BUMN: PLN

  • PLN siap penuhi kebutuhan listrik dan energi bersih KEK Gresik

    PLN siap penuhi kebutuhan listrik dan energi bersih KEK Gresik

    Kami akan memastikan penyambungan baru curah 40 MW dapat direalisasikan dan menyala sesuai target pada Juli 2025

    Surabaya (ANTARA) – PT PLN (Persero) siap memenuhi kebutuhan listrik dan energi bersih untuk mendukung pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik di Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE).

    Direktur Ritel dan Niaga PT PLN (Persero) Edi Srimulyanti dalam keterangan diterima di Surabaya, Jawa Timur, Jumat, memaparkan rencana pasokan listrik serta pengembangan energi hijau untuk kawasan tersebut.

    “PLN tetap berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan kelistrikan pelanggan sesuai dengan ketentuan yang berlaku di PLN, serta peraturan dari Kementerian ESDM dan Kementerian BUMN,” kata Edi Srimulyanti.

    General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur Ahmad Mustaqir menegaskan PLN akan mempercepat permohonan penyambungan listrik guna mendukung percepatan pembangunan di KEK Gresik.

    “Kami akan memastikan penyambungan baru curah 40 MW dapat direalisasikan dan menyala sesuai target pada Juli 2025,” ujarnya.

    Dalam pertemuan tersebut, PLN dan PT BKMS juga membahas rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) ground mounted dan floating dengan total kapasitas 148 MWp.

    PLTS ini direncanakan terkoneksi dengan Gardu Induk PLN, mendukung pasokan listrik yang ramah lingkungan bagi industri di KEK Gresik.

    Pengelola kawasan JIIPE, PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera (BKMS), menyebutkan bahwa kebutuhan total daya listrik kawasan mencapai 500 MVA.

    Saat ini, daya listrik PT Freeport sebesar 170 MVA, sementara daya listrik tarif curah tegangan menengah PT BKMS mencapai 29,5 MVA.

    Direktur Operasi PT BKMS Naresh Kumar Anchalia menyampaikan bahwa kebutuhan daya ke depan untuk New BKMS diperkirakan mencapai 300,5 MVA, dengan tahapan tambahan 40 MVA pada 2025, 260 MVA pada 2028, dan 300,5 MVA pada 2029.

    Naresh Kumar Anchalia mengapresiasi langkah PLN dalam memastikan pasokan listrik yang andal dan berkelanjutan.

    “Dengan adanya sinergi yang kuat antara PLN dan BKMS, kami optimistis KEK Gresik dapat berkembang pesat dan menarik lebih banyak investor,” katanya.

    Pewarta: Willi Irawan
    Editor: Agus Salim
    Copyright © ANTARA 2025

  • PLN siagakan 12 SPKLU Mobile selama arus mudik Lebaran 2025

    PLN siagakan 12 SPKLU Mobile selama arus mudik Lebaran 2025

    Cirebon (ANTARA) – PT PLN (Persero) menyiagakan 12 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Mobile sebagai langkah antisipasi terhadap lonjakan pengguna kendaraan listrik, terutama saat arus mudik dan balik Lebaran 2025.

    Direktur Distribusi PLN Adi Priyanto di Cirebon, Jawa Barat, Jumat, mengatakan SPKLU Mobile ini dapat diakses oleh pengendara dalam kondisi darurat, seperti saat mengalami kemacetan panjang atau kehabisan daya di jalan.

    “SPKLU Mobile ini standby dan siap dipanggil kapan saja melalui layanan kami di nomor 08777 12 13 123,” katanya.

    Adi menuturkan SPKLU Mobile disiapkan untuk membantu kelancaran arus mudik Lebaran, khususnya di jalur arteri maupun ruas tol seperti di wilayah Cirebon.

    Selain layanan SPKLU Mobile, PLN juga telah memperkuat infrastruktur pengisian daya di berbagai daerah, terutama di Pulau Jawa dan Bali.

    Menurut dia, saat ini pada setiap rest area di wilayah tersebut telah dilengkapi dengan SPKLU dengan jarak rata-rata 22 kilometer antarlokasi.

    “Dulu jarak antar-SPKLU sekitar 45 kilometer, sekarang sudah kami rapatkan menjadi 22 kilometer agar lebih mudah dijangkau,” ujar Adi.

    Dengan penambahan fasilitas ini, pihaknya optimistis antrean pengisian daya kendaraan listrik dapat diminimalkan, terutama saat periode mobilitas tinggi seperti libur panjang dan mudik.

    Ia mengatakan PLN terus berupaya meningkatkan keandalan pasokan listrik, guna mendukung ekosistem kendaraan listrik terutama selama periode mudik Lebaran ini.

    “Kami yakin bahwa dengan pengalaman kami dari tahun lalu dan sebagainya itu, kami yakin antrean (di SPKLU rest area) nanti tidak akan panjang,” tuturnya.

    Pewarta: Fathnur Rohman
    Editor: Martha Herlinawati Simanjuntak
    Copyright © ANTARA 2025

  • Daftar Rest Area Sediakan Layanan Pengisian Daya Mobil Listrik di Tol Trans Jawa dan Trans Sumatra

    Daftar Rest Area Sediakan Layanan Pengisian Daya Mobil Listrik di Tol Trans Jawa dan Trans Sumatra

    Bisnis.com, JAKARTA – Pada musim mudik lebaran kali ini, banyak pemudik yang menggunakan mobil listrik pulang ke kampung halamannya.

    Karena prediksi tingginya jumlah pemakai mobil listrik itu, PLN telah menambah jumlah SPKLU hingga 7,5 kali lipat di titik-titik dengan okupansi tertinggi pada jalur mudik Trans Sumatra dan Jawa.

    Perinciannya, PLN telah menyediakan total 3.558 unit SPKLU yang tersebar di 2.412 titik strategis di seluruh Indonesia, sedangkan untuk jalur mudik Trans Sumatra dan Jawa, PLN menyediakan sebanyak 1.000 unit SPKLU di 615 lokasi.  

    Berikut daftar rest area di Trans Jawa dan Trans Sumatra yang sediakan layanan pengisian daya mobil listrik

    Ruas Jabodetabek

    1. Tol Jagorawi

    – Rest Area KM 10A: DC 60 kW

    – Rest Area KM 21B: DC 50 kW

    – Rest Area KM 45A: DC 60 kW

     

    2. Tol Jakarta-Tangerang

    – Rest Area KM 13A: DC 60 kW

    – Rest Area KM 14B: AC & DC 82,5 kW

     

    3. Tol Jakarta-Cikampek

    – Rest Area KM 6B: AC 22 kW, DC 25 kW, DC 200 kW

    – Rest Area KM 19A: DC 50 kW & DC 24 kW

    – Rest Area KM 19B: DC 50 kW & DC 24 kW

    – Rest Area KM 39A: DC 50 kW

    – Rest Area KM 42B: DC 50 kW

    – Rest Area KM 57A: AC 22 kW, DC 50 kW, DC 200 kW

    – Rest Area KM 62B: AC 22 kW, DC 50 kW, DC 200 kW

     

    Ruas Cipularang dan Padaleunyi
     

    1. Tol Cipularang

    – Rest Area KM 72A: DC 50 kW & 24 kW

    – Rest Area KM 72B: DC 50 kW & 24 kW

    – Rest Area Travoy KM 88A: AC 22 kW, DC 200 kW, DC 50 kW, DC 24 kW, DC 100 kW

    – Rest Area Travoy KM 88B: AC 22 kW, DC 200 kW, DC 50 kW, DC 24 kW, DC 100 kW

    – Rest Area KM 97B: DC 60 kW

    – Rest Area KM 125B: DC 120 kW

     

    2. Tol Padaleunyi

    – Rest Area KM 147A: DC 50 kW & DC 200 kW

    – Rest Area KM 149B: DC 50 kW & DC 24 kW

     

    Ruas Palikanci dan Batang-Semarang
     

    1. Tol Palikanci

    – Rest Area Travoy KM 207A: AC 24 kW, DC 24 kW, DC 50 kW, DC 66 kW, DC 100 kW

    – Rest Area KM 208B: DC 50 kW, DC 24 kW

     

    2. Tol Batang-Semarang

    – Rest Area Travoy KM 360B: DC 50 kW

    – Rest Area Travoy KM 379A: AC 7.4 kW, AC 22 kW, DC 66 kW, DC 100 kW, DC 200 kW

    – Rest Area Travoy KM 389B: DC 50 kW, AC 7.4 kW, DC 100 kW, AC 22 kW

    – Rest Area Travoy KM 391A: DC 50 kW

     

    Ruas Semarang Seksi A, B, C dan Semarang-Solo

     

    1. Tol Semarang Seksi A, B, C

    – Rest Area KM 424B: DC 50 kW

     

    2. Tol Semarang-Solo

    – Rest Area KM 429A: DC 50 kW

    – Rest Area KM 439A: DC 50 kW

    – Rest Area KM 444B: DC 50 kW, DC 200 kW

    – Rest Area KM 456B: AC 7.4 kW

    – Rest Area KM 487A: DC 50 kW

    – Rest Area KM 487B: DC 50 kW

     

    Ruas Solo-Ngawi-Kertosono
    1. Tol Solo-Ngawi

    – Rest Area Travoy KM 519A: DC 24 kW, DC 50 kW

    – Rest Area Travoy KM 519B: DC 24 kW, DC 50 kW

    – Rest Area Travoy KM 538A: DC 50 kW, DC 22 kW

    – Rest Area Travoy KM 538B: DC 50 kW, DC 22 kW

    – Rest Area Travoy KM 575A: DC 50 kW, DC 22 kW, DC 100 kW, AC 22 kW

    – Rest Area Travoy KM 575B: DC 50 kW, DC 22 kW

     

    2. Tol Ngawi-Kertosono

    – Rest Area Travoy KM 597A: DC 50 kW, DC 22 kW

    – Rest Area Travoy KM 597B: DC 50 kW, DC 22 kW

    – Rest Area Travoy KM 626A: AC 22 kW, DC 100 kW

    – Rest Area Travoy KM 626B: AC 22 kW, DC 200 kW

     

    Ruas Surabaya-Mojokerto, Surabaya-Gempol, Pandaan-Malang dan Gempol-Pasuruan
     

    1. Tol Surabaya-Mojokerto

    – Rest Area Travoy KM 725A: DC 50 kW, DC 100 kW, AC 22 kW

    – Rest Area Travoy KM 726B: DC 50 kW

    2. Tol Surabaya-Gempol

    – Rest Area KM 753B: DC 50 kW

    – Rest Area KM 754A: DC 50 kW

    3. Tol Pandaan-Malang

    – Rest Area Travoy KM 66A: DC 50 kW

    – Rest Area Travoy KM 66B: DC 50 kW

    – Rest Area Travoy KM 84A: DC 50 kW

    – Rest Area Travoy KM 84B: DC 50 kW

    4. Tol Gempol-Pasuruan

    – Rest Area Travoy KM 792A: DC 50 kW

    – Rest Area Travoy KM 792B: DC 50 kW

    Daftar Lokasi SPKLU di Trans Sumatra

    Ruas Tol Terbanggi Besar

    1. Rest Area KM 269 B
    2. Rest Area KM 277 A
    3. Rest Area KM 306 
    4. Rest Area KM 311 A
    5. Rest Area KM 360 B

    Ruas Tol Indralaya Prabumulih

    1. Rest Area KM 56 A
    2. Rest Area KM 56 B

    Ruas Tol Lampung Selatan

    1. Rest Area KM 20 A
    2. Rest Area KM 20 B
    3. Rest Area KM 33 A
    4. Rest Area KM 33 B
    5. Rest Area KM 49 A
    6. Rest Area KM 49 B
    7. Rest Area KM 67 A
    8. Rest Area KM 67 B
    9. Rest Area KM 87 A
    10. Rest Area KM 87 B

    Ruas Tol Lampung Tengah

    1. Rest Area KM 116 A
    2. Rest Area KM 116 B
    3. Rest Area KM 163 A

    Ruas Tol Bawang Barat

    1. Rest Area KM 172 A

    Ruas Tol Tulang Bawang

    1. Rest Area KM 208 A
    2. Rest Area KM 215 B

    Ruas Tol Mesuji 

    1. Rest Area KM 234 A 

  • Wamen ESDM pastikan pasokan energi di Sumbar cukupi kebutuhan Lebaran

    Wamen ESDM pastikan pasokan energi di Sumbar cukupi kebutuhan Lebaran

    seluruh kebutuhan masyarakat dalam rangka merayakan Idul Fitri 1446 Hijriah ini sudah dipersiapkan dengan baik

    Jakarta (ANTARA) – Wakil Menteri ESDM Yuliot Tanjung memastikan pasokan energi baik BBM, LPG, hingga listrik di Provinsi Sumatera Barat mampu mencukupi kebutuhan masyarakat selama periode Lebaran 2025.

    Menurut dia, pentingnya ketersediaan energi guna memenuhi kebutuhan masyarakat yang meningkat selama periode Ramadhan hingga Idul Fitri 1446 Hijriah.

    “Alhamdulillah, untuk seluruh kebutuhan masyarakat dalam rangka merayakan Idul Fitri 1446 Hijriah ini sudah dipersiapkan dengan baik dan juga melebihi dari kecukupan kebutuhan masyarakat secara keseluruhan,” tegasnya, dikutip dari keterangannya di Jakarta, Jumat.

    Sebelumnya, pada Rabu (26/3/2025), Wamen Yuliot melakukan kunjungan kerja ke Padang, Sumatera Barat, untuk memastikan pasokan energi tersedia dan mencukupi selama periode Ramadhan dan Idul Fitri 2025.

    “Pengecekan yang kita lakukan adalah bagaimana rantai pasok ketersediaan BBM dan LPG di Provinsi Sumatera Barat. Untuk kebutuhan masyarakat terjadi peningkatan 22 persen dari rata-rata harian yang ada. Kita juga melihat dari sisi kebutuhan masyarakat, apakah bisa ter-cover atau tidak. Kami tadi melakukan pengecekan langsung terhadap terminal terintegrasi di Teluk Kabung ini,” ujarnya.

    Selanjutnya, saat mengunjungi Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Marapi, Sumatera Barat, Yuliot mengingatkan para pihak selalu mengantisipasi potensi bencana yang terjadi di wilayah Sumatera Barat.

    “Saya mengunjungi Pusat Pengamatan Gunung Api, jadi sebagai antisipasi kalau ada kebencanaan geologi. Kita sudah melihat informasi-informasi, berdasarkan catatan di pengamat gunung api dan antisipasi untuk status gunung yang Waspada. Jadi, masih ada level Siaga dan Awas. Jika pun ada status tersebut, bisa kita antisipasi karena dipantau selama 24 jam,” jelasnya.

    Wakil Menteri ESDM Yuliot Tanjung melakukan kunjungan kerja ke Padang, Provinsi Sumatera Barat, Kamis (27/3/2025) untuk memastikan pasokan energi tersedia dan mencukupi selama periode Ramadhan dan Idul Fitri 2025. ANTARA/HO-BPH Migas

    Sementara itu, Anggota Komisi XII DPR Mulyadi, yang ikut dalam pemantauan lapangan, menjelaskan Komisi XII DPR, Kementerian ESDM dan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) melakukan monitoring terhadap kesiapan badan usaha dalam penyaluran BBM dan LPG selama Lebaran ini.

    “Melakukan pengecekan, pengawasan terhadap kesiapan PT Pertamina (Persero) sebagai pelaksana terkait penyaluran BBM dan LPG untuk bisa melaksanakan pelayanan kepada masyarakat dengan sebaik-baiknya. Apalagi Lebaran ini adalah suasana yang dinantikan oleh seluruh masyarakat termasuk di Sumatera Barat ini,” tuturnya.

    Anggota Komite BPH Migas Harya Adityawarman menambahkan BPH Migas bersama stakeholder terkait terus aktif memantau pasokan energi untuk mendukung masyarakat yang akan merayakan Lebaran.

    “Mudah-mudahan dengan kerja sama semua pihak, baik pemerintah, Pertamina dan PT PLN, Ramadhan dan Idul Fitri 2025 dapat berjalan dengan baik, khususnya dalam penyediaan pendistribusian BBM, LPG, dan listrik, sehingga masyarakat bisa merayakan Lebaran dengan nyaman, aman dan juga berjalan lancar,” jelasnya.

    Kunjungan tersebut turut dihadiri Staf Khusus Menteri ESDM Bidang Investasi dan Ekonomi Muhammad Mahmud Azhar Lubis, Sekretaris BPH Migas Patuan Alfon S, Tenaga Ahli Menteri ESDM Firdaus, Executive General Manager Regional Sumatera Bagian Utara PT Pertamina Patra Niaga Sunardi, General Manager UID Sumatera Barat PLN Arjun Karim, dan Kepala Dinas ESDM Provinsi Sumatera Barat Herry Martinus.

    Pewarta: Kelik Dewanto
    Editor: Agus Salim
    Copyright © ANTARA 2025

  • Wamen ESDM pastikan PLN jaga pasokan listrik selama Idul Fitri

    Wamen ESDM pastikan PLN jaga pasokan listrik selama Idul Fitri

    Kami meminta PLN untuk melakukan maintenance lebih awal agar tidak terjadi gangguan selama masa perayaan Idul Fitri

    Cirebon (ANTARA) – Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Yuliot Tanjung memastikan PT PLN (Persero) sudah mempercepat pemeliharaan infrastruktur kelistrikan, untuk menjaga keandalan pasokan listrik selama perayaan Idul Fitri 1446 Hijriah.

    “Kami meminta PLN untuk melakukan maintenance lebih awal agar tidak terjadi gangguan selama masa perayaan Idul Fitri,” kata Yuliot di Kantor PLN UP3 Cirebon, Jabar, Jumat.

    Ia menegaskan kalau pemerintah dan PLN telah menyiapkan langkah antisipasi, termasuk menyiagakan personel serta peralatan di gudang-gudang PLN.

    Dia mengatakan, persiapan ini bertujuan untuk memastikan sistem kelistrikan tetap stabil, terutama di daerah dengan konsumsi energi tinggi selama Idul Fitri.

    “Kemudian untuk antisipasi, tadi juga sudah disampaikan, ini kita menyiapkan personel dan juga menyiapkan peralatan. Dalam peralatan itu juga ini kita siagakan di gudang-gudang PLN,” katanya.

    Sementara itu, Direktur Distribusi PLN Adi Priyanto mengatakan, pihaknya telah menetapkan masa siaga selama periode Lebaran, mulai dari 17 Maret hingga 11 April 2025 guna memastikan pasokan listrik tetap aman.

    Menurut dia, PLN telah mengamankan ketersediaan energi primer untuk 20-25 hari, bahkan beberapa pembangkit memiliki cadangan lebih dari 30 hari.

    “Pemeliharaan pembangkit, transmisi, dan distribusi telah kami lakukan lebih awal agar seluruh sistem dalam kondisi optimal saat masa siaga,” ujar Adi.

    Selain itu, pihaknya juga menyiapkan sistem cadangan yang memungkinkan pemulihan cepat jika terjadi gangguan pada salah satu pembangkit.

    Dia menuturkan tidak hanya menjaga keandalan sistem kelistrikan, PLN juga menyiapkan pasokan listrik cadangan di tempat-tempat ibadah selama Ramadan dan Idul Fitri.

    Pihaknya optimis dengan kesiapan infrastruktur dan personel yang telah disiapkan, pasokan listrik selama perayaan Idul Fitri dapat berjalan lancar, termasuk di wilayah Cirebon.

    “Kami telah menempatkan petugas di masjid-masjid besar dan lokasi sholat bersama agar suplai listrik tetap terjaga,” katanya.

    Pewarta: Fathnur Rohman
    Editor: Ahmad Buchori
    Copyright © ANTARA 2025

  • Wamen ESDM pastikan 617 unit SPKLU di Jabar siap digunakan pemudik

    Wamen ESDM pastikan 617 unit SPKLU di Jabar siap digunakan pemudik

    ANTARA – Wakil Menteri ESDM Yuliot Tanjung meninjau kesiapan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Kantor PLN UP3 Cirebon, Jumat (28/3). Wamen ESDM memastikan 617 unit SPKLU yang tersebar di 406 titik di Jawa Barat siap mendukung mudik Lebaran tahun 2025 bagi pengendara kendaraan listrik. (Dian Hardiana/Agha Yuninda Maulana/Gracia Simanjuntak)

  • Belajar dari negara yang selamatkan anggaran

    Belajar dari negara yang selamatkan anggaran

    Defisit Rp31,2 triliun bukanlah akhir dari cerita, melainkan panggilan untuk transformasi

    Jakarta (ANTARA) – Pada Februari 2025, Indonesia menghadapi defisit anggaran belanja sebesar Rp31,2 triliun, sebuah kondisi yang mempertegas urgensi reformasi manajemen keuangan publik.

    Defisit ini muncul di tengah tekanan geopolitik global, pergeseran demografi, dan ketidakpastian ekonomi pasca-pandemi.

    Seperti diungkapkan dalam berbagai artikel di media massa, paradigma lama pengelolaan keuangan publik yang hanya berfokus pada pemotongan belanja, peningkatan utang, atau kenaikan pajak telah terbukti tidak memadai.

    Indonesia perlu belajar dari kesuksesan negara lain, seperti Singapura dan negara-negara Eropa, yang mengoptimalkan aset publik untuk menciptakan aliran pendapatan baru.

    Sebagian besar negara, termasuk Indonesia, masih mengadopsi sistem akuntansi berbasis kas (cash-based accounting), yang hanya mencatat transaksi saat uang fisik berpindah. Sistem ini mengabaikan nilai aset dan kewajiban jangka panjang, seperti properti pemerintah, infrastruktur, atau pensiun pegawai negeri.

    Padahal, akuntansi akrual yang mencatat pendapatan dan pengeluaran saat terjadi, bukan saat kas diterima, dapat memberikan gambaran utuh kesehatan fiskal. Contohnya, kota Pittsburgh di AS menemukan nilai aset propertinya 70 kali lebih tinggi dari catatan keuangan resmi. Jika dikelola dengan baik, aset ini bisa menghasilkan pendapatan non-pajak yang signifikan.

    Di sisi lain, kegagalan mengelola kewajiban non-utang seperti pensiun pegawai negeri atau liabilitas BUMN juga memperparah defisit. Menurut IMF, rasio kewajiban pensiun pemerintah di Indonesia mencapai 45 persen dari PDB pada 2023, tetapi ini jarang dimasukkan dalam perdebatan fiskal.

    Padahal, negara seperti Swedia dan Kanada telah membuktikan bahwa transparansi liabilitas jangka panjang melalui laporan neraca sektor publik mendorong kebijakan yang lebih berkelanjutan.

    Pemerintah perlu mempercepat transisi ke akuntansi akrual seperti yang dilakukan Selandia Baru. Membentuk sistem pelaporan aset publik yang transparan, termasuk properti, BUMN, dan infrastruktur strategis. Mengadopsi metrik nilai bersih sektor publik (public-sector net worth) sebagai indikator utama kesehatan fiskal.

    Singapura (melalui Temasek Holdings) dan Malaysia (via Khazanah Nasional) telah membuktikan bahwa pengelolaan aset komersial melalui dana kekayaan publik (PWFs) dapat menghasilkan pendapatan besar.

    Temasek, misalnya, mengelola portofolio senilai $315 miliar pada 2024, menyumbang sekitar 20 persen belanja pemerintah Singapura melalui hasil investasi. PWFs dirancang untuk memaksimalkan keuntungan bagi pembayar pajak, terlepas dari campur tangan politik.

    Selama enam dekade terakhir, Singapura telah membangun salah satu portofolio kekayaan negara terbesar di dunia, dengan aset yang terbagi di antara Temasek dan dua dana kekayaan negara (SWF) yaitu GIC dan Otoritas Moneter Singapura.

    Secara kolektif, aset dana-dana ini diperkirakan bernilai tiga hingga empat kali lipat PDB tahunan Singapura melebihi SWF negara-negara kaya hidrokarbon seperti Norwegia dan Arab Saudi.

    Tanpa sumber daya alam, bahkan tanpa kemampuan menghasilkan listrik saat merdeka pada 1965, kesuksesan Singapura digerakkan oleh kerja keras, inovasi, dan disiplin finansial. Saat ini, sekitar seperlima belanja pemerintahnya dibiayai dari hasil investasi dana kekayaan negara, yang menyumbang aliran pendapatan rata-rata setara 3,4% PDB per tahun dalam lima tahun terakhir hampir menyamai pendapatan pajak korporasi Singapura.

    Secara hukum, separuh dari laba investasi bersih dana tersebut wajib diinvestasikan kembali untuk menjamin stabilitas finansial jangka panjang.

    Indonesia memiliki aset serupa yang belum tergarap. Kementerian BUMN mencatat nilai aset BUMN mencapai Rp11.000 triliun (2023), tetapi kontribusinya ke APBN hanya Rp60 triliun/tahun. Bandingkan dengan Malaysia, di mana Khazanah Nasional, PWFs milik pemerintah menyumbang 5% dari PDB melalui pengelolaan aset strategis.

    Jika Indonesia membentuk PWFs nasional untuk mengonsolidasi aset BUMN, properti pemerintah, dan lahan militer yang idle, defisit Rp31,2 triliun bisa tertutup hanya dari peningkatan efisiensi 3-5 persen saja.

    Indonesia perlu membentuk PWFs di tingkat nasional dan daerah untuk mengelola aset seperti properti pemerintah, BUMN, dan infrastruktur dan juga menjamin independensi PWFs melalui dewan direksi profesional dan target komersial yang jelas.

    Namun, pembentukan PWFs harus disertai reformasi hukum dan transparansi. Kasus Birmingham, Inggris, yang bangkrut pada 2023 karena salah urus aset, menjadi peringatan: penjualan aset publik secara terburu-buru hanya akan merugikan negara.

    Alih-alih menjual aset, pemerintah harus memaksimalkan pendapatan operasionalnya. Misalnya, Gedung DPR Senayan atau kompleks militer di daerah strategis bisa disewakan untuk kegiatan komersial dengan skema public-private partnership.

    Kita ketahui bahwa kebijakan fiskal Trump ditandai oleh pemotongan pajak korporasi (Tax Cuts and Jobs Act 2017) dan pengurangan belanja sosial, yang meningkatkan defisit AS hingga 3.1 triliun dolar AS padaDana kekayaan publik 2020.

    Pendekatan ini seperti dikritik dalam beberapa artikel dianggap “ceroboh” karena mengorbankan layanan publik dan mengabaikan pengelolaan aset.

    Dampak bagi Indonesia adalah ketidakpastian perdagangan. Kebijakan proteksionis Trump (misalnya perang dagang dengan China) mengganggu ekspor Indonesia, terutama komoditas seperti minyak sawit. Penurunan investasi AS. Iklim kebijakan yang tidak stabil mengurangi minat investor AS di pasar emerging seperti Indonesia.

    Kita bandingkan dengan administrasi Biden ysng lebih fokus pada pemulihan ekonomi melalui paket infrastruktur 1.2 triliun dolar AS (Infrastructure Investment and Jobs Act) dan insentif hijau (Inflation Reduction Act). Kebijakan ini menciptakan stabilitas global dan peluang bagi Indonesia berupa peningkatan kerja sama hijau. Stabilitas kebijakan AS di bawah Biden mendorong aliran investasi asing (FDI) ke Indonesia. Program transisi energi Biden membuka peluang pendanaan untuk proyek EBT di Indonesia.

    Permintaan AS untuk produk seperti baterai kendaraan listrik dan komponen elektronik meningkat. Namun, tekanan standar lingkungan dari kebijakan hijau Biden juga memaksa Indonesia mempercepat reformasi subsidi energi.

    Pada 2024, alokasi subsidi BBM Indonesia mencapai Rp350 triliun, dana yang bisa dialihkan ke sektor produktif jika defisit ingin dikendalikan.

    Implikasi Kebijakan

    Pertama, reformasi akuntansi dan transparansi. Kementerian Keuangan perlu memperkuat kapasitas SDM dan sistem IT untuk transisi ini. Pelatihan akuntansi sektor publik harus menjadi prioritas. Portal data harus terbuka dengan membuat platform digital yang memetakan nilai aset pemerintah secara real-time, mirip dengan sistem land registry di Singapura.

    Kedua, optimalisasi aset melalui PWFs untuk tingkat nasional dapat dilakukan dengan membentuk badan mirip Temasek untuk mengelola BUMN strategis (misalnya Pertamina, PLN) dengan prinsip komersial. Ini sudah dilakukan dengan dibentuknya badan pengelola investasi Danantara namun untuk tingkat daerah, kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya dapat membentuk PWFs untuk mengembangkan properti pemerintah menjadi pusat bisnis atau perumahan terjangkau.

    Ketiga, mitigasi risiko defisit dengan menghindari penjualan aset likuid. Alih-alih menjual aset untuk menutup defisit (seperti kasus TfL di London), pemerintah harus meningkatkan pendapatan operasional aset tersebut. Perlu dilakukan negosiasi ulang suku bunga utang luar negeri dan diversifikasi sumber pendanaan.

    Keempat, sinergi dengan kebijakan global dapat dilakukan dengan memanfaatkan pendanaan iklim. Program seperti Just Energy Transition Partnership (JETP) senilai 20 miliar dolar AS bisa digunakan untuk mengurangi defisit energi. Penting juga untuk memperkuat kerja sama dengan IMF dan World Bank untuk memperoleh asistensi teknis dalam reformasi akuntansi.

    Defisit Rp31,2 triliun bukanlah akhir dari cerita, melainkan panggilan untuk transformasi. Indonesia harus belajar dari kegagalan Eropa dan AS yang mengabaikan nilai aset publik, serta mencontoh kesuksesan Singapura dalam mengelola kekayaan negara. Dengan mengadopsi akrual akuntansi, membentuk PWFs, dan memanfaatkan momentum kerja sama global di era Biden, Indonesia dapat mengubah defisit menjadi peluang pertumbuhan.

    Indonesia perlu membangun budget culture yang menghargai transparansi, akuntabilitas, dan inovasi. Jika tidak, kita hanya akan terus mengulangi kesalahan yang sama yaitu mengelola anggaran dengan kalkulator, tetapi mengabaikan neraca.

    Langkah ini tidak hanya adil bagi generasi mendatang, tetapi juga memperkuat ketahanan ekonomi dalam menghadapi gejolak geopolitik. Kelangsungan hidup bergantung pada tindakan kini dan waktu Indonesia untuk bertindak semakin sempit.

    *) Dr.Aswin Rivai,SE.,MM adalah Pemerhati Ekonomi, Dosen FEB-UPN Veteran, Jakarta

    Copyright © ANTARA 2025

  • Suplai listrik Lebaran 2025 terjamin

    Suplai listrik Lebaran 2025 terjamin

    Jumat, 28 Maret 2025 13:00 WIB

    PT PLN menjamin kecukupan suplai listrik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama periode Lebaran 2025 serta melakukan sejumlah langkah antisipasi guna memastikan keandalan listrik.

  • Ini Potensi Energi Terbarukan yang secara Finansial Bisa Dikembangkan

    Ini Potensi Energi Terbarukan yang secara Finansial Bisa Dikembangkan

    Jakarta, Beritasatu.com – Sebuah riset mengidentifikasi potensi pengembangan proyek energi terbarukan yang bisa dikembangkan mencapai 333 GW. Energi ini dapat dipasok oleh pembangkit listrik tenaga surya (PLTS), pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB) dan dan pembangkit listrik tenaga minihidro (PLTM).

    Padahal, potensi teknis energi terbarukan Indonesia angkanya mencapai lebih dari 3.700 GW. Namun, dalam kajian terbaru Unlocking Indonesia’s Renewable Future, Institute for Essential Services Reform (IESR) menganalisa potensi proyek energi terbarukan berdasar regulasi tarif yang berlaku saat ini, seperti Perpres No 112/2022 serta ketersediaan infrastruktur jaringan listrik seperti gardu induk dan transmisi hanya ada 333 GW yang bisa dikembangkan.

    “Melihat potensi ini, tentu saja ada kontradiksi dengan realitas pemanfaatan energi terbarukan di Indonesia. Namun, temuan ini menunjukkan bahwa kita bisa bergerak lebih cepat dalam memanfaatkan energi terbarukan ini, khususnya PLTS dan PLTB,” jelas Manajer Program Transformasi Sistem Energi IESR, Deon Arinaldo dalam diskusi Editorial Forum: Meningkatkan Optimisme PLTS dan PLTB sebagai Tulang Punggung Transisi Energi di Indonesia, dikutip dari keterangan tertulisnya, Jumat (28/2/2025).

    Koordinator Riset Kelompok Data dan Pemodelan IESR Pintoko Aji mengungkapkan bahwa dalam kajian tersebut, 333 GW potensi pengembangan energi terbarukan terdiri dari PLTB daratan (onshore) (167 GW), PLTS di daratan (ground-mounted) (165,9 GW), dan PLTM (0,7 GW). Angka tersebut didapatkan dari hasil simulasi finansial dan skema private-public partnership pada 1.500-an lokasi yang berpotensi secara teknis.

    Dari jumlah tersebut, 205,9 GW atau sekitar 61% dari total potensi yang layak secara finansial diindikasikan memiliki tingkat pengembalian Equity Internal Rate of Return/EIRR di atas 10% yang menunjukkan potensi investasi yang menjanjikan.

    “Misalnya saja sumber daya minihidro banyak di wilayah Sumatera, sementara potensi tenaga angin terbesar di Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua. Di sisi lain, energi surya memiliki potensi menjanjikan di wilayah seperti Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Untuk mewujudkan potensi ini, pembangunan infrastruktur yang mendukung, terutama dalam hal transmisi dan distribusi energi, sangat diperlukan,” tegas Pintoko.

    Sementara untuk mengakomodasi integrasi lokasi energi terbarukan dengan potensi keuntungan tinggi, PLN dapat menyusun perencanaan serta perluasan jaringan ke lokasi-lokasi yang teridentifikasi tersebut dan reformasi mekanisme pengadaan. Sedangkan untuk menentukan skala prioritas pengembangan energi terbarukan, IESR mendorong pengembang untuk memprioritaskan proyek dengan potensi keuntungan tinggi dan mengoptimalkan desain serta perencanaan keuangan. 
     

  • 7 Tips Jaga Kelistrikan Saat Ditinggal Pulang Kampung

    7 Tips Jaga Kelistrikan Saat Ditinggal Pulang Kampung

    Jakarta: Mudik lebaran sudah menjadi tradisi tahunan bagi masyarakat Indonesia. Momen ini menjadi waktu yang dinanti-nanti untuk berkumpul bersama keluarga di kampung halaman. 
     
    Namun, di tengah euforia mudik, ada satu hal penting yang tak boleh luput dari perhatian, yaitu keamanan listrik di rumah. 
     
    Pasalnya, kelalaian dalam mengelola listrik bisa berisiko menyebabkan korsleting hingga kebakaran.
     

    Tips menjaga kelistrikan rumah tetap aman saat ditinggal mudik
    Agar mudik tetap tenang dan rumah tetap aman, PT PLN (Persero) membagikan beberapa tips penting yang bisa kamu lakukan sebelum meninggalkan rumah. Simak selengkapnya di bawah ini!

    Pelanggan perlu memastikan instalasi listrik di rumahnya dalam keadaan aman agar saat rumah ditinggal dalam kondisi aman.
    PLN juga mengimbau masyarakat untuk mematikan aliran listrik yang tidak terpakai dengan mencabut peralatan elektronik dari stop kontak.
    Hidupkan lampu penerang seperlunya seperti lampu teras dan halaman guna memastikan keamanan bangunan yang ditinggalkan, bila perlu pasang sensor penerangan agar penggunaan listrik berjalan dengan efisien.
    Bagi pelanggan listrik pascabayar untuk memastikan tagihan listrik sudah lunas sebelum waktu tenggat agar terhindar dari denda dan pemutusan listrik akibat keterlambatan.
    Bagi pelanggan listrik prabayar agar memastikan token listrik sudah terisi cukup hingga akhir masa mudik supaya lampu penerangan rumah tetap menyala dan alarm token kWh meter tidak berbunyi.
    Apabila kebutuhan listrik di kampung halaman semakin bertambah, pelanggan dapat melakukan penambahan daya. 
    Terakhir, agar mudik lebih nyaman dan tenang, masyarakat juga bisa memanfaatkan aplikasi PLN Mobile yang siap menjawab berbagai kebutuhan kelistrikan sebelum atau saat mudik.

    Dengan menerapkan tips-tips di atas, kamu bisa mudik dengan lebih tenang tanpa khawatir akan keamanan listrik di rumah. 

    Jadi, pastikan semua langkah pencegahan sudah dilakukan sebelum meninggalkan rumah, ya! Selamat mudik dan selamat berkumpul bersama keluarga tercinta!
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)