BUMN: PDAM

  • Geber Infrastruktur Air Minum, Wamen PU Mau Tarik Pinjaman ke Bank Dunia

    Geber Infrastruktur Air Minum, Wamen PU Mau Tarik Pinjaman ke Bank Dunia

    Jakarta

    Kementerian Pekerjaan Umum (PU) mengejar target pemenuhan akses air bersih dan air perpipaan mencapai 100% pada tahun 2030. Untuk merealisasikannya, pihaknya mendorong kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk dengan membuka opsi penarikan pinjaman (loan) dari Bank Dunia (World Bank).

    Wakil Menteri PU Diana Kusumastuti mengatakan, pihaknya telah menjalin kerja sama dengan World Bank untuk memperoleh dukungan pembiayaan proyek air minum melalui National Urban Water Supply Project (NUWSP) mulai tahun 2018 s.d November 2024.

    Kerja sama yang telah berjalan selama 6 tahun ini mencatatkan jumlah pinjaman mencapai US$ 100 juta atau setara Rp 1,58 triliun (kurs Rp 15.800) yang bersumber dari International Bank for Reconstruction and Development (IBRD). Diana membuka opsi untuk kembali melanjutkan program serupa.

    “Saya juga berharap nggak ada salahnya ya kalau misalnya World Bank melanjutkan program NUWSP ini. Entah nanti skemanya lebih baik, entah skemanya seperti apa, tapi kalau dilanjutkan mungkin akan lebih baik,” kata Diana, dalam acara Closing Loan NUWSP di Kantor Kementerian PU, Jakarta Selatan, Selasa (19/11/2024).

    Meski demikian, ia memastikan bahwa evaluasi akan terlebih dulu dilakukan terhadap pinjaman-pinjaman yang telah dilakukan oleh Pemda dan BUMD air minum Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Pihaknya juga akan berkoordinasi lebih lanjut dengan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas.

    Untuk menggenjot pembangunan infrastruktur air minum ini, lanjut Diana, penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) juga akan tetap terus berjalan.

    Tak Bisa Andalkan APBN

    Di sisi lain, Kementerian PU akan mendorong skema B2B dalam realisasi proyek-proyek air minum dan sanitasi. Sebab, menurutnya pemerintah tidak bisa serta-merta hanya mengandalkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

    “Tidak harus semuanya dengan APBN. Kalau APBN yang diharapkan, saya khawatir nanti tidak tercapai-tercapai. Karena APBN ini banyak yang harus diurusin. Tapi kalau bisa B2B, silahkan dengan B2B,” ujar Diana.

    Diana mengatakan, saat ini tercatat ada sebanyak 21 pemerintah daerah (pemda) yang sudah memanfaatkan pembiayaan non public untuk pengembangan infrastruktur air minum di daerahnya.

    Selain peran pemda sendiri, pihaknya juga mendorong untuk dilakukannya penyehatan bagi PDAM yang juga punya peran penting dalam hal penyaluran. Salah satu upaya penyehatan ini terlihat dari keberhasilan 78 BUMD minum itu dalam mencapai full cost recovery.

    “Bagaimana supaya daerah tidak dibebankan dengan adanya kenaikan-kenaikan tarif, ini kita upaya bersama. Karena kalau tidak ada tarif, nggak ada upaya. Air itu kan tidak bisa pindah dengan sendirinya. Kalau dipindahkan, mesti butuh pompa, listrik, orang, operator dan sebagainya. Berarti ada tarif yang harus digunakan untuk melakukan pengelolaan, tapi semuanya harus kita atur dengan baik,” katanya.

    Lihat juga video: Menteri PU Cek Kesiapan Ruas Tol Solo-Jogja untuk Mudik Nataru

    (shc/rrd)

  • 10 Unit Damkar Diterjunkan untuk Jinakkan Api yang Bakar Toko Pusat Busana di Situbondo

    10 Unit Damkar Diterjunkan untuk Jinakkan Api yang Bakar Toko Pusat Busana di Situbondo

    Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Izi Hartono

    TRIBUNJATIM.COM, SITUBONDO – Proses pemadaman toko pusat busana dan swalayan Karunia Dharma Sentosa (KDS) di jalan raya Ahmad Yani, Kelurahan Dawuan, Kecamatan Situbondo, melibatkan 10 unit mobil pemadam kebakaran (Damkar).

    “Untuk Damkar yang diterjunkan ke lokasi kebaran seluruhnya sebanyak 10 unit Damkar,” ujar Puriyono, koordinator Pusdalop BPBD Situbondo, Senin (18/11/2024).

    Puluhan unit Damkar itu, kata Ipung, diantaranya enam unit Damkar milik Pemkab Situbondo dan dua unit Damkar dari Bondowoso dan dua unit Damkar milik Pemkab Banyuwangi.

    Selain itu, sambung petugas BPBD yanhmg sehari hari dipanggil Ipung ini meneranhkan,  proses pemadaman juga dibantu empat unit truk tangki yang menyuplai air ke Damkar tersebut.

    “Empat truk tangki penyuplai itu, satu truk tangki BPBD, Dua unit milik  DLH dan satu unit truk tangki milik PDAM,” jelasnya.

    Meski kondisi api telah padam, lanjuntnya, namun proses pembasahan di lokasi kebakaran hingga saat ini masih berlangsung.

    “Pembasahan dilakukan guna mengantisipasi munculnya kobaran api lagi,” tukasnya.

    Diberitakan sebelumnya, Sebuah tolo swalayan dan pusat busana Karunia Dharma Sentosa (KDS) di Situbondo, dilalap api, Minggu (18/11/2024).

    Kebakaran hebat disiang hari membuat para pengunjung dan karyawan toko berlarian keluar menyelamatkan diri.

    Api terus membesar, karena bahan yang terbakar didalam toko kebanyakan mudah terbakar. Sehingga kobaran api memenuhi areal dalam pertokoan.

    Sejumlah unit mobil pemadam kebakaran Pemkab Situbondo, turun ke lokasi untuk memadamkan kobaran api tersebut.

    Petugas Damkar kesulitan memadamkannya, karena kobaran api terus membesar dipintu masuk terus membakar bangunan toko.

    Bahkan, kobaran api terus membesar dan mulai merembet kebagian bagunan toko yang ada sebelahnya.

    Kabar terbakarnya toko pusat baju dan swalayan KDS yang terbesar di Kabupaten Situbondo, dengan cepat menyebar dimasyatakat. 

    Sehingga masyarakat berdatangan ke lokasi untuk melihat langsung terbakarnya pertokoan baju dan swalayan tersebut.

    Berdasarkan informasi, beberapa karyawan terpaksa dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis, karena mengalami sesak nafas.

  • RK, Pramono, Dharma Saling Serang di Debat Pamungkas Pilkada Jakarta 2024

    RK, Pramono, Dharma Saling Serang di Debat Pamungkas Pilkada Jakarta 2024

    Bisnis.com, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta telah selesai menggelar debat terakhir pemilihan kepala daerah (Pilkada) Jakarta di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, pada Minggu malam (17/11/2024).

    Gelaran debat pamungkas antara calon Gubernur Jakarta, yaitu Ridwan Kamil, Pramono Anung, dan Dharma Pongrekun berlangsung panas. 

    Sebagaimana diketahui, terdapat tiga pasanga. calon dalam gelaran Pilkada Jakarta 2024.

    Sesuai nomor urut, pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur terdiri dari Ridwan Kamil (RK) – Suswono (RIDO), Dharma Pongrekun-Kun Wardana (Dharma-Kun), dan Pramono Anung-Rano Karno (Pram-Doel).

    Tema debat ketiga ini mengangkat tema mengenai lingkungan perkotaan dan perubahan iklim. Selain mereka memaparkan visi-misi, tampak beberapa momen para pasangan calon menyerang kandidat lainnya. 

    Salah satu contohnya saat Pramono menyerang soal pemindahan Balai Kota ke Jakarta Utara yang diungkapkan oleh RK. Mantan Sekretaris Kabinet tersebut mengungkit soal imajinasi lagi. 

    “Pasangan nomor urut satu menyampaikan bahwa akan memindahkan balai kota dari Jakarta Pusat ke Jakarta Utara. Untuk itu apakah perlu dipindahkan. Apakah ini juga bagian dari imajinasi yang dihadirkan pasangan nomor [urut] satu?” Ujar Pramono, Minggu (17/11/2024).

    Menanggapi serangan tersebut, RK kemudian menuturkan bahwa proyek IKN sendiri datangnya dari imajinasi.

    “Kalau tadi ada yang tertawa urusan imajinasi, lah, IKN itu datang dari imajinasi. Oleh sebuah keputusan mahal, keputusan politik ,pindah ke sana, menjadi IKN hari ini, kebetulan saya kurator di sana,” ujar RK, yang menjelaskan mengapa Jakarta Utara menjadi lokasi yang dipilih. 

    Kemudian, RK memberikan serangan pada Pramono soal mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai gubernur paling banyak lakukan penggusuran.

    Hal ini diungkapkan olehnya kala menjelaskan soal densifikasi, yakni sebuah upaya yang menurutnya dapat dilakukan agar penggusuran tak lagi terjadi.  

    RK kemudian menyinggung data dari CNN pada April 2016, yang mencatat bahwa Ahok melakukan 113 kasus penggusuran selama masa jabatannya. Ia juga memaparkan pendapat JJ Rizal.

    “Menurut JJ Rizal, Pak Ahok adalah gubernur paling brutal soal penggusuran. Partainya itu partai Mas Pram dan Bang Doel,” tutur RK. 

    Menanggapi hal tersebut, Pramono menuturkan bahwa ia tidak ingin menjawab. Namun, ia mengaku akan melakukan pendekatan yang berbeda. 

    “Bagi saya, saya tidak mau menjawab itu, tetapi saya berkomitmen, di dalam membangun Jakarta, Saya lebih memanusiakan orang-orang yang memang perlu mendapatkan pertolongan,” terangnya, yang kemudian berjanji bahwa ia tidak akan melakukan penggusuran melainkan pemberdayaan. 

    Banjir Rezeki dari Tuhan

    Kemudian, Dharma juga sempat menanggapi pertanyaan dari RK soal efektivitas Bendungan Sukamahi dan Ciawi dalam mengurangi banjir di Jakarta.

    Menanggapi hal ini, pasangan Dharma-Kun tersebut menjawab bahwa efektivitas kedua bendungan belum dirasakan sepenuhnya karena pengelolaan belum optimal. 

    “Waduk Sukamahi dan Waduk Ciawi baru kemarin diresmikan. Sehingga dampaknya belum bisa kita rasakan karena pengelolaannya belum prudent, belum sesuai dengan peruntukannya. Kalau manajemennya baik, seharusnya warga Jakarta bisa menerima air minum tanpa harus membeli galon lagi,” terangnya. 

    Adapun, Dharma juga mendorong masyarakat agar melihat banjir sebagai rezeki dari Tuhan. 

    “Banjir tidak perlu dianggap sebagai musibah, tetapi sebagai rezeki dari Tuhan. Dengan mengubah sudut pandang ini, kita bisa memanfaatkan banjir untuk kebaikan warga Jakarta,” ucapnya dalam forum itu.

    Di sisi lain, menurutnya, selama ini Jakarta juga tak pernah mengalami permasalahan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM), tetapi kendala utama adalah korupsi yang berada di dalam sistem tersebut.

    Dia menilai, jika korupsi dihilangkan, maka warga Jakarta tidak perlu membeli galon. Penyebabnya, PDAM sebenarnya mampu menyediakan air bersih dengan teknologi yang sudah ada.

    “Persoalannya adalah apakah ada goodwill dan kemauan politik untuk merealisasikannya,” pungkas Dharma.

  • Dharma Pongrekun Mau Bikin Air Hujan Bisa Diminum Warga Jakarta

    Dharma Pongrekun Mau Bikin Air Hujan Bisa Diminum Warga Jakarta

    Jakarta

    Calon gubernur Jakarta nomor urut dua, Dharma Pongrekun, mengungkap cara untuk memenuhi kebutuhan air minum warga. Ia mengatakan akan memanfaatkan air hujan.

    Mengandalkan jurus andalannya bertajuk kolam pipi monyet, Dharma akan mengatasi limpahan air hujan supaya tidak terbuang percuma. Kolam pipi monyet ini akan tersedia di berbagai tempat, seperti taman-taman kota, lapangan basket, tenis, dan semacamnya.

    “Di mana di situ ada namanya hidden dam yang dapat menampung air hujan, sehingga air hujan yang merupakan air tawar tadi dapat dikonsumsi oleh warga Jakarta,” kata Dharma dalam Debat Ketiga Pilkada Jakarta 2024 di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Jakarta, Minggu (17/11/2024).

    Rencana tersebut diharapkan bisa menghemat pengeluaran warga Jakarta, yang kerap kali harus membeli galon untuk memenuhi kebutuhan minumnya. Dharma meneruskan, program ini sekaligus ingin mengajarkan kepada warga untuk harmoni dengan alam yang sudah diberikan Tuhan.

    Lalu menjawab pertanyaan moderator soal upayanya dalam menjamin hak warga Jakarta atas air, ia mengatakan dengan lantang akan menormalisasi 13 sungai yang ada saat pekan pertama menjabat sebagai gubernur. “Dan melakukan naturalisasi, melakukan hutan di setiap pinggir kali agar supaya 13 sungai tersebut layak untuk dikonsumsi,” jelasnya.

    Lebih lanjut, Dharma kembali menegaskan akan memanfaatkan skema kolam pipi monyet sebagai waduk kering yang menampung hujan. Nantinya strategi ini untuk menyiasati banjir kiriman dari Jawa Barat.

    “Itu bisa dimanfaatkan untuk mengganti penampungan air hujan, karena ini air tawar maka air tawar ini dapat menjadi air bersih dengan menggunakan teknologi terhubung dengan pipanisasi ke PDAM. Jadi Jakarta tidak perlu lagi pusing dengan pelarangan penggunaan air tanah, karena solusinya sudah ada,” pungkasnya.

    Debat ketiga Pilkada Jakarta bertema ‘Lingkungan Perkotaan dan Perubahan Iklim’. Bersama tema ini, terdapat enam sub tema yang sudah disiapkan, yaitu penanganan banjir, penataan pemukiman, penurunan emisi dan polusi udara serta transisi energi terbarukan, pengelolaan sampah, ketersediaan air bersih, kota layak huni dan penataan ruang terbuka hijau.

    (hps/rns)

  • Banyak Fitur & Program Khusus, BYOND by BSI Raih Respon Positif Pasar

    Banyak Fitur & Program Khusus, BYOND by BSI Raih Respon Positif Pasar

    Jakarta, Beritasatu.com – Kehadiran Super App terbaru dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) yaitu BYOND by BSI mendapat respons positif dari masyarakat. Hal ini tercermin dari peningkatan signifikan jumlah unduhan, pengguna aktif, dan transaksi harian yang meningkat dua kali lipat sejak pertama kali hadir di layanan App Store dan Play Store pada 22 Oktober 2024.

    Direktur Utama BSI Hery Gunardi menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada masyarakat yang telah antusias menyambut kehadiran BYOND yang merupakan hasil inovasi digital BSI. Pihaknya berkomitmen akan terus menambah dan memperkuat fitur-fitur di BYOND agar dapat terus relevan untuk menjawab setiap kebutuhan nasabah, sebagaimana tagline BSI sebagai sahabat finansial, sosial, dan spiritual.

    “Alhamdulillah, ini merupakan pencapaian luar biasa bagi BSI. Kami melihat tingginya minat masyarakat terhadap layanan digital berbasis syariah yang kami tawarkan melalui BYOND. Semuanya naik dua kali lipat sejak launching. Insya Allah, kami akan terus menjaga dan memperluas pertumbuhan ini dengan senantiasa memberikan layanan yang optimal melalui BYOND,” kata Hery.

    Hery menegaskan, kehadiran BYOND merupakan wujud komitmen BSI untuk selalu menjaga dan meningkatkan kualitas layanan guna menciptakan kepuasan dan loyalitas nasabah. Selain itu, BYOND juga menandakan upaya BSI dalam menghadirkan solusi layanan perbankan digital yang inklusif, modern, dan terintegrasi. 

    BYOND by BSI hadir dengan teknologi yang lebih baru dari pendahulunya, BSI Mobile. Selain pengkinian teknologi, SuperApp besutan BSI ini juga dilengkapi dengan modernisasi New UI/UX yang membuat tampilan aplikasi lebih fresh, re-branding, serta metode kerja baru dan ekosistem yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan nasabah. 

    Tidak hanya itu, BYOND juga diperlengkap dengan beragam program yang menarik untuk para nasabah. Seperti kemudahan dan potongan biaya dalam melakukan transaksi transfer dengan menggunakan BI Fast, layanan e wallet, top up, juga transaksi-transaksi lainnya.

    “Saat ini jumlah unduhan harian BYOND sudah lebih dari dua kali lipatnya unduhan harian BSI Mobile. Diharapkan nasabah yang masih menggunakan BSI Mobile dapat bermigrasi ke SuperApp BYOND by BSI karena memberikan banyak fitur-fitur baru dan tampilan yang lebih fresh, serta promo menarik. Tapi bagi para pengguna BSI Mobile tidak perlu khawatir karena masih bisa menggunakan aplikasi tersebut,” ucapnya.

    Lebih lanjut, ia mengatakan transformasi digital merupakan salah satu pilar utama strategi BSI untuk merespons era digital dan meningkatkan kinerja secara menyeluruh. Peluncuran BYOND by BSI juga menjadi milestone bersejarah bagi perjalanan BSI sebagai bank syariah terbesar di Indonesia yang modern, digital, dan inklusif.

    “BYOND by BSI ini menjadi salah satu bentuk terobosan perseroan yang secara kontinu memperkuat transformasi digital agar tumbuh berkelanjutan. Kami sangat terkesan dan berterima kasih dengan antusiasme masyarakat. Target kami mencapai 1 juta pengguna BYOND by BSI pada Desember 2024,” tuturnya.

    Untuk meningkatkan awareness dan literasi masyarakat terhadap BYOND by BSI, perseroan mengadakan fun walk dan berbagai macam kegiatan yang mendukung gaya hidup sehat dan aktivitas kreatif, yang dikemas dalam event BYONDAY pada Minggu (17/11/2024) di kawasan hari tanpa kendaraan bermotor (car free day/CFD) Jalan Imam Bonjol hingga Parkir Selatan Senayan, Jakarta. Pada acara BYONDAY, perseroan membawa semangat #SemuaJadiMudah yang merupakan tagline dari SuperApp BYOND by BSI. 

    Hery mengatakan, perseroan berupaya untuk semakin mendekatkan SuperApp BYOND by BSI kepada nasabah dan masyarakat, setelah resmi diluncurkan pada 9 November 2024 lalu. BYOND by BSI merupakan SuperApp layanan finansial, sosial, dan spiritual komprehensif yang lebih mudah dan nyaman diakses, dengan keamanan yang semakin maksimal.

    Melalui event BYONDAY, pihaknya ingin semangat #SemuaJadiMudah bisa dirasakan langsung oleh masyarakat yang sedang berolahraga di kawasan Thamrin hingga GBK Senayan. Oleh karena itu, BSI mengajak seluruh masyarakat untuk mendapatkan experience secara langsung terkait kemudahan, kecepatan, dan kenyamanan yang dihadirkan oleh BYOND by BSI.

    “BYONDAY kami gelar sebagai upaya mendekatkan superapp BYOND kepada nasabah dan masyarakat, mengajak nasabah dan masyarakat untuk mencapai keseimbangan antara kesehatan fisik, mental, dan finansial, khususnya pada generasi muda lewat kegiatan fun walk, hiburan, dan aktivitas kuliner. Apalagi ini sejalan dengan tagline BSI untuk menjadi sahabat finansial, sosial, dan spiritual untuk semua masyarakat,” tutupnya.

    Program Menarik BYOND

    BSI memberikan banyak program menarik untuk para nasabah yang membuka tabungan maupun bertransaksi melalui BYOND by BSI. Nasabah baru BYOND by BSI bisa mendapatkan cashback hingga Rp125 ribu dan transaksi bebas biaya BI Fast. Bagi nasabah eksisting yang beralih ke aplikasi BYOND juga mendapatkan benefit tambahan jika bertransaksi menggunakan QRIS BYOND by BSI, seperti cashback sampai dengan 50% maksimal Rp50 ribu di merchant pilihan seperti Kopi Kenangan, Hokben, Chatime, Kenangan Signature, J.Co, Chigo & flip, Mako, Sour Sally, Bolo King, dan lainnya.

    Kemudian, ada pula program Promo Cashback Jum’at Berkah di BYOND by BSI untuk pembayaran PDAM, Internet dan TV kabel, serta asuransi. BSI juga memberikan Promo SKS (Senin – Kamis Seru Bersama BYOND by BSI) yaitu Cashback untuk Top Up E-Money, atau Top Up E-Wallet Gopay / OVO, atau Beli Paket Data Telkomsel/Indosat/XL/Tri, atau Beli Pulsa Telkomsel/Indosat/XL/Tri/ Smartfren. 

    Selain itu, untuk semakin memasyarakatkan BYOND, BSI juga akan menggelar Mini Booth Activation di sejumlah mall di area Jabodetabek. Booth tersebut dirancang bersifat interaktif dan menawarkan hadiah menarik untuk menggaet segmen masyarakat yang lebih luas. 

    Perseroan juga akan melakukan roadshow BYOND by BSI di beberapa kota di Indonesia pada tahun depan. Kota-kota tersebut di antaranya Aceh, Medan, Palembang, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Banjarmasin, Makassar.

  • BRILink Jangkau ke Pinggiran Kota

    BRILink Jangkau ke Pinggiran Kota

    JABAR EKSPRES – Untuk melayani masyarakat di Baturaja khususnya para nasabah Bank BRI menjangkau dengan membuka jejaring kemitraan UMKM BRI Link.

    Seperti Outlet BRILink di kawasan perumahan Holindo, Kelurahan Baturaja Permai, Kecamatan Baturaja Timur.

    “Lebih dekat dari rumah Pak. Tidak perlu ngantru,” kata seorang pelanggan BRILink, Rizki, Senin (28/10). Di outlet tersebut menurutnya bisa melayani beragam jenis transaksi.

    BACA JUGA: Pahlawan Inklusi Keuangan, AgenBRILink di Tengah Kebun Kelapa Sawit Berhasil Dekatkan Layanan Perbankan dengan Masyarakat

    Apakah transaksi pembayaran angsuran kendaraan, rumah. Juga berbagai jenis tagihan bulanan, apakah, tagihan listrik token, PDAM. Termasuk top-up E-Wallet, OVo, Dana, GoPay, Maxim, dan lainnya.

    Disebutnya, dengan membayar di outlet BRILink tidak perlu lagi repot harus datang ke teller untuk bertransaksi. Sehingga memudahkan masyarakat dalam bertransaksi.

    BRILink adalah layanan perbankan Bank BRI yang memungkinkan nasabah BRI untuk menjadi agen dan melayani transaksi perbankan bagi masyarakat secara online. BRILink merupakan bagian dari Laku Pandai, yaitu program Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk Layanan Keuangan Tanpa Kantor.

    BACA JUGA: Berdayakan Perempuan, BRI Raih Penghargaan Indonesia Women’s Empowerment Principles Awards 2024

    Jadi BRILink merupakan perluasan layanan BRI. Pada layanan ini, BRI menjalin kerjasama dengan nasabah BRI sebagai Agen yang dapat melayani transaksi perbankan bagi masyarakat secara real time online menggunakan fitur EDC miniATM BRI dengan konsep sharing fee.

  • Perpamsi dan TDC Sepakat Transaksi Digital Menghemat Biaya Operasional Perusahaan

    Perpamsi dan TDC Sepakat Transaksi Digital Menghemat Biaya Operasional Perusahaan

    Jakarta: Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (Perpamsi) PT Trans Digital Cemerlang (TDC) melihat penggunaan transaksi digital termasuk QRIS dapat mengurangi risiko penipuan dan pencurian data.
     
    Ketua Umum Perpamsi Arief Wisnu Cahyono menjelaskan, di lingkungan Perusahaan Air Minum, pelanggan sudah banyak yang memanfaatkan transaksi digital.
     
    “Termasuk QRIS yang memiliki fitur keamanan yang kuat, yang membantu mengurangi risiko penipuan dan pencurian data. Penggunaan QRIS juga dapat mengurangi biaya administrasi perbankan yang menjadi beban pelanggan air minum,” ujar Arief di Jakarta.
    Menurutnya, transaksi melalui QRIS lebih cepat dibandingkan dengan metode pembayaran tradisional. Namun penggunaan QRIS tetap memerlukan koneksi internet yang stabil, yang mungkin masih menjadi tantangan di beberapa daerah.
     
    “QRIS juga harus bersaing dengan berbagai sistem pembayaran lain yang sudah ada di pasar, seperti kartu kredit dan dompet digital lainnya,” terang Arief.
     
    Di sisi lain, masih banyak pelanggan air minum yang masih kurang memahami cara kerja QRIS, sehingga diperlukan edukasi lebih lanjut. Meskipun memiliki fitur keamanan, masih ada risiko seperti penyalahgunaan kode QRIS dengan tujuan penipuan sehingga perlu pengawasan dan kontrol lebih ketat.
     
    Arief mengatakan, transaksi digital membawa banyak manfaat bagi pelanggan PAM karena  dapat melakukan transaksi pembayaran tagihan dan pembelian jasa layanan lainnya tanpa batasan geografis. 
     
    “Hal ini membantu PAM memperluas layanan dan meningkatkan penjualan. Transaksi digital juga memudahkan PAM untuk mengelola keuangan dengan lebih efisien,” imbuh Arief.
     
    Dengan adanya transaksi digital, dapat mengurangi biaya operasional seperti biaya transportasi dan tenaga kerja. Hal ini membantu PAM lebih efisien dan menghemat biaya.
     
    “Penggunaan teknologi digital mendorong inovasi dalam bisnis. PAM dapat menggunakan berbagai platform digital untuk meningkatkan strategi pemasaran, interaksi dengan pelanggan air minum dan pengembangan layanan,” sambung Arief.
     
    Indra, praktisi dan juga Dirut Utama PT TDC yang merupakan perusahaan keuangan digital membenarkan efisiensi dan keuntungan yang dirasakan dengan digitalisasi dan pengunaan QRIS. Ia mengatakan salah satu manfaat dari digitalisasi adalah mudah mengakses system keuangan, pembiayaan, investasi dan lainnya.
     
    “Kami punya produk Posku Lite yang terdapat fitur Kasirku yang memiliki manfaat pencatatan transaksi, arus keluar masuk barang atau uang yang  dalam menjalankan bisnis akan lebih aman dan terpercaya. Jadi pengusaha bisa mengontrol arus masuk dan barang dan uang serta memprediksi kebutuhan investasi,” ujarnya.
     
    Ia menjelaskan dengan fitur Kasirku yang ada di aplikasi di Posku Lite pengguna dapat menerima pembayaran secara fleksibel melalui Cash, QRIS, dan Bank Transfer. Sehingga, baik pelanggan yang ingin membayar tunai maupun yang lebih suka transaksi digital dapat dilayani dengan mudah.
     
    ”Dalam fitur itu memudahkan pedagang untuk merubah atau menambah info mengenai harga produk,” tambahnya.
     
    Terkait dengan kemudahan laporan keuangan (cash flow) Indra mengatakan fitur Kasirku menyediakan riwayat transaksi penjualan, harian, mingguan, bulanan dan tahunan. Data setiap transaksi dicatat dan disimpan secara sistematis, sehingga memungkinan pengguna untuk meninjau kembali aktivitas penjualannya dengan muda.
     
    “Proses money settlement diselesaikan maksimal 24 jam setelah pembayarannya diterima. Dana akan otomatis dikirim ke rekening yang terdaftar. Aplikasi Posku Lite juga menyediakan layanan QRIS. Aplikasinya tidak perlu bayar untuk diunduh, gratis, dan fiturnya mudah dipelajari,” ujarnya.
     
    Indra mengatakan saat ini pihaknya sedang mengembangkan PPOB atau Payment Point Online Bank yakni sistem pembayaran secara online dengan memanfaatkan fasilitas perbankan. Dalam hal ini, pembayaran yang dimaksud bisa bermacam-macam, mulai dari PLN, BPJS, PDAM, telepon, pulsa, internet, paket data, asuransi, kartu kredit, multi finance, hingga voucher game.
     
    “Semakin besar manfaatnya, semakin mudah pengunaannya dan gratis, pasti diminati masyarakat. Transaksi digital itu suatu keniscayaan, suka atau tidak, putaran ekonomi Indonesia akan semakin digital,” ujarnya.

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ALB)

  • Komitmen Bersama PGN dan BPH Migas Masifkan Pembangunan Jargas Nasional

    Komitmen Bersama PGN dan BPH Migas Masifkan Pembangunan Jargas Nasional

    Semarang: PT PGN Tbk selaku Subholding Gas Pertamina berkomitmen untuk lebih masif dalam mengembangkan jargas rumah tangga. Sejalan dengan upaya pemerintah menyediakan substitusi gas tabung, yaitu dengan menggunakan jargas. Pemerintah juga memiliki harapan yang sama dengan PGN supaya jargas bisa semakin menjangkau berbagai wilayah, seiring dengan pembangunan infrastruktur transmisi maupun distribusi gas bumi.
     
    Anggota Komite BPH Migas, Iwan Prasetya Adhi menyampaikan, saat ini pipa transmisi dari Semarang ke Batang sudah dibangun. Pipa tersebut mengalirkan gas dari berbagai macam sumber seperti JTB dan Jawa Timur (Jatim). Harapan pemerintah adalah jaringan pipa dapat menyambung dari Aceh sampai Jatim. Supaya nanti kelebihan gas yang ada di Aceh ataupun Jatim bisa dialirkan ke tempat yang ada kelangkaan LPG.
     
    “Pak Menteri (ESDM) juga sudah mencanangkan, tolong untuk Pulau Jawa dimaksimalkan untuk jaringan gas ke rumah tangga, supaya bisa mengurangi penggunaan LPG yang sebagian besar masih impor. Kalau kita bisa memakai jargas untuk rumah tangga, maka masyarakat bisa menikmati gas bumi sebagaimana menikmati air PDAM,” ujar Iwan dalam workshop BPH Migas Goes to Campus di Universitas Negeri Semarang (UNNES), Kamis, 7 November 2024.
     
    Kegiatan BPH Migas Goes to Campus juga menjadi ajang edukasi PGN kepada mahasiswa UNNES mengenai peran PGN dalam pemanfaatan gas bumi nasional.
     
    Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN Harry Budi Sidharta mengutarakan peran PGN yang cukup krusial dalam pengembangan jargas. PGN juga memastikan bahwa dalam setiap tahap pengembangan jargas, PGN senantiasa berkoordinasi dengan pemerintah.
     
    “LPG sebagian besar masih impor, ini yang menjadi concern pemerintah bahwa bebannya semakin lama semakin tinggi sehingga mengakibatkan deficit fiscal. Dengan semakin banyak jargas, maka akan mengurangi impor LPG,” ujar Harry. 
     
     

    Harry menyampaikan bahwa PGN menargetkan dapat menyelesaikan sebanyak 400.000 Sambungan Rumah (SR) pada tahun 2025. Jargas tersebut merupakan program jargas yang dibangun sejak tahun 2021, menggunakan investasi mandiri PGN atau biasa disebut dengan nama produk GasKita.
     
    Secara nasional, PGN telah membangun dan mengelola jargas untuk rumah tangga kurang lebih 820.000 SR. Jika disandingkan dengan LPG, besaran volumenya sekitar 83.000 mton per tahun.
     
    Harry mengatakan bahwa PGN melakukan survei dimana sekitar 56 persen masyarakat masih nyaman menggunakan LPG. Kemudian sebesar 17 persen berkaitan harga yang disandingkan dengan LPG bersubsidi.
     
    “Ini menjadi PR bersama bagaimana mengarahkan masyarakat yang memakai LPG bersubsidi ke jargas,” katanya.
     
    Sinergi PGN dengan BPH Migas telah terjalin erat selama ini dalam pengembangan pemanfaatan gas bumi. Kolaborasi juga terjalin untuk menjaga ketersediaan dan aksesibilitas gas bumi. PGN selalu berkoordinasi dengan BPH Migas yang mana di sektor hilir, BPH Migas selaku regulator dan PGN pelaksana.
     
    “PGN selalu berkomitmen untuk pengembangan bisnis penyaluran gas bumi yang kami yakin, gas bumi akan menjadi sumber energi alternatif yang baik bagi masyarakat. Pemanfaatan gas bumi diharapkan juga lebih terjangkau dan mendukung pemerintah menuju Indonesia emas 2045,” tutup Harry.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ROS)

  • Dihantam Fitnah, Begini Respons Appi

    Dihantam Fitnah, Begini Respons Appi

    Appi menekankan bahwa di bawah kepemimpinan Mulia, pembayaran sampah akan menjadi tanggung jawab pemerintah, sehingga warga tidak perlu lagi terbebani.

    Selain itu, pasangan Appi-Aliyah berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan petugas kebersihan kota Makassar. Menurut Appi, para petugas kebersihan memainkan peran penting dalam menjaga kebersihan kota, dan sudah saatnya mereka mendapatkan penghidupan yang layak.

    “Jika kami terpilih, insyaAllah tingkat kesejahteraan mereka akan kami tingkatkan,” tegasnya.

    Di tengah kunjungan tersebut, Appi juga mengingatkan warga untuk tidak takut terhadap intimidasi dalam proses pemilihan.

    “Jangan ki mau dipaksa atau diintimidasi. Kalau ada yang begitu, rekam dan laporkan. Kami siap menindaklanjutinya,” katanya.

    Ketua Demokrat Makassar, Adi Rasyid Ali atau ARA, turut hadir dan menyemangati warga agar datang ke TPS, meski cuaca buruk. Ia juga berpesan agar warga tidak tergoda dengan janji-janji politik sesaat.

    “Kalau ada yang kasih ini itu, anggap saja sedekah. Tapi di TPS, pilih nomor 1, Appi-Aliyah,” ujar ARA.

    Antusiasme warga terhadap Appi-Aliyah terlihat tinggi. Koordinator Kelurahan Appi-Aliyah, Ali Sitaba, menyebutkan bahwa sekitar 250 orang hadir dalam pertemuan tersebut.

    “Warga sangat berharap akan ada perubahan nyata, terutama soal kebijakan sampah gratis, seragam sekolah, dan pemasangan PDAM yang dijanjikan gratis oleh Pak Appi. Antusias warga sangat tinggi,” ujar Ali. (Selfi/fajar)

  • KPPU Selidiki Dugaan Persekongkolan Tender Air Bersih di Tiga Gili

    KPPU Selidiki Dugaan Persekongkolan Tender Air Bersih di Tiga Gili

    Mataram, Beritasatu.com – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menyelediki dugaan persekongkolan dalam pengadaan penyedia air bersih di Kepulauan Gili atau Tiga Gili, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Terdapat dua terlapor, yaitu Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Amirta Dayan Gunung, mantan Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Lombok Utara, dan PT Tiara Cipta Nirwana (PT CTN).

    “Kasus ini terdaftar dalam perkara Nomor 11/KPPU-L/2024 dan berfokus pada dugaan pelanggaran Pasal 22 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999. Dugaan pelanggaran ini terkait dengan pengadaan badan usaha penyedia air bersih menggunakan teknologi sea water reverse osmosis (SWRO) oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Lombok Utara pada tahun anggaran 2017,” ungkap Kepala Bidang Penegakan Hukum KPPU Kantor Wilayah IV Surabaya, Haris Munandar, pada Senin (4/11/2024).

    Dalam agenda pemeriksaan pendahuluan, KPPU akan membaca laporan dugaan pelanggaran yang diajukan oleh investigator KPPU, dan kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan alat bukti.

    “Kami melaksanakan sidang ini untuk menindaklanjuti laporan terkait dugaan pelanggaran. Kami akan melanjutkan dengan pemeriksaan saksi, ahli, dan dokumen yang relevan,” jelas Haris.

    Lebih lanjut, Haris menyatakan bahwa laporan perkara ini diajukan pada 2022, berkaitan dengan tender yang diduga mengindikasikan adanya kolusi antara PDAM dan PT CTN. Dalam pengawalan perkara ini, KPPU telah melaksanakan langkah-langkah awal sesuai dengan peraturan yang ada.

    KPPU menyelidiki tender yang dilaksanakan di tiga lokasi, yaitu Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno. Ketiga lokasi ini direncanakan menjadi tempat kegiatan tender oleh PT CTN selama kurun waktu 30 tahun. Dalam pengadaan ini, KPPU menyatakan bahwa mereka hanya membutuhkan dua alat bukti yang kuat, termasuk keterangan saksi, untuk menentukan apakah terlapor bersalah atau tidak.

    “Jika terbukti, kami akan mengenakan sanksi, yang dapat berupa denda atau pencabutan izin usaha. Denda maksimum yang dapat dikenakan oleh KPPU adalah 50% dari keuntungan bersih atau sepuluh persen dari hasil penjualan selama periode pelanggaran,” ungkap Haris Munandar.

    Agenda sidang selanjutnya dijadwalkan pada 15 November 2024, dengan fokus pada mendengarkan tanggapan dari terlapor atas laporan dugaan pelanggaran.