BUMN: PT Pelni

  • Pelni Tambah 3 Kapal Baru Setelah Dapat PMN Rp1,5 Triliun, Masih Kurang Rp3 Triliun – Halaman all

    Pelni Tambah 3 Kapal Baru Setelah Dapat PMN Rp1,5 Triliun, Masih Kurang Rp3 Triliun – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Direktur Utama PT Pelni Tri Andayani memaparkan, pihaknya akan membayar uang muka untuk tiga kapal sebesar Rp 1,5 triliun yang didapat dari Penyertaan Modal Negara (PMN).

    Anda berujar, PMN baru cair pada awal tahun ini. Dia memastikan, akan dibayarkan untuk membayar uang muka tiga kapal. Diketahui, harga satu unit kapal diperkirakan Rp 1,5 triliun. 

    “Rp 1,5 triliun ini yang kita terima, yang sudah cair ini untuk uang mukanya dulu,” ujar Anda di kawawan Jakarta Pusat, Jumat (10/1/2025).

    Anda memaparkan, setidaknya untuk pengadaan tiga unit kapal, dibutuhkan anggaran sebesar Rp 4,5 triliun. 

    Nantinya, kata Anda, Pelni akan mengajukan PMN untuk 2025 sebesar Rp 2,5 triliun untuk pelunasan. Sedangkan, sisanya Rp 500 miliar akan menggunakan dana Pelni.

    “Jadi (Rp1,5 triliun) ini uang muka, kemudian nanti di 2025 ini kita mengajukan PMN di Rp2,5 triliun. Rp500 miliar lagi dari mana? Dari duit kita sendiri dong,” kata Anda.

    Anda memaparkan, satu unit kapal akan berkapasitas 1.000 penumpang dan 75 untuk muatan kontainer. 

    “Kapal diproyeksikan akan sampai di Indonesia pada 2028,” tutur Anda.

    Saat ini Pelni memiliki 26 kapal buatan Jerman. Dulu kapal itu, diperoleh dari hasil kerja sama antar pemerintah.

    “Dari 26 kapal, yang sudah berusia di atas 30 tahun, total ada 13 kapal,” imbuh Anda.

    Anda mengatakan, Pelni tengah membahas untuk pengadaan kapal dengan perkiraan anggaran yang diajukan Rp 4,8 triliun.

  • Soal Tiket Kapal Lebaran Bakal Diskon, Pelni: Kewenangan di Kemenhub

    Soal Tiket Kapal Lebaran Bakal Diskon, Pelni: Kewenangan di Kemenhub

    Jakarta

    Pemerintah mengatakan akan menurunkan kembali harga tiket beberapa moda transportasi, terutama saat libur Lebaran nanti. Menteri Koordinator Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan pascalibur Natal-Tahun Baru (Nataru), pemerintah akan turunkan harga tiket pesawat hingga harga tiket kapal laut milik PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni).

    AHY mengatakan masyarakat Indonesia juga banyak yang menggunakan transportasi laut dalam bermobilisasi. Hal ini lantaran tidak semua wilayah di Tanah Air bisa menjangkau akses bandar udara (bandara).

    “Kita akan berupaya kembali untuk menurunkan harga tiket pesawat, termasuk juga moda transportasi lainnya. Karena kita tahu, tidak semua menggunakan pesawat. Beberapa saat yang lalu saya juga datang ke Pelni misalnya, karena masyarakat kita juga banyak sekali yang menggunakan kapal-kapal laut penumpang dengan beberapa kelas untuk menuju ke lokasi-lokasi yang tidak memiliki akses pesawat,” terangnya saat konferensi pers di seusai rapat bersama kementerian lainnya pada Rabu (8/1/2025).

    Sementara itu, Direktur Utama PT Pelni, Tri Andayani, mengatakan bahwa harga tiket kapal laut milik pihaknya tidak pernah naik, pun saat hari raya besar seperti Lebaran. Hal ini lantaran PT Pelni punya tarif yang sifatnya tetap, tidak ada harga batas atas atau harga batas bawah seperti tarif moda transportasi pesawat.

    “Kalau Pelni itu fix. Tarifnya semua diatur di kontrak kita dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) di awal tahun,” tambah Andayani.

    Ketika dikonfirmasi perihal diskon tarif tiket kapal laut milik Pelni, Andayani mengaku bahwa itu dimungkinkan apabila kewenangannya turun langsung dari Kemenhub. Pelni tidak bisa langsung memberikan kebijakan diskon tarif tiket lantaran menggunakan skema Public Service Obligation (PSO).

    “Waduh, mekanisme diskon dimungkinkan di Pelni apabila misalnya minta ke Kemenhub yang bersangkutan. Kewenangan memberikan diskon itu di Kemenhub. Karena kita pakai skema PSO, saya sudah sampaikan waktu itu ke Pak AHY, mungkin beliau lupa. Kita tidak ada batas (tarif) atas, batas bawah. Karena kita PSO, sehingga kita tidak pernah memberikan diskon,” beber Andayani kepada wartawan, Jumat (10/1/2025).

    Andayani melanjutkan, seandainya diberlakukan diskon tiket kapal laut Pelni, perlu meminta restu terlebih dahulu dari Kemenhub. Hal ini dikarenakan ada Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) yang mengatur soal penentuan batas tarif moda transportasi di Tanah Air.

    “Kalaupun diskon, itu harus meminta persetujuan dengan Kemenhub. Itu diatur di Permenhub. Coba saja buka Permenhub Nomor PM 8 Tahun 2023. Di situ ada soal pemberian diskon,” pungkas Andayani.

    (eds/eds)

  • Respons Pelni Soal Rencana AHY Turunkan Harga Tiket Kapal Saat Lebaran

    Respons Pelni Soal Rencana AHY Turunkan Harga Tiket Kapal Saat Lebaran

    Bisnis.com, JAKARTA – PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau PT Pelni merespons rencana Menteri Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) terkait penurunan harga tiket kapal Pelni saat Lebaran mendatang. 

    Direktur Utama Pelni Tri Andayani mengatakan mekanisme potongan atau diskon tiket Pelni telah diatur dalam Peraturan Menteri Nomor 8 tahun 2023. Pelni sebagai operator angkutan PSO juga tidak pernah memberikan diskon tiket. 

    “Kami pakai skema PSO, kami tidak pernah memberikan diskon dan itu diatur dalam Permenhub 8 tahun 2023,” kata Andayani kepada wartawan, Jumat (10/1/2025). 

    Andayani juga menegaskan jika potongan harga atau diskon merupakan kewenangan Kementerian Perhubungan. Dia mencontohkan jika ada masyarakat yang membawa rombongan juga dapat mengajukan diskon dengan batas maksimal 20% ke Kemenhub. 

    Meski tidak pernah memberikan diskon tiket, Andayani mengatakan Pelni selalu ambil bagian dalam program mudik gratis yang diselenggarakan oleh Kemenhub. 

    Sebelumnya, Menko AHY sempat menyinggung akan berupaya menurunkan harga tiket angkutan umum saat Lebaran, salah satunya Pelni.

    Menko AHY menjelaskan dalam waktu dekat, momentum Ramadan dan lebaran akan dihadapi. Pihaknya mengklaim akan mengantisipasi beberapa hal seperti kemacetan, penumpukan penumpang hingga penurunan harga tiket pesawat seperti momen Nataru sebelumnya. 

    “Kita berupaya kembali untuk menurunkan harga harga tiket pesawat termasuk juga moda transportasi lainnya karena kita tahu tidak semua menggunakan pesawat. Kita juga datang ke Pelni karena kita tahu masyarakat kita juga banyak sekali menggunakan kapal-kapal laut penumpang dengan berbagai kelas untuk menuju ke lokasi-lokasi yang tidak semua memiliki akses pesawat,” kata AHY.

  • Selama Periode Natal 2024 dan Tahun Baru 2025, Pelni Angkut 551.383 Penumpang – Halaman all

    Selama Periode Natal 2024 dan Tahun Baru 2025, Pelni Angkut 551.383 Penumpang – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT Pelni (Persero) tercatat melayani 551.383 orang pada periode Angkutan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 atau naik sebesar 8,7 persen dari proyeksi 507.054 orang.

    Direktur Utama Pelni Tri Andayani menyampaikan, terhitung sejak periode peak season yang dimulai pada 11 Desember 2024 (H-14) hingga 8 Januari 2025 (H+14), Pelni mengangkut 467.143 orang dengan kapal penumpang dan 84.240 orang dengan kapal perintis.

    Sedangkan pada puncak arus mudik Nataru terjadi pada 20 Desember 2024 dengan jumlah penumpang sebesar 26.614 orang dan puncak arus balik pada 5 Januari 2025 dengan jumlah penumpang sebesar 24.575 orang. 

    “Kami mencatat terdapat 5 pelabuhan yang menjadi tujuan favorit penumpang, diantaranya Ambon, Makassar, Belawan, Batam dan Sorong,” ujar Anda di Kawasan Jakarta Pusat, Jumat (10/1/2025).

    Pelni juga membagi tiga wilayah pantau pergerakan penumpang selama Nataru, yaitu wilayah Indonesia barat, tengah dan timur. Pada periode tersebut, wilayah tengah tercatat sebagai yang tertinggi dengan sebaran penumpang sebanyak 222.759 orang (40,4 persen) disusul untuk wilayah timur sebanyak 202.358 orang (36,7%) dan wilayah barat sebesar 126.267 orang (22,9%).

    Adapun untuk 10 pelabuhan keberangkatan terpadat, adalah :

    1. Ambon

    2. Makassar

    3. Pulau Batam

    4. Sorong

    5. Jayapura

    6. Belawan

    7. Bau-Bau

    8. Manokwari

    9. Kupang

    10. Balikpapan

    10 ruas terpadat:

    1. Pulau Batam-Belawan 

    2. Belawan-Pulau Batam

    3. Makassar-Baubau

    4. Bau-Bau-Makassar

    5. Manokwari-Sorong

    6. Sorong-Ambon

    7. Jayapura-Biak

    8. Pulau Batam-Tanjung Priok

    9. Ambon-Sorong

    10. Ambon-Ternate

    Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan RI juga memberikan penugasan berupa tiket gratis bagi masyarakat sebanyak 3.100 tiket dengan realisasi tiket terjual sebanyak 3.021 tiket (97%).

    Adapun realisasi pelaksanaan program tiket gratis untuk Nataru 2024/2025 adalah sebagai berikut:

    1. Batam – Belawan: 696 tiket  

    2. Manokwari – Sorong: 200 tiket 

    3. Sorong – Ambon: 200 tiket

    4. Ende – Kupang: 200 tiket

    5. Bitung – Sorong: 200 tiket 

    6. Timika – Tual: 200 tiket

    7. Tanjung Priok – Maumere: 131 tiket

    8. Jayapura – Serui: 199 tiket

    9. Jayapura – Biak: 199 tiket

    10. Makassar – Maumere: 199 tiket

    11. Makassar – Balikpapan: 197 tiket

    12. Jayapura – Nabire: 200 tiket

    13. Ambon – Tual: 200 tiket

  • Polisi tangkap pengendara mobil yang tabrak warung kelontong di Jaksel

    Polisi tangkap pengendara mobil yang tabrak warung kelontong di Jaksel

    Jakarta (ANTARA) – Kepolisian telah menangkap seorang pengendara mobil berinisial W (17) yang menabrak tiga kendaraan bermotor, gerobak sate dan warung kelontong hingga menyebabkan satu orang terluka di Jalan Patal Senayan III, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

    “Betul sudah diamankan dan masih proses penyelidikan,” kata Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Jakarta Selatan Kompol Agung Wuryanto kepada wartawan di Jakarta, Kamis.

    Agung mengatakan, pelaku yang berusia 17 tahun sudah memiliki SIM A. Hingga kini kasus tersebut dalam proses penyelidikan.

    Peristiwa kecelakaan lalu lintas itu terjadi pada Rabu (8/1) sekitar pukul 21.10 WIB.

    Pada awalnya, mobil jenis minibus dengan pelat nomor B 1446 BMU melaju dari arah timur ke barat di Jalan Patal Senayan.

    Pengendara mobil menabrak warung kelontong di kawasan Patal Senayan, Jakarta, Kamis (9/1/2025). ANTARA/Dokumen pribadi/am.

    Sesampainya di depan gang, pengendara mobil itu menabrak tiga kendaraan bermotor dan gerobak sate lalu menabrak sebuah warung kelontong.

    “Akibat dari kecelakaan tersebut orang yang sedang duduk di atas motor pelat nomor B 3282 BYB berinisial A mengalami luka,” ujarnya.

    Korban A mengalami luka pada bagian kepala dan kaki. Kemudian korban dirawat di Rumah Sakit (RS) Pelni.

    Ketiga kendaraan dan dua gerobak juga mengalami kerusakan akibat kejadian tersebut.

    Polisi masih mendalami adanya dugaan pengendara mobil dalam pengaruh minuman beralkohol saat kejadian.

    Pewarta: Luthfia Miranda Putri
    Editor: Sri Muryono
    Copyright © ANTARA 2025

  • Erick Thohir Mau Merger BUMN Lagi pada 2025, Targetnya? – Page 3

    Erick Thohir Mau Merger BUMN Lagi pada 2025, Targetnya? – Page 3

    Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir memberi bocoran soal rencana penggabungan 3 perusahaan pelat merah di sektor pelayaran dan pelabuhan. Itu menyasar PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo), PT ASDP Indonesia Ferry, dan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni).

    Dia menerangkan, nantinya Pelindo akan bertindak sebagai induk holding. Rencana ini juga diakuinya sudah dibahas dengan pihak terkait.

    “Sudah, kita sudah dorong. Pelindo (jadi induk),” kata Erick Thohir di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (17/12/2024).

    Dia mengungkap keuntungan jika tiga BUMN itu digabung. Salah satunya untuk mengatasi isu dari biaya logistik nasional serta aspek keselamatan penumpang.

    “Pasti, karena itu mendorong kembali bagaimana logistic cost bisa lebih turun, safety buat penumpang,” ujarnya.

    Rencana tersebut akan jadi satu ekosistem pelayanan bagi masyarakat. Diketahui, ketiganya punya tugas yang berbeda meski berada di satu sektor yang sama.

    “Kalau pelabuhannya bagus, management PELNI dari kapalnya juga lebih mudah, ASDP-nya juga lebih bagus. Semuanya jadi sinkronisasi baik untuk penumpang dan barang, yang selama ini terpisah-pisah,” tutur dia.

    Informasi, Pelindo merupakan BUMN yang mengelola pelabuhan di banyak titik di Indonesia. Kemudian, ASDP Indonesia Ferry melayani angkutan penyeberangan dan danau. Serta, Pelni melayani rute pelayaran dengan jarak yang lebih panjang.

     

  • Pelni Pastikan Siap Jalankan Program Tol Laut di 2025

    Pelni Pastikan Siap Jalankan Program Tol Laut di 2025

    Bisnis.com, JAKARTA – PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni bakal menambah jumlah kapal dan memperluas rute layanan sepanjang 2025. Langkah ini dilakukan salah satunya untuk mendukung program tol laut.

    Direktur Utama Pelni Tri Andayani mengatakan pihaknya telah resmi menandatangani perjanjian kerja sama terpadu dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk penyelenggaraan pelayaran perintis dan kewajiban Public Service Obligation/Kewajiban Pelayanan Publik (PSO) angkutan laut kelas ekonomi tahun anggaran 2025. 

    Tri mengungkapkan pada tahun ini, Pelni akan mengoperasikan 25 kapal penumpang untuk melayani 511 ruas dengan 1.359 rute, serta singgah di 74 pelabuhan. Jumlah ini meningkat dibandingkan 2024 yang hanya mencakup 482 ruas, 1.297 rute, dan 72 pelabuhan.

    “Sebagai perusahaan pelayaran nasional, kami memiliki tanggung jawab besar untuk menyediakan layanan transportasi laut yang terjangkau, aman, dan berkualitas bagi seluruh masyarakat Indonesia, khususnya di wilayah terpencil dan terluar,” kata Tri dalam keterangan resmi, Sabtu (4/1/2024). 

    Adapun, Kemenhub melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menetapkan Pelni untuk mengelola 30 trayek kapal perintis, 25 trayek PSO kapal penumpang, 18 trayek kapal rede, 8 trayek kapal tol laut, dan 1 trayek kapal ternak pada 2025.

    Program Tol Laut dan pelayaran perintis dalam penugasan ini dirancang guna meningkatkan efisiensi distribusi logistik serta mengurangi disparitas harga antarwilayah. Di sisi lain, program PSO untuk penumpang kelas ekonomi memastikan layanan transportasi laut tetap aman, terjangkau, dan berkualitas.

    Pelni juga terus berkolaborasi dengan mitra strategis untuk mendukung visi pemerintah dalam mewujudkan pemerataan pembangunan melalui konektivitas maritim.

    “Sejalan dengan arahan Kementerian BUMN, Pelni berkomitmen menjaga kualitas layanan, memprioritaskan keselamatan pelayaran, dan berinovasi melalui digitalisasi guna mendukung keberhasilan program ini,” jelasnya.

    Di sisi lain, Pelni mengumumkan perubahan pada 11 jaringan trayek di 2025. Kesebelas kapal yang mengalami perubahan trayek yaitu KM Sabuk Nusantara 48, KM Sabuk Nusantara 58, dan KM Sabuk Nusantara 68.

    Kemudian, KM Sabuk Nusantara 69, KM Sabuk Nusantara 78, KM Sabuk Nusantara 95, KM Sabuk Nusantara 86, KM Sabuk Nusantara 91, KM Sabuk Nusantara 92, KM Sabuk Nusantara 96 dan KM Sabuk Nusantara 112. 

  • Pelni Ubah 11 Trayek Kapal Perintis pada 2025, Cek Selengkapnya

    Pelni Ubah 11 Trayek Kapal Perintis pada 2025, Cek Selengkapnya

    Bisnis.com, JAKARTA – Sebanyak 11 jaringan trayek kapal perintis milik PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau PT Pelni mengalami perubahan pada 2025. 

    Pelni sendiri mendapatkan penugasan dari Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut untuk mengelola 30 trayek kapal perintis, 25 trayek public service obligation (PSO) kapal penumpang, 18 trayek kapal rede, 8 trayek kapal tol laut, dan 1 trayek kapal ternak sepanjang 2025. 

    11 Kapal yang mengalami perubahan trayek yaitu KM Sabuk Nusantara 48, KM Sabuk Nusantara 58, KM Sabuk Nusantara 68, KM Sabuk Nusantara 69, KM Sabuk Nusantara 78, KM Sabuk Nusantara 95, KM Sabuk Nusantara 86, KM Sabuk Nusantara 91, KM Sabuk Nusantara 92, KM Sabuk Nusantara 96 dan KM Sabuk Nusantara 112. 

    Rinciannya, KM Sabuk Nusantara 48 akan melayani trayek Tanjung Pinang-Jagoh/Dabo P. Pekajang – Belinyu P. Pekajang Jagoh/Dabo – Tanjung Pinang Tambelan – Midai Selat Lampa – P. Laut – Seluan-Selat Lampa – Subi Pulau Panjang Serasan Sintete Tambelan Batam – Tanjung Pinang. 

    KM Sabuk Nusantara 58 melayani trayek Jayapura Teba Puiway – Waren-Serui Biak – Wapoga – Napan Wainami Nabire – Yaur – Teluk Umar – Napan Wainami – Wapoga – Biak – Serul – Waren-Puiway – Teba – Jayapura. 

    Kemudian KM Sabuk Nusantara 68 memiliki trayek Teluk Bayur Labuan Bajau – Sikabaluan/Pokai- Muara Saibi/Subeleng- Siberut/Mailepet – Tua Pejat Teluk Bayur – Sioban Sikakap Teluk Bayur Sikakap Sioban Panasahan Tua Pejat – Teluk Bayur-Sikakap Teluk Bayur. 

    Selanjutnya KM Sabuk Nusantara 69 dengan trayek Bitung-Makalehi Para Ngalipaeng – Petta – Damau Lirung- Dapalan Kakorotan – Karatung Miangas – Melonguane – Damau – Tahuna – Kalama – Tagulandang – Likupang – Bitung. 

    KM Sabuk Nusantara 78 memiliki trayek Kendari – Bobong – Tikong – Banggai – Luwuk – Ampana Gorontalo – Ampana – Luwuk – Banggal – Tikong – Bobong – Kendari. 

    Sementara itu, KM Sabuk Nusantara 95 akan melayani trayek Tahuna – Kawaluso – Matutuang – Kawio – Marore – Kawio Matutuang – Kawaluso – Tahuna. 

    Lalu, KM Sabuk Nusantara 86 dengan trayek Ternate – Jailolo Mayau Bitung Mayau Jailolo -Ternate Pigaraja Madapolo Laiwui Sanana – Dofa Tikong Lede Bobong-Lede – Tikong- Dofa Sanana Laiwui Madapolo – Pigaraja- Ternate. 

    KM Sabuk Nusantara 91 ditugaskan melayani trayek Tanjung Wangi Sapeken Pagerungan Besar Sapeken Kangean – Sapudi – Kalianget – Sapudi- Kangean Sapeken Pagerungan Besar Sapeken Tanjung Wangi. 

    Selanjutnya KM Sabuk Nusantara 92 dengan trayek Surabaya Masalembo – Keramaian Masalembo – Kalianget – Masalembo – Keramaian – Masalembo – Surabaya. 

    KM Sabuk Nusantara 96 berubah menjadi trayek Manokwari – Saukoren – Sausapor – Mega- Sorong-Fak Fak – Karas – Kaimana – Karas – Fak Fak-Sorong – Mega Sausapor – Saukorem – Manokwari

    Serta KM Sabuk Nusantara 112 akan singgah di Manokwari Saukorem – Wanden – Waibem- Wau Warnand Saubeba Kwoor Hopmare Werur Sausapor Mega Sorong- Mega- Sausapor Werur Hopmare Kwoor Saubeba Warmandi Wau-Waibem Wanden – Saukorem – Manokwari.

  • Sebut Ahok dan Anies Gelandangan Politik, Loyalis Jokowi: Ndak Level

    Sebut Ahok dan Anies Gelandangan Politik, Loyalis Jokowi: Ndak Level

    FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Anies Baswedan disebut sebagai gelandangan politik.

    Komisaris PT Pelni, Dede Budhyarto menyebut, wajar jika Presiden RI ke-7 Joko Widodo yang tak menghadiri perayaan tahun baru 2025 di yang dihadiri para Mantan Gubernur DKI Jakarta karena tak selevel dengan Anies dan Ahok.

    Kang Dede-sapaannya menyatakan, Jokowi pernah dua kali jadi Wali Kota, lalu jadi Gubernur DKI Jakarta, kemudian Presiden dua periode.

    Sedangkan Ahok dan Anies kata dia hanyalah pengangguran dan merupakan gelandangan politik.

    “Walikota 2 kali, menang Gubernur DKI, menangPresiden 2 kali, menang Harus ngumpul dengan gelandangan politik macam @aniesbaswedan & pengangguran macam Ahok @basuki_btp? Ndak level bro,” tutur Dede yang merupakan Loyalis Jokowi ini, dalam akun X, Sabtu, (4/1/2025).

    Selain Anies dan Ahok juga hadir Gubernur DKI Jakarta 1997-2007, Sutiyoso; Gybernur DKI Jakarta 2007-2012, Fauzi Bowo (Foke).

    Pada kesempatan itu, hadir juga Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta terpilih, Pramono Anung-Rano Karno. Selain itu, juga ada Pj Gubernur Jakarta Teguh Setyabudi.

    Ahok dan Anies nampak duduk bersebelahan dan sempat saling berbisik. Mereka juga sempat berpose bersama. Keduanya juga sama-sama mengenakan setelan batik.

    Ahok dan Anies sama-sama memberikan kode akan memberikan kejutan kepada publik. “Tunggu tanggal mainnya. Nanti dong, kan sudah dibilang tunggu. Kalau tunggu, ya, harus tunggu dong kita,” ungkap Anies kepada media.

  • Bela Keras Jokowi, Dede Budhyarto Sebut OCCRP sebagai NGO Penjajah Binaan Yahudi

    Bela Keras Jokowi, Dede Budhyarto Sebut OCCRP sebagai NGO Penjajah Binaan Yahudi

    FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Komisaris PT Pelni, Dede Budhyarto terus membela Presiden RI Ke-7, Joko Widodo atau Jokowi atas masuknya Jokowi sebagai tokoh terkorup dunia versi Organized Crime and Corruption Reporting Project (OCCRP).

    Menurutnya, OCCRP dikendarai oleh para lawan Jokowi yang telah kalah dalam pemilihan presiden. Meski kini viral namun dia menyebut serangan terhadap Jokowi itu gagal total.

    “Gerombolan bajingan tengik kalah pilpres mencoba menghantam Presiden ke-7 dengan menggunakan kendaraan NGO penjajah binaan Yahudi bernama OCCRP. Gagal total,” kata Kang Dede-sapaannya.

    Lebih lanjut dia menyebut dibalik OCCRP ada jurnalis berkedok NGO (Non Governmental Organization) yang duduk manis menertawakan hasil rilisnya tersebut.

    “Jurnalis oportunis pemakan duit berkedok NGO duduk manis ngisep cerutu & nge-wine di Cafe mewah sambil mentertawakn netijen KEOK IQ2416, meraung raung,” tambah loyalis Jokowi ini.

    Sebelumnya, OCCRP merilis sederet finalis yang masuk ke dalam Person of the Year 2024 untuk kategori kejahatan organisasi dan korupsi.

    Diketahui, OCCRP merupakan lembaga independen yang berfokus pada jurnalisme investigasi terbesar di dunia. Dalam rilisnya, Jokowi masuk dalam finalis tokoh terkorup. Bersama empat tokoh lainnya.

    Jokowi sendiri menegaskan bahwa saat ini banyak fitnah dan framing jahat yang beredar tanpa didukung oleh bukti yang jelas. Baginya, tuduhan semacam itu hanyalah upaya untuk merusak reputasinya melalui berbagai kendaraan politik atau organisasi.

    “Ya sekarang banyak sekali fitnah, banyak sekali framing jahat, banyak sekali tuduhan-tuduhan tanpa ada bukti. Orang bisa memakai kendaraan apapun lah, bisa pakai NGO, bisa pakai partai, bisa pakai ormas untuk menuduh, membuat framing jahat,” kata Jokowi.