BUMN: Perum Damri

  • Menteri BUMN Pastikan Tiket Pesawat, Kapal hingga Kereta Tidak Akan Naik saat Lebaran 2025

    Menteri BUMN Pastikan Tiket Pesawat, Kapal hingga Kereta Tidak Akan Naik saat Lebaran 2025

    JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan tiket pesawat, kereta api, hingga kapal penumpang yang dikelola oleh BUMN transportasi tidak naik pada periode mudik Lebaran 2025 atau Idulfitri 1446 H.

    Keputusan itu tersebut disampaikan Erick usai rapat dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo, PT PELNI (Persero), Perum DAMRI, dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

    “Tidak ada kenaikan harga tiket baik di PELNI, di ASDP, di Jasa Marga, di DAMRI, dan semua ini kita pastikan untuk mendorong daripada tentu ekonomi nasional,” kata Erick dalam konferensi pers di kantor Kementerian BUMN, Rabu, 22 Januari.

    Terkait dengan diskon tiket untuk periode Lebaran, Erick mengaku masih perlu mendiskusikannya dengan Kementerian/Lembaga terkait.

    Adapun pada periode libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru), pemerintah memberikan diskon tarif tiket pesawat sebesar 10 persen.

    “Nah apakah komponen itu nanti ada diskon? Tentu itu ada tupoksi yang lebih tinggi yang tentu kita lihat sesuai dengan aturan dari tentu Menteri Perhubungan ataupun yang lainnya,” ujar Erick.

    Di samping itu, Erick mengatakan, angkutan Lebaran tahun ini akan mendapat perhatian khusus dari Kementerian BUMN. Sebab, perayaan Idulfitri kali ini berdekatan dengan Hari Raya Nyepi atau Tahun Baru Saka 1947.

    “Nah ini yang kita perlu antisipasi seperti apa nanti kebijakan pemerintah secara menyeluruh,” tutur Erick.

    Sementara itu, Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo mengatakan untuk periode mudik Lebaran atau Idulfitri tahun ini, KAI akan menambah kapasitas kursi hingga 8 persen, dengan jumlah tiket diperkirakan mencapai 3,8 juta.

    “Nah kemudian penjualan tiket seperti biasa 45 hari sebelumnya,” tutur Didiek.

  • Kabar Gembira, Harga Tiket Angkutan Lebaran 2025 Dipastikan Tidak Naik

    Kabar Gembira, Harga Tiket Angkutan Lebaran 2025 Dipastikan Tidak Naik

    Jakarta, Beritasatu.com – Pemerintah melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menjamin harga tiket layanan jasa angkutan kereta, penyeberangan laut, hingga tarif tol, tidak mengalami peningkatan saat periode mudik Idulfitri atau Lebaran 2025. 

    Hal ini diungkapkan Menteri BUMN Erick Thohir setelah dirinya melakukan rapat bersama jajaran Direksi perusahaan pelat merah sektor transportasi seperti PT Kereta Api Indonesia (KAI), PT ASDP Indonesia Ferry, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo), PT Jasa Marga, serta PT Pelayaran Indonesia (Pelni).

    Seperti PT Kereta Api Indonesia (KAI), PT ASDP Indonesia Ferry, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo), PT Jasa Marga, serta PT Pelayaran Indonesia (Pelni). 

    Awalnya, Erick mengungkapkan bahwa rapat kerja bersama pejabat BUMN untuk memastikan layanan transportasi pada periode mudik lebaran 2025 dapat berjalan baik. Diketahui, operator layanan transportasi di dalam negeri mayoritas dikelola oleh BUMN. 

    Erick membeberkan, terdapat dua poin utama yang dibahas dalam rapat yang dimaksud. Pertama, tiket layanan jasa transportasi darat dan laut tidak mengalami peningkatan. 

    “Kementerian BUMN terus mendukung program-program seluruh Kementerian, terutama sesuai dengan instruksi Bapak Presiden memastikan pelayanan masyarakat,” ungkap Erick Thohir di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (22/1/2025). 

    “Pertama, tidak ada kenaikan harga tiket baik di Pelni, di ASDP, di Jasa Marga, di Damri, dan semua,” sambungnya. 

    Erick mengungkapkan, terobosan yang dilakukan Kementerian BUMN untuk mendukung kondisi perekonomian nasional pada masa Ramadan dan Idulfitri. 

    Lalu, poin yang kedua, rapat tersebut untuk menguatkan komitmen layanan transportasi mudik Lebaran nanti harus sama baiknya dengan layanan mudik periode Natal dan Tahun Baru 2024/2025. 

    Sebagai contoh, layanan angkutan penumpang di kapal Pelni harus aman dan nyaman. Serta ketersediaan alat keamanan pendukung seperti pelampung, harus dilengkapi saat periode mudik Lebaran 2025. 

    “Yang kedua kita juga bersepakat nanti memaksimalkan pelayanan saat mudik Lebaran 2025. Tadi saya sudah lihat bagaimana ada improvement di masing-masing tentu institusi BUMN,” pungkasnya. 

     

  • Erick Thohir sebut program mudik gratis BUMN kembali dilanjutkan

    Erick Thohir sebut program mudik gratis BUMN kembali dilanjutkan

    Insya Allah ada, kan program itu bukan program situasional, tapi program yang memang sudah continue.

    Jakarta (ANTARA) – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyebut bahwa program mudik gratis pada saat Lebaran 2025 akan kembali dilanjutkan.

    “Insya Allah ada, kan program itu bukan program situasional, tapi program yang memang sudah continue,” ujar Erick, di Jakarta, Rabu.

    Ia mengatakan, saat ini pihaknya baru akan menghitung berapa jumlah kendaraan yang dibutuhkan untuk mengantar para pemudik.

    Selain itu, ia juga harus berkoordinasi dengan BUMN yang ada untuk menentukan titik-titik mana agar menyerap penumpang.

    “Pasti kita adakan, tapi tentu kita juga akan coba hitung lagi seperti apa jumlah kendaraan dibutuhkan, titiknya di mana, penyerapan daripada penumpang seperti apa, kita akan lakukan itu,” katanya pula.

    Di sisi lain, Erick menyampaikan tidak ada kenaikan harga tiket di seluruh BUMN transportasi selama periode mudik Lebaran 2025, mulai dari Pelni, ASDP, Jasa Marga, Damri hingga KAI.

    Erick mengatakan, tidak adanya kenaikan harga tiket selama periode Lebaran sudah menjadi keputusan bersama, sesuai dengan arahan pemerintah.

    Menurutnya, perihal potongan harga atau diskon akan diputuskan oleh penanggung jawab yang lebih tinggi.

    “Apakah komponen itu nanti ada diskon, tentu itu ada tupoksi yang lebih tinggi, yang tentu kita lihat sesuai dengan aturan dari tentu Menteri Perhubungan atau pun yang lainnya. Jadi hari ini kita pastikan tidak ada kenaikan,” katanya pula.

    Selain itu, Kementerian BUMN dan BUMN melakukan koordinasi serta antisipasi sejak awal, agar kesuksesan kelancaran pergerakan di Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 dapat terulang di libur Lebaran 2025.

    “Kita berusaha sesiap mungkin, makanya kita antisipasi awal karena kesuksesan natal-tahun baru. Nanti mungkin minggu depan kita akan coba koordinasikan dengan pihak kepolisian, mengenai operasional, buka tutup di jalan tol, dan lain-lainnya, karena ada hubungan dengan jalan-jalan darat,” kata Erick pula.

    Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
    Editor: Budisantoso Budiman
    Copyright © ANTARA 2025

  • Dirut KAI: Layanan kereta tanpa transit tidak beroperasi saat Lebaran

    Dirut KAI: Layanan kereta tanpa transit tidak beroperasi saat Lebaran

    Hasilnya, secara komersial tidak menguntungkan.

    Jakarta (ANTARA) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menyebut layanan kereta tanpa transit atau direct train tidak beroperasi pada periode mudik Lebaran 2025.

    Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, telah melakukan evaluasi terhadap layanan kereta tanpa transit yang beroperasi pada libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025. Hasilnya, secara komersial tidak menguntungkan.

    “Secara evaluasi, secara komersial dan aspek komersialnya, tidak ada suatu advantage (keuntungan) ya, sehingga sementara ini kami tidak lakukan lagi,” ujar Didiek, di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu.

    Layanan kereta api tanpa transit mulai dioperasikan dalam rangka libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025. Perjalanan tanpa henti ini menjadi alternatif moda transportasi dengan tujuan Jakarta-Semarang dan sebaliknya.

    Selain itu, ada juga jurusan Stasiun Gambir Jakarta-Yogyakarta dan sebaliknya.

    Sementara itu, Didiek menyebut penjualan tiket mudik Lebaran 2025 akan mulai dijual 45 hari sebelum hari H. Kapasitas yang disediakan naik 8 persen atau sekitar 3,8 juta atau hampir 4 juta penumpang.

    “Kita untuk c-system itu memitigasinya, nanti kita buat ruang-ruang tunggu. Jadi nggak langsung meng-hit ini semua, tapi kita pakai ruang tunggu. Nah sampai ruang tunggu kapasitasnya kita kelola di sini,” kata Didiek.

    Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyebut tidak akan ada kenaikan harga tiket di seluruh BUMN transportasi selama periode mudik Lebaran 2025.

    “Sesuai dengan tupoksinya, tentu kebijakan dari pemerintah pusat bahwa tidak ada kenaikan harga tiket baik di Pelni, ASDP, Jasa Marga, Damri, dan semua,” ujar Erick dalam jumpa pers, di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu.

    Erick mengatakan, tidak adanya kenaikan harga tiket selama periode Lebaran sudah menjadi keputusan bersama, sesuai dengan arahan pemerintah.

    Menurutnya, perihal potongan harga atau diskon akan diputuskan oleh penanggung jawab yang lebih tinggi.

    Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
    Editor: Budisantoso Budiman
    Copyright © ANTARA 2025

  • Asik, Bakal Ada Mudik Gratis Lagi saat Lebaran 2025 – Page 3

    Asik, Bakal Ada Mudik Gratis Lagi saat Lebaran 2025 – Page 3

    Diberitakan sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan tidak ada kenaikan harga tiket pada angkutan kereta api hingga kapal penyeberangan di masa libur Lebaran 2025 mendatang.

    Hal tersebut dipastikan Erick usai memanggil sejumlah petinggi BUMN di sektor transportasi. Diantaranya, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau PELNI, PT Pelabuhan Indonesia atau Pelindo, Perum Damri dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

    “Alhamdulillah hari ini juga kami mengundang dari KAI, Damri, Pelni, ASDP, Pelindo, Jasa Marga, untuk tadi memaparkan bagaimana hasil kinerja selama Nataru, tetapi apa persiapan untuk lebaran saat ini,” ungkap Erick dalam konferensi pers di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (22/1/2025).

    Dia mengatakan, salah satu hasil diskusinya mengerucut pada keputusan tidak adanya kenaikan harga tiket selama masa libur Lebaran 2025 nanti.

    “Kita sepakati yang nanti juga kita laporkan tentu sesuai dengan tupoksinya tentu kebijakan dari pemerintah pusat bahwa, satu, tidak ada kenaikan harga tiket baik di Pelni, di ASDP, di Jasa Marga, di Damri, dan semua,” katanya.

     

  • Erick Thohir Pastikan Kenyamanan KA Ekonomi hingga Sinyal di Kapal Pelni Selama Lebaran 2025 – Page 3

    Erick Thohir Pastikan Kenyamanan KA Ekonomi hingga Sinyal di Kapal Pelni Selama Lebaran 2025 – Page 3

    Diberitakan sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan tidak ada kenaikan harga tiket pada angkutan kereta api hingga kapal penyeberangan di masa libur Lebaran 2025.

    Hal tersebut dipastikan Erick usai memanggil sejumlah petinggi BUMN di sektor transportasi. Di antaranya, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau PELNI, PT Pelabuhan Indonesia atau Pelindo, Perum Damri dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

    “Alhamdulillah hari ini juga kami mengundang dari KAI, Damri, Pelni, ASDP, Pelindo, Jasa Marga, untuk tadi memaparkan bagaimana hasil kinerja selama Nataru, tetapi apa persiapan untuk lebaran saat ini,” ungkap Erick dalam konferensi pers di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (22/1/2025).

    Dia mengatakan, salah satu hasil diskusinya mengerucut pada keputusan tidak adanya kenaikan harga tiket selama masa libur Lebaran 2025.

    “Kita sepakati yang nanti juga kita laporkan tentu sesuai dengan tupoksinya tentu kebijakan dari pemerintah pusat bahwa, satu, tidak ada kenaikan harga tiket baik di Pelni, di ASDP, di Jasa Marga, di Damri, dan semua,” katanya.

  • Erick Thohir Pastikan Kenyamanan KA Ekonomi hingga Sinyal di Kapal Pelni Selama Lebaran 2025 – Page 3

    Harga Tiket KAI-ASDP Dipastikan Tak Naik Selama Libur Lebaran 2025 – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan tidak ada kenaikan harga tiket pada angkutan kereta api hingga kapal penyeberangan saat masa libur Lebaran 2025.

    Hal tersebut dipastikan Erick usai memanggil sejumlah petinggi BUMN di sektor transportasi. Di antaranya, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau PELNI, PT Pelabuhan Indonesia atau Pelindo, Perum Damri dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

    “Alhamdulillah hari ini juga kami mengundang dari KAI, Damri, Pelni, ASDP, Pelindo, Jasa Marga, untuk tadi memaparkan bagaimana hasil kinerja selama Nataru, tetapi apa persiapan untuk lebaran saat ini,” ungkap Erick dalam konferensi pers di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (22/1/2025).

    Dia mengatakan, salah satu hasil diskusinya mengerucut pada keputusan tidak adanya kenaikan harga tiket selama masa libur Lebaran 2025. 

    “Kita sepakati yang nanti juga kita laporkan tentu sesuai dengan tupoksinya tentu kebijakan dari pemerintah pusat bahwa, satu, tidak ada kenaikan harga tiket baik di Pelni, di ASDP, di Jasa Marga, di Damri, dan semua,” katanya.

    Dia menuturkan, hal ini sebagai cara untuk mendukung geliat ekonomi di masyarakat. Caranya melalui pengurangan biaya-biaya, termasuk di sektor transportasi.

    “Ini kita pastikan sekarang mendorong daripada tentu ekonomi nasional yang bisa terus kita dukung pertumbuhannya sesuai arahan Bapak Presiden dan juga menekan daripada cost-cost yang memang dibutuhkan masyarakat pada saat ini,” bebernya.

    Erick kembali menegaskan tidak ada kenaikan harga tiket selama masa Lebaran 2025. Terkait bentuk potongan tarif nantinya, masih menunggu aturan dari Kementerian Perhubungan.

    “Ya tentu tadi kita komit hari ini tidak ada kenaikan. Karena sesuai dengan tentu arahan daripada pemerintah saat ini. Nah apakah komponen itu nanti ada diskon? Tentu itu ada tupoksi yang lebih tinggi, yang tentu kita lihat sesuai dengan aturan dari tentu Menteri Perhubungan ataupun yang lainnya,” jelas Erick Thohir.

  • BI Bakal Uji Coba QRIS Tap di MRT & KRL, Bayar Tinggal Tempel HP

    BI Bakal Uji Coba QRIS Tap di MRT & KRL, Bayar Tinggal Tempel HP

    Jakarta

    Bank Indonesia (BI) mengungkapkan transaksi Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) berbasis Near Field Communication (NFC) atau QRIS Tap bisa digunakan untuk transportasi publik KRL dan MRT mulai kuartal I-2025. Sejauh ini QRIS Tap baru uji coba pada layanan Perum Damri.

    Deputi Gubernur BI Filianingsih Hendarta mengatakan uji coba QRIS Tap di KRL dan MRT akan dilakukan dalam waktu dekat. Harapannya pada kuartal I-2025 implementasi tersebut sudah bisa diberlakukan secara luas.

    “Kalau kemarin tahu kita sudah melakukan piloting untuk QRIS Tap di transportasi, di Damri dengan flat rate. Dalam waktu dekat kita akan lakukan piloting QRIS Tap untuk variabel rate, multiple rate untuk MRT dan KRL. Mudah-mudahan semuanya bisa full implementasi di triwulan I-2025,” kata Filianingsih dalam konferensi pers, Rabu (15/1/2025).

    Dengan QRIS Tap, masyarakat akan lebih mudah untuk melakukan pembayaran secara digital tanpa harus memindai (scan) kode lewat kamera ponsel. Cara penggunaannya cukup menempelkan ponsel yang sudah dilengkapi dengan teknologi NFC dan terintegrasi dengan aplikasi mobile banking, memilih fitur QRIS Tap dan menginput PIN transaksi.

    Ke depan, BI memastikan akan terus memperluas kerja sama dengan operator moda transportasi lain dan industri lainnya untuk memastikan kelancaran implementasi sekaligus melakukan sosialisasi inovasi pembayaran QRIS Tap.

    Seiring adanya perluasan fitur QRIS Tap, BI memperkirakan QRIS akan mencapai 58 juta pengguna dengan volume transaksi sebanyak 6,5 miliar kali pada 2025. Seiring dengan itu, jumlah pedagang (merchant) yang terhubung QRIS diperkirakan mencapai 40 juta.

    “Kalau tahun lalu kita hanya menargetkan volume 2,5 miliar dan tercapai 6,24 miliar, sementara penggunanya kita targetkan 55 juta dan tercapai 55,4 juta,” jelas Filianingsih.

    (aid/kil)

  • Malam Tahun Baru 2025, Damri Majukan Keberangkatan Gambir-Lampung – Page 3

    Malam Tahun Baru 2025, Damri Majukan Keberangkatan Gambir-Lampung – Page 3

    Bank Indonesia (BI) bersama Penyedia Jasa Pembayaran (PJP), dan Perum DAMRI melakukan uji coba penerapan QRIS Tap berbasis Near Field Communication (NFC) pada moda transportasi DAMRI di Jakarta (20/12/2024).

    Hal ini sebagai langkah persiapan implementasi QRIS Tap NFC yang rencananya akan diimplementasikan pada triwulan I – 2025. Inovasi pembayaran menggunakan QRIS Tap berbasis NFC ini dirancang untuk memfasilitasi kebutuhan transaksi pembayaran yang cepat dan massal secara efisien dan aman, antara lain transaksi transportasi, ritel, UMKM, dan parkir.

    Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia, Dicky Kartikoyono menyampaikan, pengembangan QRIS Tap berbasis NFC dilakukan dalam rangka mempercepat inklusi keuangan dan mendukung digitalisasi sistem pembayaran di Indonesia, sejalan dengan visi Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2030.

    “QRIS Tap berbasis NFC ini merupakan hasil karya anak bangsa yang memiliki sejumlah keunggulan, seperti mendukung interkoneksi dan interoperabilitas yang dapat memfasilitasi berbagai sumber dana pembayaran (uang elektronik, simpanan, dan fasilitas kredit), pemrosesan transaksi di domestik, meningkatkan efisiensi biaya, serta kecepatan dan kemudahan dalam penggunaannya,” jelas Dicky, di Jakarta.

  • Korban Kecelakaan Cipularang Dipastikan Dapat Santunan, Segini Jumlahnya

    Korban Kecelakaan Cipularang Dipastikan Dapat Santunan, Segini Jumlahnya

    Jakarta: PT Jasa Raharja, menjamin pelayananan seluruh korban kecelakaan lalu lintas Tol Cipularang yang dirawat di Rumah Sakit Umum (RSU) Radjak Purwakarta. Mereka dipastikan mendapatkan pelayanan dan perawatan dengan baik.

    “Kami dengan Pak Wamen BUMN sudah melihat seluruh korban laka tersebut dan dipastikan ditangani dengan baik,” kata Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A. Purwantono usai menjenguk korban kecelakaan di Purwakarta, Jawa Barat, Jumat, 27 Desember 2024.

    Dalam kecelakaan yang terjadi di KM 80 arah Jakarta pada Kamis, 26 Desember 2024, dini hari, Rivan menyebutkan bahwa terdapat dua korban yang meninggal dunia. Adapun para korban luka ringan secara bertahap sudah bisa dipulangkan dari rumah sakit pada hari ini dan besok.
     

    Selain itu, terdapat satu orang dengan luka berat yang masih menjalani perawatan di unit perawatan intensif (ICU). Rivan memastikan Jasa Raharja juga akan tetap membantu proses perpindahan pasien tersebut ke rumah sakit rujukan terdekat di kota asalnya setelah kondisi pasien stabil.

    Korban meninggal dunia mendapatkan santunan masing-masing senilai Rp50 juta yang diserahkan segera setelah peristiwa kecelakaan terjadi. Sedangkan korban luka mendapatkan santunan maksimal Rp20 juta.

    “Ini adalah wujud kehadiran negara, seperti yang disampaikan oleh Pak Wamen BUMN, bahwa di tengah Natal dan tahun baru ini kami semua siap untuk melayani,” ujar dia.

    Rivan menyebutkan tren kecelakaan maupun korban meninggal dunia pada periode Natal dan tahun baru sejauh ini menurun dibandingkan tahun lalu.

    Meski terdapat tren penurunan, ia tetap mengingatkan masyarakat tidak lengah selama melakukan perjalanan pada periode libur Natal dan tahun baru.

    Rivan juga mengimbau para pengemudi, terutama pengemudi bus, memastikan kesiapan kendaraan dan kondisi kesehatan terlebih dahulu.

    “Masih sampai dengan tahun baru nanti, tetap menjaga kondisi fisik untuk pengemudi ini. Karena kecelakaan yang terakhir kemarin terjadi karena kelelahan. Faktor kelelahan hampir mencapai 20 persen yang menjadi penyebab kecelakaan,” ujar dia.

    Pada kesempatan yang sama, Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (Wamen BUMN) Dony Oskaria juga memastikan bahwa pemerintah selalu berupaya untuk memberikan pelayanan publik terbaik sehingga masyarakat merasa aman dan nyaman selama perjalanan mudik Natal dan tahun baru.

    Ia menilai Jasa Raharja telah memberikan pelayanan terbaiknya sehingga pihak keluarga yang mengalami musibah kecelakaan dapat tertangani dengan baik.

    Sebelum menjenguk korban kecelakaan di Purwakarta, Dony juga sempat mengunjungi Command Center Patroli Jalan Raya (PJR) Korlantas Polri di KM 29 Tol Jakarta-Cikampek.

    Ia memastikan bahwa layanan yang diberikan pemerintah dalam pemantauan dan pengamanan mudik selalu mengalami peningkatan. Hal ini juga sejalan dengan tren kecelakaan yang menurun pada periode Natal dan tahun baru dibandingkan tahun sebelumnya.

    “Jasa Raharja, Jasa Marga, bahkan juga yang lain seperti ASDP, DAMRI, Garuda, semua kita maksimalkan untuk memberikan pelayanan yang terbaik karena ini salah satu bentuk komitmen BUMN yang selalu hadir untuk seluruh masyarakat Indonesia,” kata Dony.

    Jakarta: PT Jasa Raharja, menjamin pelayananan seluruh korban kecelakaan lalu lintas Tol Cipularang yang dirawat di Rumah Sakit Umum (RSU) Radjak Purwakarta. Mereka dipastikan mendapatkan pelayanan dan perawatan dengan baik.
     
    “Kami dengan Pak Wamen BUMN sudah melihat seluruh korban laka tersebut dan dipastikan ditangani dengan baik,” kata Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A. Purwantono usai menjenguk korban kecelakaan di Purwakarta, Jawa Barat, Jumat, 27 Desember 2024.
     
    Dalam kecelakaan yang terjadi di KM 80 arah Jakarta pada Kamis, 26 Desember 2024, dini hari, Rivan menyebutkan bahwa terdapat dua korban yang meninggal dunia. Adapun para korban luka ringan secara bertahap sudah bisa dipulangkan dari rumah sakit pada hari ini dan besok.
     

    Selain itu, terdapat satu orang dengan luka berat yang masih menjalani perawatan di unit perawatan intensif (ICU). Rivan memastikan Jasa Raharja juga akan tetap membantu proses perpindahan pasien tersebut ke rumah sakit rujukan terdekat di kota asalnya setelah kondisi pasien stabil.
    Korban meninggal dunia mendapatkan santunan masing-masing senilai Rp50 juta yang diserahkan segera setelah peristiwa kecelakaan terjadi. Sedangkan korban luka mendapatkan santunan maksimal Rp20 juta.
     
    “Ini adalah wujud kehadiran negara, seperti yang disampaikan oleh Pak Wamen BUMN, bahwa di tengah Natal dan tahun baru ini kami semua siap untuk melayani,” ujar dia.
     
    Rivan menyebutkan tren kecelakaan maupun korban meninggal dunia pada periode Natal dan tahun baru sejauh ini menurun dibandingkan tahun lalu.
     
    Meski terdapat tren penurunan, ia tetap mengingatkan masyarakat tidak lengah selama melakukan perjalanan pada periode libur Natal dan tahun baru.
     
    Rivan juga mengimbau para pengemudi, terutama pengemudi bus, memastikan kesiapan kendaraan dan kondisi kesehatan terlebih dahulu.
     
    “Masih sampai dengan tahun baru nanti, tetap menjaga kondisi fisik untuk pengemudi ini. Karena kecelakaan yang terakhir kemarin terjadi karena kelelahan. Faktor kelelahan hampir mencapai 20 persen yang menjadi penyebab kecelakaan,” ujar dia.
     
    Pada kesempatan yang sama, Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (Wamen BUMN) Dony Oskaria juga memastikan bahwa pemerintah selalu berupaya untuk memberikan pelayanan publik terbaik sehingga masyarakat merasa aman dan nyaman selama perjalanan mudik Natal dan tahun baru.
     

     
    Ia menilai Jasa Raharja telah memberikan pelayanan terbaiknya sehingga pihak keluarga yang mengalami musibah kecelakaan dapat tertangani dengan baik.
     
    Sebelum menjenguk korban kecelakaan di Purwakarta, Dony juga sempat mengunjungi Command Center Patroli Jalan Raya (PJR) Korlantas Polri di KM 29 Tol Jakarta-Cikampek.
     
    Ia memastikan bahwa layanan yang diberikan pemerintah dalam pemantauan dan pengamanan mudik selalu mengalami peningkatan. Hal ini juga sejalan dengan tren kecelakaan yang menurun pada periode Natal dan tahun baru dibandingkan tahun sebelumnya.
     
    “Jasa Raharja, Jasa Marga, bahkan juga yang lain seperti ASDP, DAMRI, Garuda, semua kita maksimalkan untuk memberikan pelayanan yang terbaik karena ini salah satu bentuk komitmen BUMN yang selalu hadir untuk seluruh masyarakat Indonesia,” kata Dony.

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ADN)