BUMN: PT Telekomunikasi Indonesia Tbk

  • Telin Gandeng Citra Connect Kembangkan KEK Nongsa Digital Park di Batam – Page 3

    Telin Gandeng Citra Connect Kembangkan KEK Nongsa Digital Park di Batam – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta Guna mengembangkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Nongsa Digital Park (NDP) yang berlokasi di Batam, Kepulauan Riau, menjadi connectivity hub terkemuka, PT Telekomunikasi Indonesia International (Telin), anak perusahaan dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menggandeng PT Citranet Sarana Digital (Citra Connect).

    Selain itu, kolaborasi tersebut juga menjadi tonggak penting dalam memajukan lanskap digital Indonesia dengan meningkatkan konektivitas regional dan mengubah NDP menjadi gerbang inovasi teknologi. Tak hanya itu, kolaborasi tersebut juga akan didukung oleh infrastruktur canggih serta inisiatif berwawasan ke depan.

    CEO Telin, Budi Satria Dharma Purba mengungkapkan bahwa pihaknya mengambil langkah besar bersama Citra Connect untuk semakin memperkuat kolaborasi.

    “Dengan menyelesaikan proses akuisisi lahan ini, kami bersama-sama berkomitmen mentransformasi Nongsa Digital Park menjadi connectivity hub kelas dunia yang tidak hanya mendukung pertumbuhan ekonomi tetapi juga mendorong inovasi dan keberlanjutan di wilayah Batam,” ungkapnya.

    Selaras dengan itu, Direktur Eksekutif Citra Connect dan NDP Marco Bardelli mengatakan bahwa pihaknya berperan penting dalam menjadikan NDP salah satu hub pusat data paling menarik di kawasan, dengan menjadi komponen kunci dalam pertumbuhan eksponensial ekonomi digital Indonesia.

    “Semua ini tidak mungkin terjadi tanpa kerja sama dengan Telin, perjalanan dimulai melalui penandatanganan kemitraan pada September 2023 lalu, kemudian kolaborasi berkembang dengan sangat cepat,” katanya.

  • Telkomsel Luncurkan IndonesiaNEXT ke-9 dengan Kurikulum Berbasis AI

    Telkomsel Luncurkan IndonesiaNEXT ke-9 dengan Kurikulum Berbasis AI

    Jakarta, CNN Indonesia

    Telkomsel kembali menghadirkan program Corporate Social Responsibility (CSR) unggulan, IndonesiaNEXT ke-9, dengan tema #UpskillToInnovate.

    Program ini menjadi wujud nyata komitmen Telkomsel dalam mengimplementasikan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) untuk menciptakan inovasi yang berdampak di era digital.

    Melalui IndonesiaNEXT, Telkomsel berfokus memberdayakan generasi muda Indonesia dengan keterampilan digital mutakhir, termasuk teknologi berbasis kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/ AI).

    Inisiatif ini hadir sebagai solusi atas tantangan pendidikan tinggi di Indonesia, seperti ketimpangan akses, kesenjangan kualitas, dan ketidaksesuaian lulusan dengan kebutuhan industri.

    Di mana IndonesiaNEXT menawarkan pelatihan dan sertifikasi berbasis teknologi, kerangka pemetaan talenta, hingga kolaborasi dengan universitas dan organisasi internasional, guna mencetak talenta digital siap berkarya dan berdampak.

    VP Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, Saki H. Bramono, menyatakan, melalui IndonesiaNEXT, yang menjadi salah satu wujud penerapan prinsip ESG oleh perusahaan, Telkomsel berkomitmen memperluas akses generasi muda ke keterampilan digital yang relevan.

    “Kami ingin menginspirasi mereka untuk menjadi inovator yang menciptakan perubahan positif bagi bangsa,” kata Saki dalam keterangannya dikutip Minggu (8/12).

    IndonesiaNEXT ke-9 menawarkan hal baru

    • Kurikulum Generative AI: Membekali peserta dengan wawasan terkait tren teknologi terbaru.

    • Sertifikasi Teknologi: Sertifikasi berbasis kebutuhan terkini industri digital.

    • Kolaborasi Global: Melibatkan inkubator universitas dan organisasi internasional.

    • Kerangka Pemetaan Talenta: Memantau perkembangan peserta secara sistematis.

    Lima tahapan program IndonesiaNEXT ke-9

    1. National Webinar & Placement Test: Pelatihan digital bagi 1.000 peserta terpilih.

    2. Tech-Based Certification: Sertifikasi untuk 300 peserta terbaik.

    3. Ideation Bootcamp: Pengembangan keterampilan berbasis peran digital (Hustler, Hipster, Hacker).

    4. Digitalent Academy: Pengasahan advanced skillset sesuai peran digital bagi 24 peserta terbaik.

    5. Awarding: Penghargaan bagi tim dan individu terbaik di masing-masing kategori.

    Adapun pendaftaran IndonesiaNEXT ke-9 dibuka hingga 10 Maret 2025 untuk mahasiswa aktif dari semua jurusan.

    IndonesiaNEXT Goes to Campus juga akan menghadirkan National Lecture dan Screening Test di Universitas Indonesia pada 5 Desember 2024; Universitas Airlangga pada 13 Februari 2025.

    Kemudian, Universitas Gadjah Mada pada 18 Februari 2025; dan Telkom University pada 20 Februari 2025). Untuk pendaftaran dapat dilakukan melalui laman resmi indonesianext.co.id.

    Sebagai informasi, sejak 2016, IndonesiaNEXT telah diikuti oleh lebih dari 86.000 talenta dari 38 provinsi dan telah menghasilkan lebih dari 6.800 sertifikasi keterampilan digital.

    Program ini merupakan bagian dari peta jalan ekosistem inovasi digital Telkomsel, bersama program dan inisiatif lain seperti NextDev, Telkomsel Ventures, dan INDICO, dalam secara strategis mendukung pencapaian visi Indonesia Emas 2045.

    “Telkomsel percaya bahwa talenta digital adalah kunci transformasi serta keberlanjutan ekosistem dan ekonomi digital Indonesia. Melalui IndonesiaNEXT, kami ingin mencetak technopreneur andal yang siap membawa Indonesia menuju hari yang lebih baik dan masa depan gemilang,” kata Saki.

    (inh/inh)

  • IndonesiaNEXT ke-9 Hadir untuk Cetak 1.000 Talenta Digital

    IndonesiaNEXT ke-9 Hadir untuk Cetak 1.000 Talenta Digital

    Jakarta, CNBC Indonesia– Telkomsel kembali menghadirkan program IndonesiaNEXT ke-9 dengan tema #UpskillToInnovate. Program ini berfokus memberdayakan generasi muda Indonesia melalui keterampilan digital terkini, seperti teknologi berbasis kecerdasan buatan (AI).

    IndonesiaNEXT berupaya menjawab tantangan pendidikan tinggi di Indonesia. Termasuk ketimpangan akses, kesenjangan kualitas, dan relevansi lulusan dengan kebutuhan industri, sebagaimana dinyatakan Kementerian Pendidikan Tinggi, Sains, dan Teknologi.

    VP Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, Saki H. Bramono menyatakan, IndonesiaNEXT menawarkan pelatihan dan sertifikasi berbasis teknologi, kerangka pemetaan talenta, hingga kolaborasi dengan universitas dan organisasi internasional, guna mencetak talenta digital siap berkarya dan berdampak.

    “Melalui IndonesiaNEXT, yang menjadi salah satu wujud penerapan prinsip ESG oleh perusahaan, Telkomsel berkomitmen memperluas akses generasi muda ke keterampilan digital yang relevan. Kami ingin menginspirasi mereka untuk menjadi inovator yang menciptakan perubahan positif bagi bangsa,” ungkap dia dikutip Sabtu (7/12/2024).

    Program IndonesiaNEXT ke-9 meliputi kurikulum Generative AI untuk membekali peserta dengan wawasan terkait tren teknologi terbaru, lalu sertifikasi teknologi yakni sertifikasi berbasis kebutuhan terkini industri digital.

    Kemudian kolaborasi global dengan melibatkan inkubator universitas dan organisasi internasional dan kerangka pemetaan talenta yakni memantau perkembangan peserta secara sistematis

    Program IndonesiaNEXT ke-9 terdiri dari lima tahapan utama, antara lain National Webinar dan Placement Test, yakni pelatihan digital bagi 1.000 peserta terpilih, Tech-Based Certification yaitu sertifikasi untuk 300 peserta terbaik, dan Ideation Bootcamp berupa pengembangan keterampilan berbasis peran digital (Hustler, Hipster, Hacker).

    Kemudian Digitalent Academy yaitu pengasahan advanced skillset sesuai peran digital bagi 24 peserta terbaik, serta awarding yakni penghargaan bagi tim dan individu terbaik di masing-masing kategori.

    Adapun pendaftaran IndonesiaNEXT ke-9 dibuka hingga 10 Maret 2025 untuk mahasiswa aktif dari semua jurusan. Pendaftaran dapat dilakukan melalui laman resmi indonesianext.co.id.

    IndonesiaNEXT Goes to Campus juga akan menghadirkan National Lecture dan Screening Test di Universitas Indonesia (5 Desember 2024), Universitas Airlangga (13 Februari 2025), Universitas Gadjah Mada (18 Februari 2025), dan Telkom University (20 Februari 2025).

    Sejak 2016, IndonesiaNEXT diikuti oleh lebih dari 86.000 talenta dari 38 provinsi dan menghasilkan lebih dari 6.800 sertifikasi keterampilan digital. Program ini merupakan bagian dari peta jalan ekosistem inovasi digital Telkomsel, bersama program dan inisiatif lain, seperti NextDev, Telkomsel Ventures, dan INDICO, dalam secara strategis mendukung pencapaian visi Indonesia Emas 2045.

    “Telkomsel percaya bahwa talenta digital adalah kunci transformasi serta keberlanjutan ekosistem dan ekonomi digital Indonesia. Melalui IndonesiaNEXT, kami ingin mencetak technopreneur yang siap membawa Indonesia menuju hari yang lebih baik dan masa depan gemilang,” tambah Saki. 

    (bul/bul)

  • Biar Pelanggan Loyal, Customer Experience dan Digital Engagement Jadi Kunci

    Biar Pelanggan Loyal, Customer Experience dan Digital Engagement Jadi Kunci

    Jakarta: Perusahaan semakin mengutamakan customer experience dan digital engagement untuk mempertahankan loyalitas pelanggan. Customer experience merujuk pada keseluruhan perjalanan pelanggan saat berinteraksi dengan merek, yang kini semakin dipengaruhi oleh teknologi digital.
     
    Banyaknya konsumen yang mengandalkan teknologi untuk berbelanja dan mencari informasi, mengharuskan perusahaan dapat menyediakan pengalaman yang konsisten dan personal di berbagai platform digital. Dengan penggunaan alat digital memungkinkan perusahaan untuk memahami perilaku pelanggan.
     
    Customer Satisfaction Division Head PT Sharp Electronics Indonesia Lise Tiasanty menyampaikan, upaya perusahaan dalam menghadapi tantangan di era digital, dengan menyediakan layanan yang cepat melalui berbagai saluran komunikasi. Ia mengakui tidak mudah untuk memobilisasi seluruh layanan.
    “Bagaimana bisa memobilisasi mereka supaya bisa memberikan respon yang cepat kepada konsumen. Bagaimana bisa mengirimkan spare parts yang  dari Jakarta bisa diterima di Jayapura dengan cepat,” kata dia dalam seminar “Creating Memorable Customer Journey: Integrating Customer Experience and Digital Engagement” dilansir di Jakarta, Sabtu, 7 Desember 2024.
     
    Oleh karenanya, pada 2021 Sharp meluncurkan layanan service center berbasis sistem artificial intelligence bernama Sharp Artificial Intelligence Virtual Assistant (SALLI) yang tersedia dalam 24 jam. SALLI dapat diakses melalui WhatsApp untuk layanan purnajual, program penjualan terkini, hingga customer service.
     

     
    Selain itu, Sharp memiliki jaringan layanan 638 service point di seluruh Indonesia, termasuk wilayah terpencil. Lise menambahkan bahwa inovasi ini telah meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan Sharp menjadi 98,7 persen, mengalami kenaikan signifikan dari 87,7 persen pada tahun sebelumnya.
     
    Head of Strategy Development PT HM Sampoerna Tbk Shirley Lesmana menceritakan dampak signifikan bagi UMKM lokal dan perekonomian melalui Sampoerna Retail Community (SRC). Dimulai pada 2008 dengan 57 toko, program ini kini telah berkembang menjadi 250 ribu toko anggota di seluruh Indonesia. 
     
    Menurutnya, keberhasilan SRC terletak pada pengalaman pelanggan dan hubungan sesama pemilik toko. Dengan inovasi ini, SRC tidak hanya meningkatkan omzet toko tetapi juga mendukung pertumbuhan UMKM melalui program Pojok Lokal, yang memperkenalkan produk lokal di toko-toko anggota. 
     
    “Adapun SRC mengimplementasikan platform digital AYO untuk meningkatkan efisiensi bisnis, dengan 90 persen toko sudah terdigitalisasi. Platform ini membantu meningkatkan omzet toko hingga 42 persen dan menghasilkan transaksi tahunan sebesar Rp5,6 triliun,” ungkapnya.
     
    Untuk itu, SWA dan Business Digest memberikan penghargaan bagi perusahaan dengan customer experience dan digital engagement terbaik. Penghargaan diberikan kepada perusahaan yang berhasil menciptakan pengalaman pelanggan yang luar biasa serta implementasi strategi engagement konsumen.
     
    Adapun para penerima Indonesia Customer Experience Award 2024 di antaranya PT Telekomunikasi Selular, IndiHome, GraPARI, PT Bank Syariah Indonesia Tbk, PT Sharp Electronics Indonesia, First Media powered by XL Axiata, KMN EyeCare, ASPIRA dan AXA Mandiri Financial Services.
     
    Sementara Indonesia Customer Experience Champions 2024 diberikan kepada PT Bank Central Asia Tbk, PT HM Sampoerna Tbk, AXA Insurance Indonesia, Astra UD Trucks, Urban Republic, Edelweiss Hospital, Telkom Infra dan PT Nusantara Inti Solusindo.
     
    Kemudian penerima Indonesia Digital Customer Engagement Champions in Services Industry di antaranya adalah Bank DBS Indonesia, PT Finnet Indonesia, Baznas RI, PT Great Eastern Life Indonesia dan PT Infomedia Nusantara.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (END)

  • Dampak Positif Pijar Sekolah terhadap Pendidikan di Daerah Terpencil

    Dampak Positif Pijar Sekolah terhadap Pendidikan di Daerah Terpencil

    Jakarta

    Terbatasnya akses teknologi di daerah terpencil menjadi tantangan tersendiri dalam meningkatkan kualitas pendidikan, terutama di era digital. Persoalan itu kemudian terjawab dengan kehadiran aplikasi pembelajaran online, yakni Pijar Sekolah milik Telkom.

    Roni Hariyanto Bhidju yang merupakan seorang guru di SDN Fatubai, Desa Oehalo, Kecamatan Insana Tengah, Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur, mengungkapkan bagaimana pemanfaatan teknologi mementukan mutu pendidikan di masa mendatang.

    Sebagai informasi, Roni mengajar di pedalaman yang jauh dari kota dengan infrastruktur terbatas. Keinginannya yang kuat untuk mencerdaskan siswa-siswa yang diajarnya, mendorongnya mencari solusi digital yang mampu membantunya mengatasi berbagai tantangan proses mengajar.

    “Saya melihat kehidupan masyarakat di sini cukup prihatin, karena kalau kita lihat data siswa, status pendidikan orang tua mayoritas tamat SD, dan pekerjaan mereka bertani dan kuli bangunan. Dulu, waktu saya ditanya kepala sekolah apa tujuan utama memilih SDN Fatubai? Alasannya, karena saat saya tanya orang-orang, banyak sekali yang tidak tahu keberadaan sekolah ini dan saya ingin mempublikasi SDN Fatubai lewat dua cara. Pertama peningkatan kompetensi guru, dan kedua peningkatan kompetensi belajar siswa,” ungkap dia dalam keterangan pers, Sabtu (7/8/2024).

    Ia menjelaskan bahwa platform Pijar Sekolah membantu guru melengkapi administrasi sekolah. Dalam Pijar Sekolah tersedia sumber belajar dan sumber bacaan bagi siswa. Bagi Roni, Pijar Sekolah juga menjadi sumber kreativitas guru, karena bisa membuat modul belajar, dan video pembelajaran yang bisa dimanfaatkan peserta didik dalam proses pembelajaran.

    Guru yang satu ini sebelumnya pernah mengikuti ajang kompetensi Guru Unggul dan masuk sepuluh besar se-Indonesia. Menurutnya, Pijar Sekolah tidak sekadar membantunya secara daring, bahkan dia berkesempatan mengikuti bootcamp yang diinisiasi Pijar Sekolah tentang bagaimana membuat video pembelajaran dan teknik berbicara depan publik.

    Sebelum menggunakan Pijar Sekolah, di luar dari beban Roni melaksanakan pembelajaran, ia menghabiskan waktu berjam-jam membuat e-learning sendiri. Setelah menggunakan Pijar Sekolah, ia bisa menghemat lebih banyak waktu karena Pijar Sekolah sudah menyediakan berbagai fitur yang meringankan beban kerja guru.

    “Pijar sudah menyediakan berbagai format sehingga kita tinggal tinggal kita upload saja, seperti contoh tugas misalnya. Jadi, tinggal kita buatkan soalnya saja dan upload ke Pijar Sekolah,” katanya.

    Mengacu Permendikbud Ristek No. 25 Tahun 2024, guru diwajibkan mengajar tatap muka minimal 24 jam per minggu. Hal tersebut di luar beban guru lainnya yang diatur UU No. 14 Tahun 2005 pasal 35, yang mencakup merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, membimbing dan melatih peserta didik, serta melaksanakan tugas tambahan.

    Menariknya, meski tidak memiliki jaringan internet sekolah, Roni terbukti mampu membawa perubahan dalam proses pembelajaran berbasis digital. Dia aktif membuat materi ajar menggunakan aplikasi presentasi yang bisa dipakai menggunakan proyektor bantuan pemerintah di sekolah. Aplikasi presentasi itu ditampilkan di kelas dan digunakannya membuat modul ajar dan dibagikan ke peserta didik secara gratis.

    “Pada akhirnya, platform pembelajaran digital Pijar Sekolah terbukti sanggup memberikan kemudahan bagi guru dalam melakukan tugas mengajar, melaksanakan ujian, pembagian tugas, hingga pemberian nilai dan pemantauan presensi. Segala kemudahan tersebut cukup dilakukan dengan bantuan satu platform Pijar Sekolah,” tambahnya.

    Roni memandang, guru sebagai pendidik harus bersikap dinamis, setiap detik menit perubahan selalu terjadi. Jika kompetensi tidak terasah , nanti malah tidak bisa menjawab apa yang ditanyakan peserta didik. Begitu pula proses belajar mengajar, tidak cukup hanya text book belaka, pengajaran kreatif mutlak dibutuhkan, dan Pijar Sekolah sangat membantu Roni dalam hal tesebut.

    (agt/agt)

  • Pengamat Beberkan Tantangan Telkom di Era Perubahan

    Pengamat Beberkan Tantangan Telkom di Era Perubahan

    Jakarta, CNBC Indonesia – Pengamat telekomunikasi sekaligus Direktur Eksekutif Information and Communication Technology(ICT) Institute Heru Sutadi mengatakan ancaman disrupsi dan transformasi digital jadi tantangan bagi PT Telkom Indonesia (Telkom). Namun, ujarnya, Telkom berhasil survive di tengah ancaman yang harus dijalani tersebut. Meski tren bisnis ke arah over-the-top (OTT) di mana infrastruktur lebih banyak mengeluarkan anggaran untuk pembangunan sementara OTT yang mendapat hasil lebih besar.

    Dia mengatakan, dengan waktu yang panjang Direktur Utama PT Telkom Indonesia Ririek Adriansyah memimpin Telkom dengan dinamika perubahannya.

    Kemudian juga perkembangan digital membuat Telkom juga harus bertransformasi dengan cepat apalagi merupakan perusahaan telekomunikasi dan ICT. Sampai sekarang bisnis Telkom tetap tumbuh, meski memang ada tren penurunan. “Dibanding pemain telekomunikasi lainnya yang tinggal nama, Telkom Group masih terdepan,” ujar Heru saat dihubungi di Jakarta, dikutip Sabtu (7/12/2024).

    Heru menyebutkan SDM Telkom juga sangat mumpuni dan dipakai di banyak BUMN, sehingga kinerja Ririek perlu diapresiasi.

    “Walaupun memang dengan perkembangan model bisnis seperti FMC kemudian trend InfraCo, maka PR dan tantangan Telkom sangat dinamis dan terus ada sehingga kerja terus harus dilakukan,” kata Heru.

    Heru menilai sebenarnya direksi Telkom bekerja sangat maksimal, hanya komisaris Telkomnya sangat politis dan relawan sekali, padahal harusnya Telkom mesti dikembangkan secara profesional.

    Ia menekankan, harus ada kebijakan dari Presiden Prabowo Subianto agar BUMN besar dikelola profesional. “Relawan atau politisi kalau harus masuk Komisaris BUMN, mungkin bisa ditempatkan di perusahaan yang kompetisinya rendah dan penguasaan lokal tinggi, sementara industri telekomunikasi kan kompetisi tinggi dan pemain banyak dari negara luar, ada Singtel, ada Qatar, atau Malaysia,” ujar Heru.

    Perjalanan Ririek Adriansyah

    Ririek Adriansyah memulai kariernya di Telkom pada 1990. Perjalanan Ririek menuju posisi puncak di perusahaan telekomunikasi terbesar di Tanah Air ini penuh dengan liku-liku perjuangan panjang yang mengesankan.

    Pria kelahiran 2 September 1963 ini tumbuh dan besar di Yogyakarta. dengan masa kecil yang penuh tantangan. Bahkan untuk sekadar bisa mendapatkan uang tambahan, Ririek kecil pernah menjadi pemungut puntung rokok.

    Ia mengenang di masa itu anak-anak kalau mau memperoleh tambahan uang pilihannya hanya dua, yaitu menjadi kondektur angkot atau tukang puntung. Dengan kondisi ekonomi yang serba terbatas, Ririek semasa sekolah tetap tekun belajar. Hingga kemudian setelah lulus SMA, Ririek berhasil meneruskan pendidikan ke Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan Teknik Elektro.

    Ketika itu Ririek memperoleh beasiswa dari Telkom, perusahaan yang kemudian menjadi tempatnya menempuh perjalanan panjang kariernya di dunia telekomunikasi yang dimulai tahun 1990. Seiring berjalannya waktu, Ririek menapaki berbagai posisi penting di anak perusahaan Telkom. Pada periode 2004-2008, Ririek dipercaya menjabat sebagai Deputy EGM Divisi Infratel, PT Telkom.

    Selanjutnya Ririek pindah ke PT Telin, anak perusahaan Telkom yang bergerak di bidang layanan internasional. Di perusahaan ini Ririek menjabat sebagai Director of International Carrier Services pada 2008-2010 dan kemudian Director of Marketing and Sales hingga 2011. Perjalanan karier Ririek terus menanjak, hingga ia menduduki posisi President Director PT Telin pada 2011-2012.

    Kemudian pada 2012, Ririek balik ke PT Telkom sebagai Director of Compliance and Risk Management selama satu tahun. Lalu ia menjabat sebagai Director of Wholesale & International Service hingga tahun 2014. Puncak karier Ririek di anak perusahaan Telkom ketika ia diangkat menjadi Direktur Utama Telkomsel pada Januari 2015 hingga Mei 2019.

    Di bawah komando Ririek, Telkomsel berhasil tumbuhan signifikan hingga menjadikannya sebagai pemimpin yang diakui di industri telekomunikasi Indonesia. Tak berhenti di Telkomsel, karier Ririek terus melejit.

    Foto: Direktur Utama PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, Ririek Adriansyah dalam Tech & Telco Forum 2024 di Menara Bank Mega, Jakarta, Jumat (5/7/2024). (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)
    Direktur Utama PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, Ririek Adriansyah dalam Tech & Telco Forum 2024 di Menara Bank Mega, Jakarta, Jumat (5/7/2024). (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

    Ririek Menakhodai Telkom Terus Bertransformasi Jadi Pemain Global

    Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Telkom Tahun Buku 2018, Ririek dipilih sebagai Direktur Utama PT Telkom Indonesia. Atas jasanya dalam menakhodai Telkom, Ririek yang merupakan teman satu angkatan politikus senior PDIP Pramono Anung di ITB, dianugerahi Bintang Jasa Nararya oleh negara.

    Ririek juga dikenal sebagai pemimpin yang berani dan visioner. Dengan kepiawaiannya, Ririek yang saat ini sudah lebih dari 12 tahun dipercaya menjabat Direksi Telkom, sejak 18 Mei 2023 mulai berinvestasi di PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO). Ketika itu Telkom membeli 29,708 lembar saham GOTO senilai US$ 150 juta atau setara Rp2,1 triliun. Selain Telkom, anak usahanya Telkomsel juga memiliki 59.417 lembar saham tambahan dari opsi pembelian saham atau senilai US$ 300 juta, setara Rp4,29 triliun. Secara total, investasi Telkom di GOTO mencapai US$450 juta, atau setara Rp6,4 triliun.

    Di GOTO ini, konglomerat Garibaldi Thohir atau biasa dikenal dengan Boy Thohir, kakak dari Menteri BUMN Erick Thohir, menggenggam saham sebanyak 1,05 miliar saham. Sebelumnya, Boy Thohir sempat memegang jabatan Komisaris Utama di GOTO. Namun, pada pertengahan 2023 memutuskan mundur.

    Oleh Ririek, GOTO dijadikan sebagai salah satu ladang pendapatan dalam investasi Telkom di masa depan. “Kalau secara accounting, naik-turunnya harga saham itu akan berpengaruh, tapi bukan di operasional,” kata Ririek di Kementerian BUMN Jakarta, beberapa waktu lalu.

    Sebagai profesional yang mumpuni, Ririek yang tak pernah berkarier di perusahaan lain kecuali Telkom Group, kini terus berupaya menyukseskan langkah transformasi yang tengah Telkom lakukan, serupa dengan yang ia terapkan di setiap anak tangga kariernya, yaitu terus bertransformasi. Di bawah nakhoda Ririek, Telkom mengusung misi besar perusahaan untuk menuju transformasi digital menjadi pemain global. “Bagi saya, seorang pemimpin yang hebat tidak akan pernah berhenti untuk belajar,” tutur Ririek yang tak tergantikan jabatannya sebagai Dirut Telkom hingga saat ini.

    (dce/dce)

  • Spektrum Terbatas, Kok Telkomsel Bisa Agresif Gelar Jaringan 5G?

    Spektrum Terbatas, Kok Telkomsel Bisa Agresif Gelar Jaringan 5G?

    Jakarta

    Dibandingkan Indosat Ooredoo Hutchison, Smartfren, dan XL Axiata, Telkomsel menjadi operator seluler dalam negeri yang paling aktif memperluas jaringan 5G. Sementara di sisi lain, keterbatasan spektrum frekuensi menjadi kendala. Apa yang membuat Telkomsel masif gelar jaringan 5G?

    Sebagai informasi, seluruh operator seluler eksisting saat ini telah mengantongi Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) 5G dari Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) untuk mengomersilkan layanan 5G ke pelanggannya. Kendati begitu, tak semuanya gencar mengadopsinya karena masih keterbatasan alokasi spektrum.

    Adapun Telkomsel memiliki lebar pita 15 MHz di pita frekuensi 900 MHz, kemudian 22,5 MHz di pita frekuensi 1.800 MHz, 20 MHz di pita frekuensi 2.100 MHz, dan 50 MHz di pita frekuensi 2.300 MHz. Untuk menghasilkan kecepatan internet 5G yang sesungguhnya, maka dibutuhkan minimal penggunaan lebar pita 100 MHz.

    “Itu yang mungkin membedakan dengan operator lain. Dengan resource yang ada, kita terus maksimalkan,” ujar Direktur Network Telkomsel Indra Mardiatna di Jakarta, Jumat (6/12/2024).

    Indra tak menampik bahwa Telkomsel masih membagi spektrum yang ada saat ini untuk penggunaan layanan 4G dan 5G. Akan tetapi, Telkomsel ada pengalokasian khusus layanan 5G.

    “Jadi, saat ini yang kita bagi ada 5G dedicated 30 MHz tapi ini bisa kita gabungkan dengan 4G. Ada teknologinya dan yang kita pakai non-standalone, kita bilangnya gitu ya. Jadi, 5G dan 4G saling berdampingan sehingga bisa saling menggunakan. Nah, ini yang kita pakai saat ini,” kata Indra.

    Hal itu yang membuat Telkomsel yakin menghadirkan sinyal 5G lebih luas lagi daripada sebelumnya.

    “Apakah ideal? Belum. Tapi, apakah ini maksimal tiap dengan kondisi yang saat ini? Ini sudah maksimal. Kenapa? 5G ini secara efisiensi, spektrumnya itu kalau misalnya spektrum 5G 10 MHz, spektrum 4G 10 MHz, kalau dipakai kecepatannya itu lebih tinggi 5G dengan spektrum yang sama, empat kali lipat gitu,” jelasnya.

    Telkomsel saat ini mengumumkan memperluas cakupan 5G di wilayah Jabodetabek seiring dengan pertumbuhan handset 5G dan kebutuhan akan internet cepat di wilayah tersebut.

    Anak perusahaan Telkom ini pun menargetkan dapat menggaet total 12 juta pelanggan 5G di tahun 2025. Indra menyebutkan sekarang ada 13 juta handset 5G yang menggunakan jaringan Telkomsel dan berpotensi ke depannya akan terus meningkat. Sementara itu, jumlah pengguna 5G Telkomsel mencapai lima juta pelanggan

    “Target tahun depan 12 juta semuanya dan mungkin tambah itu, kita grab, kita maksimalkan, sehingga bisa menikmati layanan 5G. Harapannya, kita gantungkan 100% tahun ini, juga ada potensi akan penambahan handset 5G dan juga pertumbuhannya di Jabodetabek ini 77%,” pungkas Indra.

    (agt/fay)

  • Telkomsel Gaspol! Targetkan 12 Juta Pelanggan 5G di 2025

    Telkomsel Gaspol! Targetkan 12 Juta Pelanggan 5G di 2025

    Jakarta

    Telkomsel akan semakin agresif menumbuhkembangkan sinyal 5G di 2025. Pada tahun depan tersebut, operator seluler ini menargetkan ada 12 juta pelanggan yang menikmati jaringan generasi kelima tersebut.

    Direktur Network Telkomsel Indra Mardiatna memaparkan bahwa untuk saat ini jumlah handset 5G yang ada di jaringan Telkomsel berjumlah 13 juta perangkat. Sedangkan, yang mengaktifkan paket internet 5G masih di angka lima juta pelanggan.

    “Target tahun depan 12 juta semuanya dan mungkin tambah itu, kita raih, kita maksimalkan, sehingga bisa menikmati layanan 5G. Harapannya, kita gantungkan 100% tahun ini, juga ada potensi akan penambahan handset 5G dan juga pertumbuhannya di Jabodetabek ini 77%,” ujar Indra di Jakarta, Jumat (6/12/2024).

    Adapun saat ini, Telkomsel telah melakukan perluasan cakupan jaringan 5G di wilayah Jabodetabek. Untuk mendukung pengalaman digital internet cepat itu, anak perusahaan Telkom ini menambah 355 BTS 4G. Sedangkan secara nasional, sinyal 5G Telkomsel sudah hadir di 56 kota/kabupaten dengan dukungan lebih dari 1.400 BTS 5G.

    Selain membangun infrastruktur, untuk menggaet pelanggan 5G terbaru ini, Telkomsel menawarkan kuota data yang lebih besar lagi dengan 100 GB harga Rp 100 ribu untuk pelanggan prabayar.

    Direktur Network Telkomsel Indra Mardiatna Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET

    Sementara, pelanggan pascabayar, Telkomsel Halo, tersedia kuota 150 GB harga Rp 250 ribu. Bagi pengguna baru akan mendapatkan tambahan kuota 5G sebesar 20 GB.

    Indra mengatakan tak sedikit masyarakat yang belum mengetahui kalau HP yang digunakan itu sudah bisa terkoneksi dengan jaringan 5G tapi memilih menggunakan jaringan 5G. Telkomsel pun akan menyosialisasikan terkait hal tersebut.

    Sementara itu, pelanggan 4G Telkomsel yang ingin upgrade ke 5G, maka pengguna tidak perlu melakukan registrasi ulang maupun datang ke GraPARI. Indra menyebutkan peralihan jaringan 4G ke 5G pelanggan akan dilakukan otomatis.

    “Kalau dulu ada beberapa case untuk mengaktifkan 5G, itu nggak perlu lagi. Jadi, semua sudah aktif, tinggal handsetnya saja di-upgrade atau diganti,” pungkasnya.

    Secara keseluruhan, Telkomsel memiliki 158,4 juta pelanggan mobile dan 9,4 juta pelanggan fixed broadband dengan dukungan lebih dari 269 ribu BTS yang tersebar di seluruh Indonesia.

    (agt/fay)

  • Ternyata, Makin Banyak UKM yang Bisnisnya Maju Gegara Digital

    Ternyata, Makin Banyak UKM yang Bisnisnya Maju Gegara Digital

    Jakarta: Indibiz, ekosistem solusi digital dari Telkom Indonesia, terus berkomitmen membantu meningkatkan transformasi digital pelaku usaha di Indonesia, khususnya pemilik bisnis Usaha Kecil Menengah (UKM) yang tersebar di banyak daerah di Indonesia.
     
    Untuk membantu proses transformasi digital pelaku UKM tersebut, Indibiz terus melakukan penetrasi pasar B2B nya dengan memberikan ragam program, salah satunya adalah dengan menghadirkan “Super Promo: Solusi Bisnis” yang ditargetkan hingga akhir Desember 2024.
     
    “Target kami, hingga akhir 2024 ini, makin banyak pelaku bisnis UKM yang bisnisnya terus maju dan berkelanjutan atas dukungan solusi digital dari Indibiz,” jelas OVP Enterprise Regional Management Telkom, Reni Yustiani, dalam keterangan tertulis, Kamis, 5 Desember 2024.
    Pemilik bisnis di banyak daerah dapat memanfaatkan kesempatan ini agar usaha yang dijalani lebih maju dan lebih digital. Harapannya, dengan transformasi yang dijalankan, sektor UKM di Indonesia dapat lebih luas akses pasarnya, lebih efektif operasional bisnisnya dan lebih kompetitif dan berdaya saing di tingkat nasional dan global.
     
     

    Menciptakan peluang bisnis dari transformasi digital

    Menurut Reni semua pelaku bisnis UKM yang menjadi market Indibiz dapat memanfaatkan kesempatan promo menarik ini. Mulai dari pemilik restoran, coffee shop, pemilik hotel, pemilik Bank Perkreditan Rakyat (BPR), koperasi, pengusaha media dan komunikasi, pemilik rumah sakit, klinik atau pengelola puskesmas, hingga pemilik properti, perkebunan, logistik dan pengelola sekolahan atau kampus.
     
    “Semua sektor industri yang sudah masuk dalam ekosistem di 11 series Indibiz dapat memanfaatkan kesempatan baik ini untuk menciptakan peluang bisnis yang berkelanjutan dan mewujudkan harapan dalam transformasi digital,” sambung Reni.
     
    Pelaku bisnis skala kecil menengah di berbagai sektor dapat memilih puluhan promo paket solusi digital yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Bagi 100 pelanggan yang beruntung, mendapatkan benefit berupa cloud storage selama sebulan secara gratis. Benefit lainnya, gratis 50 kuota blast omni communication assistant (OCA) untuk membantu sistem komunikasi pebisnis dengan pelanggannya.
     
    Bukan itu saja, bagi pelaku usaha yang berlangganan pada promo kali ini, dapat menikmati akses internet bisnis cepat atau High Speed Internet Unlimited basic dengan harga mulai dari Rp400 ribu an, dengan kecepatan hingga 300 Mbps.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (AHL)

  • Telkom (TLKM) Bidik Nilai Sinergi Rp4,3 Triliun di Next-Be Fest 2024, Naik 26%

    Telkom (TLKM) Bidik Nilai Sinergi Rp4,3 Triliun di Next-Be Fest 2024, Naik 26%

    Bisnis.com, JAKARTA – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. dan PT Metra Digital Investama (MDI Ventures) menargetkan nilai sinergi Rp4,3 triliun pada Next-Be Fest 2024, atau naik 26% dibandingkan dengan agenda yang sama tahun lalu.

    Pada tahun ini, Next Be-Fest 2024 mengusung tema “Bridging Digital Inclusivity & Sustainable Growth through Synergy Collaboration”. 

    Dalam agenda ini akan mempertemukan lebih dari 50 startup portofolio MDI Ventures dengan lebih dari 50 perusahaan BUMN dan entitas Telkom Group untuk dapat saling mengeksplorasi potensi dan kolaborasi bisnis.

    “Tentunya target kami kira-kira growing dari Rp3,4 triliun yang tahun lalu, menjadi Rp4,3 triliun kira-kira di tahun ini,” kata CEO MDI Ventures Donald Wihardja di Jakarta, Kamis (5/12/2024).

    Sementara itu untuk tahun depan, lanjut Donald, perusahaan menargetkan tumbuh 20% year on year, sehingga menyentuh nilai sinergi Rp5,5 triliun pada Next-Be Fest 2025. 

    Pertumbuhan tersebut didorong oleh potensi eksplorasi bisnis yang masih luas di sektor teknologi.

    Di sisi lain, Direktur Digital Business Telkom Indonesia, Fajrin Rasyid mengatakan bahwa Nex-BE Fest adalah salah satu inisiatif strategis yang dapat membuka berbagai peluang baru untuk mendorong kolaborasi yang lebih luas.

    Selain itu, acara ini juga menjadi penghubung antara inovasi-inovasi yang dihadirkan startup dengan BUMN. 

    “Acara ini juga turut memperkuat posisi Telkom sebagai enabler digitalisasi, memfasilitasi transfer teknologi, memperluas adopsi solusi digital secara nasional,” ujarnya.

    Nex-BE Fest 2024 didukung oleh CloudMile, Google Cloud, BTN, dan Telkomsigma, memiliki agenda utama acara tahunan ini adalah business matchmaking, dimana para startup peserta dapat mempresentasikan solusi digital yang dimiliki guna memenuhi kebutuhan BUMN sekaligus mengeksplorasi potensi kolaborasi yang lebih luas.

    Pada gelaran Nex-BE Fest 2024 juga terdapat 7 MoU antara startup dan BUMN yang ditandatangani untuk menandai berbagai sinergi baru yang tercipta dalam sektor digitalisasi.

    Tidak sampai situ, Next Be-Fest 2024 juga terdapat sesi penghargaan bagi startup dan enterprise yang mampu menghasilkan pertumbuhan dan nilai sinergi tertinggi yang berdampak nyata terhadap ekosistem digital nasional.