfaat terus berkembang ke depan,” ujar Yusron.

    DeDurian Park terletak di Dusun Segunung, Desa Carangwulung, Kecamatan Wonosalam. Berdiri di atas lahan seluas enam hektar, kawasan ini tidak sekadar menjadi destinasi wisata alam dengan latar indah Pegunungan Anjasmoro, tetapi juga berkembang menjadi pusat kegiatan edukatif, pelatihan, hingga riset. Mulai dari kampus alam, outbond, seminar, hingga program Merdeka Belajar.

    Awalnya, Yusron bukan berasal dari dunia pariwisata. Ia mengawali perjalanan hidupnya dari dunia tulis-menulis.

    Namun, dorongan untuk kembali ke desa, hidup selaras dengan alam, dan membangun kampung halaman menjadi semangat utama yang mendorongnya melakukan lompatan besar.

    Dengan modal awal Rp325 juta, Yusron mendirikan DeDurian Park pada awal 2019. Dalam waktu empat tahun, bisnis ini tumbuh luar biasa. Saat menginjak usia tiga tahun, omzet dan aset DeDurian Park telah mencapai Rp32 miliar.

    Tak hanya berdiri sebagai entitas bisnis, DeDurian Park juga membentuk jejaring kemitraan dengan 112 lembaga pendidikan dan instansi, mulai dari universitas, kementerian, BUMN, hingga sekolah-sekolah.

    Kini, DeDurian Park dikenal sebagai pelopor edu-wisata dan kebun riset. Pada tahun 2023, Universitas Airlangga (Unair) mengirimkan 20 mahasiswanya untuk mengikuti program Merdeka Belajar selama enam bulan di kampus alam ini.

    Masih di tahun yang sama, 19 mahasiswa Biologi Unair juga melakukan riset lanjutan yang hasilnya dipresentasikan di hadapan para akademisi dan pengelola DeDurian Park.

    Tak hanya dari Unair, tim riset dari Telkom Pusat dan ITTS Surabaya juga pernah terlibat aktif dalam proyek digitalisasi pohon di kawasan ini, yang berlangsung sepanjang tahun 2022–2023. Hal ini membuktikan bahwa ekosistem yang dibangun Yusron telah menjadi magnet bagi inovasi dan kolaborasi lintas sektor.

    Kini, atas dedikasinya dalam membangun dan mengembangkan pariwisata berbasis pendidikan dan pemberdayaan masyarakat, Yusron Aminulloh dinobatkan sebagai penerima beritajatim awards di bidang pemberdayaan ekonomi – Tokoh Penggerak Eco Eduwisata. Ia tidak hanya membangun tempat wisata, tetapi juga menanamkan harapan dan masa depan di tanah kelahirannya.

    “Beritajatim ditunggu lebih kritis lagi lebih tajam lagi dan lebih mengawasi supaya kita cerdas ke depan tidak hanya monoton karena dunia kita adalah dunia yang terus bergerak,” ujar Yusron. (luc/but)

    Resepsi HUT ke-19 Beritajatim.com tidak akan terlaksana secara meriah tanpa keterlibatan sejumlah pihak, terutama para sponsor yang telah memberikan dukungan begitu besar. Untuk itu, Beritajatim.com menghaturkan ucapan terima kasih kepada:

    1. PT. Semen Imasco Asiatic
    2. Kominfo Jatim
    3. Bumi Suksesindo
    4. Pertamina EP Cepu JTB
    5. PT. Petrogas Jatim Utama
    6. Bank UMKM Jatim
    7. Bank Jatim
    8. ExxonMobil Cepu Limited
    9. Pertamina EP Sukowati Field
    10. Safe & Lock
    11. PT INKA (Persero)
    12. Djarum Foundation
    13. HM Sampoerna
    13. Pertamina EP Cepu Field
    15. PHE WMO
    16. PT Pelindo Multi Terminal
    17. HCML
    18. PHE TEJ
    19. Pertamina EP Poleng Field
    20. PT. Pelindo Marine Service
    21. PT. SIER
    22. PT. Gudang Garam
    23. Prima Energi Bawean
    24. Pertamina EP Cepu ADK
    25. Medco Sampang
    26. Medco Madura Offshore
    27. Saka Indonesia Pangkah Limited
    28. Kangean Energi Indonesia
    29. Petronas Carigali Ketapang
    30. Saka Energi Muriah Limited
    31. JIIPE
    32. Hayyu Clinic
    33. DPD Ivendo Jatim
    34. Flat Production
    35. Rokins
    36. Whize Luxe Spazio Hotel
    37. Java Paragon
    38. Fiesta / Charoen Pokphand
    39. LNK Krimer
    40. Jamoe Iboe
    41. Itikminton
    42. JatimPark
    43. DNY Skincare
    44. Bola Mas
    45. Esbeeyee
    46. Make Over
    47. Enkai
    48. Dishub Provinsi Jatim
    49. Dinas Kelautan Perikanan Provinsi Jatim

     

  • Telkom Indonesia Masuk Daftar LinkedIn Top Companies 2025, Sudah 4 Kali Berturut-turut – Page 3

    Telkom Indonesia Masuk Daftar LinkedIn Top Companies 2025, Sudah 4 Kali Berturut-turut – Page 3

    Untuk mendorong keterlibatan tersebut, Telkom menghadirkan program Employee Ambassador sebagai wadah bagi seluruh karyawan untuk berperan sebagai perwakilan perusahaan di dunia profesional digital.Program ini tidak hanya memperkuat reputasi dan employer branding, tetapi juga menjadi sarana pengembangan diri dan perluasan jejaring profesional bagi para karyawan.

    Melalui berbagai inisiatif employer branding, Telkom secara aktif membagikan cerita dan pengalaman kerja yang mencerminkan budaya perusahaan berbasis nilai-nilai AKHLAK, sekaligus mempromosikan lingkungan kerja yang inklusif. Cerita-cerita ini disampaikan secara autentik oleh karyawan dari berbagai unit dan wilayah melalui platform LinkedIn dengan tagar #LivinginTelkom.

    Lebih dari itu, Telkom turut menunjukkan komitmen terhadap kesetaraan gender dan inklusivitas dengan menciptakan lingkungan kerja yang aman, terbuka, dan mendukung potensi setiap individu tanpa memandang latar belakang. Hal ini menjadikan Telkom bukan hanya tempat untuk bekerja, tetapi juga ruang yang mendorong pertumbuhan profesional dan personal secara berkelanjutan.

    Berbagai program seperti layanan konseling WithU, Talent Marketplace, hingga Great People Scholarship Program (GPSP) menjadi representasi nyata dari keseriusan Telkom dalam mendukung pengembangan potensi karyawan di setiap tahapan karirnya. Inisiatif-inisiatif ini tidak hanya memperkaya pengalaman kerja karyawan, tapi juga memperkuat positioning Telkom sebagai perusahaan yang memprioritaskan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai aset strategis.

    Aktivasi employer branding yang konsisten melalui kanal LinkedIn turut memperluas dampak dampak positif dari seluruh inisiatif tersebut, sekaligus menjadikan Telkom sebagai magnet bagi talenta digital yang siap tumbuh dan berkontribusi di tengah dinamika dunia kerja yang terus berkembang.   Berbagai informasi terbaru terkait program employer branding Telkom dapat dilihat di akun Instagram @LivinginTelkom.

     

    (*)

  • Telkom Indonesia Raih Penghargaan LinkedIn Top Companies 2025

    Telkom Indonesia Raih Penghargaan LinkedIn Top Companies 2025

    Jakarta, CNBC Indonesia – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) kembali meraih penghargaan LinkedIn Top Companies 2025, sebagai salah satu tempat kerja terbaik untuk pengembangan karir. Ini menjadi tahun keempat secara berturut-turut Telkom menerima penghargaan bergengsi tersebut.

    Hal tersebut merupakan bukti bahwa Telkom Indonesia terus memperkuat komitmen perusahaan dalam menciptakan lingkungan kerja yang mendukung pertumbuhan dan kemajuan profesional bagi seluruh karyawan. Seperti diketahui, penghargaan LinkedIn Top Companies 2025 disusun berdasarkan analisis LinkedIn terhadap perusahaan-perusahaan di Indonesia yang secara konsisten memperhatikan berbagai aspek kemajuan karir karyawan, hingga terpilih 15 perusahaan terbaik.

    Berdasarkan dari rilis resmi LinkedIn News Asia, aspek yang diperhatikan meliputi peningkatan keterampilan karyawan, peluang untuk karyawan dipromosikan, pengembangan dan penambahan keahlian baru, stabilitas perusahaan, keterlibatan karyawan, serta dukungan perusahaan terhadap pertumbuhan jangka panjang karyawannya.

    Direktur Human Capital Management Telkom Afriwandi mengapresiasi penghargaan ini sebagai sebuah pencapaian dari kontribusi seluruh karyawan TelkomGroup.

    “Penghargaan ini adalah cerminan dari semangat kolektif seluruh karyawan TelkomGroup, di mana karyawan bukan hanya bekerja, tapi juga berkontribusi aktif dalam membangun budaya kerja yang sehat, inklusif, dan penuh semangat untuk tumbuh bersama sehingga memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi Indonesia,” ujar Afriwandi dalam keterangan tertulis, Rabu (23/4/2025).

    Untuk itu, segenap manajemen Telkom Indonesia menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas komitmen dan dedikasi yang luar biasa dari seluruh karyawan Telkom. Di samping itu, Afriwandi juga percaya, perusahaan hebat dibentuk oleh orang-orang hebat di dalamnya.

    Dia melanjutkan, dukungan dan semangat karyawan tidak hanya berkontribusi pada kinerja perusahaan melainkan juga memainkan peran penting dalam mengantarkan Telkom meraih predikat Top LinkedIn Companies 2025. Peran aktif mereka dalam membagikan kisah-kisah inspiratif selama bekerja di Telkom menjadi cerminan nyata keterlibatan karyawan sebagai representasi penting perusahaan di ruang publik dan profesional.

    Untuk mendorong keterlibatan tersebut, Telkom menghadirkan program Employee Ambassador sebagai wadah bagi seluruh karyawan untuk berperan sebagai perwakilan perusahaan di dunia profesional digital. Program ini tidak hanya memperkuat reputasi dan employer branding, tetapi juga menjadi sarana pengembangan diri dan perluasan jejaring profesional bagi para karyawan.

    Melalui berbagai inisiatif employer branding, Telkom secara aktif membagikan cerita dan pengalaman kerja yang mencerminkan budaya perusahaan berbasis nilai-nilai AKHLAK, sekaligus mempromosikan lingkungan kerja yang inklusif. Cerita-cerita ini disampaikan secara autentik oleh karyawan dari berbagai unit dan wilayah melalui platform LinkedIn dengan tagar #LivinginTelkom.

    Lebih dari itu, Telkom turut menunjukkan komitmen terhadap kesetaraan gender dan inklusivitas dengan menciptakan lingkungan kerja yang aman, terbuka, dan mendukung potensi setiap individu tanpa memandang latar belakang. Hal ini menjadikan Telkom bukan hanya tempat untuk bekerja, tetapi juga ruang yang mendorong pertumbuhan profesional dan personal secara berkelanjutan.

    Adapun berbagai program seperti layanan konseling WithU, Talent Marketplace, hingga Great People Scholarship Program (GPSP) menjadi representasi nyata dari keseriusan Telkom dalam mendukung pengembangan potensi karyawan di setiap tahapan karirnya. Inisiatif-inisiatif ini tidak hanya memperkaya pengalaman kerja karyawan, tapi juga memperkuat positioning Telkom sebagai perusahaan yang memprioritaskan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai aset strategis.

    Aktivasi employer branding yang konsisten melalui kanal LinkedIn turut memperluas dampak dampak positif dari seluruh inisiatif tersebut, sekaligus menjadikan Telkom sebagai magnet bagi talenta digital yang siap tumbuh dan berkontribusi di tengah dinamika dunia kerja yang terus berkembang. Berbagai informasi terbaru terkait program employer branding Telkom dapat dilihat di akun Instagram @LivinginTelkom.

    (rah/rah)

  • Top! Netmonk Sukses Jaga Stabilitas Jaringan di Pemda Papua Barat Daya

    Top! Netmonk Sukses Jaga Stabilitas Jaringan di Pemda Papua Barat Daya

    Jakarta, CNBC Indonesia – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui salah satu produknya, yakni Netmonk, berhasil membantu menyediakan stabilitas jaringan internet di Pemda Papua Barat Daya.

    Kepala Bidang Aplikasi Informatika Diskominfo Papua Barat Daya, Hari, mengatakan bahwa teknologi di Netmonk telah membantu timnya dalam memahami kondisi jaringan.

    “Dengan Netmonk, kami dapat mengetahui apakah jaringan benar-benar terputus atau hanya mengalami penurunan kecepatan. Ini memudahkan kami dalam menentukan langkah perbaikan dengan lebih efisien,” ujarnya dikutip dari keterangan tertulis, Selasa (22/4/2025).

    Diketahui Netmonk memungkinkan pengguna memantau jaringan secara real time. Netmonk dapat mengidentifikasi gangguan jaringan yang mungkin dan telah terjadi, sehingga penanganan selanjutnya bisa lebih responsif.

    Lebih jauh lagi, melalui sistem berbasis data, Netmonk menjadi solusi strategis yang dapat mendorong kinerja pemerintahan menjadi semakin efisien. Berkat pemantauan jaringan yang lebih transparan, cepat, dan akurat, aktivitas operasional yang bergantung kepada jaringan terhindar dari gangguan.

    EVP Digital Business and Technology Telkom Komang Budi Aryasa menjelaskan Netmonk bukan hanya mampu memantau jaringan, tetapi juga memastikan ekosistem digital yang lebih andal dan aman.

    “Dengan sistem pemantauan real-time dan analisis berbasis data, Netmonk membantu instansi pemerintah dalam menjaga stabilitas jaringan, mengurangi potensi downtime, serta meningkatkan efisiensi operasional. Dengan begitu, kualitas pelayanan publik dapat terus ditingkatkan, sejalan dengan visi transformasi digital yang berkelanjutan,” ujar dia.

    Dia menegaskan transformasi digital di instansi pemerintah menuntut jaringan andal agar pelayanan kepada masyarakat semakin optimal.

    “Melalui pemanfaatan Netmonk, pelayanan yang cepat dan tepat tersebut dapat diwujudkan, serta pengambilan keputusan berbasis data pun dapat dilakukan untuk memastikan layanan publik makin berjalan optimal,” pungkas Komang.

    (dpu/dpu)

  • Peringati Hari Bumi 2025, Telkom Mantapkan Komitmen Energi Terbarukan untuk Menuju Masa Depan Berkelanjutan – Page 3

    Peringati Hari Bumi 2025, Telkom Mantapkan Komitmen Energi Terbarukan untuk Menuju Masa Depan Berkelanjutan – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta Dalam rangka memperingati Hari Bumi yang jatuh pada tanggal 22 April, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) memantapkan komitmennya dalam mendukung pelestarian lingkungan melalui implementasi energi terbarukan. Tahun 2025 ini, peringatan Hari Bumi Internasional mengusung tema “Our Power, Our Planet”, yang mengajak seluruh masyarakat dunia untuk bersatu dalam mendorong peningkatan pemanfaatan energi terbarukan hingga tiga kali lipat pada tahun 2030.

    Telkom melalui program ESG (Environmental, Social, and Governance) bertajuk GoZero% – Sustainability Action by Telkom Indonesia yang berfokus pada tiga pilar yaitu Save Our Planet, Empower Our People, dan Elevate Our Business, secara aktif mengambil langkah nyata dalam mengurangi jejak karbon dan mendorong keberlanjutan operasionalnya melalui transisi menuju energi bersih.

    Sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, Telkom memahami peran strategis sektor industri untuk mendukung upaya global dalam menghadapi perubahan iklim. Sejalan dengan hal tersebut, Telkom secara bertahap namun pasti mengintegrasikan sumber energi terbarukan ke dalam infrastruktur dan aktivitas operasionalnya.

    SVP Group Sustainability and Corporate Communication Telkom Ahmad Reza mengatakan Hari Bumi menjadi momentum penting dan pengingat bagi kita semua akan tanggung jawab bersama dalam menjaga keberlangsungan bumi.

    “Telkom berkomitmen untuk menjadi bagian dari solusi dengan terus mendorong implementasi energi terbarukan sebagai salah satu pilar utama strategi keberlanjutan perusahaan. Kami percaya bahwa transisi menuju energi bersih bukan hanya sebuah kebutuhan, tetapi juga peluang untuk menciptakan masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan. Kami akan terus berupaya dalam memperluas inisiatif ini di masa yang akan datang,” ujar Ahmad Reza

    Telkom telah mencatat sejumlah pencapaian signifikan dalam pemanfaatan energi terbarukan, sebagaimana tercantum dalam Sustainability Report Telkom Tahun 2024 yang dirilis pada 21 April 2025, antara lain:

    1. Penggunaan Energi Terbarukan

    Telkom telah memasang panel surya di berbagai infrastruktur, meliputi Base Transceiver Station (BTS), Point of Presence (PoP), dan data center. Inisiatif ini tidak hanya mengurangi ketergantungan pada sumber energi fosil, tetapi juga menghasilkan penghematan biaya operasional jangka panjang. Hingga saat ini, konsumsi listrik dari energi terbarukan pada tahun 2021 – 2024 telah mencapai 126.448,20 Gigajoule (GJ) dan terus bertambah seiring dengan ekspansi infrastruktur hijau Perusahaan.

     

    2. Penggunaan Kendaraan Listrik (Electrical Vehicle)

    Sebagai bagian dari upaya mengurangi emisi Gas Rumah Kaca (GRK) dari penggunaan kendaraan operasional, Telkom secara bertahap melakukan transisi pada armada kendaraannya dengan menggunakan 587 kendaraan listrik dan didukung 33 lokasi charging station. Langkah ini dimulai dari kendaraan operasional di lingkungan kantor pusat hingga yang digunakan oleh teknisi lapangan. Selain lebih ramah lingkungan, penggunaan EV juga memberikan efisiensi biaya bahan bakar dan perawatan.

    3. Kemitraan dengan Penyedia Energi Terbarukan

    Telkom menjalin kemitraan strategis dengan PLN terkait energi terbarukan untuk memastikan pasokan energi bersih yang andal dan berkelanjutan. Kemitraan ini mencakup pembelian Renewable Energy Certificate (REC) untuk 69 PoP (Point of Presence) Telkom di tahun 2025.

    4. Gerakan Efisiensi Energi

    Telkom melakukan berbagai program efisiensi energi yang diterapkan di seluruh unit operasional perusahaan, termasuk penggunaan lampu LED, pengaturan suhu ruangan yang optimal, dan kampanye hemat energi bagi seluruh karyawan melalui program Gerakan Peduli Efisiensi Energi (GePEE). Selama tahun 2024, Telkom mengalokasikan 57 Miliar untuk upaya efisiensi energi melalui pengadaan maupun peremajaan peralatan ramah lingkungan, seperti lampu LED, refrigeran, baterai, dan monitor yang lebih ramah lingkungan.

    5. Inisiatif Green Data Center

    Sebagai penyedia layanan data center terbesar di Indonesia, Telkom memperhatikan aspek keberlanjutan dalam kegiatan operasionalnya. Berbagai inisiatif green data center yang dilakukan yaitu penggunaan sistem pendingin yang hemat energi, desain bangunan yang memaksimalkan pencahayaan alami, dan penggunaan solar panel untuk office. Langkah ini tidak hanya mengurangi dampak lingkungan dari operasional data center, tetapi juga memberikan nilai tambah bagi pelanggan yang semakin peduli terhadap isu keberlanjutan.

  • Langkah Nyata Menuju Masa Depan Berkelanjutan  

    Langkah Nyata Menuju Masa Depan Berkelanjutan  

    JABAR EKSPRES – Dalam rangka memperingati Hari Bumi yang jatuh pada tanggal 22 April setiap tahunnya, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menegaskan komitmennya dalam mendukung pelestarian lingkungan melalui implementasi energi terbarukan.

    Peringatan Hari Bumi Internasional 2025 mengusung tema “Our Power, Our Planet”, yang mengajak seluruh masyarakat dunia untuk bersatu dalam mendorong peningkatan pemanfaatan energi terbarukan hingga tiga kali lipat pada tahun 2030.

    Telkom melalui program ESG (Environmental, Social, and Governance) bertajuk GoZero% – Sustainability Action by Telkom Indonesia yang berfokus pada tiga pilar yaitu Save Our Planet, Empower Our People, dan Elevate Our Business, secara aktif mengambil langkah nyata dalam mengurangi jejak karbon dan mendorong keberlanjutan operasionalnya melalui transisi menuju energi bersih.

    Sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, Telkom memahami peran strategis sektor industri untuk mendukung upaya global dalam menghadapi perubahan iklim.

    Sejalan dengan hal tersebut, Telkom secara bertahap namun pasti mengintegrasikan sumber energi terbarukan ke dalam infrastruktur dan aktivitas operasionalnya.

    “Hari Bumi menjadi momentum penting dan pengingat bagi kita semua akan tanggung jawab bersama dalam menjaga keberlangsungan bumi. Telkom berkomitmen untuk menjadi bagian dari solusi dengan terus mendorong implementasi energi terbarukan sebagai salah satu pilar utama strategi keberlanjutan perusahaan. Kami percaya bahwa transisi menuju energi bersih bukan hanya sebuah kebutuhan, tetapi juga peluang untuk menciptakan masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan. Kami akan terus berupaya dalam memperluas inisiatif ini di masa yang akan datang,” ujar SVP Group Sustainability and Corporate Communication Telkom Ahmad Reza.

    Telkom telah mencatat sejumlah pencapaian signifikan dalam pemanfaatan energi terbarukan, sebagaimana tercantum dalam Sustainability Report Telkom Tahun 2024 yang dirilis pada 21 April 2025, antara lain:

    1. Penggunaan Energi Terbarukan : Telkom telah memasang panel surya di berbagai infrastruktur, meliputi Base Transceiver Station (BTS), Point of Presence (PoP), dan data center. Inisiatif ini tidak hanya mengurangi ketergantungan pada sumber energi fosil, tetapi juga menghasilkan penghematan biaya operasional jangka panjang. Hingga saat ini, konsumsi listrik dari energi terbarukan pada tahun 2021 – 2024 telah mencapai 126.448,20 Gigajoule (GJ) dan terus bertambah seiring dengan ekspansi infrastruktur hijau Perusahaan.

  • Gugat UU Kementerian Negara, Advokat Minta Wakil Menteri Dilarang Rangkap Jabatan
                
                    
                        
                            Nasional
                        
                        22 April 2025

    Gugat UU Kementerian Negara, Advokat Minta Wakil Menteri Dilarang Rangkap Jabatan Nasional 22 April 2025

    Gugat UU Kementerian Negara, Advokat Minta Wakil Menteri Dilarang Rangkap Jabatan
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com
    – Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara digugat ke
    Mahkamah Konstitusi
    (MK) oleh seorang advokat bernama
    Juhaidy Rizaldy Roringkon
    , asal Sulawesi Utara.
    Gugatan dengan nomor perkara 21/PUU-XXIII/2025 ini akan disidangkan perdana pada Selasa (22/4/2025) di MK.
    Dalam petitumnya, pemohon meminta agar ada penambahan frasa ”
    wakil menteri
    ” dalam Pasal 23 UU 39/2008 yang berkaitan dengan larangan menteri rangkap jabatan.
    “Menyatakan frasa ‘Menteri’ sebagaimana ditentukan dalam Pasal 23 Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2008, Nomor 166, Tambahan Lembaran Negara Nomor 4916) tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat sepanjang tidak dimaknai ‘Menteri dan
    Wakil Menteri
    ‘,” tulis gugatan tersebut.
    Gugatan ini dilayangkan pemohon karena berpandangan bahwa wakil menteri sama posisinya dengan menteri yang ditunjuk secara langsung oleh presiden.
    Dalam gugatan, dibeberkan juga enam wakil menteri yang merangkap jabatan sebagai komisaris atau dewan pengawas badan usaha milik negara.
    Para wakil menteri itu adalah Kartika Wirjoatmoko sebagai komisaris PT Bank Rakyat Indonesia (BRI), kemudian Aminuddin Maruf sebagai komisaris PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), Dony Oskaria sebagai wakil komisaris utama PT Pertamina (Persero).
    Tiga lainnya adalah Suahasil Nazara sebagai wakil komisaris PLN, Silmy Karim sebagai komisaris PT Telkom Indonesia, dan Sudaryono sebagai ketua dewan pengawas Perum Bulog.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Telkom Cetak Laba Rp23,6 Triliun, Segini Potensi Dividennya

    Telkom Cetak Laba Rp23,6 Triliun, Segini Potensi Dividennya

    PIKIRAN RAKYAT – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk berhasil mencatatkan kinerja solid sepanjang tahun 2024 dengan membukukan laba bersih sebesar Rp23,6 triliun. Meski mengalami penurunan tipis sebesar 3,7 persen dibandingkan tahun sebelumnya, prospek pembagian dividen bagi pemegang saham tetap menjanjikan.

    Laba Masih Kuat Meski Turun Tipis

    Berdasarkan laporan keuangan tahunan, Telkom mencatatkan laba bersih sebesar Rp23,6 triliun pada 2024, sedikit turun dari Rp24,6 triliun di tahun 2023. Meski demikian, margin laba bersih tetap berada di level sehat, yakni 15,8 persen.

    Earnings Before Interest, Taxes, Depreciation, and Amortization (EBITDA) konsolidasi mencapai Rp75 triliun dengan margin 50 persen. Angka ini menunjukkan ketahanan fundamental perusahaan meski ada tekanan dari program pensiun dini pada kuartal II 2024.

    Laba operasional tercatat sebesar Rp24,1 triliun, seiring pertumbuhan pendapatan dari sektor Data, Internet & IT Services, serta jasa telekomunikasi.

    “Kinerja ini tetap mencerminkan fundamental perusahaan yang sehat, terutama dari segmen layanan data dan digital yang terus bertumbuh,” ujar Theodorus Melvin, Investment Analyst dari Stockbit, dalam riset pada Senin 21 April 2025.

    Laba Kuartal IV 2024 Naik

    Menjelang akhir tahun, Telkom berhasil mencatatkan kenaikan laba bersih pada kuartal IV 2024 sebesar 1 persen dibandingkan kuartal sebelumnya. Laba kuartalan tersebut mencapai Rp6 triliun.

    Kinerja ini dianggap sebagai sinyal pemulihan yang kuat dan memberi ruang bagi manajemen untuk tetap mempertahankan tradisi pembagian dividen.

    Potensi Dividen hingga 7,5 Persen

    Theodorus menyebutkan, jika mengacu pada rasio pembagian dividen historis sebesar 70 hingga 80 persen dari laba bersih, maka Telkom berpotensi membagikan dividen yang cukup menarik pada 2025.

    “TLKM berpotensi membagikan dividen sekitar Rp167–191 per saham, setara dengan dividend yield sekitar 6,6 hingga 7,5 persen berdasarkan harga saham per Kamis, 17 April 2025 di level Rp2.550,” katanya.

    Angka ini diprediksi akan menjadi salah satu daya tarik utama saham TLKM menjelang Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang akan digelar pada 27 Mei 2025.

    Investor Menanti Keputusan RUPST

    Pembagian dividen akan ditentukan dalam RUPST Telkom mendatang. Dengan kinerja keuangan yang relatif stabil dan cadangan laba yang kuat, potensi dividen tunai dari Telkom sangat terbuka.

    “Secara fundamental, Telkom masih menunjukkan pertumbuhan yang sehat, terutama pada segmen data dan layanan digital. Ini memberikan kepercayaan bagi investor terhadap keberlanjutan pembagian dividen di masa depan,” tutur Theodorus.

    Dengan potensi dividend yield yang tinggi, saham TLKM dinilai tetap menarik di tengah fluktuasi pasar. Investor akan mencermati hasil RUPST sebagai penentu arah pembagian keuntungan dari emiten BUMN andalan sektor telekomunikasi ini.***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • Peta Persaingan XLSmart, Telkomsel, dan Indosat, Siapa Lebih Unggul?

    Peta Persaingan XLSmart, Telkomsel, dan Indosat, Siapa Lebih Unggul?

    Jakarta

    Operator seluler dalam negeri semakin sengit usai beroperasinya XLSmart, perusahaan gabungan XL Axiata dan Smartfren. Lantas, bagaimana peta persaingan antara Indosat Ooredoo Hutchison, Telkomsel, dan XLSmart?

    Jumlah operator seluler Indonesia kian tahun semakin mengerucut yang pada akhirnya kini menyisakan tiga pemain. Hal itu yang membuat penyelenggara telekomunikasi ini akan semakin inovatif dalam memberikan layanan terbaik kepada pelanggan.

    detikINET telah merangkum jumlah pelanggan, base transceiver station (BTS), hingga total pelanggan yang dimiliki masing-masing operator seluler saat ini.

    Indosat Ooredoo Hutchison

    Indosat terbilang agresif memperluas infrastruktur jaringan dengan menambah jumlah base transceiver station (BTS) 4G hingga menyentuh 196 ribu di berbagai pelosok Tanah Air. Keberadaan infrastruktur telekomunikasi itu untuk mengakomodir kebutuhan 94,7 juta pada akhir 2024.

    Pada tahun lalu, belanja modal Indosat mencapai Rp 9,937 triliun dengan 82,7% dialokasikan untuk peningkatan jaringan seluler guna memenuhi kebutuhan yang terus meningkat terhadap layanan digital berbasis AI. Sementara, sisa belanja modal untuk MIDI dan IT guna memperkokoh posisi Indosat sebagai perusahaan telekomunikasi berbasis AI.

    Beralih soal spektrum frekuensi, saat ini digunakan Indosat Ooredoo Hutchison ini mengoperasikan total 135 MHz.

    Telkomsel

    Dalam laporan keuangan terbaru Telkom, anak perusahannya, Telkomsel, masih menjadi penyumbang terbesar dengan mencatatkan pendapatan Rp 113,3 triliun sepanjang tahun 2024. Pendapatan tersebut mengalami pertumbuhan 10,7% dari tahun ke tahun.

    Telkom telah mengalihkan bisnis consumer ke Telkomsel, itu ditandai dengan pindahnya IndiHome ke operator seluler yang identik warna merah ini. Tercatat, total pelanggan Telkomsel mencapai 159,4 juta. Sedangkan, IndiHome punya 9,6 juta pelanggan (B2C). Secara total, keseluruhan pelanggan IndiHome B2C dan B2B sebanyak 10,8 juta pelanggan.

    Telkomsel gencar memperluas cakupan dan meningkatkan kualitas layanan hingga ke pelosok daerah. Desember 2024, Telkomsel mengoperasikan 271.040 BTS, mencakup 221.290 BTS 4G dan 975 BTS 5G, memastikan kesiapan kapasitas untuk memenuhi kebutuhan digital bagi seluruh masyarakat Indonesia yang semakin meningkat. Hal ini ditandai dengan pertumbuhan lalu lintas data (data payload) sepanjang tahun 2024 yang naik double digit sebesar 13,9% YoY menjadi 20.386.475 TB.

    Total spektrum frekuensi yang dipakai Telkomsel mencapai 165 MHz.

    XLSmart

    Bergabungnnya XL Axiata dan Smartfren menjadi kekuatan baru di industri saat ini. Perusahaan yang sudah beroperasi dengan nama XLSmart mulai mengarungi layanan telekomunikasi dalam negeri pada tiga bulan kedua tahun ini.

    Dengan pangsa pasar gabungan 25%, proyeksi pendapatan proforma Rp 45,8 triliun, dan basis pelanggan lebih dari 94,5 juta, XLSmart menargetkan menjadi perusahaan yang paling dicintai di Indonesia pada 2027. Adapun, total BTS XLSmart 211.000.

    “Fokus kami tetap sama dan sangat jelas: pelanggan,” tegas Presiden Direktur dan CEO XLSmart Rajeev Sethi. “Kami membangun perusahaan yang lebih mendengarkan, lebih gesit bergerak, dan lebih cerdas dalam melayani. Baik di kota besar maupun wilayah pelosok, XLSmart hadir untuk memastikan setiap orang Indonesia memiliki akses terhadap teknologi, jaringan, dan pengalaman yang benar-benar bermakna.”

    Setelah mengembalikan spektrum dengan lebar pita 2 x 7,5 MHz di pita frekuensi 900 MHz ke pemerintah, XLSmart sekarang mengoperasikan uplink dan downlink 107 MHz yang berada di pita frekuensi 850 MHz, frekuensi 1800 MHz, frekuensi 2100 MHz, dan frekuensi 2300 MHz.

    (agt/fyk)

  • Pelanggan IndiHome (Telkomsel) Tembus 10,8 Juta, Pendapatan Rp26,3 Triliun 2024

    Pelanggan IndiHome (Telkomsel) Tembus 10,8 Juta, Pendapatan Rp26,3 Triliun 2024

    Bisnis.com, JAKARTA — IndiHome, layanan digital internet, telepon rumah, dan TV interaktif/IPTV milik Telkomsel, telah melayani total 10,8 juta pelanggan pada 2024 atau bertambah sekitar 769.000 pelanggan (7,7%) dibandingkan dengan 2023.

    Telkom, induk Telkomsel, menyampaikan dalam laporannya bahwa IndiHome terus memperluas kepemimpinan pasar. Untuk ritel, IndiHome memiliki basis pelanggan sebanyak 9,6 juta pelanggan dengan rerata pendapatan per pelanggan (ARPU) sebesar Rp238.000. 

    Adapun secara total pelanggan terlayani, termasuk sektor korporasi, mencapao 10,8 juta pelanggan dengan pendapatan yang diraup selama 2024 sebesar Rp26,3 triliun. 

    “Gerai ritel kami memberikan keuntungan distribusi yang strategis, meningkatkan aksesibilitas dan adopsi fixed mobile convergence (FMC). Kami telah mencapai tonggak integrasi FMC utama, terutama penyelesaian integrasi satu tagihan – peningkatan penting yang menyatukan layanan seluler dan tetap, mengurangi hambatan dalam transaksi pelanggan,” tulis dalam Info Memo dikutip Senin (21/4/2025).

    Fixed Mobile Convergence (FMC) adalah integrasi jaringan telekomunikasi tetap dan seluler. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk beralih antara jaringan tetap dan seluler tanpa kehilangan kualitas koneksi.  

    FMC memiliki beberapa manfaat, di antaranya adalah peningkatan daya tangkap sinyal dan kecepatan serta keandalan layanan yang lebih tinggi. 

    Telkom menyampaikan strategi FMC yang dijalankan juga mendorong efisiensi operasional, pengurangan churn, dan retensi pelanggan yang lebih kuat.

    Pendekatan pertumbuhan jalur ganda Telkom menyeimbangkan perluasan pelanggan dengan maksimalisasi nilai, memastikan penetrasi yang lebih luas, sekaligus meningkatkan monetisasi layanan. 

    “Melalui bundling konten yang ditargetkan, penjualan silang, dan pengiriman layanan terintegrasi, kami menangkap sinergi biaya sekaligus memperkuat ekonomi akuisisi dan loyalitas pelanggan,” tulis Telkom. 

    Adapun sebanyak 57% dari total pelanggan IndiHome saat ini telah menggunakan layanan seluler dan internet mobile. Porsi pengguna FMC IndiHome pada 2024 meningkat dari 2023 yang sebesar 53%.

    Sebelumnya, Vice President Home Broadband & FMC Consumer Marketing Juliana mengatakan pada 2024 Telkomsel melalui IndiHome berkomitmen untuk terus meningkatkan kepuasan pelanggan melalui produk unggulan perusahaan yaitu Telkomsel One.  

    Telkomsel One adalah layanan konvergensi (fixed mobile convergence) yang menghadirkan konektivitas unggulan jaringan fixed (IndiHome) dan mobile broadband (Telkomsel) dalam satu layanan, untuk pengalaman broadband yang seamless dan pengalaman digital yang lebih baik, tanpa terikat pada satu teknologi jaringan tertentu.

    “Kami fokus pada aggressive selling untuk speed di atas 50 Mbps dalam rangka memberikan nilai lebih untuk pelanggan dan para stakeholders, dengan tetap menjaga customer experience terbaik bagi seluruh pelanggannya,” kata Juliani.