BUMN: PLN

  • Begini Langkah Strategis Amankan Pasokan Gas Demi Kelistrikan Stabil di Madura

    Begini Langkah Strategis Amankan Pasokan Gas Demi Kelistrikan Stabil di Madura

    Jakarta: Pasokan listrik yang andal menjadi faktor penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. 
     
    Di Pulau Madura, stabilitas listrik selama ini masih bergantung pada pasokan dari Jawa melalui kabel laut Suramadu. 
     
    Untuk mengatasi tantangan tersebut, PT PLN Energi Primer Indonesia (PLN EPI) menggandeng PT Energi Mineral Langgeng (EML) dalam Perjanjian Jual Beli Gas (PJBG) dari Wilayah Kerja South East Madura, Lapangan ENC. 

    Kesepakatan ini menjadi langkah besar dalam menjamin pasokan gas yang stabil untuk kelistrikan di Madura.
     
    Direktur Perencanaan Korporat dan Pengembangan Bisnis PT PLN (Persero), Hartanto Wibowo, menyatakan bahwa proyek ini telah dinantikan sejak lama. 
     
    Pembangkit berbasis gas di Madura akan berperan penting dalam mengurangi ketergantungan pasokan listrik dari Pulau Jawa.
     

    “Kehadiran pembangkit ini akan membantu meningkatkan keandalan pasokan listrik, yang pada gilirannya dapat menggerakkan perekonomian Madura dan mendukung kesejahteraan masyarakat,” ujar Hartanto dalam keterangan tertulis, Kamis, 27 Maret 2025.
     
    Sementara itu, Direktur Utama PLN EPI, Iwan Agung Firstantara, menambahkan bahwa perencanaan proyek ini sudah dimulai sejak delapan tahun lalu. Tantangan terbesar adalah memastikan ketersediaan gas yang cukup untuk pembangkit di Sumenep. 
     
    Kini, dengan adanya PJBG ini, langkah awal pengaliran gas bisa segera dimulai.
     
    “Sekarang, delapan tahun kemudian, kita bisa memulai langkah awal dalam pengaliran gas untuk mendukung pembangunan pembangkit ini”, ujar Iwan.
     
    Target beroperasi Oktober 2025, Stabilkan Tegangan Listrik di Madura
     
    PLN menargetkan pasokan gas mulai mengalir pada 31 Oktober 2025. Hal ini diharapkan dapat memperbaiki ketidakstabilan tegangan listrik di Madura yang selama ini hanya mengandalkan suplai dari Gresik melalui kabel laut.
     
    “Dengan adanya pembangkit baru ini, kami berharap tegangan listrik di Madura akan lebih stabil dan cadangan kapasitas pembangkit di Madura meningkat untuk memperkuat sistem kelistrikan,” tambah Iwan Agung.
    Kolaborasi demi Madura lebih terang
    Direktur PT Energi Mineral Langgeng, Kikin Abdul Hakim, mengungkapkan bahwa kerja sama ini telah dimulai sejak 2013 dan menghadapi berbagai tantangan sebelum akhirnya terealisasi pada 2025.
     
    “Meskipun sempat terkendala, kami sangat bersyukur bisa kembali melanjutkan proyek ini. Kami yakin pasokan gas yang cukup akan mendukung kelancaran operasional pembangkit di Madura dan memberikan manfaat besar bagi masyarakat. Pada tahap awal, pasokan gas dari Lapangan ENC adalah 7 BBTUD, namun ke depan diharapkan meningkat hingga 30 BBTUD,” jelas Kikin.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • Berikut 35 Titik Lokasi SPKLU di Lampung, Siap Layani Pemudik Berkendaraan Listrik

    Berikut 35 Titik Lokasi SPKLU di Lampung, Siap Layani Pemudik Berkendaraan Listrik

    PLN memastikan sebanyak 17 titik SPKLU telah tersedia di sepanjang jalan tol dari Bakauheni (Lampung Selatan) hingga Mesuji, dengan rincian sebagai berikut:

    • Arah Sumatera Selatan: KM 20A, KM 33A, KM 49A, KM 67A, KM 87A, KM 116A, KM 163A, KM 208A, dan KM 234A.

    • Arah Bakauheni (Lampung Selatan): KM 215B, KM 172B, KM 116B, KM 87B, KM 67B, KM 49B, KM 33B, dan KM 20B.

    Di luar jalan tol, SPKLU juga tersedia di beberapa titik strategis, seperti:

    • Bandar Lampung: Els Coffee, Mal Boemi Kedaton, Kantor PLN UID Lampung, Kantor PLN Tanjung Karang, Hotel Holiday Inn, Hotel Aston, TransMart Lampung, Lampung City Mall, dan Kampus Darmajaya.

    • Kota Metro: Kantor PLN dan Taman Merdeka.

    • Kabupaten lainnya: Kantor PLN di Lampung Timur, Lampung Utara, Way Kanan, Pesisir Barat, dan Tanggamus.

    • Pesawaran: Lampung Marriot Resort.

  • Catat! Tarif Listrik PLN April-Juni Tidak Naik

    Catat! Tarif Listrik PLN April-Juni Tidak Naik

    Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menetapkan tarif tenaga listrik kuartal II 2025 untuk 13 golongan pelanggan nonsubsidi tidak naik.

    Menteri ESDM Bahlil Lahadalia mengatakan hal ini dilakukan demi menjaga daya beli masyarakat dan daya saing usaha, terutama menjelang Idulfitri 2025.

    “Diputuskan tarif tenaga listrik kuartal II tahun 2025 tetap, yaitu sama dengan tarif tenaga listrik periode kuartal I tahun 2025, sepanjang tidak ditetapkan lain oleh Pemerintah,” kata Bahlil melalui keterangan resmi, Kamis (27/3/2025).

    Selain itu, untuk tarif tenaga listrik 24 golongan pelanggan bersubsidi juga tidak mengalami perubahan dan tetap mendapat subsidi listrik. Golongan ini mencakup pelanggan sosial, rumah tangga miskin, industri kecil, serta pelanggan yang menggunakan listrik untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

    Sesuai Peraturan Menteri ESDM Nomor 7 tahun 2024 tentang Tarif Tenaga Listrik yang Disediakan oleh PT PLN (Persero), penyesuaian tarif tenaga listrik bagi pelanggan nonsubsidi dilakukan setiap 3 bulan dengan mengacu pada perubahan realisasi parameter ekonomi makro, yakni kurs, Indonesian Crude Price (ICP), inflasi, dan Harga Batubara Acuan (HBA). 

    Adapun, tarif tenaga listrik kuartal II 2025 ditetapkan menggunakan realisasi parameter ekonomi makro bulan November 2024 hingga Januari 2025, di mana secara akumulasi seharusnya menyebabkan kenaikan tarif listrik.

    Sebelumnya, Pemerintah memberikan stimulus biaya listrik yang merupakan bagian dari paket insentif di bidang ekonomi berupa diskon 50% biaya listrik kepada pelanggan Rumah Tangga PT PLN (Persero) dengan daya sampai dengan 2.200 VA pada bulan Januari dan Februari 2025. 

    “Diskon biaya listrik 50 persen telah berakhir pada 28 Februari 2025. Sejak 1 Maret 2025 tarif listrik Rumah Tangga daya sampai dengan daya 2.200 VA sudah kembali normal. Tarif normal atau tetap ini berlanjut di triwulan II 2025,” ujar Bahlil.

    Kementerian ESDM terus mendorong PLN agar selalu melakukan langkah-langkah efisiensi operasional dan memacu penjualan tenaga listrik secara lebih agresif dengan terus menjaga mutu pelayanan kepada masyarakat.

    Berikut daftar lengkap tarif listrik pelanggan PLN non subsidi April-Juni 2025:  

    1. Golongan R-1/TR daya 900 VA, Rp 1.352 per kWh.  

    2. Golongan R-1/ TR daya 1.300 VA, Rp 1.444,70 per kWh.  

    3. Golongan R-1/ TR daya 2.200 VA, Rp 1.444,70 per kWh.  

    4. Golongan R-2/ TR daya 3.500-5.500 VA, Rp 1.699,53 per kWh.  

    5. Golongan R-3/ TR daya 6.600 VA ke atas, Rp 1.699,53 per kWh.  

    6. Golongan B-2/ TR daya 6.600 VA-200 kVA, Rp 1.444,70 per kWh.  

    7. Golongan B-3/ Tegangan Menengah (TM) daya di atas 200 kVA, Rp 1.114,74 per kWh. 

    8. Golongan I-3/ TM daya di atas 200 kVA, Rp 1.114,74 per kWh.  

    9. Golongan I-4/ Tegangan Tinggi (TT) daya 30.000 kVA ke atas, Rp 996,74 per kWh.  

    10. Golongan P-1/ TR daya 6.600 VA-200 kVA, Rp 1.699,53 per kWh.  

    11. Golongan P-2/ TM daya di atas 200 kVA, Rp 1.522,88 per kWh.  

    12. Golongan P-3/ TR untuk penerangan jalan umum, Rp 1.699,53 per kWh. 

    13. Golongan L/ TR, TM, TT, Rp 1.644,52 per kWh.

  • Layani Prostitusi, Warung Remang-remang di Mojokerto Dibongkar

    Layani Prostitusi, Warung Remang-remang di Mojokerto Dibongkar

    Mojokerto (beritajatim.com) – Sejumlah warung remang-remang di Kabupaten Mojokerto dibongkar. Warung remang-remang di dua kecamatan tersebut dibongkar lantaran melanggar Peraturan Daerah Kabupaten Mojokerto Nomor 02 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum (Tramtibumas).

    Kepala Bidang (Kabid) Penegakan Perundang-undangan Daerah, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Mojokerto, Zainul Hasan mengatakan, warung remang-remang di Kecamatan Mojosari dan Pungging tersebut dilakukan pembongkaran lantaran menyediakan fasilitas prostitusi.

    “Yakni di Dusun Gading, Desa Ngrame, Kecamatan Pungging ada lima warung yang dibongkar. Tiga warung dibongkar setelah dilakukan pemutusan listrik oleh PLN, dalam proses pembongkaran pemilik warung tidak ada. Satu warung, kami lakukan komunitas dengan pemilik tanah agar mengakhiri sewanya,” ungkapnya.

    Serta satu warung dilakukan pembongkaran bangunan bersama pemilik warung. Petugas kemudian bergeser ke Dusun Krembungdumpul, Desa Randubango, Kecamatan Mojosari terdapat dua warung yang melanggar Peraturan Daerah (Perda), namun dua warung tersebut sebagian sudah dilakukan pembongkaran.

    “Dua warung telah dibongkar sebagian kecil dan dilanjutkan pembongkaran oleh petugas, satu warung dibongkar bersama pemilik dan satu tanpa dihadiri pemilik. Seluruh proses pembongkaran dituangkan dalam berita acara dan ditandatangani masing-masing perwakilan instansi dan pemilik yang hadir,” jelasnya. [tin/but]

  • PLN Icon Plus Berikan Akses Internet Gratis Kepada Yayasan Al Alaq, Dukung Digitalisasi Masyarakat Melalui TJSL 

    PLN Icon Plus Berikan Akses Internet Gratis Kepada Yayasan Al Alaq, Dukung Digitalisasi Masyarakat Melalui TJSL 

    JABAR EKSPRES – PLN Icon Plus kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung pemerataan akses digital di Indonesia melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

    Kali ini bantuan berupa akses internet gratis diberikan kepada Yayasan Al Alaq di Tasikmalaya.

    Program ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital serta mempermudah akses informasi bagi para santri dan masyarakat sekitar.

    Perwakilan PLN Icon Plus secara simbolis menyerahkan bantuan ini kepada pengurus Yayasan Al Alaq.

    Dengan adanya fasilitas internet gratis ini, para santri di yayasan dapat lebih mudah mengakses berbagai sumber belajar online, mengikuti kelas digital, serta memperluas wawasan mereka dalam dunia pendidikan dan teknologi.

    General Manager PLN Icon Plus Wuri Yulianto menyampaikan, “TJSL yang dilakukan PLN Icon Plus merupakan wujud nyata dukungan kami terhadap program pemerataan digitalisasi masyarakat, sehingga dapat mendorong kebermanfaatan yang berkelanjutan melalui terbukanya akses internet kepada masyarakat Indonesia.”

    Tidak hanya bermanfaat bagi para santri, akses internet ini juga dapat dimanfaatkan oleh para pengurus yayasan.

    Dengan semakin berkembangnya era digital, konektivitas yang baik menjadi kebutuhan penting bagi berbagai sektor, termasuk pendidikan, ekonomi, dan sosial.

    PLN Icon Plus berharap, program ini dapat membantu masyarakat untuk lebih siap menghadapi tantangan digitalisasi dan meningkatkan kesejahteraan mereka.

    Program TJSL ini merupakan bagian dari inisiatif berkelanjutan PLN Icon Plus dalam mendukung transformasi digital di Indonesia.

    Dengan terus menghadirkan akses internet ke berbagai wilayah, PLN Icon Plus berupaya menciptakan ekosistem digital yang inklusif dan merata, sehingga seluruh lapisan masyarakat dapat menikmati manfaat dari perkembangan teknologi.

  • Wuling Punya Bengkel Siaga sampai Pakai Fast Charging Gratis, Ini Lokasinya

    Wuling Punya Bengkel Siaga sampai Pakai Fast Charging Gratis, Ini Lokasinya

    Jakarta

    Wuling Motors Indonesia memberikan layanan ekstra kepada penggunanya selama musim lebaran. Mulai dari kehadiran bengkel siaga hingga berdirinya fasilitas DC Charging yang bisa dinikmati gratis.

    “Sebagai bentuk komitmen Wuling, kami menghadirkan Tenang Bersama Wuling’ yang kami terjemahkan menjadi program after sales. Program ini dirancang dalam rangka memberikan kenyamanan, keamanan, dan ketenangan bagi pelanggan selama periode libur lebaran tahun 2025. Wuling menyiapkan bengkel siaga 8 jam di 22 dealer, bengkel siaga 24 jam di 23 dealer, dan 6 posko mudik. Selain itu ada juga promo khusus bagi para pelanggan,” jelas Maulana Hakim selaku Aftersales Director Wuling Motor dalam keterangannya dikutip Rabu (26/3/2025).

    Posko Mudik Wuling beroperasi pada 28-30 Maret 2025. Lokasinya sebagai berikut.

    – Rest Area Cipali KM 207,
    – Rest Area Batang KM 379
    – Rest Area Ngawi KM 575 A.

    Sementara pada arus balik, posko mudik beroperasi mulai 4 hingga 6 April 2025. Adapun tiga lokasi posko mudik Wuling di arus balik yaitu:

    – Rest Area Cipali KM 208 B,
    – Rest Area Batang KM 389 B,
    – Rest Area Ngawi KM 575 B.

    Program after sales ‘Tenang Bersama Wuling’ pun hadir dalam bentuk Bengkel Siaga Wuling yang terdiri dari layanan 24 jam di 23 dealer yang tersebar di Jawa, Bali, Sumatera, dan Sulawesi yang mulai beroperasi sejak 29 Maret hingga 6 April 2025.

    Bengkel Siaga Wuling juga ada yang memberikan layanan 8 jam operasional mulai dari 29 Maret hingga 2 April 2025 di 22 dealer yang berada di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Nusa Tenggara, dan Sulawesi. Pada layanan bengkel siaga ini.

    Wuling menambahkan kenyamanan pelanggan dengan menyediakan AC charging 7,7 kW untuk pengisian daya mobil listrik dan juga adanya layanan Wuling Mobile Service.

    Selain dukungan SPKLU PLN yang tersebar di berbagai titik di jalur tol utama lintas Jawa, fasilitas DC Charging Wuling yang bekerja sama dengan EV Power sudah tersedia di sepanjang tol lintas Jawa.

    – Rest Area Cipali 207 A,
    – Rest Area Batang 379A,
    – Rest Area Ngawi 575 A,
    – Rest Area Ngawi 575 B,
    – Rest Area Batang 389 B
    – Rest Area Cipali 208 B.

    Layanan pengisian daya cepat di jaringan ini gratis. Pengguna mobil EV Wuling hanya perlu mengunduh dan menggunakan aplikasi E-Charge International untuk menikmatinya.

    Wuling Binguo EV dan Cloud EV diketahui mendukung DC Fast Charging, memungkinkan pengisian daya dari 30% ke 80% dalam waktu sekitar 30-35 menit.

    Wuling memberikan promo menarik kepada para pelanggan hingga 15 April 2025 berupa diskon suku cadang hingga 25% bagi pelanggan yang melakukan perawatan berkala kendaraan berbasis ICE maupun EV, selama persediaan masih tersedia.

    Lalu ada gratis pemeriksaan kendaraan dan gratis pengisian daya mobil listrik di posko mudik.

    Tidak ketinggalan, Wuling turut mengumumkan bahwa DC Adapter kini sudah menjadi suku cadang resmi yang bisa dipesan oleh konsumen di dealer resmi. Konsumen bisa membelinya dengan harga spesial yakni Rp 8 Juta.

    “Langkah ini merupakan jawaban akan permintaan konsumen perihal DC Adapter. Saat ini konsumen sudah bisa melakukan pemesanan di diler sama seperti halnya pemesanan suku cadang resmi lainnya. Harga tersebut hanya berlaku untuk 1 kali pembelian untuk setiap nomor rangkanya,” tambah Maulana Hakim.

    (riar/dry)

  • Peserta Mudik Gratis Kemnaker 2025 Tembus 13.700 Pemudik

    Peserta Mudik Gratis Kemnaker 2025 Tembus 13.700 Pemudik

    Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mencatat adanya lonjakan peserta dalam program mudik gratis yang digelar tahun ini.

    Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Yassierli menyampaikan, total peserta program mudik gratis yang digelar Kemnaker tahun ini mencapai 13.700 pemudik. Jumlah tersebut meningkat dibanding tahun lalu sekitar 10.000 pemudik.

    “Total peserta [program mudik gratis Kemnaker 2025] 13.700 pemudik,” kata Yassierli ketika ditemui di Kantor Kemnaker, Kamis (27/3/2025).

    Yassierli mengungkap, jumlah kendaraan yang berpartisipasi dalam program mudik gratis Kemnaker juga meningkat dua kali lipat dibanding 2024.

    Pada tahun lalu, total bus yang berpartisipasi sekitar 101 bus. Sebanyak 231 bus dan 4 gerbong kereta api berpartisipasi pada mudik gratis bagi para pekerja dalam rangka merayakan hari raya Idulfitri di tahun ini.

    Adapun tahun ini, bus-bus tersebut difasilitasi oleh sejumlah lembaga dan asosiasi, seperti BPJS Ketenagakerjaan, Taspen, Apindo, PLN, HM Sampoerna, BNI, dan BRI.

    Pada program kali ini, Kemnaker membuka tujuan destinasi ke Lampung, Palembang, dan Padang. Kemudian, tujuan Solo, Klaten, Magelang, Wonogiri, Yogyakarta, dan Surabaya.

    Sebelumnya, Yassierli menyampaikan bahwa Kemnaker bekerja sama dengan pemangku kepentingan terkait akan menggelar mudik gratis bagi pekerja/buruh. 

    “Kementerian Ketenagakerjaan akan menyelenggarakan mudik gratis bagi pekerja atau buruh dengan kolaborasi dengan para stakeholders,” kata Yassierli dalam konferensi pers di Kantor Kemnaker, dikutip Rabu (12/3/2025).  

    Selain menggelar mudik gratis, Kemnaker juga akan melayani servis kendaraan bermotor gratis yang akan dilakukan di 10 balai pelatihan vokasi milik kementerian yang membidangi ketenagakerjaan itu.

  • BUMN Gunakan Bus Listrik hingga Khusus Disabilitas untuk Mudik Aman Sampai Tujuan 2025 – Halaman all

    BUMN Gunakan Bus Listrik hingga Khusus Disabilitas untuk Mudik Aman Sampai Tujuan 2025 – Halaman all

    Pada kloter terakhir, diberangkatkan sebanyak 17.360 pemudik dengan menggunakan 85 bus ke berbagai daerah di Indonesia, melalui Gelora Bung Karno.

    Tayang: Kamis, 27 Maret 2025 11:18 WIB

    Lita/Tribunnews

    MUDIK GRATIS – Pelepasan Mudik Aman Sampai Tujuan 2025 yang diselenggarakan BUMN, Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (27/3/2025). BUMN memberangkatkan kloter terakhir sejumlah 17.360 pemudik dengan 85 bus ke berbagai daerah di Indonesia 

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memfasilitasi 105.900 masyarakat untuk mudik ke kampung halaman di momen Lebaran 2025.

    Pada kloter terakhir, diberangkatkan sebanyak 17.360 pemudik dengan menggunakan 85 bus ke berbagai daerah di Indonesia, melalui Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (27/3/2025).

    Direktur Utama PT Jasa Raharja Rivan Achmad Purwantono, menerangkan bahwa khusus di tahun ini BUMN mulai menggunakan bus listrik untuk mengantarkan pemudik.

    “Berkat dukungan dari PLN, mudik kali ini mengeluarkan bus listrik yang jaraknya masih di Bandung. Tapi ke depan akan terus dikembangkan dan juga didukung seluruh Kementerian BUMN,” tutur Rivan dalam Pelepasan Mudik Aman Sampai Tujuan 2025 di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (27/3/2025).

    Bukan hanya mulai menggunakan bus listrik, BUMN juga secara continue menyediakan bus khusus disabilitas untuk mengakomodasi kebutuhan.

    Tahun lalu, BUMN sudah menyediakan tiga bus khusus untuk teman disabilitas dan tahun 2025 juga disiapkan dengan jumlah yang sama.

    Nantinya seluruh pemudik disabilitas yang mengikuti Mudik Aman Sampai Tujuan 2025 akan diantar hingga ke tempat tinggal.

    “Bus disabilitas ini rutin kita siapkan tiga bus. Selalu minatnya cukup tinggi. Seluruh pemudik dari disabilitas ini kita pastikan diantar sampai ke tempat tinggal masing-masing,” ucap Rivan.

    “);
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:’4′,img:’thumb2′}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }
    else{
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    $(“#test3”).val(“Done”);
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else if (getLast > 150) {
    if ($(“#ltldmr”).length == 0){
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    }
    }
    }
    });
    });

    function loadmore(){
    if ($(“#ltldmr”).length > 0) $(“#ltldmr”).remove();
    var getLast = parseInt($(“#latestul > li:last-child”).attr(“data-sort”));
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast ;
    if($(“#test3”).val() == ‘Done’){
    newlast=0;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest”, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;
    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else{
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:sectionid,img:’thumb2′,total:’40’}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast+1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    }

    Berita Terkini

  • Antisipasi Lonjakan Pengguna EV, PLN Perbanyak Jumlah SPKLU

    Antisipasi Lonjakan Pengguna EV, PLN Perbanyak Jumlah SPKLU

    Jakarta, CNBC Indonesia – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Bahlil Lahadalia memastikan infrastruktur kendaraan listrik/electric vehicle PLN siap melayani pengguna EV di wilayah Jawa Timur selama periode libur Idul Fitri 1446 Hijriah.

    Guna meningkatkan kenyamanan para pengguna EV, PLN telah menambah jumlah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di wilayah Jawa Timur sebanyak 6 kali lipat dibandingkan periode Lebaran sebelumnya.

    Hal ini disampaikan Bahlil setelah meninjau Distribution Control Center (DCC) PLN Unit Pelaksana Pengatur Distribusi Jawa Timur (UP2D) bersama Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo.

    “Alhamdulillah, atas kesiapan daripada PLN dan kita semua, memang tingkat pemakaian mobil listrik itu naik sekitar 5-6 kali lipat. Dan karena itu, mau tidak mau, kita harus menyediakan SPKLU-nya secara masif juga,” ujar Bahlil dalam keterangan resmi, Kamis (27/3/2025).

    Untuk itu, Bahlil mengimbau pengguna EV agar tidak perlu khawatir saat melakukan perjalanan jauh selama libur Lebaran hingga ke wilayah Jawa Timur bahkan Bali. PLN juga memudahkan pengguna EV dengan menyediakan berbagai fitur di menu Electric Vehicle Digital Service (EVDS) pada aplikasi PLN Mobile.

    Selain itu lanjut Bahlil, PLN telah menyiapkan SPKLU Mobile yang bersiaga di sepanjang Tol Trans Sumatra-Jawa.

    “Ada aplikasi PLN Mobile untuk bisa mengecek mana SPKLU yang kosong untuk saudara-saudara kita bisa nge-charge. Bahkan, kita juga menyiapkan untuk mobilecharge. Kalau seandainya, katakanlah ada mobil listrik saudara-saudara kita yang mudik, itu mobilnya mogok karena lupa isi, kita juga sudah menyiapkan SPKLU Mobile di Jawa Timur,” ujar Bahlil.

    Sementara itu Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo menyampaikan, PLN telah mengantisipasi kenaikan pengguna EV di berbagai wilayah, termasuk Jawa Timur. Saat ini tersedia 339 unit SPKLU yang tersebar di 206 lokasi di Jawa Timur yang siap melayani pengguna EV.

    Darmawan melanjutkan, dengan penambahan sebanyak 6 kali lipat, kini jarak antar SPKLU semakin dekat. Sehingga pengguna EV yang hendak melakukan perjalanan ke Jawa bagian Timur hingga menuju Bali sepenuhnya sudah terlayani dengan SPKLU.

    “Jarak antar SPKLU tadinya 41 kilometer (km), sekarang satu dengan yang lain menjadi sekitar 25-26 km. Jadi kalau dari Jakarta, pemberhentian pertama di Cirebon itu 200 km. Kemudian pemberhentian kedua sekitar Semarang, kemudian baru ke Madiun dan Surabaya. Dan ini langsung sampai ke Banyuwangi, SPKLU yang tersedia sudah aman semuanya,” ungkap Darmawan.

    Bukan hanya itu, PLN pun mengerahkan 1.680 personel yang siap melayani pengguna EV di setiap titik SPKLU se-Jawa Timur selama periode Siaga Idulfitri 1446 Hijriah hingga 11 April 2025.

    “Kami berkomitmen untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna kendaraan listrik melalui penyediaan SPKLU dan petugas yang bersiaga 24 jam penuh di setiap lokasi. Sehingga pengguna EV dapat melakukan pengisian daya kendaraannya dengan mudah dan nyaman,” ucap Darmawan.

    Darmawan menambahkan, PLN juga memastikan suplai kelistrikan di wilayah Jawa Timur dalam kondisi aman dan cukup selama periode Lebaran 2025. Dengan daya mampu sebesar 10,5 gigawatt (GW) dan beban puncak sekitar 4,6 GW, masih terdapat reserve margin yang sangat cukup.

    “Ada 7 subsistem di wilayah Jawa Timur dan semuanya aman. Kami sudah mengecek satu persatu. Setiap sistem balance dan neraca dayanya cukup. Dalam hal ini Sistem Jawa Timur aman semuanya,” ujar Darmawan.

    Selain itu, untuk mengamankan pasokan listrik di wilayah Jawa Timur, PLN menyiagakan total 5.650 personel yang bersiaga di 144 Posko Siaga dan Posko Mudik. Para personel juga dibekali peralatan lengkap berupa 92 unit Genset, 234 Unit Gardu Bergerak (UGB), 55 unit Uninterruptible Power Supply (UPS), 12 Unit Kabel Bergerak (UKB), 398 unit mobil, 454 unit motor, dan 74 unit crane.

    “Harapan kami, dengan infrastruktur kendaraan listrik yang tersedia dan sistem kelistrikan di wilayah Jawa Timur dalam kondisi andal dan cukup, masyarakat dapat menikmati periode libur Lebaran ini dengan nyaman dan tenang,” tutup Darmawan.

    (dpu/dpu)

  • Lebaran Tanpa Mati Listrik? Ini Jurus PLN Hadapi Cuaca Ekstrem!

    Lebaran Tanpa Mati Listrik? Ini Jurus PLN Hadapi Cuaca Ekstrem!

    Jakarta: Cuaca ekstrem diprediksi masih akan berlanjut hingga musim mudik dan Lebaran tahun ini. 
     
    Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan potensi hujan deras dan angin kencang yang bisa berdampak pada pasokan listrik. 
     
    Untuk mengantisipasi hal tersebut, PT PLN (Persero) telah menyiapkan berbagai langkah strategis guna memastikan keandalan suplai listrik bagi masyarakat selama momen Lebaran.

    PLN Siaga Kelistrikan dari 17 Maret hingga 11 April
    PLN telah menetapkan masa siaga kelistrikan mulai 17 Maret hingga 11 April 2025. Direktur Distribusi PLN, Adi Priyanto, menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan pengecekan menyeluruh pada seluruh sistem kelistrikan, mulai dari pembangkit, jaringan transmisi, hingga distribusi.

    ”Kita menyadari bahwa Ramadan dan Idulfitri merupakan suatu momen kebahagiaan, kebersamaan yang nantinya akan dinikmati oleh keluarga-keluarga yang melaksanakannya. Tentunya ini menjadi hal yang sangat penting bagi PLN untuk berkomitmen menjaga keandalan listrik di momen-momen istimewa ini,” kata Adi dikutip dari siaran pers, Rabu, 26 Maret 2025.
     

    Pembersihan jaringan dan inspeksi intensif
    Menghadapi risiko gangguan akibat cuaca ekstrem, PLN telah melakukan inspeksi menyeluruh serta pembersihan jaringan listrik, khususnya di area yang berpotensi terdampak pohon tumbang atau genangan air.
     
    “Kami melakukan inspeksi secara menyeluruh, baik pada jaringan distribusi maupun transmisi, terutama Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT). Data-data yang kami dapatkan ini untuk memastikan kebersihan jalur ROW di sekitar jaringan, sehingga dapat meminimalisir potensi gangguan seperti kerawanan pohon dan gangguan lainnya,” ucap Adi.
     
    Ia juga meminta dukungan masyarakat untuk melaporkan jika menemukan jaringan listrik yang berpotensi terganggu akibat pohon atau kondisi lingkungan lainnya.
    Cadangan listrik aman, genset, dan UPS disiagakan

    Untuk menjamin kelancaran pasokan listrik selama Idulfitri, PLN memastikan cadangan daya dalam kondisi aman. Saat ini, kapasitas daya mampu pembangkit mencapai 67 gigawatt (GW), dengan beban puncak sebesar 45 GW. Artinya, masih tersedia cadangan daya sebesar 22 GW atau sekitar 49 persen.
     
    Selain itu, PLN juga memastikan pasokan energi primer tetap terjaga dengan cadangan batu bara lebih dari 22 hari operasi (HOP), gas lebih dari 30 HOP, dan BBM lebih dari 20 HOP.
     
    ”Untuk memastikan pasokan listrik kepada pelanggan tetap andal dan aman, kami juga sudah menyiapkan sistem kelistrikan yang berlapis dan peralatan pendukung serta membentuk special force di periode Siaga Idulfitri 1446 Hijriah,” lanjut Adi.
     

    69 ribu personel dan 3.830 posko siaga disiapkan
    PLN mengerahkan 69 ribu personel siaga khusus yang akan bertugas selama periode Lebaran. Mereka dilengkapi dengan peralatan pendukung serta 3.830 posko siaga yang tersebar di seluruh Indonesia.
     
    Dengan berbagai langkah antisipatif ini, PLN berharap masyarakat dapat menikmati Lebaran dengan nyaman tanpa khawatir listrik padam.
     
    “Momen-momen istimewa ini harus bisa dinikmati tanpa adanya listrik padam,” ungkap Adi.
     
    Dengan persiapan matang dari PLN, masyarakat dapat menyambut Lebaran dengan penuh suka cita tanpa gangguan listrik. 
     
    Tetap waspada terhadap cuaca ekstrem dan segera laporkan gangguan listrik ke PLN agar dapat segera ditangani!
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)