BUMN: Garuda Indonesia

  • BPJPH nyatakan Dapur MBG Jatisari halal, dukung gizi sehat dan aman

    BPJPH nyatakan Dapur MBG Jatisari halal, dukung gizi sehat dan aman

    Sumber foto: Hamzah Aryanto/elshinta.com.

    BPJPH nyatakan Dapur MBG Jatisari halal, dukung gizi sehat dan aman
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Senin, 30 Juni 2025 – 23:35 WIB

    Elshinta.com – Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), Ahmad Haikal Hasan, memastikan bahwa Dapur Makan Bergizi Gratis (MBG) milik Gerakan Dapur Indonesia (GARUDA) yang berlokasi di Jatisari, Kota Bekasi, telah dinyatakan halal dan aman dikonsumsi.

    Pemeriksaan dilakukan langsung oleh tim BPJPH dengan menyisir seluruh tahapan mulai dari bahan baku hingga proses penyajian.

    “Kami menyatakan dapur MBG ini halal karena telah melalui pengecekan bahan baku, verifikasi penyimpanan, dan penyajiannya pun sesuai standar halal. Ini dapur yang halal,” kata Haikal Hasan, Senin (30/6/2025).

    Haikal menegaskan sejak masa pemerintahan Presiden Prabowo Subianto, regulasi produk halal telah menjadi mandatori nasional.

    Oleh karena itu, seluruh dapur dalam program MBG di bawah koordinasi Badan Gizi Nasional diwajibkan menerapkan prinsip halal sebagai bagian dari komitmen negara terhadap keamanan pangan dan nilai keagamaan.

    “Di zaman Presiden Prabowo Subianto terjadi perubahan luar biasa. Halal kini jadi mandatori, bukan opsional. Dan ini diterapkan secara konsisten di semua dapur MBG,” tegasnya.

    Ia mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mendukung program MBG sebagai bentuk konsolidasi antara gizi berkualitas dan kehalalan pangan nasional, dua aspek yang sangat penting bagi kesehatan sekaligus spiritualitas bangsa.

    “Yuk kita dukung makanan Indonesia—harus bergizi dan juga halal,” ajaknya seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Hamzah Aryanto, Senin (30/6). 

    Pernyataan ini memperkuat posisi Dapur MBG Jatisari sebagai model dapur nasional yang telah memenuhi standar kesehatan, gizi, dan kehalalan, dan siap direplikasi di seluruh daerah dalam upaya membangun generasi yang sehat, kuat, dan berakhlak. 

    Sumber : Radio Elshinta

  • Usai Disetop, Garuda Indonesia Kembali Operasikan Penerbangan Jakarta-Doha – Page 3

    Usai Disetop, Garuda Indonesia Kembali Operasikan Penerbangan Jakarta-Doha – Page 3

    Sebelumnya, Garuda Indonesia memutuskan untuk menutup rute penerbangan Jakarta-Doha, Qatar selama sepekan. Imbas konflik di Timur Tengah yang kian memanas antara Iran-Israel.

    Direktur Niaga Garuda Indonesia Ade R Susardi mengatakan, ruang udara (airspace) di sejumlah wilayah di Timur Tengah mengalami penutupan sejak Senin (23/6/2025) malam.

    Keputusan itu turut berdampak terhadap salah satu penerbangan Garuda Indonesia rute Jakarta-Doha, yang terpaksa putar balik akibat adanya informasi tersebut.

    “Kemarin kan sama Qatar airspace ditutup, tapi kita di-inform-nya pesawat udah terbang. Karena udah terbang, yaudah dikasih tahu ke kokpit, terus balik lagi deh pesawatnya,” jelasnya di Jakarta, Selasa (24/6/2025).

    “Setelah balik tadi malam, mendarat di KNO (Bandara Kualanamu) di Medan, istirahat dulu segala macam, isi bensin, baru dibawa ke Jakarta,” dia menambahkan.

    Situasi ini lantas membuat Garuda Indonesia bersiaga, dan ambil keputusan untuk menghentikan rute penerbangan Jakarta-Doha untuk sementara.

     

  • Menteri Komdigi Diminta Prabowo Siapkan Infrastruktur Digital untuk Sekolah Rakyat
                
                    
                        
                            Nasional
                        
                        28 Juni 2025

    Menteri Komdigi Diminta Prabowo Siapkan Infrastruktur Digital untuk Sekolah Rakyat Nasional 28 Juni 2025

    Menteri Komdigi Diminta Prabowo Siapkan Infrastruktur Digital untuk Sekolah Rakyat
    Tim Redaksi
    YOGYAKARTA, KOMPAS.com
    – Menteri Komunikasi dan Digital (Menkomdigi)
    Meutya Hafid
    memastikan bahwa kementeriannya siap memenuhi arahan Presiden Prabowo Subianto dalam menyiapkan infrastruktur digital dan internet cepat untuk program
    Sekolah Rakyat
    .
    Hal itu disampaikan Meutya usai mengikuti rapat terbatas (ratas) bersama Presiden Prabowo pekan ini, yang salah satunya membahas percepatan pelaksanaan program Sekolah Rakyat dan
    Sekolah Garuda
    .
    “Program prioritas Presiden ini memang sedang fokus pada penyiapan infrastruktur fisik, SDM guru, dan siswa. Nah, sekarang mulai masuk ke tahap pemeriksaan infrastruktur digitalnya,” kata Meutya di Yogyakarta, Sabtu (28/6/2025).
    Menurut Meutya, Presiden secara khusus meminta agar Sekolah Rakyat di seluruh Indonesia bisa mengakses layanan internet cepat, guna mendukung sistem
    smart education
    yang akan digunakan dalam pembelajaran.
    “Presiden ingin Sekolah Rakyat ini seperti
    smart education
    , jadi harus ada akses internet yang baik dan mumpuni,” ujar Meutya.
    Kemenkomdigi telah menurunkan tim ke sejumlah titik Sekolah Rakyat untuk memastikan kesiapan jaringan digital.
    Komdigi
    juga tengah mempercepat penyediaan layanan internet dengan kecepatan tinggi, yang akan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing sekolah.
    “Komdigi sudah langsung memeriksa beberapa sekolah dan menyiapkan internet dengan kecepatan yang baik. Di mana pun ada kebutuhan akses internet cepat, pasti akan kita bantu,” tambah Meutya.
    Ia menegaskan, tugas utama Kemenkomdigi dalam program ini adalah memastikan seluruh
    sekolah rakyat
    terkoneksi secara digital, khususnya melalui jaringan internet yang stabil dan cepat berbasis
    fiber optic
    .
    Selain infrastruktur digital, Meutya juga menekankan pentingnya komunikasi publik yang transparan agar masyarakat dapat memahami tujuan, manfaat, dan perkembangan dari program Sekolah Rakyat ini.
    “Melakukan komunikasi publik dengan baik, karena setiap program atas nama transparansi harus dapat tersampaikan dengan baik kepada masyarakat,” ujar Meutya.
    “Ya intinya di mana yang memerlukan akses internet cepat itu pasti kita akan bantu,” tegas dia.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Konflik Iran-Israel Mereda, Garuda Indonesia Kembali Buka Penerbangan Jakarta-Doha – Page 3

    Konflik Iran-Israel Mereda, Garuda Indonesia Kembali Buka Penerbangan Jakarta-Doha – Page 3

    Garuda Indonesia memutuskan untuk menutup rute penerbangan Jakarta-Doha, Qatar selama sepekan. Imbas konflik di Timur Tengah yang kian memanas antara Iran-Israel.

    Direktur Niaga Garuda Indonesia Ade R Susardi mengatakan, ruang udara (airspace) di sejumlah wilayah di Timur Tengah mengalami penutupan sejak Senin (23/6/2025) malam.

    Keputusan itu turut berdampak terhadap salah satu penerbangan Garuda Indonesia rute Jakarta-Doha, yang terpaksa putar balik akibat adanya informasi tersebut.

    “Kemarin kan sama Qatar airspace ditutup, tapi kita di-inform-nya pesawat udah terbang. Karena udah terbang, yaudah dikasih tahu ke kokpit, terus balik lagi deh pesawatnya,” jelasnya di Jakarta, Selasa (24/6/2025).

    “Setelah balik tadi malam, mendarat di KNO (Bandara Kualanamu) di Medan, istirahat dulu segala macam, isi bensin, baru dibawa ke Jakarta,” dia menambahkan.

    Situasi ini lantas membuat Garuda Indonesia bersiaga, dan ambil keputusan untuk menghentikan rute penerbangan Jakarta-Doha untuk sementara.

  • Garuda Indonesia Buka Lagi Rute Jakarta-Doha, Jalur Udara Qatar Aman?

    Garuda Indonesia Buka Lagi Rute Jakarta-Doha, Jalur Udara Qatar Aman?

    Bisnis.com, JAKARTA — Garuda Indonesia (GIAA) kembali mengoperasikan layanan penerbangan rute Jakarta – Doha pulang pergi (PP) usai jalur udara menuju Qatar telah memenuhi seluruh persyaratan keselamatan penerbangan.

    Direktur Operasi Garuda Indonesia, Tumpal M. Hutapea mengatakan penerbangan kembali tersebut merupakan hasil dari asesmen menyeluruh dan koordinasi intensif Garuda Indonesia dengan Qatar Airways sebagai mitra operasional juga didukung dengan informasi dari otoritas terkait lintas-negara.

    Dia menambahkan keputusan ini turut mempertimbangkan perkembangan kondisi geopolitik regional di wilayah udara Timur Tengah yang kini menunjukkan situasi yang semakin kondusif.

    “Sejumlah maskapai internasional lain juga telah memulai kembali melayani penerbangan menuju wilayah tersebut,” kata Tumpal dalam keterangannya, Sabtu (28/6/2025)

    Garuda Indonesia akan terus memantau perkembangan situasi secara cermat & intensif bersama otoritas penerbangan terkait, guna memastikan terjaganya keamanan penerbangan pada operasional rute ini.

    Hal ini, lanjutnya, dilakukan bersama otoritas penerbangan di Indonesia dan Qatar, serta dengan Qatar Airways. Langkah ini juga dilakukan untuk memastikan agar penerapan service recovery dapat berjalan secara optimal.

    Garuda Indonesia mengimbau seluruh penumpang yang akan melakukan perjalanan dari dan menuju Doha untuk secara berkala melakukan pengecekan terhadap status penerbangan melalui kanal informasi resmi Garuda.

    Garuda Indonesia senantiasa berkomitmen untuk menghadirkan layanan penerbangan yang aman, nyaman, dan andal bagi seluruh pengguna jasa.

    Sebelumnya, Garuda Indonesia menutup rute penerbangan Jakarta-Doha, Qatar, selama sepekan akibat meningkatnya eskalasi konflik di Timur Tengah yang melibatkan Israel dan Iran.

    Melansir laporan resmi Kementerian Perhubungan, beberapa wilayah Flight Information Region (FIR) di kawasan Timur Tengah memang mengalami penutupan sebagai imbas eskalasi konflik Iran–Israel.

    Sejumlah FIR yang sempat terdampak meliputi Kairo (Mesir), Tel Aviv (Israel), Baghdad (Irak), Suriah, Tehran, Bahrain, dan Doha (Qatar). Namun, untuk saat ini, hanya ruang udara Bahrain dan Qatar yang sudah kembali dibuka. 

  • Begini Strategi Danantara Bikin BUMN Jadi Perusahaan Kelas Dunia

    Begini Strategi Danantara Bikin BUMN Jadi Perusahaan Kelas Dunia

    Jakarta, CNBC Indonesia – Chief Investment Office (CIO) Badan Pengelola Investasi (BPI) Daya Anagata Nusantara (Danantara) Pandu Sjahrir mau mendorong perusahaan pelat merah mampu bersaing secara global. Salah satu upaya yang dilakukan melalui merekrut global talent masuk ke dalam BUMN.

    Dia mencontohkan rencana itu akan ia terapkan pada PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. yang sebelumnya sudah dipastikan mendapatkan pendanaan shareholder loan dari Danantara senilai Rp 6,65 triliun beberapa waktu lalu.

    “Garuda 2 hari lalu kita announced, kita pasti ngomong, kita mau bawa global talent ke dalam Garuda, untuk bisa meningkatkan productivity per kapita, itu yang paling penting. Karena dunia yang terjadi sekarang mau enggak mau perang terjadi di talenta juga,” kata Pandu, usai diskusi pada acara Asia Economic Summit, di The St. Regis Hotel, Jakarta, Kamis (26/6/2025).

    Menurutnya perusahaan pelat merah tidak bisa lagi hanya bersaing secara lokal, meski Indonesia memiliki pasar dalam negeri yang sangat besar. Untuk itu dia berpesan agar perusahaan pelat merah memiliki global mindset.

    “Kita gak bisa lagi hanya jadi hanya bahasanya jadi raja di negeri sendiri. Kita harus bisa menjadi pesaing juga di dunia global, dalam setiap industri,” katanya.

    Dalam kesempatan itu ia juga mengungkapkan Danantara juga mendorong BUMN untuk berinvestasi ke luar negeri. Namun, selektif pada investasi yang mampu menciptakan nilai tambah di dalam negeri, seperti pertukaran ilmu pengetahuan dan teknologi.

    Meski ia belum mau membeberkan sektor apa yang akan didorong untuk investasi di luar negeri.

    “Poinnya kita akan investasi, kita bisa invest di dunia, tapi kita ingin majority sepertinya kan di Indonesia, kalau kita invest di luar harus ada strategic benefit buat Indonesia,” kata Pandu.

    “Untuk sektor yang memang make sense untuk go global it should, untuk sektor yang memang harus fokus di dalam Indonesia ya udah fokus,” tambahnya.

    (dem/dem)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Suntikan Modal Danantara ke Garuda Indonesia Dapat Sorotan

    Suntikan Modal Danantara ke Garuda Indonesia Dapat Sorotan

    FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Pegiat media sosial, Maudy Asmara ikut menyoroti dukungan modal dari Danantara ke Garuda Indonesia.

    Lewat cuitan di akun media sosial X pribadinya, Maudy Asmara ikut membagikan terkait kabar ini.

    Dimana, Danantara resmi memberikan dukungan pendanaan awal senilai 405 juta dolar AS atau setara Rp6,65 triliun

    Dana tersebut merupakan bantuan modal untuk Garuda Indonesia.

    “Danantara resmi memberikan dukungan pendanaan awal senilai 405 juta dolar AS atau setara Rp6,65 triliun kepada Garuda Indonesia,” tulisnya dikutip Rabu (25/6/2025).

    Sebelumnya, Danantara melalui PT Danantara Asset Management (Persero) resmi menyuntik dana ke PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk alias GIAA.

    Tak tanggung-tanggung dana sebesar Rp6,65 triliun ini diberikan sebagai suntikan modal.

    Uang sebanyak itu berstatus pinjaman pemegang saham (shareholder loan) dan ditujukan untuk mendanai kebutuhan maintenance, repair, and overhaul (MRO).

    Komitmen awal Danantara ini menjadi bagian dari total rencana dukungan pendanaan senilai US$1 miliar alias Rp16,32 triliun (asumsi kurs Rp16.329 per dolar AS). (Erfyansyah/fajar)

  • Danantara Suntik Dana Jumbo ke Garuda Indonesia, Nilainya Bakal Tembus Rp16,3 Triliun?

    Danantara Suntik Dana Jumbo ke Garuda Indonesia, Nilainya Bakal Tembus Rp16,3 Triliun?

    PIKIRAN RAKYAT – Transformasi besar-besaran tengah digulirkan di tubuh Garuda Indonesia. Maskapai nasional yang sempat tertatih dalam pusaran krisis kini mendapat suntikan finansial strategis dari PT Danantara Asset Management (Persero), anak perusahaan Danantara Indonesia.

    Pinjaman pemegang saham atau shareholder loan senilai Rp6,65 triliun atau setara 405 juta dolar AS telah resmi dikucurkan sebagai bagian awal dari paket pendanaan yang diproyeksikan mencapai hingga Rp16,3 triliun (setara 1 miliar dolar AS).

    Langkah ini menjadi babak baru dalam restrukturisasi dan transformasi Garuda Indonesia, dengan Danantara Indonesia mengambil peran lebih dari sekadar penyandang dana.

    Pendanaan Strategis: Lebih dari Sekadar Modal

    Chief Operating Officer Danantara Indonesia, Dony Oskaria, menegaskan bahwa investasi ini merupakan komitmen jangka panjang untuk menghidupkan kembali dan memperkuat Garuda Indonesia.

    “Penyaluran dana ini adalah bentuk nyata dari mandat transformasi yang kami emban, dengan pendekatan yang profesional, terukur, dan mengedepankan prinsip tata kelola yang baik. Kami bukan sekadar memberikan pendanaan, namun hadir sebagai pemegang saham dengan mandat yang jelas dan pendekatan institusional,” ujar Dony dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa 24 Juni 2025.

    Dukungan ini difokuskan pada aspek vital operasional, seperti perawatan, perbaikan, dan pemeriksaan armada, baik untuk Garuda Indonesia sebagai full service carrier (FSC) maupun Citilink sebagai low cost carrier (LCC). Pendanaan ini menjadi fondasi dari transformasi jangka panjang yang akan melibatkan optimalisasi bisnis, efisiensi finansial, serta penguatan tata kelola perusahaan.

    Menatap 2030: 120 Pesawat dan Pendapatan Positif

    Direktur Utama Garuda Indonesia, Wamildan Tsani, menyebut kemitraan dengan Danantara sebagai tonggak penting dalam restrukturisasi perusahaan. Ia optimistis bahwa bantuan ini menjadi katalisator menuju pemulihan operasional penuh.

    “Kami meyakini bahwa keberhasilan penyehatan kinerja tidak hanya bergantung pada dukungan finansial semata, namun juga pada komitmen perusahaan yang didukung oleh berbagai pihak untuk menata ulang strategi operasional dan bisnis secara menyeluruh,” tutur Wamildan.

    Garuda Indonesia menargetkan mengoperasikan sekitar 120 pesawat hingga 2030, seiring upaya ekspansi jaringan dan penguatan armada. Wamildan memperkirakan bahwa tahun 2026 akan menjadi titik balik penting, saat Garuda Indonesia mulai kembali mencetak laba bersih (net income) positif.

    “Kami optimistis, kita akan membukukan net income yang positif dan ini menjadi bagian dari peningkatan dan optimasi dari operasional perusahaan,” ujarnya.

    Kolaborasi Jangka Panjang: Akselerasi dan Tata Kelola

    Kerja sama dengan Danantara tak hanya menyuntikkan dana segar, namun juga membawa pendekatan institusional dalam menjalankan transformasi. Proses akan dijalankan secara bertahap, dengan evaluasi rutin atas pencapaian dan akuntabilitas.

    “Danantara memastikan proses transformasi berjalan sesuai rencana. Setiap tahapan akan dievaluasi berdasarkan capaian. Fokus utama kami adalah menjaga keberlangsungan operasional serta kualitas layanan Garuda Indonesia dan Citilink,” kata Dony Oskaria.

    Transformasi menyeluruh ini juga diarahkan untuk mendorong Garuda menjadi maskapai yang berkelanjutan dan berdaya saing tinggi di kawasan. Upaya tersebut sejalan dengan misi untuk berkontribusi terhadap pembangunan ekonomi nasional yang inklusif dan tangguh.***

  • Danantara Guyur Modal Lebih Besar untuk Citilink Ketimbang Garuda Indonesia – Page 3

    Danantara Guyur Modal Lebih Besar untuk Citilink Ketimbang Garuda Indonesia – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Badan Pengelola Investasi Daya Anagata Nusantara (Danantara) memberikan suntikan modal kepada PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk sebesar USD 405 juta, atau setara Rp 6,65 triliun.  

    Uang itu diberikan dalam bentuk pinjaman pemegang saham (shareholder loan) untuk Garuda Indonesia, dan juga Citilink sebagai anak perusahaan. Namun secara jumlah, Citilink justru mengantongi pinjaman lebih besar dibanding sang induk.    

    Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Garuda Indonesia Prasetio mengatakan, suntikan modal USD 404 juta dari Danantara diberikan lebih banyak untuk Citilink demi restorasi armada pesawat. 

    “Yang USD 405 juta dibagi sekitar USD 111 juta untuk Garuda, sisanya USD 290 juta sekian untuk Citilink. Tahap pertama mayoritas untuk Citilink, untuk restorasi. Kurang lebih 15 pesawat. Kalau kita (Garuda Indonesia) 10 pesawat, untuk maintain,” jelasnya di Jakarta, dikutip Rabu (25/6/2025).

    Mengutip keterbukaan informasi PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, dari total penyertaan modal Rp 6,65 triliun, Citilink mendapat shareholder loan sebesar maksimal Rp 4,83 triliun. Sehingga nilai bersih yang diterima Garuda Indonesia sebesar maksimal Rp 1,82 triliun. 

    Latar belakang dari pelaksanaan transaksi ini untuk memenuhi kebutuhan pendanaan dalam rangka menjaga keberlangsungan usaha Garuda Indonesia Group. Sebab, meskipun sudah terlihat perbaikan kinerja operasional dan finansial pasca restrukturisasi penyelamatan, perseroan dinilai masih punya beberapa kendala yang menghambat penyebaran perusahaan.

  • Konflik Iran-Israel Belum Reda, Kemenhub Wanti-Wanti Maskapai Waspada – Page 3

    Konflik Iran-Israel Belum Reda, Kemenhub Wanti-Wanti Maskapai Waspada – Page 3

    Sebelumnya, Garuda Indonesia memutuskan untuk menutup rute penerbangan Jakarta-Doha, Qatar selama sepekan. Imbas konflik di Timur Tengah yang kian memanas antara Iran-Israel.

    Direktur Niaga Garuda Indonesia Ade R Susardi mengatakan, ruang udara (airspace) di sejumlah wilayah di Timur Tengah mengalami penutupan sejak Senin (23/6/2025) malam.

    Keputusan itu turut berdampak terhadap salah satu penerbangan Garuda Indonesia rute Jakarta-Doha, yang terpaksa putar balik akibat adanya informasi tersebut.

    “Kemarin kan sama Qatar airspace ditutup, tapi kita di-inform-nya pesawat udah terbang. Karena udah terbang, yaudah dikasih tahu ke kokpit, terus balik lagi deh pesawatnya,” jelasnya di Jakarta, Selasa (24/6/2025).

    “Setelah balik tadi malam, mendarat di KNO (Bandara Kualanamu) di Medan, istirahat dulu segala macam, isi bensin, baru dibawa ke Jakarta,” dia menambahkan.