BUMN: Perum Damri

  • Emiten Bus Listrik VKTR Raup Cuan Rp218 Miliar di Kuartal I 2025 – Halaman all

    Emiten Bus Listrik VKTR Raup Cuan Rp218 Miliar di Kuartal I 2025 – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — PT VKTR Teknologi Mobilitas Tbk (VKTR) meraup pertumbuhan pendapatan bersih sebesar 6 persen (yoy) menjadi Rp218 miliar pada kuartal I-2025 dibanding Rp205 miliar pada kuartal I-2024 meskipun penjualan otomotif nasional masih belum membaik.

    Direktur Utama VKTR Gilarsi W. Setijono menyampaikan, penguatan kehadiran Perseroan di sektor Kendaraan Listrik Berbasis Baterai fi Indonesia bukan hanya langkah bisnis, tetapi juga bagian dari komitmen untuk menghadirkan solusi berkelanjutan.

    “Dengan tetap agile dan responsif terhadap perubahan, kami siap tumbuh bersama pasar yang terus berkembang, seiring dengan arah diversifikasi produk dimasa depan,” ujarnya di Jakarta, Rabu (30/4/2025).

    Sementara itu, laba bersih turun 84 persen dari Rp21 miliar pada kuartal I-2024 menjadi Rp3,3 miliar pada kuartal I-2025 disebabkan oleh kenaikan harga pokok penjualan dan kurs dolar AS, kata siaran pers perusahaan di Jakarta, Rabu.

    Dijelaskan, total aset perusahaan tumbuh 3 persen menjadi Rp1.663 miliar per 31 Maret 2025, dari Rp1.609 miliar per 31 Desember 2024, seiring selesainya pembangunan pabrik Magelang yang ke depannya diharapkan dapat memperkuat kapasitas produksi kendaraan listrik.

    Sejalan dengan ekspansi ini, total liabilitas naik 11 persen menjadi Rp502 miliar dari Rp453 miliar, disebabkan oleh kenaikan utang untuk mendukung modal kerja perusahaan.

    VKTR mencatat pertumbuhan pendapatan dari segmen manufaktur suku cadang sebesar 10 persen YoY di kuartal I-2025.

    Dari sisi penjualan kendaraan listrik, VKTR terus memperluas portofolio klien dan produk melalui strategi diversifikasi, yang ditunjukkan dengan penjualan forklift listrik ke sektor swasta.

    Selain itu, VKTR juga dalam proses finalisasi Purchase Order (PO) 80 unit bus listrik dengan Perum DAMRI terkait penambahan untuk operasional Transjakarta.

    “Ini merupakan kelanjutan dari pemesanan sebelumnya, yaitu 72 unit bus listrik yang telah beroperasi, di mana 20 unit dioperasikan oleh Sinarjaya dan 52 unitnya dioperasikan oleh Mayasari Bakti,” tuturnya.

    Sebagai bagian dari strategi industrialisasi berkelanjutan, VKTR telah menyelesaikan pembangunan fasilitas perakitan kendaraan listrik komersial berbasis Completely Knocked Down (CKD) pertama di Indonesia, yang berlokasi di Magelang, Jawa Tengah, pada awal 2025.

    Bus listrik 12 meter yang dirakit di fasilitas ini telah memperoleh sertifikasi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) lebih dari 40 persen. 

    Fasilitas ini dirancang untuk memperluas produksi berbasis CKD, meningkatkan efisiensi operasional, dan memperkuat peran Indonesia sebagai pusat produksi kendaraan listrik regional.

    Sejak awal kuartal I-2025, VKTR mencatat pencapaian berupa dimulainya operasi 20 unit bus listrik CKD VKTR yang dilakukan oleh operator Sinarjaya untuk Transjakarta, di mana kolaborasi karoseri bus listrik dilakukan oleh Laksana.
     
     
     
     
     

  • Lowongan Kerja Pengemudi DAMRI 2025, Wanita Boleh Mendaftar!

    Lowongan Kerja Pengemudi DAMRI 2025, Wanita Boleh Mendaftar!

    PIKIRAN RAKYAT – Perusahaan Otobus (PO) legendaris Indonesia, DAMRI, kembali membuka pintu kesempatan karier yang menarik bagi para profesional di bidang transportasi.

    Kali ini, DAMRI secara resmi mengumumkan pembukaan lowongan kerja untuk posisi Pengemudi, dengan persyaratan yang inklusif bagi pelamar pria maupun wanita.

    Inisiatif ini tidak hanya membuka peluang kerja yang luas, tetapi juga mencerminkan komitmen DAMRI dalam menjunjung tinggi kesetaraan gender di dunia kerja.

    Pengumuman lowongan ini menjadi angin segar bagi ribuan pencari kerja di seluruh Indonesia, terutama bagi mereka yang memiliki keahlian mengemudikan kendaraan besar dan memiliki dedikasi tinggi terhadap keselamatan serta pelayanan prima.

    DAMRI, sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di sektor transportasi darat, menawarkan stabilitas karier dan kesempatan untuk berkontribusi dalam menghubungkan berbagai wilayah di Tanah Air.

    Kualifikasi Pelamar

    DAMRI menetapkan sejumlah kualifikasi yang harus dipenuhi oleh para calon pengemudi. Menariknya, persyaratan ini secara eksplisit membuka peluang bagi kaum wanita untuk bergabung, sebuah langkah progresif dalam industri transportasi yang didominasi oleh kaum pria. Berikut adalah kualifikasi lengkap yang dibutuhkan:

    1. Pria atau wanita, usia maksimal 40 tahun

    2. Pendidikan minimal SMA/SMK atau sederajat

    3. Berpengalaman mengemudikan kendaraan besar seperti bus atau truk

    4. Mampu mengemudi dengan aman, disiplin, dan bertanggungjawab

    5. Sehat jasmani dan rohani, serta bebas dari narkoba

    6. Bersedia ditempatkan di seluruh Kantor Cabang DAMRI di Indonesia

    7. Memiliki profesionalisme, integritas, dan etika kerja yang baik

    8. Bersedia mengikuti seluruh proses seleksi dan pelatihan

    9. Memiliki Sertifikat BNSP Pengemudi menjadi nilai tambah

    Ilustrasi bus Damri ke Stadion Si Jalak Harupat, kita bisa menaikinya untuk menonton Persib vs Persija di BRI Liga 1. Instagram @damriindonesia

    Berkas Administrasi

    Bagi para calon pelamar yang memenuhi kualifikasi di atas, DAMRI juga mensyaratkan sejumlah berkas administrasi yang harus dilengkapi.

    Kelengkapan berkas ini akan menjadi salah satu penilaian awal dalam proses seleksi. Berikut adalah daftar berkas yang dibutuhkan:

    1. CV dan Pas Foto terbaru

    2. KTP dan KK

    3. SIM BI/BII Umum (masih berlaku)

    4. SKCK dan surat pengalaman kerja/paklaring

    5. Surat keterangan sehat

    6. Ijazah dan transkip nilai pendidikan terakhir

    Cara Pendaftaran

    DAMRI memberikan kemudahan bagi para calon pelamar untuk mendaftar melalui sistem online. Pendaftaran dapat dilakukan melalui tautan berikut: https://bit.ly/PendaftaranPengemudi-DAMRI2025.

    Proses pendaftaran online ini menunjukkan komitmen DAMRI terhadap efisiensi dan transparansi dalam proses rekrutmen. Para pelamar dapat mengisi formulir dan mengunggah berkas administrasi yang dibutuhkan secara daring, tanpa perlu datang langsung ke kantor DAMRI pada tahap awal.

    Untuk informasi lebih lanjut mengenai lowongan kerja ini, para calon pelamar dapat menghubungi Tim Rekrutmen Perum DAMRI melalui nomor telepon 0857-7895-5825.

    Tim rekrutmen akan siap memberikan jawaban atas pertanyaan terkait persyaratan, proses seleksi, dan informasi lainnya.

    DAMRI juga memberikan peringatan tegas kepada masyarakat untuk waspada terhadap penipuan. Perusahaan BUMN ini menegaskan bahwa proses rekrutmen DAMRI tidak dipungut biaya apapun.

    Para pelamar dihimbau untuk tidak mempercayai pihak-pihak yang meminta sejumlah uang dengan iming-iming kelulusan dalam proses seleksi.***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • Damri Tebar Diskon Tiket ke Berbagai Rute di Akhir April 2025, Ini Syarat dan Cara Mendapatkannya – Halaman all

    Damri Tebar Diskon Tiket ke Berbagai Rute di Akhir April 2025, Ini Syarat dan Cara Mendapatkannya – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Berikut informasi mengenai diskon pembelian tiket Damri.

    Perusahaan umum (Perum) Damri mengumumkan pemberian promo berupa diskon atau potongan harga.

    Promo ini berlaku untuk berbagai rute Damri di Indonesia dengan pembelian tiket pada 25 April 2025.

    “Jangan lewatkan promo spesial Payday yang berlaku hanya 1 hari aja sob,” tulis @damriindonesia dalam sebuah caption di akun Instagram resminya.

    Masyarakat bisa mendapatkan promo sebesar 20 persen melalui Damri Apps.

    Lantas, apa saja syarat dan cara mendapatkannya ?

    Syarat dan Ketentuan

    Berikut syarat mendapat diskon 20 persen tiket Damri:

    – Promo berlaku untuk semua rute yang tersedia di Damri Apps

    – Promo berlaku untuk pembelian tiket pada 25 April 2025

    – Promo berlaku untuk keberangkatan tanggal 25 hingga 30 April 2025

    – Potongan harga 20 persen, maksimal Rp 20.000.

    – Tiket promo tidak berlaku refund atau reschedule

    – Tiket promo hanya dapat dibeli melalui Damri Apps.

    Cara Reservasi Tiket Damri

    Berikut cara reservasi tiket Damri secara online:

    1. Pesan tiket Damri lewat aplikasi Damri Apps

    – Unduh aplikasi Damri Apps melalui Google Play Store atau Apple Store

    – Log-in atau lakukan registrasi untuk pengguna baru

    – Pilih titik keberangkatan dan titik tujuan

    – Pilih tanggal keberangkatan dan jumlah kursi

    – Setelah muncul jadwal yang tersedia, pilih jadwal yang diinginkan. 

    – Lengkapi data diri.

    – Konfirmasi detail pemesanan. 

    – Lakukan pembayaran 

    – Ticket Issued (penerbitan tiket).

    2. Pesan tiket Damri lewat website Damri

    – Kunjungi situs damri.co.id 

    – Pesan tiket dengan mengisi kolom yang tersedia, meliputi asal kota, kota tujuan, tanggal keberangkatan, dan jumlah tiket 

    – Klik “Cari Tiket” 

    – Pilih tiket dan jadwal keberangkatan yang telah tersedia 

    – Lengkapi data diri pemesan dan selesaikan pembayaran

    – Tiket digital akan dikirim melalui email pengguna.

     

    (Tribunnews.com/David Adi)

  • Hari Angkutan Nasional 2025: Menelusuri Perjalanan DAMRI yang Berawal dari Cikar – Page 3

    Hari Angkutan Nasional 2025: Menelusuri Perjalanan DAMRI yang Berawal dari Cikar – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Hari Angkutan Nasional diperingati setiap 24 April. Tahun ini, peringatan Hari Angkutan Nasional 2025 jatuh pada Kamis, 24 April 2025 memberikan kesempatan bagi pemerintah dan masyarakat untuk kembali menegaskan komitmen terhadap pentingnya transportasi umum dalam pembangunan nasional.

    Peringatan ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat akan peran vital transportasi umum dalam mengurangi kemacetan dan polusi, masalah serius yang dihadapi banyak kota besar di Indonesia.

    Sejarah Hari Angkutan Nasional telah dimulai sejak 1977, menandai tonggak penting dalam upaya pemerintah untuk mendorong penggunaan transportasi umum. Sejak saat itu, setiap tahun peringatan ini dirayakan dengan berbagai kegiatan, dari seminar hingga kampanye publik, semuanya bertujuan untuk mengedukasi dan mengajak masyarakat untuk beralih ke moda transportasi umum.

    Tahun 2025 diharapkan menjadi momentum yang lebih besar lagi. Dengan semakin meningkatnya kesadaran lingkungan dan upaya pemerintah untuk mengurangi emisi karbon, peran transportasi umum menjadi semakin krusial. Maka dari itu, peringatan Hari Angkutan Nasional 2025 akan lebih menekankan pada manfaat nyata penggunaan transportasi umum bagi masyarakat dan lingkungan.

    Di tengah momentum Hari Angkutan Nasional pada Kamis pekan ini, yuk sejenak mengenali salah satu angkutan umum darat yang populer terutama bagi Anda yang pernah kuliah di Jatinangor dan Bandung, Jawa Barat. Atau Anda yang sering  ke bandara dengan memakai bus ini yakni bus Damri.

    Mengutip laman damri.co.id, sejarah angkutan nasional tidak lepas dari pendirian Jawa Unyu Zidousha dan Zidousha Sokyoku pada 1943 di Indonesia. Ketika itu masih dalam penjajahan Belanda, dan sekarang dikenal dengan Perusahaan Umum Djawatan Angkoetan Motor Republik Indonesia (DAMRI).

    Sejarah Damri beradal dari Cikar yang angkutan gerobak yang didorong oleh dua ekor sapi. Cikar beroperasi saat DAMRI masih bernama Jawa Unyu Zidousha sebagai angkutan barang dan Zidousha Sokyoku sebagai angkutan penumpang.

     

     

  • Pelanggan Damri Stabil Selama Libur Panjang Akhir Pekan Paskah

    Pelanggan Damri Stabil Selama Libur Panjang Akhir Pekan Paskah

    Bisnis.com, JAKARTA — Damri mencatat kinerja layanan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan pemadu moda ke Bandara Soekarno-Hatta selama libur Wafat Yesus Kristus pada 17-20 April 2025 berjalan dengan baik dan terpantau normal jika dibandingkan dengan periode akhir pekan.

    Head of Corporate Communication Damri Atikah Abdullah mengatakan puncak arus keberangkatan terjadi pada Kamis (17/4/2025). 

    Atikah memaparkan volume pelanggan Damri selama libur Wafat Yesus Kristus 2025 menunjukkan stabilitas dan normalitas dalam jumlah pelanggan baik pada layanan AKAP maupun pemadu moda bandara.

    “Selama empat hari libur panjang ini, Damri melayani total mencapai 10.00 pelanggan AKAP dengan rata-rata sekitar 1.839 pelanggan per hari,” ujarnya melalui keterangan resmi, Sabtu (19/4/2025).

    Angka ini, sebutnya, masih tergolong normal dibandingkan dengan rata-rata pelanggan AKAP pada hari weekend biasa yang mencapai sekitar 1.000-2.000 pelanggan per hari. 

    “Volume pelanggan AKAP selama libur Wafat Yesus Kristus berada dalam kisaran normal tanpa lonjakan signifikan,” imbuhnya.

    Untuk layanan pemadu moda ke Bandara Soekarno-Hatta, DAMRI melayani total mencapai 2.000 pelanggan selama empat hari libur, dengan rata-rata harian sekitar 500 pelanggan.

    Angka ini juga masih tergolong normal jika dibandingkan dengan periode hari weekend biasa yang mencatat rata-rata 400-500 pelanggan per hari. 

    Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas pelanggan ke bandara selama libur Wafat Yesus Kristus tidak mengalami lonjakan berlebihan dan tetap stabil.

    Sisi lain, rute-rute yang paling diminati pada layanan AKAP antara lain Stasiun DAMRI Kemayoran ke Terminal Bungur Asih, Stasiun Damri Malang ke Stasiun DAMRI Kemayoran, dan Stasiun Gambir ke Tanjung Karang.

    Selain itu, untuk layanan Basoetta, rute Bogor-Bandara Soekarno-Hatta, Bekasi Barat-Bandara Soekarno-Hatta, dan Stasiun Gambir-Bandara Soekarno-Hatta menjadi yang paling banyak digunakan.

    Atikah menegaskan akan menjaga kualitas pelayanan dengan memastikan armada dalam kondisi prima demi keselamatan dan kenyamanan pelanggan selama masa libur panjang ini. 

  • Damri Buka Layanan Pengiriman Motor di Kalimantan, Cek Lokasi dan Tarifnya – Halaman all

    Damri Buka Layanan Pengiriman Motor di Kalimantan, Cek Lokasi dan Tarifnya – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Perusahaan Umum (Perum) Damri membuka layanan pengiriman sepeda motor di wilayah Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.

    Layanan ini bertujuan mempermudah masyarakat untuk mengirimkan sepeda motor ke sejumlah area di Kalimantan yang memiliki medan beragam.

    Untuk itu, Damri Logistik pun menawarkan layanan pengiriman sepeda motor dengan tarif mulai dari Rp 100.000.

    “Damri Logistik kini hadir melayani masyarakat yang akan mengirimkan sepeda motor di wilayah Kalimantan Barat dan Tengah,” tulis @damriindonesia dalam sebuah caption di akun Instagram resminya.

    Cakupan Lokasi

    Berikut cakupan lokasi pengiriman sepeda motor melalui Damri Logistik:

    *) Kalimantan Barat

    – Pontianak

    – Sanggau

    – Sekadau

    – Sosok

    – Sintang Tugu BI

    – Sintang Sungai Durian

    – Malawi Naga Pinoh

    *) Kalimantan Tengah

    – Palangkaraya

    – Sampit

    – Pangkalanbun

    – Lamandau

    – Sungai Danau

    – Sukamara

    Tarif

    Adapun biaya untuk pengiriman motor ke wilayah Kalimantan dibedakan menjadi;

    – Motor kecil (di bawah 125cc) tarifnya mulai dari Rp 100.000 per motor

    – Motor besar (di atas 125cc) tarifnya mulai dari Rp 150.000 per motor.

    Cara Pengiriman Motor

    1. Anda yang akan menggunakan layanan Damri Logistik untuk mengirim sepeda motor harus melakukan konfirmasi via WhatsApp sebagai berikut:

    – Customer Service Damri area Kalimantan Barat (0812-5420-6001)

    – Customer Service Damri area Kalimantan Tengah (0852-1725-7575)

    2. Setelah melakukan konfirmasi terkait lokasi dan tarif pengiriman motor, Anda dapat menuju ke gudang atau agen Damri terdekat

    3. Lakukan pendataan ulang dan pembayaran melalui petugas

    4. Setelah itu petugas akan mengecek kelengkapan sepeda motor sebelum dilakukan pengemasan dan pengiriman

    5. Kemudian, motor akan dikirim ke lokasi tujuan menggunakan armada khusus logistik

    6. Setelah motor sampai tujuan, penerima harap membawa bukti dari pengirim dan identitas diri.

    7. Lakukan pengecekan kelengkapan motor sebelum meninggalkan agen Damri Logistik.

    8. Klaim kerusakan hanya berlaku saat pengecekan motor bersama petugas di agen atau gudang Damri Logistik.

    (Tribunnews.com/David Adi)

  • Sekolah Rakyat Akan Lahirkan Bibit Diskriminasi Strata Sosial

    Sekolah Rakyat Akan Lahirkan Bibit Diskriminasi Strata Sosial

    JABAR ESKPRES – Rencana pembangunan sekolah rakyat yang digagas Pemerintahan Presiden Prabowo mendapat kritikan tajam dari Ketua Forum Kepala Sekolah Swasta (FKSS) Jabar Ade Hedriana.

    Menurut Ade, rencana pendirian sekolah rakyat hanya akan menimbulkan diskriminasi baru dan akan berimbas merugikan keberadaan sekolah swasta.

    ‘’Jadi hadirnya sekolah rakyat itu tentu akan berdampak pada sekolah swasta seperti penurunan jumlah peserta didik,’’ ujar Ade ketika dihubungi Jabar Ekspres, Sabtu (5/4/2025).

    BACA JUGA:  Pemkot Bandung Kecolongan, Pungli di Bonbin Masih Terjadi!

    Ade menilai, sejauh ini keberadaan sekolah swasta sangat tergantung pada biaya pendidikan yang dibayarkan olej para orang tua peserta didik.

    Sehingga, lanjut Ade, keberadaan sekolah rakyat dikhawatirkan akan menyebabkan berkurangnya minat siswa, sehingga berimbas pada pendapatan sekolah swasta.

    “Jadi nanti akan banyak orang tua yang menyekolahkan dan memindahkan ke Sekolah Rakyat tersebut,” ujarnya.

    Selain itu, pembangunan Sekolah Rakyat hanya akan menimbulkan bibit diskriminasi dan menyebabkan pengkotakan sekolah berdasarkan strata sosial.

    BACA JUGA: Bus Damri Jurusan Bandung – Indramayu Gunakan Bus Sekolah, Tidak Layak untuk Angkutan Mudik Lebaran!

    Masyarakat akan beranggapan sekolah rakyat hanya diperuntukan bagi keluarga yang secara ekonomi kurang mampu. Sedangkan kalau mampu masuk sekolah unggulan.

    “Jadi anggapannya kalau mampu jangan masuk ke sekolah negeri dan swasta biasa, atau jika berasal dari keluarga kurang mampu, masuk ke sekolah rakyat, jangan ke sekolah negeri dan swasta biasa,” tutur Ade.

    Ade beranggapan, sistem pendidikan seperti sekolah rakyat justru akan menimbulkan diskriminasi dan stigma negatif. Padahal, pendidikan model itu sudah lama dikikis.

    BACA JUGA: Tuntaskan Guru Honorer di Jabar Mulai dari Akar Masalahnya

    ‘’Dulu kan, ada istilah RSBI, Cluster, Unggulan, Penggerak. Semuanya sudah dihapus, ini muncul lagi model lain,’’ katanya.

    Pembangunan Sekokah Rakyat hanya akan mengakibatkan ketimpangan kelas dan memperburuk kesenjangan akses pendidikan yang berkeadilan bagi anak Indonesia.

    Ade berpendapat, seharusnya pemerintah membuat kebijakan terstruktur dengan fokus memperbaiki aksebilitas dan kapasitas sekolah.

    Keberadaan sekolah swasta seharusnya bisa diajak bekerja sama dengan pemerintah mengembangkan sistem pendidikan untuk masyarakat secara menyeluruh agar aksesnya bisa dijangkau oleh masyarakat.

  • Polres Bogor Berlakukan One Way Menuju Puncak, Antrean Meningkat Pagi Ini

    Polres Bogor Berlakukan One Way Menuju Puncak, Antrean Meningkat Pagi Ini

    JABAR EKSPRES – Satlantas Polres Bogor menerapkan rekayasa lalu lintas dengan sistem one way (satu arah) menuju Puncak dari Jakarta, pagi ini.

    KBO Satlantas Polres Bogor, Iptu Ardian Novianto, menjelaskan bahwa sebelum pemberlakuan one way, pihaknya telah melakukan rekayasa dengan sistem ganjil-genap di Simpang Gadog.

    Selain itu, jalur contraflow juga telah dibuka dari exit Tol Ciawi hingga KM 46+400 untuk mengurangi kepadatan.

    BACA JUGA: Arus Balik Mudik, PMI Kota Cimahi Catat Tangani 12 Kasus Kecelakaan

    “Pada pukul 07.00 WIB, arus lalu lintas menuju Puncak cukup tinggi, menyebabkan antrean sekitar 2,4 km di KM 45+600,” ujar Ardian saat ditemui di Simpang Gadog pada Sabtu (5/4/2025).

    Untuk mengatasi hal tersebut, pihak kepolisian memutuskan untuk memberlakukan sistem one way, yang mulai diterapkan sepenuhnya pada pukul 07.45 WIB, mulai dari Simpang Gadog hingga perbatasan Puncak.

    Ardian melanjutkan bahwa sejak pukul 07.00 WIB, sekitar 23 ribu kendaraan sudah melintas di kawasan Puncak.

    BACA JUGA: Bus Damri Jurusan Bandung – Indramayu Gunakan Bus Sekolah, Tidak Layak untuk Angkutan Mudik Lebaran!

    Rekayasa one way ini diperkirakan akan berlangsung selama 3 hingga 4 jam, tergantung arus kendaraan dari wilayah Cianjur yang juga menuju Puncak.

    “Keputusan ini diambil untuk mengatur arus kendaraan dan mengurangi kemacetan yang terjadi,” tutupnya.

  • Bus Damri Jurusan Bandung – Indramayu Gunakan Bus Sekolah, Tidak Layak untuk Angkutan Mudik Lebaran!

    Bus Damri Jurusan Bandung – Indramayu Gunakan Bus Sekolah, Tidak Layak untuk Angkutan Mudik Lebaran!

    JABAR EKSPRES – Dalam menghadapi mudik Lebaran Idul Fitri 1446 Hijriyah/ 2025, Keberadaan Bus Damri jurusan Bandung – Indramayu memiliki fasilitas kurang memadai dan terkesan seadanya.

    Hal ini diakui oleh salah satu penumpang bernama Iyan, 49 tahun yang mudik bersama keluarga menggunakan Bus Damri jurusan Bandung – Indramayu.

    Menurutnya, bus Damri yang digunakan memiliki fasilitas yang tidak layak untuk angkutan mudik lebaran Idul Fitri antar kota. Terlebih bus yang digunakan merupakan modifikasi karoseri bus sekolah.

    BACA JUGA: Pemkab Bandung, Indramayu dan Subang Disebut KPK Sebagai Pemda yang Banyak Dilaporkan Terkait Bansos

    Beberapa fasilitas yang ada di dalam bus, sangat tidak nyaman. Setelah kursi penumpang macet, sampai AC mengeluarkan air sehingga mengenai penumpang.

    Selain itu, jarak antar kursi penumpang terlalu sempit, sehingga membuat kaki penumpang tidak leluasa untuk bergerak. Parahnya lagi bus tersebut tidak memiliki bagasi yang memadai layaknya bus antar kota.

    ‘’Barang bawaan terpaksa ada yang disimpan di bawah kursi, ini kan jadi tambah sempit,’’ ujarnya ketika ditemui, Jumat, (04/04/2025).

    BACA JUGA: Kejari Usut Dugaan Korupsi Perum Damri Cabang Bandung

    Iyan mengatakan, untuk tarif Bus Damri jurusan Bandung – Indramayu sebesar Rp 110 ribu. Seharusnya sudah masuk ke dalam kategori angkutan eksklusif.

    Kondisi ini sangat berbeda dengan Damri jurusan Bandung-Kuningan yang menggunakan jenis bus pariwisata dengan fasilitas lebih baik. Dan jumlah pemberangkatan lebih banyak.

    Penggunaan karasori bus sekolah untuk angkutan antar kota sangat tidak nyaman. Sebab, dari segi fasilitas pendukung pasti akan berbeda.

    BACA JUGA: Dishub Kota Bandung Bantah Terlibat Dugaan Korupsi Transportasi

    Selain itu, untuk penggunaan Bus Sekolah tersebut, sudah berlangsung lama. Bahkan, diduga pihak Damri sering merubah trayek sendiri dengan mengganti tulisan pada kaca depan kendaraan.

    ‘’Bus Sekolah itu kan digunakan untuk jarak dekat, tapi ini dipakai untuk antar kota,’’ cetus Iyan.

    Sejauh ini, trayek jurusan Bandung – Indramayu via Sumedang hanya dilayani oleh bus Damri dengan 3 kali jadwal pemberangkatan. Yaitu, pagi pukul 5.00 WIB, Siang 11.00 WIB dan Sore 16.00 WIB.

  • Cerita Rosid dan Abdul Pilih Mudik Setelah Lebaran demi Hindari Kemacetan
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        3 April 2025

    Cerita Rosid dan Abdul Pilih Mudik Setelah Lebaran demi Hindari Kemacetan Megapolitan 3 April 2025

    Cerita Rosid dan Abdul Pilih Mudik Setelah Lebaran demi Hindari Kemacetan
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com –

    Terminal Kampung Rambutan
    masih ramai
    pemudik
    yang baru berangkat ke kampung halamannya setelah Lebaran pada Kamis (3/4/2025).
    Salah satunya Rosid (28), warga Bekasi yang akan mudik ke Palembang. Dia memilih pulang kampung setelah Lebaran karena ingin menghindari kemacetan di jalan.
    “Biar enggak macet di jalan, kalau kemarin (Lebaran), di sini orangtua, kalau di Palembang asal istri. Jadi kemarin di rumah orangtua dulu,” kata Rosid di Terminal Kampung Rambutan, Kamis.
    Rosid menjelaskan bahwa rutin mengambil cuti panjang dan pulang ke Palembang untuk berlebaran dengan istri serta anaknya.
    “Iya biar lebih lama liburannya, kebiasaan sudah tradisi tahunan,” ungkap Rosid.
    Sama halnya dengan Rosid, Abdul (35), penumpang asal Kalimantan Selatan yang akan mudik menuju Pangandaran. Dia mengaku baru pulang kampung karena menghindari kemacetan.
    Abdul sendiri bekerja di Kalimantan Selatan, dan memutuskan mengambil cuti bekerja setelah Hari Raya Idul Fitri.
    Ia berangkat dari Kalimantan Selatan menggunakan pesawat dan turun di Bandara Soekarno-Hatta, lalu dilanjutkan menggunakan bus Damri ke Terminal Kampung Rambutan.
    “Baru
    off
    dua hari setelah Lebaran. Iya sudah kedua kali pulang setelah Lebaran, ya selain enggak dapat libur pada hari raya Idul Fitri, ingin hindari macet juga,” kata Abdul.
    Menurut Abdul, normalnya perjalanan menuju Pangandaran dari Terminal Kampung Rambutan sekitar 8 hingga 10 jam.
    “Normal
    mah
    10 jam, tapi pernah waktu itu 24 jam di dalam bus karena padat banget mudik,” ucap Abdul.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.