BUMN: PT Telekomunikasi Indonesia Tbk

  • Polisi Ajak Akademisi Universitas Rokania Jaga Kedamaian usai Pilkada

    Polisi Ajak Akademisi Universitas Rokania Jaga Kedamaian usai Pilkada

    Liputan6.com, Pekanbaru – Pemungutan suara sebagai puncak tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) telah usai. Di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), kepala daerah terpilih belum bisa disahkan karena ada gugatan salah satu pasangan calon ke Mahkamah Konstitusi.

    Menjelang perkara sengketa Pilkada 2024 itu digelar, Polres Rohul melalui Polsek Rambah Samo bersilaturahmi ke Universitas Rokania. Ini sebagai upaya kepolisian memelihara keamanan dan kerajinan masyarakat dengan melibatkan akademisi.

     

    Kapolsek Rambah Samo Iptu Totok Nurdianto bertemu dengan Rektor Dr Desmelati dan jajaran kampus. Ragam persoalan dibahas Totok dengan pihak rektorat khususnya keamanan di lingkungan kampus serta potensi tindak pidana yang bisa menggangu aktivitas civitas akademika.

    Totok mengajak dosen dan mahasiswa mempertahankan ketertiban masyarakat yang terjaga baik selama tahapan Pilkada serentak. Begitu juga dengan kedamaian usai pencoblosan pada 27 November lalu.

    “Kami berharap pihak kampus mendukung upaya kepolisian memelihara ketertiban masyarakat,” imbuh Totok, Jum’at siang, 13 Desember 2024.

    Menurut Totok, terwujudnya Pilkada damai di Rohul merupakan hasil sinergitas ragam pihak, termasuk akademisi. Kolaborasi ini diharap terus berlanjut sehingga potensi gangguan menjelang berakhirnya tahapan Pilkada Rohul bisa ditiadakan.

    “Ajak juga mahasiswa memelihara ketertiban ini,” ujar Totok.

    Dr Desmelati berterimakasih atas kunjungan Totok dan jajaran Polsek. Pihak kampus bakal menjaga kerja sama yang selama ini terjalin dan mendukung kepolisian memelihara ketertiban setelah Pilkada Rohul.

    “Kami juga akan mengajak mahasiswa mempertahankan keadaan ini, kami siap berkoordinasi kalau ada potensi gangguan keamanan,” kata Desmelati.

    Desmelati berharap kepala daerah di Rohul segera disahkan jika putusan MK keluar nanti. Pemimpin baru di Negeri Seribu Suluk didoakan bisa membawa masyarakat lebih sejahtera dan pembangunan lebih baik.

     

    *** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

     

    SMK Komputama Jeruklegi Gandeng Telkom dan Carfix Siapkan Lulusan Ahli

  • Telkom Ungkap 409 Titik Rawan Jelang Nataru 2025, Ini Lokasinya

    Telkom Ungkap 409 Titik Rawan Jelang Nataru 2025, Ini Lokasinya

    Jakarta, CNBC Indonesia – Telkom Group akan berfokus pada jaringan dan operasional selama Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru). Dengan begitu memastikan layanan akan tetap normal dalam periode tersebut.

    “Secara preventif kita melakukan siaga 1, jadi kita freeze semua aktivitas di network kita untuk memastikan semua trafik normal,” jelas Direktur NITS Telkom, Herlan Wijanarko dalam konferensi pers persiapan jaringan Nataru di kantor Telkom, Senin (16/12/2024).

    Dia menjelaskan ini dilakukan agar layanan normal dan meminimalisir anomali. Freeze network itu akan dilakukan pada 23 Desember 2024 hingga 2 Januari 2025 mendatang.

    Patroli juga dilakukan pada sejumlah wilayah. Misalnya terdapat bencana akan langsung bisa diantisipasi.

    “Jadi jalur-jalur optik kita ini rawan oleh proyek, oleh longsor. Patroli lebih intensif. Dan seandainya tereskalasi ada tanda bencana longsor, kita aktifkan krisis manajemen. Itu struktur organisasi adhoc untuk mengantisipasi apabila terjadi bencana seperti gunung berapi, longsor, banjir,” jelasnya.

    “Karena dampak dari bencana itu biasanya lebih dari sekedar layanan. Jadi termasuk dampaknya ke masyarakat. Termasuk dampaknya ke karyawan, dampaknya ke instalasi kita,” kata Herlan menambahkan.

    Secara khusus selama momen Nataru, Telkom telah mengidentifikasi 409 titik keramaian. Ini tersebar di semua wilayah dan akan diakomodasi jaringannya.

    “Ini jumlah point of interest-nya masing-masing ada area akomodasi, public service, SPBU, rest area, stasiun, pelabuhan,” ungkapnya.

    Berikut pembagian 409 Point of Interest Telkom selama Natal dan Tahun Baru:

    Sumatera (Sumatera bagian Utara, Tengah, dan Selatan)

    1. Special Area (mall, alun-alun, dan crowd area): 91

    2. Transportation: 23

    3. Mudik Route: 3

    4. Residential: –

    5. Religion: –

    Jabotabek-Jabar

    1. Special Area (mall, alun-alun, dan crowd area): 72

    2. Transportation: 3

    3. Mudik Route: 4

    4. Residential: 1

    5. Religion: –

    Jawa-Bali Nusa Tenggara

    1. Special Area (mall, alun-alun, dan crowd area): 124

    2. Transportation: 8

    3. Mudik Route: 8

    4. Residential: –

    5. Religion: –

    Kalimantan, Sulawesi, Maluku Papua

    1. Special Area (mall, alun-alun, dan crowd area): 52

    2. Transportation: 10

    3. Mudik Route: 8

    4. Residential: 8

    5. Religion: 1

    (fab/fab)

  • Prabowo Ingin Layanan Internet Bebas Lemot Saat Libur Nataru

    Prabowo Ingin Layanan Internet Bebas Lemot Saat Libur Nataru

    Jakarta, CNN Indonesia

    Presiden Prabowo Subianto memberikan instruksi agar layanan internet dapat dinikmati tanpa masalah saat periode liburan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru).

    Hal tersebut disampaikan Staf Khusus Bidang Strategi Komunikasi dan Hubungan Publik BUMN Arya Sinulingga, Ia menyebut Prabowo telah memberikan arahan kepada Kementerian BUMN, yang dalam hal ini menjadi lingkup kerja Telkom Group, guna menjaga kualitas telekomunikasi selama periode Nataru.

    “Kita tahu Pak Prabowo itu meminta supaya BUMN juga membuat kenyamanan, ketenangan, keamanan, dan kelancaran dari masyarakat yang akan melakukan kegiatan Nataru, baik untuk ibadah maupun untuk liburan,” ujar Arya di Gedung Graha Merah Putih, Jakarta, Senin (16/12).

    “Dan, kali ini kita ada di Telkom dan Telkomsel menyampaikan informasi bagaimana kesiapan mereka untuk Nataru ini,” lanjut dia.

    Arya mengatakan Kementerian BUMN memantau persiapan layanan Telkom Group dalam mengawal layanan telekomunikasi pada periode tersebut agar masyarakat tak mendapat kendala imbas lonjakan traffic.

    “Jadi, nanti ada posko kita di berbagai daerah seluruh Indonesia dan ini total kira-kira ada mungkin 15 ribu personil yang terlibat dengan kesiapan ini. Untuk tadi, memastikan bahwa layanan Telkomsel itu akan cepat bekerja dengan baik, sehingga kesejahteraan tadi,” terangnya.

    Telkom menyediakan total 57 posko untuk Natari dengan 480 personil posko yang bersiaga pada 20 Desember hingga 2 Januari 2025.

    Telkom memastikan jaringan miliknya siap untuk beroperasi maksimal dengan penambahan kapasitas menjadi 56,7 Tbps atau ada kenaikan 40 persen dari periode sebelumnya sebesar 41,2 Tbps.

    “Jadi, peningkatan kapasitas dan coverage jaringan. Selama ini di periode Nataru kita tambah kapasitas, baik itu di Telkomsel maupun di sisi Telkom. Kalau di kapasitas, di jaringan kita di Telkom, itu kita tambah paling nggak 40% karena banyak masyarakat yang pergi,” ujar Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah.

    Selain posko dan kapasitas, Telkom juga memberi perhatian khusus pada 409 Point of Interest (POI) yang akan diprediksi akan mengalami penumpukan traffic telekomunikasi pada momen Nataru.

    Sejumlah POI yang menjadi prioritas ini mayoritas adalah pusat keramaian seperti mal, tempat wisata, rumah ibadah, residensial, hingga kawasan padat pemudik seperti bandara, pelabuhan, stasiun, tol, rest area.

    “Kita komitmen untuk deliver customer experience yang excellent untuk seluruh segment customer. Saat ini, ada 9,4 juta pelanggan fixed broadband IndiHome dan 158 juta mobile Telkomsel. Nah, ini biasanya, selama Nataru ada sinyal stabil, koneksi internet cepat, streaming lancar, ini semua kita antisipasi di seluruh 409 POI,” kata Direktur Network & IT Solution Telkom Herlan Wijanarko.

    (lom/dmi)

    [Gambas:Video CNN]

  • Telkom Respons Merger XL-Smartfren: Semoga Baik Buat Industri

    Telkom Respons Merger XL-Smartfren: Semoga Baik Buat Industri

    Jakarta, CNN Indonesia

    Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah merespons merger antara XL Axiata dan Smartfren menjadi XLSmart yang baru saja diumumkan pekan lalu.

    “Merger semoga baik untuk industri lah,” ujar Ririek di Graha Merah Putih. Telkom Hub, Jakarta, Senin (16/12).

    Ririek menambahkan akan tetap ada persaingan antara operator selular meski hanya tersisa tiga pemain di Tanah Air.

    Sebelumnya, XL Axiata, Smartfren, dan SmartTel resmi melakukan merger lewat penandatangan persetujuan definitif pada Selasa (10/12). Merger tersebut menghasilkan entitas baru dengan nilai mencapai lebih dari US$6,5 miliar atau sekitar Rp104 triliun.

    Dalam merger tersebut, XL Axiata akan menjadi entitas yang bertahan, sedangkan Smartfren dan SmartTel akan menggabungkan diri menjadi bagian dari XLSmart.

    Axiata Group Berhad (Axiata) dan Sinar Mas akan menjadi pemegang saham pengendali bersama, dengan masing-masing memegang 34,8 persen saham XLSmart dan pengaruh yang sama untuk arah serta keputusan strategis perusahaan.

    Usai transaksi selesai, pemerataan kepemilikan saham akan membuat Axiata menerima hingga senilai US$475 juta.

    Bergabungnya XL Axiata dan Smartfren membuat peta kompetisi operator selular hanya menyisakan tiga pemain.

    Jumlah tiga operator selular yang beroperasi di Tanah Air digadang-gadang baik untuk industri telekomunikasi. Hal ini salah satunya disinggung oleh Director & Chief Business Officer PT Indosat Tbk. Muhammad Danny Buldansyah.

    “Operator telko butuh skala, kita tahu kalau cuma skala Indonesia dibagi empat dibanding dibagi tiga tentu lebih sehat dibagi tiga,” ujarnya, beberapa waktu lalu.

    Menurutnya,merger tersebut di antaranya baik untuk ekspansi teknologi 5G yang bisa berlangsung dengan lebih mudah.

    “Kalau saya rasa pembagian spektrum akan lebih enak buat pemerintah, lebih gampang. Kalau sekarang kan walaupun lelang tetap saja kalau ada operator yang punya spektrum sedikit dibanding yang lain kan dianggapnya enggak adil gitu ya. Ini pemerataan seperti itu mesti dilihat, kalau ada tiga operator pembagian spektrumnya pun jauh lebih gampang,” tutur Danny.

    “Kenapa saya ngomongin masalah spektrum? karena 5G itu dasarnya adalah spektrum yang dimiliki, sehingga dengan tiga operator nantinya roll out 5G untuk indonesia akan jauh lebih baik dibandingkan kalau ada empat,” imbuhnya.

    (lom/dmi)

    [Gambas:Video CNN]

  • Telkom Siaga Natal Tahun Baru, Tambah BTS dan Kerahkan 15.000 Teknisi

    Telkom Siaga Natal Tahun Baru, Tambah BTS dan Kerahkan 15.000 Teknisi

    Jakarta, CNBC Indonesia – Telkom Group menyiapkan jaringan telekomunikasi selama Natal 2024 dan Tahun Baru 2025. Persiapan ini agar pengalaman konsumen mendapatkan layanan prima selama event tersebut.

    “Pertama excellent customer experience. Kita memastikan customer mendapatkan layanan prima,” kata Direktur NITS Telkom, Herlan Wijanarko dalam konferensi pers persiapan jaringan Nataru di kantor Telkom, Senin (16/12/2024).

    Salah satunya adalah menyiapkan infrastruktur terbaik bagi konsumen. Misalnya pada jalur trafik internasional dengan dua gateway di Batam dan Manado, terdapat 14 infrastruktur kabel laut Telkom yang beroperasi secara redundant.

    Dalam paparannya, Herlan menjelaskan terdapat kenaikan fixed broadband pada Natal dan Tahun Baru 2024/2025 56,7 Tbps dari sebelumnya 41,2 Tbps pada periode serupa sebelumnya. Lonjakan jaringannya mencapai 40%.

    Sementara untuk jaringan Telkomsel akan memiliki kapasitas internet 15,73 Tb. Sejauh ini terdapat lebih dari 269 ribu BTS dengan penambahan 525 BTS 5G dan 271 BTS 4G baru dengan penambahan kapasitas 4G sebanyak 178 BTS, serta terdapat 46 combat BTS.

    Dalam pemaparan Telkomsel dua pekan lalu, terdapat akses data peningkatan data sebesar 14,85% selama Nataru. Akses internet tertinggi bakal mencapai 64,66 petabyte se-Indonesia.

    “Jadi seluruh jalur alternatif backup, dari mulai power supply di backbone, di last mile semua kita uji bahwa semua backup ini berjalan dengan baik sehingga bisa mengantisipasi semua kejadian di network selama masa ini,” jelasnya.

    Terdapat 409 point-of-interest (POI) yang diidentifikasi sebagai titik-titik ramai selama Nataru. Terdapat posko untuk para pelanggan bisa melakukan pelayanan.

    Telkom Group juga menyediakan teknisi tersebut. “Ini semua dikawal oleh kurang lebih 15 ribu teknisi,” ucapnya.

    (dem/dem)

  • Bos Telkom (TLKM) Bicara Masa Depan Industri Telekomunikasi

    Bos Telkom (TLKM) Bicara Masa Depan Industri Telekomunikasi

    Bisnis.com, JAKARTA – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) menilai industri telekomunikasi akan makin sehat dengan jumlah pemain tersedia yang meramping dari 4 operator seluler menjadi 3 operator seluler, menyusul merger PT Smartfren Telecom Tbk. (FREN) dan PT XL Axiata Tbk. (EXCL) yang makin dekat. 

    Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah mengatakan merger XL dan Smartfren akan membuat kondisi industri telekomunikasi yang lebih sehat, seiring dengan persaingan yang makin baik. 

    “Ini kan ada persaingan juga meskipun tiga. Merger semoga baik untuk industri,” kata Ririek, Senin (16/12/2024). 

    Sekadar informasi, persaingan di industri telekomunikasi berjalan cukup ketat dengan 4 operator seluler yaitu Telkomsel, Indosat, XL Axiata dan Smartfren. Keempatnya bersaing untuk menarik pelanggan, sementara itu jumlah pengguna internet tumbuh perlahan. 

    Persaingan yang ketat tersebut membuat operator seluler menawarkan promo berkepanjangan, yang berdampak pada pendapatan tumbuh melandai.

    Padahal, operator harus terus berinvestasi untuk meningkatkan kapasitas dan cakupan jaringan. Mereka juga harus membayar ongkos regulator yang rasionya terhadap pendapatan telah menembus 12%, lebih tinggi dari rerata global yang sekitar 5%-7%. 

    Sementara itu, Ketua Bidang Infrastruktur Telematika Nasional Mastel, Sigit Puspito Wigati Jarot menilai ada potensi persaingan tidak sehat atau oligopoli seiring dengan mengerucutnya jumlah operator di Indonesia dari 4 menjadi 3 jika merger terealisasi. Kondusifitas persaingan industri telekomunikasi menjadi hal yang harus diperhatikan di balik merger tersebut. 

    “Untuk aspek kompetisi ini ada baiknya, Komdigi juga melibatkan KPPU,” kata Sigit kepada Bisnis, Rabu (11/12/2024).

    Sementara itu, Direktur Eksekutif ICT sekaligus pengamat ekonomi digital, Heru Sutadi lebih menyorot kepada potensi PHK perusahaan pascamerger. Apalagi, Heru melihat saat ini sudah ramai di media sosial yang menyebutkan akan adanya PHK besar-besaran yang tidak berpihak pada pekerja.

    “Menkomdigi harus memastikan PHK adalah pilihan terakhir dari proses merger ini,” ujar Heru.

    Jika nantinya memang terjadi PHK, Heru menuturkan karyawan yang terkena PHK harus diberikan golden handshake, serta diberlakukan secara baik dan beradab.

    Apalagi, Heru menyampaikan bahwa nilai konsolidasi antara pihak XL dan Smartfren tidak sedikit, karena mencapai Rp104 triliun. 

    “Jadi kalau tidak jelas roadmap perusahaan baru akan ke mana, nasib karyawan tidak diperhatikan dan dilakukan PHK tanpa golden handshake, ya baiknya Menkomdigi menahan untuk memberikan persetujuan terhadap konsolidasi XL Axiata dan Smartfren ini,” ucapnya.

  • Telkomsel Ungkap Traffic Data Naik di Momen Natal dan Tahun Baru

    Telkomsel Ungkap Traffic Data Naik di Momen Natal dan Tahun Baru

    Jakarta, CNN Indonesia

    Telkomsel menyebut momen Natal dan Tahun Baru (Nataru) selalu membawa peningkatan traffic internet dan SMS. Sebaliknya, traffic layanan voice atau panggilan suara konsisten mengalami penurunan.

    “Jadi, [traffic] data terjadi peningkatan, kemudian SMS ada sedikit peningkatan, voice kita prediksikan memang turun. Jadi memang dari tahun ke tahun voice ini turun,” ujar Direktur Network Telkomsel Indra Mardiatna dalam acara konferensi pers Nataru Telkom Group di Telkom Integrated Operation Center (TIOC), Jakarta, Senin (16/12).

    Indra menyebut kenaikan traffic internet pada periode Nataru tahun ini sebesar 14,8 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Traffic SMS mengalami kenaikan sekitar 4,26 persen, sedangkan traffic voice mengalami penurunan 5,37 persen.

    Konsumsi internet secara umum pada 2024 diperkirakan mencapai 1.900 petabyte. Pada momen sibuk seperti periode libur Nataru, traffic internet harian puncaknya berada di angka 64 Petabyte.

    “Kalau data, data internet itu sampai akhir tahun total kita akan targetkan 1.900 petabyte. Kemudian di di daily peak itu sekitar 64 petabyte. 64 petabyte itu yang kita hitung kenaikannya sekitar 14,8 persen,” tutur Indra.

    Dalam acara yang sama, Direktur Utama Telkomsel Nugroho menyebut layanan SMS dan Voice saat ini berkontribusi sekitar 10 persen dari keseluruhan traffic di operator plat merah tersebut.

    “Secara komposisi voice dan SMS itu total masih menyisakan sekitar 10 persen dari total pelanggan kita,” tuturnya.

    “Pertumbuhannya itu konsisten. Kalau data naik, kalau voice itu cenderung turun. SMS masih naik. di periode-periode peak,” imbuhnya.

    Layanan voice atau panggilan suara tampak kehilangan penggemar di tengah banyaknya layanan panggilan suara berbasis internet yang ditawarkan sejumlah platform.

    Sebagai contoh, aplikasi pesan instan WhatsApp menjadi opsi populer untuk berkomunikasi di Tanah Air, baik untuk kebutuhan personal maupun profesional. WhatsApp telah lama memiliki layanan panggilan suara yang cukup menggantikan layanan voice operator selular.

    Selain WhatsApp, platform pesan instan dan media sosial seperti Telegram, Instagram, hingga X (sebelumnya Twitter) juga telah memiliki layanan panggilan suara berbasis internet.

    Lebih lanjut, meski layanan voice kerap mengalami penurunan traffic, Indra menyebut pihaknya tetap mempertahankan layanan tersebut.

    “Namun demikian, layanan Voice terus kita pertahankan. Kita berikan layanan yang terbaik. Di Voice ini kita ada eh Volte, Voice over LTE atau 5G, kemudian juga ada Voice normal. Jadi, jangan khawatir, kita terus memberikan layanan yang terbaik, baik data, Voice, dan SMS,” terang Indra.

    (lom/dmi)

    [Gambas:Video CNN]

  • Sinyal Alarm Nataru 2024 Berbunyi, Telkom, Indosat, hingga XL Axiata Siaga

    Sinyal Alarm Nataru 2024 Berbunyi, Telkom, Indosat, hingga XL Axiata Siaga

    Bisnis.com, JAKARTA – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM), PT Indosat Tbk. (ISAT), dan PT XL Axiata Tbk. (EXCL) memperkuat jaringan guna mengantisipasi lonjakan lalu lintas data yang diproyeksi meningkat dua digit pada momen natal dan tahun baru 2024/2025 dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Kualitas layanan dan reputasi perusahaan dipertaruhkan. 

    Untuk diketahui, proyeksi lalu lintas data di Telkomsel saat nataru berada pada kisaran 13%-19% selama periode 2022-2024, dengan proyeksi tertinggi pada 2022 mencapai 19%. 

    Sementara itu, Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) memproyeksikan peningkatan trafik data sebesar 4%-16%. Didorong oleh pergerakan masyarakat yang masif.  

    Berdasarkan survei Kementerian Perhubungan, potensi pergerakan masyarakat pada saat masa Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025 mencapai 110,67 juta orang. Hal ini tentunya akan mendorong peningkatan trafik penggunaan layanan telekomunikasi dan data. 

    Direktu Utama Telkom Ririek Adriansyah mengatakan perusahaan ingin memastikan bahwa layanan yang diterima pelanggan korporasi dan ritel berjalan baik selama natal dan tahun baru. 

    “Selama nataru ini, kami menambah kapasitas dan cakupan. Di backbone kami menambah 40% dibandingkan tahun lalu. Kami juga pengawalan khusus ke daerah kritis,” kata Ririek, Senin (16/12/2024). 

    Untuk mengantisipasi lonjakan trafik data, Telkom meningkatkan kapasitas fixed broadband hingga 40% menjadi 5,6 Tbps pada nataru 2024/2025 dibandingkan dengan nataru 2023/2024.

    Telkom juga menggelar uji andal jaringan melalui panggilan telpon berbasis internet, streaming video, video call, bermain game dengan target lancar tidak ada putus. 

    Sementara itu Telkomsel menambah 525 BTS 5G dan 271 BTS 4G untuk Nataru, Telkomsel juga meningkatkan kapasitas 178 BTS dan menyiagakan 46 mobile BTS pada tahun ini. 

    Proyeksi Telkom lonjakan trafik saat NataruPerbesar

    Ririek berharap dengan jaringan yang disiapkan masyarakat dapat menjalankan ibadah dan liburan dengan nyaman. 

    Direktur Network & IT Solution Telkom Indonesia Herlan Wijanarko mengatakan perusahaan juga menambahkan BTS baru untuk 4G dan 5G mengingat trafik data pada nataru lebih besar dibandingkan hari biasa. 

    Trafik di tempat ibadah dan tempat wisata menjadi perhatian. Total ada 337 titik yang ditingkatkan jaringannya. Adapun secara total titik keramaian, total mencapai 409 titik. Telkom menyiagakan 15.000 personel untuk menjaga jaringan tetap aman. 

    “Pada masa nataru ini kami lebih menekankan lagi layanan 5G kami di 56 kota. Ada 13,4 juta masyarakat yang secara perangkat sudah siap 5G,” kata Herlan. 

    Proyeksi Indosat dan XL Axiata

    Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa memprediksi akan terjadi peningkatan trafik mencapai 10%-20% dibandingkan rata-rata trafik pada kondisi normal hari biasa.

    Lonjakan trafik ini terdorong oleh makin intensnya pelanggan dalam menggunakan berbagai layanan digital dengan kapasitas besar yang biasanya dimanfaatkan untuk mengisi masa libur panjang. 

    Pelanggan akan banyak berkirim konten video atau foto, serta akses streaming, baik video, musik, serta gim. Media sosial seperti Instagram, TikTok, Facebook, juga diperkirakan akan menjadi sasaran pelanggan mengisi waktu liburan untuk berbagi meriahnya momen Nataru. XL Axiata meningkatkan kapasitas hingga dua kali lipat untuk menghadapi lonjakan trafik. 

    “Karena itulah, XL Axiata telah memperkuat layanan data dan perlu menyiapkan jaringan dengan kapasitas 2 kali lipat lebih besar dari hari normal agar dapat tetap aman jika terjadi lonjakan trafik yang signifikan,” kata Gede.

    President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha, mengatakan Indosat meningkatkan kapasitas jaringan hingga 33% dibandingkan rata-rata harian untuk mengantisipasi lonjakan trafik selama Nataru 2024/2025. 

    Berkaca dari tahun lalu, trafik diproyeksikan meningkat seiring tingginya penggunaan aplikasi populer seperti WhatsApp, TikTok, Instagram, Facebook, dan YouTube, serta game online seperti Mobile Legends, Roblox, dan PUBG. 

    Kenaikan trafik data terbesar diprediksi terjadi di wilayah Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Jabotabek, Jawa non-Jabotabek, dan Bali Nusra, yang menjadi destinasi favorit masyarakat selama perayaan Natal dan Tahun Baru.

    “Fokus kami di Indosat adalah memastikan pelanggan tetap dapat menikmati layanan terbaik kapan saja dan dimana saja, terutama saat merayakan momen spesial bersama keluarga,” kata Vikram. 

    Pekerja memperkuat jaringanPerbesar

    WiFi Gratis

    Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet (APJII) menggelar jaringan wifi di beberapa titik yang diprediksi terdapat lonjakan trafik saat periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025.

    Sekretaris Umum APJII Zulfadly Syam menyampaikan penggelaran WiFi di sejumlah titik bertujuan untuk mengantisipasi lonjakan trafik data sehingga layanan yang diberikan kepada pelanggan tetap prima. Sayangnya Zul tidak menyebutkan jumlah titik WiFi yang mereka sebar. 

    “Namun untuk di beberapa titik yang sifatnya statis, anggota-anggota APJII itu juga ada yang memasang wifi-wifi di beberapa titik, yang titik ramainya cukup padat, mereka meningkatkan pemasangan akses point,” kata Zulfadly kepada Bisnis. 

    Dengan adanya pemasangan wifi di beberapa titik, Zulfadly mengharapkan dengan pemasangan akses point tersebut juga bisa membantu tertatanya trafik internet.

    Sehingga, dapat kebutuhan masyarakat terhadap internet di beberapa titik teramai dapat tercover dengan baik dan stabil.

    “Jadi ada dua sisi, dari sisi mobilitas itu di Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI), sedangkan dari yang sifatnya lebih statis, tempat-tempat yang lebih statis dengan menggunakan wifi atau menggunakan akses poin,” ujarnya.

  • Sentimen Menjelang Akhir Tahun, IHSG Terus Tertekan – Halaman all

    Sentimen Menjelang Akhir Tahun, IHSG Terus Tertekan – Halaman all

     

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Sentimen window dressing belum bisa mengangkat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menjelang tutup tahun 2024. Arus dana dari investor asing pun belum stabil mengalir ke pasar saham Indonesia.

    Setelah sempat mendaki setinggi 3,77 persen pada pekan pertama Desember, IHSG berbalik melemah 0,79% sepanjang pekan lalu. Hasil ini membawa IHSG ke posisi 7.324,78 sampai dengan Jumat (13/12).

    Investor asing pun berbalik posisi secara mingguan. Dari sebelumnya beli bersih (net buy) Rp 1,07 triliun menjadi jual bersih (net sell) senilai Rp 2,70 triliun di seluruh pasar pada pekan lalu.

    Financial Expert Ajaib Sekuritas Ratih Mustikoningsih mengamati IHSG tertekan oleh arus dana keluar (capital outflow) pada saham berkapitalisasi pasar besar (big caps), khususnya di sektor perbankan. Sentimen lain yang menekan pasar adalah nilai tukar rupiah yang kembali terdepresiasi.

    Kurs Jisdor merosot ke Rp 15.987 per dolar Amerika Serikat (AS) hingga Jumat (13/12), sedangkan di pasar spot sudah menyentuh level Rp 16.000 per dolar AS. Dalam situasi ini, sorotan pelaku pasar selama sepekan ke depan akan tertuju pada Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (RDG BI) dan Federal Open Market Committee (FOMC) The Fed.

    RDG BI dan FOMC The Fed akan digelar pada tanggal yang sama, 17 Desember – 18 Desember 2024. Kedua agenda tersebut akan menentukan arah suku bunga acuan, yang menjadi sentimen penting bagi pasar saham di penghujung tahun ini. 

    Ratih memprediksi, The Fed pangkas suku bunga sebesar 25 basis points (bps) menjadi 4,25% – 4,5% pada FOMC tersebut. Sedangkan BI lebih berpeluang menahan suku bunga (BI-Rate) pada level 6%.

    “Proyeksi BI-Rate tetap pada pertemuan Desember 2024, bertujuan untuk menopang rupiah yang kembali menyentuh level Rp 16.000 per dolar AS,” terang Ratih kepada Kontan.co.id, Minggu (15/12).

    Equity Analyst Indo Premier Sekuritas Dimas Krisna Ramadhani mengamini, berdasarkan FedWatch Market Tool, probabilitas The Fed memangkas suku bunga pada FOMC kali ini mencapai 96%. Konsensus pasar juga sudah mengantisipasi penurunan suku bunga The Fed sebesar 25 bps.

    Dimas turut melihat BI lebih berpeluang menahan suku bunga, di tengah pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS yang mencapai sekitar 2% sejak 1 November 2024. Hal ini akan memperbesar selisih (spread) antara Fed Rate dan BI-Rate.

    “Harapannya meningkatkan uang masuk ke Indonesia karena return yang lebih besar dan menguatkan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS,” jelas Dimas.

    Vice President Marketing, Strategy and Planning Kiwoom Sekuritas Indonesia, Oktavianus Audi mengamati pelaku pasar sudah mulai mem-priced in dengan sentimen pemangkasan suku bunga The Fed sebesar 25 bps. Tapi di sisi lain, investor juga mencermati arah kebijakan The Fed ke depan pasca terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden AS.

    “Kekhawatiran intervensi serta kebijakan tarif menjadikan ketidakpastian kembali meningkat, bahkan juga ada potensi slower pace untuk pemangkasan suku bunga di tahun depan,” ungkap Audi.

    Berdasarkan FedWatch, The Fed berpeluang memangkas suku bunga hanya sebesar 50 bps pada tahun 2025. Audi menyoroti, hal ini bisa membawa volatilitas arus dana dari investor asing menjadi lebih kencang.

    “Kekhawatiran inflasi yang dapat meningkat kembali dan easing policy yang lebih lambat dari ekspektasi pasar cenderung membuat ketidakpastian di pasar saham,” imbuh Audi.

    Sementara itu, Audi melihat pelaku pasar masih menunggu sikap dari BI. Audi memandang peluang BI memangkas suku bunga acuan sebesar 25 bps masih terbuka. Jika sejalan, ekspektasi tersebut bisa menjadi sentimen positif untuk pasar.

    Ratih menimpali, iklim suku bunga tinggi berpotensi memberikan katalis negatif bagi sejumlah sektor. Seperti perbankan, teknologi, konstruksi, otomotif dan properti. Akibat suku bunga tinggi, daya beli berpotensi turun, debt ratio (debt to equity dan debt to asset) emiten berpotensi meningkat, serta kualitas kredit menurun.

    Menimbang dari sentimen arah suku bunga bank sentral, Ratih masih wait and see terhadap laju IHSG dalam sepekan ke depan. Dia memperkirakan IHSG akan bergerak pada level support 7.200 dan resistance 7.440 untuk perdagangan 16 – 20 Desember 2024.

    Ratih memprediksi IHSG akan cenderung bergerak sideways dalam rentang 7.300 – 7.500 di sisa tahun ini. Sedangkan Audi menaksir IHSG melaju pada level 7.194 – 7.550 dalam sepekan ke depan, dan berada dalam rentang 7.080 – 7.620 sampai tutup tahun 2024.

    Saran Audi, investor bisa mengantisipasi terjadi technical rebound jika IHSG bertahan di atas level psikologis 7.300.

    “Sehingga dapat kembali mempertimbangkan saham big caps. Tetapi jika sebaliknya, maka investor dapat lebih untuk hold dengan asumsi penurunan IHSG sudah mulai terbatas,” kata Audi.

    Praktisi Pasar Modal & Founder WH-Project William Hartanto memperkirakan IHSG akan bergerak di area 7.245 – 7.400 untuk sepekan ke depan. Lalu IHSG berada di rentang 7.245 – 7.700 di sisa tahun ini. 

    William menyarankan wait and see untuk saham bank dan properti yang sensitif terhadap arah suku bunga. Sementara Dimas melirik saham-saham perbankan. Di samping sensitif terhadap keputusan suku bunga, pelaku pasar juga layak memantau pergerakan saham bank untuk mencari peluang di momentum window dressing.

    Sebagai pilihan investasi atau trading sepekan ke depan, Audi menyematkan rekomendasi buy untuk saham PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) dengan target harga masing-masing Rp 3.050 dan Rp 7.000. 

    Pilihan lainnya adalah trading buy PT Indosat Tbk (ISAT) dan PT Astra International Tbk (ASII) dengan target Rp 2.840 dan Rp 5.600. Sementara rekomendasi dari Ratih adalah buy on weakness PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) pada level Rp 4.100 – Rp 4.150 dengan target di Rp 4.550.

    Ratih kemudian menyarankan buy PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC), PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG) dan PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI). Target harga masing-masing berada di resistance Rp 1.180, Rp 2.500 dan Rp 1.550. Sedangkan secara teknikal, William menjagokan ISAT, PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA) dan PT Sinar Eka Selaras Tbk (ERAL). (Kontan/Ridwan Nanda Mulyana/Anna Suci Perwitasari)

    Sumber: Kontan

  • Mengenal PaDi UMKM, Digitalisasi Andalan Telkom di Sektor Pengadaan Barang dan Jasa

    Mengenal PaDi UMKM, Digitalisasi Andalan Telkom di Sektor Pengadaan Barang dan Jasa

    Jakarta

    Pengadaan Barang dan Jasa BUMN memang menjadi salah satu faktor penting untuk mengoptimalkan dan juga mendorong kinerja BUMN. Melalui solusi PaDi UMKM, Telkom mendorong digitalisasi yang sektor berperan penting dalam ekonomi di Indonesia.

    PaDi UMKM memberikan peluang besar dan ruang yang luas kepada pelaku UMKM untuk menjadi pemasok dan vendor BUMN. Bahkan, platform digital ini akan berguna sebagai sarana monitoring belanja pengadaan barang dan jasa BUMN kepada UMKM.

    Selain itu, penggunaan biaya pembelanjaan barang dan jasa dari masing-masing BUMN menjadi lebih terperinci dan lebih aman. Hal itu dikarenakan semua proses transaksi pengadaan barang dan jasa BUMN dilakukan secara online dan seluruh pembiayaan/pembayaran dilakukan dengan transaksi non-tunai.

    “Telkom menghadirkan PaDi UMKM sebagai bukti keseriusan kami untuk membantu UMKM bisa mengakses pasar B2B (business to business,red) seluas-luasnya agar berdampak kepada masyarakat yang lebih sejahtera. Hal ini sejalan dengan langkah strategis pemerintah untuk memberikan prioritas kepada UMKM lokal, dalam hal penyediaan barang dan jasa di pemerintahan,” ungkap EVP Digital Business and Technology Telkom, Komang Budi Aryasa.

    PaDi UMKM menawarkan berbagai variasi pengadaan barang/produk dan jasa dari daftar UMKM terpercaya. Terhitung saat ini sudah ada 8 kategori produk/barang dan jasa utama yang ditawarkan PaDi UMKM, yakni Pengadaan Barang dan Jasa Material Konstruksi, Jasa Konstruksi dan Renovasi, Jasa Ekspedisi dan Pengepakan, Sewa dan Pengadaan Peralatan Mesin, Jasa Perawatan Peralatan dan Mesin, Jasa Advertising, Sewa dan Pengadaan Perlengkapan Furniture, Catering dan Snack.
    Selain itu, masih ada 17 kategori pengadaan barang dan jasa lainnya.

    PaDi UMKM tak hanya lebih praktis, namun juga mendukung praktik ramah lingkungan dengan mengurangi penggunaan kertas, serta mempermudah pelacakan dan pelaporan proses pengadaan. Semua data bisa diakses secara real-time, memungkinkan organisasi membuat keputusan yang lebih cepat dan akurat. Dengan demikian, pengadaan elektronik menawarkan solusi yang lebih efisien, transparan, dan berkelanjutan dalam pengadaan barang dan jasa.

    Salah satu pengadaan yang paling sering adalah alat kantor, dan PaDi UMKM sebagai platform marketplace B2B memfasilitasi banyak penyedia alat kantor tersebut, bahkan jika dibutuhkan dalam skala besar.

    Melalui PaDi UMKM, perusahaan dapat mengakses ribuan produk dari UMKM di seluruh Indonesia, memastikan pengadaan berjalan lancar dan berkontribusi pada keberlangsungan ekonomi lokal. Lewat platform marketplace B2B PaDi UMKM, bukan hanya perusahaan besar dengan kebutuhan pengadaannya yang diuntungkan, tetapi juga para pelaku usaha.

    Dengan menjadi penjual di PaDi UMKM, vendor lokal mendapatkan akses langsung ke pasar yang lebih luas, termasuk peluang untuk memenuhi pesanan dalam skala besar dari berbagai perusahaan dan institusi.

    Pertamina EP, salah satu perusahaan energi terbesar di Indonesia, telah merasakan manfaat dari pengadaan elektronik yang disediakan PaDi UMKM dari Telkom.

    Erwan Karouw, Manager General Services Regional 2 Pertamina EP, mengatakan, mereka sebelumnya senantiasa melakukan direct appointment dengan melewati proses cukup panjang dari mulai pengajuan permohonan sampai penerbitan PO (purchase order).

    Kadang proses ini bisa memakan waktu satu bulan lamanya karena sulitnya mencari vendor yang sesuai. Bahkan, tidak jarang mereka mengalami penolakan untuk order dalam jumlah sedikit.

    Dalam upaya memenuhi kebutuhan pengadaan barang dan jasa secara efisien, Pertamina EP menemukan solusi melalui platform PaDI UMKM. Dengan akses ke ribuan produk dari UMKM di seluruh Indonesia, proses pengadaan yang sebelumnya kompleks kini berjalan lebih cepat, transparan, dan mudah dikontrol.

    “Kami merasa terbantu dengan PaDi UMKM. Sebab, PaDi UMKM memiliki daftar pemasok yang banyak dengan berbagai kategori, sehingga sangat membantu proses seleksi produk yang akan dibeli dan proses pemesanannya pun jadi lebih cepat,” ungkapnya.

    Kemudahan akses dan transparansi ini juga sejalan visi Pertamina EP untuk terus mengedepankan inovasi digital dalam mendukung operasional yang lebih berkelanjutan.

    (agt/agt)