BUMN: IndiHome

  • Telkomsel dan BBC Perkuat IPTV IndiHome di Tengah Gempuran Netflix Cs

    Telkomsel dan BBC Perkuat IPTV IndiHome di Tengah Gempuran Netflix Cs

    Bisnis.com, JAKARTA — PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) memastikan tetap menggarap layanan IPTV meski pertumbuhan pasarnya stagnan di kisaran 5%, jauh tertinggal dibandingkan lonjakan layanan Over the Top (OTT). Anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) itu menggandeng BBC.

    IPTV (Internet Protocol Television) adalah teknologi yang menyiarkan konten televisi (siaran langsung, film, serial) melalui jaringan internet dengan protokol IP, bukan sinyal kabel atau satelit tradisional, memberikan fleksibilitas lebih besar. 

    Layanan ini memungkinkan pengalaman menonton yang lebih personal dan kontrol waktu tonton yang lebih baik.   

    General Manager Telkomsel Arnaz Rizky, menjelaskan bahwa meskipun perkembangan IPTV tidak sepesat OTT, pasar layanan televisi linear tetap memiliki tempatnya sendiri.

    “Pertumbuhannya memang tidak sebesar OTT. Namun pasar linear itu tetap ada. Kami percaya market TV dan big screen akan terus bertahan,” kata Arnaz dalam press conference IndiHome TV x BBC Studios di Jakarta, Kamis (11/12/2025).

    Arnaz menambahkan, tren konsumsi konten saat ini memang bergerak kuat ke arah OTT dan aplikasi digital. Meski begitu, menurutnya IPTV dapat terus bertahan selama perusahaan mampu menghadirkan inovasi, baik dari sisi produk maupun model bisnis.

    “Tren sekarang memang condong ke OTT dan apps. Tapi menurut saya, pasar itu sangat tergantung bagaimana kita berinovasi baik dari sisi produk maupun model bisnis agar layanan ini tetap sustain.”

    Dia menegaskan pasar IPTV masih ada, meski skalanya kecil, yaitu sekitar 5%. Sebagai langkah memperkuat konten IPTV, Telkomsel menggandeng BBC Studios untuk menghadirkan dua channel premium, yakni BBC News dan CBeebies, di IndiHome TV.

    Mulai Desember tahun ini, pelanggan IndiHome TV dapat mengakses BBC News di channel 816 dan CBeebies di channel 301. Arnaz menjelaskan  BBC dipilih karena kualitas kontennya yang sudah terbukti diterima secara luas di berbagai negara.

    “Konten BBC merupakan konten premium yang bagus dan dapat diterima banyak pihak. Dua channel ini adalah yang terbaik dari BBC, dan kami berharap bisa menjadi sumber hiburan dan informasi yang bermanfaat bagi pelanggan,” kata Arnaz.

    Program CBeebies seperti Bluey dan Hey Duggee yang di tayangkan IndiHomeTV merupakan salah satu upaya Telkomsel dalam menyediakan rumah tontonan untuk anak-anak. tidak hanya itu anak-anak juga dapat menikmati program favorit lainnya seperti Sarah & Duck, Go Jetters, dan Supertato.

    Semua pelanggan IndiHome TV dapat menikmati kedua channel tersebut tanpa biaya tambahan. Konten bisa diakses melalui Set-Top Box (STB), Web browser dan Aplikasi IndiHome TV (Android & iOS). Saat ini, IndiHome TV menyediakan sekitar 80–100 channel yang dapat diakses pelanggan. (Nur Amalina)

  • Laba Bersih Telkomsel pada Q3 2025 Sentuh Rp 4,71 Triliun, Bisnis Digital Jadi Penggerak Utama

    Laba Bersih Telkomsel pada Q3 2025 Sentuh Rp 4,71 Triliun, Bisnis Digital Jadi Penggerak Utama

    Liputan6.com, Jakarta – Di tengah bayang-bayang tantangan yang masih membebani industri telekomunikasi nasional, PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) mencatat kabar baik dari anak usahanya, Telkomsel.

    Kinerja operator seluler terbesar di Indonesia ini terpantau positif hingga kuartal III (Q3) tahun 2025.

    Berdasarkan memo informasi Telkom Q3 2025, dikutip Selasa (9/12/2025), pertumbuhan kinerja Telkomsel ditunjukkan oleh peningkatan Average Revenue Per User (ARPU) yang signifikan.

    ARPU Telkomsel tumbuh sebesar 5,2% secara kuartalan (Quartal-on-Quartal/QoQ), melonjak dari Rp41.300 menjadi Rp43.400.

    Selain itu, penetrasi layanan fixed mobile convergence (FMC) Telkomsel juga menunjukkan hasil yang memuaskan. Jumlah pelanggan IndiHome mencatatkan pertumbuhan 7,5%, dari 10,735 juta pelanggan pada September 2024 menjadi 11,544 juta pelanggan pada periode yang sama tahun 2025.

    Senada, pelanggan pascabayar KartuHalo juga meningkat 6,3%, dari 7,682 juta menjadi 8,168 juta pelanggan.

    Segmen bisnis digital menjadi motor utama pertumbuhan Telkomsel. Pendapatan dari bisnis digital Telkomsel meningkat 7,9%, dari Rp 18,178 triliun pada kuartal II 2025 menjadi Rp 19,607 triliun pada kuartal III 2025.

    Lonjakan pendapatan ini berimbas langsung pada profitabilitas perusahaan. Laba bersih Telkomsel terkerek naik 11,5% (QoQ) menjadi Rp 4,71 triliun, dengan tingkat pengembalian ekuitas (Return on Equity/ROE) yang mencapai angka impresif 83,7%.

     

  • Perbandingan Tarif Langganan Internet Indihome, MyRepublic, First Media dan Biznet Home

    Perbandingan Tarif Langganan Internet Indihome, MyRepublic, First Media dan Biznet Home

    Bisnis.com, JAKARTA – Layanan internet kini menjadi salah satu hal penting yang dibutuhkan hampir semua orang.

    Jaringan internet dan wifi juga saat ini kebanyakan sudah dipasang di perkantoran dan perumahan, dan menjadi kebutuhan penting setiap harinya.

    Untuk harga dari langganan internet ini, umumnya juga bervariasi, sehingga ada banyak opsi yang bisa dipilih pelanggan.

    Berikut perbandingan tarif langganan internet Indihome, MyRepublic, First Media dan Biznet Home 

    Paket Internet IndiHome Terbaru

    IndiHome menghadirkan 8 paket baru dengan berbagai pilihan kecepatan internet dan hiburan digital. Harga yang ditawarkan untuk tiap-tiap paket ini akan berbeda menyesuaikan lokasi pemasangan yang dipilih saat mendaftar. Berikut detail lengkap tentang paket terbaru yang bisa kamu pilih: 

    Paket 50Mbps Internet
    Harga: Mulai dari Rp230.000/bulan. 
    Kecepatan: 50Mbps. 
    Fitur Tambahan: Akses berlangganan OTT Catchplay+ dan Prime Video. 
    Penggunaan: Cocok untuk penggunaan hingga 5 perangkat secara bersamaan. 
     
    Paket 75Mbps Internet
    Harga: Mulai dari Rp250.000/bulan. 
    Kecepatan: 75Mbps. 
    Fitur Tambahan: Akses berlangganan OTT Catchplay+ dan Prime Video. 
    Penggunaan: Cocok untuk penggunaan hingga 7 perangkat sekaligus. 
     
    Paket 150Mbps Internet
    Harga: Mulai dari Rp325.000/bulan. 
    Kecepatan: 150Mbps. 
    Fitur Tambahan: Akses berlangganan OTT Catchplay+ dan Prime Video. 
    Penggunaan: Cocok untuk penggunaan hingga 10 perangkat sekaligus. 
     
    Paket 200Mbps Internet
    Harga: Mulai dari Rp490.000/bulan. 
    Kecepatan: 200Mbps. 
    Fitur Tambahan: Akses berlangganan OTT Catchplay+, Prime Video, dan Netflix Basic. 
    Penggunaan: Cocok untuk penggunaan hingga 20 perangkat sekaligus.

    Paket Internet & TV IndiHome 

    Jika kamu menginginkan layanan internet sekaligus hiburan TV interaktif, IndiHome juga menyediakan paket dengan bundling IndiHome TV yang memiliki 116 kanal lokal dan internasional, serta berbagai layanan streaming. Berikut adalah pilihan paket internet dan TV terbaru IndiHome: 

    Paket 50Mbps Internet & TV
    Harga: Mulai dari Rp345.000/bulan. 
    Kecepatan: 50Mbps. 
    Fitur Tambahan: Akses ke 116 kanal TV dan layanan streaming OTT Catchplay+, Prime Video, dan Vidio Platinum Lite. 
    Penggunaan: Cocok untuk penggunaan hingga 5 perangkat sekaligus. 
     
    Paket 75Mbps Internet & TV
    Harga: Mulai dari Rp365.000/bulan. 
    Kecepatan: 75Mbps. 
    Fitur Tambahan: Akses ke 116 kanal TV dan layanan streaming OTT Catchplay+, Prime Video, dan Vidio Platinum Lite. 
    Penggunaan: Cocok untuk penggunaan hingga 7 perangkat sekaligus. 
     
    Paket 150Mbps Internet & TV
    Harga: Mulai dari Rp460.000/bulan. 
    Kecepatan: 150Mbps. 
    Fitur Tambahan: Akses ke 116 kanal TV dan 10 layanan streaming OTT (WeTV, Lionsgate, Vidio Platinum Lite, Sushiroll, Catchplay+, Prime Video, Viu, Genflix, Kuncie, Fita). 
    Penggunaan: Cocok untuk penggunaan hingga 10 perangkat sekaligus. 
     
    Paket 200Mbps Internet & TV
    Harga: Mulai dari Rp625.000/bulan. 
    Kecepatan: 200Mbps. 
    Fitur Tambahan: Akses ke 116 kanal TV dan 11 layanan streaming OTT (Viu, Kuncie, Lionsgate, Genflix, Fita, Prime Video, Catchplay+, Vidio Platinum Lite, Netflix Basic, WeTV, Sushiroll). 
    Penggunaan: Cocok untuk penggunaan hingga 20 perangkat sekaligus. 

    MyRepublic
    Value

    30 Mbps 50 Mbps

    Rp 260.850 / Bulan
    Harga termasuk PPN 11%
    Fitur dan Benefit

    Internet UNLIMITED

    Include ONT/Modem

    Gratis Instalasi Rp500,000

    Ideal untuk 1 – 3 Device

    DL & UL 1:1 up to 30 Mbps

    Fast

    50 Mbps 100 Mbps

    Rp 277.500 / Bulan
    Harga termasuk PPN 11%
    Fitur dan Benefit

    Internet UNLIMITED

    Include ONT/Modem

    Gratis Instalasi Rp500,000

    Ideal untuk 1 – 5 Device

    DL & UL 1:1 up to 50 Mbps

    Nova

    100 Mbps 200 Mbps

    Rp 333.000 / Bulan
    Harga termasuk PPN 11%
    Fitur dan Benefit

    Internet UNLIMITED

    Include ONT/Modem

    Gratis Instalasi Rp500,000

    Ideal untuk 1 – 7 Device

    DL & UL 1:1 up to 100 Mbps

    MyGamer

    250 Mbps 350 Mbps

    Rp 444.000 / Bulan
    Harga termasuk PPN 11%
    Fitur dan Benefit

    Internet UNLIMITED

    Include ONT/Modem

    Gratis Instalasi Rp500,000

    DL & UL 1:1 up to 250 Mbp

    Prime

    500 Mbps

    Rp 555.000 / Bulan
    Harga termasuk PPN 11%
    Fitur dan Benefit

    Internet UNLIMITED

    Include ONT/Modem

    Gratis Instalasi Rp500.000

    Biznet Home

    Biznet Home dikenal dengan koneksi internet fiber optik yang stabil dan cepat. Selain itu, mereka juga menawarkan berbagai layanan tambahan seperti Biznet IPTV dan Biznet Cloud. Tidak hanya itu, Biznet Home juga memiliki beberapa paket WiFi yang bisa kamu pilih sebagai berikut: 

    1. Biznet Home Internet 0D

    Kecepatan: Hingga 60 Mbps
    Harga: Rp 175.000 per bulan
    Deskripsi: Paket ini cocok untuk rumah tangga kecil dengan penggunaan internet ringan seperti browsing, media sosial, dan streaming video dalam kualitas standar.

    2. Biznet Home Internet 1D

    Kecepatan: Hingga 200 Mbps
    Harga: Rp 375.000 per bulan
    Deskripsi: Cocok untuk penggunaan internet yang lebih intens, seperti streaming video HD, video call, serta bermain game online. Paket ini juga mendukung beberapa perangkat yang terhubung sekaligus.

    3. Biznet Home Internet 2D

    Kecepatan: Hingga 325 Mbps
    Harga: Rp 575.000 per bulan
    Deskripsi: Pket ini memberikan pengalaman internet yang sangat cepat, mendukung banyak perangkat secara bersamaan, dan ideal untuk rumah tangga dengan kebutuhan internet tinggi, seperti kerja remote, pendidikan online, dan hiburan digital.

    4. Biznet Home Internet Gamers 3D

    Kecepatan: Hingga 400 Mbps
    Harga: Rp 700.000 per bulan
    Deskripsi: Pilihan terbaik untuk rumah tangga atau kantor kecil dengan banyak pengguna aktif yang mengandalkan internet untuk streaming kualitas 4K, gaming, serta aktivitas online intensif lainnya.

    First Media

    Nikmati unlimited internet lebih kencang

    Harga per bulan Rp 229.000 Normal Rp 289.000
    Up To 50 Mbps
    Bonus Upgrade Speed
    Up to 0 Mbps 
     
    Hingga 3 perangkat
     
    Gratis biaya instalasi
     
    Add-on​ Kuota HP Sekeluarga 15 GB (Optional)*

    Harga per bulan Rp279.000 Normal Rp 359.000
    Up To 100 Mbps
    Bonus Upgrade Speed
    Up to 0 Mbps
     
    Hingga 5 perangkat
     
    Gratis biaya instalasi
     
    Add-on​ Kuota HP Sekeluarga 25 GB (Optional)*

    Harga per bulan Rp299.000 Normal Rp 389.000
    Up To 150 Mbps
    Bonus Upgrade Speed
    Up to 0 Mbps
     
    Hingga 9 perangkat
     
    Gratis biaya instalasi
     
    Add-on​ Kuota HP Sekeluarga 50 GB (Optional)*

    Harga per bulan Rp329.000 Normal Rp 489.000
    Up To 200 Mbps
    Bonus Upgrade Speed
    Up to 200 Mbps
     
    Lebih dari 10 Perangkat
     
    Gratis biaya instalasi
     
     

  • Cara Aktivasi Paket Siaga Peduli Telkomsel Gratis Terpopuler

    Cara Aktivasi Paket Siaga Peduli Telkomsel Gratis Terpopuler

    Telkomsel mengklaim telah mengakselerasi upaya pemulihan layanan telekomunikasi di wilayah terdampak bencana banjir bandang Sumatera dan tanah longsor yang melanda Aceh, Sumatera Utara, dan Sumatera Barat.

    Hingga saat ini, perseroan melaporkan sebanyak 76,5% layanan seluler telah kembali normal (5.851 dari total 7.640 site), sementara pemulihan layanan IndiHome mencapai 79,7% (422.551 dari 530.502 line).

    Menteri Komunikasi dan Digital, Meutya Hafid, memberikan apresiasi atas langkah cepat yang diambil.

    “Kemkomdigi mengapresiasi langkah cepat Telkomsel dan seluruh pihak dalam memastikan layanan komunikasi tetap tersedia di tengah kondisi darurat. Kolaborasi ini penting agar masyarakat terdampak tetap terhubung dan mendapatkan akses informasi yang dibutuhkan,” ujar Meutya dalam keterangan resminya, Selasa (2/12/2025).

    Direktur Utama Telkomsel, Nugroho, menyampaikan rasa empati yang mendalam dan berkomitmen hadir di setiap situasi.

    “Telkomsel menyampaikan empati dan keprihatinan mendalam atas musibah yang menimpa saudara kita di Sumatera. Kami berkomitmen hadir di setiap situasi, memastikan layanan komunikasi tetap tersedia dan membantu masyarakat terdampak,” ucap Nugroho.

    Baca selengkapnya di sini 

  • Cara Pakai Layanan Internet dan Telepon Gratis dari Telkomsel untuk Korban Terdampak Banjir

    Cara Pakai Layanan Internet dan Telepon Gratis dari Telkomsel untuk Korban Terdampak Banjir

    Bisnis.com, JAKARTA – Telkomsel memberikan dukungan layanan telekomunikasi bagi masyarakat yang terdampak bencana alam di Aceh, Sumatra Utara, dan Sumatra Barat.

    Dukungan layanan tersebut diberikan melalui program Paket Siaga Peduli Sumatra, di mana pelanggan dapat menikmati layanan internet dan telepon gratis untuk membantu kelancaran koordinasi dan kebutuhan darurat selama masa pemulihan.

    “Kami memastikan layanan telekomunikasi tetap berjalan dan menyediakan paket bantuan agar warga dapat tetap terhubung, mengakses informasi, dan berkoordinasi dengan keluarga maupun pihak penyelamat,” ujar Direktur Utama Telkomsel, Nugroho, Selasa (2/12/2025).

    Cara Menggunakan Layanan Internet dan Telepon Gratis

    Paket darurat ini dapat diakses dan diaktifkan melalui UMB *888*20# pada ponsel anda. Paket ini berlaku satu kali aktivasi untuk pengguna SIMPATI, by.U, maupun Halo di wilayah terdampak.

    Pelanggan dapat memilih paket 3 GB data untuk 7 hari atau 300 menit telepon dan 1.000 SMS ke semua operator untuk 7 hari.

    Selain paket gratis, Telkomsel juga membuka Posko Layanan Pelanggan Tanggap Bencana di sekitar 100 titik untuk memastikan kebutuhan komunikasi warga dapat terpenuhi.

    Posko ini menyediakan layanan telepon dan SMS gratis sepanjang masa pemulihan, penggantian kartu tanpa biaya, dan perpanjangan masa aktif bagi pelanggan yang kehilangan atau mengalami kerusakan kartu.

    Penyesuaian paket data

    Lebih lanjut, Telkomsel juga melakukan penyesuaian paket data prabayar dan tagihan pascabayar serta layanan IndiHome.

    Bagi pelanggan IndiHome yang terdampak bencana, Telkomsel menyiapkan penggantian modem ONT dan STB tanpa biaya tambahan.

    Perusahaan juga menyediakan layanan IndiHome 3P dan Telkomsel Orbit di kantor Basarnas untuk mendukung komunikasi tim penyelamat.

    “Kami berharap bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat dan mempermudah proses koordinasi selama masa tanggap darurat,” ujar Nugroho.

    Melalui dukungan ini, Telkomsel berharap layanan komunikasi dapat tetap diakses masyarakat sehingga proses penanganan bencana berjalan lebih cepat dan efektif.

  • Telkom Kebut Pemulihan di Aceh, Sumut, dan Sumbar, Ini Tantangannya

    Telkom Kebut Pemulihan di Aceh, Sumut, dan Sumbar, Ini Tantangannya

    Jakarta

    Upaya pemulihan jaringan telekomunikasi di wilayah terdampak banjir dan longsor di Aceh, Sumatera Utara, dan Sumatera Barat, terus dikebut Telkom Group. Direktur Utama Telkom, Dian Siswarini, mengungkapkan bahwa pemulihan berjalan intensif namun dihadapkan pada hambatan serius, mulai dari suplai listrik hingga putusnya jalur transmisi.

    Dian menjelaskan bahwa salah satu fokus utama adalah memastikan pasokan daya bagi perangkat jaringan yang masih beroperasi. Penggunaan genset pun menjadi solusi cepat di banyak titik terdampak.

    “Sebetulnya kami mengusahakan genset untuk mengatasi problem power. Tapi ada juga problem ketersediaan solar di sana,” ujar Dian di Balai Monitoring (Balmon) Komdigi Medan, Senin (1/12/2025).

    Ia mengatakan, sekalipun tim berhasil membawa genset ke lokasi bencana, perjalanan untuk memasok bahan bakar sering kali tersendat.

    “Ada beberapa daerah yang aksesnya masih sulit didatangi, sehingga meski genset sudah terpasang, mengirim solar ke sana juga sulit,” lanjutnya.

    Selain listrik, gangguan transmisi menjadi tantangan terbesar. Banyak jalur fiber optik yang rusak akibat banjir bandang dan longsor, menyebabkan putusnya layanan di sejumlah wilayah.

    “Kalau ditanya penyebabnya, dari sisi transmisi memang banyak fiber optik yang kena banjir dan longsor sehingga terputus,” kata Dian menjelaskan.

    Hingga proses perbaikan selesai, Telkom terpaksa mengalihkan sejumlah layanan menggunakan konektivitas berbasis satelit. Namun, kapasitasnya masih belum dapat sepenuhnya menggantikan jaringan kabel yang rusak.

    “Recovery yang ditargetkan sampai 5 Desember itu termasuk memperbaiki putusnya fiber. Selama perbaikan, banyak yang menggunakan komunikasi satelit sehingga kapasitasnya memang masih terbatas,” tutur Dian.

    Hingga saat ini, layanan mobile broadband Telkomsel pada ketiga wilayah bencana tersebut telah pulih 76,5%, sedangkan untuk layanan fixed broadband IndiHome mencapai 79,7% pemulihan.

    Sebagai langkah penguatan layanan darurat, Telkom melalui anak perusahaannya, Telkomsat telah mengaktifkan tambahan backup unit layanan satelit Mangostar untuk mendukung konektivitas di 6 posko bencana yang tersebar di Aceh, Sumatra Utara, dan Sumatra Barat.

    Penguatan unit layanan satelit difokuskan untuk mendukung aktivitas komunikasi tim teknis Telkom, relawan, dan warga yang mengungsi di posko bencana. Pengoperasian satelit ini memperkuat penggunaan backup IP radio dan jalur alternatif lainnya yang telah lebih dulu diaktifkan sejak bencana terjadi.

    Telkom juga memastikan koordinasi intensif dengan BNPB, BPBD, Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi), Pemerintah Daerah, serta berbagai instansi terkait untuk mempercepat normalisasi konektivitas di area prioritas.

    (agt/agt)

  • Telkom Kebut Pemulihan di Aceh, Sumut, dan Sumbar, Ini Tantangannya

    Telkom Kebut Pemulihan di Aceh, Sumut, dan Sumbar, Ini Tantangannya

    Jakarta

    Upaya pemulihan jaringan telekomunikasi di wilayah terdampak banjir dan longsor di Aceh, Sumatera Utara, dan Sumatera Barat, terus dikebut Telkom Group. Direktur Utama Telkom, Dian Siswarini, mengungkapkan bahwa pemulihan berjalan intensif namun dihadapkan pada hambatan serius, mulai dari suplai listrik hingga putusnya jalur transmisi.

    Dian menjelaskan bahwa salah satu fokus utama adalah memastikan pasokan daya bagi perangkat jaringan yang masih beroperasi. Penggunaan genset pun menjadi solusi cepat di banyak titik terdampak.

    “Sebetulnya kami mengusahakan genset untuk mengatasi problem power. Tapi ada juga problem ketersediaan solar di sana,” ujar Dian di Balai Monitoring (Balmon) Komdigi Medan, Senin (1/12/2025).

    Ia mengatakan, sekalipun tim berhasil membawa genset ke lokasi bencana, perjalanan untuk memasok bahan bakar sering kali tersendat.

    “Ada beberapa daerah yang aksesnya masih sulit didatangi, sehingga meski genset sudah terpasang, mengirim solar ke sana juga sulit,” lanjutnya.

    Selain listrik, gangguan transmisi menjadi tantangan terbesar. Banyak jalur fiber optik yang rusak akibat banjir bandang dan longsor, menyebabkan putusnya layanan di sejumlah wilayah.

    “Kalau ditanya penyebabnya, dari sisi transmisi memang banyak fiber optik yang kena banjir dan longsor sehingga terputus,” kata Dian menjelaskan.

    Hingga proses perbaikan selesai, Telkom terpaksa mengalihkan sejumlah layanan menggunakan konektivitas berbasis satelit. Namun, kapasitasnya masih belum dapat sepenuhnya menggantikan jaringan kabel yang rusak.

    “Recovery yang ditargetkan sampai 5 Desember itu termasuk memperbaiki putusnya fiber. Selama perbaikan, banyak yang menggunakan komunikasi satelit sehingga kapasitasnya memang masih terbatas,” tutur Dian.

    Hingga saat ini, layanan mobile broadband Telkomsel pada ketiga wilayah bencana tersebut telah pulih 76,5%, sedangkan untuk layanan fixed broadband IndiHome mencapai 79,7% pemulihan.

    Sebagai langkah penguatan layanan darurat, Telkom melalui anak perusahaannya, Telkomsat telah mengaktifkan tambahan backup unit layanan satelit Mangostar untuk mendukung konektivitas di 6 posko bencana yang tersebar di Aceh, Sumatra Utara, dan Sumatra Barat.

    Penguatan unit layanan satelit difokuskan untuk mendukung aktivitas komunikasi tim teknis Telkom, relawan, dan warga yang mengungsi di posko bencana. Pengoperasian satelit ini memperkuat penggunaan backup IP radio dan jalur alternatif lainnya yang telah lebih dulu diaktifkan sejak bencana terjadi.

    Telkom juga memastikan koordinasi intensif dengan BNPB, BPBD, Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi), Pemerintah Daerah, serta berbagai instansi terkait untuk mempercepat normalisasi konektivitas di area prioritas.

    (agt/agt)

  • TelkomGroup Kebut Pemulihan Jaringan Telekomunikasi Pasca Bencana Sumatera

    TelkomGroup Kebut Pemulihan Jaringan Telekomunikasi Pasca Bencana Sumatera

    Jakarta

    PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) mempercepat pemulihan jaringan telekomunikasi yang terdampak banjir bandang dan longsor di Aceh, Sumatera Utara, dan Sumatera Barat. Gangguan layanan akibat bencana ini mendorong optimalisasi konektivitas darurat agar masyarakat di wilayah terdampak tetap bisa terhubung.

    Hingga saat ini, layanan mobile broadband Telkomsel di ketiga wilayah tersebut telah pulih 76,5%, sementara fixed broadband IndiHome sudah mencapai 79,7% pemulihan.

    TelkomGroup juga memastikan koordinasi intensif bersama BNPB, BPBD, Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi), Pemda, hingga berbagai instansi terkait untuk mempercepat normalisasi konektivitas di area prioritas.

    Untuk memperkuat layanan darurat di lapangan, Telkom melalui PT Telkom Satelit Indonesia (Telkomsat) mengaktifkan tambahan backup unit satelit Mangostar di 6 posko bencana yang tersebar di Aceh, Sumut, dan Sumbar.

    Penguatan layanan ini bertujuan untuk mendukung aktivitas komunikasi tim teknis TelkomGroup, relawan, hingga warga yang mengungsi, sekaligus melengkapi penggunaan backup IP radio dan jalur alternatif yang sebelumnya dioperasikan sejak bencana terjadi.

    Menteri Komunikasi dan Digital RI Meutya Hafid menyampaikan bahwa pemerintah akan terus bersinergi dengan operator untuk melakukan percepatan penanganan konektivitas pasca bencana.

    “Fokus kami adalah memastikan akses telekomunikasi di seluruh wilayah terdampak segera pulih agar masyarakat dapat kembali berkomunikasi. Pemerintah juga optimistis layanan kembali normal dalam lima hari kedepan seiring dengan pemulihan listrik di wilayah terdampak,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (2/12/2025).

    Senada, Direktur Utama Telkom Dian Siswarini menegaskan upaya kolaborasi dengan pemerintah untuk mempercepat pemulihan layanan.

    “Di sejumlah daerah terdampak, tantangan utama kami adalah akses menuju lokasi dan masalah sumber daya listrik yang tidak stabil. Kerusakan pada jalur transmisi, terutama fiber optik, juga membuat proses perbaikan membutuhkan waktu dan upaya teknis tambahan,” ungkapnya.

    Lebih lanjut, TelkomGroup juga sigap menyalurkan dukungan tanggap darurat, baik berupa konektivitas maupun bantuan kemanusiaan.

    Akses internet gratis bagi masyarakat terdampak disediakan di tujuh lokasi strategis, yaitu Kantor Wilayah Telkom Sumut, Kantor Wilayah Telkom Banda Aceh, Pusat Layanan Telkom Sigili, Kantor Wilayah Telkom Sibolga, Kantor Wilayah Telkom Sumbar, serta Pusat Layanan Telkom Talu.

    Dukungan konektivitas tambahan juga tersedia di area Pemprov Aceh-Sumut dan Diskominfo setempat guna memastikan kelancaran operasional posko pemerintah daerah.

    Bantuan logistik dan sembako berupa bahan makanan, perlengkapan memasak, hingga pakaian turut disalurkan. Layanan dapur umum juga dioperasikan untuk memenuhi kebutuhan pangan lebih dari 1.300 pengungsi.

    TelkomGroup menyediakan posko tanggap darurat di AKHLAK Hall Witel Sumut, kantor Witel Aceh, dan kantor Witel Sumbar.

    Selain itu, Telkomsel Emergency Response & Recovery Activity (TERRA) juga dikerahkan untuk menyalurkan kebutuhan mendesak bagi masyarakat terdampak. Di bidang kesehatan, Yakes Telkom juga dihadirkan sebagai klinik darurat di area posko TelkomGroup.

    “Kami berkomitmen melakukan pemulihan konektivitas secara cepat, aman, dan terkoordinasi. Dengan dukungan layanan satelit, penambahan kapasitas, dan normalisasi konfigurasi lintas provinsi, kami berupaya memastikan masyarakat dapat kembali terhubung secara optimal. Seluruh personel kami bekerja maksimal 24/7 dengan fokus pada area paling kritikal,” tutup Dian.

    Ke depan, TelkomGroup akan terus berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk menjaga kelancaran pemulihan layanan telekomunikasi di wilayah terdampak. Masyarakat pun dapat memperoleh informasi terkait pemulihan jaringan, kantor layanan, hingga informasi pelanggan melalui hotline tanggap bencana secara 24 jam dan gratis di 0800-111- 9000.

    (anl/ega)

  • Cara Aktivasi Paket Siaga Peduli Telkomsel Gratis Terpopuler

    Telkomsel Pulihkan 79,7 Persen Layanan di Wilayah Terdampak

    Pemulihan dilakukan melalui berbagai skema, termasuk:

    • Mobilisasi 346 personel teknis

    • Penempatan genset tambahan

    • Pengalihan rute backbone dan jalur transmisi

    • Penggunaan perangkat alternatif

    • Penggelaran BTS mobile di lokasi prioritas

    Telkomsel juga berkoordinasi erat dengan Kemkomdigi, pemerintah daerah, aparat penanggulangan bencana, PLN, serta pemangku kepentingan setempat untuk memastikan layanan komunikasi tetap tersedia.

    Pemulihan jaringan Telkomsel difokuskan mulai dari area pengungsian, lokasi kritikal, dan terus diperluas hingga kini tercatat sejumlah capaian pemulihan per provinsi per 1 Desember 2025:

    • Aceh: 36% site Telkomsel pulih (708 dari 1.964 site), 41,2% line IndiHome pulih (59.836 dari 145.384 line)

    • Sumatera Utara: 90% site Telkomsel pulih (4.136 dari 4.610 site), 93,3% line IndiHome pulih (293.911 dari 314.957 line)

    • Sumatera Barat: 94% site Telkomsel pulih (1.007 dari 1.066 site), 93,3% line IndiHome pulih (68.804 dari 70.161 line)

  • 79% Jaringan Telkomsel Pulih, XLSMART Tambah Genset

    79% Jaringan Telkomsel Pulih, XLSMART Tambah Genset

    Bisnis.com, JAKARTA — PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) berhasil memulihkan 79% layanannya di Sumatra. Sementara PT XLSMART Telecom Sejahtera Tbk (XLSMART) menambah genset untuk menjaga operasional BTS di tengah sulitnya akses dan gangguan pasokan listrik.

    Dua operator besar, Telkomsel dan XLSMART, bergerak cepat memastikan layanan komunikasi tetap bisa diakses masyarakat, terutama di area pengungsian dan lokasi tanggap darurat.

    Hingga 1 Desember 2025, Telkomsel mencatat 76,5% site seluler dan 79,7% jaringan IndiHome telah kembali beroperasi. 

    Fokus pemulihan diarahkan ke wilayah yang terdampak paling parah, termasuk Aceh, Sumatera Utara, dan Sumatera Barat. Per provinsi, tingkat pemulihan jaringan menunjukkan progres berbeda, Aceh masih berada di fase awal dengan pemulihan 36% site, sementara Sumatera Utara dan Sumatera Barat sudah pulih lebih dari 90%.

    Direktur Utama Telkomsel Nugroho mengatakan perusahaan terus berupaya memastikan layanan komunikasi tetap tersedia dan membantu masyarakat terdampak. 

    Telkomsel bekerja sama dengan Komdigi, pemerintah daerah, serta berbagai instansi, berjibaku memperbaiki jaringan.  

    “Kami terus berupaya mempercepat pemulihan dan melayani sepenuh hati agar masyarakat dapat kembali bangkit,” kata Nugroho dikutip, Selasa (2/12/2025).

    Untuk mendukung kebutuhan komunikasi warga, Telkomsel menyediakan Paket Siaga Peduli Sumatera bebas biaya melalui UMB 88820# yang dapat digunakan pelanggan prabayar maupun pascabayar. 

    Selain itu, sekitar 100 Posko Layanan Pelanggan Tanggap Bencana dibuka untuk menyediakan telepon dan SMS gratis, penggantian kartu, perbaikan layanan IndiHome, hingga dukungan teknis bagi aparat dan relawan. 

    Berbagai bantuan tambahan seperti WiFi gratis, dapur umum, mobilisasi logistik, hingga pemasangan 120 unit satelit juga dilakukan bekerja sama dengan Telkom Group.

    Sementara Telkomsel memperluas cakupan pemulihannya, sementara itu XLSMART menghadapi menambah genset ke berbagai titik yang masih dapat diakses guna menjaga operasional BTS.

    Saat ini tercatat 691 BTS XLSMART masih terdampak, terdiri atas 538 BTS di Aceh, 120 BTS di Sumatera Utara, dan 33 BTS di Sumatera Barat. Beberapa wilayah sudah mulai pulih, meski proses perbaikan masih harus menyesuaikan kondisi lapangan.

    XLSMART tidak hanya fokus pada pemulihan jaringan dan penambahan genset untuk menjaga operasional BTS, tetapi juga memperluas dukungan bagi warga terdampak. 

    Melalui program CSR XLSMART Peduli Bencana Sumatera, perusahaan menyalurkan bantuan kemanusiaan berupa paket kebutuhan pokok darurat  mulai dari sembako, makanan ringan, minuman, hingga kebutuhan bayi dan anak. Bantuan ini diesalurkan bersama mitra kolaborasi seperti DT Peduli, UMKM lokal, mitra diler, dan aparat setempat.

    Distribusi dilakukan di enam wilayah terdampak terparah, yaitu Kabupaten Pidie Aceh, Lhokseumawe, Tapanuli Selatan, Mandailing Natal, Padang Pariaman, dan Tanah Datar. Penyaluran bantuan telah dimulai pada Jumat (28/11) dan akan berlanjut hingga awal pekan berikutnya, seiring tim XLSMART memperluas jangkauan distribusi ke posko-posko pengungsian lainnya. (Nur Amalina)