BUMN: PLN

  • Cara Dapat Diskon PLN HUT ke-80 RI Lewat Aplikasi di HP

    Cara Dapat Diskon PLN HUT ke-80 RI Lewat Aplikasi di HP

    Jakarta, CNBC Indonesia – PLN menyediakan program spesial Energi Kemerdakaan untuk menyambut HUT ke-80 RI. Program tersebut menghadirkan diskon 50% untuk biaya tambah daya listrik.

    Energi Kemerdekaan sudah berjalan sejak 10 Agustus lalu dan akan berakhir pada 23 Agustus 2025 mendatang.

    Masyarakat yang bisa menggunakan program ini adalah mereka yang menggunakan tegangan daya rendah semua golongan tarif satu fasa. Daya awal 450 VA-5500 VA dengan tambahan maksimal 7.700 VA.

    Anda yang tertarik bisa mengikuti program tersebut langsung di aplikasi PLN Mobile. Aplikasi ini telah tersedia untuk diinstal bagi pengguna HP Android dan iPhone.

    Namun ada sejumlah persyaratan yang harus diikuti. Salah satunya terdaftar sebagai pelanggan PLN sebelum 1 Agustus 2024.

    Selain itu juga harus membeli token atau bayar tagihan listrik lewat PLN Mobile dan telah melunasi semua tagihan dan kewajiban lain.

    Sementara itu, berikut cara mendapatkan diskon tambah daya dari PLN:

    Buka aplikasi PLN Mobile
    Login dengan nomor HP aktif
    Beli token listrik atau bayar tagihan dengan aplikasi
    Anda akan mendapatkan e-voucher diskon tambah daya setelah pembayaran pembelian token atau membayar tagihan berhasil dilakukan
    Kemudian buka Reward
    Klaim e-voucher yang didapatkan
    Masuk ke Ubah Daya & Migrasi
    Masukkan kode voucher yang diklaim sebelumnya
    Bayar biaya yang telah dipotong diskon
    Selesaikan transaksi. Nantinya petugas PLN akan mendatangi rumah Anda untuk melakukan permintaan tersebut

    (dem/dem)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Telkom Incar Pemodal Kakap untuk Ekspansi Data Center, Ogah Investasi Kecil

    Telkom Incar Pemodal Kakap untuk Ekspansi Data Center, Ogah Investasi Kecil

    Bisnis.com, JAKARTA – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) mengincar investor kakap untuk pengembangan bisnis pusat data atau data center. Emiten berkode saham TLKM itu enggan investasi kecil pada penyediaan data center karena kontribusi terhadap pendapatan minim.

    Merujuk pada laporan info memo, pendapatan Telkom dari bisnis komputasi awan dan data center pada semester I/2025 hanya Rp921 miliar tidak sampai 2% dari total pendapatan Telkom Group yang sebesar Rp71 triliun.

    Adapun jika dikomparasikan dengan pemain data center lainnya seperti PT DCI Indonesia Tbk. (DCII) yang sebesar Rp1,3 triliun, nilainya tidak jauh berbeda, yang menandakan pendapatan dari bisnis data center memang tak sebesar layanan seluler yang menyasar pasar ritel.

    Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Telkom Angelo Syailendra mengatakan dalam mengembangkan data center, untuk menambah kapasitas sebesar 1 Megawatt (MW) dibutuhkan investasi sebesar US$10 juta atau sekitar Rp219 miliar.

    Di sisi lain, bisnis Telkom tidak hanya data center. Perusahaan telekomunikasi pelat merah itu juga memiliki infrastruktur serat optik yang juga potensial untuk dikembangkan. Penetrasi serat optik ke rumah (FTTH) secara nasional berkisar 17%. Untuk meningkatkan menjadi 30%, membutuhkan investasi yang juga sangat besar.

    “Ini semua uang besar, [sementara] capex setahun US$1,5 miliar hingga US$2 miliar satu industri dengan mengundang orang lain. Industri ini capex hungry mover sangat penting. Kami mau berfikir partnership,” kata Angelo beberapa waktu lalu, dikutip Rabu (13/8/2025).

    Dia menjelaskan saat ini kapasitas data center Telkom mencapai 45 MW. Telkom memiliki 17 data center yang terletak di berbagai wilayah seperti di Serpong, Surabaya,, Sentul, hingga di Singapura. Telkom juga menargetkan data center di Batam dengan kapasitas 18 MW dapat aktif pada kuartal I/2025.

    Dia menjelaskan pembangunan data center memakan waktu yang cukup panjang. Investasi data center bersifat jangka panjang yang hasilnya tidak dapat langsung dipetik dalam waktu singkat. 

    “Kami butuh 1 tahun bangun. Revenue prioritas top kami adalah fiber. impact immediate. Investasi 1MW butuh US$10 juta di atas itu revenue US$130juta, ini setara Rp2 triliun dari total Rp150 triliun impact 1,6%. itu pun kalau 50MW terisi besok. Walau dulu data center ini bukan move big voice 100MW ini harus share pada yang lain,” kata Angelo.

    Ilustrasi data center Telkom

    Sebelumnya, PT Telkom Data Ekosistem (NeutraDC), anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk yang bergerak di bidang pusat data (data center), mencatatkan tingkat okupansi mendekati 90% untuk seluruh fasilitas yang saat ini dikelolanya. 

    CEO NeutraDC, Andreuw Th.A.F, mengatakan pihaknya menargetkan akan ada penambahan kapasitas operasional melalui pengembangan fasilitas baru hingga akhir tahun 2025.  Dengan tambahan tersebut, total kapasitas yang siap beroperasi diproyeksikan mencapai 80 megawatt (MW).

    “Hingga akhir 2025, kami memproyeksikan akan ada tambahan kapasitas operasional dari pengembangan fasilitas Data Center NeutraDC. Dengan demikian, kapasitas total yang akan beroperasi menjadi 80MW,” kata Andreuw kepada Bisnis pada Kamis (3/7/2025). 

    Andreuw menyoroti sebagian besar data center lokal di Indonesia masih berada dalam fase parsial atau belum terutilisasi secara maksimal. Menurutnya untuk mencapai utilisasi penuh dalam jangka pendek tentu menjadi tantangan tersendiri bagi seluruh penyedia layanan. 

    Namun dia memastikan NeutraDC tetap mampu menjaga performa yang kompetitif. Tingkat kekosongan (vacancy rate) perusahaan pun tercatat relatif lebih rendah dibandingkan rata-rata industri.

    “NeutraDC masih mampu bersaing secara sehat di pasar dengan vacancy rate yang relatif lebih rendah, di bawah 30%,” kata Andreuw. 

    Untuk menjaga efisiensi dan kesinambungan operasional, dia bilang, NeutraDC menerapkan strategi presales yang berjalan paralel dengan proses pembangunan fasilitas. Dengan cara ini, menurutnya tingkat utilisasi dapat terjaga sejak awal operasional, sekaligus meminimalkan idle capacity. 

    Lebih lanjut, dia optimistis terhadap prospek bisnis data center nasional dalam lima tahun ke depan. Menurut Andreuw, proyeksi industri menunjukkan bahwa kebutuhan kapasitas data center di Indonesia akan tumbuh signifikan hingga mencapai 1,5 gigawatt (GW) pada 2030.

    “Sekitar 30% dari permintaan ini akan didorong oleh kebutuhan komputasi berbasis AI, yang tentunya menjadi peluang besar bagi pemain lokal untuk terus tumbuh dan berinovasi,” tutupnya.

    Di sisi lain, Ketua Indonesia Data Center Provider Organization (IDPRO), Hendra Suryakusuma, mencatat adanya pertumbuhan signifikan dalam kapasitas data center nasional dalam beberapa tahun terakhir. Jika pada 2016 total kapasitas masih berada di angka sekitar 52 megawatt (MW), sekarang diperkirakan angkanya sudah melampaui 360 MW.

    “Kalau kita bicara compounded annual growth rate (CAGR), pertumbuhannya di atas 17% setiap tahunnya,” kata Hendra saat dihubungi Bisnis pada Rabu (2/7/2025). 

    Pembangunan data center Telkom di Batam

    Dia menambahkan, tren pertumbuhan ini makin terlihat sejak 2024 hingga pertengahan 2025, di mana terdapat puluhan proyek data center baru, baik dari segmen komersial maupun hyperscale. 

    Proyek-proyek tersebut diperkirakan akan menambah kapasitas ratusan megawatt ke dalam infrastruktur digital Indonesia.

    Lebih lanjut, Hendra menjelaskan  data yang dihimpun IDPRO juga sejalan dengan catatan dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) mengenai kebutuhan daya untuk mendukung proyek-proyek data center. Hal ini menunjukkan bahwa pertumbuhan industri data center nasional tidak hanya pesat, tetapi juga terencana dan terkoordinasi dengan baik dari sisi pasokan energi.

    “Data ini juga line dengan data dari PLN. Artinya, memang dari 2024 sampai sekarang pertumbuhan pembangunan data center ini lumayan besar,” ujarnya.

  • Beli Token Listrik PLN Cuma Rp 99 di Shopee, Cek Syarat dan Jadwalnya

    Beli Token Listrik PLN Cuma Rp 99 di Shopee, Cek Syarat dan Jadwalnya

    Jakarta, CNBC Indonesia – ShopeePay menghadirkan kampanye spesial bertajuk ‘Aplikasi ShopeePay 9.9 Festival Serba Murah’ yang berlangsung mulai 11 Agustus hingga 14 September 2025.

    President Director ShopeePay Indonesia, Eka Nilam Dari, mengungkapkan bahwa kampanye tahun ini menghadirkan penawaran yang lebih beragam di berbagai merchant favorit.

    “Melalui program Aplikasi ShopeePay 9.9 Festival Serba Murah, kami ingin mendorong pengguna mendapatkan lebih banyak manfaat saat bertransaksi,” ujar wanita yang akrab disapa Lala saat Media Gathering ShopeePay Indonesia, Selasa (12/8/2025).

    ShopeePay 9.9 menawarkan beragam keuntungan bagi pengguna di seluruh Indonesia, seperti promo bayar QRIS Serba Seribu, di mana pengguna dapat membeli produk pilihan di merchant. Promo Serba Seribu bisa didapatkan dengan kuota harian terbatas di beberapa merchant offline. Adapun periode promo mulai 16-31 Agustus khusus Sabtu dan Minggu, dan 1-14 September yang berlaku setiap hari.

    Pengguna dapat membeli produk pilihan di merchant seperti Alfamart (Soklin Liquid Detergent), Indomaret (Indomaret Facial Tissue), Mie Gacoan (Mie Gacoan Lvl 1), Solaria (Express Bowl Ayam), dan banyak merchant lainnya dengan harga spesial Rp1.000 atau Rp9.000. Caranya:

    – Kunjungi outlet merchant terdekat dan beli menu pilihan

    – Scan QRIS dengan scanner ShopeePay dan masukkan nominal harga produk

    – Pilih ShopeePay, SPayLater atau Seabank Bayar Instan sebagai metode pembayaran. Harga diskon akan otomatis terpotong menjadi Rp 1.000

    – Dan, transaksi selesai dan Anda bisa menikmati diskonnya

    Tidak hanya berlaku di merchant offline, promo QRIS Rp1.000 juga tersedia di merchant online seperti Google Play, App Store, MyTelkomsel, hingga Alfagift.

    Ada juga Flash Sale Pulsa & PLN Rp99, yang tersedia setiap hari pada tiga sesi waktu pukul 00.00, 12.00, dan 18.00 WIB. Dilihat dari aplikasi ShopeePay, flashsale hari ini pukul 18.00, token PLN 20.000 bakal mendapat potongan harga menjadi Rp 99. Di periode flashsale yang sama, terdapat token PLN 500.000 dan token PLN 200.000 masing-masing dijual Rp 499.000 dan Rp 199.000

    Hingga hadiah utama mobil Toyota Agya. Hadiah utama ini diperuntukan bagi pengguna yang aktif bertransaksi lewat program undian Golden Ticket. Pengguna akan otomatis mendapatkan Golden Ticket setiap kali melakukan transaksi dengan kelipatan Rp10.000 di merchant yang terdaftar, baik secara online maupun offline.

    Periode program berlangsung pada 11 Agustus – 14 September 2025, dengan ketentuan sebagai

    berikut:

    – 1 Golden Ticket per transaksi minimal Rp10.000 via aplikasi Shopee

    – 2 Golden Ticket per transaksi minimal Rp10.000 via aplikasi ShopeePay

    – Berlaku untuk transaksi offline melalui QRIS atau pun transaksi online melalui

    aplikasi/website merchan

    Untuk informasi lebih lanjut, pengguna dapat mengunjungi halaman promo di https://shopeepayid.onelink.me/9gr5/rqtenhzy. Untuk diketahui aplikasi ShopeePay merupakan aplikasi mandiri yang sudah tersedia di Google Play atau App Store, Anda bisa mengunduh nya dan nikmati berbagai penawaran menarik selama promo berlangsung.

    (fab/fab)

    [Gambas:Video CNBC]

  • ShopeePay 9.9 Festival Serba Murah, Ada Promo QRIS Rp1.000-Hadiah Mobil!

    ShopeePay 9.9 Festival Serba Murah, Ada Promo QRIS Rp1.000-Hadiah Mobil!

    Jakarta

    Momen tanggal kembar 9.9 kembali menjadi ajang belanja hemat yang dinanti masyarakat. Tahun ini, ShopeePay menghadirkan kampanye spesial “Aplikasi ShopeePay 9.9 Festival Serba Murah” untuk mendukung kebutuhan transaksi harian pengguna di seluruh Indonesia dengan cara yang lebih hemat dan mudah.

    President Director ShopeePay Indonesia, Eka Nilam Dari (Lala), mengungkapkan bahwa kampanye tahun ini menghadirkan penawaran yang lebih beragam di berbagai merchant favorit dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

    “Seperti tahun-tahun sebelumnya, 9.9 spesial karena ini momen yang ditunggu-tunggu, di mana ShopeePay mengadakan big campaign. Double date 9.9 tahun ini lebih spesial karena ada promo lebih menarik di merchant-merchant favorit ShopeePay,” ujar Lala dalam acara Media Gathering ShopeePay di Jakarta, Selasa (12/8/2025).

    Melalui program ini, pengguna bisa menikmati berbagai penawaran menarik, mulai dari Bayar QRIS Serba Rp1.000 di merchant favorit, Flash Sale pulsa dan token PLN mulai Rp99, hingga kesempatan memenangkan mobil Toyota Agya.

    Tiga Program Utama ShopeePay 9.9

    1. Bayar QRIS Serba Rp1.000

    Pengguna bisa membeli produk pilihan di merchant seperti Indomaret, Alfamart, Mie Gacoan, Shihlin, KFC, Yoshinoya, Solaria, hingga McDonald’s hanya dengan Rp1.000 atau Rp9.000. Promo ini berlaku di outlet merchant dengan pembayaran melalui aplikasi ShopeePay, pada 16-31 Agustus setiap akhir pekan, dan pada 1-14 September setiap hari, dengan kuota 1 kali per pengguna per merchant.

    Selain itu, mulai 16 Agustus-14 September 2025, pengguna juga bisa membeli Voucher Diskon Serba Rp1.000 untuk transaksi di aplikasi atau website merchant. Khusus promo puncak pada 1-14 September, tersedia Flash Sale Voucher Rp99 untuk transaksi di merchant seperti App Store, Google Play, Kiosgamer, dan Netflix.

    2. Kesempatan Menang Mobil Toyota Agya

    Dari tanggal 16 Agustus – 14 September 2025, setiap transaksi minimal Rp10.000 di merchant terdaftar, baik offline via QRIS maupun online melalui aplikasi atau website merchant, pengguna akan mendapatkan Golden Ticket dengan ketentuan sebagai berikut.

    Transaksi via aplikasi Shopee: 1 tiketTransaksi via aplikasi ShopeePay: 2 tiket

    Semakin banyak tiket yang dikumpulkan, semakin besar peluang memenangkan Grand Prize Toyota Agya.

    3. Flash Sale Pulsa & PLN Rp99

    Flash Sale ini tersedia setiap hari selama periode 11 Agustus-14 September, pukul 00.00, 12.00, dan 18.00 WIB untuk pembelian pulsa, paket data, token PLN, dan e-money melalui aplikasi ShopeePay, dengan kuota terbatas di setiap sesi.

    Promo Tambahan

    Selain tiga program utama, ada juga promo khusus seperti:

    Sebar ShopeePay: pasti dapat saldo hingga Rp19.000 pada 18 & 25 Agustus, serta 4, 8, 9, dan 10 September.Transfer Unik Berhadiah: transfer ke sesama ShopeePay pada 25 Agustus-11 September bisa dapat kesempatan memenangkan hadiah total hingga Rp9 juta per hari dan bonus koin hingga Rp99.000.

    Tak hanya itu, ShopeePay juga terus berupaya meningkatkan pengalaman belanja pengguna dengan memperluas penggunaan pembayaran digital. Salah satunya lewat kerja sama dengan Bank Indonesia dan pemerintah dalam penerapan QRIS lintas negara yang kini bisa digunakan di Singapura, Malaysia, dan Thailand. Ke depannya, ShopeePay akan dikembangkan agar bisa dipakai di Jepang dan China.

    Lala juga mengingatkan para pengguna untuk tetap waspada saat bertransaksi, terutama di tengah tingginya traffic transaksi pada periode 9.9 ini. Menurutnya, keamanan transaksi senantiasa menjadi prioritas utama ShopeePay.

    “Yang paling penting adalah menciptakan fitur-fitur untuk meningkatkan keamanan, memonitor pola transaksi pengguna, dan sering mengedukasi konsumen agar memastikan aplikasi terjaga dengan PIN, password, dan tidak membagikan OTP. Kami juga bekerja sama dengan mitra yang legit dan berkualitas, sehingga semua transaksi aman,” ujarnya.

    Public figure Sarwendah, yang turut hadir sebagai pembicara, mengaku program ini sangat membantunya sebagai seorang ibu rumah tangga dalam mengatur keuangan.

    “Sebagai seorang ibu banyak kebutuhan, harus bisa manage keuangan. Kalau pintar manage uang, barang yang kita bisa dapat lebih banyak, cocok banget sama campaign ShopeePay 9.9 Festival Serba Murah ini. Pastinya semua murah dan membantu banget untuk ibu-ibu supaya bisa belajar cara hemat,” tutur Sarwendah.

    Ia menambahkan, ShopeePay memudahkan pengelolaan kebutuhan sehari-hari, mulai dari belanja pokok, pesan makanan, bayar tagihan dan angsuran, hingga isi token PLN.

    “Aku dulu nggak ngerti bisa bayar pakai QRIS, jadi sekarang semua bayar pakai ShopeePay. Kirim uang, bayar listrik, pulsa, satu aplikasi multitasking semua. Jadi nggak perlu pusing-pusing cari (aplikasi) yang lain,” ujarnya.

    Dengan sederet promo hemat, dukungan merchant offline dan online, serta kesempatan memenangkan hadiah mobil, ShopeePay 9.9 Festival Serba Murah diharapkan menjadi momen belanja dan transaksi digital yang tidak boleh dilewatkan oleh pengguna di seluruh Indonesia.

    (akn/ega)

  • Internet Rumah Nomor 2 di RI Jarang yang Tahu, Ternyata Punya BUMN

    Internet Rumah Nomor 2 di RI Jarang yang Tahu, Ternyata Punya BUMN

    Jakarta, CNBC Indonesia – Layanan internet rumah paling laris nomor dua di Indonesia ternyata dimiliki oleh salah satu BUMN paling terkenal, PLN. Layanan tersebut adalah Iconnet, yang kini berada di posisi dua pasar internet tetap (fixed broadband) di tanah air setelah IndiHome milik Telkomsel.

    Berdasarkan hasil Survei Internet Indonesia 2025 yang dirilis Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), IndiHome mencatatkan pangsa pasar terbesar di Indonesia.

    Dalam laporan tersebut, IndiHome menguasai 43,96% pangsa pasar pengguna internet tetap di 2025. Capaian ini menempatkan IndiHome jauh di atas pesaing-pesaing lainnya.

    Di posisi kedua ada  Iconnet dengan 4,24%, Biznet 3,87%, dan My Republic 2,82%. Sementara pemain lain seperti MNC Play, Oxygen, XL Home, hingga CBN mencatatkan pangsa pasar di bawah 3%. Kategori “lainnya” dalam survei tersebut dipilih oleh 23,83% pengguna internet RI.

    Data tersebut juga mengungkap, sebanyak 33,01% responden memilih operator berdasarkan harga paket yang terjangkau, disusul oleh referensi dari kerabat (19,35%) dan penawaran promo menarik saat pendaftaran awal (18,82%).

    Sementara 13,94% responden menyebut reputasi operator yang sudah tepercaya sebagai faktor kunci

    APJII mencatat bahwa alasan lain seperti ketersediaan operator di lokasi (11,79%) dan bundling dengan layanan lain (1,73%) juga ikut memengaruhi pilihan masyarakat.

    Di balik dominasi IndiHome, Ketua Umum APJII Muhammad Arif mengungkapkan kondisi ekosistem penyedia jasa internet (ISP) di tanah air. Menurutnya, struktur industri saat ini sudah terdestruksi yang cukup dalam.

    “Ekosistem internet di Indonesia sudah sangat terdestruksi dengan luar biasa, dengan jumlah ISP sudah mencapai lebih dari 1.300 perusahaan,” ujat Arif, dikutip Selasa (12/8/2025).

    Lebih lanjut, Arif menyebutkan bahwa animo untuk menjadi penyedia internet juga masih sangat tinggi.

    “Bahkan yang saya dengar dari data di Komdigi, ada sekitar hampir 500 antrean untuk menjadi internet provider. Oleh karena itu memang tatanan harus dirapikan kembali, kita melihat ini dalam rangka menuju ekosistem internet yang berkelajuan,” tegasnya.

    (dem/dem)

    [Gambas:Video CNBC]

  • BEI Bantu Kejagung Usut Kasus Dugaan Korupsi yang Libatkan Emiten

    BEI Bantu Kejagung Usut Kasus Dugaan Korupsi yang Libatkan Emiten

    Jakarta

    Bursa Efek Indonesia (BEI) berkomitmen untuk membantu Kejaksaan Agung (Kejagung) mengusut dugaan tindak pidana korupsi (tipikor) yang menyeret PT Atlas Resources Tbk (ARII). Dugaan tersebut muncul dalam kerja sama investasi PT PLN Batu Bara Investasi (PLNBBI) pada 2018-2020.

    Direktur Pengawasan Transaksi dan Kepatuhan BEI, Kristian Manullang, menyebut pihaknya bersedia memberikan data terkait aktivitas transaksi perseroan. Namun begitu, terang Kristian, BEI tak memiliki wewenang untuk menghentikan total perdagangan ARII sepanjang adanya dugaan kasus tersebut.

    Pasalnya, kewenangan pemblokiran dapat dilakukan sesuai persetujuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dalam konteks ini, BEI hanya berperan untuk mengawasi perusahaan terkait.

    “Iya (membantu Kejagung). Kalau memblokir, kalau memang diminta memblokir harus melalui OJK,” ungkap Kristian kepada wartawan di Main Hall BEI, Jakarta, Senin (11/8/2025).

    Ke depan, Kristian menyebut penuntasan dugaan kasus akan dilakukan sesuai peran pengawasan. “Jadi kita harus bagi-bagi (peran), tidak semuanya (dilimpahkan ke BEI),” imbuhnya.

    Untuk diketahui, dugaan kasus tipikor ini bermula pada tahun 2018, di mana pada saat itu Direktur Utama ARII, Andre Abdi, menandatangani kontrak kerja sama investasi dengan PLNBBI terkait pengambilalihan saham anak usaha PT Atlas Resources Tbk.

    Berdasarkan laporan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), terdapat kejanggalan pembayaran pada kerja sama kedua perusahaan tersebut dengan indikasi pembayaran melebihi nilai wajar. Hal ini berpotensi memicu kerugian keuangan negara.

    (acd/acd)

  • Nggak Cuma Buat Harian, Motor Listrik Juga Cocok Dipakai Jalan Antarkota

    Nggak Cuma Buat Harian, Motor Listrik Juga Cocok Dipakai Jalan Antarkota

    Jakarta

    Driver ojek online (Ojol) dan beberapa komunitas motor listrik Davigo menggelar touring Jakarta-Bandung dengan mengendarai motor listrik nasional Davigo Dragon-SLi dan Davigo Dragon-L. Perjalanan yang digelar pada Sabtu 9 Agustus 2025 ini, diawali dari PLN Pondok Kopi Jakarta dan berakhir di PLN Braga Bandung, dengan menempuh jarak sekitar 170 km. Rute sejauh itu berhasil ditempuh hanya dengan sekali pengisian daya.

    Touring kali ini dilakukan untuk menguji seberapa efektif, efisien mengendarai motor listrik, dan diikuti oleh puluhan komunitas driver ojek online, serta para pengguna setia motor listrik Davigo dari berbagai wilayah.

    Community Manager Davigo, Yogie Effendi mengungkapkan touring ini digelar untuk membuktikan ketangguhan motor listrik Davigo sekaligus menjawab keraguan masyarakat terhadap kemampuan motor listrik jarak jauh. Melalui aksi nyata ini, Davigo ingin menunjukkan bahwa jarak bukanlah batasan bagi motor listrik lokal yang dirancang dengan teknologi mumpuni dan efisiensi maksimal.

    “Kami ingin menyampaikan pesan bahwa motor listrik tidak hanya ramah lingkungan, tetapi juga kuat, andal, dan mampu digunakan untuk aktivitas harian maupun perjalanan antar kota,” Yogie Effendi menambahkan.

    Ojol dan Komunitas Davigo gelar touring motor listrik Jakarta-Bandung. Foto: dok. Davigo

    Yogie menambahkan, touring ini diharapkan menjadi bukti dan jawaban serta bentuk edukasi masyarakat bahwa infrastruktur bukan satu-satunya tantangan, dan mengenai persepsi tentang keterbatasan kendaraan listrik juga perlu diubah.

    Sebagai catatan para komunitas ojol yang menggunakan Davigo Dragon-L mengandalkan baterai 72V 60Ah Lithium NMC, sementara Davigo Dragon-SLi dibekali baterai 72V 52Ah Lithium LifePO4 (LFP). Keduanya ditenagai motor listrik berdaya 2.000 watt yang diklaim mampu memberikan performa tinggi tanpa mengorbankan efisiensi daya, sehingga ideal untuk penggunaan harian maupun perjalanan antarkota.

    (lth/dry)

  • Lengkap, 100 Perusahaan Terbesar di Indonesia versi Fortune – Page 3

    Lengkap, 100 Perusahaan Terbesar di Indonesia versi Fortune – Page 3

    1. Pertamina

    Pendapatan (miliar) Rp 1.217.434,44

     

    2.Perusahaan Listrik Negara

    Pendapatan (miliar): Rp 545.380,99

     

    3. Astra International

    Pendapatan (miliar): Rp 330.920,00

     

    4.Bank Rakyat Indonesia

    Pendapatan (miliar): Rp 274.566,55

     

    5.Bank Mandiri

    Pendapatan (miliar): Rp 206.502,31

     

    6.Telkom Indonesia

    Pendapatan (miliar): Rp 149.967,00

     

    7. MIND ID

    Pendapatan (miliar): Rp 145.211,53

     

    8. Bank Central Asia

    Pendapatan (miliar): Rp 120.838,83

     

    9. Sumber Alfaria Trijaya

    Pendapatan (miliar): Rp118.227,03

     

    10.HM Sampoerna

    Pendapatan (miliar): Rp117.880,02

     

    11. Indofood Sukses Makmur

    Pendapatan (miliar): Rp115.786,53

     

    12. Gudang Garam

    Pendapatan (miliar): Rp 98.655,48

     

    13. Bank Negara Indonesia

    Pendapatan (miliar): Rp 95.635,33

     

    14. Adaro Andalan Indonesia

    Pendapatan (miliar): Rp 85.975,08

     

    15. Pupuk Indonesia

    Pendapatan (miliar): Rp 81.616,21

     

    16. Sinar Mas Agro Resources and Technology

    Pendapatan (miliar): Rp 78.835,44

     

    17. Charoen Pokphand Indonesia

    Pendapatan (miliar): Rp 67.477,99

     

    18. Erajaya Swasembada

    Pendapatan (miliar): Rp 65.279,68

     

    19. Indosat Ooredoo Hutchison

    Pendapatan (miliar): Rp 55.886,87

     

    20. Japfa Comfeed Indonesia

    Pendapatan (miliar): Rp55.800,85

     

    21. Bayan Resources

    Pendapatan (miliar): Rp 55.697,73

     

    22. Garuda Indonesia

    Pendapatan (miliar): Rp 55.217,89

     

    23. Indah Kiat Pulp & Paper

    Pendapatan (miliar): Rp 51.649,40

     

    24. Dian Swastatika Sentosa

    Pendapatan (miliar): 48.773,62

     

    25. Amman Mineral Internasional

    Pendapatan (miliar): Rp 43.049,59

     

    26. Indika Energy

    Pendapatan (miliar): Rp 39.543,24

     

    27. Medco Energi Internasional

    Pendapatan (miliar): Rp 38.775,71

     

    28. AKR Corporindo

    Pendapatan (miliar): Rp 38.729,49

     

    29. Barito Pacific

    Pendapatan (miliar): Rp 38.578,61

     

    30. Mitra Adiperkasa

    Pendapatan (miliar): Rp 37.835,89

     

    31. Indo Tambangraya Megah

    Pendapatan (miliar): Rp 37.245,28

     

    32. Merdeka Copper Gold

    Pendapatan (miliar): Rp 36.187,22

     

    33. Semen Indonesia (SIG Group)

    Pendapatan (miliar): Rp 36.186,13

     

    34. Kereta Api Indonesia

    Pendapatan (miliar): Rp 36.108,22

     

    35.Mayora Indah

    Pendapatan (miliar): Rp 36.072,95

     

    36. Unilever Indonesia

    Pendapatan (miliar): Rp 35.138,64

     

    37.Pelindo

    Pendapatan (miliar): Rp 34.833,87

     

    38. XL Axiata

    Pendapatan (miliar): Rp 34.391,60

     

    39.Bank Tabungan Negara

    Pendapatan (miliar): Rp 34.117,51

     

    40. Alamtri Resources Indonesia/ADRO

    Pendapatan (miliar): Rp 33.595,77

     

    41. Kalbe Farma

    Pendapatan (miliar): Rp 32.627,78

     

    42. Pindo Deli Pulp and Paper Mills

    Pendapatan (miliar): Rp 32.504,71

     

    43. InJourney

    Pendapatan (miliar): Rp 30.539,35

     

    44. Hutama Karya

    Pendapatan (miliar): Rp 30.252,29

     

    45. Indomobil Sukses Internasional

    Pendapatan (miliar): Rp 29.318,22

     

    46. Bank CIMB Niaga

    Pendapatan (miliar): Rp28.926,25

     

    47.Jasa Marga

    Pendapatan (miliar): Rp28.703,21

     

    48. BUMA Internasional Grup

    Pendapatan (miliar): Rp 28.385,50

     

    49. Indonesia Financial Group (IFG)

    Pendapatan (miliar): Rp 28.297,19

     

    50. Bank Danamon Indonesia

    Pendapatan (miliar): Rp 27.415,51

  • Indonesia Ekspor 238 Juta Ton Batu Bara pada Semester I 2025 – Page 3

    Indonesia Ekspor 238 Juta Ton Batu Bara pada Semester I 2025 – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (Kementerian ESDM) Bahlil Lahadalia menyampaikan, realisasi produksi batu bara pada semester I 2025 mencapai 357,6 juta ton. Jumlah itu sekitar 48,34 persen dari target total produksi di tahun ini.

    Mayoritas atau sebanyak 238 juta ton dialokasikan untuk ekspor batu bara. Sementara sekitar 104,6 juta ton untuk pemenuhan kebutuhan di dalam negeri atau domestic market obligation (DMO), dan sisa 15 juta ton batu bara dijadikan stok. 

    “Sekarang yang baru berproduksi sudah 357,6 ton. Nah, DMO-nya 104,6 juta ton ini untuk PLN, smelter, ekspor 238 juta. Jadi kita ekspor di satu semester ini sudah 238 juta ton,” terang Bahlil di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (11/8/2025).

    Bahlil menyoroti kemerosotan harga batu bara hingga 25-30 persen. Penurunan itu membuat nilai manfaat yang diterima Indonesia sebagai salah satu negara penyumbang batu bara terbesar di dunia turut berkurang. Lantaran Indonesia tidak punya kuasa untuk mengatur harga batu bara. 

    “Sebenarnya agak lucu memang, ekspor batu bara 45 persen terhadap dunia itu berasal dari Indonesia. Sekarang begitu harga turun, kita enggak bisa bikin apa-apa, karena ini bicara permintaannya sedikit, kita produksinya banyak,” ungkapnya. 

    Oleh karenanya, Kementerian ESDM memutuskan untuk mengevaluasi rencana kerja dan anggaran biaya (RKAB) usaha pertambangan batu bara, dari dilakukan setiap 3 tahun sekali menjadi satu tahun sekali. 

    “Ini gara-gara apa? RKAB 3 tahun ini. Akhirnya sekarang harga turun kita enggak bisa mengendalikan. Ini kan bicara bisnis kan, bicara supply and demand,” kata Bahlil. 

    “Ke depan, atas apa yang diminta oleh DPR kepada kami untuk melakukan revisi RKAB, dan ini kita akan lakukan tanpa pandang bulu, supaya menjaga stabilitas,” dia menegaskan.

  • Transjakarta rute 7Q berhenti di Halte Cililitan pada Selasa

    Transjakarta rute 7Q berhenti di Halte Cililitan pada Selasa

    Arsip foto – Sejumlah penumpang menunggu kedatangan bus TransJakarta di Halte Dukuh Atas, Jakarta, Minggu (22/6/2025). ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

    Transjakarta rute 7Q berhenti di Halte Cililitan pada Selasa
    Dalam Negeri   
    Editor: Calista Aziza   
    Senin, 11 Agustus 2025 – 09:15 WIB

    Elshinta.com – PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menyebutkan rute 7Q relasi Blok M-PGC akan mulai melayani penumpang atau berhenti di Halte Cililitan dan Cawang Cililitan pada Selasa (12/8).

    Kepala Departemen Humas & CSR Transjakarta, Ayu Wardhani saat dihubungi di Jakarta, Senin, mengatakan modifikasi rute itu dilakukan untuk peningkatan layanan Transjakarta.

    “Sebelumnya lewat bus stop di samping halte. Untuk peningkatan layanan, saat ini pelayanan masuk ke halte,” kata dia.

    Adapun titik perhentian rute ini dari arah Blok M Jalur 2 menuju Cawang Cililitan yakni Gunawarman 1, Gunawarman 2, Senopati, SD 01 Taman Mpu Sendok, Taman Suryo, Lapangan Blok S, Simpang Rawa Barat, Rawa Barat 1, Jalan Poncol Jaya 2.

    Kemudian, Kantor Pos Mampang, Transvision, Mandiri Griya Mampang, SMPN 43, Mampang Prapatan 1, Mampang 10, Duren Tiga 1, Pertigaan Duren Tiga Raya, Dammara, Swadaya, PLN Duren Tiga 2, Jalan Veteran 2, Jalan Minyak Raya.

    Lalu, RSIA Duren Tiga 2, Jalan Bina Harapan, TMP Kalibata, STEKPI, Seberang Kalibata Square, Stasiun Duren Kalibata 1, Stasiun Duren Kalibata2, Pertigaan Dewi Sartika, Yayasan Mambaul Ula, Cililitan Kecil 2, Cawang Cililitan.

    Sementara arah Cawang Cililitan menuju Blok M Jalur 2 yaitu, Cililitan, Cililitan Kecil, Jambul, Plaza Kalibata, Kalibata City 1, Kalibata City 2, Danau TMP Kalibata, Potlot, RSIA Duren Tiga 1, SMAN 55.

    Kemudian, Jalan Duren Tiga Raya, Jalan Veteran 1, PLN Duren Tiga 1, Komplek Polri Duren Tiga, Duren Tiga 2, Seberang Jalan Mampang Prapatan VI, Mampang 5.

    Lalu, Mampang Prapatan 2, Jalan Bangka 1, Jalan Poncol Jaya 1, Wolter Monginsidi, Pasar Santa, Cikajang Wolter Monginsidi, Tirtayasa 1, PLN Pusat, Jalan Paletehan, M Bloc, dan Blok M.

    Bus rute 7Q beroperasi mulai pukul 05.00 WIB hingga 22.00 WIB untuk kedua arah, dengan tarif Rp3.500.

    Sumber : Antara