BUMN: BRI

  • Apa Itu Alat Pembayaran Nontunai? Ini Pengertiannya

    Apa Itu Alat Pembayaran Nontunai? Ini Pengertiannya

    Jakarta: Saat ini, alat pembayaran nontunai semakin banyak digunakan oleh banyak orang. Dengan kemajuan teknologi, cara pembayaran ini memberikan kemudahan dan kecepatan dalam bertransaksi.
     
    Berbeda dengan pembayaran menggunakan uang tunai, alat pembayaran nontunai memanfaatkan sistem elektronik untuk melakukan pembayaran. Metode ini membuat transaksi jadi lebih praktis, cepat, dan aman.
     
    Berikut penjelasan singkat mengenai Alat pembayaran nontunai beserta contoh dan jenisnya, seperti dikutip dari laman resmi BRI.
     
    Pengertian alat pembayaran nontunai

    Sistem pembayaran nontunai adalah cara pembayaran yang tidak menggunakan uang tunai, melainkan melalui alat seperti kartu pembayaran, cek, bilyet giro, nota debit, atau uang elektronik.
    Pembayaran ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu transaksi besar (wholesale) yang biasanya melibatkan jumlah uang besar, dan transaksi ritel yang sering dilakukan untuk pembelian sehari-hari.
     
    Contoh alat pembayaran nontunai
     

    1. Pembayaran Berbasis Kertas

    – Cek
    Cek adalah alat pembayaran non-tunai dalam bentuk surat yang memberi perintah untuk menarik uang dari rekening. Jumlah uang yang bisa dicairkan sudah tercantum di cek dan bank akan memproses sesuai nominal tersebut.
     
    – Giro
    Giro juga alat pembayaran non-tunai, tetapi fungsinya untuk memindahkan uang antar rekening, bukan mencairkan uang tunai. Surat ini digunakan untuk memindahkan sejumlah uang dari satu rekening ke rekening lainnya.
     
    – Nota debit
    Nota debit adalah surat yang dikeluarkan bank untuk menagih utang seseorang. Pembayaran dilakukan melalui sistem kliring dengan jumlah dan waktu yang sudah disepakati sebelumnya.
     
    – Nota kredit
    Nota kredit adalah dokumen yang digunakan untuk memindahkan uang antar nasabah melalui kliring, dan diterbitkan oleh bank sebagai bukti transaksi.
     

     

    2. Pembayaran Berbasis Kartu

    – Kartu kredit
    Kartu kredit memungkinkan kamu untuk bertransaksi dengan cara utang. Kamu harus memantau batas kredit dan membayar utang tersebut di akhir periode sesuai dengan jumlah yang digunakan.
     
    – Kartu debit
    Kartu debit memungkinkan pembayaran langsung yang memotong saldo di rekening. Contohnya, layanan BRI Direct Debit, yang hanya perlu registrasi sekali dan menggunakan kode OTP untuk memastikan transaksi aman.
     

    3. Pembayaran Berbasis Elektronik (E-money)

    E-money adalah pembayaran yang menggunakan saldo prabayar yang bisa diisi ulang sesuai kebutuhan. Ada dua jenis e-money: berbasis kartu dan berbasis server.
     
    – Berbasis kartu (card-based)
    E-money berbasis kartu, seperti BRIZZI, digunakan untuk melakukan pembayaran di tempat yang menerima transaksi e-money. Kamu juga bisa menggunakannya untuk bayar tol, parkir, atau transportasi umum.
     
    – Berbasis server (server-based)
    E-wallet atau dompet digital adalah e-money berbasis server yang bisa digunakan lewat aplikasi di smartphone. Kamu bisa mengisi saldo e-wallet dengan mudah melalui internet, seperti dengan BRI Virtual Account (BRIVA).
     
    Berbagai metode pembayaran digital kini membuat transaksi menjadi lebih mudah, cepat, dan aman. Dengan pilihan seperti cek, giro, kartu, dan e-money, kita bisa memilih cara yang paling sesuai dengan kebutuhan.
     
    Teknologi yang terus berkembang mempermudah kita melakukan transaksi, baik untuk kebutuhan besar maupun rutin. (Nanda Sabrina Khumairoh)
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (HUS)

  • Tarif PPN 12% Bakal Ditunda, Ekonom: Tak Jelas Maju Mundur – Page 3

    Tarif PPN 12% Bakal Ditunda, Ekonom: Tak Jelas Maju Mundur – Page 3

    Bagi rumah tangga miskin, yang sebagian besar pengeluarannya sudah dialokasikan untuk kebutuhan pokok, tambahan biaya ini bisa mempengaruhi kemampuan mereka untuk memenuhi kebutuhan lainnya, seperti pendidikan dan kesehatan. Kenaikan pengeluaran ini bisa mengurangi tabungan mereka, atau bahkan memaksa mereka untuk mengurangi kualitas konsumsi sehari-hari.

    Bagi sebagian keluarga miskin, pengeluaran tambahan ini bisa menjadi beban yang sangat berat, mengingat penghasilan mereka yang terbatas dan ketergantungan pada barang-barang pokok yang kini semakin mahal. Dengan demikian, pengaruh kenaikan PPN ini sangat terasa di lapisan paling bawah masyarakat, yang sering kali kesulitan menghadapi perubahan harga yang cepat.

    Direktur Ekonomi Digital CELIOS, Nailul Huda menjelaskan, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani sebelumnya memastikan PPN naik menjadi 12 persen per 1 Januari 2025. Kebijakan ini diambil berdasarkan UU Nomor 7 tahun 2021 Tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (HPP). Pada Bab IV Pasal 7 ayat (1) huruf (b) yang menyatakan bahwa tarif PPN 12 persen paling lambat 1 Januari 2025.

    Menanggapi hal tersebut, Huda mencermati empat poin di antaranya yang pertama, ada pasal 7 nomor (3) dan (4) yang memberikan kewenangan pemerintah untuk menetapkan tarif PPN di rentang 5 persen hingga 15 persen melalui Peraturan Pemerintah. “Poin ini sekaligus membantah klaim Sri Mulyani hanya mematuhi undang-undang. Masih ada peluang pemerintah untuk membantu masyarakat agar tidak terbebani beban terlalu berat. Pajak karbon harusnya tahun 2022 dilaksanakan, namun sampai saat ini tidak diimplementasikan,” kata Huda.

    Kedua, beban terlalu berat ini berasal dari pelemahan daya beli masyarakat. Pertumbuhan konsumsi masyarakat melambat di triwulan III 2024 dengan pertumbuhan konsumsi rumah tangga hanya 4,91 persen (y-o-y). Sedangkan secara q-to-q, konsumsi rumah tangga turun -0,48 persen. Kita mengalami deflasi 5 bulan secara berturut-turut (Mei-September).

    “Pelaku UMKM mengaku turun omzetnya hingga 60 persen menurut BRI,” ulas Huda.

    Ketiga, pemerintah memang butuh uang untuk menambal defisit anggaran yang melebar. Paling mudah bagi pemerintah adalah dengan menaikkan tarif PPN. Namun, ada pos penerimaan lain yang belum tergarap yaitu penerimaan negara sektor tambang yang masih banyak ilegal. “Hasyim pernah menyampaikan ada Rp300 triliun dari pengemplang pajak, kenapa hal itu tidak didahulukan? Alih-alih menaikkan tarif PPN,” kata Huda.

    Keempat, tarif PPN Indonesia sebesar 11 persen masih lebih tinggi dibandingkan dengan negara ASEAN lainnya dan negara-negara OECD. Tarif PPN di Malaysia hanya 8 persen, sedangkan Singapura 9 persen. Tarif PPN paling tinggi adalah Filipina sebesar 12 persen.

    “Atas dasar tersebut, kenaikan tarif PPN di tahun 2025 wajib dibatalkan. Akhir kata, pemerintah punya peluang untuk membuat tarif PPN yang tidak membebani masyarakat lebih dalam. Pemerintah punya kesempatan meringankan beban masyarakat. Namun pemerintah justru menambah beban yang dipikul oleh masyarakat,” kata Huda.

     

  • AgenBRILink di Wilayah Transmigrasi Merauke Dorong Kemajuan Ekonomi Lokal

    AgenBRILink di Wilayah Transmigrasi Merauke Dorong Kemajuan Ekonomi Lokal

    Jakarta

    PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus memperkuat komitmennya dalam pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Salah satunya dengan memberikan akses pembiayaan dan pendampingan intensif bagi para pelaku UMKM di daerah 3T, termasuk diantaranya wilayah transmigrasi salah satunya di Merauke.

    Kisah inspiratif dari masyarakat yang mendapat pemberdayaan yang tinggal di lingkungan transmigrasi di Merauke dengan mayoritas warga berprofesi sebagai petani dan peternak sapi yaitu Ririn.

    Usaha Kios Pink yang dirintisnya sejak 2020 kini telah berkembang pesat, dimana usaha tersebut mampu menyediakan kebutuhan sehari-hari seperti sembako, obat pertanian, hingga bensin eceran.

    Selain memenuhi kebutuhan warga, Ririn juga adalah seorang AgenBRILink yang tidak hanya berperan dalam menyediakan kemudahan transaksi perbankan, tetapi juga berperan sebagai penyalur pinjaman Kredit Cepat (KECE) dengan plafon Rp 10 juta kepada masyarakat sekitar.

    Berawal dari keinginannya untuk memiliki usaha sendiri, Ririn mengaku akses pembiayaan dan pemberdayaan dari BRI sangat membantunya dalam mengembangkan Kios Pink menjadi lebih dari sekadar kios kelontong.

    Kini, ia dapat mendukung kesejahteraan keluarganya, termasuk pendidikan dua anaknya yang duduk di bangku SMA dan SD. Ririn bersyukur atas dampak besar yang ia rasakan baik bagi dirinya maupun bagi masyarakat sekitar.

    “Awalnya karena sudah tidak bekerja lagi, saya berusaha memanfaatkan kemampuan yang ada untuk membuka kios ini. Dukungan dari BRI, terutama pembiayaan dan pendampingan dari Mantri itu sangat membantu saya, terutama dalam mengelola usaha dan menyediakan berbagai kebutuhan warga di sini,” jelas Ririn, dalam keterangan tertulis, Kamis (28/11/2024).

    Dengan pendapatan bulanan yang mencapai belasan juta, Kios Pink dan AgenBRILink yang dirintisnya telah berkembang menjadi tempat yang menyediakan kebutuhan pokok bagi warga transmigrasi di sekitarnya sekaligus berfungsi sebagai layanan transaksi keuangan mikro yang mudah dan aman diakses.

    Mantri BRI yang mendampingi Ririn secara aktif memberikan arahan terkait pengelolaan keuangan, tata kelola usaha, serta pemantauan rutin untuk memastikan setiap kegiatan usaha berjalan sesuai rencana.

    Selain itu, Ririn memperoleh edukasi khusus dalam mengelola pinjaman yang ia salurkan kepada para nasabah, sehingga manfaat pinjaman KECE semakin dirasakan dalam meningkatkan produktivitas petani dan peternak di sekitarnya.

    Pada kesempatan berbeda, Direktur Bisnis Mikro BRI Supari menegaskan bahwa pemberdayaan UMKM di seluruh wilayah Tanah Air, seperti Merauke, merupakan bagian dari misi utama BRI dalam meningkatkan inklusi keuangan.

    “Pemberdayaan UMKM adalah komitmen BRI untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat bawah yang mandiri dan berdaya saing. Dukungan kami mencakup pembiayaan, pendampingan oleh Mantri, dan monitoring berkelanjutan agar usaha mikro seperti Kios Pink dapat berkembang dan memberikan dampak nyata bagi lingkungan sekitar,” ujar Supari.

    “Secara umum, strategi Bisnis Mikro BRI ke depan akan fokus pada pemberdayaan berada di depan pembiayaan. BRI sebagai bank yang berkomitmen kepada UMKM, telah memiliki kerangka pemberdayaan yang dimulai dari fase dasar, integrasi hingga interkoneksi,” pungkasnya.

    (anl/ega)

  • Konsisten Terapkan Prinsip GCG, BRI Raih The Most Trusted Company 2024

    Konsisten Terapkan Prinsip GCG, BRI Raih The Most Trusted Company 2024

    Jakarta

    PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI kembali mendapatkan penghargaan atas penerapan prinsip tata kelola perusahaan yang baik. Baru-baru ini, BRI dinobatkan sebagai ‘The Most Trusted Company’ dalam ajang Corporate Governance Perception Index (CGPI) 2024 yang diselenggarakan oleh The Indonesian Institute for Corporate Governance (IICG) bekerja sama dengan Majalah SWA.

    Gelaran tersebut diselenggarakan pada 25 November 2024 di Ballroom Hotel Shangri-La, Jakarta. Ajang penghargaan ini mengusung tema ‘Membangun Kematangan Perusahaan dalam Kerangka Good Corporate Governance’.

    Direktur Kepatuhan BRI A. Solichin Lutfiyanto menegaskan bahwa penghargaan ini mencerminkan komitmen BRI dalam menerapkan tata kelola perusahaan yang kuat dan adaptif di tengah tantangan yang terus berkembang.

    “Penghargaan ini adalah bukti nyata bahwa BRI berhasil menjaga standar tata kelola terbaik dengan konsistensi dan dedikasi. Prinsip-prinsip GCG tidak dijalankan sebagai formalitas, tetapi telah menjadi bagian tak terpisahkan dari implementasi Corporate Culture di BRI. Hal ini membuat BRI untuk terus tumbuh, memberikan nilai tambah bagi pemangku kepentingan, dan mendukung perekonomian nasional secara berkelanjutan,” tegas Solichin dalam keterangan tertulis, Kamis (28/11/2024).

    Pada tahapan penilaian, dilakukan pengukuran tiga aspek, yakni struktur tata kelola, proses tata kelola, dan hasil tata kelola, serta 24 indikator penilaian lainnya. BRI sendiri telah mengikuti ajang penganugerahan CGPI sejak tahun 2012, dan dari tahun ke tahun skor BRI dalam penerapan GCG semakin meningkat yang menunjukkan komitmen perseroan untuk penerapan GCG secara konsisten dan terus menerus hingga mencapai skor terbaik.

    Dalam pemeringkatan tahun ini, BRI masuk dalam kategori ‘Most Trusted’ dengan pencapaian skor tertinggi di antara seluruh peserta dalam ajang penilaian CGPI. Dengan skor BRI sebesar 95,31, BRI membuktikan bahwa perusahaannya dinilai memiliki praktik tata kelola yang unggul berdasarkan standar uji CGPI.

    Lebih lanjut, Solichin menambahkan bahwa penghargaan ini bukan sekadar simbol, tapi juga pemacu semangat untuk terus mendorong keunggulan.

    “BRI percaya bahwa tata kelola yang baik tidak hanya memperkuat posisi BRI sebagai institusi keuangan yang terpercaya, tetapi juga berkontribusi pada penciptaan nilai yang berkelanjutan bagi masyarakat dan pemangku kepentingan,” katanya.

    Perusahaan peserta CGPI 2023 telah memenuhi seluruh tahapan penilaian. Dalam tahapan self assessment, terkumpul isian kuesioner dengan total 7.300 responden yang diwakili oleh 23 pihak baik dari internal maupun eksternal perusahaan peserta. BRI berhasil menunjukkan konsistensi yang unggul dalam seluruh parameter yang dinilai, menjadikannya sebagai tolok ukur dalam praktik tata kelola perusahaan di Indonesia.

    Komitmen BRI dalam penerapan GCG juga mencakup Perusahaan Anak di BRI Group. BRI berhasil mendukung dan mendorong Perusahaan Anak dalam penguatan penerapan GCG di masing-masing entitas perusahaan anak. Hal ini tercermin dari peningkatan skor yang diperoleh Perusahaan Anak BRI dalam CGPI Indonesia Trusted Companies Award Tahun 2024 dibandingkan dengan penilaian tahun sebelumnya.

    Lihat juga video: Detikcom Award 2023: BRI Raih Banyak Penghargaan Atas KInerja Terbaik Untuk Indonesia

    (prf/ega)

  • BRI Berhasil Raih The Most Trusted Company dengan Skor Tertinggi

    BRI Berhasil Raih The Most Trusted Company dengan Skor Tertinggi

    Jakarta

    PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI kembali mendapatkan penghargaan atas penerapan prinsip tata kelola perusahaan yang baik. Baru-baru ini, BRI dinobatkan sebagai ‘The Most Trusted Company’ dalam ajang Corporate Governance Perception Index (CGPI) 2024 yang diselenggarakan oleh The Indonesian Institute for Corporate Governance (IICG) bekerja sama dengan Majalah SWA.

    Gelaran tersebut diselenggarakan pada 25 November 2024 di Ballroom Hotel Shangri-La, Jakarta. Ajang penghargaan ini mengusung tema ‘Membangun Kematangan Perusahaan dalam Kerangka Good Corporate Governance’.

    Direktur Kepatuhan BRI A. Solichin Lutfiyanto menegaskan bahwa penghargaan ini mencerminkan komitmen BRI dalam menerapkan tata kelola perusahaan yang kuat dan adaptif di tengah tantangan yang terus berkembang.

    “Penghargaan ini adalah bukti nyata bahwa BRI berhasil menjaga standar tata kelola terbaik dengan konsistensi dan dedikasi. Prinsip-prinsip GCG tidak dijalankan sebagai formalitas, tetapi telah menjadi bagian tak terpisahkan dari implementasi Corporate Culture di BRI. Hal ini membuat BRI untuk terus tumbuh, memberikan nilai tambah bagi pemangku kepentingan, dan mendukung perekonomian nasional secara berkelanjutan,” tegas Solichin dalam keterangan tertulis, Kamis (28/11/2024).

    Pada tahapan penilaian, dilakukan pengukuran tiga aspek, yakni struktur tata kelola, proses tata kelola, dan hasil tata kelola, serta 24 indikator penilaian lainnya. BRI sendiri telah mengikuti ajang penganugerahan CGPI sejak tahun 2012, dan dari tahun ke tahun skor BRI dalam penerapan GCG semakin meningkat yang menunjukkan komitmen perseroan untuk penerapan GCG secara konsisten dan terus menerus hingga mencapai skor terbaik.

    Dalam pemeringkatan tahun ini, BRI masuk dalam kategori ‘Most Trusted’ dengan pencapaian skor tertinggi di antara seluruh peserta dalam ajang penilaian CGPI. Dengan skor BRI sebesar 95,31, BRI membuktikan bahwa perusahaannya dinilai memiliki praktik tata kelola yang unggul berdasarkan standar uji CGPI.

    Lebih lanjut, Solichin menambahkan bahwa penghargaan ini bukan sekadar simbol, tapi juga pemacu semangat untuk terus mendorong keunggulan.

    “BRI percaya bahwa tata kelola yang baik tidak hanya memperkuat posisi BRI sebagai institusi keuangan yang terpercaya, tetapi juga berkontribusi pada penciptaan nilai yang berkelanjutan bagi masyarakat dan pemangku kepentingan,” katanya.

    Perusahaan peserta CGPI 2023 telah memenuhi seluruh tahapan penilaian. Dalam tahapan self assessment, terkumpul isian kuesioner dengan total 7.300 responden yang diwakili oleh 23 pihak baik dari internal maupun eksternal perusahaan peserta. BRI berhasil menunjukkan konsistensi yang unggul dalam seluruh parameter yang dinilai, menjadikannya sebagai tolok ukur dalam praktik tata kelola perusahaan di Indonesia.

    Komitmen BRI dalam penerapan GCG juga mencakup Perusahaan Anak di BRI Group. BRI berhasil mendukung dan mendorong Perusahaan Anak dalam penguatan penerapan GCG di masing-masing entitas perusahaan anak. Hal ini tercermin dari peningkatan skor yang diperoleh Perusahaan Anak BRI dalam CGPI Indonesia Trusted Companies Award Tahun 2024 dibandingkan dengan penilaian tahun sebelumnya.

    Lihat juga video: Detikcom Award 2023: BRI Raih Banyak Penghargaan Atas KInerja Terbaik Untuk Indonesia

    (prf/ega)

  • Unggul di Tata Kelola, BRI Raih The Most Trusted Company di CGPI 2024

    Unggul di Tata Kelola, BRI Raih The Most Trusted Company di CGPI 2024

    Jakarta

    PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI kembali mendapatkan penghargaan atas penerapan prinsip tata kelola perusahaan yang baik. Baru-baru ini, BRI dinobatkan sebagai ‘The Most Trusted Company’ dalam ajang Corporate Governance Perception Index (CGPI) 2024 yang diselenggarakan oleh The Indonesian Institute for Corporate Governance (IICG) bekerja sama dengan Majalah SWA.

    Gelaran tersebut diselenggarakan pada 25 November 2024 di Ballroom Hotel Shangri-La, Jakarta. Ajang penghargaan ini mengusung tema ‘Membangun Kematangan Perusahaan dalam Kerangka Good Corporate Governance’.

    Direktur Kepatuhan BRI A. Solichin Lutfiyanto menegaskan bahwa penghargaan ini mencerminkan komitmen BRI dalam menerapkan tata kelola perusahaan yang kuat dan adaptif di tengah tantangan yang terus berkembang.

    “Penghargaan ini adalah bukti nyata bahwa BRI berhasil menjaga standar tata kelola terbaik dengan konsistensi dan dedikasi. Prinsip-prinsip GCG tidak dijalankan sebagai formalitas, tetapi telah menjadi bagian tak terpisahkan dari implementasi Corporate Culture di BRI. Hal ini membuat BRI untuk terus tumbuh, memberikan nilai tambah bagi pemangku kepentingan, dan mendukung perekonomian nasional secara berkelanjutan,” tegas Solichin dalam keterangan tertulis, Kamis (28/11/2024).

    Pada tahapan penilaian, dilakukan pengukuran tiga aspek, yakni struktur tata kelola, proses tata kelola, dan hasil tata kelola, serta 24 indikator penilaian lainnya. BRI sendiri telah mengikuti ajang penganugerahan CGPI sejak tahun 2012, dan dari tahun ke tahun skor BRI dalam penerapan GCG semakin meningkat yang menunjukkan komitmen perseroan untuk penerapan GCG secara konsisten dan terus menerus hingga mencapai skor terbaik.

    Dalam pemeringkatan tahun ini, BRI masuk dalam kategori ‘Most Trusted’ dengan pencapaian skor tertinggi di antara seluruh peserta dalam ajang penilaian CGPI. Dengan skor BRI sebesar 95,31, BRI membuktikan bahwa perusahaannya dinilai memiliki praktik tata kelola yang unggul berdasarkan standar uji CGPI.

    Lebih lanjut, Solichin menambahkan bahwa penghargaan ini bukan sekadar simbol, tapi juga pemacu semangat untuk terus mendorong keunggulan.

    “BRI percaya bahwa tata kelola yang baik tidak hanya memperkuat posisi BRI sebagai institusi keuangan yang terpercaya, tetapi juga berkontribusi pada penciptaan nilai yang berkelanjutan bagi masyarakat dan pemangku kepentingan,” katanya.

    Perusahaan peserta CGPI 2023 telah memenuhi seluruh tahapan penilaian. Dalam tahapan self assessment, terkumpul isian kuesioner dengan total 7.300 responden yang diwakili oleh 23 pihak baik dari internal maupun eksternal perusahaan peserta. BRI berhasil menunjukkan konsistensi yang unggul dalam seluruh parameter yang dinilai, menjadikannya sebagai tolok ukur dalam praktik tata kelola perusahaan di Indonesia.

    Komitmen BRI dalam penerapan GCG juga mencakup Perusahaan Anak di BRI Group. BRI berhasil mendukung dan mendorong Perusahaan Anak dalam penguatan penerapan GCG di masing-masing entitas perusahaan anak. Hal ini tercermin dari peningkatan skor yang diperoleh Perusahaan Anak BRI dalam CGPI Indonesia Trusted Companies Award Tahun 2024 dibandingkan dengan penilaian tahun sebelumnya.

    Saksikan juga video: Detikcom Award 2023: BRI Raih Banyak Penghargaan Atas KInerja Terbaik Untuk Indonesia

    (prf/ega)

  • Gol ke gawang Persik Tingkatkan Kepercayaan Diri Evandro Brandao Tatap Laga Versus Semen Padang

    Gol ke gawang Persik Tingkatkan Kepercayaan Diri Evandro Brandao Tatap Laga Versus Semen Padang

    TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG — Bomber PSIS Semarang Evandro Brandao tampil sebagai pembeda untuk timnya saat laga kontra Persik Kediri di pekan ke-11 BRI Liga 1 2024/2025 lalu.

    Pertandingan menghadapi Macan Putih tersebut cukup spesial bagi Evandro. Sebab, ia akhirnya bisa kembali merumput dan debut di PSIS pasca cedera achilles yang ia derita sejak awa gabung ke tim Mahesa Jenar.

    Evandro bahkan harus menanti sampai pekan ke-11 untuk bisa menjalani debut di PSIS.

    Evandro sukses mencetak satu-satunya gol dalam laga tersebut sehingga PSIS mampu mengakhiri tren buruk gagal menang pada tujuh laga sebelumnya.

    Pemain berusia 33 tahun itu masuk di menit 76 menggantikan Septian David Maulana.

    Evandro tak menyia-nyiakan kesempatan bermain yang diberikan pelatih dalam laga debutnya itu.

    Eks striker Rans Nusantara FC itu sukses mencetak gol pada menit 89 dan membawa PSIS unggul 1-0 hingga akhir laga.

    Evandro menyebut, keberhasilan mencetak gol pada laga debutnya untuk PSIS tersebut mampu meningkatkan kepercayaan dirinya menatap laga terdekat kontra Semen Padang pada 1 Desember mendatang.

    “Tentu saja ya. Gol kemarin membantu saya untuk lebih percaya diri. Sangat penting bagi seorang striker seperti saya. Sangat penting untuk mencetak gol, sangat penting untuk terus bekerja dan membuat gol. Sekarang saya fokus kedepan untuk meneruskan,” kata Evandro saat ditemui dalam latihan di Lapangan Wisesa Mranggen Demak, Selasa (26/11/2024).

    Saat menjalani debut kontra Persik Kediri, Evandro mengaku masih menyimpan rasa trauma setelah lama absen.

    “Tentu ada sedikit trauma, tapi itu normal, sekarang saya merasa cukup baik dan saya coba berikan yang terbaik untuk tim ini,” terangnya.

    Adapun kemenangan PSIS kontra Persik diakui Evandro menjadi modal penting bagi timnya menatap pertandingan berikutnya musim ini.

    “Jujur saya merasa bahagia bisa kembali bermain dan membantu tim meraih kemenangan, yang spesial tentu saya bisa cetak gol, tapi yang penting tim ini bisa meraih kemenangan,” kata Evandro.

  • Begini Cara Mudah Bayar Kartu Kredit BRI

    Begini Cara Mudah Bayar Kartu Kredit BRI

    Jakarta: Mengelola pembayaran kartu kredit dengan tepat adalah langkah penting untuk menjaga keuangan tetap sehat. Salah satu kemudahan yang ditawarkan adalah berbagai cara membayar tagihan kartu kredit, termasuk bagi pengguna kartu kredit dari bank tertentu.
     
    Berikut adalah panduan sederhana untuk melakukan pembayaran kartu kredit dengan praktis, seperti dikutip dari laman resmi Gopay.
     
    Cara bayar kartu kredit BRI
     
    Ada beberapa cara mudah untuk membayar tagihan kartu kredit BRI yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Mulai dari menggunakan ATM, aplikasi BRImo, hingga dompet digital seperti GoPay. Berikut langkah-langkahnya:
     
    1. Melalui ATM
    – Masukkan kartu ATM dan ketik PIN.
    – Pilih Transaksi Lain > Pembayaran > Kartu Kredit/KTA.
    – Masukkan 16 digit nomor kartu kredit, tekan Ya.
    – Konfirmasi jumlah tagihan, tekan Ya.
     

     
    2. Bayar Lewat BRImo
    – Buka BRImo, pilih Kartu Kredit > Bayar Kartu Kredit.
    – Tekan Pembayaran Baru, masukkan nomor kartu kredit.
    – Isi nominal pembayaran, klik Bayar.
    – Masukkan PIN BRImo, selesai!
     
    3. Menggunakan GoPay
    – Buka GoPay, pilih Pembayaran > Cicilan & Kredit > Kartu Kredit.
    – Masukkan nomor kartu kredit dan cek tagihan.
    – Pilih bayar pakai saldo GoPay, klik Bayar.
     

    Dengan berbagai pilihan cara pembayaran, kamu bisa memilih metode yang paling sesuai dan praktis untuk melunasi tagihan kartu kredit BRI. Pastikan membayar tepat waktu agar keuangan tetap terkelola dengan baik. (Nanda Sabrina Khumairoh)

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (HUS)

  • Kisah Sukses Agen Mitra UMi BRI di Merauke, Tingkatkan Ekonomi Keluarga hingga Sekolahkan Anak

    Kisah Sukses Agen Mitra UMi BRI di Merauke, Tingkatkan Ekonomi Keluarga hingga Sekolahkan Anak

    Merauke: PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI melalui program Mitra UMi terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung pemberdayaan ekonomi di berbagai daerah terpencil. Salah satu contoh keberhasilan program ini adalah Siti Khusnul Khotimah, seorang pengusaha kelontong di Merauke, Papua, yang berhasil meningkatkan perekonomian keluarganya dengan memanfaatkan dukungan keuangan dari BRI.
     
    Siti memulai usahanya pada 2017 dengan membuka warung kelontong yang dinamakan ‘Toko Aurens’ yang melayani kebutuhan sehari-hari masyarakat sekitar. Berkat kegigihannya, Siti juga memutuskan menjadi AgenBRILink untuk memberikan kemudahan bagi warga sekitar dalam mengakses layanan perbankan.
     
    Ia menambahkan bahwa berkat usaha yang dirintisnya berhasil membantu ekonomi keluarga. “Pinjaman dari BRI saya gunakan untuk mengembangkan usaha kelontong dan layanan AgenBRILink saya. Saat ini, saya mampu memenuhi kebutuhan keluarga serta memberikan pendidikan yang layak bagi anak-anak saya,” ungkapnya.
    Dengan menjadi AgenBRILink, ia tidak hanya memperluas bisnisnya, tetapi juga membantu masyarakat di sekitarnya mengakses layanan keuangan, termasuk pengajuan pinjaman KECE tanpa jaminan.
     
    Di desanya, mayoritas penduduk berprofesi sebagai petani di mana mereka membutuhkan modal untuk mengembangkan usaha mereka. BRI melihat ini sebagai peluang sehingga mantri menawarkan kemitraan melalui program UMi dan Kredit Kece, yang menyediakan pinjaman mulai dari Rp1 juta hingga Rp10 juta. Selain memberikan akses kredit, BRI juga berperan dalam memberikan edukasi dan bimbingan tentang pengelolaan keuangan yang tepat, serta penggunaan modal secara bijak untuk mendukung usaha.
     
    Direktur Bisnis Mikro BRI Supari menyampaikan bahwa program kemitraan UMi dan AgenBRILink adalah bukti komitmen BRI untuk mendukung inklusi keuangan di Merauke.
     
    “Kami berusaha untuk memberikan akses keuangan yang inklusif bagi seluruh lapisan masyarakat, terutama bagi mereka yang berada di wilayah 3T. Melalui inisiatif ini, kami berharap dapat terus mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dan membantu UMKM menjadi lebih mandiri,” ujarnya. 
     
     

     
    Keberhasilan Siti dalam mengelola usahanya memberikan dampak positif bagi kesejahteraan keluarganya.
     
    “Alhamdulillah sekarang bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari, bayar cicilan, dan biaya sekolah anak,” tuturnya penuh syukur.
     
    Kisah ini menjadi bukti nyata bahwa sinergi antara lembaga keuangan dan masyarakat dapat mendorong pertumbuhan ekonomi lokal serta memperbaiki kesejahteraan keluarga.
     
    Pada kesempatan berbeda, Direktur Bisnis Mikro BRI Supari menambahkan bahwa keberadaan Agen Mitra UMi BRILink diharapkan mampu membangun ekosistem ekonomi mikro. Salah satunya melalui penyaluran pinjaman.
     
    Agen Mitra UMi merupakan agen yang fokus menyalurkan pinjaman ultra mikro ke masyarakat. Sehingga diharapkan mampu memberikan manfaat bagi seluruh pelaku UMKM dalam hal penyediaan modal usaha untuk menghindari praktik rentenir.
     
    Sebaran AgenBRILink tersebut diharapkan dapat mengedukasi masyarakat akan layanan perbankan serta dapat memaksimalkan peluang bisnis dan membuka usaha. Hingga akhir September 2024, BRI tercatat memiliki lebih dari 1,02 juta AgenBRILink di lebih dari 62 ribu desa di seluruh Indonesia.
     
    “Dari Januari hingga September 2024, para AgenBRILink berhasil mencatatkan total transaksi sebesar Rp 1.170 triliun,” imbuh Supari.

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ROS)

  • Unit BRI SP 1 Sumber Hidup Permudah Nasabah Bertransaksi 

    Unit BRI SP 1 Sumber Hidup Permudah Nasabah Bertransaksi 

    JABAR EKSPRES – Keberadaan Kantor Unit BRI yang berada di Di Desa SP 1 Sumber Hidup Kecamatan Pedamaran Timur sangat membantu masyarakat bertransaksi.

     

    Marwoto warga Desa Gading Raja mengungkapkan, sejak ada Kantor Unit BRI  masyarakat tidak harus menabung ke Kantor Cabang Kayuagung yang yang harus ditempuh dengan jarak 1 jam.” Kami bersyukur sekali menabung hasil usaha perkebunan karet dan sawit ke Bank BRI,”terangnya kemarin (6/11).

     

    Kalau membutuhkan uang tinggal tarik saja begitu juga jika ingin menyimpan uang dan bisa diambil kapan saja sesuai kebutuhan.

     

    Apalagi di daerah pelosok seperti Pedamaran Timur sambungnya inikan sudah ramai jadi nasabah yang menabung di BRI juga banyak.

     

    Pelayanan yang ramah juga menjadi syarat nasabah menabung di BRI. Pegawai dengan sabar mengarahkan nasabah saat baru membuka rekening tabungan.

     

    Kemudian saat mengaktifkan kartu ATM juga demikian. Jadi senang sekali menabung di BRI ini sampai saat ini berharap tabungan bisa terus bertambah dari usaha kebun.

     

    Kemudian selain ke Unit BRI sudah banyak juga Agen Brilink yang berada di tujuh desa. Jadi sangat terbantu juga tidak harus ke Unit BRI.” Saya sering sekali kirim uang lewat Unit ke sesama bank kan gratis kalau ke bank lain ada biaya,”imbuhnya.

     

    Sembari ke pasar SP 1 langsung ke Unit untuk menabung. Karena menabung di Bank BRI selain aman juga banyak hadiah jika rajin menabung. Karena kan ada acara Panen BRI Simpedes begitu juga jika membuka Tabungan Britama.(Nisa)