BUMN: Garuda Indonesia

  • Jadwal Proliga 2025 Hari Ini, Jakarta Popsivo Vs Bandung BJB hingga Garuda Jaya Vs Surabaya Samator

    Jadwal Proliga 2025 Hari Ini, Jakarta Popsivo Vs Bandung BJB hingga Garuda Jaya Vs Surabaya Samator

    Jadwal Proliga 2025 Hari Kedua, Jakarta Popsivo Vs Bandung BJB hingga Jakarta Garuda Vs Surabaya Samator

    TRIBUNJATENG.COM – Pekan pertama Proliga 2025 akan memasuki hari kedua, Sabtu (4/1/2025).

    Pertandingan masih digelar di GOR Jatidiri, Semarang, sebagai tuan rumah.

    Berikut ini jadwal dan link live streaming pekan pertama Proliga 2025.

    Pemain Jakarta Electric PLN Marina Markova melakukan smash keras saat melawan Jakarta Pertamina Enduro pada putaran kedua babak final four PLN Mobile Proliga 2024 di GOR Jatidiri, Semarang, Jawa Tengah pada Sabtu (13/7). (istimewa)

    Jadwal pekan pertama Proliga 2025

    Pekan 1 (GOR Jatidiri, Semarang)

    Jumat (3/1/2025)

    16.00 WIB: Putri: Jakarta Electric PLN 3-0 Yogya Falcons
    18.30 WIB: Putra: Jakarta LavAni Mandiri Transmart 3-1 Jakarta Bhayangkara Presisi

    Sabtu (4/1/2025)

    14.00 WIB: Putri: Jakarta Popsivo Polwan vs Bandung bjb Tandamata
    16.00 WIB: Putri: Jakarta Livin Mandiri vs Jakarta Pertamina Enduro
    18.30 WIB: Putra: Jakarta Garuda Jaya vs Surabaya Samator

    Minggu (5/1/2025)

    14.00 WIB: Putri: Bandung bjb Tandamata vs Yogya Falcons
    16.00 WIB: Putri: Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia vs Jakarta Pertamina Enduro
    18.30 WIB: Putra: Jakarta Garuda Jaya vs Palembang Bank Sumsel Babel

    Jadwal Lengkap Proliga 2025

    Putaran I (3-19 Januari 2025)
    Lokasi: GOR Jatidiri Semarang : 3-5 Januari 2025
    Lokasi: GOR Tri Dharma Gresik : 10-12 Januari 2025
    Lokasi: GOR Ken Arok Malang : 17-19 Januari 2025.

    Putaran I & II ( 24-26 Januari 2025)
    Lokasi: Jawa Pos Arena Surabaya : 24-26 Jan 2025.

    Putaran II (7-23 Februari 2025)
    Lokasi: GOR Jalak Harupat Bandung : 7-9 Feb 2025
    Lokasi: GOR Terpadu Pontianak : 14-16 Feb 2025
    Lokasi: GOR PSCC Palembang : 21-23 Feb 2025.

    Putaran Final Four (17 April – 4 Mei 2025)
    Lokasi: GOR Jayabaya Kediri : 17-20 April 2025
    Lokasi: GOR Jatidiri Semarang : 24-27 April 2025
    Lokasi: GOR Sritex Arena Solo : 1-4 Mei 2025.

    Putaran Grand Final (10-11 Mei 2025)
    Lokasi: GOR Amongrogo Yogyakarta.

    Klub peserta Proliga 2025

    Tim Putra:

    Jakarta Bhayangkara Presisi
    Jakarta LavAni Livin Transmedia
    Palembang Bank Sumsel Babel
    Jakarta Garuda Jaya
    Surabaya Samator

    Tim Putri:

    Jakarta Electric PLN
    Jakarta Popsivo Polwan
    Jakarta Pertamina Enduro
    Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia
    Bandung Bjb Tandamata
    Jakarta Livin Mandiri
    Yogya Falcons

    Link Live Streaming

    LINK 1

    LINK 2

    (*)

  • Dibalik Pemecatan Jokowi di PDIP, Ketakutan Megawati Diungkap Teddy Gusnaidi

    Dibalik Pemecatan Jokowi di PDIP, Ketakutan Megawati Diungkap Teddy Gusnaidi

    FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Wakil Ketua Umum Partai Garuda Teddy Gusnaidi menyampaikan, Presiden RI ke-7, Joko Widodo atau Jokowi dipecat dari PDI Perjuangan karena Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri takut.

    “”Saya bisa saja katakan bahwa Jokowi dipecat karena Megawati takut, arus bawah inginkan Jokowi jadi ketua umum PDIP, karena sangat layak,” kata Teddy Gusnaidi dalam akun X pribadinya, Jumat, (3/1/2025).

    Teddy Gusnaidi menyebut Megawati takut jika sampai arus bawah inginkan Jokowi menjadi Ketua Umum PDIP. Hal itu kata dia tidak sulit karena Jokowi sangat layak setelah pernah menjadi presiden dan bisa mengembalikan kejayaan PDIP.

    Selain beliau pernah jadi Presiden RI, Prestasi beliau juga mengembalikan kejayaan PDIP,” tambah Teddy Gusnaidi.

    Lebih lanjut dua menyindir para tokoh yang selalu mengadakan podcast dengan menyebarkab informasu tanpa ada bukti.

    “Cuma saya bukan kayak podcast-podcast dan tokoh-tokoh kutu busuk itu yang kerjaannya menyebarkan informasi tanpa ada bukti. Itulah bedanya saya dan mereka, saya menggunakan ilmu dalam berpendapat dan mereka menggunakan pantat dalam berpendapat,” tuturnya.

    Sebelumnya, Jokowi dan Wapres yang sekaligus putranya sendiri Gibran Rakabuming Raka beserta Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution yang juga menantunya dipecat secara resmi dari PDI Perjuangan.

    Kans Jokowi tersebut dipecat bersama 27 kader lainnya. Hal itu sesuai dengan SK bernomor Surat Keputusan No 1649/KPTS/DPP/XII/2024, No 1650/KPTS/DPP/XII/2024 dan No 1651/KPTS/DPP/XII/2024.

  • Garuda Indonesia-Pelita Air Siap Merger?

    Garuda Indonesia-Pelita Air Siap Merger?

    Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyebutkan rencana penggabungan atau merger maskapai penerbangan Garuda Indonesia dan Pelita Air telah masuk dalam peta jalan (road map) enam bulan ke depan.
     
    Erick mengatakan pihaknya sudah mengumpulkan Direktur Utama PT Garuda Indonesia dan PT Pelita Air, termasuk Direktur Utama Citilink sebagai anak usaha Garuda Indonesia, guna membahas peta jalan enam bulan ke depan.
     
    “Ya ini kembali (pertemuan), ini bagian road map yang enam bulan ke depan. Kenapa saya kumpulkan hari ini? Itu menjadi bagian diskusinya (mengenai rencana penggabungan maskapai milik BUMN),” kata Erick, saat jumpa pers, dilansir Antara, Jumat, 3 Januari 2025.
    Erick menyampaikan hal itu seusai rapat dengan berbagai BUMN aviasi yakni Direktur Utama Garuda Indonesia Wamildan Tsani Pandjaitan; Direktur Utama Pelita Air Dendy Kurniawan; Direktur Utama Citilink Indonesia Dewa Kadek Rai; pihak InJourney Airports, dan Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau AirNav Indonesia.
     
    Rapat tersebut membahas terkait upaya menjaga keselamatan penerbangan Indonesia di tengah maraknya insiden kecelakaan penerbangan di beberapa negara, persiapan antisipasi lonjakan penumpang Lebaran 2025 termasuk diskusi mengenai peleburan Garuda Indonesia dan Pelita Air.
     
     

     

    Penggabungan tiga maskapai BUMN diharap rampung tahun ini

    Erick menuturkan nantinya penggabungan tiga perusahaan maskapai penerbangan milik BUMN tersebut akan dipisahkan baik dari sisi pengelola bandara dan penerbangannya.
     
    Sementara itu, untuk penerbangan akan dibicarakan lebih lanjut mengenai sinergi dan restrukturisasinya.
     
    “Kalau antara airport dan penerbangan tetap dipisah. Tetapi antara penerbangan ini nanti tentu kita bicara bagaimana sinergi dan juga restrukturisasinya,” kata Erick.
     
    “Tetapi ekosistem penyelesaian industri penerbangan dan seluruh servisnya tidak berhenti karena itu kan B2B korporasinya. Tapi kalau blueprint-nya, rancangannya itu ya nggak di-delay. Itu kan bagian dari bagaimana kita konsolidasi yang lebih bisa maksimal,” tambah Erick.
     
    Erick berharap penggabungan dari tiga perusahaan maskapai tersebut dapat rampung pada tahun ini. Hal itu juga merupakan bagian dari solusi efisiensi penerbangan.
     
    “Ya ini enam bulan, kalau bisa tahun ini. Kenapa tahun kemarin nggak? Loh kajiannya kan semuanya. Nggak bisa sepotong, kan yang penting intinya, solusi buat efisiensi penerbangan nasional ini,” ungkap Erick.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (AHL)

  • Kecelakaan Jeju Air, Korsel Perpanjang Inpeksi Boeing 737-800

    Kecelakaan Jeju Air, Korsel Perpanjang Inpeksi Boeing 737-800

    Jakarta, CNBC Indonesia – Kementerian Transportasi Korea Selatan (Korsel) memperpanjang inspeksi selama seminggu terhadap seluruh 101 jet Boeing 737-800 yang dioperasikan oleh maskapai negara tersebut. Hal ini terjadi setelah kecelakaan pesawat Jeju Air seri tersebut yang menewaskan 179 orang akhir pekan lalu.

    Dalam keterangan Jumat (3/1/2025), inspeksi tersebut seharusnya selesai pada hari Jumat tetapi diperpanjang hingga 10 Januari untuk pemeriksaan tambahan. Langkah ini diambil setelah pembuat mesin jet, General Electric (GE), bergabung dalam penyelidikan itu.

    Kementerian mengatakan akan memeriksa mesin, catatan perawatan, dan roda pendaratan pada seluruh 737-800, dan operasi maskapai penerbangan dapat ditangguhkan karena pelanggaran serius. Mesin pesawat diketahui diproduksi di bawah usaha patungan CFM International milik GE dengan Safran.

    “Inspeksi tersebut seharusnya selesai pada hari Jumat tetapi diperpanjang hingga 10 Januari untuk pemeriksaan tambahan, seperti apakah maskapai penerbangan menghabiskan cukup waktu untuk melakukan perawatan dan mengamankan suku cadang untuk perbaikan,” kata seorang pejabat kementerian kepada wartawan.

    Kementerian Transportasi juga mengadakan pertemuan darurat dengan para kepala eksekutif dari 11 maskapai penerbangan, untuk membahas langkah-langkah guna meningkatkan keselamatan penerbangan. Ini termasuk dua maskapai ternama Negeri Ginseng, Korean Air dan Asiana Airlines.

    “Penyelidik akan menganalisis data pada 107 ponsel yang ditemukan dari lokasi kecelakaan, termasuk pesan teks, untuk mendapatkan petunjuk tentang apa yang terjadi menjelang kecelakaan tersebut,” kata Yonhap News.

    Meskipun belum jelas apa yang menyebabkan bencana tersebut, kecelakaan Jeju Air menambah persoalan keselamatan Boeing. Padahal, Boeing telah diterpa sejumlah insiden yang melibatkan seri penerus 737, 737 MAX.

    Boeing 737-800 merupakan salah satu pesawat narrow body Boeing yang paling laris di pasaran dunia. Banyak maskapai besar seperti American Airlines, Ryanair, China Eastern, hingga Turkish Airlines merupakan pengguna pesawat yang bisa terbang dengan daya jelajah 5.700 km ini.

    Di Indonesia, seri pesawat ini digunakan oleh sejumlah maskapai penerbangan. Seperti Garuda Indonesia, Lion Air, Sriwijaya Air, BBN Airlines, dan Batik Air.

    (sef/sef)

  • Partai Garuda Harap Parliamentary Threshold Juga Dihapus Setelah Ambang Batas Presiden Ditiadakan

    Partai Garuda Harap Parliamentary Threshold Juga Dihapus Setelah Ambang Batas Presiden Ditiadakan

    Partai Garuda Harap Parliamentary Threshold Juga Dihapus Setelah Ambang Batas Presiden Ditiadakan
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com
    – Wakil Ketua Umum Partai Garuda
    Teddy Gusnaidi
    meminta agar ambang batas parlemen (
    parliamentary threshold
    ) juga dihapus.
    Hal tersebut disampaikan Teddy dalam merespons
    Mahkamah Konstitusi
    (MK) yang telah menghapus ambang batas pencalonan presiden (
    presidential threshold
    ).
    “Memang arahnya sudah seperti itu, dari perubahan
    threshold
    pilkada, lalu kini
    presidential threshold
    . Tinggal menunggu waktu
    parliamentary threshold
    dihapus,” ujar Teddy kepada
    Kompas.com
    , Jumat (3/1/2024).
    Menurut Teddy,
    parliamentary threshold
    memang sudah seharusnya dihapus, mengingat
    presidential threshold
    juga sudah ditiadakan.
    Dia berpandangan bahwa penghapusan
    presidential threshold
    ini adalah hal yang baik.
    “Dan memang harus dihapus karena
    parliamentary threshold
    sudah kehilangan daya rekatnya dengan adanya putusan MK yang menghapus
    presidential threshold
    ,” ujarnya.
    MK telah menghapus ketentuan ambang batas pencalonan presiden dan calon wakil presiden atau
    presidential threshold.
    Hal tersebut diputuskan dalam sidang perkara nomor 62/PUU-XXII/2024 yang digelar di Ruang Sidang MK, Jakarta, Kamis (2/1/2025).
    “Mengabulkan permohonan para pemohon untuk seluruhnya,” ujar Ketua MK Suhartoyo, saat membacakan putusan.
    “Menyatakan norma Pasal 222 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2017 Nomor 182, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 6109) bertentangan dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat,” ujarnya.
    MK memutuskan untuk menghapus
    presidential threshold
    karena aturan ini dinilai bertentangan dengan hak politik dan kedaulatan rakyat.
    Selain itu, aturan tersebut juga melanggar moralitas, rasionalitas, dan ketidakadilan yang
    intolerable
    serta nyata-nyata bertentangan dengan UUD 1945.
    “Pergeseran pendirian tersebut tidak hanya menyangkut besaran atau angka persentase ambang batas, tetapi yang jauh lebih mendasar adalah rezim ambang batas pengusulan pasangan calon presiden dan wakil presiden (
    presidential threshold
    ) berapapun besaran atau angka persentasenya adalah bertentangan dengan Pasal 6A ayat (2) UUD NRI Tahun 1945,” ujar Wakil Ketua MK.
    Dalam putusannya, MK juga mempertimbangkan bahwa pemilihan presiden (pilpres) yang berjalan selama ini didominasi oleh partai peserta pemilu tertentu.
    MK berpandangan bahwa hal tersebut berdampak pada terbatasnya hak konstitusional pemilih untuk mendapatkan alternatif yang memadai terkait pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).
    Jika
    presidential threshold
    terus dipertahankan, MK khawatir akan muncul kecenderungan Pilpres hanya diikuti oleh dua pasangan calon.
    Selain itu, masyarakat dapat dengan mudah terjebak dalam polarisasi atau terbelah karena hanya ada dua pasangan calon yang maju dalam pilpres.
    Ada juga kemungkinan pilpres diikuti oleh calon tunggal, seperti dalam pemilihan kepala daerah (pilkada).
    Hal tersebut berpotensi menghalangi pelaksanaan pemilihan secara langsung oleh rakyat dan menyediakan banyak pilihan capres dan cawapres.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Rupiah Masih Tak Sanggup Lawan Kedigdayaan Dolar AS

    Rupiah Masih Tak Sanggup Lawan Kedigdayaan Dolar AS

    Jakarta: Nilai tukar (kurs) rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada penutupan perdagangan hari ini mengalami pelemahan. Meskipun, pelemahan yang dialami mata uang Garuda tersebut lebih kecil ketimbang perdagangan pagi.
     
    Mengutip data Bloomberg, Kamis, 2 Januari 2025, nilai tukar rupiah terhadap USD ditutup di level Rp16.198 per USD. Mata uang Garuda tersebut melemah sebanyak 66 poin atau setara 0,41 persen dari posisi Rp16.132 per USD pada penutupan perdagangan sebelumnya.
     
    “Pada perdagangan sore ini, mata uang rupiah ditutup melemah 66 poin walaupun sebelumnya sempat melemah 110 poin di level Rp16.198 per USD dari penutupan sebelumnya di level Rp16.132 per USD,” kata analis pasar uang Ibrahim Assuaibi dalam analisis hariannya.
    Sementara itu, data Yahoo Finance juga menunjukkan rupiah berada di zona merah pada posisi Rp16.190 per USD. Rupiah turun sebanyak 100 poin atau setara 0,62 persen dari Rp16.090 per USD di penutupan perdagangan hari sebelumnya.
     
    Sedangkan berdasar pada data kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor), rupiah berada di level Rp16.236 per USD. Mata uang Garuda tersebut turun sebanyak 79 poin dari perdagangan sebelumnya di level Rp16.157 per USD.
     

     

    PMI manufaktur RI kembali ekspansif

    Purchasing Manager Index (PMI) manufaktur Indonesia kembali ekspansif usai berada di zona kontraksi selama lima bulan beruntun. Berdasarkan laporan terbaru S&P Global, PMI manufaktur Indonesia menguat ke level 51,2 pada Desember 2024 dari sebelumnya terkontraksi di 49,6 pada November 2024. Indeks kinerja manufaktur ini merupakan yang tertinggi sejak Mei 2024.
     
    Kenaikan PMI tersebut didorong oleh kenaikan volume produksi dan permintaan baru secara bersamaan. Secara keseluruhan, produksi naik pada tingkat sedang. Namun, pada laju lebih cepat dibandingkan November 2024.
     
    Permintaan pasar secara umum dilaporkan menguat, baik di dalam maupun luar negeri. Volume penjualan ekspor baru naik, meski marginal, untuk pertama kali hanya dalam waktu kurang dari satu tahun.
     
    Perekonomian manufaktur Indonesia berakhir pada 2024 dengan catatan positif. Ekspansi untuk pertama kali sejak pertengahan tahun menunjukkan penjualan dan output naik. Terlebih lagi, besar harapan tren positif ini akan berlanjut.
     
    Banyak perusahaan optimistis produksi naik pada tahun ini, karena kondisi makro ekonomi stabil dan daya beli klien membaik sehingga lapangan kerja dan aktivitas pembelian naik.
     
    Selain itu, Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan inflasi mencapai 0,44 persen (month to month/mtm) dan 1,57 persen (year on year/yoy) pada Desember 2024. Inflasi tahunan (yoy) yang tercatat pada Desember juga menjadi inflasi pada tahun berjalan.
     
    Dengan hanya mencatat inflasi 1,57 persen, inflasi 2024 akan menjadi yang terendah dalam sejarah Indonesia. Sebagai catatan, inflasi terendah yang pernah dicatat BPS sebelumnya adalah pada 2020 yakni 1,68 persen.
     
    “Rendahnya inflasi 2024 disebabkan sejumlah faktor mulai dari melemahnya daya beli serta melandainya harga bahan pangan pokok setelah terbang pada 2022 dan 2023,” terang Ibrahim.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (HUS)

  • Terbantu Lelang SBRI, Rupiah Tersenyum ke Rp16.197 Sore Ini

    Terbantu Lelang SBRI, Rupiah Tersenyum ke Rp16.197 Sore Ini

    Jakarta, CNN Indonesia

    Nilai tukar rupiah bertengger di Rp16.197 per dolar AS pada Jumat (3/1) sore. Mata uang Garuda menguat 1 poin atau plus 0,01 persen dari perdagangan sebelumnya.

    Sementara itu, kurs referensi Bank Indonesia (BI) Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) menempatkan rupiah ke posisi Rp16.217 per dolar AS pada perdagangan hari ini.

    Mata uang di kawasan Asia terpantau bergerak bervariasi. Tercatat, peso Filipina melemah 0,50 persen, baht Thailand minus 0,14 persen, ringgit Malaysia minus 0,43 persen, dan dolar Hong Kong 0,03 persen.

    Sedangkan won Korea Selatan menguat 0,12 persen, dolar Singapura plus 0,04 persen, dan yen Jepang plus 0,17 persen.

    Sedangkan mata uang di negara maju menguat. Poundsterling Inggris menguat 0,11 persen, euro Eropa plus 0,16 persen, dan franc Swiss plus 0,21 persen, dolar Australia menguat 0,13 persen, dan dolar Kanada plus 0,04 persen.

    Analis Doo Financial Futures Lukman Leong mengatakan rupiah menguat terhadap dolar AS karena tingginya minat investor dalam lelang SBRI.

    “Selain itu, indeks dolar AS juga terpantau terkoreksi dari level tertinggi dalam dua tahun,” katanya.

    (fby/agt)

  • Total Penumpang Pesawat Naik 10,2 Persen selama Libur Nataru Lampaui Prediksi

    Total Penumpang Pesawat Naik 10,2 Persen selama Libur Nataru Lampaui Prediksi

    Jakarta, Beritasatu.com – Plt Direktur Jenderal Perhubungan Udara Lukman F Laisa mengatakan, total penumpang pesawat meningkat sebesar 10,2 persen selama masa angkutan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 atau libur Nataru. Jumlah ini melampaui prediksi yang diperkirakan mencapai 5 persen.

    “Ternyata animo masyarakat untuk menggunakan pesawat selama Nataru cukup tinggi. Jumlah penumpang pesawat meningkat sebanyak 10 persen dibanding tahun lalu. Jumlah ini di atas prediksi sebelumnya yang hanya 5 persen,” ujar Lukman dalam keterangannya, Jumat (3/1/2025).

    Selama 18 Desember 2024 hingga 1 Januari 2025, jumlah penumpang pesawat pada libur Naaru mencapai 3.875.032 orang. Jumlah ini meningkat 359.177 orang atau 10,2 persen dari jumlah hari yang sama di masa Nataru 2024 yang sebesar 3.515.855 orang.

    Lukman menjelaskan, penerbangan domestik paling mendominasi selama periode tersebut. Perinciannya, sebanyak 3.015.813 penumpang melakukan perjalanan dalam negeri (berdasarkan pemantauan di 56 bandara) dan 859.219 penumpang melakukan perjalanan luar negeri (berdasarkan pemantauan di 17 bandara).

    Destinasi domestik dengan pergerakan penumpang terbanyak hingga saat ini adalah tujuan Denpasar, Kualanamu, dan Surabaya. Sementara, untuk destinasi internasional dengan pergerakan penumpang dari dan menuju Indonesia terbanyak adalah ke negara Singapura, Malaysia, dan Australia.

    Kenaikan penumpang domestik ini diakui juga oleh maskapai penerbangan nasional, seperti Garuda Indonesia Group. Adapun jumlah penumpang pesawat Garuda Indonesia dan Citilink meningkat 24 persen pada masa Nataru.

    “Garuda Indonesia Group telah mengoperasikan 482 penerbangan, termasuk 44 extra flight, selama masa Nataru ini,” jelas Direktur Utama PT Garuda Indonesia Wamildan Tsani Panjaitan dalam menanggapi kenaikan penumpang pesawat saat libur Nataru.

  • Tak Cuma Boeing, Garuda Buka Peluang Beli Pesawat dari China

    Tak Cuma Boeing, Garuda Buka Peluang Beli Pesawat dari China

    Jakarta, CNN Indonesia

    Garuda Indonesia membuka peluang untuk membeli pesawat selain dari perusahaan Amerika Serikat (AS), The Boeing Company. Salah satunya
    dari perusahaan China Commercial Aircraft Corp of China Ltd. (Comac).

    Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Wamildan Tsani Panjaitan mengatakan pihaknya sedang menjalin pembicaraan dengan Comac.

    “Sampai sekarang itu masih menjadi kajian kami. Kalau komunikasi sudah dimulai, tapi kan sampai betul-betul pesawatnya kita operasikan prosesnya masih panjang sekali,” katanya dalam konferensi pers di kantor Kementerian BUMN, Kamis (2/1).

    Wamildan mengatakan Garuda Indonesia menargetkan penambahan 20 pesawat pada 2025 di mana dua pesawat merek Boeing akan datang Januari ini. Meski begitu, ia tak menyebut secara rinci merek seluruh 20 pesawat yang akan ditambah tahun ini.

    Ia hanya mengatakan dunia penerbangan internasional memang sedang kesulitan mencari pesawat yang baru maupun bekas.

    “Kalau pertanyaan tadi mereknya apa, jadi hal ini sudah menjadi hal yang terjadi di dunia saat ini betapa sulitnya kita akan mencari pesawat yang available baik baru maupun yang second. Tentunya ini bukan menjadi pilihan tetapi dengan semangat bahwa kita ingin tetap merampingkan jumlah pesawat yang ada, tentunya kita akan memaksimalkan pesawat apa, jenis apa yang akan kita peroleh selama tahun 2025,” katanya.

    Sebelumnya, Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan jumlah pesawat Garuda Indonesia memang sangat kurang. Jumlah pesawat Garuda Group berkurang dari 150 unit sebelum pandemi menjadi hanya 90 unit saat ini.

    “Berarti kan kurang memang pesawat kita. Nah, karena kurang pesawat, wajar kalau misalnya BUMN juga mencari celah, apakah bisa ada penambahan pesawat,” katanya.

    Terkait sumber dana untuk penambahan armada, Arya masih belum bisa memastikan. Sumbernya bisa campuran dari keuangan Garuda dan didukung oleh Kementerian BUMN

    “Nah, nanti kita akan carikan cara bagaimana dengan misalnya tadi kan Pak Dirut sudah katakan bahwa ada kombinasi antara kemampuan finansialnya Garuda dengan dorongan dari kita. Kami masih nunggu proposal dari Garuda,” katanya.

    (fby/agt)

  • Rupiah Keok ke Rp16.202/USD

    Rupiah Keok ke Rp16.202/USD

    Jakarta: Kurs rupiah pada pembukaan perdagangan pagi ini bergerak melemah. Mata uang Garuda itu tak mampu mempertahankan penguatannya sejak kemarin.
     
    Melansir data Bloomberg, Jumat, 3 Januari 2025, rupiah melemah ke level Rp16.202 per USD dibandingkan penutupan perdagangan sebelumnya di posisi Rp16.198 per USD.
     
    Pada perdagangan hari ini, nilai tukar rupiah sudah bergerak melemah hingga 4,5 poin atau setara 0,03 persen.
    Senada, melansir data Yahoo Finance, rupiah diperdagangkan ke posisi Rp16.211 per USD. Gerak rupiah terpantau melemah hingga 22 poin atau setara 0,13 persen.
     
     

     

    Dolar AS menguat

    Mata uang dolar Amerika Serikat (AS) menguat pada perdagangan Kamis waktu setempat. Melansir Xinhua, Jumat, 3 Januari 2024, indeks dolar, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, naik 0,84 persen menjadi 109,394.
     
    Pada perdagangan terakhir di New York, euro turun menjadi 1,0251 dolar AS dari 1,0358 dolar pada sesi sebelumnya, dan pound Inggris turun menjadi 1,2369 dolar dari 1,2516 dolar pada sesi sebelumnya.
     
    Dolar AS dibeli 157,62 yen Jepang, lebih tinggi dari 157,40 yen Jepang pada sesi sebelumnya. Dolar AS naik menjadi 0,9134 franc Swiss dari 0,9077 franc Swiss, dan naik menjadi 1,4418 dolar Kanada dari 1,4393 dolar Kanada. Dolar AS naik menjadi 11,1682 kronor Swedia dari 11,0518 kronor Swedia.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (AHL)