BUMN: PDAM

  • Viral Ibu-Ibu di Medan Rekam Beberapa Rumah yang Diduga Jadi Sarang Narkoba, Berani!

    Viral Ibu-Ibu di Medan Rekam Beberapa Rumah yang Diduga Jadi Sarang Narkoba, Berani!

    ERA.id – Viral video seorang ibu-ibu merekam beberapa rumah di Gang Lembah Berkah, Kota Medan. Saat merekam, dia bilang kalau itu adalah sarang narkoba.

    “Ini rumah TKP, mereka menjual narkoba. Itu kereta-kereta (motor) terlalu banyak, tolong bapak kepolisian dan aparat setempat harap tolong ditindaklanjuti,” ujar ibu tersebut dalam video yang dilihat ERA, dikutip pada Kamis (5/12/2024).

    Belum diketahui kapan video itu diambil, yang pasti, gang tersebut sudah dikenal sebagai tempat beredarnya narkoba, berdasarkan dari penggerebekan polisi di masa silam.

    Pada 11 September 2024, siang hari, Polsek Sunggal, pernah juga menggerebek di Gang Taqwa dan Gang Lembah Berkah PDAM Tirtanadi.

    Aksi itu dipimpin Wakapolsek Sunggal, AKP Philip Purba bersama beberapa personel Polsek Sunggal dan BKO Dit Samapta Polda Sumut

    Kapolsek Sunggal, Kompol Bambang Hutabarat juga mengakui akan terus menggerebek sarang narkoba yang diinformasikan oleh masyarakat. “Kami harap warga menginfokan kepada kami, baik itu judi maupun kejahatan lainnya,” pungkasnya.

  • Perumda Air Minum Tugu Tirta miliki fasilitas TUK 

    Perumda Air Minum Tugu Tirta miliki fasilitas TUK 

    Sumber foto: A Haris Sugihato/elshinta.com.

    Perumda Air Minum Tugu Tirta miliki fasilitas TUK 
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Selasa, 03 Desember 2024 – 18:43 WIB

    Elshinta.com – Upaya menambah sarana dan prasarana terus dilakukan Perumda Tugu Tirta, Kota Malang, Jawa Timur. Kali ini BUMD plat merah milik Pemkot.Malang memiliki Tempat Uji Kompetensi (TUK).

    Dirut PDAM Kota Malang Priyo Sudibyo mengungkapkan, TUK yang dimiliki pihaknya merupakan salah satu fasilitas terlengkap.

    “Ini merupakan satu-satunya yang ada di Jawa Timur dan mungkin di Indonesia, karena selama ini untuk TUK hanya digelar di hotel atau tempat tertentu namun saat ini Tugu Tirta memiliki TUK yang terintegrasi dengan Perumda Tugu Tirta, Kota Malang,” katanya.

    Ditambahkan Priyo, dengan memanfaatkan ruangan layanan pelanggan diharapkan akan lebih maksimal penggunaanya.

    “Dan seperti yang disampaikan Pj Wali Kota tadi, begitu diresmikan sudah ada 40 orang yang akan memanfaatkan gedung ini untuk ujian bagi peningkatan mutu pegawai PDAM dan tidak hanya dari Jawa Timur namun juga seluruh Indonesia,” ujarnya.

    Ditanya perihal siapa saja yang bisa memanfaatkan gedung yang satu lokasi dengan Perumda Tugu Tirta kota Malang, Priyo menyatakan ruangan TUK diperuntukkan bagi pegawai PDAM.

    “Yang pasti TUK untuk sekolah kompetensi bagi pegawai PDAM  yang tentunya tergabung dalam Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (Perpamsi) dan para peserta uji kopetensi ini mendapat ijasah dari BNSP,” ujarnya seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, A Haris Sugihato, Selasa (3/12). 

    Sementara itu Pj. Wali Kota Malang, Iwan Kurniawan mengapresiasi fasilitas tambahan yang dimiliki oleh Tugu Tirta Kota Malang.

    “Pemkot.Malang sangat mendukung dan mendorong upaya dan inovasi yang dilakukan Perumda Tugu Tirta apalagi fasilitas TUK ini menjadi tempat peningkatan SDM maka  sejalan dengan Pemkot.Malang,” ringkasnya. 

    Sumber : Radio Elshinta

  • Perbaikan Pipa PDAM Gili Ketapang Telan Anggaran Rp 100 Juta Perhari

    Perbaikan Pipa PDAM Gili Ketapang Telan Anggaran Rp 100 Juta Perhari

    Probolinggo (beritajatim.com) – Warga Pulau Gili Ketapang, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, segera bisa bernapas lega. Proses perbaikan pipa PDAM yang putus akibat terjangan ombak diperkirakan akan selesai hari ini, Selasa (3/12/2024).

    Pj Bupati Probolinggo, Ugas Irwanto, saat meninjau langsung lokasi perbaikan, menyatakan bahwa proses penyambungan pipa berjalan lancar. “Jika tidak ada kendala cuaca, air bersih akan mengalir kembali ke rumah hari ini,” ujarnya.

    Untuk mempercepat proses perbaikan, pemerintah daerah telah menyewa berbagai peralatan berat seperti kapal tugboat dan menyewa jasa penyelam. Biaya yang dikeluarkan untuk perbaikan ini mencapai Rp 100 juta per harinya. “Kami berkomitmen untuk segera menyelesaikan masalah ini agar warga dapat kembali menikmati air bersih,” tegas Pj Bupati.

    Pj Bupati juga mengingatkan bahwa perbaikan pipa di bawah laut memiliki tantangan tersendiri, terutama terkait dengan kondisi cuaca dan arus laut. “Meskipun hari ini terlihat tenang, kondisi di bawah laut bisa saja berbeda,” jelasnya.

    Setelah air bersih kembali mengalir, disarankan bagi warga untuk membiarkan air mengalir selama beberapa saat agar rasa asin akibat campuran air laut hilang. (ada/kun)

  • KPK Masih Dalami Dugaan Korupsi Pejabat Pemkot Pekanbaru – Page 3

    KPK Masih Dalami Dugaan Korupsi Pejabat Pemkot Pekanbaru – Page 3

    Penangkapan Risnandar Mahiwa, Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, mengejutkan publik. Dalam operasi tangkap tangan (OTT) pada 2 Desember 2024, KPK mengamankan Risnandar beserta sejumlah pihak lain di Pekanbaru. Penangkapan ini menjadi sorotan karena Risnandar baru menjabat selama enam bulan.

    Risnandar dilantik sebagai Pj Wali Kota Pekanbaru pada 22 Mei 2024. Sebelumnya, ia berkarier lama di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dengan berbagai posisi strategis. Namun, perjalanan kariernya berakhir tragis dengan dugaan keterlibatan dalam kasus korupsi.

    Selain soal dugaan kasus hukum, perhatian publik juga tertuju pada rekam jejak karier dan harta kekayaan Risnandar yang cukup mencolok. Bagaimana perjalanan kariernya hingga ia terjerat kasus ini?

    Operasi tangkap tangan (OTT) KPK dilakukan di wilayah Pekanbaru pada Senin, 2 Desember 2024. Dalam OTT ini, Risnandar Mahiwa bersama sejumlah pihak lainnya diamankan.

    Wakil Ketua KPK, Johanis Tanak, mengonfirmasi penangkapan ini. Namun, ia menegaskan bahwa status hukum Risnandar akan diumumkan setelah pemeriksaan selama 24 jam.

    Risnandar Mahiwa memulai kariernya di Kemendagri sebagai staf Sub Bagian Penyusunan Anggaran. Berkat dedikasinya, ia naik jabatan menjadi Kepala Bagian Perencanaan.

    Pada 2021-2022, Risnandar menjadi Plt Direktur Organisasi Kemasyarakatan. Ia juga menjabat Direktur di Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum hingga akhirnya diangkat menjadi Pj Wali Kota Pekanbaru.

    Sebagai Pj Wali Kota, Risnandar sempat aktif menjalankan berbagai program. Salah satunya adalah menjaga kondusifitas pilkada di Pekanbaru. Ia juga memimpin beberapa agenda strategis, termasuk rapat evaluasi PDAM Tirta Siak.

    Namun, dalam enam bulan masa tugasnya, ia juga menghadapi sejumlah tantangan, seperti menavigasi isu pemerintahan lokal yang kompleks.

  • PDAM Lamongan Targetkan SPAM Mojolagres Siap pada 2025

    PDAM Lamongan Targetkan SPAM Mojolagres Siap pada 2025

    Lamongan (beritajatim.com) – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Lamongan terus mempercepat pengerjaan jaringan pipa Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Mojolagres yang melayani wilayah Mojokerto, Lamongan, dan Gresik. Proyek ini ditargetkan rampung pada 2025, sehingga masyarakat di wilayah Lamongan Selatan dapat menikmati pasokan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

    Direktur PDAM Lamongan, M. Ali Mahfudi, mengungkapkan bahwa hingga saat ini telah selesai pembangunan empat offtaker di empat kecamatan. Pada tahap awal, SPAM Mojolagres akan melayani 2.500 kepala keluarga yang tersebar di tiga kecamatan, yaitu Mantup, Tikung, dan Kembangbahu.

    “Air baku SPAM Mojolagres berasal dari Sungai Brantas. Fokus kami adalah melayani wilayah yang setiap tahun menghadapi kekurangan air saat musim kemarau,” jelas Ali Mahfudi, Senin (2/12/2024).

    Ali Mahfudi menegaskan bahwa pengembangan jaringan pipa SPAM Mojolagres diprioritaskan untuk masyarakat yang berada di daerah rawan kekurangan air bersih saat musim kemarau dan wilayah yang dekat dengan jaringan pipa transmisi.

    “Prinsipnya, pengembangan di wilayah selatan akan dilakukan secara bertahap berdasarkan kedekatan teknis dengan jaringan pipa transmisi utama,” ujarnya.

    Proyek SPAM Mojolagres diharapkan menjadi solusi jangka panjang bagi masyarakat Lamongan Selatan yang kerap menghadapi krisis air bersih. Dengan pengembangan jaringan pipa yang terus berlangsung, PDAM Lamongan optimis mampu memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat secara berkelanjutan.

    “Harapannya, dengan SPAM Mojolagres, warga di wilayah Lamongan Selatan tidak lagi mengalami kesulitan air saat musim kemarau,” tutup Ali Mahfudi. [fak/beq]

  • 0,04 Persen Dari Kota Kretek Penyumbang Kesuksesan Jateng Tangani Stunting 2024

    0,04 Persen Dari Kota Kretek Penyumbang Kesuksesan Jateng Tangani Stunting 2024

    TRIBUNJATENG.COM, KUDUS – Pencegahan dan pengentasan stunting di Kabupaten Kudus menuai hasil positif dari tahun ke tahun. Termasuk upaya menurunkan angka prevalensi stunting dalam dua tahun terakhir di Kabupaten Kudus membuahkan hasil cukup apik.

    Pemerintah Kabupaten Kudus melalui Dinas Kesehatan setempat berhasil mengimplementasikan arahan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dengan menekan angka stunting dari sebelumnya di angka 4,05 persen menjadi 4,01 persen berdasarkan data elektronik pencatatan dan pelaporan gizi berbasis masyarakat (EPPGBM) 2024.

    Artinya, angka stunting di Kota Kretek turun 0,04 persen pada tahun ini, bagian dari penyumbang kesuksesan Pemerintah Jawa Tengah dalam menurunkan angka stunting 2024. 

    Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus, dr. Andini Aridewi menyampaikan, angka stunting di Kabupaten Kudus berhasil ditekan dengan menggencarkan berbagai program yang menyasar langsung pada sasaran masyarakat yang telah ditentukan.

    Berdasarkan data yang diambil dari elektronik pencatatan dan pelaporan gizi berbasis masyarakat (EPPGBM) 2024, prevelensi stunting di Kabupaten Kudus turun dari 5,85 persen menjadi 4,05 persen pada 2023. Sementara pada 2024, stunting di Kudus kembali turun dari 4,05 persen menjadi 4,01 persen. 

    Sementara berdasarkan data Survei Status Gizi Indonesia (SSGI), juga mengalami penurun dari angka 19 persen pada 2022 menjadi 15,7 persen pada 2023. Pada 2024 ditarget bisa turun di angka 14 persen guna mendukung program provinsi dan pemerintah pusat dalam rangka menekan stunting. 

    Dr. Andini menyebut, capaian ini dinilai sudah cukup baik berdasarkan data yang akurat. 

    Didukung peran serta pemerintah daerah, mulai dari pemberian PMT Lokal dari anggaran bantuan keuangan (Bankeu) Provinsi Jateng menyasar 1.730 balita bermasalah gizi, 159 ibu hamil KEK, PDK 900 balita stunted.

    Selain itu, juga mengoptimalkan program SI CANTIK meliputi kelas gizi, pendampingan, kampanye perubahan perilaku dan menambah jumlah Kedai Balita Si Cantik.

    Beberapa upaya lain juga dilakukan, mulai dari pembuatan MPASI sesuai aturan pemberian makan bayi dan anak (PMBA), pengelolaan daycare agar pemberian menu dan pengasuhan sesuai standar. pemeriksaan kualitas air di desa lokus. Peningkatan manfaat atau revitalisasi posyandu dengan OPD dan lintas sektor, serta penguatan rujukan berjenjang bagi Balita bermasalah gizi.

    “Penyebab terjadinya stunting karena banyak faktor. Meliputi, pola asuh, balita tidak datang ke posyandu untuk diukur dan ditimbang, faktor lingkungan, dan penyakit penyerta,” terangnya, Sabtu (30/11/2024).

    Pemkab Kudus juga melakukan upaya intervensi spesifik dan intervensi sensitif dalam menangani angka stunting.

    Upaya intervensi spesifik di antaranya, penyediaan PKMK, PDK dan PMT lokal, penyediaan PMT Ibu Hamil KEK, inovasi Rumah Gizi Teman Bintangku, pengadaan Buku Pemantauan Tumbuh Balita, Bayi dan Anak serta sosialisasi pemanfaatan dan pemantauan praktik MPASI.

    Inovasi aksi cegah anak stunting dengan Intervensi kolaboratif (Si Cantik), jaminan kesehatan untuk seluruh balita bermasalah gizi, kolaborasi PKK, Disnaker, Dinas PMD dan CSR untuk membentuk Kedai Balita Si Cantik guna penyediaan MPASI sesuai standar gizi di setiap kecamatan.

    Sementara intervensi sensitif berupa, revitalisasi Posyandu dan pemberdayaan kader melalui Dinas PMD, menjaring sasaran remaja putri di SLTP dan SLTA melalui Disdikpora dan Kemenag, pendampingan keluarga beresiko melalui Dinsos P3A P2KB, penyuluhan Calon Pengantin (Kolaborasi Pemkab dan Kemenag), peningkatan infrastruktur sanitasi oleh PUPR, perluasan jaringan air minum perpipaan oleh PUPR dan PDAM, serta mendorong keterlibatan CSR dalam penanganan stunting.

    “Capaian ada dengan upaya maksimal. Harus selalu diupayakan agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal juga,” tuturnya. 

    Data yang diambil dari elektronik pencatatan dan pelaporan gizi berbasis masyarakat (EPPGBM) menjadi tolok ukur Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus menjalankan tugas, dalam rangka mengecek penyebab yang menjadi faktor utama terjadinya stunting dengan sasaran total mencapai 60.000-an target. 

    Dimulai dari upaya pencegahan sejak 1.000 hari pertama kehidupan dari hamil sampai anak usia 2 tahun.

    Sedangkan pengentasan stunting dilakukan melalui program Pangan Olahan untuk Keperluan Medis Khusus (PKMK) dengan memaksimalkan tujuh rumah sakit. 

    Menyasar bayi atau anak dicurigai stunting berdasarkan pemeriksaan lanjut oleh dokter spesialis anak, berhak mendapatkan program khusus berupa susu khusus guna mendorong pengentasan stunting.

    “Upaya maksimal sudah dilakukan, mengingat faktor stunting bermacam-macam. Ada pola asuh di mana ibu bekerja pagi sampai sore, belum bisa memastikan makanan yang dimakan sudah sesuai standar dan gizinya apakah sudah sesuai. Ini jadi PR bersama ke depan,” jelas dr. Andini. 

    “Kami juga bekerjasama dengan tujuh rumah sakit, kami droping PKMK. Ada yang berhasil lulus dalam waktu tiga bulan, ada juga yang prosesnya lama. Program PKMK ini kami juga menggandeng PT Djarum, didukung APBD Kabupaten, Bankeu, dan dana alokasi khusus (DAK). Termasuk program PMT lokal tingkat desa, dengan cara memakai bahan-bahan lokal, dimasak sesuai dengan kandungan gizi berdasarkan takaran protein dan vitamin yang diperlukan,” tambahnya.

    Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah meraih penghargaan dari pemerintah pusat berupa insentif fiskal sebesar Rp 6,45 miliar lantaran dinilai berhasil menurunkan stunting.

    Penghargaan diberikan oleh Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Nasional, kepada Penjabat Gubernur Jateng Nana Sudjana tahun 2024. 

    Setelah pada 2023 lalu, Jawa Tengah juga memperoleh penghargaan serupa dengan nilai Rp 5,97 miliar.

    Penghargaan insentif yang diperoleh digunakan untuk menuntaskan penanganan stunting yang masih tersisa di Provinsi Jateng.

    Pemprov Jateng menganggarkan Rp194,6 miliar untuk percepatan penanganan stunting. Anggaran itu diberikan dalam bentuk bantuan keuangan kepada kabupaten/kota, terutama menyasar wilayah dengan kasus stunting yang masih tinggi.

    Nana Sudjana menyatakan, berdasarkan data Survei Kesehatan Indonesia (SKI) yang dirilis pada Maret 2024, prevalensi stunting Jateng pada 2023 sebesar 20,7 persen, atau turun 0,1 persen dibandingkan 2022 yang tercatat 20,8 persen.

    Salah satu upaya percepatan penurunan stunting di Jateng dengan cara berkolaborasi bersama banyak pihak. Baik sesama pemerintah, BUMN, BUMD, perguruan tinggi, swasta, hingga tokoh agama dan tokoh masyarakat.

    Dalam kerangka penurunan stunting, terdapat dua hal yang perlu dicermati yaitu intervensi gizi. Berupa Intervensi Gizi Spesifik dan Intervensi Gizi Sensitif.

    Pengentasan stunting juga bertujuan dalam rangka mewujudkan SDM yang berkualitas menyongsong Indonesia Emas 2045. (Sam)

     

  • Keunggulan Aplikasi BRImo dan 14 Fitur Pentingnya

    Keunggulan Aplikasi BRImo dan 14 Fitur Pentingnya

    Jakarta

    Super app perbankan yang lengkap, tentu akan memudahkan nasabahnya. Ini dia aneka fitur asyik dan menarik di aplikasi BRImo dan keunggulannya.

    BRImo adalah layanan financial super app dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI. Dilansir dari situs resminya, BRImo adalah cara BRI melakukan transformasi digital untuk memudahkan nasabah bertransaksi kapan pun dan dimana pun.

    BRImo memiliki lebih dari 36 juta pengguna. Mereka dapat bertransaksi dengan mudah menggunakan QRIS hingga EDC merchant BRI.

    BRImo menawarkan keunggulan berupa fitur lengkap dari seluruh channel di ATM, internet banking BRI web, SMS banking dan internet banking BRI mobile serta memperluas kerja sama dengan biller-biller agregator untuk memenuhi kebutuhan nasabah.

    Saat membuka aplikasi BRImo, tampilan utama tentu akan menampilkan saldo rekening pengguna. Selain itu ada fitur utama yaitu Transfer, BRIVA, isi E-Wallet, serta isi pulsa dan data. Dihimpun detikINET, inilah 14 fitur yang bisa kita jelajahi di aplikasi BRImo.

    14 Fitur Penting di aplikasi BRImo:

    1. Top Up

    Dari fitur top up, pengguna bisa mengisi BRIZZI, e-wallet seperti GoPay, dan membeli pulsa seluler.

    2. Tagihan

    User bisa membayar aneka tagihan lewat fitur ini mulai dari BRIVA, BPJS, cicilan, kartu kredit, listrik, seluler pascabayar, PBB, asuransi, PDAM, pendidikan, SNPMB untuk calon mahasiswa, Telkom, TV kabel dan internet

    3. Setor & Tarik Tunai

    Sesuai namanya, fitur setor tunai dan tarik tunai ini untuk membantu pengguna menyetor dan mengambil uang dari ATM tanpa memakai kartu

    4. Lifestyle

    Banyak layanan yang diberikan lewat fitur Lifestyle. Di sini ada Kebutuhan Harian yang mana pengguna bisa belanja harian lewat Alfamart, mengirim barang lewat Pos Aja! dan langganan internet Indihome. Ada lagi sub fitur travel untuk membeli tiket bus dan shuttle, kereta api, kereta cepat Whoosh dan tiket pesawat. Sedangkan untuk pilihan hiburan bisa memesan tiket pertandingan sepakbola BRI Liga 1, membeli voucher game dan dan voucher streaming.

    5. QRIS Transfer

    Dengan fitur ini, pengguna bisa membayar dan menerima transfer, ada juga QR lintas negara Indonesia-Singapura, dan juga bisa untuk bayar parkir.

    6. Debit Virtual

    Ini adalah kartu debit virtual yang mana pengguna bisa menggunakannya untuk bayar online atau transaksi lain yang biasanya memakai kartu debit, namun kini diganti dengan smartphone.

    7. Catatan Keuangan

    Catatan keuangan adalah fitur untuk membantu pengguna mengatur pengeluarannya. Fitur ini bisa menjadi fungsi kontrol mengatur pos pemasukan dan pengeluaran supaya tidak boncos.

    8. Investasi

    Fitur investasi menyediakan banyak pilihan untuk pengguna seperti SBN, DPLK, Deposito dan Emas.

    9. Donasi

    Untuk yang suka beramal ada fitur donasi, dimana pengguna bisa membayar zakat, infaq atau kurban dan donasi lain yang bekerja sama dengan 8 yayasan mulai dari BRI Kasih, BRI X WWF, Baznas sampai Rumah Zakat.

    10. Konversi valas

    Untuk nasabah yang memiliki Rekening Valas, aplikasi BRImo punya fitur konversi valas untuk mengonversi valuta asing.

    11. Kartu Kredit

    Ini adalah fitur untuk membayar kartu kredit BRI dan kartu kredit lainnya seperti Mandiri, BNI, DBS Card, HSBC Card.

    12. Asuransi

    BRI memiliki asuransi BRIlife dan fitur ini terdapat di aplikasi BRImo. Nasabah bisa membeli polis asuransi jiwa, kendaraan, tempat tinggal dan usaha.

    13. Pinjaman

    Fitur pinjaman di aplikasi BRImo untuk nasabah yang ingin mengajukan pinjaman baru dari BRI atau membayar pinjaman lainnya

    14. Produk BRI Lainnya

    Fitur ini menawarkan produk-produk layanan BRI lainnya di luar fitur utama yang tadi dijelaskan. Di dalam fitur ini ada pilihan Ceria, Qlola, gadai kendaraan di BRI Flash, Tabungan Raya, QR pedagang dan BRI Info Lelang.

    Itulah 14 fitur utama pada aplikasi BRImo yang tentunya menjadi keunggulannya karena begitu lengkap melayani kebutuhan pengguna. Selamat mencoba!

    (fay/agt)

  • Pertamina Patra Niaga JBB Atasi Kebocoran Pipa BBM di Jalan Raya Cakung – Cilincing – Page 3

    Pertamina Patra Niaga JBB Atasi Kebocoran Pipa BBM di Jalan Raya Cakung – Cilincing – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat (JBB) sedang berupaya segera melakukan perbaikan kebocoran pipa distribusi BBM di Jl. Raya Cakung – Cilincing. Perbaikan dilakukan setelah mendapatkan informasi kebocoran yang disampaikan oleh perwakilan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) ke Integrated Terminal (IT) Jakarta PT Pertamina Patra Niaga Regional JBB pada Sabtu 23 November 2024.

    Berdasarkan Informasi awal, terdapat proyek Pembangunan Sarana Penyaluran Air Minum PDAM Jatiluhur yang dilakukan oleh pihak Pekerjaan Umum (PU) melalui kontraktor pelaksana di sekitar titik kebocoran yang diduga mengenai pipa distribusi BBM Pertamina yang menuju ke IT Jakarta – Plumpang sehingga menyebabkan kebocoran pipa yang mengeluarkan BBM.

    Area Manager Communication, Relation & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Eko Kristiawan mengatakan saat ini pihak Pertamina Patra Niaga Regional JBB sedang berupaya segera menyelesaikan perbaikan pipa distribusi BBM yang bocor untuk menghindari resiko kendala supply dan stok BBM di wilayah Regional Jawa Bagian Barat.

    “Untuk itu, Pertamina Patra Niaga Regional JBB telah melakukan berbagai upaya diantaranya mengirimkan tim untuk melakukan perbaikan, peralatan fire truck, vacuum truck, menutup ball valve terdekat dari titik kebocoran pipa, melakukan evakuasi rembesan minyak, berkoordinasi untuk mengamankan supply BBM dan berkoordinasi untuk dilakukan rekayasa lalu lintas,” ucap Eko.

    “Saat ini sedang dilakukan pengeboran menuju titik kebocoran pipa yang sebelumnya ditelusuri dengan menggunakan Pipe Locator dan tracking jalur pipa oleh tim Pertamina Patra Niaga Regional JBB untuk menemukan crossing point antara pipa Pertamina dan PDAM,” ucap Eko kemudian.

    Pertamina Patra Niaga menjamin ketersediaan stock dan kelancaran distribusi BBM di wilayah Propinsi Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat.

  • Aparsi: Penggunaan QRIS akan bantu pencatatan pedagang lebih baik

    Aparsi: Penggunaan QRIS akan bantu pencatatan pedagang lebih baik

    Jakarta (ANTARA) – Direktur Eksekutif DPP Asosiasi Pasar Rakyat Seluruh Indonesia (Aparsi) Nicholas Anggada mengatakan, penggunaan transaksi pembayaran secara digital, termasuk Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), di pasar-pasar bisa membantu membuat pencatatan transaksi para pedagang menjadi lebih baik.

    “Jadi apa ya, dari sisi merchant atau pedagang pasar ini kita lagi berdayakan agar mereka mulai transaksi non-tunai. Ini akan membawa data yang lebih bagus gitu ketika teman-teman mau mengambil kredit dan sebagainya,” katanya dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

    Nicholas menyampaikan, Aparsi tengah gencar berkolaborasi dengan regulator dan perbankan mendorong pedagang pasar untuk bertransaksi secara non-tunai.

    “Jadi supaya mengimpulsif dua belah pihak ya. Jadi pedagang happy maupun pembelinya juga happy. Cuma memang tantangannya, kembali lagi tidak semua pedagang itu kan mau mengerti dan mau berubah gitu ya. Sekalipun sudah dapet banyak insentif,” tuturnya.

    Sementara itu, Direktur Utama PT Trans Digital Cemerlang (TDC) Indra mengatakan, transaksi pembayaran digital dapat membantu pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) beralih dari pencatatan manual ke sistem digital yang lebih modern dan efisien.

    Ia mencontohkan produk aplikasi milik perusahaannya Posku Lite yang memiliki menu yang dirancang khusus untuk membantu pencatatan UMKM.

    “Pemilik UMKM bisa memantau semua transaksi yang berjalan sesuai keinginannya. Jadi dia bisa melihat keuntungan atau kebutuhan stok barang secara harian, mingguan dan seterusnya,” ujar Indra.

    Indra menyampaikan, dengan berfokus pada kecepatan dan akurasi pencatatan penjualan, Posku Lite menawarkan sejumlah fitur unggulan untuk mendukung operasional harian UMKM.

    Posku Lite bisa diunduh secara gratis di Google Play Store dan pengelolaan satu akun bisa digunakan atau dimanfaatkan oleh beberapa pengguna, sehingga pemilik UMKM bisa membagi pengelolaan akun aplikasi kepada karyawan atau cabang toko yang ada. Selain itu, setiap transaksi akan menghasilkan invoice atau faktur secara otomatis.

    “Invoice dapat dicetak melalui printer Bluetooth. Bukan hanya itu, Invoice juga dapat dikirim ke WhatsApp atau e-mail customer. Selain itu, pengembangan fitur Posku Lite secara berkala juga terus diperbarui sesuai saran dan kebutuhan pasar,” kata Indra.

    Indra menambahkan, metode pembayaran yang ada di Posku Lite juga beragam seperti QRIS, transfer bank dan uang tunai. Sementara untuk penarikan dana dilakukan 1x 24 jam dan tersedia fitur diskon.

    Di aplikasi Posku Lite juga terdapat fitur White Label atau Kustomisasi Aplikasi. Aplikasi Posku Lite dapat dikemas ulang (re-branding) menggunakan nama dan identitas partner (nama POS, logo dan warna pada tampilan aplikasi).

    “Tim kami akan mendaftarkan Posku Lite versi partner komunitas ke Google Play. Sekali lagi ini cocok sekali untuk UMKM, karena ini solusi sederhana dan efektif untuk mengelola transaksi harian dengan cepat dan akurat, dan transparan,” ujar Indra.

    Indra mengatakan saat ini pihaknya sedang mengembangkan PPOB atau Payment Point Online Bank yakni sistem pembayaran secara online dengan memanfaatkan fasilitas perbankan. Dalam hal ini, pembayaran yang dimaksud bisa bermacam-macam, mulai dari PLN, BPJS, PDAM, telepon, pulsa, internet, paket data, asuransi, kartu kredit, multi finance, hingga voucher game.

    Pewarta: Citro Atmoko
    Editor: Biqwanto Situmorang
    Copyright © ANTARA 2024

  • Tanpa Kartu Fisik, Transaksi Makin Asyik Bisa Dapatkan Reward hingga Rp600 Ribu

    Tanpa Kartu Fisik, Transaksi Makin Asyik Bisa Dapatkan Reward hingga Rp600 Ribu

    JABAR EKSPRES  – Tren transaksi tanpa kartu berkembang pesat serta semakin digemari masyarakat Indonesia di berbagai kalangan.

    Hal itu terjadi seiring dengan meningkatnya jumlah transaksi non-tunai di berbagai sektor. Mulai dari ritel, transportasi, sampai dengan makanan juga minuman. Seperti peningkatan transaksi QRIS yang lonjakannya cukup tajam.

    Berdasarkan data Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI), volume transaksi QRIS meroket 104 persen pada Januari sampai dengan September 2023 dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

    BACA JUGA: Jadi Peserta Asuransi BRI Life, Tiga Tahun Bayar Angsuran Bisa di Klaim Tanpa Terjadi Kecelakaan

    Bukan hanya QRIS, transaksi tanpa kartu juga didukung layanan mobile banking makin digemari. Hasilnya, nasabah jadi lebih mudah menunaikan berbagai pembayaran tagihan. Contohnya tagihan listrik, PDAM, TV kabel juga internet, asuransi, cicilan, serta lainnya.

    Nah, BRI kini mempunyai aplikasi kartu kredit virtual di akun BRImo. Disana, anda tentu saja dapat melakukan transaksi tanpa kartu.

    Yang lebih menarik, BRI kini ada program reward hingga Rp600 ribu bagi nasabah beruntung dan memenuhi kriteria.

    BACA JUGA: Berkat Program Pemberdayaan BRI Klasterku Hidupku, Petani Ini Berhasil Kembangkan Budidaya Alpukat

    Tak kalah penting, transaksi tanpa kartu juga antiribet. Bayangkan saja, anda tak perlu repot-repot membawa uang tunai maupun kartu fisik ke mana-mana.

    Praktis juga efisien, tidak perlu repot mencari uang tunai atau kartu fisik, terlebih lagi bila sedang terburu-buru saat hendak bepergian.

    Untuk itu, BRI menghadirkan aplikasi BRImo sebagai solusi mobile banking yang memungkinkan untuk kamu yang akan melakukan transaksi tanpa kartu.

    BACA JUGA: BRI Sabet Penghargaan Global Berkat Transformasi Digital Melalui BRIAPI

    BRImo juga menyediakan berbagai fitur transaksi tanpa kartu, mulai dari setor tunai, transfer uang, QRIS, tagihan bulanan meliputi listrik, PDAM, pascabayar, Telkom, TV kabel dan internet, asuransi, cicilan, dan masih banyak lainnya. (dian)